Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

z3ll
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

Dear para suhu di mari, setelah nguli bertahun-tahun :big_smile] ... ane mau mewujudkan beli mobil impian ane BMW seri 7 utk keliling2 bersama keluarga tercinto ... jatuh hati pada F02 yang sudah sesuai bujet ane ... mending ambil 740li (mesin N55 bensin) atau 730ld (mesin N57 diesel) ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by ChZ »

wah kemaren ini ratjoen ane juga wkwk lihatin 7series yang harganya udah menarik bgt calon inceran kalo udah bosen E39 :mky_07:

kalau nggak buat daily, enak beli 740Li aja om :mky_03: N55 inline six turbo. kecuali semi semi dipake daily 730Ld biar gak bocor di kantong.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2606
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by farizfsa »

z3ll wrote: Wed Apr 24, 2024 7:33 Dear para suhu di mari, setelah nguli bertahun-tahun :big_smile] ... ane mau mewujudkan beli mobil impian ane BMW seri 7 utk keliling2 bersama keluarga tercinto ... jatuh hati pada F02 yang sudah sesuai bujet ane ... mending ambil 740li (mesin N55 bensin) atau 730ld (mesin N57 diesel) ya?
ah 730ld yang coklat itu kah? kl ga salah ada yg sudah cek kondisi kurang top, masih ada perbaikan dan parts yang missing. kalo 730ld yang hitam di surabaya belum tau.

kalo mau hidup tentram sih 740li N55 ya. kalo suka jalan jauh, sering toll, 730ld pasti nikmat. kl siap sedikit ribet parts boleh 730ld yang pasti jauh lebih irit.

parts sih pasti banyak yg sama kaya mesin N47 diesel ya yg banyak di indo, cm yg specific yang agak serem.

kalo dr saya yg agak nekat pake mbl ginian sih pasti 730ld ya wkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
z3ll
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

ChZ wrote: Wed Apr 24, 2024 7:51 wah kemaren ini ratjoen ane juga wkwk lihatin 7series yang harganya udah menarik bgt calon inceran kalo udah bosen E39 :mky_07:

kalau nggak buat daily, enak beli 740Li aja om :mky_03: N55 inline six turbo. kecuali semi semi dipake daily 730Ld biar gak bocor di kantong.
rencananya bakal sering dipakai keluar kota om, makanya ane jadi bimbang :big_cry:
z3ll
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 7:54
z3ll wrote: Wed Apr 24, 2024 7:33 Dear para suhu di mari, setelah nguli bertahun-tahun :big_smile] ... ane mau mewujudkan beli mobil impian ane BMW seri 7 utk keliling2 bersama keluarga tercinto ... jatuh hati pada F02 yang sudah sesuai bujet ane ... mending ambil 740li (mesin N55 bensin) atau 730ld (mesin N57 diesel) ya?
ah 730ld yang coklat itu kah? kl ga salah ada yg sudah cek kondisi kurang top, masih ada perbaikan dan parts yang missing. kalo 730ld yang hitam di surabaya belum tau.

kalo mau hidup tentram sih 740li N55 ya. kalo suka jalan jauh, sering toll, 730ld pasti nikmat. kl siap sedikit ribet parts boleh 730ld yang pasti jauh lebih irit.

parts sih pasti banyak yg sama kaya mesin N47 diesel ya yg banyak di indo, cm yg specific yang agak serem.

kalo dr saya yg agak nekat pake mbl ginian sih pasti 730ld ya wkwk
Nanya dong om .. bagi pengalaman ama BMW diesel ... apa ada rekomendasi bengkel yg bisa delete full EGR (valve & cooler) + tune? Possible ga? :big_smile]
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2606
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by farizfsa »

z3ll wrote: Wed Apr 24, 2024 8:11
farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 7:54
z3ll wrote: Wed Apr 24, 2024 7:33 Dear para suhu di mari, setelah nguli bertahun-tahun :big_smile] ... ane mau mewujudkan beli mobil impian ane BMW seri 7 utk keliling2 bersama keluarga tercinto ... jatuh hati pada F02 yang sudah sesuai bujet ane ... mending ambil 740li (mesin N55 bensin) atau 730ld (mesin N57 diesel) ya?
ah 730ld yang coklat itu kah? kl ga salah ada yg sudah cek kondisi kurang top, masih ada perbaikan dan parts yang missing. kalo 730ld yang hitam di surabaya belum tau.

kalo mau hidup tentram sih 740li N55 ya. kalo suka jalan jauh, sering toll, 730ld pasti nikmat. kl siap sedikit ribet parts boleh 730ld yang pasti jauh lebih irit.

parts sih pasti banyak yg sama kaya mesin N47 diesel ya yg banyak di indo, cm yg specific yang agak serem.

kalo dr saya yg agak nekat pake mbl ginian sih pasti 730ld ya wkwk
Nanya dong om .. bagi pengalaman ama BMW diesel ... apa ada rekomendasi bengkel yg bisa delete full EGR (valve & cooler) + tune? Possible ga? :big_smile]
possible kok om, saya sampe km 125rb mbl sih std ting ting, baru 125rb keatas tuned ke stage 2. egr off, dpr katanya pasar indo ga ada, engine + transmisi tuned ke stage 2 yg diganti cold air intake speedcraft, downpipe techpro, charge & boost pipe ftp dan upgraded intercooler darkside development aja.

bisa coba contact elika atau speedcraft. egr dan dpf off in aja, terus minta tune engine tp minta smokeless jd ga cumi2 lalu transmisi stage 2 aja gausah stage 3 biar masih halus dan ke kejar power mesin. harusnya 320hp an torsi 700nm an dapet. darkside development UK sih udh develop n74b30 ini sampe mepet 500hp ya

cm karena ini seri 7 ya saran ane sih remap stage 1 aja transmisi stage 2. dpf egr off. biar masih nyaman dan sunyi mobilnya. cm mungkin kl mau tenang upgrade boost & charge pipe (kl gada aftermarket bisa bikin (terakhir bikin buat jaguar di speedcraft karena cari pipe ori nya setengah modar jd sekalian upgrade + sudah ada turbo leak jd urgent) + intercooler (beli aja di darkside development 411 gbp + pajak masuk, wagner mahal bgt 2x lipat wkwk)
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
z3ll
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 9:41 possible kok om, saya sampe km 125rb mbl sih std ting ting, baru 125rb keatas tuned ke stage 2. egr off, dpr katanya pasar indo ga ada, engine + transmisi tuned ke stage 2 yg diganti cold air intake speedcraft, downpipe techpro, charge & boost pipe ftp dan upgraded intercooler darkside development aja.
Mangstab sekali tuh om ... apa mesin N47D20 ada problem selama udah naik ke stage 2?
farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 9:41 bisa coba contact elika atau speedcraft. egr dan dpf off in aja, terus minta tune engine tp minta smokeless jd ga cumi2 lalu transmisi stage 2 aja gausah stage 3 biar masih halus dan ke kejar power mesin. harusnya 320hp an torsi 700nm an dapet. darkside development UK sih udh develop n74b30 ini sampe mepet 500hp ya
antara elika & speedcraft,om kmrn N47 masukin dimana jadinya? kena kisaran berapa om (kalau boleh tau nih, :big_grin: ) ?
farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 9:41 cm karena ini seri 7 ya saran ane sih remap stage 1 aja transmisi stage 2. dpf egr off. biar masih nyaman dan sunyi mobilnya. cm mungkin kl mau tenang upgrade boost & charge pipe (kl gada aftermarket bisa bikin (terakhir bikin buat jaguar di speedcraft karena cari pipe ori nya setengah modar jd sekalian upgrade + sudah ada turbo leak jd urgent) + intercooler (beli aja di darkside development 411 gbp + pajak masuk, wagner mahal bgt 2x lipat wkwk)
Noted om, ane cuma mikir EGR & DPF ini kalau dipiara di boil malah jadi biang kerak karbon, iye kan om ...

kalau pribadi, ane rasa tenaga standaran si F02 730ld aja sih udah mantep bingits sih om utk tujuan ane hepi2 ngangkut keluarga tercinto jalan2 keliling nusantara :big_smoking:

kalau misal ... hanya delete EGR&DPF + transmisi aja nih yg ane garap apa ga masalah ye om?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4590
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by Pboyz97 »

kalo diantara 2 itu saya vote 740li, 730 ld kayanya agak langka secara mesinnya banyakkan yg bensin kl di indo setau saya yg seri 7 tahun segitu
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2606
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by farizfsa »

z3ll wrote: Wed Apr 24, 2024 10:28
farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 9:41 possible kok om, saya sampe km 125rb mbl sih std ting ting, baru 125rb keatas tuned ke stage 2. egr off, dpr katanya pasar indo ga ada, engine + transmisi tuned ke stage 2 yg diganti cold air intake speedcraft, downpipe techpro, charge & boost pipe ftp dan upgraded intercooler darkside development aja.
Mangstab sekali tuh om ... apa mesin N47D20 ada problem selama udah naik ke stage 2?
farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 9:41 bisa coba contact elika atau speedcraft. egr dan dpf off in aja, terus minta tune engine tp minta smokeless jd ga cumi2 lalu transmisi stage 2 aja gausah stage 3 biar masih halus dan ke kejar power mesin. harusnya 320hp an torsi 700nm an dapet. darkside development UK sih udh develop n74b30 ini sampe mepet 500hp ya
antara elika & speedcraft,om kmrn N47 masukin dimana jadinya? kena kisaran berapa om (kalau boleh tau nih, :big_grin: ) ?
farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 9:41 cm karena ini seri 7 ya saran ane sih remap stage 1 aja transmisi stage 2. dpf egr off. biar masih nyaman dan sunyi mobilnya. cm mungkin kl mau tenang upgrade boost & charge pipe (kl gada aftermarket bisa bikin (terakhir bikin buat jaguar di speedcraft karena cari pipe ori nya setengah modar jd sekalian upgrade + sudah ada turbo leak jd urgent) + intercooler (beli aja di darkside development 411 gbp + pajak masuk, wagner mahal bgt 2x lipat wkwk)
Noted om, ane cuma mikir EGR & DPF ini kalau dipiara di boil malah jadi biang kerak karbon, iye kan om ...

kalau pribadi, ane rasa tenaga standaran si F02 730ld aja sih udah mantep bingits sih om utk tujuan ane hepi2 ngangkut keluarga tercinto jalan2 keliling nusantara :big_smoking:

kalau misal ... hanya delete EGR&DPF + transmisi aja nih yg ane garap apa ga masalah ye om?
saya build di speedcraft, kerjaanya cukup rapih, kalo stage 2 dengan printilan2 yang saya beli sih kayanya udh mepet 50jtan ya. saya dyno di elika karena lumayan honest hasil nya dan hitung whp. sedih sebenernya kl liat hasil whp di mainline dyno haha, kalo pake dyno dastek sih hasilnya terlalu optimis tp seneng liat hasilnya. so far belum ada masalah ya garapan speedcraft, saya ada 2 mobil stage 2 masuk situ.

selama di tune nya yg optimal aja ga mentok kanan sih harusnya gausah ganti hardware ya.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2548
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by KielConstantine »

farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 2:01 saya build di speedcraft, kerjaanya cukup rapih, kalo stage 2 dengan printilan2 yang saya beli sih kayanya udh mepet 50jtan ya. saya dyno di elika karena lumayan honest hasil nya dan hitung whp. sedih sebenernya kl liat hasil whp di mainline dyno haha, kalo pake dyno dastek sih hasilnya terlalu optimis tp seneng liat hasilnya. so far belum ada masalah ya garapan speedcraft, saya ada 2 mobil stage 2 masuk situ.
Stage 2, bacaan di mainline dyno punya dalvin jd brapa whp om 520d nya?

Sama pas standart oem spek brapa whp ya wkwkwk
On paper wikipedia seh n47 181 hp seinget ane
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2606
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Thu Apr 25, 2024 2:34
farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 2:01 saya build di speedcraft, kerjaanya cukup rapih, kalo stage 2 dengan printilan2 yang saya beli sih kayanya udh mepet 50jtan ya. saya dyno di elika karena lumayan honest hasil nya dan hitung whp. sedih sebenernya kl liat hasil whp di mainline dyno haha, kalo pake dyno dastek sih hasilnya terlalu optimis tp seneng liat hasilnya. so far belum ada masalah ya garapan speedcraft, saya ada 2 mobil stage 2 masuk situ.
Stage 2, bacaan di mainline dyno punya dalvin jd brapa whp om 520d nya?

Sama pas standart oem spek brapa whp ya wkwkwk
On paper wikipedia seh n47 181 hp seinget ane
kl ga salah di 194 whp ya, torsi di 418 wnm lupa2 inget, kalo dr dia sih di kali 1.35.

nah yg standard ga sempet dyno jd ngambil dr mbl cust lain, sy lupa berapa kayanya di 150an ya.

kayanya kl menurut mereka terutama dalvin, 520d ya mentok2 nya di sekitaran 260hpan torsi 550-570nm, tp agak resiko pecah intercooler standaran, makanya disaranin upgrade. kl dr speedcraft ngomporin ganti upgrade turbo kit lagi, supaya bs mepet 300hp + 650nm, cuma segini aja udah cukup mana jarang masuk toll sehari2
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
z3ll
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

Pboyz97 wrote: Wed Apr 24, 2024 14:22 kalo diantara 2 itu saya vote 740li, 730 ld kayanya agak langka secara mesinnya banyakkan yg bensin kl di indo setau saya yg seri 7 tahun segitu
Noted om, tapi kita dianugerahi Tuhan YME hidup di Indo yg iklim tropis begini rasanya juga cucok pake mesin diesel (yang scr desain lebih reliable) ... ini yg bikin ane bimbang :big_smile]
Last edited by z3ll on Thu Apr 25, 2024 5:04, edited 1 time in total.
z3ll
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 2:01 saya build di speedcraft, kerjaanya cukup rapih, kalo stage 2 dengan printilan2 yang saya beli sih kayanya udh mepet 50jtan ya. saya dyno di elika karena lumayan honest hasil nya dan hitung whp. sedih sebenernya kl liat hasil whp di mainline dyno haha, kalo pake dyno dastek sih hasilnya terlalu optimis tp seneng liat hasilnya. so far belum ada masalah ya garapan speedcraft, saya ada 2 mobil stage 2 masuk situ.

selama di tune nya yg optimal aja ga mentok kanan sih harusnya gausah ganti hardware ya.
Mangstab om, thanks berat utk rekomendasi & testimoni nya :big_exellent: ... dalam 1-2 bulan musti ane putusin mau ambil n57 ato n55 karena sekeluarga udah kebelet mau roadtrip :big_blushing:
z3ll
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 3:19 kl ga salah di 194 whp ya, torsi di 418 wnm lupa2 inget, kalo dr dia sih di kali 1.35.

nah yg standard ga sempet dyno jd ngambil dr mbl cust lain, sy lupa berapa kayanya di 150an ya.

kayanya kl menurut mereka terutama dalvin, 520d ya mentok2 nya di sekitaran 260hpan torsi 550-570nm, tp agak resiko pecah intercooler standaran, makanya disaranin upgrade. kl dr speedcraft ngomporin ganti upgrade turbo kit lagi, supaya bs mepet 300hp + 650nm, cuma segini aja udah cukup mana jarang masuk toll sehari2
Om, bisa bagi testimoni spek & merk oli (selain ori BMW 5w30) & additive oli mesin yg om udah pernah pakai utk boil2 n47 om?

Ada di yutub yg ane liat pake 5w40 lho [emo-yesno]
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2606
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by farizfsa »

z3ll wrote: Thu Apr 25, 2024 3:54
farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 3:19 kl ga salah di 194 whp ya, torsi di 418 wnm lupa2 inget, kalo dr dia sih di kali 1.35.

nah yg standard ga sempet dyno jd ngambil dr mbl cust lain, sy lupa berapa kayanya di 150an ya.

kayanya kl menurut mereka terutama dalvin, 520d ya mentok2 nya di sekitaran 260hpan torsi 550-570nm, tp agak resiko pecah intercooler standaran, makanya disaranin upgrade. kl dr speedcraft ngomporin ganti upgrade turbo kit lagi, supaya bs mepet 300hp + 650nm, cuma segini aja udah cukup mana jarang masuk toll sehari2
Om, bisa bagi testimoni spek & merk oli (selain ori BMW 5w30) & additive oli mesin yg om udah pernah pakai utk boil2 n47 om?

Ada di yutub yg ane liat pake 5w40 lho [emo-yesno]
Ga pernah pake additive oli. pakai aja oli yang bagus, yg udh meet cert BMW LL-04 karena ada dpf. oli yg pernah saya sering pakai
- Amsoil European Car Formula 5w-30 (muahal dan susah tp carinya)
- Q8 special g long life (oke harganya, masih banyak di pasaran)

untuk diesel fuel nya ya pakai dex atau shell diesel aja yg ada sekarang sudah oke semua. setiap 10rb km saya pakein additive solar diesel Hot Shot Diesel Extreme kl ga salah. 1-2 tahun sekali purging.

racikan diatas saya pakai di 520d sm audi q7 diesel saya (udh kejual)

ane yakin fuel consumption sih jauh 730ld vs 740li ya. tiguan ane aja masih lebih boros di rute yang sama padahal cm 1400cc turbo dan sama2 stage 2.

fuel tank 520d kalo kaki waras itu bisa buat 1200km
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
z3ll
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Wed Apr 24, 2024 7:19
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Batu Nissan

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by z3ll »

farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 6:17 Ga pernah pake additive oli. pakai aja oli yang bagus, yg udh meet cert BMW LL-04 karena ada dpf. oli yg pernah saya sering pakai
- Amsoil European Car Formula 5w-30 (muahal dan susah tp carinya)
- Q8 special g long life (oke harganya, masih banyak di pasaran)

untuk diesel fuel nya ya pakai dex atau shell diesel aja yg ada sekarang sudah oke semua. setiap 10rb km saya pakein additive solar diesel Hot Shot Diesel Extreme kl ga salah. 1-2 tahun sekali purging.

racikan diatas saya pakai di 520d sm audi q7 diesel saya (udh kejual)

Thanks for sharing om, btw misal nih DPF kita dah delete, musti pake yg LL-04 ya? Apa masih ada ngaruh sama back pressure-nya knalpot kah?

Ajib q7 diesel nya dulu tuh pastiiii ...

farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 6:17 ane yakin fuel consumption sih jauh 730ld vs 740li ya. tiguan ane aja masih lebih boros di rute yang sama padahal cm 1400cc turbo dan sama2 stage 2.

fuel tank 520d kalo kaki waras itu bisa buat 1200km
Noted om, ini juga yg jadi pertimbangan ane

Ane liat di web malah ada testimoni G11 730D B57D30 yg nembus 1700km https://www.motor1.com/news/595940/bmw- ... nk-diesel/ padahal spek tangki di 78L, sementara F02 ini masih lebih gedean dikit di 80L

sayangnya G11/12 diesel kaga dimasukin di mari & bujet ane masi di bawah G12 730li second [emo-mark-F]
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1649
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by darrelund »

farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 9:41
bisa coba contact elika atau speedcraft. egr dan dpf off in aja, terus minta tune engine tp minta smokeless jd ga cumi2 lalu transmisi stage 2 aja gausah stage 3 biar masih halus dan ke kejar power mesin. harusnya 320hp an torsi 700nm an dapet. darkside development UK sih udh develop n74b30 ini sampe mepet 500hp ya

cm karena ini seri 7 ya saran ane sih remap stage 1 aja transmisi stage 2. dpf egr off. biar masih nyaman dan sunyi mobilnya. cm mungkin kl mau tenang upgrade boost & charge pipe (kl gada aftermarket bisa bikin (terakhir bikin buat jaguar di speedcraft karena cari pipe ori nya setengah modar jd sekalian upgrade + sudah ada turbo leak jd urgent) + intercooler (beli aja di darkside development 411 gbp + pajak masuk, wagner mahal bgt 2x lipat wkwk)
n57 stage 3 larinya gacor jg ya mbah

palagi di body 7er buat lahap jalan tol sih effortless, enak buat lawan mobil tengil :big_biglaugh:

farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2606
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by farizfsa »

z3ll wrote: Thu Apr 25, 2024 8:12
farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 6:17 Ga pernah pake additive oli. pakai aja oli yang bagus, yg udh meet cert BMW LL-04 karena ada dpf. oli yg pernah saya sering pakai
- Amsoil European Car Formula 5w-30 (muahal dan susah tp carinya)
- Q8 special g long life (oke harganya, masih banyak di pasaran)

untuk diesel fuel nya ya pakai dex atau shell diesel aja yg ada sekarang sudah oke semua. setiap 10rb km saya pakein additive solar diesel Hot Shot Diesel Extreme kl ga salah. 1-2 tahun sekali purging.

racikan diatas saya pakai di 520d sm audi q7 diesel saya (udh kejual)

Thanks for sharing om, btw misal nih DPF kita dah delete, musti pake yg LL-04 ya? Apa masih ada ngaruh sama back pressure-nya knalpot kah?

Ajib q7 diesel nya dulu tuh pastiiii ...

farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 6:17 ane yakin fuel consumption sih jauh 730ld vs 740li ya. tiguan ane aja masih lebih boros di rute yang sama padahal cm 1400cc turbo dan sama2 stage 2.

fuel tank 520d kalo kaki waras itu bisa buat 1200km
Noted om, ini juga yg jadi pertimbangan ane

Ane liat di web malah ada testimoni G11 730D B57D30 yg nembus 1700km https://www.motor1.com/news/595940/bmw- ... nk-diesel/ padahal spek tangki di 78L, sementara F02 ini masih lebih gedean dikit di 80L

sayangnya G11/12 diesel kaga dimasukin di mari & bujet ane masi di bawah G12 730li second [emo-mark-F]
Ane ikutin spec manual book aja gans, disuruh bmw ll04. Katanya kl ga ada dpt ya pake spec oli bmw ll01 cukup

520d ane mah kl jalan toll mulu 1:18-22 kmpl gampang. Misal rata2 20kmpl ya baru abis di 1400km.

Ini mesin ane stage 2 tp kl full toll nyetir santai terakhir masih tembus 1:25 gede, kmrn sempet foto dpt 1:25,9 kmpl avg speed 75,4 kmph

Cm dalem kota jd agak borosan dikit, biasa bs dpt 1:11-12 sekarang paling 1:9-10 aja rute kemang tebet yg mayan macet
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2606
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by farizfsa »

darrelund wrote: Thu Apr 25, 2024 11:09
farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 9:41
bisa coba contact elika atau speedcraft. egr dan dpf off in aja, terus minta tune engine tp minta smokeless jd ga cumi2 lalu transmisi stage 2 aja gausah stage 3 biar masih halus dan ke kejar power mesin. harusnya 320hp an torsi 700nm an dapet. darkside development UK sih udh develop n74b30 ini sampe mepet 500hp ya

cm karena ini seri 7 ya saran ane sih remap stage 1 aja transmisi stage 2. dpf egr off. biar masih nyaman dan sunyi mobilnya. cm mungkin kl mau tenang upgrade boost & charge pipe (kl gada aftermarket bisa bikin (terakhir bikin buat jaguar di speedcraft karena cari pipe ori nya setengah modar jd sekalian upgrade + sudah ada turbo leak jd urgent) + intercooler (beli aja di darkside development 411 gbp + pajak masuk, wagner mahal bgt 2x lipat wkwk)
n57 stage 3 larinya gacor jg ya mbah

palagi di body 7er buat lahap jalan tol sih effortless, enak buat lawan mobil tengil :big_biglaugh:

Mayan body kecil ratio pendekan lagi, enak tuh pasti
Di bimmeroom kayanya msh ada tuh x5 f15 diesel, kalo x5 e70 diesel sih masih ada lumayan ya unitnya di indo
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1803
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by sahabatq8 »

z3ll wrote: Thu Apr 25, 2024 3:54
farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 3:19 kl ga salah di 194 whp ya, torsi di 418 wnm lupa2 inget, kalo dr dia sih di kali 1.35.

nah yg standard ga sempet dyno jd ngambil dr mbl cust lain, sy lupa berapa kayanya di 150an ya.

kayanya kl menurut mereka terutama dalvin, 520d ya mentok2 nya di sekitaran 260hpan torsi 550-570nm, tp agak resiko pecah intercooler standaran, makanya disaranin upgrade. kl dr speedcraft ngomporin ganti upgrade turbo kit lagi, supaya bs mepet 300hp + 650nm, cuma segini aja udah cukup mana jarang masuk toll sehari2
Om, bisa bagi testimoni spek & merk oli (selain ori BMW 5w30) & additive oli mesin yg om udah pernah pakai utk boil2 n47 om?

Ada di yutub yg ane liat pake 5w40 lho [emo-yesno]
Elika sama Speedcraft 22nya pake Q8 untuk customer dan untuk mobil pribadi mereka juga :big_exellent:
Kalo ane recommend pake Q8 Excel Long life 0w40 . Kalo stage 1 pake Q8 G long life 5w30 ato VX long life 5w30 cukup
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by ChZ »

z3ll wrote: Wed Apr 24, 2024 8:09
rencananya bakal sering dipakai keluar kota om, makanya ane jadi bimbang :big_cry:
Transjawa cruiser pada cocok tuh sama adeknya, 520d. Range nya bisa cover jakarta surabaya fulltank. 730Ld kayaknya bisa kurleb sama dgn asumsi cc dan bobot lebih besar.

Tp kalo tipikal mau sesekali pedal to the kampret kayaknya 740Li lebih enak, bensin inline six BMW :big_grin: cuma bbm pastinya lebih boros N55.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2548
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by KielConstantine »

sahabatq8 wrote: Thu Apr 25, 2024 14:35 Elika sama Speedcraft 22nya pake Q8 untuk customer dan untuk mobil pribadi mereka juga :big_exellent:
Kalo ane recommend pake Q8 Excel Long life 0w40 . Kalo stage 1 pake Q8 G long life 5w30 ato VX long life 5w30 cukup
Pake Q8 ft8800 udah kg ngangkat lg dong om?

Nih ane pake ft8800 di kijang 2kd spek 3xx hp mantep bener pdhl.
Mo coba long drain sampe 10rb kilo / 1 tahun. Baru jalan 6 bulan.. masih sisa 6 bulan lg

Apa tuh FT cocoknya buat mesin diesel kelas truck.. klo bmw kan mesin diesel mobil beneran. Jadi beda spek olinya :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2548
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by KielConstantine »

farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 3:19
KielConstantine wrote: Thu Apr 25, 2024 2:34 Stage 2, bacaan di mainline dyno punya dalvin jd brapa whp om 520d nya?

Sama pas standart oem spek brapa whp ya wkwkwk
On paper wikipedia seh n47 181 hp seinget ane
kl ga salah di 194 whp ya, torsi di 418 wnm lupa2 inget, kalo dr dia sih di kali 1.35.

nah yg standard ga sempet dyno jd ngambil dr mbl cust lain, sy lupa berapa kayanya di 150an ya.

kayanya kl menurut mereka terutama dalvin, 520d ya mentok2 nya di sekitaran 260hpan torsi 550-570nm, tp agak resiko pecah intercooler standaran, makanya disaranin upgrade. kl dr speedcraft ngomporin ganti upgrade turbo kit lagi, supaya bs mepet 300hp + 650nm, cuma segini aja udah cukup mana jarang masuk toll sehari2
Iya pake faktor kali 1.3 rata2 dari bacaan whp

Mantep jg lah f10 520d nyerempet 200whp. Udah ngacir bener power segitu klo di gas. Top speed harusnya gampang ya ke 250 km/h :off_good_job:

Om botak seh emang tukang kompor ya wkwkwk. Tuh Audi A4 quatttonya masih ada kan? Inspirasi banget buat ngebuild ky gitu


Btw, nunggu muncul di youtube ah 520d nya :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1803
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by sahabatq8 »

KielConstantine wrote: Fri Apr 26, 2024 2:44
sahabatq8 wrote: Thu Apr 25, 2024 14:35 Elika sama Speedcraft 22nya pake Q8 untuk customer dan untuk mobil pribadi mereka juga :big_exellent:
Kalo ane recommend pake Q8 Excel Long life 0w40 . Kalo stage 1 pake Q8 G long life 5w30 ato VX long life 5w30 cukup
Pake Q8 ft8800 udah kg ngangkat lg dong om?

Nih ane pake ft8800 di kijang 2kd spek 3xx hp mantep bener pdhl.
Mo coba long drain sampe 10rb kilo / 1 tahun. Baru jalan 6 bulan.. masih sisa 6 bulan lg

Apa tuh FT cocoknya buat mesin diesel kelas truck.. klo bmw kan mesin diesel mobil beneran. Jadi beda spek olinya :big_biglaugh:
Iya , kalo mobil eropa cerewet dan rumit. Udah deh, daripada kalo ada masalah yang disalahin olinya mending kita pake yang Approval Aja :big_biglaugh:
Kalo di diesel Toyota mah, 10rb aman di mesin upgrade turbo jg. Gas om
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1803
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Plih Mana: BMW F02 740li atau 730ld?

Post by sahabatq8 »

KielConstantine wrote: Fri Apr 26, 2024 2:54
farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 3:19
KielConstantine wrote: Thu Apr 25, 2024 2:34 Stage 2, bacaan di mainline dyno punya dalvin jd brapa whp om 520d nya?

Sama pas standart oem spek brapa whp ya wkwkwk
On paper wikipedia seh n47 181 hp seinget ane
kl ga salah di 194 whp ya, torsi di 418 wnm lupa2 inget, kalo dr dia sih di kali 1.35.

nah yg standard ga sempet dyno jd ngambil dr mbl cust lain, sy lupa berapa kayanya di 150an ya.

kayanya kl menurut mereka terutama dalvin, 520d ya mentok2 nya di sekitaran 260hpan torsi 550-570nm, tp agak resiko pecah intercooler standaran, makanya disaranin upgrade. kl dr speedcraft ngomporin ganti upgrade turbo kit lagi, supaya bs mepet 300hp + 650nm, cuma segini aja udah cukup mana jarang masuk toll sehari2
Iya pake faktor kali 1.3 rata2 dari bacaan whp

Mantep jg lah f10 520d nyerempet 200whp. Udah ngacir bener power segitu klo di gas. Top speed harusnya gampang ya ke 250 km/h :off_good_job:

Om botak seh emang tukang kompor ya wkwkwk. Tuh Audi A4 quatttonya masih ada kan? Inspirasi banget buat ngebuild ky gitu


Btw, nunggu muncul di youtube ah 520d nya :ngacir:
Om Resya emang gitu, seru sih berimaginasi bareng possiblity upgrade asal tahan godaan :big_weee: .
A4nya , A4ron kemaren abis drag di event pik dapet best 201m 7 detik. Tapi kemaren belom full potential, dia mobilnya spek udah forged bisa naikin rpm limit ke 8000rpm, olinya dari 0w40 up jadi Q8 f1 10w60. Kemaren abis ane kasih coba oli gardan Q8, khusus buat mobil eropa.

Ayo om, hunting A4 quattro. Resepnya udah ada tuh tinggal kopas.