Yasa wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 7:48Suryaputra wrote: ↑Fri Feb 14, 2025 8:240w20
5w20
0w30
5w30
10w30
untuk oli 0w20 aman berarti ea?
gk5 mesin sama kaia hrv RU ama city GM; l15z1. aman dan cucok pake 0w20
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 488
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3068
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
filter oli OEM omg bagus apa ya ? aspira,denso,ken, sakura dan bosch
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga
yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)kayukayuthe5th wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 7:19 kalo di midhigh rpm tarikan ga belet ama mesin terdengar kasar mah aman2 aja. plus penguapan minimal kan
kaianya semua pertammaina gitu deh kalo km3rb, agak menghitam even on PFG.
oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala
trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27536
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nyaalim ulama wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 11:28sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga
yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)kayukayuthe5th wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 7:19 kalo di midhigh rpm tarikan ga belet ama mesin terdengar kasar mah aman2 aja. plus penguapan minimal kan
kaianya semua pertammaina gitu deh kalo km3rb, agak menghitam even on PFG.
oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala
trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarna
numpang lewat aja....


-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Wed Sep 26, 2018 2:38
- Location: Denpasar
- Daily Vehicle: Taft gt
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
kayukayuthe5th wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 9:57Yasa wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 7:48Suryaputra wrote: ↑Fri Feb 14, 2025 8:24
0w20
5w20
0w30
5w30
10w30
untuk oli 0w20 aman berarti ea?
gk5 mesin sama kaia hrv RU ama city GM; l15z1. aman dan cucok pake 0w20
mohon dibantu untuk merek olinya, makasi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 488
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
hmmm , ini berarti 2nd car yah? coba kuras radiator dulu aja kasih coolant bagus . baru bisa kita diskusikan ama suhu/senior sinialim ulama wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 11:28sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga
yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)kayukayuthe5th wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 7:19 kalo di midhigh rpm tarikan ga belet ama mesin terdengar kasar mah aman2 aja. plus penguapan minimal kan
kaianya semua pertammaina gitu deh kalo km3rb, agak menghitam even on PFG.
oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala
trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
kalo dari dipstick lap kemarin sih masih itungan wajar.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1183
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
nih es oli coolantDOHC wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 11:31coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nyaalim ulama wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 11:28sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga
yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)kayukayuthe5th wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 7:19 kalo di midhigh rpm tarikan ga belet ama mesin terdengar kasar mah aman2 aja. plus penguapan minimal kan
kaianya semua pertammaina gitu deh kalo km3rb, agak menghitam even on PFG.
oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala
trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarna

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
bensin kecampur di oli seal apa yg udah getas ya om?DOHC wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 11:31coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nyaalim ulama wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 11:28sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga
yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)kayukayuthe5th wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 7:19 kalo di midhigh rpm tarikan ga belet ama mesin terdengar kasar mah aman2 aja. plus penguapan minimal kan
kaianya semua pertammaina gitu deh kalo km3rb, agak menghitam even on PFG.
oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala
trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarna
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
udah kuras 2x om dari belikayukayuthe5th wrote: ↑Sun Feb 16, 2025 8:07hmmm , ini berarti 2nd car yah? coba kuras radiator dulu aja kasih coolant bagus . baru bisa kita diskusikan ama suhu/senior sinialim ulama wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 11:28sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga
yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)kayukayuthe5th wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 7:19 kalo di midhigh rpm tarikan ga belet ama mesin terdengar kasar mah aman2 aja. plus penguapan minimal kan
kaianya semua pertammaina gitu deh kalo km3rb, agak menghitam even on PFG.
oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala
trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
kalo dari dipstick lap kemarin sih masih itungan wajar.
pertama pake Prestone biru buat Nissan / Honda (udah ada stock di rumah) di odo 117 rb
abis itu di odo 121 rb krn motor extra fan mati sebelah + tutup radiator plastik udah dol jadi bukanya harus dipecahin
sekalian bongkar ganti pake LLC Yoyota warna pink
tapi emang blm pernah flushing yg pake mesin punya Prestone itu
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27536
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
waduhhh, itu kecampur enjin oil, atau malah jangan2 mobilnya kaya biem, ada transmission cooler line nya yg ke radiator, konon kata mbah timothy di quora, itu rawan jebol trus bikin es setarbakctopher7 wrote: ↑Sun Feb 16, 2025 9:23nih es oli coolantDOHC wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 11:31coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nyaalim ulama wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 11:28
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga
yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)
oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala
trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarnakejadian di mobil sndiri
IMG_4668.jpegIMG_4776.jpeg
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27536
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
kl bensin nyampur oli, biasa karena injektor nya ud kencing omalim ulama wrote: ↑Sun Feb 16, 2025 10:35bensin kecampur di oli seal apa yg udah getas ya om?DOHC wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 11:31coolant kl kecampur oli warna nya ckup obvious, either jadi kopi setarbak, atau bumbu kuah gado2 warna nyaalim ulama wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 11:28
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga
yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)
oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala
trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
kl keijoan jangan2 apa kecampur bensin, toh bensin kita kan disini dikasi pewarna
kl dr pengalaman kita orang, perna kejadian kaya gitu, tp paling ketara yah pas di tap oli nya ad bau bensin ckup nyengat
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 488
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
wadaw kalo udah kaia gitu.alim ulama wrote: ↑Sun Feb 16, 2025 10:38udah kuras 2x om dari belikayukayuthe5th wrote: ↑Sun Feb 16, 2025 8:07hmmm , ini berarti 2nd car yah? coba kuras radiator dulu aja kasih coolant bagus . baru bisa kita diskusikan ama suhu/senior sinialim ulama wrote: ↑Sat Feb 15, 2025 11:28
sorry kurang detail nanyanya & difoto kurang keliatan ternyata dibanding aslinya
itu klo di MR20DD sblmnya udah pernah ganti di 5.000 km juga, nah di odo segitu warna bener2 coklat tua (menghitam) yg emang wajar krn ada komparasi di mesin HR15DE juga abis gelinding goceng kek gitu juga
yg di 2AZ-FE ini coklatnya ada jadi kayak kehijauan, sempet curiga apa kecampur coolant tapi coolant pake yg warna pink Toyota, keknya agak jauh dari kehijauan.
suara mesin masih relatif normal baik pas idle maupun mid sampe high rpm (meski sangat jarang, krn udah system ngirit aja di tol cruising 90-100 aja krn bawa keluarga)
oia tambahan kondisi mesin udah muncul DTC P0420 (asumsi krn Catalytic Converter udah dijebol sama owner seblmnya)
skrg sih modal OBD adaptor bluetooth sama beli software murmer Car Scanner di hp reset aja terus tiap check engine nyala
trus klo abis crusing 100 an km/h di jagorawi sekitar 30-40 menit pas sampe GT Ciawi reading engine oil temp 102 C & coolant temp 92 C
kalo dari dipstick lap kemarin sih masih itungan wajar.
pertama pake Prestone biru buat Nissan / Honda (udah ada stock di rumah) di odo 117 rb
abis itu di odo 121 rb krn motor extra fan mati sebelah + tutup radiator plastik udah dol jadi bukanya harus dipecahin
sekalian bongkar ganti pake LLC Yoyota warna pink
tapi emang blm pernah flushing yg pake mesin punya Prestone itu
sepakat sama ini sih. itu antara oli (mesin/trans) kecampur . kaianya sebelumnya masang selang krg pinter jalur radiaro ke transmiision coole ato ada yang bocorDOHC wrote: ↑Sun Feb 16, 2025 23:29waduhhh, itu kecampur enjin oil, atau malah jangan2 mobilnya kaya biem, ada transmission cooler line nya yg ke radiator, konon kata mbah timothy di quora, itu rawan jebol trus bikin es setarbak
anyway ntar GF-7 introduction ternyata di bali maret O.O moga2 cepet ngikutin lah pemerintah kita masa masih ILSAC GF-5 mulu atleast SP-RC bisa lah gaperlu jumping ke API SQ

https://www.fuelsandlubes.com/api-relea ... standards/
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Apr 16, 2023 13:14
- Location: Manado
- Daily Vehicle: Outlander sport px 2013
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Ijin suhu, kira2 apakah oli encer (0w20) bisa memiliki proteksi terhadap wear yang sama dengan oli dengan kekentalan diatasnya? Saya pakai outlander 2013 km dibawah 100k, tapi selama ini pakai 5w30. Rencananya pengen coba 0w20 tapi khawatir oli tsb kurang bisa menjaga keausan mesin. Kira2 apa yg perlu diperhatikan ketika ingin coba oli yg lebih encer? Dan mungkin ada rekomendasi oli 0w20
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
injektor kencing udah gak ngabut ya? jadi kudu service injector macam yg modelan pake gelombang ultrasonic yg merk launch?DOHC wrote: ↑Sun Feb 16, 2025 23:32kl bensin nyampur oli, biasa karena injektor nya ud kencing om
kl dr pengalaman kita orang, perna kejadian kaya gitu, tp paling ketara yah pas di tap oli nya ad bau bensin ckup nyengat
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2451
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Tergantung dari spek dan kualitas oli tersebut, juga tergantung mesinnya di design untuk pakai oli encer atau tidak. Kalo di mobil ane sih pake Q8 D1 FE 0w20 sama pake D1 5w30 sama aja wearnya (ada hasil tes lab, km sekarang 155rb).Android wrote: ↑Mon Feb 17, 2025 1:41 Ijin suhu, kira2 apakah oli encer (0w20) bisa memiliki proteksi terhadap wear yang sama dengan oli dengan kekentalan diatasnya? Saya pakai outlander 2013 km dibawah 100k, tapi selama ini pakai 5w30. Rencananya pengen coba 0w20 tapi khawatir oli tsb kurang bisa menjaga keausan mesin. Kira2 apa yg perlu diperhatikan ketika ingin coba oli yg lebih encer? Dan mungkin ada rekomendasi oli 0w20
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27536
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
bagus nya ya emg kaya gitu, copotin trus di kalibrasi ulang , hasil terjamin ga tipu2alim ulama wrote: ↑Mon Feb 17, 2025 4:17injektor kencing udah gak ngabut ya? jadi kudu service injector macam yg modelan pake gelombang ultrasonic yg merk launch?
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1183
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
iya om kecampur engine oil karna oil coolernya jebol. aslinya jijay banget om itu di jari saya kayak mencret kudaDOHC wrote: ↑Sun Feb 16, 2025 23:29waduhhh, itu kecampur enjin oil, atau malah jangan2 mobilnya kaya biem, ada transmission cooler line nya yg ke radiator, konon kata mbah timothy di quora, itu rawan jebol trus bikin es setarbak

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12368
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
kyk kopsu super creamyyctopher7 wrote: ↑Mon Feb 17, 2025 10:43iya om kecampur engine oil karna oil coolernya jebol. aslinya jijay banget om itu di jari saya kayak mencret kuda![]()
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1396
- Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Ane lagi ngopi nih sbelum pulang pesan ojol
Mobil ganti oli,
Gak mudeng terkahir bulan 7,sisa 300 kilometer nih,dari standar 10 ribu km,
Itu juga ke intip karena mau ganti tuas saklar lampu,
Kynya kebakar karena main lampu super terang,
Biar ada hiburan dah ah,
Santui main toyota murah meriah partnya orisinil cuma 400 ribuan,
Kalo sampe 15 juta sekali rusak rasanya langsung mau ane kapak naga geni 212,
Sperti biasa sih mobilnya sering ngaspollllll kandasin pedal ke karpet jarum hampir nyender angka pojok kanan,
Apalg poldur langsung ngaspollllll,
Sensasi pesawat take off,ngasepin mobil bensin yang lemah diblakang,
Sama hibrid aja masih enak disel bawahnya,
Mobil ganti oli,
Gak mudeng terkahir bulan 7,sisa 300 kilometer nih,dari standar 10 ribu km,
Itu juga ke intip karena mau ganti tuas saklar lampu,
Kynya kebakar karena main lampu super terang,
Biar ada hiburan dah ah,
Santui main toyota murah meriah partnya orisinil cuma 400 ribuan,
Kalo sampe 15 juta sekali rusak rasanya langsung mau ane kapak naga geni 212,
Sperti biasa sih mobilnya sering ngaspollllll kandasin pedal ke karpet jarum hampir nyender angka pojok kanan,
Apalg poldur langsung ngaspollllll,
Sensasi pesawat take off,ngasepin mobil bensin yang lemah diblakang,
Sama hibrid aja masih enak disel bawahnya,
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon May 27, 2019 1:24
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 00 toyota echo
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Halo om maaf oot, mau tanya sedikit, kebetulan kemaren urgent ya, buka selang radiator gara2 tutup radiator ujungnya masuk (tutupnya jebol jdi per sama ujungnya misah) karena udah malem dan gak ada toko buka, akhirnya isi pake air mineral biasa (biasa pakai prestone ijo), nah enaknya langsung kuras ya om? Soalnya mobil dipake harian, dan enaknya ngurasnya gimana caranya ya om2? Baru kali ini dicampur air biasa soalnya, sama 1 lagi om, kalo dipake sampe akhir minggu aman gak ya? Atau harus cepet2 buang? Suwun om 

, dan yang bagus coolant merk apa ya om? Mau sekalian ganti radiator mungkin bulan depan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1536
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
wah salah thread om Ridho hehe...Ridhobramantio wrote: ↑Wed Feb 19, 2025 6:02 Halo om maaf oot, mau tanya sedikit, kebetulan kemaren urgent ya, buka selang radiator gara2 tutup radiator ujungnya masuk (tutupnya jebol jdi per sama ujungnya misah) karena udah malem dan gak ada toko buka, akhirnya isi pake air mineral biasa (biasa pakai prestone ijo), nah enaknya langsung kuras ya om? Soalnya mobil dipake harian, dan enaknya ngurasnya gimana caranya ya om2? Baru kali ini dicampur air biasa soalnya, sama 1 lagi om, kalo dipake sampe akhir minggu aman gak ya? Atau harus cepet2 buang? Suwun om, dan yang bagus coolant merk apa ya om? Mau sekalian ganti radiator mungkin bulan depan
Echo birunya kenapa om? kalo mau kuras, thermostat di cabut, nyalain mesin, isi radiator pakai amidis/cleo/air demineral, selang yg dari mesin ke radiator di cabut dibiarin mengalir sampai bersih, sisa air di radiator dibuang, thermostat dan selang pasang kembali abis itu isi coolant TMO.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2451
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Air mineral merek apa? Kalo air RO macem cleo amidis itu tdsnya mendekati 0 jadinya aman.Ridhobramantio wrote: ↑Wed Feb 19, 2025 6:02 Halo om maaf oot, mau tanya sedikit, kebetulan kemaren urgent ya, buka selang radiator gara2 tutup radiator ujungnya masuk (tutupnya jebol jdi per sama ujungnya misah) karena udah malem dan gak ada toko buka, akhirnya isi pake air mineral biasa (biasa pakai prestone ijo), nah enaknya langsung kuras ya om? Soalnya mobil dipake harian, dan enaknya ngurasnya gimana caranya ya om2? Baru kali ini dicampur air biasa soalnya, sama 1 lagi om, kalo dipake sampe akhir minggu aman gak ya? Atau harus cepet2 buang? Suwun om, dan yang bagus coolant merk apa ya om? Mau sekalian ganti radiator mungkin bulan depan
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon May 27, 2019 1:24
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 00 toyota echo
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Di thread sebelah sepi banget oom ahahah, engga ini yang yaris, kemaren karena urgent ditambah pake aqua, jadi kecampur tuh prestone sama aquanya, makanya apakah aman kalo dipake sampe akhir minggu? Atau harus cepet2 kuras, gitu om hehet105erd wrote: ↑Wed Feb 19, 2025 6:09wah salah thread om Ridho hehe...Ridhobramantio wrote: ↑Wed Feb 19, 2025 6:02 Halo om maaf oot, mau tanya sedikit, kebetulan kemaren urgent ya, buka selang radiator gara2 tutup radiator ujungnya masuk (tutupnya jebol jdi per sama ujungnya misah) karena udah malem dan gak ada toko buka, akhirnya isi pake air mineral biasa (biasa pakai prestone ijo), nah enaknya langsung kuras ya om? Soalnya mobil dipake harian, dan enaknya ngurasnya gimana caranya ya om2? Baru kali ini dicampur air biasa soalnya, sama 1 lagi om, kalo dipake sampe akhir minggu aman gak ya? Atau harus cepet2 buang? Suwun om, dan yang bagus coolant merk apa ya om? Mau sekalian ganti radiator mungkin bulan depan
Echo birunya kenapa om? kalo mau kuras, thermostat di cabut, nyalain mesin, isi radiator pakai amidis/cleo/air demineral, selang yg dari mesin ke radiator di cabut dibiarin mengalir sampai bersih, sisa air di radiator dibuang, thermostat dan selang pasang kembali abis itu isi coolant TMO.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12368
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Met ngopi mbahvanosz wrote: ↑Wed Feb 19, 2025 2:47 Ane lagi ngopi nih sbelum pulang pesan ojol
Mobil ganti oli,
Gak mudeng terkahir bulan 7,sisa 300 kilometer nih,dari standar 10 ribu km,
Itu juga ke intip karena mau ganti tuas saklar lampu,
Kynya kebakar karena main lampu super terang,
Biar ada hiburan dah ah,
Santui main toyota murah meriah partnya orisinil cuma 400 ribuan,
Kalo sampe 15 juta sekali rusak rasanya langsung mau ane kapak naga geni 212,
Sperti biasa sih mobilnya sering ngaspollllll kandasin pedal ke karpet jarum hampir nyender angka pojok kanan,
Apalg poldur langsung ngaspollllll,
Sensasi pesawat take off,ngasepin mobil bensin yang lemah diblakang,
Sama hibrid aja masih enak disel bawahnya,
.
.
Debest inih
.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Suryaputra on Wed Feb 19, 2025 6:19, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Mon May 27, 2019 1:24
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 00 toyota echo
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Kebetulan adanya aqua oom jadi pake aqua, prestonenya jadi kecampur sama aquasahabatq8 wrote: ↑Wed Feb 19, 2025 6:09Air mineral merek apa? Kalo air RO macem cleo amidis itu tdsnya mendekati 0 jadinya aman.Ridhobramantio wrote: ↑Wed Feb 19, 2025 6:02 Halo om maaf oot, mau tanya sedikit, kebetulan kemaren urgent ya, buka selang radiator gara2 tutup radiator ujungnya masuk (tutupnya jebol jdi per sama ujungnya misah) karena udah malem dan gak ada toko buka, akhirnya isi pake air mineral biasa (biasa pakai prestone ijo), nah enaknya langsung kuras ya om? Soalnya mobil dipake harian, dan enaknya ngurasnya gimana caranya ya om2? Baru kali ini dicampur air biasa soalnya, sama 1 lagi om, kalo dipake sampe akhir minggu aman gak ya? Atau harus cepet2 buang? Suwun om, dan yang bagus coolant merk apa ya om? Mau sekalian ganti radiator mungkin bulan depan