Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by henxster »

Salam kenal untuk semua... :big_peace:

Udah lama bikin akun di SM tapi belum pernah sekalipun bikin thread, kali ini saya akan coba mengulas mobil yang menjadi kendaraan harian saya yaitu Nissan Grand Livina 1.5 XV M/T keluaran 2008. Meskipun sudah pernah ada yang mengulas sebelumnya, saya rasa tidak ada salahnya membagi apa yang menjadi pengalaman saya kepada SM-ers semua. Ulasan akan saya sajikan seobyektif mungkin berdasar pengalaman saya yang minim tentang mobil dan 5 tahun experience dengan kendaraan sebelumnya, sedan Toyota legendaris berkode mesin 4A-FE...

Alasan utama sy mencari pengganti kendaraan sebelumnya adalah mencari kendaraan keluarga dengan 3 baris kursi, dapat mengakomodir jumlah penumpang yang banyak, tetapi tetap tidak meninggalkan “rasa sedan”, serta harga sesuai budget saya, dan dengan berbagai pertimbangan pilihan akhirnya jatuh kepada Nissan Grand Livina. Mobil ini saya peroleh pada bulan Februari 2014 posisi odo 78 ribu dari pemilik pertamanya yang membelinya sejak baru pada bulan Juni 2008, jadi hingga saat ini sudah berumur sekitar 6 tahun 9 bulan sejak baru, posisi odo 97 ribu Inilah beberapa kesan yang saya dapatkan selama memakainya sekitar 1 tahun belakangan ini, menjelang usianya yang ke-7...

1. Kenyamanan sedan yang saya harapkan dari low MPV ini bisa saya dapatkan, mulai dari suspensi yang empuk sampai handling yang gesit, posisi mengemudi & visibilitas, posisi tuas, handle, panel-panel, dapat memenuhi harapan saya. Dari service record pemilik sebelumnya pernah mengganti shockbreaker belakang yang bocor dengan shockbreaker OEM, dan hingga saat ini shockbreaker depan belum juga saya ganti. Dengan usia pemakaian sekian tahun lamanya, kenyamanan suspensi masih dirasa nyaman baik dengan penumpang sendiri, maupun fully loaded 4 dewasa dan 3 anak-anak.
2. Faktor mesin HR15DE. Inilah yang membuat saya harus beradaptasi cukup banyak. Tenaga di putaran bawah tidak bisa saya dapatkan sebagaimana kendaraan sebelumnya yang “galak”, it’s ok untuk dalam kota, tapi untuk luar kota cukup berpengaruh saat berakselerasi, kelihaian pengemudi dalam buka tutup gas, oper gigi, memainkan putaran mesin yang sesuai sangat menentukan. Apalagi dengan medan tanjakan. Tenaga yang cukup baru bisa didapatkan dgn RPM di atas 3.000. Jadi ya berkorbanlah sedikit dengan konsumsi BBM-nya, hehehe... Faktor ngelitik masih menjadi ganjalan, problem ini muncul kurang lebih 2 bulan yang lalu, belum saya coba carbon clean ataupun memakai BBM oktan tinggi secara rutin, karena yg saya rasakan ngelitiknya hanya saat pedal gas diinjak dalam secara mendadak, kalau kita bisa memainkan RPM saat akan berakselerasi tidak muncul ngelitiknya, efeknya ya konsumsi BBM lagi... 
3. Konsumsi BBM. Dengan nozzle biru saya bisa mendapatkan konsumsi lukot 1:14, sedangkan nozzle kuning lukot hanya 1:12. Dalkot tidak pernah saya ukur, krn jarak harian saya tidak lebih dari 10 km. Selama ini dominan memakai nozzle kuning, dan semaksimal mungkin eco driving.
4. In car. Interior lumayan baik untuk ukuran low MPV, bahan yang digunakan untuk dashboard, door trim, panel2 cukup berkualitas, kabin terasa cukup senyap saat di dalam meski tidak dapat menghilangkan bunyi “krrrrr....krrrrr” dari transmisi yang menjadi ciri khas GL. Warna interior coklat/beige terkesan mewah, dan serasi dengan warna bodi yellowish silver metallic. Audio standar masih enak di telinga saya, meski belum dapat memutar file MP3. Jarak kursi antara baris pertama dan kedua dapat disiasati dengan kursi baris kedua yang dapat disliding, cukup mengakomodir tinggi badan saya yg 170 cm, hanya saja baris ketiga menurut saya hanya cocok untuk anak-anak, mengingat pendeknya jarak kursi dengan baris kedua dan lantai yang dangkal.

Menjelang ultahnya yang ke-7, ada beberapa PR yang mesti menjadi perhatian ke depan:
1. Mesin mulai ngelitik saat berakselerasi, sebelumnya tidak.
2. Kaki-kaki mulai berisik saat melibas jalan kerikil, sebulan yang lalu rekondisi balljoint dan link stabil, dan dicek komponen kaki-kaki lainnya masih bagus semua, kecuali shockbreaker depan yang mulai lemah, sayang cross member tidak diturunkan untuk mengecek karet2 bushingnya.
3. Kompresor AC saat magnet berputar berbunyi berisik “tttrrrriiiinnnnggggg.....”, tapi lama kelamaan hilang dengan sendirinya.
4. Mesin muncul bunyi kasar “tik...tik...tik” saat langsam di pagi hari, tapi kalo udah jalan jauh hilang dengan sendirinya. Mungkin HLA udah mulai aus...selama ini make oli 10w30 NGO, baru terakhir ini make 10w-40 Shell Helix HX7.
5. Pintu driver dan pintu penumpang samping driver mulai berisik saat lewat jalan berlubang, tapi itu terjadi hanya saat kaca ditutup rapat, saat kaca dibuka semua senyap, dugaan sementara karet kaca sudah tidak menjepit kaca dengan sempurna. Harus dibawa ke bengkel spesialis pintu.
6. Filter udara udah minta diganti. Ada yang punya saran, pakai OEM, atau aftermarket? :big_think:

Perawatan yang dilakukan selama pemakaian:
1. Tune up & ganti oli rutin.
2. Ganti karet wiper depan.
3. Refill radiator coolant yang menyusut.
4. Rekondisi balljoint dan link stabil.
5. Ganti ban depan pake GT Champiro ECO ukuran standar GL, belakang masih pake Dunlop SP Sport 300 bawaan GL. Berasa licin kalo make dunlop ini di jalan basah, setelah ganti handling lebih enak.
6. Selebihnya standar pabrik, tanpa modifikasi, aksesori pun cuma sill plate pintu, biarkan apa adanya...

Overall, puas memakai GL, worthed, value for money, sayang harga jual bekasnya pun masih kencang depresiasinya. Beli 131 juta, make setahunan pasarannya drop ke 120 jutaan... :big_cry:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by ChZ »

Nice thread oom...

Untuk mesin nglitik coba timingnya dimajukan oom, GL ini rada unik, timing dimajukan justru kagak ngelitik.

Pernah coba di GL 1.5 XV 2010 MT teman ane via OBD II dimajuin timing 1 derajat malah gak ngelitik. Happens on other Grand Livina, pernah ane ceritakan ke bro KodokPushUp dan dia mengalami hal yang sama juga, dimajuin malah gak ngelitik :e-wall:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by Greenhunter »

Reviewnya mirip sekali dengan yang saya alami.
Overall puas dengan nissan grand Livina., saya cukup beruntung dapat unit yang kebetulan tidak banyak rewelnya.
saya pakai yang 2008 juga, tipe XV juga, tapi yang matic.
kondisi sekarang :
- shock depan sudah lemah juga
- pelampung bensin memang ngaco, tapi ngaconya lebih ke arah kurang karena itu saya biarin aja. misal bensin aktual masih 3/4 tangki, jarum penunjuknya posisi di 1/2 tangki, yang bahaya kan kalo ngaconya kebalikan dari kondisi diatas, jarum masih separo kenyataannya tinggal 1/4, tau tau keabisan bensin
- saya belinya bulan september 2014 lalu, jadi dapatnya sudah murah
- rencana pakai jangka panjang, jadi gak terlalu mikir resale value
- untungnya mesin tidak ngelitik., masih halus, matic masih sangat lancar, kalau pemakaian normal hampir tidak terasa perpindahannya, kecuali kickdown., langsung narik..

yang saya anggap masalah sekarang ini begini:
- kalau melibas polisi tidur masih enak, gak mengayun berlebihan, gak mental juga.
- melibas speed trap di tol juga bunyinya masih dep dep dep...
- tapi kalau lewat jalan yang keriting (aspal mengelupas yang menyisakan batu batu kerikil saja) kok kaki kaki agak berisik
- kalau melindas lubang juga bunyi DAK

kira kira kenapa ya ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by Turboman »

Ngelitik di carbon clean aja ruang bakarnya

sekalian purging injector
* Bukan ajakan Beli *
Poppa
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Mar 05, 2014 9:37
Location: BSD
Daily Vehicle: Captiva+Audi A6

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by Poppa »

Kalau untuk ngelewatin lubang bunyi dak mungkin bisa terjadi di semua mobil sih om
Cuman pengalaman saya di GL kalau ngelewatin lubang bunyi dak itu dari alas bagasi belakang yang terangkat trus terhempas lagi (posisi alas yang diatas ban serep buat taro barang di bagasi)

Untuk urusan klitik2an yah usahakan beli nozzle biru lah om, beli mobil bisa saya yakin pasti beli BBM 92 jauh lebih bisa hehe. yang udah terlanjur dikitikin sih salah satu emang carbon clean bisa kena 250rb an
impossible only means you have not find the solution yet
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by DOHC »

kl soal glitik... bsa di minimalisir koq tanpa harus naek kelas ke bensin selang biru... modalnya cuman oli yg kualitas lebi bagus, dan waktu luang utk DIY bebersih mesin...

minimal, tiap 1000 km, coba buka selang intake, bersihin jelaga karbon yg nempel di throttle body (jgn semprot2 caeran apapun ke TB) abis rasakan gejala ndut2an jauhhh berkurang, filter udara tiap bulan bawa ke tukang ban utk dibersihin, dan kl tune up,slain kepala piston, usahain intake dan klep2 nya disemprot cairan foaming pembersih macam DCS.... hal2 tsb uda ampuh bangettt koq utk minimalisir gelitik...

dan kalo livina nya ud berumur.... ga ad salah nya perhatiin selang2 vaccum... sperti selang yg ke katup selenoid dari charcoal canister (posisi setelah TB), dan selang vaccum dari PCV dari kepala cam, itu biasanya ud retak atau getas atau pecah... kl itu rusak, mesin jd gampang glitik apalagi kl lg under heavy load, dibejeg, geter2 macam vibrator, idle ga stabil
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by KodokPushUp »

Wah ane ga pernah semprot2 kayak om klep, cuma bawa ke bengkel tiap 10k km + carbon clean, majuin timing +2, oli pake 5w-30, bensin premium
Pemakaian terakhir 65k km, ga pernah ngelitik, kecuali kalo abis masuk beres
Tarikan atasnya gila, gampang banget dapet 120-160 kmh waktu overtake
Mesin kuat, ane sering perjalanan luar kota (Surabaya-Solo) 300km, geber terus sepanjang perjalanan, upshift nyentuh redline, dan kadang2 hit 8k rpm, dan sampe sekarang belum jebol

Note:kalo majuin timing di beres, tetep ngelitik :frm_bang_head:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by DOHC »

kl soal mesin jg kayanya HR series ini not bad koq om... toh dl ane make ampe 100rebu km ga ad masalah apa2... temen2 ane, saudara ane, ampe cewe ane jg make GL ampe tembus 150rebu km jg rata2 blom ad yg turun mesin, utk skir klep dan bahkan ganti seal engine head cover aj rata2 pada blom pernah... makanya biarpun mesin nya gampang glitik, tp kayanya ketahanan nya not bad koq..

malah kayanya gearbox nya yg ga sebagus ketahanan mesin nya... dl gearbox manual ane perna kena masalah, ampe dikit lg mau d ganti waktu masi garansi... perna jg baca di forum sebelah ad beberapa yg gearbox nya diganti gear apanya gt karena susah masuk gigi...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by henxster »

ChZ wrote:Nice thread oom...

Untuk mesin nglitik coba timingnya dimajukan oom, GL ini rada unik, timing dimajukan justru kagak ngelitik.

Pernah coba di GL 1.5 XV 2010 MT teman ane via OBD II dimajuin timing 1 derajat malah gak ngelitik. Happens on other Grand Livina, pernah ane ceritakan ke bro KodokPushUp dan dia mengalami hal yang sama juga, dimajuin malah gak ngelitik :e-wall:
makasih om...

ane mmg blm coba majuin timing pengapian, maklum selama ini tinggal di daerah yg susah nyari bengkel yang punya scannernya, apalagi bengkel spesialis nissan... :big_dunno: tapi skrg ane udah pindah domisili, besok kalo udah ada kesempatan nyari referensi dulu bengkel mana yang oke di jogja buat handle GL ane :frm_tumbright:
henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by henxster »

Greenhunter wrote:Reviewnya mirip sekali dengan yang saya alami.
Overall puas dengan nissan grand Livina., saya cukup beruntung dapat unit yang kebetulan tidak banyak rewelnya.
saya pakai yang 2008 juga, tipe XV juga, tapi yang matic.
kondisi sekarang :
- shock depan sudah lemah juga
- pelampung bensin memang ngaco, tapi ngaconya lebih ke arah kurang karena itu saya biarin aja. misal bensin aktual masih 3/4 tangki, jarum penunjuknya posisi di 1/2 tangki, yang bahaya kan kalo ngaconya kebalikan dari kondisi diatas, jarum masih separo kenyataannya tinggal 1/4, tau tau keabisan bensin
- saya belinya bulan september 2014 lalu, jadi dapatnya sudah murah
- rencana pakai jangka panjang, jadi gak terlalu mikir resale value
- untungnya mesin tidak ngelitik., masih halus, matic masih sangat lancar, kalau pemakaian normal hampir tidak terasa perpindahannya, kecuali kickdown., langsung narik..

yang saya anggap masalah sekarang ini begini:
- kalau melibas polisi tidur masih enak, gak mengayun berlebihan, gak mental juga.
- melibas speed trap di tol juga bunyinya masih dep dep dep...
- tapi kalau lewat jalan yang keriting (aspal mengelupas yang menyisakan batu batu kerikil saja) kok kaki kaki agak berisik
- kalau melindas lubang juga bunyi DAK

kira kira kenapa ya ?
kalo lewat jalan berkerikil punya saya juga gitu om, baca2 referensi ada sih yg bilang mungkin dari karet2 bushing cross member, kalo diganti harus gelondongan utuh cross member nya, harganya di beres lumayan juga. ada juga yang bisa ngakalin pake teflon dalemannya, googling aja om ane lupa linknya.

trus kalo soal bunyi DAK di depan atau belakang om? saya punya bunyi gitu juga dari sisi depan kanan kalo ngelibas polisi tidur, gak selalu bunyi sih tergantung kecepatan n ketinggian poldurnya

:big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by ChZ »

henxster wrote: makasih om...

ane mmg blm coba majuin timing pengapian, maklum selama ini tinggal di daerah yg susah nyari bengkel yang punya scannernya, apalagi bengkel spesialis nissan... :big_dunno: tapi skrg ane udah pindah domisili, besok kalo udah ada kesempatan nyari referensi dulu bengkel mana yang oke di jogja buat handle GL ane :frm_tumbright:
Sebenernya bisa sih dilakuin sendiri dengan pakai soket OBD-II (300ribuan) dan aplikasi android. Teman ane malah mainin timing pas lagi jalan, iseng-iseng majuin, eh gak nglitik, mundurin 1, nglitik, mundurin 2, tambah nglitik :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by henxster »

ChZ wrote:
henxster wrote: makasih om...

ane mmg blm coba majuin timing pengapian, maklum selama ini tinggal di daerah yg susah nyari bengkel yang punya scannernya, apalagi bengkel spesialis nissan... :big_dunno: tapi skrg ane udah pindah domisili, besok kalo udah ada kesempatan nyari referensi dulu bengkel mana yang oke di jogja buat handle GL ane :frm_tumbright:
Sebenernya bisa sih dilakuin sendiri dengan pakai soket OBD-II (300ribuan) dan aplikasi android. Teman ane malah mainin timing pas lagi jalan, iseng-iseng majuin, eh gak nglitik, mundurin 1, nglitik, mundurin 2, tambah nglitik :big_slap:
wowww...pake android, dari hengpong om? wah, ane belon tahu tuh, maap maklum masih newbie... lumayan juga ya harga soketnya. kalo udah kita setting timing pengapian dimajuin trus ecu kita reset pake metode injak-lepas pedal gas otomatis timing balik ke standar lagi ya om?
henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by henxster »

Turboman wrote:Ngelitik di carbon clean aja ruang bakarnya

sekalian purging injector
purging injector itu sama dengan cleaning injector ya om? atau kalibrasi? :big_think:
ceiszha
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
Location: medan

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by ceiszha »

ChZ wrote:
henxster wrote: makasih om...

ane mmg blm coba majuin timing pengapian, maklum selama ini tinggal di daerah yg susah nyari bengkel yang punya scannernya, apalagi bengkel spesialis nissan... :big_dunno: tapi skrg ane udah pindah domisili, besok kalo udah ada kesempatan nyari referensi dulu bengkel mana yang oke di jogja buat handle GL ane :frm_tumbright:
Sebenernya bisa sih dilakuin sendiri dengan pakai soket OBD-II (300ribuan) dan aplikasi android. Teman ane malah mainin timing pas lagi jalan, iseng-iseng majuin, eh gak nglitik, mundurin 1, nglitik, mundurin 2, tambah nglitik :big_slap:
Ane udah punya alat obd 2 ni om. Aplikasi androidnya apa namanya? Ane biasa pake torque tp yg free.. Hehehe
rautech
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jun 07, 2010 5:55
Location: Cimahi - Karawang

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by rautech »

Numpang review dikit ya Oms..

Neng Vina saya baru 2200an km. tapi minumnya udah campur2 dari awal beli :
isi pertama premium, habis itu beberapa kali pertamax, habis itu beberapa kali shell vpower, dan udah 2 kali ini downgrade ke shell super.
sejauh saya pake sih, shell super enteng.. dibanding pertamax (banyak orang yg bilang sebaliknya). sejauh ini ya blm ada gejala2 ngelitik. torsi puncak di 4000rpm, menurut saya di 2000 udah cukup besar. saya pindah gigi malah nyaman di bawah 2000 rpm. karakter mesin mirip Dangan GTi saya dulu. Setelah ganti oli inreyen di 2000km kemaren.. mesin jauh lbh enak. buat nyalip2 enak banget. Kalo ada yg nyebelin di belakang, gampang ninggalinnya :e-dance:

Awalnya saya kesulitan sama karakter koplingnya yg ngga jauh2 dari X-trail manual. Happynya, saya udah mulai terbiasa menangani kopling Vina tanpa ndut2an dan rpm launch rendah saja (penyesuaian kopling ampir 2 bln!), skrg feeling udah dapet.. enak bener ini mobil.

keluhan saya sama mobil ini hampir ngga ada, semua working well. dipake jalan jauh jg ngga capek. energi saya biasa terkuras di tempat kerja, jadi saya perlu mobil yg nyaman buat pulang ke Bandung (Cipularang).

Target pake mobil ini 5-6 taun saja..
Kita liat sektor kaki dan ngelitik yg banyak dikeluhkan. Apakah segitunya?
:upss:
Black Livina MT
alon2 kapan kelakon?

follow my instagram : rikyvird
GunturSon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 245
Joined: Sat Aug 23, 2014 18:24

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by GunturSon »

Yup ngelitik isi premium / pertamax sama aja.

Bunyi Rattle2 interior and kursi, gw komplain ke beres katanya kalau mau senyap ya kudu ganti mobil eropa, kalau jepang ya bunyi, whattttt the fcuk.... Jawaban asal ceplos minta ditabokin...

Kaki2 ga durable.
masih garansi, bs klaim, sekarang gaya setir gw rada agresive, ada lubang hajar aja, biar bushing2 karet2 kaki jebol semua, biar bs klaim sebelum garansi habis.

Wah curcol kepanjangan nih Hiihihi
henxster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Oct 08, 2014 8:34

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by henxster »

Ada yang terlupa...

Bbrp waktu lalu GL saya kalau rem diinjak pada kecepatan tinggi setir bergetar hebat, dugaan waktu itu saya kira dari disc yang sudah tidak rata/bergelombang, kampas rem depan yang mulai tipis, roda tidak balance, atau ada "sesuatu" di setir. Ambil solusi dari yang termurah dulu yaitu balance roda (meskipun saat kecepatan tinggi tanpa menginjak rem setir tidak getar), ternyata getaran tidak berkurang...

Lanjut solusi kedua, ganti kampas rem depan yang setelah dicek memang mulai tipis. Tidak memilih kampas rem OEM, tapi saya pilih merk Bendix, varian General CT...setelah dipasang tes jalan masih terasa getaran seperti sebelumnya, tapi saya biarkan saja dulu, ternyata lama kelamaan getar2 itu semakin berkurang, dan dalam jangka waktu pemakaian yang tidak terlalu lama (mungkin sekitar 1 bulan) getar2 itu sudah hilang sama sekali, hanya dengan mengganti kampas rem depan...alhasil disc tidak perlu saya bongkar untuk dibubut karena getar sudah hilang.

Dan satu hal lagi pengereman dengan menggunakan kampas rem merk ini saya rasakan lebih pakem dibanding OEM yang ternyata bermerk Hitachi... :big_think:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by DOHC »

GunturSon wrote:Yup ngelitik isi premium / pertamax sama aja.

Bunyi Rattle2 interior and kursi, gw komplain ke beres katanya kalau mau senyap ya kudu ganti mobil eropa, kalau jepang ya bunyi, whattttt the fcuk.... Jawaban asal ceplos minta ditabokin...

Kaki2 ga durable.
masih garansi, bs klaim, sekarang gaya setir gw rada agresive, ada lubang hajar aja, biar bushing2 karet2 kaki jebol semua, biar bs klaim sebelum garansi habis.

Wah curcol kepanjangan nih Hiihihi
Gamparin aj sa yg jawabin kya gt om.... ga beda ama jawaban montir angkot pinggir jalan....

Kl mau cepet rusak sehh gampang om... parkir aj mobil tiap malem dgn posisi salah satu roda nangkring lebi tinggi dgn posisi setir full lock ke salah satu sisi.. trus karet2 bushing d sirem minyak tanah tiap ari...

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by ternakblog »

DOHC wrote:
GunturSon wrote:Yup ngelitik isi premium / pertamax sama aja.

Bunyi Rattle2 interior and kursi, gw komplain ke beres katanya kalau mau senyap ya kudu ganti mobil eropa, kalau jepang ya bunyi, whattttt the fcuk.... Jawaban asal ceplos minta ditabokin...

Kaki2 ga durable.
masih garansi, bs klaim, sekarang gaya setir gw rada agresive, ada lubang hajar aja, biar bushing2 karet2 kaki jebol semua, biar bs klaim sebelum garansi habis.

Wah curcol kepanjangan nih Hiihihi
Gamparin aj sa yg jawabin kya gt om.... ga beda ama jawaban montir angkot pinggir jalan....

Kl mau cepet rusak sehh gampang om... parkir aj mobil tiap malem dgn posisi salah satu roda nangkring lebi tinggi dgn posisi setir full lock ke salah satu sisi.. trus karet2 bushing d sirem minyak tanah tiap ari...

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Syukur alhamdulillah sampai km 30rb si pina masih okeh2 aja,SA nissan ayani ya mayan komunikatif,salesnya juga
Bunyi rattle blm ada,tiap hari dipake buat hajar lobang dari yg kecil smpek yg segede lobang buaya:-))
Kampret juga itu SA ngomongnya,laporin nissan pusat aja om biar disentil=--=
Om doc,mau nanya,cara ngecek kaki2 masih sehat or gak itu gmn ya?soalnya takut ae dikibulin nissan,kalo serpis kaki2 dibilang aman,pdhal udah bocor
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by DOHC »

kl mau ngecek kaki2 lipina... sejauh yg ane rasain yahh om... ane bagi antara noticeable ama kaga noticeable sama sekali... nahh ini jg yg nentuin tingkat severity kerusakan nya... kl masi kerusakan minim, rata2 nyaris ga kedengeran atau kerasa krn bunyi nya minim, ktutup ama peredaman kabin.. musti coba nyetir sambil lewatin jalan jelek sambil buka kaca...

kl yg paling ketara, yah pas lewat jalan jelek, apalagi gundukan yg ga rata, maka dari posisi dek depan, akan ada bunyi dakk atau dukk kenceng yg berasa ke kaki kta... itu pasti dari bushing crossmember yg ud sekarat... tp kl ada bunyi duk atau dakk tsb tp ga ampe berasa ke kaki kta di dek, maka itu bushing swing arm...

plg gampang, cek fisik dan visual om... modal nya jg cuman linggis yg agak gede dgn ujung yg pipih...kalo ga ad, pake pengungkit buat muterin dongkrak lipina aj... pake sisi yg pipih, cungkil di skitaran besi bushing crossmember dan swing arm... itu ga bole bermaen atau bergerak bebas... kl ampe ud bsa bergerak bebas, berarti ud jebol itu karet bushing nya... apalagi ampe subframe nya nempel ke body (kejadian di ane dl)... kl bushin swing arm malah lebi enak lagi... pas d dongkrak, perhatiin bener2 tuh karet bushing nya... kliatan kl ud jebol..

utk link stabilzer / sway bar... ini jg seumur jagung manis thailand doank... cara test nya, coba aj di goyang2 in... coba pelintir tuh batang nya, kl gampang apalagi ampe bunyi tek tek pas di gerakin, fix ud mokat tuh... apalagi kl ampe ud sobek karet joint nya...

satu lagi yg cepet mokat di lipina yahh dari shock nya... dongkrak trus liat dari batang shock nya ad leleran oli ga...




ternakblog wrote:
DOHC wrote:
GunturSon wrote:Yup ngelitik isi premium / pertamax sama aja.

Bunyi Rattle2 interior and kursi, gw komplain ke beres katanya kalau mau senyap ya kudu ganti mobil eropa, kalau jepang ya bunyi, whattttt the fcuk.... Jawaban asal ceplos minta ditabokin...

Kaki2 ga durable.
masih garansi, bs klaim, sekarang gaya setir gw rada agresive, ada lubang hajar aja, biar bushing2 karet2 kaki jebol semua, biar bs klaim sebelum garansi habis.

Wah curcol kepanjangan nih Hiihihi
Gamparin aj sa yg jawabin kya gt om.... ga beda ama jawaban montir angkot pinggir jalan....

Kl mau cepet rusak sehh gampang om... parkir aj mobil tiap malem dgn posisi salah satu roda nangkring lebi tinggi dgn posisi setir full lock ke salah satu sisi.. trus karet2 bushing d sirem minyak tanah tiap ari...

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
Syukur alhamdulillah sampai km 30rb si pina masih okeh2 aja,SA nissan ayani ya mayan komunikatif,salesnya juga
Bunyi rattle blm ada,tiap hari dipake buat hajar lobang dari yg kecil smpek yg segede lobang buaya:-))
Kampret juga itu SA ngomongnya,laporin nissan pusat aja om biar disentil=--=
Om doc,mau nanya,cara ngecek kaki2 masih sehat or gak itu gmn ya?soalnya takut ae dikibulin nissan,kalo serpis kaki2 dibilang aman,pdhal udah bocor
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by vipere »

Ane juga pake livina nih yg tipe XR. beli tahun 2009 , jadi udah sekitar 6 tahun. km 98.000. nih mobil jadi mobil perang sehari2 dah.
kalo lewat jalan yg aspalnya gak rata gitu , emang ada bunyi duk duk ringan, tapi gak sampe getar ke kaki. saya biarin aja dah,
talang air sobek satu ,biarin juga dah, soalnya akhir tahun mau dijual. Terus itu yg di tempat fog lamp itu bolong (gak pasang fog lamp), plat besi nya hilang gak tau di mana.
Tapi enak sih nih mobil gak perlu keluarin duit banyak2 lah buat benerin ini itu, gak pernah mogok2 juga. Soalnya saya bandingin nya ama mobil saya yg sebelumnya hyundai accent,beli second , mobilnya umur 4 tahun, tiap bulan gak pernah berhenti rusak ini itu, dihitung2 bisa2 80 % tuh mobil rusak semua komponennya.
Karena kondisi keuangan, terpaksa pake 4 tahun nih mobil baru dijual , itu juga karena dapet cop dari kantor,gara2 boss kasihan sering gak masuk mobil mogok..wekekek.. rusaknya antara lain : radiator jebol, power steering jebol, power window udah gak terhitung benerinnya bolak balik bengkel, long tie rod bisa 3 x ganti selama 4 tahun itu, air flow sensor tiap tahun rusak, yg mana harganya @ 900.000 yg kw, yg asli 1,8 juta, lagi jalan di luar, fan belt putus, ac rusak ini itu, dihitung2 habis 7 juta ada kali buat ac doang, fuel pump jebol, water pump juga jebol, oli masuk ruang bakar, jadi musti turun mesin juga, terus yg paling parah lagi jalan di tol, timing belt putus, itu mesin rontok semua dalemnya, musti turun mesin lagi , untung gak kecelakaan, jadi 2 x turun mesin, dan masih banyak lagi rusak ini itu ada aja tiap bulan. kalo tanya ke bengkel resmi nya kenapa rusak, dibilang karena umur.
Lah ini pake livina umurnya sama tapi gak pernah ada masalah2 kayak gitu, jadinya berasa nikmat juga nih pake nih mobil.
Makanya sejak itu saya blacklist mobil [cencored] korea.
rautech
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jun 07, 2010 5:55
Location: Cimahi - Karawang

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by rautech »

lho saya pikir mobil korea kualitasnya bagus Om, secara mereka kasi garansi mesin sampe 5 taun. tadinya pengen beli salah satu hatchbacknya. Cuma istri saya maunya MPV. Nah saya meleleh waktu nyoba Livina karena enak dibawa di tol dan demen sama modelnya yg agak rendah dan panjang. Jalan tengahnya ya beli neng Vina. so far mantabbb
Black Livina MT
alon2 kapan kelakon?

follow my instagram : rikyvird
merkapa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 476
Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by merkapa »

untuk Livie emang edan,saya sendiri make sampe udah 138k (2008-skrg), nyaman sekali dan irit kalo luar kota 1:14...mesin emang badak sih, sepupu saya udah make 177k dan gak masalah ama ini barang

sayang untuk penjualan dilibas ertiga dan mobilio, mkn ass nya mesti rada bener kali yah

kelemahan
klitik dan putaran bwah lemot
rautech
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jun 07, 2010 5:55
Location: Cimahi - Karawang

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by rautech »

Livina diisi shell vpower ga turun2 bensinnya
:big_peace:
masalah penyesuaian kopling udah teratasi.
weekend ini bawa maen ke Garuuutt..
:big_smile]
Black Livina MT
alon2 kapan kelakon?

follow my instagram : rikyvird
rautech
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Jun 07, 2010 5:55
Location: Cimahi - Karawang

Re: Jelang ultah ke-7 Grand Livina

Post by rautech »

merkapa wrote:untuk Livie emang edan,saya sendiri make sampe udah 138k (2008-skrg), nyaman sekali dan irit kalo luar kota 1:14...mesin emang badak sih, sepupu saya udah make 177k dan gak masalah ama ini barang

sayang untuk penjualan dilibas ertiga dan mobilio, mkn ass nya mesti rada bener kali yah

kelemahan
klitik dan putaran bwah lemot
ayo sama2 nabung Om.. pasang air flow manipulator. penasaran bener saya sama ni barang. banyak yg review bagus. ngelitik ilang, tenaga bawah gede.
mobil saya mungkin karena ODOmeter masih 2500an, blm ada gejala ngelitik. dibawa hari2 cukup, di tol serasa bawa mobil yg lebih gedean CCnya. enak lari
:big_peace:
Black Livina MT
alon2 kapan kelakon?

follow my instagram : rikyvird