2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by sherryandkez »

Prolog
1195556.jpg
Sebenernya saya udah negative thinking sama merek ini. Karena dulu QQ sama Tiggo lama kualitasnya bener-bener sampah. Masih inget Tiggo lama itu harganya 140jt tapi body segede CR-V. Tapi kualitasnya kayak mobil di bawah 100jt (jaman itu 100jt dapet city car). Ditambah lagi Wuling yang gak pernah impress saya sepenuhnya, paling Air EV aja yang menurut saya cukup.

Akhir-akhir ini beberapa kali ke negara yang jual Chery, emang modelnya udah far better dari QQ sama Tiggo lama. Konon juga mobilnya lumayan oke. Nah pas balik ke Indo dipegang prinsipal langsung, kaget juga mereka berani langsung main di range 500jt dengan Tiggo 8 Pro ini. Dari spec sih menggiurkan banget, lebih murah 100jt dari CR-V tapi dapet mobil yang kelasnya 200-300jt di atasnya. Dan hebatnya ini mobil laris manis, bahkan sekarang inden Omoda 5 udah ngular juga.

Ya daripada denger katanya katanya, mending langsung pake aja kan? :big_grin:

Car : 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium (Glacier Silver)
Mileage : 6.200 km on going
Price : 558jt

Exterior
1195333.jpg
Ini mobil sebenernya gak gede-gede amat. Sama Santa Fe lebih kecil ini sedikit, apalagi dibanding CX-9 atau Palisade. Tapi secara spec mesin sama fitur sih lebih ngena ke CX-9 sama Palisade kayaknya. Dari depan, mobil ini keliatan cukup gagah dan kekar. Grilnya model kayak Audi dan lampunya juga. Tapi gak plek kok, ini emang bahasa desainnya Tiggo series. Lampunya sudah full LED dan kalo kita deketin mobil dia lampunya kedap kedip heartbeat gitu kayak seinnya CX-30.
1195559.jpg
Di samping, modelnya keliatan panjang dan tinggi banget kayak SUV eropaan. Desain sampingnya cenderung main aman dibanding depan sama belakangnya, halus tapi elegannya tetep dapet. Sayangnya velg Tiggo 8 Pro ini cuma 18 inci, keliatan kecil dibanding bodynya yang guede. Bannya juga bukan ban premium, mereknya GitiComfort yang satu grup sama GT Radial. Yang ganggu lagi di sampingnya, ada emblem TGDI dengan krom-kroman di fender. Kalo gak ada itu malah lebih elegan lagi, clean nya dapet.
1195557.jpg
Belakangnya menurut saya so-so. Mau sporty agak kurang karena bentuknya cenderung ngotak, mau elegant tapi knalpotnya 4. Overall bentuknya sih fine, lagi-lagi mirip Audi bentuknya dan lampunya. Tapi lampu clear itu not my cup of tea, kurang cocok di SUV luxury keluarga gini. Emblemnya juga terlalu ramai. Kalo pake emblem logo Chery di belakang mungkin lebih elegan.
1195558.jpg
Oya di mobil ini ada beberapa detail eksterior yang unik. Pertama, knalpot mobil ini yang ada 4 itu knalpot beneran, bukan cuma plastik dummy doang. Mau saya bilang jelek tapi malah lebih bagus dari eropaan yang pajangan doang hahhaa. Semua kaca itu buatan Fuyao Glass dan beberapa sudah double glass. Hebat Chery bisa kasih double glass di harga segini, Camry saya yang barunya dulu 700jt aja gak double glass. Panel body mobil super solid (bukan tebel doang kayak Wuling) dan panel gapnya bagus banget untuk ukuran mobil CKD. Ruang mesin semua ketutup rapi tapi gak ngerepotin, karena sistemnya bukan klip semua tapi ada yang model engsel.
1195563.jpg
Overall, desainnya harus saya kasih jempol. Detail-detail minor yang mengganggu bisa lah dimodif sendiri hahaha. Selama saya pake mobil ini, beberapa kolega ada yang nyangka saya naik Audi keluaran terbaru dan beberapa ada yang nyangka harganya 800jt-1M.

Dan gak ada satupun yang nyangka ini mobcin atau harganya cuma 500an. :big_exellent:

Exterior : 9/10

Interior
1195560.jpg
Begitu masuk, yang langsung kerasa adalah pintunya berat. Bukanya juga gak plintat plintut, solid banget rasanya. Oh ya, kalau buka pintu di tempat rame dia ada entry assist nya, misal ada mobil di belakang tapi kita buka pintu dia nyala lampu blind spot nya+kedap kedip. Lucu ya biasanya cuma exit assist.

Doortrim mobil ini agak gado-gado. Handlenya mirip BMW baru, panel kayunya mirip Merc, dan tarikan pintunya mirip Renault. Tapi gak bisa dibilang jelek karena gak terkesan nabrak desainnya dan tetep keliatan mewah banget. Semua bahan soft touch dan kulit sintetis kecuali lower door trim yang deket speaker. Oh ya gak ada tempat koin di doortrim, minus point for that.

Dashboardnya luar biasa mewahnya dan didukung material dan fit and finish yang superb. Modelnya seperti biasa mobcin, ada floating head unit dan speedo digital. Di pilar kanan kiri ada tweeter dari Sony. Bahan dashboard dari atas sampe bawah kecuali panel glove box semuanya soft touch dan kulit sintetis. Panel gap bener-bener rapih, belum bisa dibilang setara eropaan tapi sudah di atas jepangan/koreaan.

Head unit lumayan responsif dan suaranya bagus, setara JBL Honda lah. Ada 8 speaker Sony kalo gak salah. Cuma interfacenya masih mobcin banget dan kaku. Untungnya gak ada typo kayak Wuling di menunya. Apple CarPlay sama Android Auto ada. Enaknya head unit ini, tombol-tombol utama masih ada pencetan fisiknya di bawah layar. Jadi gak ada cerita ngutak atik mesti pake layar semua.

AC mobil ini juga pake layar di bawahnya. Sama kayak audio, layarnya responsif tapi tetep ada tombol fisik buat memudahkan usability. Tombol fisiknya juga ergonomis, warnanya krom satin jadi keliatan kalo gelap juga. Konon ada filter N95 atau apalah tapi gak saya perhatiin juga, yang penting dingin.
1195562.jpg
Jok mobil ini bisa dibilang enak banget. Bahannya sih masih sintetis ya, kirain kulit beneran. Tapi halus banget kayak Nappa gitu, termasuk di setirnya juga. Pengaturannya udah elektrik dan ada memory buat driver. Enaknya dia ada easy entry exit jadi kalo buka pintu joknya mundur, dinyalain nanti joknya maju lagi. Supportnya enak banget dan posisi duduknya ergonomis. Yang mengejutkan juga, headrest mobil ini bisa ditekuk kanan kiri kayak di pesawat gitu. :mky_02: So far ini enak banget dan selalu saya tekuk. Yang kurang? Gak ada cooler seat, kalah sama Omoda 5 nya.
1195561.jpg
Pindah ke belakang, bukaan pintunya masih berat dan bahan doortrimnya masih sama. Buat legroom, di belakang so so sih gak bisa dibilang lega banget, biasa aja gak bisa dibilang sempit juga. Normalnya mobil 4.7 meter lah. Headroom masih tergolong lega walaupun ada panoramic yang lumayan gede. Pano kalo dibuka jadinya lebih lega rasanya. Di belakang gak ada apa-apa, cuma ada armrest dan headrest yang enak banget itu. Yes, sampe baris kedua headrestnya bisa ditekuk gitu. Jadi beneran kayak naik pesawat deh kalo di belakang.

Baris ketiga saya gak coba karena pasti gak akan muat, jadi dilipet aja buat barang. Tapi sekilas lebih lega dari CR-V atau T32. Bagasinya lega bener dan dilapis beludru semua. Bukanya udah elektrik juga. Dia modelnya kayak Santa Fe, touchless back door jadi tinggal berdiri aja, tunggu sein kedip 3 kali, trus kebuka. Nah sialnya dia gak ada bunyi, jadi kalo orang gak ngeh ya kebuka. Nutupnya tetep mesti pencet.

Overall, interiornya sangat mewah untuk harga 550 jutaan yang kalo jepangan cuma dapet HR-V. Dan gak cuma desainnya, tapi fit and finish serta bahannya juga gak kaleng-kaleng. Minusnya ya itu, beberapa interface dan displaynya masih mobcin banget. Yang pernah pake Wuling atau DFSK pasti tau apa yang saya maksud. :ungg:

Interior : 9/10

Driving
1195564.jpg
Nah ini dia, yang pasti pada penasaran. Dari sepengalaman saya ya mobcin belum ada yang drivingnya enak, MG HS doang paling. Itu pun karena MG aslinya mobil Inggris dan dulunya bikin sportscar makanya enak. Wuling? Ya udah lah ya..

Ambil kunci, buka pintu. Buka pintunya cukup deketin mobil aja bisa. Kuncinya gede dan berat kayak remote apa gitu, kesannya premium sih. Nyalain mobil, nothing special, paling mesinnya aja yang halus banget gak kedengeran sampe dalem. Kalo baru nyalain mobil emang kesannya rame banget karena ada 3 layar nyala bersamaan (AC, HU, speedo).

Masuk jalan raya, mobil ini rasanya effortless banget glidingnya. Gak perlu digas udah ngerayap pelan sendiri. Untuk dalam kota, rasanya gak terlalu gede sih ini mobil. Kebantu juga camera 360nya yang bisa tampilin 3D sisi luar mobil. Cuman spion tengahnya agak aneh, wide banget menurut saya.
Redaman suspensi juga lumayan oke. Berasanya lebih ke arah eropa redamannya, firm tanpa ngayun2 tapi gak ngocok penumpang juga. Jalan rusak atau sambungan jalan sih gak kerasa naik ini. Dan yang paling penting, buat sebuah SUV keluarga ini nyaman banget, apalagi kalo ngeliat harganya segitu.

NVH? Wah jangan ditanya, ini mobil kedap banget. Rasa-rasanya selain peredamnya banyak, faktor panel gap dan solidnya panel body juga ngaruh. Karena gak ada kriyet2 juga dari panel yang kurang kenceng atau bunyi angin nabrak panel yang kurang solid. Getaran dan suara mesin juga sangat minim di rpm tinggi sekalipun. Waktu saya bawa ngebut juga penumpang masih aman tanpa protes2. Cuma bannya aja yang berisik banget, kabin udah kedap aja suara masih masuk dikit.

Oke, masuk ke sisi performa, yang orang amazed karena powernya gede banget – 250hp.

Satu kata buat performanya, GILA! By feeling, mobil ini powernya gede banget dan merata di semua putaran. Nanjak-nanjak mah enteng banget, gak ada cerita melorot di tanjakan. Tenaga segede gitu gak bohong, 0-100 saya catat 7.2s dengan bensin Pertalite dan 6.9s dengan Pertamax (vpower/pturbo sama aja, mappingnya emang buat oktan 92) :big_love: . Mobil harga segini gak ada lagi yang lebih kenceng kayaknya. DCTnya juga sangat sigap ganti giginya di rpm tinggi/highspeed, lebih cepet dari Golf TSI rasanya. Top speed yang pernah dicapai 220kpj, itu masih nyisa banyak gasnya cuma udah gak berani karena bannya jelek.

Oya itu di atas 200 mesin masih anteng ya gak teriak2, jadi penumpang masih bisa tidur lelap. Kenapa saya bilang 7.2s 0-100 pake pertalite? Ya betul, mobil ini masih bisa nenggak pertalite dan ada klausulnya gak akan gugur garansi.

Kapan lagi naik mobil 0-100nya 7 detik tapi bensin 10rb per liter :big_grin:.

Soal handling, mobil ini gak bisa dibilang fun karena rasanya bland. Tapi sangat anteng dan mantap di kecepatan tinggi >200 km/h sekalipun. Masih sangat safe menurut saya, no limbung berlebihan/geal geol buntutnya pas pindah jalur. Faktor fun mobil ini cuma satu, kalo kita gaspol di gerbang tol, bannya spin panjang dan berasa bawa sportscar hahaha. Kalo bernyali gede juga bisa ngasapin ladder ngebal ngebul di transjawa, di atas 200 udah nyerah mereka :big_biglaugh: . Malah ada yang ngekorin saya di 160, saya gaspol gak iso ngejer dia.

Trus kurangnya apa?

Pertama, mobil ini interface speedonya kayak HU, ngebingungin. Menunya apa, mesti ngapain. Reset tripmeter aja mesti pas berhenti. Iya tau buat safety juga, tapi malah repot ah. Di mobil ini juga gak ada range (apa belum nemu? entah) sisa bensin. Pokoknya susah dipelajarin, mesti bawa lama baru ngerti. Fitur sensingnya juga masih agak kaku dan gak ada lane following.

Kedua, berhubung mobil ini baru, jadi saya suka sebut “Chery“ di dalem mobil ke penumpang. Sialnya itu voice command langsung nyala, sensitif banget dia. Solusinya namanya diganti jadi apa gitu, biar gak kepanggil mulu. Bisa diganti nama panggilannya, lucu kan.

Ketiga, DCTnya gugup di stop n go. Kadang di stop n go kerasa DCTnya pindah-pindah gigi terus jadi gak smooth. Malesnya kadang mau nyalip/motong jadi kehambat karena DCTnya masih bingung mesti pake gigi berapa. Yah namanya juga bukan DSG atau Porsche doppelkuplung hehe. Untungnya masih wet clutch.

Keempat, mobil ini gak bisa dibilang irit. Di dalam kota, mobil ini hanya bisa mencatat 10km/l. Di rute tol malah cuma 13-14 km/l. Yah oke lah bisa dibilang irit untuk performa gila begitu, tapi konsumen CR-V dan CX-5 rasanya akan bilang itu boros. Gapapa lah, bisa pertalite ini.

Tapi seenggaknya, meskipun boros, performanya kenceng. Gak kayak sebelah yang udah lemot boros lagi hehehe.

Driving : 9.5/10. Is this really a chinese car?

Verdict

Ini mobil yang mengubah persepsi saya sepenuhnya tentang mobcin. Well MG is in a different level, karena dia aslinya emang mobil eropa. Tapi Chery? Full chinese. Dan bahkan gak ada satupun temen saya yang awam mobil ngira ini mobil china. Mereka kira ini Audi atau VW baru. Malah ada temen yang bilang ini Citroen karena logonya.

Apakah worth beli mobil ini 550 jutaan?

Sangat. Bahkan saya bingung apa faktor gak worth nya, karena garansi panjang, mobil enak, servis gratis. Meskipun ya masih perlu pembuktian soal aftersalesnya. Sejauh ini servis 5000 aman, semua free, tapi lucunya interval servis 15000 km. kalau mau servis di 10000 atau 7500 ya bayar lagi tapi gak mahal.

This is really the best chinese car in Indonesia.

Thank you!
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
masaudie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 22 Nov 2020, 11:08

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by masaudie »

Mantap reviewnya om. Sempet kepingin banget ini krn spek mesin dan fiturnya, tapi belom berani hahahaha. Mudah2an enjoy terus pakenya. Menarik ya skrg alternatif pilihan mobil selain Jepang dan Eropa.
Ivan123
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: 29 Jan 2020, 22:42

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by Ivan123 »

Temen beli ini, gasampe sebulan power window kirinya rusak, dia bakal claim pas jadwal service kyknya. Cuman ini minor si, tp gmn gtu, ad yg ganjel hahaha
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by Herman7103 »

sherryandkez wrote:Prolog
1195556.jpg
Sebenernya saya udah negative thinking sama merek ini. Karena dulu QQ sama Tiggo lama kualitasnya bener-bener sampah. Masih inget Tiggo lama itu harganya 140jt tapi body segede CR-V. Tapi kualitasnya kayak mobil di bawah 100jt (jaman itu 100jt dapet city car). Ditambah lagi Wuling yang gak pernah impress saya sepenuhnya, paling Air EV aja yang menurut saya cukup.

Akhir-akhir ini beberapa kali ke negara yang jual Chery, emang modelnya udah far better dari QQ sama Tiggo lama. Konon juga mobilnya lumayan oke. Nah pas balik ke Indo dipegang prinsipal langsung, kaget juga mereka berani langsung main di range 500jt dengan Tiggo 8 Pro ini. Dari spec sih menggiurkan banget, lebih murah 100jt dari CR-V tapi dapet mobil yang kelasnya 200-300jt di atasnya. Dan hebatnya ini mobil laris manis, bahkan sekarang inden Omoda 5 udah ngular juga.

Ya daripada denger katanya katanya, mending langsung pake aja kan? :big_grin:

Car : 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium (Glacier Silver)
Mileage : 6.200 km on going
Price : 558jt

Exterior
1195333.jpg
Ini mobil sebenernya gak gede-gede amat. Sama Santa Fe lebih kecil ini sedikit, apalagi dibanding CX-9 atau Palisade. Tapi secara spec mesin sama fitur sih lebih ngena ke CX-9 sama Palisade kayaknya. Dari depan, mobil ini keliatan cukup gagah dan kekar. Grilnya model kayak Audi dan lampunya juga. Tapi gak plek kok, ini emang bahasa desainnya Tiggo series. Lampunya sudah full LED dan kalo kita deketin mobil dia lampunya kedap kedip heartbeat gitu kayak seinnya CX-30.
1195559.jpg
Di samping, modelnya keliatan panjang dan tinggi banget kayak SUV eropaan. Desain sampingnya cenderung main aman dibanding depan sama belakangnya, halus tapi elegannya tetep dapet. Sayangnya velg Tiggo 8 Pro ini cuma 18 inci, keliatan kecil dibanding bodynya yang guede. Bannya juga bukan ban premium, mereknya GitiComfort yang satu grup sama GT Radial. Yang ganggu lagi di sampingnya, ada emblem TGDI dengan krom-kroman di fender. Kalo gak ada itu malah lebih elegan lagi, clean nya dapet.
1195557.jpg
Belakangnya menurut saya so-so. Mau sporty agak kurang karena bentuknya cenderung ngotak, mau elegant tapi knalpotnya 4. Overall bentuknya sih fine, lagi-lagi mirip Audi bentuknya dan lampunya. Tapi lampu clear itu not my cup of tea, kurang cocok di SUV luxury keluarga gini. Emblemnya juga terlalu ramai. Kalo pake emblem logo Chery di belakang mungkin lebih elegan.
1195558.jpg
Oya di mobil ini ada beberapa detail eksterior yang unik. Pertama, knalpot mobil ini yang ada 4 itu knalpot beneran, bukan cuma plastik dummy doang. Mau saya bilang jelek tapi malah lebih bagus dari eropaan yang pajangan doang hahhaa. Semua kaca itu buatan Fuyao Glass dan beberapa sudah double glass. Hebat Chery bisa kasih double glass di harga segini, Camry saya yang barunya dulu 700jt aja gak double glass. Panel body mobil super solid (bukan tebel doang kayak Wuling) dan panel gapnya bagus banget untuk ukuran mobil CKD. Ruang mesin semua ketutup rapi tapi gak ngerepotin, karena sistemnya bukan klip semua tapi ada yang model engsel.
1195563.jpg
Overall, desainnya harus saya kasih jempol. Detail-detail minor yang mengganggu bisa lah dimodif sendiri hahaha. Selama saya pake mobil ini, beberapa kolega ada yang nyangka saya naik Audi keluaran terbaru dan beberapa ada yang nyangka harganya 800jt-1M.

Dan gak ada satupun yang nyangka ini mobcin atau harganya cuma 500an. :big_exellent:

Exterior : 9/10

Interior
1195560.jpg
Begitu masuk, yang langsung kerasa adalah pintunya berat. Bukanya juga gak plintat plintut, solid banget rasanya. Oh ya, kalau buka pintu di tempat rame dia ada entry assist nya, misal ada mobil di belakang tapi kita buka pintu dia nyala lampu blind spot nya+kedap kedip. Lucu ya biasanya cuma exit assist.

Doortrim mobil ini agak gado-gado. Handlenya mirip BMW baru, panel kayunya mirip Merc, dan tarikan pintunya mirip Renault. Tapi gak bisa dibilang jelek karena gak terkesan nabrak desainnya dan tetep keliatan mewah banget. Semua bahan soft touch dan kulit sintetis kecuali lower door trim yang deket speaker. Oh ya gak ada tempat koin di doortrim, minus point for that.

Dashboardnya luar biasa mewahnya dan didukung material dan fit and finish yang superb. Modelnya seperti biasa mobcin, ada floating head unit dan speedo digital. Di pilar kanan kiri ada tweeter dari Sony. Bahan dashboard dari atas sampe bawah kecuali panel glove box semuanya soft touch dan kulit sintetis. Panel gap bener-bener rapih, belum bisa dibilang setara eropaan tapi sudah di atas jepangan/koreaan.

Head unit lumayan responsif dan suaranya bagus, setara JBL Honda lah. Ada 8 speaker Sony kalo gak salah. Cuma interfacenya masih mobcin banget dan kaku. Untungnya gak ada typo kayak Wuling di menunya. Apple CarPlay sama Android Auto ada. Enaknya head unit ini, tombol-tombol utama masih ada pencetan fisiknya di bawah layar. Jadi gak ada cerita ngutak atik mesti pake layar semua.

AC mobil ini juga pake layar di bawahnya. Sama kayak audio, layarnya responsif tapi tetep ada tombol fisik buat memudahkan usability. Tombol fisiknya juga ergonomis, warnanya krom satin jadi keliatan kalo gelap juga. Konon ada filter N95 atau apalah tapi gak saya perhatiin juga, yang penting dingin.
1195562.jpg
Jok mobil ini bisa dibilang enak banget. Bahannya sih masih sintetis ya, kirain kulit beneran. Tapi halus banget kayak Nappa gitu, termasuk di setirnya juga. Pengaturannya udah elektrik dan ada memory buat driver. Enaknya dia ada easy entry exit jadi kalo buka pintu joknya mundur, dinyalain nanti joknya maju lagi. Supportnya enak banget dan posisi duduknya ergonomis. Yang mengejutkan juga, headrest mobil ini bisa ditekuk kanan kiri kayak di pesawat gitu. :mky_02: So far ini enak banget dan selalu saya tekuk. Yang kurang? Gak ada cooler seat, kalah sama Omoda 5 nya.
1195561.jpg
Pindah ke belakang, bukaan pintunya masih berat dan bahan doortrimnya masih sama. Buat legroom, di belakang so so sih gak bisa dibilang lega banget, biasa aja gak bisa dibilang sempit juga. Normalnya mobil 4.7 meter lah. Headroom masih tergolong lega walaupun ada panoramic yang lumayan gede. Pano kalo dibuka jadinya lebih lega rasanya. Di belakang gak ada apa-apa, cuma ada armrest dan headrest yang enak banget itu. Yes, sampe baris kedua headrestnya bisa ditekuk gitu. Jadi beneran kayak naik pesawat deh kalo di belakang.

Baris ketiga saya gak coba karena pasti gak akan muat, jadi dilipet aja buat barang. Tapi sekilas lebih lega dari CR-V atau T32. Bagasinya lega bener dan dilapis beludru semua. Bukanya udah elektrik juga. Dia modelnya kayak Santa Fe, touchless back door jadi tinggal berdiri aja, tunggu sein kedip 3 kali, trus kebuka. Nah sialnya dia gak ada bunyi, jadi kalo orang gak ngeh ya kebuka. Nutupnya tetep mesti pencet.

Overall, interiornya sangat mewah untuk harga 550 jutaan yang kalo jepangan cuma dapet HR-V. Dan gak cuma desainnya, tapi fit and finish serta bahannya juga gak kaleng-kaleng. Minusnya ya itu, beberapa interface dan displaynya masih mobcin banget. Yang pernah pake Wuling atau DFSK pasti tau apa yang saya maksud. :ungg:

Interior : 9/10

Driving
1195564.jpg
Nah ini dia, yang pasti pada penasaran. Dari sepengalaman saya ya mobcin belum ada yang drivingnya enak, MG HS doang paling. Itu pun karena MG aslinya mobil Inggris dan dulunya bikin sportscar makanya enak. Wuling? Ya udah lah ya..

Ambil kunci, buka pintu. Buka pintunya cukup deketin mobil aja bisa. Kuncinya gede dan berat kayak remote apa gitu, kesannya premium sih. Nyalain mobil, nothing special, paling mesinnya aja yang halus banget gak kedengeran sampe dalem. Kalo baru nyalain mobil emang kesannya rame banget karena ada 3 layar nyala bersamaan (AC, HU, speedo).

Masuk jalan raya, mobil ini rasanya effortless banget glidingnya. Gak perlu digas udah ngerayap pelan sendiri. Untuk dalam kota, rasanya gak terlalu gede sih ini mobil. Kebantu juga camera 360nya yang bisa tampilin 3D sisi luar mobil. Cuman spion tengahnya agak aneh, wide banget menurut saya.
Redaman suspensi juga lumayan oke. Berasanya lebih ke arah eropa redamannya, firm tanpa ngayun2 tapi gak ngocok penumpang juga. Jalan rusak atau sambungan jalan sih gak kerasa naik ini. Dan yang paling penting, buat sebuah SUV keluarga ini nyaman banget, apalagi kalo ngeliat harganya segitu.

NVH? Wah jangan ditanya, ini mobil kedap banget. Rasa-rasanya selain peredamnya banyak, faktor panel gap dan solidnya panel body juga ngaruh. Karena gak ada kriyet2 juga dari panel yang kurang kenceng atau bunyi angin nabrak panel yang kurang solid. Getaran dan suara mesin juga sangat minim di rpm tinggi sekalipun. Waktu saya bawa ngebut juga penumpang masih aman tanpa protes2. Cuma bannya aja yang berisik banget, kabin udah kedap aja suara masih masuk dikit.

Oke, masuk ke sisi performa, yang orang amazed karena powernya gede banget – 250hp.

Satu kata buat performanya, GILA! By feeling, mobil ini powernya gede banget dan merata di semua putaran. Nanjak-nanjak mah enteng banget, gak ada cerita melorot di tanjakan. Tenaga segede gitu gak bohong, 0-100 saya catat 7.2s dengan bensin Pertalite dan 6.9s dengan Pertamax (vpower/pturbo sama aja, mappingnya emang buat oktan 92) :big_love: . Mobil harga segini gak ada lagi yang lebih kenceng kayaknya. DCTnya juga sangat sigap ganti giginya di rpm tinggi/highspeed, lebih cepet dari Golf TSI rasanya. Top speed yang pernah dicapai 220kpj, itu masih nyisa banyak gasnya cuma udah gak berani karena bannya jelek.

Oya itu di atas 200 mesin masih anteng ya gak teriak2, jadi penumpang masih bisa tidur lelap. Kenapa saya bilang 7.2s 0-100 pake pertalite? Ya betul, mobil ini masih bisa nenggak pertalite dan ada klausulnya gak akan gugur garansi.

Kapan lagi naik mobil 0-100nya 7 detik tapi bensin 10rb per liter :big_grin:.

Soal handling, mobil ini gak bisa dibilang fun karena rasanya bland. Tapi sangat anteng dan mantap di kecepatan tinggi >200 km/h sekalipun. Masih sangat safe menurut saya, no limbung berlebihan/geal geol buntutnya pas pindah jalur. Faktor fun mobil ini cuma satu, kalo kita gaspol di gerbang tol, bannya spin panjang dan berasa bawa sportscar hahaha. Kalo bernyali gede juga bisa ngasapin ladder ngebal ngebul di transjawa, di atas 200 udah nyerah mereka :big_biglaugh: . Malah ada yang ngekorin saya di 160, saya gaspol gak iso ngejer dia.

Trus kurangnya apa?

Pertama, mobil ini interface speedonya kayak HU, ngebingungin. Menunya apa, mesti ngapain. Reset tripmeter aja mesti pas berhenti. Iya tau buat safety juga, tapi malah repot ah. Di mobil ini juga gak ada range (apa belum nemu? entah) sisa bensin. Pokoknya susah dipelajarin, mesti bawa lama baru ngerti. Fitur sensingnya juga masih agak kaku dan gak ada lane following.

Kedua, berhubung mobil ini baru, jadi saya suka sebut “Chery“ di dalem mobil ke penumpang. Sialnya itu voice command langsung nyala, sensitif banget dia. Solusinya namanya diganti jadi apa gitu, biar gak kepanggil mulu. Bisa diganti nama panggilannya, lucu kan.

Ketiga, DCTnya gugup di stop n go. Kadang di stop n go kerasa DCTnya pindah-pindah gigi terus jadi gak smooth. Malesnya kadang mau nyalip/motong jadi kehambat karena DCTnya masih bingung mesti pake gigi berapa. Yah namanya juga bukan DSG atau Porsche doppelkuplung hehe. Untungnya masih wet clutch.

Keempat, mobil ini gak bisa dibilang irit. Di dalam kota, mobil ini hanya bisa mencatat 10km/l. Di rute tol malah cuma 13-14 km/l. Yah oke lah bisa dibilang irit untuk performa gila begitu, tapi konsumen CR-V dan CX-5 rasanya akan bilang itu boros. Gapapa lah, bisa pertalite ini.

Tapi seenggaknya, meskipun boros, performanya kenceng. Gak kayak sebelah yang udah lemot boros lagi hehehe.

Driving : 9.5/10. Is this really a chinese car?

Verdict

Ini mobil yang mengubah persepsi saya sepenuhnya tentang mobcin. Well MG is in a different level, karena dia aslinya emang mobil eropa. Tapi Chery? Full chinese. Dan bahkan gak ada satupun temen saya yang awam mobil ngira ini mobil china. Mereka kira ini Audi atau VW baru. Malah ada temen yang bilang ini Citroen karena logonya.

Apakah worth beli mobil ini 550 jutaan?

Sangat. Bahkan saya bingung apa faktor gak worth nya, karena garansi panjang, mobil enak, servis gratis. Meskipun ya masih perlu pembuktian soal aftersalesnya. Sejauh ini servis 5000 aman, semua free, tapi lucunya interval servis 15000 km. kalau mau servis di 10000 atau 7500 ya bayar lagi tapi gak mahal.

This is really the best chinese car in Indonesia.

Thank you!
Nice Review Om and i like you true and honest opinion.
:glodak:
HR15DE 2014
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1043
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by iamwewe »

keren om ripiw nya. iya ini mobil di liat sih secara road presence mgkn masih sekelas sama santa fe ya. kalo ke palisade ato cx9 blm ya menurut saya.

buset.... masih bisa isi pertalit dan garansi gak gugur sih mesin nya bener2 canggih banget ya. salut bener2 sama engineering chinese. eh gk tau juga sih chinese murni apa rebadge juga.

eh ada bahas omoda juga itu diatas... omoda double glass lho. ini tiggo8 double glass juga gk sih dia?

btw om, penasaran banget sblmnya punya camry? xv50 or xv70? coba dong om di ripiw. kadang penasaran banget nih mobil, apa sih spesialnya sampe bnr2 jadi mobil mentri dan petinggi2.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1954
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by alvin23 »

iamwewe wrote: 01 Mar 2023, 12:19 coba dong om di ripiw. kadang penasaran banget nih mobil, apa sih spesialnya sampe bnr2 jadi mobil mentri dan petinggi2.
Spesialnya karena jaringan bengkel dan masuk pagu anggaran dong om wkwkwk

Plus kalau corporate gak coba2, they stick, yang populer camry, semua ikut camry. Satu alphard semua alphard hehehe

tuh liat aja sekarang mobil listrik, Ioniq semua hahaha
Rocky R ADS CVT 2021
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3378
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by kendibocor »

Gile yeh mobil 7,2s harga gopektiau bisa minum pertalite. Nyari dimana lg jaman sekarang :big_biglaugh:

Btw ane baru bikin thread ttg mobcin jg kok sama ya om kita komplain ttg interface HU/MID yg "tiongkok" banget hahaha..
Masalah bhs. Inggris ane gatau kenapa kalo tiongkok tuh sering translate ke inggris asal2an. Mobil ga terlalu ketara sih, tp pernah ga sengaja liat nyokap nonton Cdrama itu masa di perusahaan dlm drama tsb ada spanduk digelar gede2 isi kata2 motivasi tapi typo. Everything else jadi everything eles. Uda gitu translatenya babak belur lg :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2ffthud
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 26 Feb 2023, 12:06
Location: PlusEnamDua

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by 2ffthud »

sherryandkez wrote: 01 Mar 2023, 11:05
Jok mobil ini bisa dibilang enak banget. Bahannya sih masih sintetis ya, kirain kulit beneran. Tapi halus banget kayak Nappa gitu, termasuk di setirnya juga.
Taunya kulit sintetis dr mana om? Apa panas ato gak ada aroma khas kulitnya kah?
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by sherryandkez »

masaudie wrote: 01 Mar 2023, 11:32 Mantap reviewnya om. Sempet kepingin banget ini krn spek mesin dan fiturnya, tapi belom berani hahahaha. Mudah2an enjoy terus pakenya. Menarik ya skrg alternatif pilihan mobil selain Jepang dan Eropa.
sikat aja om gak akan nyesel hahaha.
Ivan123 wrote: 01 Mar 2023, 11:37 Temen beli ini, gasampe sebulan power window kirinya rusak, dia bakal claim pas jadwal service kyknya. Cuman ini minor si, tp gmn gtu, ad yg ganjel hahaha
klaim garansi 6 taun, mesin malah sampe 10 taun :big_biglaugh:
Herman7103 wrote: 01 Mar 2023, 11:48 Nice Review Om and i like you true and honest opinion.
thank you om.
iamwewe wrote: 01 Mar 2023, 12:19 keren om ripiw nya. iya ini mobil di liat sih secara road presence mgkn masih sekelas sama santa fe ya. kalo ke palisade ato cx9 blm ya menurut saya.

buset.... masih bisa isi pertalit dan garansi gak gugur sih mesin nya bener2 canggih banget ya. salut bener2 sama engineering chinese. eh gk tau juga sih chinese murni apa rebadge juga.

eh ada bahas omoda juga itu diatas... omoda double glass lho. ini tiggo8 double glass juga gk sih dia?

btw om, penasaran banget sblmnya punya camry? xv50 or xv70? coba dong om di ripiw. kadang penasaran banget nih mobil, apa sih spesialnya sampe bnr2 jadi mobil mentri dan petinggi2.
harusnya emang sekelas santa fe om. cuma power sama luxury nya naik kelas. mesin dia buatan austria kalo gak salah, chery kerjasama sama engineering firm sana lupa namanya apa. tiggo 8 double glass juga beberapa panel kaca. sampe sekarang masih pake camry om, xv50. nanti abis ini deh reviewnya, mau review mainan saya dulu starlet ep81 hahaha.
1195943.jpg
alvin23 wrote: 01 Mar 2023, 12:45
Spesialnya karena jaringan bengkel dan masuk pagu anggaran dong om wkwkwk

Plus kalau corporate gak coba2, they stick, yang populer camry, semua ikut camry. Satu alphard semua alphard hehehe

tuh liat aja sekarang mobil listrik, Ioniq semua hahaha
enak sih om camry tuh sebenernya. cuma orang kan males duluan bawa mobil 5 meter sendiri :big_biglaugh:
kendibocor wrote: 01 Mar 2023, 13:00 Gile yeh mobil 7,2s harga gopektiau bisa minum pertalite. Nyari dimana lg jaman sekarang :big_biglaugh:

Btw ane baru bikin thread ttg mobcin jg kok sama ya om kita komplain ttg interface HU/MID yg "tiongkok" banget hahaha..
Masalah bhs. Inggris ane gatau kenapa kalo tiongkok tuh sering translate ke inggris asal2an. Mobil ga terlalu ketara sih, tp pernah ga sengaja liat nyokap nonton Cdrama itu masa di perusahaan dlm drama tsb ada spanduk digelar gede2 isi kata2 motivasi tapi typo. Everything else jadi everything eles. Uda gitu translatenya babak belur lg :big_biglaugh:
aneh juga ini mobil pertalite tetep ngacir ahaha.

iya mobil china manapun, sampe saya naik Hongqi pun mid sama interface nya ya begitu2 aja. fontnya aneh, translate bahasanya aneh, bingung.

om ke china deh coba, nyetir kemana2. banyak banget tempat2 atau traffic sign yang ada terjemahan inggrisnya tapi kacau semua :big_biglaugh:
2ffthud wrote: 01 Mar 2023, 13:39
Taunya kulit sintetis dr mana om? Apa panas ato gak ada aroma khas kulitnya kah?
kalo kulit asli diteken berkerut, bau kulitnya juga gak ada ini di Tiggo
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by black2345 »

Congrats om atas mobil barunya..

Kalo liat harganya dipikir2 ga akan rugi jg ya, let’s say dipake s/d 5th & depresiasinya sampe 50-60%, secara rupiah yg hilang ga akan sampe 300jt. Sementara dipakainya puas, kenceng & bs diisi pertalit 🤣
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1563
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by darrelund »

iamwewe wrote: 01 Mar 2023, 12:19 buset.... masih bisa isi pertalit dan garansi gak gugur sih mesin nya bener2 canggih banget ya. salut bener2 sama engineering chinese. eh gk tau juga sih chinese murni apa rebadge juga.
enjin pure in house chery punya, termasuk transmisi jg.

klo ga salah partner sama AVL austria

makanya chery mobilnya kaga murah bgt kan :big_biglaugh:

https://www.actecopowertrain.com/chery- ... e-product/
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 780
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by rakyatwkwkland »

A very nice review oom :off_good_job:

Emang sih sekilas kalau liat dari review2 memang beneran menggiurkan dan juga salah satu the best chinese car.

Ada satu detail yg ane cukup demen dari mobil ini, yaitu controller AC nya. Kan dia controllernya full digital, dikasihlah tombol fisik untuk membantu pengoperasian. Yang ane demen, tombol fisiknya ternyata gak cuma buat ngatur tempratur, tapi juga dikasih buat ngatur fan speed. Sepengalaman ane selama perjalanan selain ngatur termpratur ane juga sering ngatur fan speed. Entah kenapa mobil2 lain kalau ngasih tombol fisik bantuan begini sering banget cuma buat pengaturan tempratur doang, fan speednya tetep cuma dari tombol touch screen...

Powernya yg buas juga asik sih kalo pake di transjavabahn. Lawan diesel cumi2 ngebul bisalah pake ini. Mungkin juga orang2 bakal mikirnya chery mobcin ini gitu ya, baru pada tau kalo dah diasepin balik wkwkwk :ngacir:

Salah satu hal yg cukup ngerusak kekerenan mobil ini emblemnya sih. Baik dari segi desain maupun penempatan, IMHO msh berasa 'china banget' in a bad way yaa...
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1271
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by pendoli »

Menarik yak… bini pasti veto sih, tapi mungkin bole lah kalo test drive aja 😂
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by AbdulHakim »

rakyatwkwkland wrote: 01 Mar 2023, 21:44 A very nice review oom :off_good_job:

Emang sih sekilas kalau liat dari review2 memang beneran menggiurkan dan juga salah satu the best chinese car.

Ada satu detail yg ane cukup demen dari mobil ini, yaitu controller AC nya. Kan dia controllernya full digital, dikasihlah tombol fisik untuk membantu pengoperasian. Yang ane demen, tombol fisiknya ternyata gak cuma buat ngatur tempratur, tapi juga dikasih buat ngatur fan speed. Sepengalaman ane selama perjalanan selain ngatur termpratur ane juga sering ngatur fan speed. Entah kenapa mobil2 lain kalau ngasih tombol fisik bantuan begini sering banget cuma buat pengaturan tempratur doang, fan speednya tetep cuma dari tombol touch screen...

Powernya yg buas juga asik sih kalo pake di transjavabahn. Lawan diesel cumi2 ngebul bisalah pake ini. Mungkin juga orang2 bakal mikirnya chery mobcin ini gitu ya, baru pada tau kalo dah diasepin balik wkwkwk :ngacir:

Salah satu hal yg cukup ngerusak kekerenan mobil ini emblemnya sih. Baik dari segi desain maupun penempatan, IMHO msh berasa 'china banget' in a bad way yaa...
Emblem Chery ini mirip sama Infiniti, versi kendaraan mewah (luxury) nya Nissan.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1043
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by iamwewe »

darrelund wrote: 01 Mar 2023, 20:40
iamwewe wrote: 01 Mar 2023, 12:19 buset.... masih bisa isi pertalit dan garansi gak gugur sih mesin nya bener2 canggih banget ya. salut bener2 sama engineering chinese. eh gk tau juga sih chinese murni apa rebadge juga.
enjin pure in house chery punya, termasuk transmisi jg.

klo ga salah partner sama AVL austria

makanya chery mobilnya kaga murah bgt kan :big_biglaugh:

https://www.actecopowertrain.com/chery- ... e-product/
gile2... makin geleng2.. enjin sama tranny in house cherry. ada apa dgn cherry ya, dalam waktu berapa taun aja udh lompatan nya gini jauh. bener kata om TS, masih inget jelas di kepala, jaman waktu skolah, cherry qq dan lupa cherry yg model CRVgen2 itu, apa namanya. skrg udh bisa bikin enjin dan tranny sndiri dengan kemampuan segila ini dgn spek pertalit
alvin23 wrote: 01 Mar 2023, 12:45
iamwewe wrote: 01 Mar 2023, 12:19 coba dong om di ripiw. kadang penasaran banget nih mobil, apa sih spesialnya sampe bnr2 jadi mobil mentri dan petinggi2.
Spesialnya karena jaringan bengkel dan masuk pagu anggaran dong om wkwkwk

Plus kalau corporate gak coba2, they stick, yang populer camry, semua ikut camry. Satu alphard semua alphard hehehe

tuh liat aja sekarang mobil listrik, Ioniq semua hahaha
kalo masuk anggaran ini ambigu nih buat saya. mksdnya msk anggaran knp? krn mahal or krn murah? karena kalo ngmg di sisi mahal, kita selalu tau accord harganya diatas camry trs. tapi yg dipilih camry. kalo ngmg di sisi murah, kita juga tau jaman SBY kan masih ada camry tipe G. tp yg dpilih tipe V. jaringan bengkel sih mgkn kalo dibanding honda mirip2 kali ya..

makanya penasaran banget nanti tunggu om TS ripiw camry nya.

oot kalo mobil listrik sih emang kayanya skrg yg paling sensible ya si ioniqi tu. alasan paling sederhana:
1. mobil listrik yg bener2 layak dibilang mobil
2. pabrik juga udh disini
3. soal harga, dia juga murah banget dibanding competitor mobil listrik lainnya.
sherryandkez wrote: 01 Mar 2023, 14:56
thank you om.
iamwewe wrote: 01 Mar 2023, 12:19 keren om ripiw nya. iya ini mobil di liat sih secara road presence mgkn masih sekelas sama santa fe ya. kalo ke palisade ato cx9 blm ya menurut saya.

buset.... masih bisa isi pertalit dan garansi gak gugur sih mesin nya bener2 canggih banget ya. salut bener2 sama engineering chinese. eh gk tau juga sih chinese murni apa rebadge juga.

eh ada bahas omoda juga itu diatas... omoda double glass lho. ini tiggo8 double glass juga gk sih dia?

btw om, penasaran banget sblmnya punya camry? xv50 or xv70? coba dong om di ripiw. kadang penasaran banget nih mobil, apa sih spesialnya sampe bnr2 jadi mobil mentri dan petinggi2.
harusnya emang sekelas santa fe om. cuma power sama luxury nya naik kelas. mesin dia buatan austria kalo gak salah, chery kerjasama sama engineering firm sana lupa namanya apa. tiggo 8 double glass juga beberapa panel kaca. sampe sekarang masih pake camry om, xv50. nanti abis ini deh reviewnya, mau review mainan saya dulu starlet ep81 hahaha.
1195943.jpg
beh xv50 hybrid ya pakenya. ok2 om nanti udh sempet boleh ripiw om, sangat menantikan nih wwkwkw
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 14 Sep 2016, 18:20

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by lamatlancah »

..not in my life time.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 780
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by rakyatwkwkland »

AbdulHakim wrote: 02 Mar 2023, 07:17
rakyatwkwkland wrote: 01 Mar 2023, 21:44 A very nice review oom :off_good_job:

Emang sih sekilas kalau liat dari review2 memang beneran menggiurkan dan juga salah satu the best chinese car.

Ada satu detail yg ane cukup demen dari mobil ini, yaitu controller AC nya. Kan dia controllernya full digital, dikasihlah tombol fisik untuk membantu pengoperasian. Yang ane demen, tombol fisiknya ternyata gak cuma buat ngatur tempratur, tapi juga dikasih buat ngatur fan speed. Sepengalaman ane selama perjalanan selain ngatur termpratur ane juga sering ngatur fan speed. Entah kenapa mobil2 lain kalau ngasih tombol fisik bantuan begini sering banget cuma buat pengaturan tempratur doang, fan speednya tetep cuma dari tombol touch screen...

Powernya yg buas juga asik sih kalo pake di transjavabahn. Lawan diesel cumi2 ngebul bisalah pake ini. Mungkin juga orang2 bakal mikirnya chery mobcin ini gitu ya, baru pada tau kalo dah diasepin balik wkwkwk :ngacir:

Salah satu hal yg cukup ngerusak kekerenan mobil ini emblemnya sih. Baik dari segi desain maupun penempatan, IMHO msh berasa 'china banget' in a bad way yaa...
Emblem Chery ini mirip sama Infiniti, versi kendaraan mewah (luxury) nya Nissan.
Btw ini ane bahas bukan emblem logo chery nya oom, tapi emblem lain2nya kaya emblem tiggo nya, terus emblem angka torsi mesinnya, dll. IMHO font yg dipake masih berasa 'china' banget dalam artian buruk ya, kurang enak dipandang mata aja gitu. Terus penempatan emblemnya juga bikin pantatnya keliatan terlalu rame.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9388
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by Suryaputra »

rakyatwkwkland wrote: 02 Mar 2023, 17:06
AbdulHakim wrote: 02 Mar 2023, 07:17
rakyatwkwkland wrote: 01 Mar 2023, 21:44 A very nice review oom :off_good_job:

Emang sih sekilas kalau liat dari review2 memang beneran menggiurkan dan juga salah satu the best chinese car.

Ada satu detail yg ane cukup demen dari mobil ini, yaitu controller AC nya. Kan dia controllernya full digital, dikasihlah tombol fisik untuk membantu pengoperasian. Yang ane demen, tombol fisiknya ternyata gak cuma buat ngatur tempratur, tapi juga dikasih buat ngatur fan speed. Sepengalaman ane selama perjalanan selain ngatur termpratur ane juga sering ngatur fan speed. Entah kenapa mobil2 lain kalau ngasih tombol fisik bantuan begini sering banget cuma buat pengaturan tempratur doang, fan speednya tetep cuma dari tombol touch screen...

Powernya yg buas juga asik sih kalo pake di transjavabahn. Lawan diesel cumi2 ngebul bisalah pake ini. Mungkin juga orang2 bakal mikirnya chery mobcin ini gitu ya, baru pada tau kalo dah diasepin balik wkwkwk :ngacir:

Salah satu hal yg cukup ngerusak kekerenan mobil ini emblemnya sih. Baik dari segi desain maupun penempatan, IMHO msh berasa 'china banget' in a bad way yaa...
Emblem Chery ini mirip sama Infiniti, versi kendaraan mewah (luxury) nya Nissan.
Btw ini ane bahas bukan emblem logo chery nya oom, tapi emblem lain2nya kaya emblem tiggo nya, terus emblem angka torsi mesinnya, dll. IMHO font yg dipake masih berasa 'china' banget dalam artian buruk ya, kurang enak dipandang mata aja gitu. Terus penempatan emblemnya juga bikin pantatnya keliatan terlalu rame.
tipikal preferensi designed by tiongkok,
lihat aja tuh web shopee
checkout pagenya rada berantakan dan agak gmn gtu :big_biglaugh:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 780
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: 02 Mar 2023, 17:10
rakyatwkwkland wrote: 02 Mar 2023, 17:06
AbdulHakim wrote: 02 Mar 2023, 07:17
Emblem Chery ini mirip sama Infiniti, versi kendaraan mewah (luxury) nya Nissan.
Btw ini ane bahas bukan emblem logo chery nya oom, tapi emblem lain2nya kaya emblem tiggo nya, terus emblem angka torsi mesinnya, dll. IMHO font yg dipake masih berasa 'china' banget dalam artian buruk ya, kurang enak dipandang mata aja gitu. Terus penempatan emblemnya juga bikin pantatnya keliatan terlalu rame.
tipikal preferensi designed by tiongkok,
lihat aja tuh web shopee
checkout pagenya rada berantakan dan agak gmn gtu :big_biglaugh:
sopi bukannya asalnya dari sg mbah? Kantor pusatnya di sg, pertama berdiri di sg, pendirinya juga kayanya WN sg bukan? Emang asalnya WN china tapi katanya pindah kewarganegaraan ke sg...

Anyway, ane sendiri gapernah lagi make toko oren sih. Semenjak nyokap berapa kali transaksinya nyangkut di sopi dan CS nya tiap ditanyain cuma bisa maap maap maap doang jadi males dah make si oren. Lebaran masih jauh boss... dah minta2 maap aja wkwkwk :ngacir:

IMHO cs nya tokoijo masih lebih helpful kalo ada komplen2 segala macem
User avatar
silverant
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: 16 Sep 2013, 13:54
Location: Jakarta
Contact:

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by silverant »

Nice review Om... :)

Mobil yg gak tega kalo saya isi pertalite .. malah lagi coba2 pake Nitro+ :D

satu lagi kekurangannya menurut saya, tangkinya terlalu kecil... jadi sering ke pom bensin, hahaha
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9388
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by Suryaputra »

rakyatwkwkland wrote: 02 Mar 2023, 17:30
Suryaputra wrote: 02 Mar 2023, 17:10
rakyatwkwkland wrote: 02 Mar 2023, 17:06

Btw ini ane bahas bukan emblem logo chery nya oom, tapi emblem lain2nya kaya emblem tiggo nya, terus emblem angka torsi mesinnya, dll. IMHO font yg dipake masih berasa 'china' banget dalam artian buruk ya, kurang enak dipandang mata aja gitu. Terus penempatan emblemnya juga bikin pantatnya keliatan terlalu rame.
tipikal preferensi designed by tiongkok,
lihat aja tuh web shopee
checkout pagenya rada berantakan dan agak gmn gtu :big_biglaugh:
sopi bukannya asalnya dari sg mbah? Kantor pusatnya di sg, pertama berdiri di sg, pendirinya juga kayanya WN sg bukan? Emang asalnya WN china tapi katanya pindah kewarganegaraan ke sg...

Anyway, ane sendiri gapernah lagi make toko oren sih. Semenjak nyokap berapa kali transaksinya nyangkut di sopi dan CS nya tiap ditanyain cuma bisa maap maap maap doang jadi males dah make si oren. Lebaran masih jauh boss... dah minta2 maap aja wkwkwk :ngacir:

IMHO cs nya tokoijo masih lebih helpful kalo ada komplen2 segala macem
Iyahh.
Dan
Manajemen (UI UX) User interface dan experience Designernya konon dr tiongkok
Jd selera nya subjektif ngikut negara nya :mky_03:

Bandingin sm tokped, or bukapalak deh
Jauhh lbh rapih dan terstruktur

Walaupun dibilang sudah melakukan riset UI UX, tetap base layout dan design nya subjektif berdasarkan selera manajemen nya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15462
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 03 Mar 2023, 21:20 Iyahh.
Dan
Manajemen (UI UX) User interface dan experience Designernya konon dr tiongkok
Jd selera nya subjektif ngikut negara nya :mky_03:

Bandingin sm tokped, or bukapalak deh
Jauhh lbh rapih dan terstruktur

Walaupun dibilang sudah melakukan riset UI UX, tetap base layout dan design nya subjektif berdasarkan selera manajemen nya :big_biglaugh:
hmmmm tipikal yah. china products. pokoknya ada dulu, soal intuitif buat pengguna belakangan.

mobil china jg peletakan tombol2 nya ajaib. kadang ga nyangka tombol apa posisi di mana.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9388
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 04 Mar 2023, 12:23
Suryaputra wrote: 03 Mar 2023, 21:20 Iyahh.
Dan
Manajemen (UI UX) User interface dan experience Designernya konon dr tiongkok
Jd selera nya subjektif ngikut negara nya :mky_03:

Bandingin sm tokped, or bukapalak deh
Jauhh lbh rapih dan terstruktur

Walaupun dibilang sudah melakukan riset UI UX, tetap base layout dan design nya subjektif berdasarkan selera manajemen nya :big_biglaugh:
hmmmm tipikal yah. china products. pokoknya ada dulu, soal intuitif buat pengguna belakangan.

mobil china jg peletakan tombol2 nya ajaib. kadang ga nyangka tombol apa posisi di mana.
Yeah interface belakangan
Yg ptg cuan dulu
Sambil perbaikan pararel :big_peace:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
masnandha
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 28 Mar 2022, 09:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Vario

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by masnandha »

keren ripiwwnya om...
sempet bingung juga ama cherry padahal awal perkenalan tiggo 4 7 sama 8
ternyata yg dirilis malah 7 8 sekarang ketanbah omoda 5
padahal kalo 4 nya dirilis bisa nempelin creta hrv kali ya, macam alvez sekarang
Rickz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 258
Joined: 29 Dec 2015, 17:19

Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car

Post by Rickz »

masnandha wrote: 06 Mar 2023, 12:30 keren ripiwwnya om...
sempet bingung juga ama cherry padahal awal perkenalan tiggo 4 7 sama 8
ternyata yg dirilis malah 7 8 sekarang ketanbah omoda 5
padahal kalo 4 nya dirilis bisa nempelin creta hrv kali ya, macam alvez sekarang
Tiggo 4 modelnya kurang menjual.
Omoda 5 sangat tepat untuk head to head dengan HRV, Creta dkk.
Design exterior dan interior cakep
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post