2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Prolog
Akhir-akhir ini beberapa kali ke negara yang jual Chery, emang modelnya udah far better dari QQ sama Tiggo lama. Konon juga mobilnya lumayan oke. Nah pas balik ke Indo dipegang prinsipal langsung, kaget juga mereka berani langsung main di range 500jt dengan Tiggo 8 Pro ini. Dari spec sih menggiurkan banget, lebih murah 100jt dari CR-V tapi dapet mobil yang kelasnya 200-300jt di atasnya. Dan hebatnya ini mobil laris manis, bahkan sekarang inden Omoda 5 udah ngular juga.
Ya daripada denger katanya katanya, mending langsung pake aja kan?
Car : 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium (Glacier Silver)
Mileage : 6.200 km on going
Price : 558jt
Exterior Ini mobil sebenernya gak gede-gede amat. Sama Santa Fe lebih kecil ini sedikit, apalagi dibanding CX-9 atau Palisade. Tapi secara spec mesin sama fitur sih lebih ngena ke CX-9 sama Palisade kayaknya. Dari depan, mobil ini keliatan cukup gagah dan kekar. Grilnya model kayak Audi dan lampunya juga. Tapi gak plek kok, ini emang bahasa desainnya Tiggo series. Lampunya sudah full LED dan kalo kita deketin mobil dia lampunya kedap kedip heartbeat gitu kayak seinnya CX-30. Di samping, modelnya keliatan panjang dan tinggi banget kayak SUV eropaan. Desain sampingnya cenderung main aman dibanding depan sama belakangnya, halus tapi elegannya tetep dapet. Sayangnya velg Tiggo 8 Pro ini cuma 18 inci, keliatan kecil dibanding bodynya yang guede. Bannya juga bukan ban premium, mereknya GitiComfort yang satu grup sama GT Radial. Yang ganggu lagi di sampingnya, ada emblem TGDI dengan krom-kroman di fender. Kalo gak ada itu malah lebih elegan lagi, clean nya dapet. Belakangnya menurut saya so-so. Mau sporty agak kurang karena bentuknya cenderung ngotak, mau elegant tapi knalpotnya 4. Overall bentuknya sih fine, lagi-lagi mirip Audi bentuknya dan lampunya. Tapi lampu clear itu not my cup of tea, kurang cocok di SUV luxury keluarga gini. Emblemnya juga terlalu ramai. Kalo pake emblem logo Chery di belakang mungkin lebih elegan. Oya di mobil ini ada beberapa detail eksterior yang unik. Pertama, knalpot mobil ini yang ada 4 itu knalpot beneran, bukan cuma plastik dummy doang. Mau saya bilang jelek tapi malah lebih bagus dari eropaan yang pajangan doang hahhaa. Semua kaca itu buatan Fuyao Glass dan beberapa sudah double glass. Hebat Chery bisa kasih double glass di harga segini, Camry saya yang barunya dulu 700jt aja gak double glass. Panel body mobil super solid (bukan tebel doang kayak Wuling) dan panel gapnya bagus banget untuk ukuran mobil CKD. Ruang mesin semua ketutup rapi tapi gak ngerepotin, karena sistemnya bukan klip semua tapi ada yang model engsel. Overall, desainnya harus saya kasih jempol. Detail-detail minor yang mengganggu bisa lah dimodif sendiri hahaha. Selama saya pake mobil ini, beberapa kolega ada yang nyangka saya naik Audi keluaran terbaru dan beberapa ada yang nyangka harganya 800jt-1M.
Dan gak ada satupun yang nyangka ini mobcin atau harganya cuma 500an.
Exterior : 9/10
Interior Begitu masuk, yang langsung kerasa adalah pintunya berat. Bukanya juga gak plintat plintut, solid banget rasanya. Oh ya, kalau buka pintu di tempat rame dia ada entry assist nya, misal ada mobil di belakang tapi kita buka pintu dia nyala lampu blind spot nya+kedap kedip. Lucu ya biasanya cuma exit assist.
Doortrim mobil ini agak gado-gado. Handlenya mirip BMW baru, panel kayunya mirip Merc, dan tarikan pintunya mirip Renault. Tapi gak bisa dibilang jelek karena gak terkesan nabrak desainnya dan tetep keliatan mewah banget. Semua bahan soft touch dan kulit sintetis kecuali lower door trim yang deket speaker. Oh ya gak ada tempat koin di doortrim, minus point for that.
Dashboardnya luar biasa mewahnya dan didukung material dan fit and finish yang superb. Modelnya seperti biasa mobcin, ada floating head unit dan speedo digital. Di pilar kanan kiri ada tweeter dari Sony. Bahan dashboard dari atas sampe bawah kecuali panel glove box semuanya soft touch dan kulit sintetis. Panel gap bener-bener rapih, belum bisa dibilang setara eropaan tapi sudah di atas jepangan/koreaan.
Head unit lumayan responsif dan suaranya bagus, setara JBL Honda lah. Ada 8 speaker Sony kalo gak salah. Cuma interfacenya masih mobcin banget dan kaku. Untungnya gak ada typo kayak Wuling di menunya. Apple CarPlay sama Android Auto ada. Enaknya head unit ini, tombol-tombol utama masih ada pencetan fisiknya di bawah layar. Jadi gak ada cerita ngutak atik mesti pake layar semua.
AC mobil ini juga pake layar di bawahnya. Sama kayak audio, layarnya responsif tapi tetep ada tombol fisik buat memudahkan usability. Tombol fisiknya juga ergonomis, warnanya krom satin jadi keliatan kalo gelap juga. Konon ada filter N95 atau apalah tapi gak saya perhatiin juga, yang penting dingin. Jok mobil ini bisa dibilang enak banget. Bahannya sih masih sintetis ya, kirain kulit beneran. Tapi halus banget kayak Nappa gitu, termasuk di setirnya juga. Pengaturannya udah elektrik dan ada memory buat driver. Enaknya dia ada easy entry exit jadi kalo buka pintu joknya mundur, dinyalain nanti joknya maju lagi. Supportnya enak banget dan posisi duduknya ergonomis. Yang mengejutkan juga, headrest mobil ini bisa ditekuk kanan kiri kayak di pesawat gitu. So far ini enak banget dan selalu saya tekuk. Yang kurang? Gak ada cooler seat, kalah sama Omoda 5 nya. Pindah ke belakang, bukaan pintunya masih berat dan bahan doortrimnya masih sama. Buat legroom, di belakang so so sih gak bisa dibilang lega banget, biasa aja gak bisa dibilang sempit juga. Normalnya mobil 4.7 meter lah. Headroom masih tergolong lega walaupun ada panoramic yang lumayan gede. Pano kalo dibuka jadinya lebih lega rasanya. Di belakang gak ada apa-apa, cuma ada armrest dan headrest yang enak banget itu. Yes, sampe baris kedua headrestnya bisa ditekuk gitu. Jadi beneran kayak naik pesawat deh kalo di belakang.
Baris ketiga saya gak coba karena pasti gak akan muat, jadi dilipet aja buat barang. Tapi sekilas lebih lega dari CR-V atau T32. Bagasinya lega bener dan dilapis beludru semua. Bukanya udah elektrik juga. Dia modelnya kayak Santa Fe, touchless back door jadi tinggal berdiri aja, tunggu sein kedip 3 kali, trus kebuka. Nah sialnya dia gak ada bunyi, jadi kalo orang gak ngeh ya kebuka. Nutupnya tetep mesti pencet.
Overall, interiornya sangat mewah untuk harga 550 jutaan yang kalo jepangan cuma dapet HR-V. Dan gak cuma desainnya, tapi fit and finish serta bahannya juga gak kaleng-kaleng. Minusnya ya itu, beberapa interface dan displaynya masih mobcin banget. Yang pernah pake Wuling atau DFSK pasti tau apa yang saya maksud.
Interior : 9/10
Driving Nah ini dia, yang pasti pada penasaran. Dari sepengalaman saya ya mobcin belum ada yang drivingnya enak, MG HS doang paling. Itu pun karena MG aslinya mobil Inggris dan dulunya bikin sportscar makanya enak. Wuling? Ya udah lah ya..
Ambil kunci, buka pintu. Buka pintunya cukup deketin mobil aja bisa. Kuncinya gede dan berat kayak remote apa gitu, kesannya premium sih. Nyalain mobil, nothing special, paling mesinnya aja yang halus banget gak kedengeran sampe dalem. Kalo baru nyalain mobil emang kesannya rame banget karena ada 3 layar nyala bersamaan (AC, HU, speedo).
Masuk jalan raya, mobil ini rasanya effortless banget glidingnya. Gak perlu digas udah ngerayap pelan sendiri. Untuk dalam kota, rasanya gak terlalu gede sih ini mobil. Kebantu juga camera 360nya yang bisa tampilin 3D sisi luar mobil. Cuman spion tengahnya agak aneh, wide banget menurut saya.
Redaman suspensi juga lumayan oke. Berasanya lebih ke arah eropa redamannya, firm tanpa ngayun2 tapi gak ngocok penumpang juga. Jalan rusak atau sambungan jalan sih gak kerasa naik ini. Dan yang paling penting, buat sebuah SUV keluarga ini nyaman banget, apalagi kalo ngeliat harganya segitu.
NVH? Wah jangan ditanya, ini mobil kedap banget. Rasa-rasanya selain peredamnya banyak, faktor panel gap dan solidnya panel body juga ngaruh. Karena gak ada kriyet2 juga dari panel yang kurang kenceng atau bunyi angin nabrak panel yang kurang solid. Getaran dan suara mesin juga sangat minim di rpm tinggi sekalipun. Waktu saya bawa ngebut juga penumpang masih aman tanpa protes2. Cuma bannya aja yang berisik banget, kabin udah kedap aja suara masih masuk dikit.
Oke, masuk ke sisi performa, yang orang amazed karena powernya gede banget – 250hp.
Satu kata buat performanya, GILA! By feeling, mobil ini powernya gede banget dan merata di semua putaran. Nanjak-nanjak mah enteng banget, gak ada cerita melorot di tanjakan. Tenaga segede gitu gak bohong, 0-100 saya catat 7.2s dengan bensin Pertalite dan 6.9s dengan Pertamax (vpower/pturbo sama aja, mappingnya emang buat oktan 92) . Mobil harga segini gak ada lagi yang lebih kenceng kayaknya. DCTnya juga sangat sigap ganti giginya di rpm tinggi/highspeed, lebih cepet dari Golf TSI rasanya. Top speed yang pernah dicapai 220kpj, itu masih nyisa banyak gasnya cuma udah gak berani karena bannya jelek.
Oya itu di atas 200 mesin masih anteng ya gak teriak2, jadi penumpang masih bisa tidur lelap. Kenapa saya bilang 7.2s 0-100 pake pertalite? Ya betul, mobil ini masih bisa nenggak pertalite dan ada klausulnya gak akan gugur garansi.
Kapan lagi naik mobil 0-100nya 7 detik tapi bensin 10rb per liter .
Soal handling, mobil ini gak bisa dibilang fun karena rasanya bland. Tapi sangat anteng dan mantap di kecepatan tinggi >200 km/h sekalipun. Masih sangat safe menurut saya, no limbung berlebihan/geal geol buntutnya pas pindah jalur. Faktor fun mobil ini cuma satu, kalo kita gaspol di gerbang tol, bannya spin panjang dan berasa bawa sportscar hahaha. Kalo bernyali gede juga bisa ngasapin ladder ngebal ngebul di transjawa, di atas 200 udah nyerah mereka . Malah ada yang ngekorin saya di 160, saya gaspol gak iso ngejer dia.
Trus kurangnya apa?
Pertama, mobil ini interface speedonya kayak HU, ngebingungin. Menunya apa, mesti ngapain. Reset tripmeter aja mesti pas berhenti. Iya tau buat safety juga, tapi malah repot ah. Di mobil ini juga gak ada range (apa belum nemu? entah) sisa bensin. Pokoknya susah dipelajarin, mesti bawa lama baru ngerti. Fitur sensingnya juga masih agak kaku dan gak ada lane following.
Kedua, berhubung mobil ini baru, jadi saya suka sebut “Chery“ di dalem mobil ke penumpang. Sialnya itu voice command langsung nyala, sensitif banget dia. Solusinya namanya diganti jadi apa gitu, biar gak kepanggil mulu. Bisa diganti nama panggilannya, lucu kan.
Ketiga, DCTnya gugup di stop n go. Kadang di stop n go kerasa DCTnya pindah-pindah gigi terus jadi gak smooth. Malesnya kadang mau nyalip/motong jadi kehambat karena DCTnya masih bingung mesti pake gigi berapa. Yah namanya juga bukan DSG atau Porsche doppelkuplung hehe. Untungnya masih wet clutch.
Keempat, mobil ini gak bisa dibilang irit. Di dalam kota, mobil ini hanya bisa mencatat 10km/l. Di rute tol malah cuma 13-14 km/l. Yah oke lah bisa dibilang irit untuk performa gila begitu, tapi konsumen CR-V dan CX-5 rasanya akan bilang itu boros. Gapapa lah, bisa pertalite ini.
Tapi seenggaknya, meskipun boros, performanya kenceng. Gak kayak sebelah yang udah lemot boros lagi hehehe.
Driving : 9.5/10. Is this really a chinese car?
Verdict
Ini mobil yang mengubah persepsi saya sepenuhnya tentang mobcin. Well MG is in a different level, karena dia aslinya emang mobil eropa. Tapi Chery? Full chinese. Dan bahkan gak ada satupun temen saya yang awam mobil ngira ini mobil china. Mereka kira ini Audi atau VW baru. Malah ada temen yang bilang ini Citroen karena logonya.
Apakah worth beli mobil ini 550 jutaan?
Sangat. Bahkan saya bingung apa faktor gak worth nya, karena garansi panjang, mobil enak, servis gratis. Meskipun ya masih perlu pembuktian soal aftersalesnya. Sejauh ini servis 5000 aman, semua free, tapi lucunya interval servis 15000 km. kalau mau servis di 10000 atau 7500 ya bayar lagi tapi gak mahal.
This is really the best chinese car in Indonesia.
Thank you!
Sebenernya saya udah negative thinking sama merek ini. Karena dulu QQ sama Tiggo lama kualitasnya bener-bener sampah. Masih inget Tiggo lama itu harganya 140jt tapi body segede CR-V. Tapi kualitasnya kayak mobil di bawah 100jt (jaman itu 100jt dapet city car). Ditambah lagi Wuling yang gak pernah impress saya sepenuhnya, paling Air EV aja yang menurut saya cukup.Akhir-akhir ini beberapa kali ke negara yang jual Chery, emang modelnya udah far better dari QQ sama Tiggo lama. Konon juga mobilnya lumayan oke. Nah pas balik ke Indo dipegang prinsipal langsung, kaget juga mereka berani langsung main di range 500jt dengan Tiggo 8 Pro ini. Dari spec sih menggiurkan banget, lebih murah 100jt dari CR-V tapi dapet mobil yang kelasnya 200-300jt di atasnya. Dan hebatnya ini mobil laris manis, bahkan sekarang inden Omoda 5 udah ngular juga.
Ya daripada denger katanya katanya, mending langsung pake aja kan?
Car : 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium (Glacier Silver)
Mileage : 6.200 km on going
Price : 558jt
Exterior Ini mobil sebenernya gak gede-gede amat. Sama Santa Fe lebih kecil ini sedikit, apalagi dibanding CX-9 atau Palisade. Tapi secara spec mesin sama fitur sih lebih ngena ke CX-9 sama Palisade kayaknya. Dari depan, mobil ini keliatan cukup gagah dan kekar. Grilnya model kayak Audi dan lampunya juga. Tapi gak plek kok, ini emang bahasa desainnya Tiggo series. Lampunya sudah full LED dan kalo kita deketin mobil dia lampunya kedap kedip heartbeat gitu kayak seinnya CX-30. Di samping, modelnya keliatan panjang dan tinggi banget kayak SUV eropaan. Desain sampingnya cenderung main aman dibanding depan sama belakangnya, halus tapi elegannya tetep dapet. Sayangnya velg Tiggo 8 Pro ini cuma 18 inci, keliatan kecil dibanding bodynya yang guede. Bannya juga bukan ban premium, mereknya GitiComfort yang satu grup sama GT Radial. Yang ganggu lagi di sampingnya, ada emblem TGDI dengan krom-kroman di fender. Kalo gak ada itu malah lebih elegan lagi, clean nya dapet. Belakangnya menurut saya so-so. Mau sporty agak kurang karena bentuknya cenderung ngotak, mau elegant tapi knalpotnya 4. Overall bentuknya sih fine, lagi-lagi mirip Audi bentuknya dan lampunya. Tapi lampu clear itu not my cup of tea, kurang cocok di SUV luxury keluarga gini. Emblemnya juga terlalu ramai. Kalo pake emblem logo Chery di belakang mungkin lebih elegan. Oya di mobil ini ada beberapa detail eksterior yang unik. Pertama, knalpot mobil ini yang ada 4 itu knalpot beneran, bukan cuma plastik dummy doang. Mau saya bilang jelek tapi malah lebih bagus dari eropaan yang pajangan doang hahhaa. Semua kaca itu buatan Fuyao Glass dan beberapa sudah double glass. Hebat Chery bisa kasih double glass di harga segini, Camry saya yang barunya dulu 700jt aja gak double glass. Panel body mobil super solid (bukan tebel doang kayak Wuling) dan panel gapnya bagus banget untuk ukuran mobil CKD. Ruang mesin semua ketutup rapi tapi gak ngerepotin, karena sistemnya bukan klip semua tapi ada yang model engsel. Overall, desainnya harus saya kasih jempol. Detail-detail minor yang mengganggu bisa lah dimodif sendiri hahaha. Selama saya pake mobil ini, beberapa kolega ada yang nyangka saya naik Audi keluaran terbaru dan beberapa ada yang nyangka harganya 800jt-1M.
Dan gak ada satupun yang nyangka ini mobcin atau harganya cuma 500an.
Exterior : 9/10
Interior Begitu masuk, yang langsung kerasa adalah pintunya berat. Bukanya juga gak plintat plintut, solid banget rasanya. Oh ya, kalau buka pintu di tempat rame dia ada entry assist nya, misal ada mobil di belakang tapi kita buka pintu dia nyala lampu blind spot nya+kedap kedip. Lucu ya biasanya cuma exit assist.
Doortrim mobil ini agak gado-gado. Handlenya mirip BMW baru, panel kayunya mirip Merc, dan tarikan pintunya mirip Renault. Tapi gak bisa dibilang jelek karena gak terkesan nabrak desainnya dan tetep keliatan mewah banget. Semua bahan soft touch dan kulit sintetis kecuali lower door trim yang deket speaker. Oh ya gak ada tempat koin di doortrim, minus point for that.
Dashboardnya luar biasa mewahnya dan didukung material dan fit and finish yang superb. Modelnya seperti biasa mobcin, ada floating head unit dan speedo digital. Di pilar kanan kiri ada tweeter dari Sony. Bahan dashboard dari atas sampe bawah kecuali panel glove box semuanya soft touch dan kulit sintetis. Panel gap bener-bener rapih, belum bisa dibilang setara eropaan tapi sudah di atas jepangan/koreaan.
Head unit lumayan responsif dan suaranya bagus, setara JBL Honda lah. Ada 8 speaker Sony kalo gak salah. Cuma interfacenya masih mobcin banget dan kaku. Untungnya gak ada typo kayak Wuling di menunya. Apple CarPlay sama Android Auto ada. Enaknya head unit ini, tombol-tombol utama masih ada pencetan fisiknya di bawah layar. Jadi gak ada cerita ngutak atik mesti pake layar semua.
AC mobil ini juga pake layar di bawahnya. Sama kayak audio, layarnya responsif tapi tetep ada tombol fisik buat memudahkan usability. Tombol fisiknya juga ergonomis, warnanya krom satin jadi keliatan kalo gelap juga. Konon ada filter N95 atau apalah tapi gak saya perhatiin juga, yang penting dingin. Jok mobil ini bisa dibilang enak banget. Bahannya sih masih sintetis ya, kirain kulit beneran. Tapi halus banget kayak Nappa gitu, termasuk di setirnya juga. Pengaturannya udah elektrik dan ada memory buat driver. Enaknya dia ada easy entry exit jadi kalo buka pintu joknya mundur, dinyalain nanti joknya maju lagi. Supportnya enak banget dan posisi duduknya ergonomis. Yang mengejutkan juga, headrest mobil ini bisa ditekuk kanan kiri kayak di pesawat gitu. So far ini enak banget dan selalu saya tekuk. Yang kurang? Gak ada cooler seat, kalah sama Omoda 5 nya. Pindah ke belakang, bukaan pintunya masih berat dan bahan doortrimnya masih sama. Buat legroom, di belakang so so sih gak bisa dibilang lega banget, biasa aja gak bisa dibilang sempit juga. Normalnya mobil 4.7 meter lah. Headroom masih tergolong lega walaupun ada panoramic yang lumayan gede. Pano kalo dibuka jadinya lebih lega rasanya. Di belakang gak ada apa-apa, cuma ada armrest dan headrest yang enak banget itu. Yes, sampe baris kedua headrestnya bisa ditekuk gitu. Jadi beneran kayak naik pesawat deh kalo di belakang.
Baris ketiga saya gak coba karena pasti gak akan muat, jadi dilipet aja buat barang. Tapi sekilas lebih lega dari CR-V atau T32. Bagasinya lega bener dan dilapis beludru semua. Bukanya udah elektrik juga. Dia modelnya kayak Santa Fe, touchless back door jadi tinggal berdiri aja, tunggu sein kedip 3 kali, trus kebuka. Nah sialnya dia gak ada bunyi, jadi kalo orang gak ngeh ya kebuka. Nutupnya tetep mesti pencet.
Overall, interiornya sangat mewah untuk harga 550 jutaan yang kalo jepangan cuma dapet HR-V. Dan gak cuma desainnya, tapi fit and finish serta bahannya juga gak kaleng-kaleng. Minusnya ya itu, beberapa interface dan displaynya masih mobcin banget. Yang pernah pake Wuling atau DFSK pasti tau apa yang saya maksud.
Interior : 9/10
Driving Nah ini dia, yang pasti pada penasaran. Dari sepengalaman saya ya mobcin belum ada yang drivingnya enak, MG HS doang paling. Itu pun karena MG aslinya mobil Inggris dan dulunya bikin sportscar makanya enak. Wuling? Ya udah lah ya..
Ambil kunci, buka pintu. Buka pintunya cukup deketin mobil aja bisa. Kuncinya gede dan berat kayak remote apa gitu, kesannya premium sih. Nyalain mobil, nothing special, paling mesinnya aja yang halus banget gak kedengeran sampe dalem. Kalo baru nyalain mobil emang kesannya rame banget karena ada 3 layar nyala bersamaan (AC, HU, speedo).
Masuk jalan raya, mobil ini rasanya effortless banget glidingnya. Gak perlu digas udah ngerayap pelan sendiri. Untuk dalam kota, rasanya gak terlalu gede sih ini mobil. Kebantu juga camera 360nya yang bisa tampilin 3D sisi luar mobil. Cuman spion tengahnya agak aneh, wide banget menurut saya.
Redaman suspensi juga lumayan oke. Berasanya lebih ke arah eropa redamannya, firm tanpa ngayun2 tapi gak ngocok penumpang juga. Jalan rusak atau sambungan jalan sih gak kerasa naik ini. Dan yang paling penting, buat sebuah SUV keluarga ini nyaman banget, apalagi kalo ngeliat harganya segitu.
NVH? Wah jangan ditanya, ini mobil kedap banget. Rasa-rasanya selain peredamnya banyak, faktor panel gap dan solidnya panel body juga ngaruh. Karena gak ada kriyet2 juga dari panel yang kurang kenceng atau bunyi angin nabrak panel yang kurang solid. Getaran dan suara mesin juga sangat minim di rpm tinggi sekalipun. Waktu saya bawa ngebut juga penumpang masih aman tanpa protes2. Cuma bannya aja yang berisik banget, kabin udah kedap aja suara masih masuk dikit.
Oke, masuk ke sisi performa, yang orang amazed karena powernya gede banget – 250hp.
Satu kata buat performanya, GILA! By feeling, mobil ini powernya gede banget dan merata di semua putaran. Nanjak-nanjak mah enteng banget, gak ada cerita melorot di tanjakan. Tenaga segede gitu gak bohong, 0-100 saya catat 7.2s dengan bensin Pertalite dan 6.9s dengan Pertamax (vpower/pturbo sama aja, mappingnya emang buat oktan 92) . Mobil harga segini gak ada lagi yang lebih kenceng kayaknya. DCTnya juga sangat sigap ganti giginya di rpm tinggi/highspeed, lebih cepet dari Golf TSI rasanya. Top speed yang pernah dicapai 220kpj, itu masih nyisa banyak gasnya cuma udah gak berani karena bannya jelek.
Oya itu di atas 200 mesin masih anteng ya gak teriak2, jadi penumpang masih bisa tidur lelap. Kenapa saya bilang 7.2s 0-100 pake pertalite? Ya betul, mobil ini masih bisa nenggak pertalite dan ada klausulnya gak akan gugur garansi.
Kapan lagi naik mobil 0-100nya 7 detik tapi bensin 10rb per liter .
Soal handling, mobil ini gak bisa dibilang fun karena rasanya bland. Tapi sangat anteng dan mantap di kecepatan tinggi >200 km/h sekalipun. Masih sangat safe menurut saya, no limbung berlebihan/geal geol buntutnya pas pindah jalur. Faktor fun mobil ini cuma satu, kalo kita gaspol di gerbang tol, bannya spin panjang dan berasa bawa sportscar hahaha. Kalo bernyali gede juga bisa ngasapin ladder ngebal ngebul di transjawa, di atas 200 udah nyerah mereka . Malah ada yang ngekorin saya di 160, saya gaspol gak iso ngejer dia.
Trus kurangnya apa?
Pertama, mobil ini interface speedonya kayak HU, ngebingungin. Menunya apa, mesti ngapain. Reset tripmeter aja mesti pas berhenti. Iya tau buat safety juga, tapi malah repot ah. Di mobil ini juga gak ada range (apa belum nemu? entah) sisa bensin. Pokoknya susah dipelajarin, mesti bawa lama baru ngerti. Fitur sensingnya juga masih agak kaku dan gak ada lane following.
Kedua, berhubung mobil ini baru, jadi saya suka sebut “Chery“ di dalem mobil ke penumpang. Sialnya itu voice command langsung nyala, sensitif banget dia. Solusinya namanya diganti jadi apa gitu, biar gak kepanggil mulu. Bisa diganti nama panggilannya, lucu kan.
Ketiga, DCTnya gugup di stop n go. Kadang di stop n go kerasa DCTnya pindah-pindah gigi terus jadi gak smooth. Malesnya kadang mau nyalip/motong jadi kehambat karena DCTnya masih bingung mesti pake gigi berapa. Yah namanya juga bukan DSG atau Porsche doppelkuplung hehe. Untungnya masih wet clutch.
Keempat, mobil ini gak bisa dibilang irit. Di dalam kota, mobil ini hanya bisa mencatat 10km/l. Di rute tol malah cuma 13-14 km/l. Yah oke lah bisa dibilang irit untuk performa gila begitu, tapi konsumen CR-V dan CX-5 rasanya akan bilang itu boros. Gapapa lah, bisa pertalite ini.
Tapi seenggaknya, meskipun boros, performanya kenceng. Gak kayak sebelah yang udah lemot boros lagi hehehe.
Driving : 9.5/10. Is this really a chinese car?
Verdict
Ini mobil yang mengubah persepsi saya sepenuhnya tentang mobcin. Well MG is in a different level, karena dia aslinya emang mobil eropa. Tapi Chery? Full chinese. Dan bahkan gak ada satupun temen saya yang awam mobil ngira ini mobil china. Mereka kira ini Audi atau VW baru. Malah ada temen yang bilang ini Citroen karena logonya.
Apakah worth beli mobil ini 550 jutaan?
Sangat. Bahkan saya bingung apa faktor gak worth nya, karena garansi panjang, mobil enak, servis gratis. Meskipun ya masih perlu pembuktian soal aftersalesnya. Sejauh ini servis 5000 aman, semua free, tapi lucunya interval servis 15000 km. kalau mau servis di 10000 atau 7500 ya bayar lagi tapi gak mahal.
This is really the best chinese car in Indonesia.
Thank you!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Mantap reviewnya om. Sempet kepingin banget ini krn spek mesin dan fiturnya, tapi belom berani hahahaha. Mudah2an enjoy terus pakenya. Menarik ya skrg alternatif pilihan mobil selain Jepang dan Eropa.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 156
- Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Temen beli ini, gasampe sebulan power window kirinya rusak, dia bakal claim pas jadwal service kyknya. Cuman ini minor si, tp gmn gtu, ad yg ganjel hahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Nice Review Om and i like you true and honest opinion.sherryandkez wrote:PrologSebenernya saya udah negative thinking sama merek ini. Karena dulu QQ sama Tiggo lama kualitasnya bener-bener sampah. Masih inget Tiggo lama itu harganya 140jt tapi body segede CR-V. Tapi kualitasnya kayak mobil di bawah 100jt (jaman itu 100jt dapet city car). Ditambah lagi Wuling yang gak pernah impress saya sepenuhnya, paling Air EV aja yang menurut saya cukup.
Akhir-akhir ini beberapa kali ke negara yang jual Chery, emang modelnya udah far better dari QQ sama Tiggo lama. Konon juga mobilnya lumayan oke. Nah pas balik ke Indo dipegang prinsipal langsung, kaget juga mereka berani langsung main di range 500jt dengan Tiggo 8 Pro ini. Dari spec sih menggiurkan banget, lebih murah 100jt dari CR-V tapi dapet mobil yang kelasnya 200-300jt di atasnya. Dan hebatnya ini mobil laris manis, bahkan sekarang inden Omoda 5 udah ngular juga.
Ya daripada denger katanya katanya, mending langsung pake aja kan?
Car : 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium (Glacier Silver)
Mileage : 6.200 km on going
Price : 558jt
Exterior Ini mobil sebenernya gak gede-gede amat. Sama Santa Fe lebih kecil ini sedikit, apalagi dibanding CX-9 atau Palisade. Tapi secara spec mesin sama fitur sih lebih ngena ke CX-9 sama Palisade kayaknya. Dari depan, mobil ini keliatan cukup gagah dan kekar. Grilnya model kayak Audi dan lampunya juga. Tapi gak plek kok, ini emang bahasa desainnya Tiggo series. Lampunya sudah full LED dan kalo kita deketin mobil dia lampunya kedap kedip heartbeat gitu kayak seinnya CX-30. Di samping, modelnya keliatan panjang dan tinggi banget kayak SUV eropaan. Desain sampingnya cenderung main aman dibanding depan sama belakangnya, halus tapi elegannya tetep dapet. Sayangnya velg Tiggo 8 Pro ini cuma 18 inci, keliatan kecil dibanding bodynya yang guede. Bannya juga bukan ban premium, mereknya GitiComfort yang satu grup sama GT Radial. Yang ganggu lagi di sampingnya, ada emblem TGDI dengan krom-kroman di fender. Kalo gak ada itu malah lebih elegan lagi, clean nya dapet. Belakangnya menurut saya so-so. Mau sporty agak kurang karena bentuknya cenderung ngotak, mau elegant tapi knalpotnya 4. Overall bentuknya sih fine, lagi-lagi mirip Audi bentuknya dan lampunya. Tapi lampu clear itu not my cup of tea, kurang cocok di SUV luxury keluarga gini. Emblemnya juga terlalu ramai. Kalo pake emblem logo Chery di belakang mungkin lebih elegan. Oya di mobil ini ada beberapa detail eksterior yang unik. Pertama, knalpot mobil ini yang ada 4 itu knalpot beneran, bukan cuma plastik dummy doang. Mau saya bilang jelek tapi malah lebih bagus dari eropaan yang pajangan doang hahhaa. Semua kaca itu buatan Fuyao Glass dan beberapa sudah double glass. Hebat Chery bisa kasih double glass di harga segini, Camry saya yang barunya dulu 700jt aja gak double glass. Panel body mobil super solid (bukan tebel doang kayak Wuling) dan panel gapnya bagus banget untuk ukuran mobil CKD. Ruang mesin semua ketutup rapi tapi gak ngerepotin, karena sistemnya bukan klip semua tapi ada yang model engsel. Overall, desainnya harus saya kasih jempol. Detail-detail minor yang mengganggu bisa lah dimodif sendiri hahaha. Selama saya pake mobil ini, beberapa kolega ada yang nyangka saya naik Audi keluaran terbaru dan beberapa ada yang nyangka harganya 800jt-1M.
Dan gak ada satupun yang nyangka ini mobcin atau harganya cuma 500an.
Exterior : 9/10
Interior Begitu masuk, yang langsung kerasa adalah pintunya berat. Bukanya juga gak plintat plintut, solid banget rasanya. Oh ya, kalau buka pintu di tempat rame dia ada entry assist nya, misal ada mobil di belakang tapi kita buka pintu dia nyala lampu blind spot nya+kedap kedip. Lucu ya biasanya cuma exit assist.
Doortrim mobil ini agak gado-gado. Handlenya mirip BMW baru, panel kayunya mirip Merc, dan tarikan pintunya mirip Renault. Tapi gak bisa dibilang jelek karena gak terkesan nabrak desainnya dan tetep keliatan mewah banget. Semua bahan soft touch dan kulit sintetis kecuali lower door trim yang deket speaker. Oh ya gak ada tempat koin di doortrim, minus point for that.
Dashboardnya luar biasa mewahnya dan didukung material dan fit and finish yang superb. Modelnya seperti biasa mobcin, ada floating head unit dan speedo digital. Di pilar kanan kiri ada tweeter dari Sony. Bahan dashboard dari atas sampe bawah kecuali panel glove box semuanya soft touch dan kulit sintetis. Panel gap bener-bener rapih, belum bisa dibilang setara eropaan tapi sudah di atas jepangan/koreaan.
Head unit lumayan responsif dan suaranya bagus, setara JBL Honda lah. Ada 8 speaker Sony kalo gak salah. Cuma interfacenya masih mobcin banget dan kaku. Untungnya gak ada typo kayak Wuling di menunya. Apple CarPlay sama Android Auto ada. Enaknya head unit ini, tombol-tombol utama masih ada pencetan fisiknya di bawah layar. Jadi gak ada cerita ngutak atik mesti pake layar semua.
AC mobil ini juga pake layar di bawahnya. Sama kayak audio, layarnya responsif tapi tetep ada tombol fisik buat memudahkan usability. Tombol fisiknya juga ergonomis, warnanya krom satin jadi keliatan kalo gelap juga. Konon ada filter N95 atau apalah tapi gak saya perhatiin juga, yang penting dingin. Jok mobil ini bisa dibilang enak banget. Bahannya sih masih sintetis ya, kirain kulit beneran. Tapi halus banget kayak Nappa gitu, termasuk di setirnya juga. Pengaturannya udah elektrik dan ada memory buat driver. Enaknya dia ada easy entry exit jadi kalo buka pintu joknya mundur, dinyalain nanti joknya maju lagi. Supportnya enak banget dan posisi duduknya ergonomis. Yang mengejutkan juga, headrest mobil ini bisa ditekuk kanan kiri kayak di pesawat gitu. So far ini enak banget dan selalu saya tekuk. Yang kurang? Gak ada cooler seat, kalah sama Omoda 5 nya. Pindah ke belakang, bukaan pintunya masih berat dan bahan doortrimnya masih sama. Buat legroom, di belakang so so sih gak bisa dibilang lega banget, biasa aja gak bisa dibilang sempit juga. Normalnya mobil 4.7 meter lah. Headroom masih tergolong lega walaupun ada panoramic yang lumayan gede. Pano kalo dibuka jadinya lebih lega rasanya. Di belakang gak ada apa-apa, cuma ada armrest dan headrest yang enak banget itu. Yes, sampe baris kedua headrestnya bisa ditekuk gitu. Jadi beneran kayak naik pesawat deh kalo di belakang.
Baris ketiga saya gak coba karena pasti gak akan muat, jadi dilipet aja buat barang. Tapi sekilas lebih lega dari CR-V atau T32. Bagasinya lega bener dan dilapis beludru semua. Bukanya udah elektrik juga. Dia modelnya kayak Santa Fe, touchless back door jadi tinggal berdiri aja, tunggu sein kedip 3 kali, trus kebuka. Nah sialnya dia gak ada bunyi, jadi kalo orang gak ngeh ya kebuka. Nutupnya tetep mesti pencet.
Overall, interiornya sangat mewah untuk harga 550 jutaan yang kalo jepangan cuma dapet HR-V. Dan gak cuma desainnya, tapi fit and finish serta bahannya juga gak kaleng-kaleng. Minusnya ya itu, beberapa interface dan displaynya masih mobcin banget. Yang pernah pake Wuling atau DFSK pasti tau apa yang saya maksud.
Interior : 9/10
Driving Nah ini dia, yang pasti pada penasaran. Dari sepengalaman saya ya mobcin belum ada yang drivingnya enak, MG HS doang paling. Itu pun karena MG aslinya mobil Inggris dan dulunya bikin sportscar makanya enak. Wuling? Ya udah lah ya..
Ambil kunci, buka pintu. Buka pintunya cukup deketin mobil aja bisa. Kuncinya gede dan berat kayak remote apa gitu, kesannya premium sih. Nyalain mobil, nothing special, paling mesinnya aja yang halus banget gak kedengeran sampe dalem. Kalo baru nyalain mobil emang kesannya rame banget karena ada 3 layar nyala bersamaan (AC, HU, speedo).
Masuk jalan raya, mobil ini rasanya effortless banget glidingnya. Gak perlu digas udah ngerayap pelan sendiri. Untuk dalam kota, rasanya gak terlalu gede sih ini mobil. Kebantu juga camera 360nya yang bisa tampilin 3D sisi luar mobil. Cuman spion tengahnya agak aneh, wide banget menurut saya.
Redaman suspensi juga lumayan oke. Berasanya lebih ke arah eropa redamannya, firm tanpa ngayun2 tapi gak ngocok penumpang juga. Jalan rusak atau sambungan jalan sih gak kerasa naik ini. Dan yang paling penting, buat sebuah SUV keluarga ini nyaman banget, apalagi kalo ngeliat harganya segitu.
NVH? Wah jangan ditanya, ini mobil kedap banget. Rasa-rasanya selain peredamnya banyak, faktor panel gap dan solidnya panel body juga ngaruh. Karena gak ada kriyet2 juga dari panel yang kurang kenceng atau bunyi angin nabrak panel yang kurang solid. Getaran dan suara mesin juga sangat minim di rpm tinggi sekalipun. Waktu saya bawa ngebut juga penumpang masih aman tanpa protes2. Cuma bannya aja yang berisik banget, kabin udah kedap aja suara masih masuk dikit.
Oke, masuk ke sisi performa, yang orang amazed karena powernya gede banget – 250hp.
Satu kata buat performanya, GILA! By feeling, mobil ini powernya gede banget dan merata di semua putaran. Nanjak-nanjak mah enteng banget, gak ada cerita melorot di tanjakan. Tenaga segede gitu gak bohong, 0-100 saya catat 7.2s dengan bensin Pertalite dan 6.9s dengan Pertamax (vpower/pturbo sama aja, mappingnya emang buat oktan 92) . Mobil harga segini gak ada lagi yang lebih kenceng kayaknya. DCTnya juga sangat sigap ganti giginya di rpm tinggi/highspeed, lebih cepet dari Golf TSI rasanya. Top speed yang pernah dicapai 220kpj, itu masih nyisa banyak gasnya cuma udah gak berani karena bannya jelek.
Oya itu di atas 200 mesin masih anteng ya gak teriak2, jadi penumpang masih bisa tidur lelap. Kenapa saya bilang 7.2s 0-100 pake pertalite? Ya betul, mobil ini masih bisa nenggak pertalite dan ada klausulnya gak akan gugur garansi.
Kapan lagi naik mobil 0-100nya 7 detik tapi bensin 10rb per liter .
Soal handling, mobil ini gak bisa dibilang fun karena rasanya bland. Tapi sangat anteng dan mantap di kecepatan tinggi >200 km/h sekalipun. Masih sangat safe menurut saya, no limbung berlebihan/geal geol buntutnya pas pindah jalur. Faktor fun mobil ini cuma satu, kalo kita gaspol di gerbang tol, bannya spin panjang dan berasa bawa sportscar hahaha. Kalo bernyali gede juga bisa ngasapin ladder ngebal ngebul di transjawa, di atas 200 udah nyerah mereka . Malah ada yang ngekorin saya di 160, saya gaspol gak iso ngejer dia.
Trus kurangnya apa?
Pertama, mobil ini interface speedonya kayak HU, ngebingungin. Menunya apa, mesti ngapain. Reset tripmeter aja mesti pas berhenti. Iya tau buat safety juga, tapi malah repot ah. Di mobil ini juga gak ada range (apa belum nemu? entah) sisa bensin. Pokoknya susah dipelajarin, mesti bawa lama baru ngerti. Fitur sensingnya juga masih agak kaku dan gak ada lane following.
Kedua, berhubung mobil ini baru, jadi saya suka sebut “Chery“ di dalem mobil ke penumpang. Sialnya itu voice command langsung nyala, sensitif banget dia. Solusinya namanya diganti jadi apa gitu, biar gak kepanggil mulu. Bisa diganti nama panggilannya, lucu kan.
Ketiga, DCTnya gugup di stop n go. Kadang di stop n go kerasa DCTnya pindah-pindah gigi terus jadi gak smooth. Malesnya kadang mau nyalip/motong jadi kehambat karena DCTnya masih bingung mesti pake gigi berapa. Yah namanya juga bukan DSG atau Porsche doppelkuplung hehe. Untungnya masih wet clutch.
Keempat, mobil ini gak bisa dibilang irit. Di dalam kota, mobil ini hanya bisa mencatat 10km/l. Di rute tol malah cuma 13-14 km/l. Yah oke lah bisa dibilang irit untuk performa gila begitu, tapi konsumen CR-V dan CX-5 rasanya akan bilang itu boros. Gapapa lah, bisa pertalite ini.
Tapi seenggaknya, meskipun boros, performanya kenceng. Gak kayak sebelah yang udah lemot boros lagi hehehe.
Driving : 9.5/10. Is this really a chinese car?
Verdict
Ini mobil yang mengubah persepsi saya sepenuhnya tentang mobcin. Well MG is in a different level, karena dia aslinya emang mobil eropa. Tapi Chery? Full chinese. Dan bahkan gak ada satupun temen saya yang awam mobil ngira ini mobil china. Mereka kira ini Audi atau VW baru. Malah ada temen yang bilang ini Citroen karena logonya.
Apakah worth beli mobil ini 550 jutaan?
Sangat. Bahkan saya bingung apa faktor gak worth nya, karena garansi panjang, mobil enak, servis gratis. Meskipun ya masih perlu pembuktian soal aftersalesnya. Sejauh ini servis 5000 aman, semua free, tapi lucunya interval servis 15000 km. kalau mau servis di 10000 atau 7500 ya bayar lagi tapi gak mahal.
This is really the best chinese car in Indonesia.
Thank you!
HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1126
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
keren om ripiw nya. iya ini mobil di liat sih secara road presence mgkn masih sekelas sama santa fe ya. kalo ke palisade ato cx9 blm ya menurut saya.
buset.... masih bisa isi pertalit dan garansi gak gugur sih mesin nya bener2 canggih banget ya. salut bener2 sama engineering chinese. eh gk tau juga sih chinese murni apa rebadge juga.
eh ada bahas omoda juga itu diatas... omoda double glass lho. ini tiggo8 double glass juga gk sih dia?
btw om, penasaran banget sblmnya punya camry? xv50 or xv70? coba dong om di ripiw. kadang penasaran banget nih mobil, apa sih spesialnya sampe bnr2 jadi mobil mentri dan petinggi2.
buset.... masih bisa isi pertalit dan garansi gak gugur sih mesin nya bener2 canggih banget ya. salut bener2 sama engineering chinese. eh gk tau juga sih chinese murni apa rebadge juga.
eh ada bahas omoda juga itu diatas... omoda double glass lho. ini tiggo8 double glass juga gk sih dia?
btw om, penasaran banget sblmnya punya camry? xv50 or xv70? coba dong om di ripiw. kadang penasaran banget nih mobil, apa sih spesialnya sampe bnr2 jadi mobil mentri dan petinggi2.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2036
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Spesialnya karena jaringan bengkel dan masuk pagu anggaran dong om wkwkwk
Plus kalau corporate gak coba2, they stick, yang populer camry, semua ikut camry. Satu alphard semua alphard hehehe
tuh liat aja sekarang mobil listrik, Ioniq semua hahaha
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Gile yeh mobil 7,2s harga gopektiau bisa minum pertalite. Nyari dimana lg jaman sekarang
Btw ane baru bikin thread ttg mobcin jg kok sama ya om kita komplain ttg interface HU/MID yg "tiongkok" banget hahaha..
Masalah bhs. Inggris ane gatau kenapa kalo tiongkok tuh sering translate ke inggris asal2an. Mobil ga terlalu ketara sih, tp pernah ga sengaja liat nyokap nonton Cdrama itu masa di perusahaan dlm drama tsb ada spanduk digelar gede2 isi kata2 motivasi tapi typo. Everything else jadi everything eles. Uda gitu translatenya babak belur lg
Btw ane baru bikin thread ttg mobcin jg kok sama ya om kita komplain ttg interface HU/MID yg "tiongkok" banget hahaha..
Masalah bhs. Inggris ane gatau kenapa kalo tiongkok tuh sering translate ke inggris asal2an. Mobil ga terlalu ketara sih, tp pernah ga sengaja liat nyokap nonton Cdrama itu masa di perusahaan dlm drama tsb ada spanduk digelar gede2 isi kata2 motivasi tapi typo. Everything else jadi everything eles. Uda gitu translatenya babak belur lg
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Sun Feb 26, 2023 5:06
- Location: PlusEnamDua
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Taunya kulit sintetis dr mana om? Apa panas ato gak ada aroma khas kulitnya kah?sherryandkez wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 4:05
Jok mobil ini bisa dibilang enak banget. Bahannya sih masih sintetis ya, kirain kulit beneran. Tapi halus banget kayak Nappa gitu, termasuk di setirnya juga.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
sikat aja om gak akan nyesel hahaha.
klaim garansi 6 taun, mesin malah sampe 10 taun
thank you om.
harusnya emang sekelas santa fe om. cuma power sama luxury nya naik kelas. mesin dia buatan austria kalo gak salah, chery kerjasama sama engineering firm sana lupa namanya apa. tiggo 8 double glass juga beberapa panel kaca. sampe sekarang masih pake camry om, xv50. nanti abis ini deh reviewnya, mau review mainan saya dulu starlet ep81 hahaha.iamwewe wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 5:19 keren om ripiw nya. iya ini mobil di liat sih secara road presence mgkn masih sekelas sama santa fe ya. kalo ke palisade ato cx9 blm ya menurut saya.
buset.... masih bisa isi pertalit dan garansi gak gugur sih mesin nya bener2 canggih banget ya. salut bener2 sama engineering chinese. eh gk tau juga sih chinese murni apa rebadge juga.
eh ada bahas omoda juga itu diatas... omoda double glass lho. ini tiggo8 double glass juga gk sih dia?
btw om, penasaran banget sblmnya punya camry? xv50 or xv70? coba dong om di ripiw. kadang penasaran banget nih mobil, apa sih spesialnya sampe bnr2 jadi mobil mentri dan petinggi2.
enak sih om camry tuh sebenernya. cuma orang kan males duluan bawa mobil 5 meter sendiri
aneh juga ini mobil pertalite tetep ngacir ahaha.kendibocor wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 6:00 Gile yeh mobil 7,2s harga gopektiau bisa minum pertalite. Nyari dimana lg jaman sekarang
Btw ane baru bikin thread ttg mobcin jg kok sama ya om kita komplain ttg interface HU/MID yg "tiongkok" banget hahaha..
Masalah bhs. Inggris ane gatau kenapa kalo tiongkok tuh sering translate ke inggris asal2an. Mobil ga terlalu ketara sih, tp pernah ga sengaja liat nyokap nonton Cdrama itu masa di perusahaan dlm drama tsb ada spanduk digelar gede2 isi kata2 motivasi tapi typo. Everything else jadi everything eles. Uda gitu translatenya babak belur lg
iya mobil china manapun, sampe saya naik Hongqi pun mid sama interface nya ya begitu2 aja. fontnya aneh, translate bahasanya aneh, bingung.
om ke china deh coba, nyetir kemana2. banyak banget tempat2 atau traffic sign yang ada terjemahan inggrisnya tapi kacau semua
kalo kulit asli diteken berkerut, bau kulitnya juga gak ada ini di Tiggo
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Congrats om atas mobil barunya..
Kalo liat harganya dipikir2 ga akan rugi jg ya, let’s say dipake s/d 5th & depresiasinya sampe 50-60%, secara rupiah yg hilang ga akan sampe 300jt. Sementara dipakainya puas, kenceng & bs diisi pertalit
Kalo liat harganya dipikir2 ga akan rugi jg ya, let’s say dipake s/d 5th & depresiasinya sampe 50-60%, secara rupiah yg hilang ga akan sampe 300jt. Sementara dipakainya puas, kenceng & bs diisi pertalit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
enjin pure in house chery punya, termasuk transmisi jg.
klo ga salah partner sama AVL austria
makanya chery mobilnya kaga murah bgt kan
https://www.actecopowertrain.com/chery- ... e-product/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 877
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
A very nice review oom
Emang sih sekilas kalau liat dari review2 memang beneran menggiurkan dan juga salah satu the best chinese car.
Ada satu detail yg ane cukup demen dari mobil ini, yaitu controller AC nya. Kan dia controllernya full digital, dikasihlah tombol fisik untuk membantu pengoperasian. Yang ane demen, tombol fisiknya ternyata gak cuma buat ngatur tempratur, tapi juga dikasih buat ngatur fan speed. Sepengalaman ane selama perjalanan selain ngatur termpratur ane juga sering ngatur fan speed. Entah kenapa mobil2 lain kalau ngasih tombol fisik bantuan begini sering banget cuma buat pengaturan tempratur doang, fan speednya tetep cuma dari tombol touch screen...
Powernya yg buas juga asik sih kalo pake di transjavabahn. Lawan diesel cumi2 ngebul bisalah pake ini. Mungkin juga orang2 bakal mikirnya chery mobcin ini gitu ya, baru pada tau kalo dah diasepin balik wkwkwk
Salah satu hal yg cukup ngerusak kekerenan mobil ini emblemnya sih. Baik dari segi desain maupun penempatan, IMHO msh berasa 'china banget' in a bad way yaa...
Emang sih sekilas kalau liat dari review2 memang beneran menggiurkan dan juga salah satu the best chinese car.
Ada satu detail yg ane cukup demen dari mobil ini, yaitu controller AC nya. Kan dia controllernya full digital, dikasihlah tombol fisik untuk membantu pengoperasian. Yang ane demen, tombol fisiknya ternyata gak cuma buat ngatur tempratur, tapi juga dikasih buat ngatur fan speed. Sepengalaman ane selama perjalanan selain ngatur termpratur ane juga sering ngatur fan speed. Entah kenapa mobil2 lain kalau ngasih tombol fisik bantuan begini sering banget cuma buat pengaturan tempratur doang, fan speednya tetep cuma dari tombol touch screen...
Powernya yg buas juga asik sih kalo pake di transjavabahn. Lawan diesel cumi2 ngebul bisalah pake ini. Mungkin juga orang2 bakal mikirnya chery mobcin ini gitu ya, baru pada tau kalo dah diasepin balik wkwkwk
Salah satu hal yg cukup ngerusak kekerenan mobil ini emblemnya sih. Baik dari segi desain maupun penempatan, IMHO msh berasa 'china banget' in a bad way yaa...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Menarik yak… bini pasti veto sih, tapi mungkin bole lah kalo test drive aja
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1685
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Emblem Chery ini mirip sama Infiniti, versi kendaraan mewah (luxury) nya Nissan.rakyatwkwkland wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 14:44 A very nice review oom
Emang sih sekilas kalau liat dari review2 memang beneran menggiurkan dan juga salah satu the best chinese car.
Ada satu detail yg ane cukup demen dari mobil ini, yaitu controller AC nya. Kan dia controllernya full digital, dikasihlah tombol fisik untuk membantu pengoperasian. Yang ane demen, tombol fisiknya ternyata gak cuma buat ngatur tempratur, tapi juga dikasih buat ngatur fan speed. Sepengalaman ane selama perjalanan selain ngatur termpratur ane juga sering ngatur fan speed. Entah kenapa mobil2 lain kalau ngasih tombol fisik bantuan begini sering banget cuma buat pengaturan tempratur doang, fan speednya tetep cuma dari tombol touch screen...
Powernya yg buas juga asik sih kalo pake di transjavabahn. Lawan diesel cumi2 ngebul bisalah pake ini. Mungkin juga orang2 bakal mikirnya chery mobcin ini gitu ya, baru pada tau kalo dah diasepin balik wkwkwk
Salah satu hal yg cukup ngerusak kekerenan mobil ini emblemnya sih. Baik dari segi desain maupun penempatan, IMHO msh berasa 'china banget' in a bad way yaa...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1126
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
gile2... makin geleng2.. enjin sama tranny in house cherry. ada apa dgn cherry ya, dalam waktu berapa taun aja udh lompatan nya gini jauh. bener kata om TS, masih inget jelas di kepala, jaman waktu skolah, cherry qq dan lupa cherry yg model CRVgen2 itu, apa namanya. skrg udh bisa bikin enjin dan tranny sndiri dengan kemampuan segila ini dgn spek pertalitdarrelund wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 13:40enjin pure in house chery punya, termasuk transmisi jg.
klo ga salah partner sama AVL austria
makanya chery mobilnya kaga murah bgt kan
https://www.actecopowertrain.com/chery- ... e-product/
kalo masuk anggaran ini ambigu nih buat saya. mksdnya msk anggaran knp? krn mahal or krn murah? karena kalo ngmg di sisi mahal, kita selalu tau accord harganya diatas camry trs. tapi yg dipilih camry. kalo ngmg di sisi murah, kita juga tau jaman SBY kan masih ada camry tipe G. tp yg dpilih tipe V. jaringan bengkel sih mgkn kalo dibanding honda mirip2 kali ya..
makanya penasaran banget nanti tunggu om TS ripiw camry nya.
oot kalo mobil listrik sih emang kayanya skrg yg paling sensible ya si ioniqi tu. alasan paling sederhana:
1. mobil listrik yg bener2 layak dibilang mobil
2. pabrik juga udh disini
3. soal harga, dia juga murah banget dibanding competitor mobil listrik lainnya.
beh xv50 hybrid ya pakenya. ok2 om nanti udh sempet boleh ripiw om, sangat menantikan nih wwkwkwsherryandkez wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 7:56
thank you om.
harusnya emang sekelas santa fe om. cuma power sama luxury nya naik kelas. mesin dia buatan austria kalo gak salah, chery kerjasama sama engineering firm sana lupa namanya apa. tiggo 8 double glass juga beberapa panel kaca. sampe sekarang masih pake camry om, xv50. nanti abis ini deh reviewnya, mau review mainan saya dulu starlet ep81 hahaha.iamwewe wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 5:19 keren om ripiw nya. iya ini mobil di liat sih secara road presence mgkn masih sekelas sama santa fe ya. kalo ke palisade ato cx9 blm ya menurut saya.
buset.... masih bisa isi pertalit dan garansi gak gugur sih mesin nya bener2 canggih banget ya. salut bener2 sama engineering chinese. eh gk tau juga sih chinese murni apa rebadge juga.
eh ada bahas omoda juga itu diatas... omoda double glass lho. ini tiggo8 double glass juga gk sih dia?
btw om, penasaran banget sblmnya punya camry? xv50 or xv70? coba dong om di ripiw. kadang penasaran banget nih mobil, apa sih spesialnya sampe bnr2 jadi mobil mentri dan petinggi2.
1195943.jpg
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 659
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
..not in my life time.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 877
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Btw ini ane bahas bukan emblem logo chery nya oom, tapi emblem lain2nya kaya emblem tiggo nya, terus emblem angka torsi mesinnya, dll. IMHO font yg dipake masih berasa 'china' banget dalam artian buruk ya, kurang enak dipandang mata aja gitu. Terus penempatan emblemnya juga bikin pantatnya keliatan terlalu rame.AbdulHakim wrote: ↑Thu Mar 02, 2023 0:17Emblem Chery ini mirip sama Infiniti, versi kendaraan mewah (luxury) nya Nissan.rakyatwkwkland wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 14:44 A very nice review oom
Emang sih sekilas kalau liat dari review2 memang beneran menggiurkan dan juga salah satu the best chinese car.
Ada satu detail yg ane cukup demen dari mobil ini, yaitu controller AC nya. Kan dia controllernya full digital, dikasihlah tombol fisik untuk membantu pengoperasian. Yang ane demen, tombol fisiknya ternyata gak cuma buat ngatur tempratur, tapi juga dikasih buat ngatur fan speed. Sepengalaman ane selama perjalanan selain ngatur termpratur ane juga sering ngatur fan speed. Entah kenapa mobil2 lain kalau ngasih tombol fisik bantuan begini sering banget cuma buat pengaturan tempratur doang, fan speednya tetep cuma dari tombol touch screen...
Powernya yg buas juga asik sih kalo pake di transjavabahn. Lawan diesel cumi2 ngebul bisalah pake ini. Mungkin juga orang2 bakal mikirnya chery mobcin ini gitu ya, baru pada tau kalo dah diasepin balik wkwkwk
Salah satu hal yg cukup ngerusak kekerenan mobil ini emblemnya sih. Baik dari segi desain maupun penempatan, IMHO msh berasa 'china banget' in a bad way yaa...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11836
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
tipikal preferensi designed by tiongkok,rakyatwkwkland wrote: ↑Thu Mar 02, 2023 10:06Btw ini ane bahas bukan emblem logo chery nya oom, tapi emblem lain2nya kaya emblem tiggo nya, terus emblem angka torsi mesinnya, dll. IMHO font yg dipake masih berasa 'china' banget dalam artian buruk ya, kurang enak dipandang mata aja gitu. Terus penempatan emblemnya juga bikin pantatnya keliatan terlalu rame.AbdulHakim wrote: ↑Thu Mar 02, 2023 0:17Emblem Chery ini mirip sama Infiniti, versi kendaraan mewah (luxury) nya Nissan.rakyatwkwkland wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 14:44 A very nice review oom
Emang sih sekilas kalau liat dari review2 memang beneran menggiurkan dan juga salah satu the best chinese car.
Ada satu detail yg ane cukup demen dari mobil ini, yaitu controller AC nya. Kan dia controllernya full digital, dikasihlah tombol fisik untuk membantu pengoperasian. Yang ane demen, tombol fisiknya ternyata gak cuma buat ngatur tempratur, tapi juga dikasih buat ngatur fan speed. Sepengalaman ane selama perjalanan selain ngatur termpratur ane juga sering ngatur fan speed. Entah kenapa mobil2 lain kalau ngasih tombol fisik bantuan begini sering banget cuma buat pengaturan tempratur doang, fan speednya tetep cuma dari tombol touch screen...
Powernya yg buas juga asik sih kalo pake di transjavabahn. Lawan diesel cumi2 ngebul bisalah pake ini. Mungkin juga orang2 bakal mikirnya chery mobcin ini gitu ya, baru pada tau kalo dah diasepin balik wkwkwk
Salah satu hal yg cukup ngerusak kekerenan mobil ini emblemnya sih. Baik dari segi desain maupun penempatan, IMHO msh berasa 'china banget' in a bad way yaa...
lihat aja tuh web shopee
checkout pagenya rada berantakan dan agak gmn gtu
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 877
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
sopi bukannya asalnya dari sg mbah? Kantor pusatnya di sg, pertama berdiri di sg, pendirinya juga kayanya WN sg bukan? Emang asalnya WN china tapi katanya pindah kewarganegaraan ke sg...Suryaputra wrote: ↑Thu Mar 02, 2023 10:10tipikal preferensi designed by tiongkok,rakyatwkwkland wrote: ↑Thu Mar 02, 2023 10:06Btw ini ane bahas bukan emblem logo chery nya oom, tapi emblem lain2nya kaya emblem tiggo nya, terus emblem angka torsi mesinnya, dll. IMHO font yg dipake masih berasa 'china' banget dalam artian buruk ya, kurang enak dipandang mata aja gitu. Terus penempatan emblemnya juga bikin pantatnya keliatan terlalu rame.AbdulHakim wrote: ↑Thu Mar 02, 2023 0:17
Emblem Chery ini mirip sama Infiniti, versi kendaraan mewah (luxury) nya Nissan.
lihat aja tuh web shopee
checkout pagenya rada berantakan dan agak gmn gtu
Anyway, ane sendiri gapernah lagi make toko oren sih. Semenjak nyokap berapa kali transaksinya nyangkut di sopi dan CS nya tiap ditanyain cuma bisa maap maap maap doang jadi males dah make si oren. Lebaran masih jauh boss... dah minta2 maap aja wkwkwk
IMHO cs nya tokoijo masih lebih helpful kalo ada komplen2 segala macem
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Mon Sep 16, 2013 6:54
- Location: Jakarta
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Nice review Om...
Mobil yg gak tega kalo saya isi pertalite .. malah lagi coba2 pake Nitro+
satu lagi kekurangannya menurut saya, tangkinya terlalu kecil... jadi sering ke pom bensin, hahaha
Mobil yg gak tega kalo saya isi pertalite .. malah lagi coba2 pake Nitro+
satu lagi kekurangannya menurut saya, tangkinya terlalu kecil... jadi sering ke pom bensin, hahaha
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11836
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Iyahh.rakyatwkwkland wrote: ↑Thu Mar 02, 2023 10:30sopi bukannya asalnya dari sg mbah? Kantor pusatnya di sg, pertama berdiri di sg, pendirinya juga kayanya WN sg bukan? Emang asalnya WN china tapi katanya pindah kewarganegaraan ke sg...Suryaputra wrote: ↑Thu Mar 02, 2023 10:10tipikal preferensi designed by tiongkok,rakyatwkwkland wrote: ↑Thu Mar 02, 2023 10:06
Btw ini ane bahas bukan emblem logo chery nya oom, tapi emblem lain2nya kaya emblem tiggo nya, terus emblem angka torsi mesinnya, dll. IMHO font yg dipake masih berasa 'china' banget dalam artian buruk ya, kurang enak dipandang mata aja gitu. Terus penempatan emblemnya juga bikin pantatnya keliatan terlalu rame.
lihat aja tuh web shopee
checkout pagenya rada berantakan dan agak gmn gtu
Anyway, ane sendiri gapernah lagi make toko oren sih. Semenjak nyokap berapa kali transaksinya nyangkut di sopi dan CS nya tiap ditanyain cuma bisa maap maap maap doang jadi males dah make si oren. Lebaran masih jauh boss... dah minta2 maap aja wkwkwk
IMHO cs nya tokoijo masih lebih helpful kalo ada komplen2 segala macem
Dan
Manajemen (UI UX) User interface dan experience Designernya konon dr tiongkok
Jd selera nya subjektif ngikut negara nya
Bandingin sm tokped, or bukapalak deh
Jauhh lbh rapih dan terstruktur
Walaupun dibilang sudah melakukan riset UI UX, tetap base layout dan design nya subjektif berdasarkan selera manajemen nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
hmmmm tipikal yah. china products. pokoknya ada dulu, soal intuitif buat pengguna belakangan.Suryaputra wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 14:20 Iyahh.
Dan
Manajemen (UI UX) User interface dan experience Designernya konon dr tiongkok
Jd selera nya subjektif ngikut negara nya
Bandingin sm tokped, or bukapalak deh
Jauhh lbh rapih dan terstruktur
Walaupun dibilang sudah melakukan riset UI UX, tetap base layout dan design nya subjektif berdasarkan selera manajemen nya
mobil china jg peletakan tombol2 nya ajaib. kadang ga nyangka tombol apa posisi di mana.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11836
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Yeah interface belakanganChZ wrote: ↑Sat Mar 04, 2023 5:23hmmmm tipikal yah. china products. pokoknya ada dulu, soal intuitif buat pengguna belakangan.Suryaputra wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 14:20 Iyahh.
Dan
Manajemen (UI UX) User interface dan experience Designernya konon dr tiongkok
Jd selera nya subjektif ngikut negara nya
Bandingin sm tokped, or bukapalak deh
Jauhh lbh rapih dan terstruktur
Walaupun dibilang sudah melakukan riset UI UX, tetap base layout dan design nya subjektif berdasarkan selera manajemen nya
mobil china jg peletakan tombol2 nya ajaib. kadang ga nyangka tombol apa posisi di mana.
Yg ptg cuan dulu
Sambil perbaikan pararel
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon Mar 28, 2022 2:33
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Vario
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
keren ripiwwnya om...
sempet bingung juga ama cherry padahal awal perkenalan tiggo 4 7 sama 8
ternyata yg dirilis malah 7 8 sekarang ketanbah omoda 5
padahal kalo 4 nya dirilis bisa nempelin creta hrv kali ya, macam alvez sekarang
sempet bingung juga ama cherry padahal awal perkenalan tiggo 4 7 sama 8
ternyata yg dirilis malah 7 8 sekarang ketanbah omoda 5
padahal kalo 4 nya dirilis bisa nempelin creta hrv kali ya, macam alvez sekarang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Tue Dec 29, 2015 10:19
Re: 2023 Chery Tiggo 8 Pro Premium, The Best Chinese Car
Tiggo 4 modelnya kurang menjual.
Omoda 5 sangat tepat untuk head to head dengan HRV, Creta dkk.
Design exterior dan interior cakep