Hi Para Suhu,
Hari ini saya mau coba melakukan komparasi untuk memodifikasi motor,
Karena kebetulan saya ada motor satria FU dengan teknologi Oil Cooler..
Dan kebetulan juga saya mau kasih sentuhan sedikit korekan semi balap sih..
Cuma buat gaya gaya-an aja (untuk pajangan) tapi gak menutup kemungkinan untuk dipake sabtu minggu.
Nah menurut suhu,,dengan cuaca di jakarta yang sedikit panas ni, Menurut suhu suhu disini mana yang lebih okay?
1.Oil Cooler
2.Radiator
3.Forced Induction
4.Angin
5.Kipas
Karena kan bawaan pabrik ada oil cooler, seperti yang saya bilang diatas,
Nah saya butuh bantuan suhu nih,,siapa tau ada referensi Satria F yang dikorek jadi semi kompetisi?
Mohon bantuan dan pencerahannnya ya suhu..
Terus kira kira apa aja yang suhu udah lakukan dengan satria Funya
Salam,
Tanya tentang pendingin motor :D
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11053
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Tanya tentang pendingin motor :D
pasang temperature gauge aja dulu supaya jelas suhu mesin berapa. kalo pasang pendingin tambahan dan ternyata jadi overcooling begimana?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Tanya tentang pendingin motor :D
Yg paling optimal ya nomer 1 bersinergi dg nomer 2 imho.........nomer lain nya ane abaikan aja dah.....
Yg perlu diingat, motor yg keluar dr pabrikan tanpa oil cooler, bisa mengaplikasikan barang tsb dg sedikit modifikasi plus perhitungan penempatan oil cooler yg pas dg kinerja oil pump.
Tp klo by default nya ga ada radiator, bijimane mau aplikasi?
Yg perlu diingat, motor yg keluar dr pabrikan tanpa oil cooler, bisa mengaplikasikan barang tsb dg sedikit modifikasi plus perhitungan penempatan oil cooler yg pas dg kinerja oil pump.
Tp klo by default nya ga ada radiator, bijimane mau aplikasi?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri May 16, 2014 3:48
Re: Tanya tentang pendingin motor :D
nah kalau menurut saya..untuk satria FU, cukup kok pake oil cooler..selama kita menggunakan oli yang tepat..
karenakan satria fu adalah motor bebek yang notabene motornya tidak akan terlalu panas..kecuali kalau di bore up gila gila an yaa (ini lain cerita)
tapi kalau buat pajangan atau motor sabtu minggu sih yaa gak masalah pake aja oil cooler yang ada..tapi tetep olinya juga jgan asal pake oli..
udah banyak kok oli yang bagus..seperti ca*ro* Power..
yang penting sih :
disarankan tipe semi sintetik
atau sekalian full sintetik jika memang budget
anda mencukupi, dengan SAE 10w-40 yang
lebih encer, atau bisa juga SAE 15w-50. (ini buat FU ya)
karenakan satria fu adalah motor bebek yang notabene motornya tidak akan terlalu panas..kecuali kalau di bore up gila gila an yaa (ini lain cerita)
tapi kalau buat pajangan atau motor sabtu minggu sih yaa gak masalah pake aja oil cooler yang ada..tapi tetep olinya juga jgan asal pake oli..
udah banyak kok oli yang bagus..seperti ca*ro* Power..
yang penting sih :
disarankan tipe semi sintetik
atau sekalian full sintetik jika memang budget
anda mencukupi, dengan SAE 10w-40 yang
lebih encer, atau bisa juga SAE 15w-50. (ini buat FU ya)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Tanya tentang pendingin motor :D
paling ideal ya liquid cooled, aka radiator. kalo oil cooled, tidak ideal. ada kalanya mesin kedinginan atau kepanasan.
mesin yang kedinginan (overcool) sering terjadi pada mesin pendingin udara (baik dengan atau tanpa forced cooling).
mesin kepanasan (overheat) juga sering terjadi pada mesin pendingin udara.
pada radiator, ketika mesin dingin thermostat akan menutup, sehingga suhu mesin akan naik ke ideal. ketika mesin sudah panas, thermostat membuka sehingga suhu mesin tidak melambung. ketika habis digeber, terus tiba2 berhenti kena macet, suhu yang terlalu tinggi bisa diturunkan lewat electric fan. intinya, pake radiator suhu mesin stabil di suhu kerja.
jangan dikira mesin dingin itu bagus, mesin dingin justru tidak bertenaga, boros bbm, dan lebih cepat berkerak.
dan jangan menjudge engine terlalu panas hanya karena hawa panasnya terasa sampai kaki. mesin itu panas banget, suhu head idealnya 100 derajat C atau lebih. kalau cuma 70 derajat di bak kopling itu biasa banget, dan sudah kerasa panas banget di kaki.
apalagi kaki juga tak bisa jadi patokan. adakalanya kerasa panas banget, ada kalanya kurang terasa panas.
mesin yang kedinginan (overcool) sering terjadi pada mesin pendingin udara (baik dengan atau tanpa forced cooling).
mesin kepanasan (overheat) juga sering terjadi pada mesin pendingin udara.
pada radiator, ketika mesin dingin thermostat akan menutup, sehingga suhu mesin akan naik ke ideal. ketika mesin sudah panas, thermostat membuka sehingga suhu mesin tidak melambung. ketika habis digeber, terus tiba2 berhenti kena macet, suhu yang terlalu tinggi bisa diturunkan lewat electric fan. intinya, pake radiator suhu mesin stabil di suhu kerja.
jangan dikira mesin dingin itu bagus, mesin dingin justru tidak bertenaga, boros bbm, dan lebih cepat berkerak.
dan jangan menjudge engine terlalu panas hanya karena hawa panasnya terasa sampai kaki. mesin itu panas banget, suhu head idealnya 100 derajat C atau lebih. kalau cuma 70 derajat di bak kopling itu biasa banget, dan sudah kerasa panas banget di kaki.
apalagi kaki juga tak bisa jadi patokan. adakalanya kerasa panas banget, ada kalanya kurang terasa panas.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon May 19, 2014 11:09
Re: Tanya tentang pendingin motor :D
wah..klo untuk Fu yang bagus dimana ya pasang radiatornya ya? ada saran?Cloud wrote:paling ideal ya liquid cooled, aka radiator. kalo oil cooled, tidak ideal. ada kalanya mesin kedinginan atau kepanasan.
mesin yang kedinginan (overcool) sering terjadi pada mesin pendingin udara (baik dengan atau tanpa forced cooling).
mesin kepanasan (overheat) juga sering terjadi pada mesin pendingin udara.
pada radiator, ketika mesin dingin thermostat akan menutup, sehingga suhu mesin akan naik ke ideal. ketika mesin sudah panas, thermostat membuka sehingga suhu mesin tidak melambung. ketika habis digeber, terus tiba2 berhenti kena macet, suhu yang terlalu tinggi bisa diturunkan lewat electric fan. intinya, pake radiator suhu mesin stabil di suhu kerja.
jangan dikira mesin dingin itu bagus, mesin dingin justru tidak bertenaga, boros bbm, dan lebih cepat berkerak.
dan jangan menjudge engine terlalu panas hanya karena hawa panasnya terasa sampai kaki. mesin itu panas banget, suhu head idealnya 100 derajat C atau lebih. kalau cuma 70 derajat di bak kopling itu biasa banget, dan sudah kerasa panas banget di kaki.
apalagi kaki juga tak bisa jadi patokan. adakalanya kerasa panas banget, ada kalanya kurang terasa panas.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Tanya tentang pendingin motor :D
FU pasanh radiator? Water jacket nya sebelah mana?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Tanya tentang pendingin motor :D
Fu standarnya pake pendingin udara/sirip. jadi tidak bisa dipasang radiator. bisa dimodifikasi tapi sangat rumit dan repot. biar tidak repot, mending pasang silinder dan head dari motor lain yang pake radiator.
dengan stroke pendek, cocoknya pake cbr ato cb 150 r, tapi agak sulit dalam penempatan pompa radiator. lebih mudah pake punya vixion yang pompa radiatornya di head. tapi karakternya kurang cocok. ukuran valve kecil, ukuran piston juga kecil.
solusi pake blok dan head cbr pake radiator pump electric.
pasang blok dan head dari motor lain lumayan repot, harus ditambal alumunium, terus memindah posisi baut silinder, lalu papas sana sini agar bisa cocok tanpa kebocoran. perlu meluruskan posisi sprocket timing, termasuk mencocokkan ukuran sprocket.ukuran sprocket timing di kruk as 1/2 dari sprocket di head. tapi bukannya tidak mungkin, sudah banyak karya builder lokal yang bikin mesin2 aneh, dan ok2 saja.
tapi biayanya memang besar,
saran, daripada repot dan berbiaya besar, mending ganti motor saja kalo memang ngotot ganti pendingin cairan.
kalau sekedar menaikkan performa, pendinginan FU masih cukup mumpuni,
sebagai bantuan pendinginan, bisa dipasang kipas di oil cooler. kipasnya diaktifkan oleh thermosensor yang dipasang tercelup oli di bagian yang panas (misal, silinder head). kalo masih kurang, bisa ditambah oil coolernya. tapi ingat, cara ini dilakukan hanya jika suhu mesin terlalu panas. jadi harus dicoba dulu, suhu mesin terlalu panas atau tidak. jika mesin masih dalam suhu normal diberi tambahan pendingin, justru akan merugikan. tenaga mesin terbesar ada pada suhu normal. kalau overcooling, mesin kurang bertenaga, boros, cepat berkerak.
dengan stroke pendek, cocoknya pake cbr ato cb 150 r, tapi agak sulit dalam penempatan pompa radiator. lebih mudah pake punya vixion yang pompa radiatornya di head. tapi karakternya kurang cocok. ukuran valve kecil, ukuran piston juga kecil.
solusi pake blok dan head cbr pake radiator pump electric.
pasang blok dan head dari motor lain lumayan repot, harus ditambal alumunium, terus memindah posisi baut silinder, lalu papas sana sini agar bisa cocok tanpa kebocoran. perlu meluruskan posisi sprocket timing, termasuk mencocokkan ukuran sprocket.ukuran sprocket timing di kruk as 1/2 dari sprocket di head. tapi bukannya tidak mungkin, sudah banyak karya builder lokal yang bikin mesin2 aneh, dan ok2 saja.
tapi biayanya memang besar,
saran, daripada repot dan berbiaya besar, mending ganti motor saja kalo memang ngotot ganti pendingin cairan.
kalau sekedar menaikkan performa, pendinginan FU masih cukup mumpuni,
sebagai bantuan pendinginan, bisa dipasang kipas di oil cooler. kipasnya diaktifkan oleh thermosensor yang dipasang tercelup oli di bagian yang panas (misal, silinder head). kalo masih kurang, bisa ditambah oil coolernya. tapi ingat, cara ini dilakukan hanya jika suhu mesin terlalu panas. jadi harus dicoba dulu, suhu mesin terlalu panas atau tidak. jika mesin masih dalam suhu normal diberi tambahan pendingin, justru akan merugikan. tenaga mesin terbesar ada pada suhu normal. kalau overcooling, mesin kurang bertenaga, boros, cepat berkerak.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11053
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Tanya tentang pendingin motor :D
@ doq, jacket-nya kasih water biar adem....
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon May 19, 2014 11:09
Re: Tanya tentang pendingin motor :D
berarti jatohnya ngubah dudukannya lagi ya suhu? maksdnya ganti block atas?
hampir mirip sama ganti mesin dong jatohnya?
hampir mirip sama ganti mesin dong jatohnya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Tanya tentang pendingin motor :D
Saya yakin bahwa kebanyakan radiator coolant di Indonesia salah spec. Harusnya lebih banyak airnya eh malah jual yang airnya sedikit. Jadinya aneh banget, sudah pakai radiator tapi malah gampang overheat.