Pingin coba share review pemakaian long term dari michelin energy XM2+
Untuk ukuran yang dipakai adalah ukuran bawaan suzuki ertiga, sekaligus juga ukuran sejuta umat LMPV kebanyakan, yaitu 185/65 R15.
Pemakaian sejak okt 2021 sampai nov 2024, dari odometer masih di 44 rb sampai sekarang udah di 102 rb km. Artinya sudah menempuh 58 rb km selama kira2 3 tahun.
Kondisi setelah dipakai selama 58 rb km, jarak ke TWI sudah tidak jauh lagi (belum nyentuh si, ya ganti dulu lah ya sblm nyentuh TWI). Tapi sekilas mata melihat, dibandingkan dengan dunlop enasave yang ane pake sebelumnya dari bawaan mobil sejauh 44 rb km, si micin XM2+ ini kembangannya masih keliatan rame, dibandingkan dgn dunlop enaena yg walau TWI nya masih rada jauhan tapi kembangannya lebih keliatan plontos. Kemudian si micin XM2+ ini ternyata beberapa ban udah mulai retak2 halus di tapak bagian pinggirnya. Untuk ban depan retak2nya cenderung lebih banyak dibandingkan ban belakang. Retak2an ini ane sinyalir juga turut mendapatkan kontribusi dari lokasi parkir mobil ini kalau siang hari yang kebanyakan di outdoor. Berikut penampakan fisik bannya saat sudah dilepas dari mobil.
172619_0.jpg
172620_0.jpg
172621_0.jpg
Seperti terlihat di gambar, sebenernya kembangannya sendiri belum kelihatan botak, cuma ya udah tipisan aja. Sebenernya kalau gak karena mempertimbangkan ride quality nya yang sudah WAW sekali dan udah mulai muncul retak2 dikit juga, rasanya pakai sekitar 10 rb km lagi masih bisa tuh. Intinya klaim treadwear di angka 420 oleh micin yang tertera di sidewall ban, menurut ane bukan cuma sekadar asal2an taruh angka karena cukup sesuai dengan kenyataannya.
Untuk ride quality sendiri, sebenernya waktu masih baru menurut ane yang ganti dari dunlop enaena, enakan ini kemana2. Micin ini karetnya berasa lebih empuk, kemudian relatif senyap juga. Untuk grip ane ga berani banyak komen karena ane kurang peka soal ini, tapi yang jelas di ane gak ada masalah sama sekali mengenai grip, dipake nikung kenceng seperti di ramp naikan tol yg melingkar2 kecepatan 60-80 kph (tergantung ketajaman tikungan) gapernah ada gejala slip sama sekali. Kemudian untuk kemampuan belah airnya, walaupun groove atau gotnya cuma 2 biji di mana ban2 lain dgn ukuran ini rata2 3 biji, sebenernya juga cukup baik menurut ane. Misalnya, kalau ane lewat tol JORR 2 (yang start dari airport soetta bisa ke arah kunciran itu) pas hujan2, di betonnya yang bumpy itu tentu banyak genangan air tipis2 kan? Lari 80 km/h masih cukup napak menurut ane dan tentunya ga ada gejala mobil geser sama sekali. Plus nya groove cuma 2 biji ini, malah groovenya berukuran besar yang menyebabkan kerikil gak mudah nyangkut.
Nah yang tentu jadi pertanyaan, setelah pemakaian long term ride qualitynya berubah gak? Ya tentu berubah. Perubahan mulai terasa di 40 rban menjelang 50 rb km pemakaian lah. Tapi rasanya dibandingkan dgn enasave ini berubahnya lebih belakangan. Berubahnya jadi bagaimana? Jadi terasa keras karetnya dan berisiknya jossss tenannnn... Ane kira peredaman kolong mobil ane mau cosplay peredamnya liomobi, ternyata biang keroknya adalah si karet bunder ini. Cuma untuk keras, mungkin gak hanya di sumbang dari ban ya, soalnya shock breaker ane terutama yg depan udah divonis lemah.
Yang menakjubkan, selama 58 rb km dan 3 tahun pemakaian, tidak ada satupun ban yang pernah bocor dan kena tambalan. Ini entah faktor hoki atau emang karetnya micin yg sakti, karena artinya gapernah ada satupun paku yang pernah nempel kepada keempat ban ini. Kemudian tentu ini juga menunjukkan durability ban ini yang terbilang cukup baik, karena selama pemakaian ane udah melewati berbagai medan. Mulai dari jalanan aspal mulus, jalanan paving blok, jalanan berlubang, jalanan beton dengan kecepatan speedo rata kanan di transjava bahn dan transsumatera bahn, hajar jalanan tambal sulam di pantura dan lintas sumatera dengan kecepatan tinggi, jalanan tanah kering, hingga jalanan makadam bebatuan juga udah pernah dilewati ban ini. Aman sentosa semuanya, syukur tidak pernah ada masalah sama keempat ban ini. Walaupun 3 dari 4 ban ini sidewallnya cuma 1 ply, tapi durability tetap josss (karena yang satu lagi entah kenapa sidewallnya 2 ply sendiri).
Dulu waktu ane beli ban ini di 2021, dapat harga yang sangat ciamik di sebuah toko di kota tangerang yang namanya ada kata p1tst0p nya, cuma 800 rb gede aja. Harga pasaran di zaman itu rata2 di 900an sampai 1 jt, mentok2 1,1 jt seinget ane. Persis sama dgn harga bridgestone turanza. Konon menurut orang2 grip kedua ban ini 11 12. Sehingga menurut ane micin XM2+ ini alternatif yang bagus dari turanza dengan kenyamanan yang slightly better. Cuma untuk sekarang, menurut ane harganya udah kurang worth it. Harganya naik banyak bokkk... XM2+ ane cari di tokoijo rata2 jual udah di kisaran 1,2 - 1,4 jt, meanwhile turanza aja masih di kisaran 1 - 1,2 jt. Udah gitu yang jual juga makin sedikit pulak, di tokoijo tempat ane beli ini ban keterangannya XM2+ size ini stoknya habis, mungkin kurang laku kali ya sehingga toko2 males jual XM2+ size ini?
Kesimpulannya sebenernya ban ini performanya boleh dibilang bagus walaupun capnya eco2an, cuma untuk sekarang harganya yang sangat tidak bagus, serta ane yakin nyarinya pasti makin susah. Alternatif di harga yang lebih murah ada banyakkk...
Untuk penggantinya, seperti yang ane udah tanya di atas, akhirnya antara BS turanza dan GY AMG, ane putuskan ambil BS turanza aja dengan up lebar tapak ke 195, mengingat diskon stok lama sangat joss sehingga harganya jadi kurleb dgn GY AMG size sama.
172622_0.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.