Sharing Jumper aki yang benar
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Sharing Jumper aki yang benar
Hualo bro..belakangan ini saya iseng iseng ngikut saran iklan di radio yang bekerja sama dengan aki GS untuk nyiapin kabel Jumper untuk jaga jaga kalo mobil mogok atau juga siap siap jad pahlawan nolong yang kebetulan mobilnya mogok,sukur cewek cantik mobilnya mogok karena akinya nggak mau jalan.
Tapi belon pd juga seh kalau belon denger sharing dari yang udah pernah nyoba,takut ada salah .yang saya tahu sebatas mencopot kabel aki aja.
Bagi yang mau berbagi pengalaman di sini,aya doakan dapet rejeki mendadak. Buruan..
Tapi belon pd juga seh kalau belon denger sharing dari yang udah pernah nyoba,takut ada salah .yang saya tahu sebatas mencopot kabel aki aja.
Bagi yang mau berbagi pengalaman di sini,aya doakan dapet rejeki mendadak. Buruan..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Sharing Jumper aki yang benar
melepas (kepala) kabel accu dr mobil kita, dimaksdukan supaya tidak memperngaruhi (secara buruk) kepada sistem kelistrikan mobil kita...
ini (paling) berlaku untuk mobil modern yg sudah dikontrol oleh komputer (ECU)
tp terus terang, kalau gw ndiri, jika mobil non-ECU...suka "main hajar" saja.... nggak perlu ngelepas kepala kabel.
bahkan kadangkala, mobil pencatu sambil digas sedikit..... dg pemikiran: toh utk "sedotan" sejenak, meskipun besar, tidak akan merusakkan alternator.
tapi sebaiknya "main hajar" begini ini jgn ditiru ya...
jadi, setelah melepas kepala kabel (biasanya dg kunci 10-mm utk mengendurkan bautnya) pd accu mobil kita baik + maupun -
di mobil kita saja loh ya, sedangkan mobil si cewek jgn dilepas kepala kabel accunya.
lalu, intinya: ....please berpikirlah bahwa ini sederhana saja, dan jangan berasumsi bahwa ini rumit....
(shg ini akan membuat pekerjaan yg memang mudah, menjadi tetap mudah).
pasti kan ada tanda + (positif) di accu kita..... naah, ini harus dihubungkan dengan tanda + juga di accu si cewek cantik tsb....
biasanya dihubungkannya dengan kabel berwarna merah.... (kalau mau warna biru, pink, atau apapun ya silakan aja).
jepitkan saja klem buaya dr kabel jumper itu...(kalau kata "buaya" terlalu ofensif, pakai saja kata "kelinci" deh... )
demikian juga dengan kepala accu yg bertanda - (negatif)
biasanya dibuhungkan dg kabel (jumper) berwarna hitam.... (kalau mau warna kuning, ijo, atau apapun ya terserah saja,...yg penting si cewek terpesona)
yg perlu diperhatikan adalah cara menjepitkan klem buaya tsb,...harus dengan gerakan yakin....
sebab, kalau gerakan ragu2, kadang akan menimbulkan bunga api yg seringkali membikin takut dan trauma.
yg perlu diingat adalah: sistem accu tidak "nyetrum" ! ....jd, yakin saja.
yakinkan sekali lagi bahwa hubungannya + dan - dari kedua accu itu tidak terbalik.
lalu, mobil si cewek itu, starter lah secara normal.
lalu,...jangan lupa minta nomor HP nya...sambil selipkan pertanyaan tidak straight, ttg: apakah she's already taken.
begitu bro ?
ini (paling) berlaku untuk mobil modern yg sudah dikontrol oleh komputer (ECU)
tp terus terang, kalau gw ndiri, jika mobil non-ECU...suka "main hajar" saja.... nggak perlu ngelepas kepala kabel.
bahkan kadangkala, mobil pencatu sambil digas sedikit..... dg pemikiran: toh utk "sedotan" sejenak, meskipun besar, tidak akan merusakkan alternator.
tapi sebaiknya "main hajar" begini ini jgn ditiru ya...
jadi, setelah melepas kepala kabel (biasanya dg kunci 10-mm utk mengendurkan bautnya) pd accu mobil kita baik + maupun -
di mobil kita saja loh ya, sedangkan mobil si cewek jgn dilepas kepala kabel accunya.
lalu, intinya: ....please berpikirlah bahwa ini sederhana saja, dan jangan berasumsi bahwa ini rumit....
(shg ini akan membuat pekerjaan yg memang mudah, menjadi tetap mudah).
pasti kan ada tanda + (positif) di accu kita..... naah, ini harus dihubungkan dengan tanda + juga di accu si cewek cantik tsb....
biasanya dihubungkannya dengan kabel berwarna merah.... (kalau mau warna biru, pink, atau apapun ya silakan aja).
jepitkan saja klem buaya dr kabel jumper itu...(kalau kata "buaya" terlalu ofensif, pakai saja kata "kelinci" deh... )
demikian juga dengan kepala accu yg bertanda - (negatif)
biasanya dibuhungkan dg kabel (jumper) berwarna hitam.... (kalau mau warna kuning, ijo, atau apapun ya terserah saja,...yg penting si cewek terpesona)
yg perlu diperhatikan adalah cara menjepitkan klem buaya tsb,...harus dengan gerakan yakin....
sebab, kalau gerakan ragu2, kadang akan menimbulkan bunga api yg seringkali membikin takut dan trauma.
yg perlu diingat adalah: sistem accu tidak "nyetrum" ! ....jd, yakin saja.
yakinkan sekali lagi bahwa hubungannya + dan - dari kedua accu itu tidak terbalik.
lalu, mobil si cewek itu, starter lah secara normal.
lalu,...jangan lupa minta nomor HP nya...sambil selipkan pertanyaan tidak straight, ttg: apakah she's already taken.
begitu bro ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Sharing Jumper aki yang benar
ada juga tambahan kalo yang minus (-) ke body terdekat aki aja..
(-) pasang setelah (+)..
soalnya "katanya" bisa terjadi percikan, dan aki yang soak tuh mengeluarkan gas yang mudah terbakar..
(saya sendiri sih blom pernah tuh, dan ga mau terjadi)...
tapi ikutin aja deh, ke body aja... hehehe
(-) pasang setelah (+)..
soalnya "katanya" bisa terjadi percikan, dan aki yang soak tuh mengeluarkan gas yang mudah terbakar..
(saya sendiri sih blom pernah tuh, dan ga mau terjadi)...
tapi ikutin aja deh, ke body aja... hehehe
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Sharing Jumper aki yang benar
bro mobilku kan be ecu..melepaskan kepala aki nggak apa apa toh..?
yah kan bukan mobil sekelas Lexus yang mungkin kalau di lepas kabel akinya,,malah nggak jalan sama sekali karena meory securitynya ke hapus.Oh Ya bro Andy nglepas kabel aki toh mana yang di duluin..Plus(+) apa Min (-) ? apa sembarang,trus ngembaiinya mana yang di duluin atau juga sembarang aja..?
Sebelonya tank banget advisnya..dan juga Tambahan dai Bro Rislog.
Tambah Pd neh...berharap ada yang mogok..ki..ki..ki
yah kan bukan mobil sekelas Lexus yang mungkin kalau di lepas kabel akinya,,malah nggak jalan sama sekali karena meory securitynya ke hapus.Oh Ya bro Andy nglepas kabel aki toh mana yang di duluin..Plus(+) apa Min (-) ? apa sembarang,trus ngembaiinya mana yang di duluin atau juga sembarang aja..?
Sebelonya tank banget advisnya..dan juga Tambahan dai Bro Rislog.
Tambah Pd neh...berharap ada yang mogok..ki..ki..ki
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Sharing Jumper aki yang benar
rislog? hahaha..
sebenarnya dari faktor teknis sama aja lepas mana duluan..
tapi kalo dari faktor safety minus duluan...
takutnya lagi buka2 yang (+) duluan kuncinya lagi puter2 kena body langsung kluar loncatan listrik deh..
sebenarnya dari faktor teknis sama aja lepas mana duluan..
tapi kalo dari faktor safety minus duluan...
takutnya lagi buka2 yang (+) duluan kuncinya lagi puter2 kena body langsung kluar loncatan listrik deh..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Sharing Jumper aki yang benar
So kesimpulanya kabel - (minus)dulu yang di lepas..trus baru + (positif) dan masangnya berarti yang -(minus) paling terakhir.
Tanks bro siap siap jadi Mc Giver.
Tanks bro siap siap jadi Mc Giver.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Sharing Jumper aki yang benar
Wadoh kok cuman dua orang yang kasih komen..ketahuan neh pakai mobil semua tapi enggan dan jarang jarang ngulik tuh mesin dan teman temanya,yah mungkin saya kudu maklum karena banyak duit semua ,masalh dikit mobil...go to Phoenik atau beres.
lanjuttttttttttt.
lanjuttttttttttt.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Sharing Jumper aki yang benar
bener kata oom r1210g.......tadi iseng2 liat d kotak aki n emang d saranin spt itu.....negatif dulu baru positif........klo pemasangan tinggal d balik...
yg rada mengganjel ney........apa bole aki kering d buat jumper aki basah or sebaliknya?
soalnya khan jenisnya uda beda.....takut nantinya ada pengaruh sama salah satu aki ato bahkan meledak (amit2)
yg rada mengganjel ney........apa bole aki kering d buat jumper aki basah or sebaliknya?
soalnya khan jenisnya uda beda.....takut nantinya ada pengaruh sama salah satu aki ato bahkan meledak (amit2)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Sharing Jumper aki yang benar
boleh.... tidak apa2........ selama hanya utk keperluan nge-jumper (menolong cewek cantik) tsb.doq wrote:apa bole aki kering d buat jumper aki basah or sebaliknya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Sharing Jumper aki yang benar
Tapi kalau kantong kering..udah berhenti sampai urusan Jumper aja..selanjutnya jangan..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Sharing Jumper aki yang benar
lho gpp donk.........abis jumper aki trus "jumper" nona cantik......greeeennngg.........................avansa wrote:Tapi kalau kantong kering..udah berhenti sampai urusan Jumper aja..selanjutnya jangan..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Sharing Jumper aki yang benar
andy1800 wrote:boleh.... tidak apa2........ selama hanya utk keperluan nge-jumper (menolong cewek cantik) tsb.doq wrote:apa bole aki kering d buat jumper aki basah or sebaliknya?
bener gpp? dah ada yg ngetest?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31
Re: Sharing Jumper aki yang benar
Bro....ane ikut sumbang saran nich....!!
Prinsip dasar dari sistem paralel adalah tegangan tidak akan lebih besar dari yg paling kecil.
jadi kalo accu kita diparelel sama accu ntu cewek...efeknya tegangannya akan turun, sehingga kemampuan accu untuk menstart boil jadi kurang grenggg getoooo....kalaupun berhasil accu kita untuk sesaat akan terkena imbas low voltagenya sicewek....hehehehehe...
Kalo tindakan menjamper sambil menyalakan mobil penjamper.....juga ngak recommend deh....sebab ngak safety and salah-salah boil kita jadi merana nantinya....!!
Jadi yang terbaik adalah melepas kedua2nya ntu accu....baik si-penjamper ataupun yang dijamper alias cewek...dan gunakan accu kita buat menstart boilnya si-cewek, setelah selesai baru lepas lagi dst...dsb....!!
Biar ribet tapi safe......!!!
Prinsip dasar dari sistem paralel adalah tegangan tidak akan lebih besar dari yg paling kecil.
jadi kalo accu kita diparelel sama accu ntu cewek...efeknya tegangannya akan turun, sehingga kemampuan accu untuk menstart boil jadi kurang grenggg getoooo....kalaupun berhasil accu kita untuk sesaat akan terkena imbas low voltagenya sicewek....hehehehehe...
Kalo tindakan menjamper sambil menyalakan mobil penjamper.....juga ngak recommend deh....sebab ngak safety and salah-salah boil kita jadi merana nantinya....!!
Jadi yang terbaik adalah melepas kedua2nya ntu accu....baik si-penjamper ataupun yang dijamper alias cewek...dan gunakan accu kita buat menstart boilnya si-cewek, setelah selesai baru lepas lagi dst...dsb....!!
Biar ribet tapi safe......!!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Sharing Jumper aki yang benar
La iyo.....Bro Andy di penjelasane kan nggak harus nyalain mobil yang jadi penJumpernya..
Bro Andy..kalau yang urusan aki kering itu di bolehin bener hanya ke cewe cantik aja...wadoh agak terkecoh neh pengertian saya..kalau di jumperin ke ..? boleh? Tanks Om.
Bro Andy..kalau yang urusan aki kering itu di bolehin bener hanya ke cewe cantik aja...wadoh agak terkecoh neh pengertian saya..kalau di jumperin ke ..? boleh? Tanks Om.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Sharing Jumper aki yang benar
boleh koq ga ngaruh...doq wrote:andy1800 wrote:boleh.... tidak apa2........ selama hanya utk keperluan nge-jumper (menolong cewek cantik) tsb.doq wrote:apa bole aki kering d buat jumper aki basah or sebaliknya?
bener gpp? dah ada yg ngetest?
yang penting kan listriknya bukan likuid di akinya..
likuid-kan cuma sebagai media dari akinya aja..
sambil dinyalain ga ada masalah koq..
Malahan kalo menurut saya lebih baik karena voltase pengisiannya lebih gede..
juga terhindar kalo tiba2 aki kita juga ga kuat..
paling cuma nanti agak ngedrop aja RPMnya..
soalnya kemagnetan di alternator jadi gede dan bikin berat..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Sharing Jumper aki yang benar
huehehehe....avansa wrote:La iyo.....Bro Andy di penjelasane kan nggak harus nyalain mobil yang jadi penJumpernya..
Bro Andy..kalau yang urusan aki kering itu di bolehin bener hanya ke cewe cantik aja...
wadoh agak terkecoh neh pengertian saya..kalau di jumperin ke ..? boleh? Tanks Om.
sudah dijelasin dg sip oleh bro Rio, diatas itu, bro...
jadi, gw cuma mau mengulangi aja, begini:
ada beberapa tingkat "cara yg benar", dlm hal-ihwal menstater mobil yg tekor accu nya ini.
1.
spt cara bro Kuruma itu
maksdunya, tanpa jumper...
jadi, kita lepas-pas-pas-pas accu dia,... lepas-pas-pas juga accu kita,.. lalu accu kita digantikan ke dia...
persis spt kalau kita mengganti accu, spt biasanya.
lalu, mobil dia kita starter spt normal nya menstarter.
mesin dia nyala
lalu,.... accu kita, ada di mobil dia...lalu, dia pergi....
kita, ditinggal,...kita dpt accu yg tekor doong ...? ....
huehehe....tidak begitu....nanti, ada caranya tersendiri, yg memang ribet, spt bro Kuruma bilang.
dan utk menghindari keribetan ketika berada dlm konsidi emergency inilah, maka kabel jumper diciptakan & diproduksi.
2.
dengan melakukan jumper-ing
spt yg telah dipahami oleh om avansa itu
lepas dulu seluruh kepala-kabel di accu kita.....
lalu pasang kabel merah, dari terminal positif accu dia,.... ke terminal positif accu kita.
lalu pasang kabel hitam, dari terminal negatif accu dia,.... ke terminal negatif accu kita.
mobil kita mesin tidak dinyalain.
lalu, mobil dia kita starter spt normal nya menstarter.
mesin dia nyala
jumper kita lepas.
3.
persis seperti cara nomor 2,.....namun tidak perlu melepas lebih dulu kepala-kabel dari accu kita
jadi, langsung saja: pasang kabel merah, dr positif accu mobil dia, ke accu kita... demikian jg kabel yg hitam antar terminal negatif.
mobil kita mesin tidak dinyalain
lalu, mobil dia kita starter spt normal nya menstarter.
mesin dia nyala
jumper kita lepas.
4.
persis spt cara nomor 3, ....namun setelah selesai jumper2....kita nyalain mobil kita, agak digas dikit (rpm 1500an)...
lalu, mobil dia kita starter spt normal nya menstarter.
mesin dia nyala
jumper kita lepas.
yg nomor 1, itu bukan disebut nge-jumper....
naah, maslahnya adalah.....: setelah mesin dia nyala, ....... .. kita kan perlu melepas accu kita yg terpasang pada mobilnya tuu...
untuk menggantinya, dg accu dia yg tekor itu,......
dalam kondisi mesin dia nyala..
tentu saja, ini akan agak sulit bagi yg belum terbiasa.
bahkan mgkin saja, ada bbrp mobil (mgkin bbrp mobil yg ber-ECU) yg kl dlm kondisi mesin udah nyala, trus dilepas accunya, mesinnya malah mati
jadi, cara yg nampaknya paling benar ini, sebenarnya malah kurang safety....shg gw tidak rekomendasikan.
sdgkan yg nomor 2, 3, 4 ...ini udah diterangkan jelas oleh bro Rio di atas.
dan kalau gw ndiri... krn udah siap dg konsekuensinya, ....maka memilih cara plg praktis, yaitu cara terakhir itu:
- jumper jumper kabelnya, mobil kita dinyalain.... gas dikit.... barulah starter mobil dia.. nyala...jgn lepas dulu jumpernya.
- kenalan & catat HP dulu....
- barulah, boleh lepas jumper2nya....
tp yg jelas, khusus buat om avansa, silakan saja kalau mau jumperin ke........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Sharing Jumper aki yang benar
nolongin sih boleh-boleh aja, tapi apa ada yg punya kabel pancing yg cukup panjang, sehingga memudahkan kita memancing aki?.avansa wrote:Hualo bro..belakangan ini saya iseng iseng ngikut saran iklan di radio yang bekerja sama dengan aki GS untuk nyiapin kabel Jumper untuk jaga jaga kalo mobil mogok atau juga siap siap jad pahlawan nolong yang kebetulan mobilnya mogok,sukur cewek cantik mobilnya mogok karena akinya nggak mau jalan.
Tapi belon pd juga seh kalau belon denger sharing dari yang udah pernah nyoba,takut ada salah .yang saya tahu sebatas mencopot kabel aki aja.
Bagi yang mau berbagi pengalaman di sini,aya doakan dapet rejeki mendadak. Buruan..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Sharing Jumper aki yang benar
ada udang di balik aki eh batu. he..he..he...doq wrote:lho gpp donk.........abis jumper aki trus "jumper" nona cantik......greeeennngg.........................avansa wrote:Tapi kalau kantong kering..udah berhenti sampai urusan Jumper aja..selanjutnya jangan..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Sharing Jumper aki yang benar
tambahan ney abis dari koran otomotif
1.semua kabel aki penjumper d lepas dulu (negatif terlebih dulu)
2.aki yg akan d jumper g perlu lepas kabel
3.colokin kabel negatif dulu ke aki yg akan d jumper
4.colokin yg laen......................... ..............................
1.semua kabel aki penjumper d lepas dulu (negatif terlebih dulu)
2.aki yg akan d jumper g perlu lepas kabel
3.colokin kabel negatif dulu ke aki yg akan d jumper
4.colokin yg laen......................... ..............................
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Sharing Jumper aki yang benar
Yups...Very very understanding ...siap untuk beraksi ....Tanks semuanya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Sharing Jumper aki yang benar
ikutan kasi tau dengan gambar yah....
kalo aki ngdrop, Kita dapat meminta bantuan mobil teman untuk ‘memancing’ (jump start) dengan cara menggunakan kabel besar (booster cable).
Namun ternyata tidak sembarangan melakukan Jump Start!
Ikuti cara tersebut dibawah:
Gambar 2. Jump Start Procedure
Pastikan mobil yang mogok tidak menyalakan apapun (lampu, AC, tape, dsb),
Hubungkan kabel positif (+) ke terminal positif (+) accu yang soak.
Hubungkan kabel positif (+) ke terminal positif (+) accu yang baik.
Hubungkan kabel negatif (-) ke terminal negatif (-) accu yang baik.
Hubungkan kabel negatif (-) ke body atau rangka jauh dari posisi accu.
Nyalakan mesin mobil yang Accu-nya baik sekitar 30 detik
Nyalakan mesin mobil yang Accu-nya soak.
Setelah mesin sudah menyala, lepas hubungan kabel kebalikan dari langkah di atas.
Mengapa kabel negatif (-) dihubungkan ke body/frame mobil yang accunya soak dan harus jauh dari accu itu sendiri?
Hal ini disebabkan karena accu yang soak mengeluarkan gas yang mudah terbakar, gas tersebut bisa tersulut oleh kontak (percik api) ketika kabel negatif (-) dipasang dekat dengan accu.
Beberapa kejadian terjadi demikian hingga membakar wajah / anggota tubuh akibat gas yang terbakar.
Semoga membantu.
sumber : SAFT7
kalo aki ngdrop, Kita dapat meminta bantuan mobil teman untuk ‘memancing’ (jump start) dengan cara menggunakan kabel besar (booster cable).
Namun ternyata tidak sembarangan melakukan Jump Start!
Ikuti cara tersebut dibawah:
Gambar 2. Jump Start Procedure
Pastikan mobil yang mogok tidak menyalakan apapun (lampu, AC, tape, dsb),
Hubungkan kabel positif (+) ke terminal positif (+) accu yang soak.
Hubungkan kabel positif (+) ke terminal positif (+) accu yang baik.
Hubungkan kabel negatif (-) ke terminal negatif (-) accu yang baik.
Hubungkan kabel negatif (-) ke body atau rangka jauh dari posisi accu.
Nyalakan mesin mobil yang Accu-nya baik sekitar 30 detik
Nyalakan mesin mobil yang Accu-nya soak.
Setelah mesin sudah menyala, lepas hubungan kabel kebalikan dari langkah di atas.
Mengapa kabel negatif (-) dihubungkan ke body/frame mobil yang accunya soak dan harus jauh dari accu itu sendiri?
Hal ini disebabkan karena accu yang soak mengeluarkan gas yang mudah terbakar, gas tersebut bisa tersulut oleh kontak (percik api) ketika kabel negatif (-) dipasang dekat dengan accu.
Beberapa kejadian terjadi demikian hingga membakar wajah / anggota tubuh akibat gas yang terbakar.
Semoga membantu.
sumber : SAFT7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Sharing Jumper aki yang benar
wah2 jd makin rancu ney oom karena d koran otomotif sendiri menyarankan utk memasang kabel negatif dulu dan mobil penjumper dalam keadaan sama sekali tdk menyala......lho lho
jd yg bener yg mana y? apa cara spt itu nantinya aman utk rangkaian kelistrikan ke 2 mobil e.g ecu?
jd yg bener yg mana y? apa cara spt itu nantinya aman utk rangkaian kelistrikan ke 2 mobil e.g ecu?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Sharing Jumper aki yang benar
gw lebih setuju prinsip dasar yg ini...(spt yg bro Abu2 kemukakan)
* kalau melepas,....... negatif terlebih dulu.
* kalau memasang.... positif terlebih dulu
sedangkan, accu mana yg lbh dulu dicolokin/dijepit oleh kepala-kabel-jumper nya....gw lebih setuju prinsip yg ini :
* kalau memasang ..... accu yg soak lebih dulu / accu yg dijumper: dijepit lebih dulu.
* kalau melepas ......... accu yg bagus / accu penjumper: dilepas jepitan buayanya lebih dulu.
* kalau melepas,....... negatif terlebih dulu.
* kalau memasang.... positif terlebih dulu
sedangkan, accu mana yg lbh dulu dicolokin/dijepit oleh kepala-kabel-jumper nya....gw lebih setuju prinsip yg ini :
* kalau memasang ..... accu yg soak lebih dulu / accu yg dijumper: dijepit lebih dulu.
* kalau melepas ......... accu yg bagus / accu penjumper: dilepas jepitan buayanya lebih dulu.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Sharing Jumper aki yang benar
yo wis lah.......klo sama2 mogok toh ada yg cewe chakep yg nemenin ini
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Sharing Jumper aki yang benar
bagaimana caranya memancing aki di jalan yg macet / ramai, apakah harus bawa 2 aki atau siap2 diomelin orang, krn bikin macet?.Abu2 wrote:ikutan kasi tau dengan gambar yah....
kalo aki ngdrop, Kita dapat meminta bantuan mobil teman untuk ‘memancing’ (jump start) dengan cara menggunakan kabel besar (booster cable).
Namun ternyata tidak sembarangan melakukan Jump Start!
Ikuti cara tersebut dibawah:
Gambar 2. Jump Start Procedure
Pastikan mobil yang mogok tidak menyalakan apapun (lampu, AC, tape, dsb),
Hubungkan kabel positif (+) ke terminal positif (+) accu yang soak.
Hubungkan kabel positif (+) ke terminal positif (+) accu yang baik.
Hubungkan kabel negatif (-) ke terminal negatif (-) accu yang baik.
Hubungkan kabel negatif (-) ke body atau rangka jauh dari posisi accu.
Nyalakan mesin mobil yang Accu-nya baik sekitar 30 detik
Nyalakan mesin mobil yang Accu-nya soak.
Setelah mesin sudah menyala, lepas hubungan kabel kebalikan dari langkah di atas.
Mengapa kabel negatif (-) dihubungkan ke body/frame mobil yang accunya soak dan harus jauh dari accu itu sendiri?
Hal ini disebabkan karena accu yang soak mengeluarkan gas yang mudah terbakar, gas tersebut bisa tersulut oleh kontak (percik api) ketika kabel negatif (-) dipasang dekat dengan accu.
Beberapa kejadian terjadi demikian hingga membakar wajah / anggota tubuh akibat gas yang terbakar.
Semoga membantu.
sumber : SAFT7