Gimana buat Kijang Kabsul Jadi Nyaman?

Suka desain interior atau aksesori kendaraan? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Gimana buat Kijang Kabsul Jadi Nyaman?

Post by Gold Pocket »

Halo para fakar otomotif, saya mau minta tolong ni.
Mobil aku kijang kabsul LGX taon 2000.
Gua rasa mobil ini kurang nyaman, tapi uda keburu gak akan diganti karena ada memory khusus,hehheheee....
Gua uda pasang TV 7 inci dan audio seadanya.
Kira - kira apa yang bisa buat mobil ini main nyaman?
1. Suara kabin kurang senyap.
2. Kursi terasa keras.
3. suspensi juga keras.
4.Audio harus digimanain lagi ya. Sekarang saya pakai kenwood + 2 twiter biasa + speaker standar + 1 power. Tapi ngak ada sub.
Gua orangnya suka suara yang jernih tapi kadang pengen yang menggelegar juga.
5. Untuk mobil sih gua orangnya nomor 1 kan kenyamanan. Jadi apa lagi ya, hehhehheee.

Sory nih kalau kebanyakan nanyanya>
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Post by Gold Pocket »

Oya kelupaan ni, sekalian kalau untuk ban dan performa yang nyaman apa ya?
Mungkin ban yang lebih lembut atau apa.
Sekarang keadaan mobil gua masih 100% original and gak pernah diapa2in.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Post by Leonhearts »

kijang KAPSUL ganti jadi INNOVA biar nyaman

** bercanda mode : ON
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Post by Gold Pocket »

Hehehe mas lion bisa aja nih.
Iya sebenarnya pengen ganti, tapi mobil itu punya kenangan khusus buat wa.
Ntar lar, kalau uda kelar modif yang ini baru mikirin beli boil baru lagi.
Tapi sekarang lagi bingung mau digimanain ni boil.
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Re: Gimana buat Kijang Kabsul Jadi Nyaman?

Post by r1210g »

Gold Pocket wrote: 1. Suara kabin kurang senyap.
Pasang peredam
Gold Pocket wrote: 2. Kursi terasa keras.
Ganti lapisannya aja, trus minta ditambah jok
Gold Pocket wrote: 3. suspensi juga keras.
Bukannya kijang punya empuk ya?
Gold Pocket wrote: 4.Audio harus digimanain lagi ya. Sekarang saya pakai kenwood + 2 twiter biasa + speaker standar + 1 power. Tapi ngak ada sub.
Gua orangnya suka suara yang jernih tapi kadang pengen yang menggelegar juga.
Menurut gw HU ganti aja, kalo duid lagi ngepas, pake pioneer dah enak...
Pasang sub tube aktif aja.. Mur-mer...
Gold Pocket wrote: 5. Untuk mobil sih gua orangnya nomor 1 kan kenyamanan. Jadi apa lagi ya, hehhehheee.
Ya kaca film full dari depan ampe belakang...

Silahkan liat2 SM sesering2nya... Hampir semua sudah pernah dibahas koq.... Thx
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Gimana buat Kijang Kabsul Jadi Nyaman?

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote:Halo para fakar otomotif, saya mau minta tolong ni.
Mobil aku kijang kabsul LGX taon 2000.
Gua rasa mobil ini kurang nyaman, tapi uda keburu gak akan diganti karena ada memory khusus,hehheheee....
Gua uda pasang TV 7 inci dan audio seadanya.
Kira - kira apa yang bisa buat mobil ini main nyaman?
1. Suara kabin kurang senyap.
2. Kursi terasa keras.
3. suspensi juga keras.
4.Audio harus digimanain lagi ya. Sekarang saya pakai kenwood + 2 twiter biasa + speaker standar + 1 power. Tapi ngak ada sub.
Gua orangnya suka suara yang jernih tapi kadang pengen yang menggelegar juga.
5. Untuk mobil sih gua orangnya nomor 1 kan kenyamanan. Jadi apa lagi ya, hehhehheee.

Sory nih kalau kebanyakan nanyanya>

Masalah interior noise coba pasang karet balon di frame body yg menghadap ke pintu sebagai langkah awal.

Suspensi keras ? kapan terakhir ganti sokbreker ?
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Gimana buat Kijang Kabsul Jadi Nyaman?

Post by Gold Pocket »

Waduh, makasih banyak ni atas infonya. Tapi sebagai newby gua masih bingung ni.
1. Pasang peredam: harus pasang yang gimana ya biar efektif?

2. Lapis kursi? Kalau mau dilapis pakai lapisan yang ada bulu angsany bisa ngak ya? Gua mau yang gaya sofa gitu, hehhehhee

3. Suspensi mobil gua kalau kena lubang "gubrak" pantat bisa lebab, hehhehe...

4. HU sekarang gua pakai VCD + MP3 single disk JVC. Kalau suara udah jernih, tapi kalau mau buat jadi menggelegar tapi tetap bagus harus tambah power apa dan sub apa?

5. Sekarang kaca film uda ada, tapi depan belum. Kira2 yang untuk depan yang clear berapaan ya?

Untuk para fakar mohon saya dibantu dengan merek dan type yang spesifik ya soalnya saya kurang tau kalau ngak jelas, hehhehhehe,,... biasalah, saya akan langsung print diskusi ini dan bawak type yang disarankan ke toko, hehhehe,... biasa nyontek :e-naughty wakaka.

:

r1210g wrote:
Gold Pocket wrote:

1. Suara kabin kurang senyap.
Pasang peredam
Gold Pocket wrote: 2. Kursi terasa keras.
Ganti lapisannya aja, trus minta ditambah jok
Gold Pocket wrote: 3. suspensi juga keras.
Bukannya kijang punya empuk ya?
Gold Pocket wrote: 4.Audio harus digimanain lagi ya. Sekarang saya pakai kenwood + 2 twiter biasa + speaker standar + 1 power. Tapi ngak ada sub.
Gua orangnya suka suara yang jernih tapi kadang pengen yang menggelegar juga.
Menurut gw HU ganti aja, kalo duid lagi ngepas, pake pioneer dah enak...
Pasang sub tube aktif aja.. Mur-mer...
Gold Pocket wrote: 5. Untuk mobil sih gua orangnya nomor 1 kan kenyamanan. Jadi apa lagi ya, hehhehheee.
Ya kaca film full dari depan ampe belakang...

Silahkan liat2 SM sesering2nya... Hampir semua sudah pernah dibahas koq.... Thx
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Gimana buat Kijang Kabsul Jadi Nyaman?

Post by Gold Pocket »

@ bung turbo:
Kondisi boil masih original dan belum pernah diganti apapun. Cuma saringan aja. Emang suspensi harus diganti ya?

Maksudnya karet balon itu yang gimana? Apa yang lunak di sekeliling pintu, biasanya warna hitam gitu? Atau yang putih keliling dibagian bodi mobil yang bersentuhan dengan pintu?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Gimana buat Kijang Kabsul Jadi Nyaman?

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote:@ bung turbo:
Kondisi boil masih original dan belum pernah diganti apapun. Cuma saringan aja. Emang suspensi harus diganti ya?

Maksudnya karet balon itu yang gimana? --> yang putih keliling dibagian bodi mobil yang bersentuhan dengan pintu
Kalau dinaekkinnya udah ajrut2 an berarti shocknya dah mati.
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Re: Gimana buat Kijang Kabsul Jadi Nyaman?

Post by w1ndut »

Gold Pocket wrote:Waduh, makasih banyak ni atas infonya. Tapi sebagai newby gua masih bingung ni.

3. Suspensi mobil gua kalau kena lubang "gubrak" pantat bisa lebab, hehhehe...
Coba, selain diperiksa shock breakernya, mobil dibawa pula ke tukang per. Minta check semua lembaran per daunnya. Lalu di samakan tinggi per daun kanan dan kiri. Bushing per juga, kalau perlu, diganti.
Penyakit dari per daun kijang kapsul, kata tukang per langganan saya, adalah per daun bagian dalam suka patah ...
edwin
sila layari laman ini:

http://windut.co.cc
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Gimana buat Kijang Kabsul Jadi Nyaman?

Post by Turboman »

Gold Pocket wrote:@ bung turbo:
Kondisi boil masih original dan belum pernah diganti apapun. Cuma saringan aja. Emang suspensi harus diganti ya?
Shockbreker usia optimalnya paling 2 - 3 tahun, di atas itu biasanya mulai degradasi either jadi lembek ngayun2 atau jadi keras karena komponen dalamnya macet.

Kalau dari cerita anda maka dugaan saya shock2 mobil anda matinya dgn cara jadi keras / macet, coba saja nanti ketika dibongkar anda tekan shock mobil anda :D
w1ndut
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
Location: Jabodetabek

Re: Gimana buat Kijang Kabsul Jadi Nyaman?

Post by w1ndut »

Turboman wrote: Shockbreker usia optimalnya paling 2 - 3 tahun, di atas itu biasanya mulai degradasi either jadi lembek ngayun2 atau jadi keras karena komponen dalamnya macet.
Kalau menurut http://www.kyb.co.jp/shock/products/shock_test.html
umur shock breaker cuman 20 ribu km..
edwin
sila layari laman ini:

http://windut.co.cc
Gold Pocket
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Wed Jun 06, 2007 17:39
Location: Home sweet home

Re: Gimana buat Kijang Kabsul Jadi Nyaman?

Post by Gold Pocket »

Hari ini gw uda ke tukang per and cek per mobil gw. Kta montirnya sih semuanya masih oke. Mobil gw emang jarang jalan dan jarang ke tempat jalan rusak.
sok nya ditekan juga masih main. Jadi gw tanya apa perlu ganti? Dia bilang kalau ganti yang sama ya rasanya ngak berubah, kecuali gw ganti yang lebih bagus.
Kira2 apa ya yang lebih bagus? Gw gak perlu yang untuk balap soalnya gw utamakan conferd.
Oya, kalau jok yang bagus itu yang gimana ya?

Oya, sesuai saran para fakar SM, gw sekarang uda ganti oli jadi sintium. Yah, emang ni oli top punya. Mesin jadi halus banget suaranya. Biasanya gw cuma pakai prima aja hehehhe,... ngak tau sih....

Please bantuin modif boil gua lagi biar jadi lebih nyaman.....
Enkei
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
Location: Surabaya

....

Post by Enkei »

Kalo bung Gold Pocket mau nyaman, mending kijangnya diganti shock merknya Bilstein lalu, ban depan dikasi tekanan angin nitrogen sebesar 28psi dan belakang sebesar 30psi. dijamin nyaman n empuk deh karena saya coba punya teman saya (Toyota Kijang LGX 2001) dan saya tanya speknya waktu itu. Tapi ada kelemahannya. itu kan tekanan angin ban dibawah normal jadi dimungkinkan cepat habisnya/ ausnya ban.