Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kayukayuthe5th
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 488
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Yasa wrote: Sat Feb 15, 2025 7:48
Suryaputra wrote: Fri Feb 14, 2025 8:24
Yasa wrote: Fri Feb 14, 2025 8:00 oli yang bagus untuk Jazz RS tahun 2014 GK 5 apa y? mohon dibantu
0w20
5w20
0w30
5w30
10w30
untuk oli 0w20 aman berarti ea?


gk5 mesin sama kaia hrv RU ama city GM; l15z1. aman dan cucok pake 0w20
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3068
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by solar_kerosen »

filter oli OEM omg bagus apa ya ? aspira,denso,ken, sakura dan bosch
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by alim ulama »

DOHC wrote: Fri Feb 14, 2025 10:25buat kita orang seh aman2 aj kl ngeliat oli stelah 3 rebu km agak menghitam

oli2 yg perna kita orang coba, dari kelas fastron ijo, ampe castrol edge jg stelah jalan sgituan, pasti menghitam koq
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga

yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.

kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 7:19 kalo di midhigh rpm tarikan ga belet ama mesin terdengar kasar mah aman2 aja. plus penguapan minimal kan
kaianya semua pertammaina gitu deh kalo km3rb, agak menghitam even on PFG.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)

oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala

trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27531
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

alim ulama wrote: Sat Feb 15, 2025 11:28
DOHC wrote: Fri Feb 14, 2025 10:25buat kita orang seh aman2 aj kl ngeliat oli stelah 3 rebu km agak menghitam

oli2 yg perna kita orang coba, dari kelas fastron ijo, ampe castrol edge jg stelah jalan sgituan, pasti menghitam koq
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga

yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.

kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 7:19 kalo di midhigh rpm tarikan ga belet ama mesin terdengar kasar mah aman2 aja. plus penguapan minimal kan
kaianya semua pertammaina gitu deh kalo km3rb, agak menghitam even on PFG.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)

oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala

trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nya

kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarna
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Yasa
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Sep 26, 2018 2:38
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Taft gt

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Yasa »

kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 9:57
Yasa wrote: Sat Feb 15, 2025 7:48
Suryaputra wrote: Fri Feb 14, 2025 8:24

0w20
5w20
0w30
5w30
10w30
untuk oli 0w20 aman berarti ea?


gk5 mesin sama kaia hrv RU ama city GM; l15z1. aman dan cucok pake 0w20
mohon dibantu untuk merek olinya, makasi
kayukayuthe5th
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 488
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

alim ulama wrote: Sat Feb 15, 2025 11:28
DOHC wrote: Fri Feb 14, 2025 10:25buat kita orang seh aman2 aj kl ngeliat oli stelah 3 rebu km agak menghitam

oli2 yg perna kita orang coba, dari kelas fastron ijo, ampe castrol edge jg stelah jalan sgituan, pasti menghitam koq
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga

yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.

kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 7:19 kalo di midhigh rpm tarikan ga belet ama mesin terdengar kasar mah aman2 aja. plus penguapan minimal kan
kaianya semua pertammaina gitu deh kalo km3rb, agak menghitam even on PFG.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)

oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala

trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
hmmm , ini berarti 2nd car yah? coba kuras radiator dulu aja kasih coolant bagus . baru bisa kita diskusikan ama suhu/senior sini
kalo dari dipstick lap kemarin sih masih itungan wajar.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1181
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ctopher7 »

DOHC wrote: Sat Feb 15, 2025 11:31
alim ulama wrote: Sat Feb 15, 2025 11:28
DOHC wrote: Fri Feb 14, 2025 10:25buat kita orang seh aman2 aj kl ngeliat oli stelah 3 rebu km agak menghitam

oli2 yg perna kita orang coba, dari kelas fastron ijo, ampe castrol edge jg stelah jalan sgituan, pasti menghitam koq
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga

yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.

kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 7:19 kalo di midhigh rpm tarikan ga belet ama mesin terdengar kasar mah aman2 aja. plus penguapan minimal kan
kaianya semua pertammaina gitu deh kalo km3rb, agak menghitam even on PFG.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)

oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala

trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nya

kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarna
nih es oli coolant :big_biglaugh: kejadian di mobil sndiri
IMG_4668.jpeg
IMG_4776.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by alim ulama »

DOHC wrote: Sat Feb 15, 2025 11:31
alim ulama wrote: Sat Feb 15, 2025 11:28
DOHC wrote: Fri Feb 14, 2025 10:25buat kita orang seh aman2 aj kl ngeliat oli stelah 3 rebu km agak menghitam

oli2 yg perna kita orang coba, dari kelas fastron ijo, ampe castrol edge jg stelah jalan sgituan, pasti menghitam koq
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga

yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.

kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 7:19 kalo di midhigh rpm tarikan ga belet ama mesin terdengar kasar mah aman2 aja. plus penguapan minimal kan
kaianya semua pertammaina gitu deh kalo km3rb, agak menghitam even on PFG.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)

oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala

trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nya

kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarna
bensin kecampur di oli seal apa yg udah getas ya om?
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by alim ulama »

kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 16, 2025 8:07
alim ulama wrote: Sat Feb 15, 2025 11:28
DOHC wrote: Fri Feb 14, 2025 10:25buat kita orang seh aman2 aj kl ngeliat oli stelah 3 rebu km agak menghitam

oli2 yg perna kita orang coba, dari kelas fastron ijo, ampe castrol edge jg stelah jalan sgituan, pasti menghitam koq
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga

yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.

kayukayuthe5th wrote: Sat Feb 15, 2025 7:19 kalo di midhigh rpm tarikan ga belet ama mesin terdengar kasar mah aman2 aja. plus penguapan minimal kan
kaianya semua pertammaina gitu deh kalo km3rb, agak menghitam even on PFG.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)

oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala

trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
hmmm , ini berarti 2nd car yah? coba kuras radiator dulu aja kasih coolant bagus . baru bisa kita diskusikan ama suhu/senior sini
kalo dari dipstick lap kemarin sih masih itungan wajar.
udah kuras 2x om dari beli
pertama pake Prestone biru buat Nissan / Honda (udah ada stock di rumah) di odo 117 rb

abis itu di odo 121 rb krn motor extra fan mati sebelah + tutup radiator plastik udah dol jadi bukanya harus dipecahin
sekalian bongkar ganti pake LLC Yoyota warna pink

tapi emang blm pernah flushing yg pake mesin punya Prestone itu
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27531
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

ctopher7 wrote: Sun Feb 16, 2025 9:23
DOHC wrote: Sat Feb 15, 2025 11:31
alim ulama wrote: Sat Feb 15, 2025 11:28
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga

yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.



suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)

oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala

trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nya

kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarna
nih es oli coolant :big_biglaugh: kejadian di mobil sndiri
IMG_4668.jpegIMG_4776.jpeg
waduhhh, itu kecampur enjin oil, atau malah jangan2 mobilnya kaya biem, ada transmission cooler line nya yg ke radiator, konon kata mbah timothy di quora, itu rawan jebol trus bikin es setarbak
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27531
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

alim ulama wrote: Sun Feb 16, 2025 10:35
DOHC wrote: Sat Feb 15, 2025 11:31
alim ulama wrote: Sat Feb 15, 2025 11:28
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga

yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.



suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)

oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala

trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nya

kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarna
bensin kecampur di oli seal apa yg udah getas ya om?
kl bensin nyampur oli, biasa karena injektor nya ud kencing om

kl dr pengalaman kita orang, perna kejadian kaya gitu, tp paling ketara yah pas di tap oli nya ad bau bensin ckup nyengat
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kayukayuthe5th
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 488
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

alim ulama wrote: Sun Feb 16, 2025 10:38
kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 16, 2025 8:07
alim ulama wrote: Sat Feb 15, 2025 11:28
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga

yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.



suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)

oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala

trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
hmmm , ini berarti 2nd car yah? coba kuras radiator dulu aja kasih coolant bagus . baru bisa kita diskusikan ama suhu/senior sini
kalo dari dipstick lap kemarin sih masih itungan wajar.
udah kuras 2x om dari beli
pertama pake Prestone biru buat Nissan / Honda (udah ada stock di rumah) di odo 117 rb

abis itu di odo 121 rb krn motor extra fan mati sebelah + tutup radiator plastik udah dol jadi bukanya harus dipecahin
sekalian bongkar ganti pake LLC Yoyota warna pink

tapi emang blm pernah flushing yg pake mesin punya Prestone itu
wadaw kalo udah kaia gitu.
DOHC wrote: Sun Feb 16, 2025 23:29
ctopher7 wrote: Sun Feb 16, 2025 9:23
DOHC wrote: Sat Feb 15, 2025 11:31 coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nya

kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarna
nih es oli coolant :big_biglaugh: kejadian di mobil sndiri
IMG_4668.jpegIMG_4776.jpeg
waduhhh, itu kecampur enjin oil, atau malah jangan2 mobilnya kaya biem, ada transmission cooler line nya yg ke radiator, konon kata mbah timothy di quora, itu rawan jebol trus bikin es setarbak
sepakat sama ini sih. itu antara oli (mesin/trans) kecampur . kaianya sebelumnya masang selang krg pinter jalur radiaro ke transmiision coole ato ada yang bocor

anyway ntar GF-7 introduction ternyata di bali maret O.O moga2 cepet ngikutin lah pemerintah kita masa masih ILSAC GF-5 mulu atleast SP-RC bisa lah gaperlu jumping ke API SQ :mky_01:
https://www.fuelsandlubes.com/api-relea ... standards/
Android
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Sun Apr 16, 2023 13:14
Location: Manado
Daily Vehicle: Outlander sport px 2013

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Android »

Ijin suhu, kira2 apakah oli encer (0w20) bisa memiliki proteksi terhadap wear yang sama dengan oli dengan kekentalan diatasnya? Saya pakai outlander 2013 km dibawah 100k, tapi selama ini pakai 5w30. Rencananya pengen coba 0w20 tapi khawatir oli tsb kurang bisa menjaga keausan mesin. Kira2 apa yg perlu diperhatikan ketika ingin coba oli yg lebih encer? Dan mungkin ada rekomendasi oli 0w20
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by alim ulama »

DOHC wrote: Sun Feb 16, 2025 23:32
alim ulama wrote: Sun Feb 16, 2025 10:35
DOHC wrote: Sat Feb 15, 2025 11:31

coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nya

kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarna
bensin kecampur di oli seal apa yg udah getas ya om?
kl bensin nyampur oli, biasa karena injektor nya ud kencing om

kl dr pengalaman kita orang, perna kejadian kaya gitu, tp paling ketara yah pas di tap oli nya ad bau bensin ckup nyengat
injektor kencing udah gak ngabut ya? jadi kudu service injector macam yg modelan pake gelombang ultrasonic yg merk launch?
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2450
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

Android wrote: Mon Feb 17, 2025 1:41 Ijin suhu, kira2 apakah oli encer (0w20) bisa memiliki proteksi terhadap wear yang sama dengan oli dengan kekentalan diatasnya? Saya pakai outlander 2013 km dibawah 100k, tapi selama ini pakai 5w30. Rencananya pengen coba 0w20 tapi khawatir oli tsb kurang bisa menjaga keausan mesin. Kira2 apa yg perlu diperhatikan ketika ingin coba oli yg lebih encer? Dan mungkin ada rekomendasi oli 0w20
Tergantung dari spek dan kualitas oli tersebut, juga tergantung mesinnya di design untuk pakai oli encer atau tidak. Kalo di mobil ane sih pake Q8 D1 FE 0w20 sama pake D1 5w30 sama aja wearnya (ada hasil tes lab, km sekarang 155rb).
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27531
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

alim ulama wrote: Mon Feb 17, 2025 4:17
DOHC wrote: Sun Feb 16, 2025 23:32
alim ulama wrote: Sun Feb 16, 2025 10:35
bensin kecampur di oli seal apa yg udah getas ya om?
kl bensin nyampur oli, biasa karena injektor nya ud kencing om

kl dr pengalaman kita orang, perna kejadian kaya gitu, tp paling ketara yah pas di tap oli nya ad bau bensin ckup nyengat
injektor kencing udah gak ngabut ya? jadi kudu service injector macam yg modelan pake gelombang ultrasonic yg merk launch?
bagus nya ya emg kaya gitu, copotin trus di kalibrasi ulang , hasil terjamin ga tipu2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1181
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by ctopher7 »

DOHC wrote: Sun Feb 16, 2025 23:29
ctopher7 wrote: Sun Feb 16, 2025 9:23
DOHC wrote: Sat Feb 15, 2025 11:31

coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nya

kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarna
nih es oli coolant :big_biglaugh: kejadian di mobil sndiri
IMG_4668.jpegIMG_4776.jpeg
waduhhh, itu kecampur enjin oil, atau malah jangan2 mobilnya kaya biem, ada transmission cooler line nya yg ke radiator, konon kata mbah timothy di quora, itu rawan jebol trus bikin es setarbak
iya om kecampur engine oil karna oil coolernya jebol. aslinya jijay banget om itu di jari saya kayak mencret kuda :big_biglaugh:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12368
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Mon Feb 17, 2025 10:43
DOHC wrote: Sun Feb 16, 2025 23:29
ctopher7 wrote: Sun Feb 16, 2025 9:23

nih es oli coolant :big_biglaugh: kejadian di mobil sndiri
IMG_4668.jpegIMG_4776.jpeg
waduhhh, itu kecampur enjin oil, atau malah jangan2 mobilnya kaya biem, ada transmission cooler line nya yg ke radiator, konon kata mbah timothy di quora, itu rawan jebol trus bikin es setarbak
iya om kecampur engine oil karna oil coolernya jebol. aslinya jijay banget om itu di jari saya kayak mencret kuda :big_biglaugh:
kyk kopsu super creamyy
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1396
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by vanosz »

Ane lagi ngopi nih sbelum pulang pesan ojol

Mobil ganti oli,

Gak mudeng terkahir bulan 7,sisa 300 kilometer nih,dari standar 10 ribu km,


Itu juga ke intip karena mau ganti tuas saklar lampu,

Kynya kebakar karena main lampu super terang,


Biar ada hiburan dah ah,

Santui main toyota murah meriah partnya orisinil cuma 400 ribuan,
Kalo sampe 15 juta sekali rusak rasanya langsung mau ane kapak naga geni 212,

Sperti biasa sih mobilnya sering ngaspollllll kandasin pedal ke karpet jarum hampir nyender angka pojok kanan,

Apalg poldur langsung ngaspollllll,

Sensasi pesawat take off,ngasepin mobil bensin yang lemah diblakang,

Sama hibrid aja masih enak disel bawahnya,
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Ridhobramantio »

Halo om maaf oot, mau tanya sedikit, kebetulan kemaren urgent ya, buka selang radiator gara2 tutup radiator ujungnya masuk (tutupnya jebol jdi per sama ujungnya misah) karena udah malem dan gak ada toko buka, akhirnya isi pake air mineral biasa (biasa pakai prestone ijo), nah enaknya langsung kuras ya om? Soalnya mobil dipake harian, dan enaknya ngurasnya gimana caranya ya om2? Baru kali ini dicampur air biasa soalnya, sama 1 lagi om, kalo dipake sampe akhir minggu aman gak ya? Atau harus cepet2 buang? Suwun om 🙏🏻🙏🏻🙏🏻, dan yang bagus coolant merk apa ya om? Mau sekalian ganti radiator mungkin bulan depan
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1536
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by t105erd »

Ridhobramantio wrote: Wed Feb 19, 2025 6:02 Halo om maaf oot, mau tanya sedikit, kebetulan kemaren urgent ya, buka selang radiator gara2 tutup radiator ujungnya masuk (tutupnya jebol jdi per sama ujungnya misah) karena udah malem dan gak ada toko buka, akhirnya isi pake air mineral biasa (biasa pakai prestone ijo), nah enaknya langsung kuras ya om? Soalnya mobil dipake harian, dan enaknya ngurasnya gimana caranya ya om2? Baru kali ini dicampur air biasa soalnya, sama 1 lagi om, kalo dipake sampe akhir minggu aman gak ya? Atau harus cepet2 buang? Suwun om 🙏🏻🙏🏻🙏🏻, dan yang bagus coolant merk apa ya om? Mau sekalian ganti radiator mungkin bulan depan
wah salah thread om Ridho hehe...
Echo birunya kenapa om? kalo mau kuras, thermostat di cabut, nyalain mesin, isi radiator pakai amidis/cleo/air demineral, selang yg dari mesin ke radiator di cabut dibiarin mengalir sampai bersih, sisa air di radiator dibuang, thermostat dan selang pasang kembali abis itu isi coolant TMO.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2450
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

Ridhobramantio wrote: Wed Feb 19, 2025 6:02 Halo om maaf oot, mau tanya sedikit, kebetulan kemaren urgent ya, buka selang radiator gara2 tutup radiator ujungnya masuk (tutupnya jebol jdi per sama ujungnya misah) karena udah malem dan gak ada toko buka, akhirnya isi pake air mineral biasa (biasa pakai prestone ijo), nah enaknya langsung kuras ya om? Soalnya mobil dipake harian, dan enaknya ngurasnya gimana caranya ya om2? Baru kali ini dicampur air biasa soalnya, sama 1 lagi om, kalo dipake sampe akhir minggu aman gak ya? Atau harus cepet2 buang? Suwun om 🙏🏻🙏🏻🙏🏻, dan yang bagus coolant merk apa ya om? Mau sekalian ganti radiator mungkin bulan depan
Air mineral merek apa? Kalo air RO macem cleo amidis itu tdsnya mendekati 0 jadinya aman.
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Ridhobramantio »

t105erd wrote: Wed Feb 19, 2025 6:09
Ridhobramantio wrote: Wed Feb 19, 2025 6:02 Halo om maaf oot, mau tanya sedikit, kebetulan kemaren urgent ya, buka selang radiator gara2 tutup radiator ujungnya masuk (tutupnya jebol jdi per sama ujungnya misah) karena udah malem dan gak ada toko buka, akhirnya isi pake air mineral biasa (biasa pakai prestone ijo), nah enaknya langsung kuras ya om? Soalnya mobil dipake harian, dan enaknya ngurasnya gimana caranya ya om2? Baru kali ini dicampur air biasa soalnya, sama 1 lagi om, kalo dipake sampe akhir minggu aman gak ya? Atau harus cepet2 buang? Suwun om 🙏🏻🙏🏻🙏🏻, dan yang bagus coolant merk apa ya om? Mau sekalian ganti radiator mungkin bulan depan
wah salah thread om Ridho hehe...
Echo birunya kenapa om? kalo mau kuras, thermostat di cabut, nyalain mesin, isi radiator pakai amidis/cleo/air demineral, selang yg dari mesin ke radiator di cabut dibiarin mengalir sampai bersih, sisa air di radiator dibuang, thermostat dan selang pasang kembali abis itu isi coolant TMO.
Di thread sebelah sepi banget oom ahahah, engga ini yang yaris, kemaren karena urgent ditambah pake aqua, jadi kecampur tuh prestone sama aquanya, makanya apakah aman kalo dipake sampe akhir minggu? Atau harus cepet2 kuras, gitu om hehe 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12368
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

vanosz wrote: Wed Feb 19, 2025 2:47 Ane lagi ngopi nih sbelum pulang pesan ojol

Mobil ganti oli,

Gak mudeng terkahir bulan 7,sisa 300 kilometer nih,dari standar 10 ribu km,


Itu juga ke intip karena mau ganti tuas saklar lampu,

Kynya kebakar karena main lampu super terang,


Biar ada hiburan dah ah,

Santui main toyota murah meriah partnya orisinil cuma 400 ribuan,
Kalo sampe 15 juta sekali rusak rasanya langsung mau ane kapak naga geni 212,

Sperti biasa sih mobilnya sering ngaspollllll kandasin pedal ke karpet jarum hampir nyender angka pojok kanan,

Apalg poldur langsung ngaspollllll,

Sensasi pesawat take off,ngasepin mobil bensin yang lemah diblakang,

Sama hibrid aja masih enak disel bawahnya,
Met ngopi mbah 🫶
.
.
Debest inih
.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Suryaputra on Wed Feb 19, 2025 6:19, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Ridhobramantio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon May 27, 2019 1:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 00 toyota echo

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Ridhobramantio »

sahabatq8 wrote: Wed Feb 19, 2025 6:09
Ridhobramantio wrote: Wed Feb 19, 2025 6:02 Halo om maaf oot, mau tanya sedikit, kebetulan kemaren urgent ya, buka selang radiator gara2 tutup radiator ujungnya masuk (tutupnya jebol jdi per sama ujungnya misah) karena udah malem dan gak ada toko buka, akhirnya isi pake air mineral biasa (biasa pakai prestone ijo), nah enaknya langsung kuras ya om? Soalnya mobil dipake harian, dan enaknya ngurasnya gimana caranya ya om2? Baru kali ini dicampur air biasa soalnya, sama 1 lagi om, kalo dipake sampe akhir minggu aman gak ya? Atau harus cepet2 buang? Suwun om 🙏🏻🙏🏻🙏🏻, dan yang bagus coolant merk apa ya om? Mau sekalian ganti radiator mungkin bulan depan
Air mineral merek apa? Kalo air RO macem cleo amidis itu tdsnya mendekati 0 jadinya aman.
Kebetulan adanya aqua oom jadi pake aqua, prestonenya jadi kecampur sama aqua 🥲🥲