gw punya satria 120cc, umurnya baru 1 1/2 tahun... kalo mesin blon panas, bunyi knalpot ancur ama asepnya banyak banget. kata orang sih knalpotnya bolong, tapi baru ganti knalpot aja masih begitu
trus kalo bawa orang, suka kepentok polisi tidur. ( bawa orang kurus juga bisa kepentok, n pernya ga pernah diutak atik ). gara2 itu, tiap polisi tidur mesti ditebas biar ga kepentok... apa lo orang juga ngalamin hal spt itu juga?
Problem - Satria 120
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Nov 20, 2004 2:00
- Location: Balikpapan
Solusi
Coba saudara periksa rounded liner tempat jalur piston bergerak, gunakan measured tool yang dinamakan cylindrical tester. mungkin liner motor saudara sudah tidak silindris alias oval. dengan alat itu dapat di identifikasi masalahnya. hal itu diakibatkan gesekan yang berlebihan. kalau pada saat warming up ring piston belum memuai jadi celahnya belum tertutup sempurna. jadi oli samping tidak terkompress dengan sempurna pula. jika sudah panas ring dan piston memuai dan celah yang ada dapat tertutup dan oli terkompress baik. oli yang terkompress baik akan terbakar baik, secara otomatis akan menimbulkan asap sedikit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Nov 20, 2004 2:00
- Location: Balikpapan
Untuk shock absorber belakang memang itu kelemahan dari monoshock dengan lengan ayun panjang seperti satria. satria memiliki lengan ayun yang panjang sehingga momen yang ditimbulkan dishock absorber besar. hal itu mengakibatkan sedikit saja beban membuat pegas langsung bekerja solusinya ganti oli shock dengan viskositas yang lebih kental, jangan terlalu jauh dengan sebelumnya.karena dapat mengakibatkan ketidak seimbangan daya redam dengan kekuatan momen tahan dari lengan ayun. jangan- jangan jadinya shock bagus tetapi lengan ayunnya bengkok atau bahkan patah.caranya hitung lagi jarak sumbu roda dengan tumpuan shock di lengan ayun, trus beban maksimal yang ingin di tahan. dengan menggunakan rumus momen M=FxR. f: beban yang diinginkan dikali grafitasi(10),R: jaraknya. Silakan mencoba terima kasih.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Re: Solusi
Kalau udah begini, apa berarti musti ganti liner, atau harus sampai blok mesin? Lagian saya rasa kalau beginian mungkin sudah bukan kategori Do It Yourself lagi (DIY) kali, ya? Ada baiknya dibawa ke bengkel juga.Dicky wrote:mungkin liner motor saudara sudah tidak silindris alias oval. dengan alat itu dapat di identifikasi masalahnya. hal itu diakibatkan gesekan yang berlebihan.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Nov 20, 2004 2:00
- Location: Balikpapan
Liner
untuk satria kalau belum sampai ukuran oversize yang maksimal jangan ganti liner. oversize saja dulu satu step sampai oval atau baret didinding silinder.kalau tidak hilang ya oversizenya naik step lagi. tapi pada umumnya jarang ada bengker yang memeriksa kesilindrisan liner, mereka hanya mengepaskan piston masuk pada liner. periksa selalu kompresi pada ruang bakar setelah oversize menggunakan pressure gauge. kompresi harus konstan hal ini dapat dilakukan dengan mencheck sebelum dan sesudah pemakaian. memang tidak bisa dilakukan sendiri. bisa sendiri kalau mempunyai mesin atau tools yang memadai. kalau mau oversize minta saja bengkelnya untuk periksa dengan cylindrical tester. kalau mereka tidak punya cari bengkel lain tapi biasanya bengkel resmi punya alat itu.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu Nov 25, 2004 8:16
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
- Location: Jakarta
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Wed Mar 12, 2003 10:23
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Thu Dec 16, 2004 13:30
- Location: Jakarta
wah sama, emang asapnya buannyak buanget, tapi yang paling nyebelin itu busi saya sering kena, basah udah banyak keraknya item²...!! parah giliran mau dipake dia ngadet (melepek gitu deh), bikin kerjaan aja ^^;
Motor satria punya kalian kayak gitu juga gk sih..?? apa punya saya aja yang abnormal.... ^^; ??
solusinya apa sih..? masa diganti mulu businnya...? apa musti rutin dibersiin..?? klo dibersiin juga berapa minggu kemudian begitu lagi...capek banget..!!
Motor satria punya kalian kayak gitu juga gk sih..?? apa punya saya aja yang abnormal.... ^^; ??
solusinya apa sih..? masa diganti mulu businnya...? apa musti rutin dibersiin..?? klo dibersiin juga berapa minggu kemudian begitu lagi...capek banget..!!
hahaha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta