Serba Serbi Ban Part 5

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hendersz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Jun 01, 2024 17:02

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by hendersz »

RadithBlaze wrote: Sat Nov 02, 2024 7:55 Sofar opsi ban:
1. GoodYear (blm tau tipe yang mana, ada saran?)
2. Turanza T005A
3. LM705 (cuma katanya ban asimetric gk bisa rotasi silang, apakah benar?)
4. Ventus Prime 3/4 (mana yang lebih baik scara overall?)
5. Direzza DZ 102
6. Ada opsi lain (tapi jangan sekelas michelin ya om, terlalu mahal buat saya 😅)
T005, LM705, dan Ventus Prime semuanya asimetris. Ciri-cirinya di di dinding ban ada keterangan "Inside" dan "Outside". Itu justru bisa dirotasi silang. Kalo DZ102 itu directional. Ciri-cirinya ada arah panah di dinding ban. Ban depan hanya bisa dipindah ke belakang dan sebaliknya.
Btw, Ventus Prime pilih yang 4. Versi yang lebih baru.
RadithBlaze
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon May 12, 2014 4:21

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by RadithBlaze »

hendersz wrote: Sat Nov 02, 2024 16:46
RadithBlaze wrote: Sat Nov 02, 2024 7:55 Sofar opsi ban:
1. GoodYear (blm tau tipe yang mana, ada saran?)
2. Turanza T005A
3. LM705 (cuma katanya ban asimetric gk bisa rotasi silang, apakah benar?)
4. Ventus Prime 3/4 (mana yang lebih baik scara overall?)
5. Direzza DZ 102
6. Ada opsi lain (tapi jangan sekelas michelin ya om, terlalu mahal buat saya 😅)
T005, LM705, dan Ventus Prime semuanya asimetris. Ciri-cirinya di di dinding ban ada keterangan "Inside" dan "Outside". Itu justru bisa dirotasi silang. Kalo DZ102 itu directional. Ciri-cirinya ada arah panah di dinding ban. Ban depan hanya bisa dipindah ke belakang dan sebaliknya.
Btw, Ventus Prime pilih yang 4. Versi yang lebih baru.
Brarti slain DZ102 bisa rotasi silang ya om? Oke2 Noted om

Nanya lagi om, rotasi itu sebaiknya dilakukan berapa bulan skali, dan mending rotasi silang atau depan <-> blakang?

Trima kasih
2019 Honda PCX 150 K97 :big_smoking:
2020 Suzuki All New Ertiga GX AT :big_smoking:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 725
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Greenhunter »

RadithBlaze wrote: Sun Nov 03, 2024 7:44 Brarti slain DZ102 bisa rotasi silang ya om? Oke2 Noted om
Nanya lagi om, rotasi itu sebaiknya dilakukan berapa bulan skali, dan mending rotasi silang atau depan <-> blakang?
Trima kasih
Pola perpindahannya tergantung FWD atau RWD. Untuk periode rotasi rata rata panduannya 10.000 km.
Screenshot_20241103-180704_Chrome.jpg
Gampangnya :
Penggerak roda depan : ban depan mundur searah ke belakang, roda belakang maju silang
Penggerak roda belakang : ban belakang maju searah, roda depan mundur silang.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
hendersz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Jun 01, 2024 17:02

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by hendersz »

RadithBlaze wrote: Sun Nov 03, 2024 7:44Nanya lagi om, rotasi itu sebaiknya dilakukan berapa bulan skali, dan mending rotasi silang atau depan <-> blakang?

Trima kasih
Biasanya ada petunjuknya di buku manual mobil.
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by alim ulama »

numpang saran lagi om2 sekalian buat ukuran 195/60 R16

Ecopia EP300 khan lebih mahal 75 rb (300 rb utk 4 pcs) dibanding LM705 apakah justified dari sisi quality?
Atay justru kalah dari sisi durability (krn ban Eco) dibanding LM705 (atau type non-eco dari brand2 lain di rentang 900-1,1 jt)

lalu naek ke 205/60 R16 di velg OEM 16x6 ET45 apakah masih aman utk pemakaian jalan santai, tapi suka ke arah Ciawi kena jalan aspal bolong2 yg sama Kades anggarannya gak dicairin buat benerin jalan?

yg dicari ban cukup silent, cukup empuk, tapi cukup tahan juga kena lobang gak langsung benjol..

ini short list dari toko pa edi:
195-60 R16 - Ecopia EP300.jpg
Rp1,075 jt - ban Eco - ukuran sesuai - tahun 2024

196-60 R16 - Dunlop LM705.jpg
Rp1 jt - ban non-eco - ukuran sesuai - tahun 2024

196-60 R16 - BFG Adv Touring.jpg
Rp1,1 jt - ban non-eco - ukuran sesuai - tahun 2024

195-60 R16 - Turanza T005A.jpg
Rp1,15 jt - ban silent - ukuran sesuai - tahun 2022 (kalau ban baru 1,3 jt)

205-60 R16 - GY ComfortTred.jpg
Rp1,29 jt - ban silent - ukuran naik dikit - tahun 2024

boleh om2 sekalian dikasih masukannya, sy mah gpp kena influence, tetep tanggung jawab saya sendiri kok yg pencet pas check out :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11414
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

alim ulama wrote: Wed Nov 06, 2024 6:12 numpang saran lagi om2 sekalian buat ukuran 195/60 R16

Ecopia EP300 khan lebih mahal 75 rb (300 rb utk 4 pcs) dibanding LM705 apakah justified dari sisi quality?
Atay justru kalah dari sisi durability (krn ban Eco) dibanding LM705 (atau type non-eco dari brand2 lain di rentang 900-1,1 jt)

lalu naek ke 205/60 R16 di velg OEM 16x6 ET45 apakah masih aman utk pemakaian jalan santai, tapi suka ke arah Ciawi kena jalan aspal bolong2 yg sama Kades anggarannya gak dicairin buat benerin jalan?

yg dicari ban cukup silent, cukup empuk, tapi cukup tahan juga kena lobang gak langsung benjol..

ini short list dari toko pa edi:

195-60 R16 - Ecopia EP300.jpg
Rp1,075 jt - ban Eco - ukuran sesuai - tahun 2024


196-60 R16 - Dunlop LM705.jpg
Rp1 jt - ban non-eco - ukuran sesuai - tahun 2024


196-60 R16 - BFG Adv Touring.jpg
Rp1,1 jt - ban non-eco - ukuran sesuai - tahun 2024


195-60 R16 - Turanza T005A.jpg
Rp1,15 jt - ban silent - ukuran sesuai - tahun 2022 (kalau ban baru 1,3 jt)


205-60 R16 - GY ComfortTred.jpg
Rp1,29 jt - ban silent - ukuran naik dikit - tahun 2024

boleh om2 sekalian dikasih masukannya, sy mah gpp kena influence, tetep tanggung jawab saya sendiri kok yg pencet pas check out :big_peace:
Assurance comfort tred dong :big_peace:

Alternatif bisa cobain Hankook Ventus Prime 4
195 55 r16 (lbh responsif handling)
195 65 r16 (lbh tebel lbh nyaman)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by alim ulama »

Suryaputra wrote: Wed Nov 06, 2024 6:28
Assurance comfort tred dong :big_peace:

Alternatif bisa cobain Hankook Ventus Prime 4
195 55 r16 (lbh responsif handling)
195 65 r16 (lbh tebel lbh nyaman)
16 x 6 dikasih 205 masih ok lah ya? gak terlalu lebar bgt...

abis browsing ban korea, harganya menarik juga ternyata, sayang gak ada size yg sesuai nih cuman nemu 195/55 R16 atau 205/55 R16 aja di seller2 toko pa edi
Ventus Prime 4 ini bukan ban Eco berarti bejaban sama LM705 ya om?

Turanza ada comment gak? sy aliran pengennya ban ukuran OEM aja sih sebenernya, meski si ComfortTred nampak menarik juga kalo dibilang bejaban sama Michelin Primacy :ungg:
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11414
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

alim ulama wrote: Wed Nov 06, 2024 6:40
Suryaputra wrote: Wed Nov 06, 2024 6:28
Assurance comfort tred dong :big_peace:

Alternatif bisa cobain Hankook Ventus Prime 4
195 55 r16 (lbh responsif handling)
195 65 r16 (lbh tebel lbh nyaman)
16 x 6 dikasih 205 masih ok lah ya? gak terlalu lebar bgt...

abis browsing ban korea, harganya menarik juga ternyata, sayang gak ada size yg sesuai nih cuman nemu 195/55 R16 atau 205/55 R16 aja di seller2 toko pa edi
Ventus Prime 4 ini bukan ban Eco berarti bejaban sama LM705 ya om?

Turanza ada comment gak? sy aliran pengennya ban ukuran OEM aja sih sebenernya, meski si ComfortTred nampak menarik juga kalo dibilang bejaban sama Michelin Primacy :ungg:
Lm705 ukuran segitu sidewall lembek
Krn sidewall cm single ply

Haram kurang tekanan, kudu dilebihin naik 3-4 psi lah dr tekanan minimal di pinggir pintu.

Klo nggak, kejadian hamil spt di review page blkg :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2365
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by ilhami »

Kalau pompa portabel yang dicolok ke lighter, apa aman untuk pentil ban ?
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 588
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by saturday »

ilhami wrote: Wed Nov 06, 2024 8:21 Kalau pompa portabel yang dicolok ke lighter, apa aman untuk pentil ban ?
Kenapa tidak aman ya? Saya penasaran apa pertimbangannya.

Setahu saya asalkan inflatornya memang untuk ban mobil/motor sih aman saja.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2964
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by josomba »

saturday wrote: Fri Nov 08, 2024 1:32
ilhami wrote: Wed Nov 06, 2024 8:21 Kalau pompa portabel yang dicolok ke lighter, apa aman untuk pentil ban ?
Kenapa tidak aman ya? Saya penasaran apa pertimbangannya.

Setahu saya asalkan inflatornya memang untuk ban mobil/motor sih aman saja.
Pak saturday, kalau mau mengurangi ngonggg ngonggg ngonggg di jenik saat low gear/reverse apakah bisa ganti ban pak?


:ngacir: :ngacir:
Image
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 588
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by saturday »

IMG-20241105-WA0063.jpg
IMG-20241105-WA0065.jpg
IMG_20241108_080925.jpg
Saya pilih BF Goodrich Touring Advantage 215/50/R17 untuk gantikan Bridgestone Turanza T005A yang sudah terpakai 2 tahun 8 bulan/45 ribu kilometer.

Ban Civic FD2 saya spek ori: 215/45/R17, tekanan angin disarankan adalah 30 psi.

Turanza T005A yang sebelumnya saya pakai: 215/50/R17, tekanan angin yang selalu saya gunakan adalah 33 psi.

Turanza T005A saya habis prematur pada kedua sisi luar yang menurut mekanik toko ban dan mbah
marmut wrote:
adalah akibat dari underinflation.

Sepertinya kalau upsize ketebalan ban, 2-3 psi saja tidak cukup untuk kondisi saya. Maka pada ban BF Goodrich ini saya coba gunakan 35 psi minimalnya.

Impresi awal 3 hari/330 km dibanding Turanza T005A: road feedback dan steering response berkurang, kenyamanan meningkat signifikan karena ban empuk dan lebih silent. Karakter mirip dengan Michelin Primacy 4 tapi versi lite.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 588
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by saturday »

josomba wrote: Fri Nov 08, 2024 1:54
saturday wrote: Fri Nov 08, 2024 1:32
ilhami wrote: Wed Nov 06, 2024 8:21 Kalau pompa portabel yang dicolok ke lighter, apa aman untuk pentil ban ?
Kenapa tidak aman ya? Saya penasaran apa pertimbangannya.

Setahu saya asalkan inflatornya memang untuk ban mobil/motor sih aman saja.
Pak saturday, kalau mau mengurangi ngonggg ngonggg ngonggg di jenik saat low gear/reverse apakah bisa ganti ban pak?


:ngacir: :ngacir:
Bisa. Ban di cor beton jadi berisiknya suara mundur Zenix tertutup suara ban.
Past:
Kijang Buaya 1977
Kijang Doyok 1981
Kijang Super 1986
Kijang Kapsul 1997
Kijang Innova 2005
Kijang Innova Reborn 2016

Present:
Kijang Innova Zenix Hybrid 2023
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11414
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Fri Nov 08, 2024 2:30 IMG-20241105-WA0063.jpg
IMG-20241105-WA0065.jpg
IMG_20241108_080925.jpg

Saya pilih BF Goodrich Touring Advantage 215/50/R17 untuk gantikan Bridgestone Turanza T005A yang sudah terpakai 2 tahun 8 bulan/45 ribu kilometer.

Ban Civic FD2 saya spek ori: 215/45/R17, tekanan angin disarankan adalah 30 psi.

Turanza T005A yang sebelumnya saya pakai: 215/50/R17, tekanan angin yang selalu saya gunakan adalah 33 psi.

Turanza T005A saya habis prematur pada kedua sisi luar yang menurut mekanik toko ban dan mbah
marmut wrote:
adalah akibat dari underinflation.

Sepertinya kalau upsize ketebalan ban, 2-3 psi saja tidak cukup untuk kondisi saya. Maka pada ban BF Goodrich ini saya coba gunakan 35 psi minimalnya.

Impresi awal 3 hari/330 km dibanding Turanza T005A: road feedback dan steering response berkurang, kenyamanan meningkat signifikan karena ban empuk dan lebih silent. Karakter mirip dengan Michelin Primacy 4 tapi versi lite.
Yup

Untuk profil 50,
Ideally untuk keamanan dan sikat lobang jalan amannya (minimal) 35 psi

Makanya di CTR dgn ban setipis itu, disarankan >40 psi buat antisipasi harus hi speed cruising :upss:

Klo ada yg kekeh 30 psi di ban profil tipis.. belum kena getahnya aja.. padahal dah diwarning sama suhu2 di sini :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 865
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by rakyatwkwkland »

Gan, kalo BS turanza vs GY AMG perbandingannya bagaimana ya? Performa, grip, aquaplanning lbh baik mana? Comfort lebih baik mana?

Ane soalnya dapat penawaran turanza NOS nih, produksi 2023. Utk size 195/60 R15 jg 900an doang (harga asli di 1,2). Lebih murah atau mirip2 lah sama GY AMG size sama di 800-1jtan kayanya kalo ane liat di onlen.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11414
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

rakyatwkwkland wrote: Sat Nov 09, 2024 3:37 Gan, kalo BS turanza vs GY AMG perbandingannya bagaimana ya? Performa, grip, aquaplanning lbh baik mana? Comfort lebih baik mana?

Ane soalnya dapat penawaran turanza NOS nih, produksi 2023. Utk size 195/60 R15 jg 900an doang (harga asli di 1,2). Lebih murah atau mirip2 lah sama GY AMG size sama di 800-1jtan kayanya kalo ane liat di onlen.
worth koq
pemakaian +5 tahun setelah dipasang

krn walau jarang dipakai,
5 thn biasanya udh mulai tumbuh retak halus spt rambut

krn kelembaban turun, walau jarang pakai.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1652
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by lemonadelovers »

saturday wrote: Fri Nov 08, 2024 2:30 IMG-20241105-WA0063.jpg
IMG-20241105-WA0065.jpg
IMG_20241108_080925.jpg

Saya pilih BF Goodrich Touring Advantage 215/50/R17 untuk gantikan Bridgestone Turanza T005A yang sudah terpakai 2 tahun 8 bulan/45 ribu kilometer.

Ban Civic FD2 saya spek ori: 215/45/R17, tekanan angin disarankan adalah 30 psi.

Turanza T005A yang sebelumnya saya pakai: 215/50/R17, tekanan angin yang selalu saya gunakan adalah 33 psi.

Turanza T005A saya habis prematur pada kedua sisi luar yang menurut mekanik toko ban dan mbah
marmut wrote:
adalah akibat dari underinflation.

Sepertinya kalau upsize ketebalan ban, 2-3 psi saja tidak cukup untuk kondisi saya. Maka pada ban BF Goodrich ini saya coba gunakan 35 psi minimalnya.

Impresi awal 3 hari/330 km dibanding Turanza T005A: road feedback dan steering response berkurang, kenyamanan meningkat signifikan karena ban empuk dan lebih silent. Karakter mirip dengan Michelin Primacy 4 tapi versi lite.
rating treadwear nya brp om? micin angkanya d 220 mudah2an ini lbh besar
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
Eco Mode
DDiS 1.3 by Fiat Multijet
1NR-VE
K10C
misterqq
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Fri Jun 24, 2022 16:28
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner 2013

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by misterqq »

Permisi suhu
Mau tanya rekomen ban utk fortuner vnt (sudah ganti velg ke r18) yg diutamakan jgn narik” setir..
Diantara ban ini mana yg paling rekomen? Atau ada merk lain boleh juga om :
- bs dueler h/t
- dunlop at25
- goodyear assurance maxguard
- dunlop lm705 (tapi size 255/60/18)

Makasi suhu” sekalian
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11414
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

misterqq wrote: Sun Nov 10, 2024 3:53 Permisi suhu
Mau tanya rekomen ban utk fortuner vnt (sudah ganti velg ke r18) yg diutamakan jgn narik” setir..
Diantara ban ini mana yg paling rekomen? Atau ada merk lain boleh juga om :
- bs dueler h/t
- dunlop at25
- goodyear assurance maxguard
- dunlop lm705 (tapi size 255/60/18)

Makasi suhu” sekalian
GY maxguard assurance suv
BS Alenza
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
danielhappyg
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Dec 07, 2021 4:43
Daily Vehicle: Toyota Yaris

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by danielhappyg »

suhu semua, mobil saya avanza 2013 ukuran R15 (185/55) standar dari pabrikan
ada rencana mau ganti velg barengan sama ban karena kondisinya sudah kemakan umur.
Minta saran untuk daily use di Jakarta, rekomendasinya itu ganti velg ke ukuran yang sama atau naik ya?
Kira-kira plus minusnya apa ya suhu semua?
Sama untuk untuk bannya apakah mengikuti aturan pabrikan standar saja atau ada rekomendasi (ukuran) yang lain (mungkin sekalian sama merk/tipe bannya)?

Terima kasih banyak suhu semua
hendersz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: Sat Jun 01, 2024 17:02

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by hendersz »

danielhappyg wrote: Sun Nov 10, 2024 12:05 suhu semua, mobil saya avanza 2013 ukuran R15 (185/55) standar dari pabrikan
ada rencana mau ganti velg barengan sama ban karena kondisinya sudah kemakan umur.
Minta saran untuk daily use di Jakarta, rekomendasinya itu ganti velg ke ukuran yang sama atau naik ya?
Kira-kira plus minusnya apa ya suhu semua?
Sama untuk untuk bannya apakah mengikuti aturan pabrikan standar saja atau ada rekomendasi (ukuran) yang lain (mungkin sekalian sama merk/tipe bannya)?

Terima kasih banyak suhu semua
Bukannya mobil sekelas Avanza biasanya kalo R15 ukurannya 185/65, bukan 55? Ukuran 185/65R15 ini banyak penggunanya kayak Mobilio, Freed, dan Grand Livina.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 865
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by rakyatwkwkland »

hendersz wrote: Sun Nov 10, 2024 13:43
danielhappyg wrote: Sun Nov 10, 2024 12:05 suhu semua, mobil saya avanza 2013 ukuran R15 (185/55) standar dari pabrikan
ada rencana mau ganti velg barengan sama ban karena kondisinya sudah kemakan umur.
Minta saran untuk daily use di Jakarta, rekomendasinya itu ganti velg ke ukuran yang sama atau naik ya?
Kira-kira plus minusnya apa ya suhu semua?
Sama untuk untuk bannya apakah mengikuti aturan pabrikan standar saja atau ada rekomendasi (ukuran) yang lain (mungkin sekalian sama merk/tipe bannya)?

Terima kasih banyak suhu semua
Bukannya mobil sekelas Avanza biasanya kalo R15 ukurannya 185/65, bukan 55? Ukuran 185/65R15 ini banyak penggunanya kayak Mobilio, Freed, dan Grand Livina.
Idem, setau ane jg 65. Kecuali yg gen 1 tipe S ya, kl gasalah itu dia beda sendiri deh di 185/60 R15
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 865
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by rakyatwkwkland »

Pingin coba share review pemakaian long term dari michelin energy XM2+

Untuk ukuran yang dipakai adalah ukuran bawaan suzuki ertiga, sekaligus juga ukuran sejuta umat LMPV kebanyakan, yaitu 185/65 R15.

Pemakaian sejak okt 2021 sampai nov 2024, dari odometer masih di 44 rb sampai sekarang udah di 102 rb km. Artinya sudah menempuh 58 rb km selama kira2 3 tahun.

Kondisi setelah dipakai selama 58 rb km, jarak ke TWI sudah tidak jauh lagi (belum nyentuh si, ya ganti dulu lah ya sblm nyentuh TWI). Tapi sekilas mata melihat, dibandingkan dengan dunlop enasave yang ane pake sebelumnya dari bawaan mobil sejauh 44 rb km, si micin XM2+ ini kembangannya masih keliatan rame, dibandingkan dgn dunlop enaena yg walau TWI nya masih rada jauhan tapi kembangannya lebih keliatan plontos. Kemudian si micin XM2+ ini ternyata beberapa ban udah mulai retak2 halus di tapak bagian pinggirnya. Untuk ban depan retak2nya cenderung lebih banyak dibandingkan ban belakang. Retak2an ini ane sinyalir juga turut mendapatkan kontribusi dari lokasi parkir mobil ini kalau siang hari yang kebanyakan di outdoor. Berikut penampakan fisik bannya saat sudah dilepas dari mobil.
172619_0.jpg
172620_0.jpg
172621_0.jpg
Seperti terlihat di gambar, sebenernya kembangannya sendiri belum kelihatan botak, cuma ya udah tipisan aja. Sebenernya kalau gak karena mempertimbangkan ride quality nya yang sudah WAW sekali dan udah mulai muncul retak2 dikit juga, rasanya pakai sekitar 10 rb km lagi masih bisa tuh. Intinya klaim treadwear di angka 420 oleh micin yang tertera di sidewall ban, menurut ane bukan cuma sekadar asal2an taruh angka karena cukup sesuai dengan kenyataannya.

Untuk ride quality sendiri, sebenernya waktu masih baru menurut ane yang ganti dari dunlop enaena, enakan ini kemana2. Micin ini karetnya berasa lebih empuk, kemudian relatif senyap juga. Untuk grip ane ga berani banyak komen karena ane kurang peka soal ini, tapi yang jelas di ane gak ada masalah sama sekali mengenai grip, dipake nikung kenceng seperti di ramp naikan tol yg melingkar2 kecepatan 60-80 kph (tergantung ketajaman tikungan) gapernah ada gejala slip sama sekali. Kemudian untuk kemampuan belah airnya, walaupun groove atau gotnya cuma 2 biji di mana ban2 lain dgn ukuran ini rata2 3 biji, sebenernya juga cukup baik menurut ane. Misalnya, kalau ane lewat tol JORR 2 (yang start dari airport soetta bisa ke arah kunciran itu) pas hujan2, di betonnya yang bumpy itu tentu banyak genangan air tipis2 kan? Lari 80 km/h masih cukup napak menurut ane dan tentunya ga ada gejala mobil geser sama sekali. Plus nya groove cuma 2 biji ini, malah groovenya berukuran besar yang menyebabkan kerikil gak mudah nyangkut.

Nah yang tentu jadi pertanyaan, setelah pemakaian long term ride qualitynya berubah gak? Ya tentu berubah. Perubahan mulai terasa di 40 rban menjelang 50 rb km pemakaian lah. Tapi rasanya dibandingkan dgn enasave ini berubahnya lebih belakangan. Berubahnya jadi bagaimana? Jadi terasa keras karetnya dan berisiknya jossss tenannnn... Ane kira peredaman kolong mobil ane mau cosplay peredamnya liomobi, ternyata biang keroknya adalah si karet bunder ini. Cuma untuk keras, mungkin gak hanya di sumbang dari ban ya, soalnya shock breaker ane terutama yg depan udah divonis lemah.

Yang menakjubkan, selama 58 rb km dan 3 tahun pemakaian, tidak ada satupun ban yang pernah bocor dan kena tambalan. Ini entah faktor hoki atau emang karetnya micin yg sakti, karena artinya gapernah ada satupun paku yang pernah nempel kepada keempat ban ini. Kemudian tentu ini juga menunjukkan durability ban ini yang terbilang cukup baik, karena selama pemakaian ane udah melewati berbagai medan. Mulai dari jalanan aspal mulus, jalanan paving blok, jalanan berlubang, jalanan beton dengan kecepatan speedo rata kanan di transjava bahn dan transsumatera bahn, hajar jalanan tambal sulam di pantura dan lintas sumatera dengan kecepatan tinggi, jalanan tanah kering, hingga jalanan makadam bebatuan juga udah pernah dilewati ban ini. Aman sentosa semuanya, syukur tidak pernah ada masalah sama keempat ban ini. Walaupun 3 dari 4 ban ini sidewallnya cuma 1 ply, tapi durability tetap josss (karena yang satu lagi entah kenapa sidewallnya 2 ply sendiri).

Dulu waktu ane beli ban ini di 2021, dapat harga yang sangat ciamik di sebuah toko di kota tangerang yang namanya ada kata p1tst0p nya, cuma 800 rb gede aja. Harga pasaran di zaman itu rata2 di 900an sampai 1 jt, mentok2 1,1 jt seinget ane. Persis sama dgn harga bridgestone turanza. Konon menurut orang2 grip kedua ban ini 11 12. Sehingga menurut ane micin XM2+ ini alternatif yang bagus dari turanza dengan kenyamanan yang slightly better. Cuma untuk sekarang, menurut ane harganya udah kurang worth it. Harganya naik banyak bokkk... XM2+ ane cari di tokoijo rata2 jual udah di kisaran 1,2 - 1,4 jt, meanwhile turanza aja masih di kisaran 1 - 1,2 jt. Udah gitu yang jual juga makin sedikit pulak, di tokoijo tempat ane beli ini ban keterangannya XM2+ size ini stoknya habis, mungkin kurang laku kali ya sehingga toko2 males jual XM2+ size ini?

Kesimpulannya sebenernya ban ini performanya boleh dibilang bagus walaupun capnya eco2an, cuma untuk sekarang harganya yang sangat tidak bagus, serta ane yakin nyarinya pasti makin susah. Alternatif di harga yang lebih murah ada banyakkk...

Untuk penggantinya, seperti yang ane udah tanya di atas, akhirnya antara BS turanza dan GY AMG, ane putuskan ambil BS turanza aja dengan up lebar tapak ke 195, mengingat diskon stok lama sangat joss sehingga harganya jadi kurleb dgn GY AMG size sama.
172622_0.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
danielhappyg
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Tue Dec 07, 2021 4:43
Daily Vehicle: Toyota Yaris

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by danielhappyg »

rakyatwkwkland wrote: Sun Nov 10, 2024 14:11
hendersz wrote: Sun Nov 10, 2024 13:43
danielhappyg wrote: Sun Nov 10, 2024 12:05 suhu semua, mobil saya avanza 2013 ukuran R15 (185/55) standar dari pabrikan
ada rencana mau ganti velg barengan sama ban karena kondisinya sudah kemakan umur.
Minta saran untuk daily use di Jakarta, rekomendasinya itu ganti velg ke ukuran yang sama atau naik ya?
Kira-kira plus minusnya apa ya suhu semua?
Sama untuk untuk bannya apakah mengikuti aturan pabrikan standar saja atau ada rekomendasi (ukuran) yang lain (mungkin sekalian sama merk/tipe bannya)?

Terima kasih banyak suhu semua
Bukannya mobil sekelas Avanza biasanya kalo R15 ukurannya 185/65, bukan 55? Ukuran 185/65R15 ini banyak penggunanya kayak Mobilio, Freed, dan Grand Livina.
Idem, setau ane jg 65. Kecuali yg gen 1 tipe S ya, kl gasalah itu dia beda sendiri deh di 185/60 R15
hendersz wrote: Sun Nov 10, 2024 13:43
danielhappyg wrote: Sun Nov 10, 2024 12:05 suhu semua, mobil saya avanza 2013 ukuran R15 (185/55) standar dari pabrikan
ada rencana mau ganti velg barengan sama ban karena kondisinya sudah kemakan umur.
Minta saran untuk daily use di Jakarta, rekomendasinya itu ganti velg ke ukuran yang sama atau naik ya?
Kira-kira plus minusnya apa ya suhu semua?
Sama untuk untuk bannya apakah mengikuti aturan pabrikan standar saja atau ada rekomendasi (ukuran) yang lain (mungkin sekalian sama merk/tipe bannya)?

Terima kasih banyak suhu semua
Bukannya mobil sekelas Avanza biasanya kalo R15 ukurannya 185/65, bukan 55? Ukuran 185/65R15 ini banyak penggunanya kayak Mobilio, Freed, dan Grand Livina.
Eh iya maaf, ukurannya sekarang 185/65 R15...

Jadi baiknya dibuat sama saja atau ada rekomendasi untuk disesuaikan ya?
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 865
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by rakyatwkwkland »

danielhappyg wrote: Sun Nov 10, 2024 19:51
rakyatwkwkland wrote: Sun Nov 10, 2024 14:11
hendersz wrote: Sun Nov 10, 2024 13:43
Bukannya mobil sekelas Avanza biasanya kalo R15 ukurannya 185/65, bukan 55? Ukuran 185/65R15 ini banyak penggunanya kayak Mobilio, Freed, dan Grand Livina.
Idem, setau ane jg 65. Kecuali yg gen 1 tipe S ya, kl gasalah itu dia beda sendiri deh di 185/60 R15
hendersz wrote: Sun Nov 10, 2024 13:43
danielhappyg wrote: Sun Nov 10, 2024 12:05 suhu semua, mobil saya avanza 2013 ukuran R15 (185/55) standar dari pabrikan
ada rencana mau ganti velg barengan sama ban karena kondisinya sudah kemakan umur.
Minta saran untuk daily use di Jakarta, rekomendasinya itu ganti velg ke ukuran yang sama atau naik ya?
Kira-kira plus minusnya apa ya suhu semua?
Sama untuk untuk bannya apakah mengikuti aturan pabrikan standar saja atau ada rekomendasi (ukuran) yang lain (mungkin sekalian sama merk/tipe bannya)?

Terima kasih banyak suhu semua
Bukannya mobil sekelas Avanza biasanya kalo R15 ukurannya 185/65, bukan 55? Ukuran 185/65R15 ini banyak penggunanya kayak Mobilio, Freed, dan Grand Livina.
Eh iya maaf, ukurannya sekarang 185/65 R15...

Jadi baiknya dibuat sama saja atau ada rekomendasi untuk disesuaikan ya?
Baiknya gimana itu kan disesuaikan lg dgn preferensi masing2 orang. Tiap keputusan itu ada plus minusnya.

Makin gede velg tentu akan kelihatan makin keren. Selain itu kalo lebar velg nya makin lebar juga bisa make ban dgn tapak makin lebar, yg artinya harusnya grip nambah. Cuma minusnya makin gede velg pasti akan makin berat, yg tentunya sedikit banyak bisa ngaruh ke performa seperti akselerasi dan top speed. Selain itu velg makin gede biasanya mau tidak mau cenderung mendorong kita pake profil ban makin tipis biar rodanya tetep muat dan gak gasrut. Ini efeknya tentu bantingan mobil jd akan terasa lebih keras.

Oh ya, plusnya lagi kalau anda adalah pecinta ban berkualitas tinggi dan budget tidak masalah, makin gede velg makin banyak pilihannya. Ukuran 15 inch ke bawah macam velg bawaan mobil kita2 ini kalau mau cari ban bagus opsinya dikit. 16 inch ke atas nah itu udah mulai banyak, macam michelin primacy, continental uc6 itu udah mulai ada. Di sisi lain, minusnya makin gede velg biasanya harga bannya juga makin mahal.