BEDA MESIN MIO & NOUVO

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sewaka
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Thu Jul 19, 2007 6:08

BEDA MESIN MIO & NOUVO

Post by sewaka »

adakah beda kapasitas C dari mesin Mio and Nouvo, apakah ada bedanya dari bore x stroke/ power, torsi? :e-pray: :thanks:
safe going safe coming
Cupu2
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Jun 16, 2008 10:37

Re: BEDA MESIN MIO & NOUVO

Post by Cupu2 »

kayaknya sama persis deh, cuma beda body. :e-think: Kalo Mio agak sempit buat boncengan, tapi nouvo udah discuntinued sekarang.
saya sendiri pake Nouvo Z 2005 tapi cuma buat puter2 kampung. KM baru 880
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: BEDA MESIN MIO & NOUVO

Post by hanx13 »

persis plek...:D

kayaknya cuman beda di karbu ama filter udara....:)
Image
mBuoy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: Tue May 20, 2008 12:41

Re: BEDA MESIN MIO & NOUVO

Post by mBuoy »

kynya lebih irit nuvo ya, tp tarikan jauh lbih bgs mio
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: BEDA MESIN MIO & NOUVO

Post by Cloud »

Beda di karbu, nouvo lebih besar 1 mm. Tenaga juga beda, mio keluar tenaganya di rpm lebih rendah, nouvo keluar tenaga di rpm lebih tinggi.
gear ratio juga beda, di nouvo gear rationya lebih ringan, karena rodanya lebih besar.
topspeed entah mengapa bagus nouvo, (padahal katanya spek power sama), mio sih diasapin di trek lurus panjang.
kalo tarikan, selama saya coba pake nouvo, lebih cepat nouvo (soalnya dah modif roller, hehehe...), bahkan diadu sama vario bisa seimbang lo, tapi, pas topspeed, vario tertinggal deh, hehehe....
bacrut
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Sat Sep 22, 2007 13:29

Re: BEDA MESIN MIO & NOUVO

Post by bacrut »

Cloud wrote:Beda di karbu, nouvo lebih besar 1 mm. Tenaga juga beda, mio keluar tenaganya di rpm lebih rendah, nouvo keluar tenaga di rpm lebih tinggi.
gear ratio juga beda, di nouvo gear rationya lebih ringan, karena rodanya lebih besar.
topspeed entah mengapa bagus nouvo, (padahal katanya spek power sama), mio sih diasapin di trek lurus panjang.
kalo tarikan, selama saya coba pake nouvo, lebih cepat nouvo (soalnya dah modif roller, hehehe...), bahkan diadu sama vario bisa seimbang lo, tapi, pas topspeed, vario tertinggal deh, hehehe....
cakep tuch bro..

udeh modif apaan aja tuch nouvo..berapa top speednya bro...? saya juga pake nouvo nich, cuman tarikan awalnya berat gitu..?

napa yach, ukuran roller yang enak brp gram bro..?

TQ
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: BEDA MESIN MIO & NOUVO

Post by Cloud »

Cuma dilubangin rollernya, kan aslinya roller terbuat dari semacam kuningan (intinya), trus tepinya (yang item) kaya plastik campuran teflon. nah, yang berlubang di tengah saya gedein pake mata tuner (jangan pake bor). kalo pake bor, nanti kuningannya ikut berputar, padahal plastiknya enggak. saya gak tau pasti ukuran beratnya, kan gk py timbangan, tapi 3 roller saya lubangin seukuran mata tuner (yang bulet, paling kecil), sampe tembus , trus yang 3 lainnya saya lubangin sebelah kiri kanannya (gak sampe tembus). dan ketiganya beratnya harus sama, caranya timbang pake neraca (cuma bikin, jadi cuma bisa ngukur beratnya sama ato nggak).
yah, lumayan, tarikan udah ngalahin mio.

Trus kompresi naik n diporting polish, udah lebih galak lagi (karbu n filter tetap standar)
Trus, pulley yang ada rollernya dikikis juga.
kan ada alur buat tempat roller, yang paling ujung kan datar. profil alur roller sebenarnya melengkung, trus di ujung terluar tertahan dengan profil datar. nah, profil datar itu saya kikis pake mata tuner juga, arahnya mengikuti sudut alur roller. boleh juga sudutnya lebih besar.

Ujung keenam alur roller saya kikis dengan ukuran yang sama (nah, ini yang paling susah, menyamakan keenamnya). trus diampelas halus biar rata n halus. oya, tebal profil datar yang sudah dikikis jangan kurang dari 1,5 mm, (punya saya cuma 2 mm), takutnya kenapa2.
Nah, dengan begitu, saat putaran tinggi, gerak main roller lebih panjang, sehingga pulley juga lebih mepet ke belt. jadinya, seolah2 rasio lebih berat (tapi cuma pada saat rpm tinggi n gas pol/topspeed), sedangkan saat rpm rendah n tengah tetep standar.

Eh, sebenarnya, paling bagus tu keenam roller beratnya sama, biar ausnya sama. tapi di nouvo saya enggak, soalnya takut terlalu ringan rollernya, jadi yang 3 cuma dilubangi gak sampe tembus. kalo terlalu ringan, nanti bensin tambah boros.