Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by vanosz »

ctopher7 wrote: Sun Mar 16, 2025 23:50
b0ku wrote: Sun Mar 16, 2025 23:25
vanosz wrote: Sun Mar 16, 2025 21:37

Klo skedar brembo bremboan pasti getar belum kena tekan aja

Skedar ganti selang,master rem,kalo belum murni bbk gak bakalan benar,
Walo seandainya piringan di gedein,
Jadi kalo ada trit bilang dengan modif sperti itu bagus namanya menghibur diri,


Mobil ane mungkin skarang 250 hp bobot 1,2 ton,

Rem bbk depan blakang,

Apa gak tambah galak buat ugal ky bom bom car,


Mknya cobain dulu bbk,

Kan mobil juga tambah keren,


Saya pernah liat honda hrv hitam baru remnya ap street apa radical depan belakang warna merah velg volks rays te 37 hitam,
Plat D,

Awalnya sempat ganti bbk di luar ternyata selonong,

Akhirnya ganti ulang di brake sop,

Wah cakep mewah,

Ayla,brio,avanja,confero aja pake bbk,

Masa tim ugal rem masih senin kemis
belom geter om ud 10thn gak overheat juga kayak bawaan hona :big_biglaugh:

250hp kalo turbo torsinya bisa 300-400nm jelas butuh bbk :big_grin:

saya mah gak butuh pelek juga gak muat buat bbk :big_biglaugh:

mendingan ganti disc sama kampas yang lebih bagusan kayak endless dama disc yang tahan panas caliper ori ud cukup soalnya mesinnya kagak diapa2xin :mky_03:

kecuali kalo ud turbo tinggal beli monoblock :big_grin:

bbk impian para honda lover :big_grin:

Image
gapapa lah om panos kan brand ambasador ctr, brz dan brakesop :big_biglaugh:

Wah soal brand ambasador sih no problem,

Yang penting benar gitu loh,

Ane ketemu orang tanya tentang rem bbk,yahhh akhirnya dapat info,

Lama tanya tanya orang lain,hampir salah jalan ketempat yang liat di yutub,

Cape rasain rem getar dongdot walo gonta ganti disk dan kampas oem dan selang,buang waktu dan duit,


Agans boku itu orang yang mau modif dan ugal,

Jadi ada sambung obrolan,


Main mobil itu hiburan,jadi info apa yang kira kira sama sama bisa dipake,


Siapa tau bisa kopdar nanti skaligus ke sirkuit,
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5920
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by b0ku »

vanosz wrote: Sun Mar 16, 2025 23:49
Hhhmmm

:big_think:

Sini ane pinjam mobilnya,

250 HP NA

Klo standar dibilang bagus dengan skedar ganti piringan oem dan master dan selang dan minyak rem dot 5 selain menghibur diri juga melawan teknologi gans,


Spoon itu cuma cerita fanatism di kalangan oonda,

Harga mahal krn jualan komunitas,


Endeles juga walo spek biasa harga mahal,

Barang jdm emang harganya mahal,yah krn fanatism


Mknya agans ketemu steven,tar liat bbk,

Alcon,ap racing,brembo,endles,



Tapi harus ganti,jangan cuma datang aja tanya tanya,orang kan sibuk,

Istilahnya jangan kepo ky mak mak belanja sayur,

Mirip orang datang iseng ke sorum skedar tes mobil,


Ane baru tau di forum ada bgtuan rame,

Lebih heboh daripada modif mobil sendiri,


Ky bukan manusia yang punya pikiran dan perasaan bikin PHP orang dagang cari nafkah buat keluarganya,




Screenshot_20250317_062721_Gallery.jpg
makannya gak perlu om kalo bisa substitusi ke parts thailand juga banyak yang ok :big_grin:

gak worthed om musti ganti pelek bbknya mahal pula :mky_07:

ntar kalo ud bikin jazz turbo baru aye beli :big_smoking:

mendingan duitnya buat beli ini :ngacir:

Image

saya juga lagi nyari tie rod yang bagusan ni om :big_childish:

DOT 5 bisa ngerusak karetnya om buat jalanan mentok dot 4 bmw aja ud paling bagus :big_biglaugh:

kan saya designnya ngejar reability juga tujuan saya pasang parts aftermarket yang modifan kan buat daya tahan juga makannya gak sembarang improved saya pasang kalo gak awet buat apaaan :big_biglaugh:

ban aja pake street karena mobilnya buat street pake ban track ntar kena ujan keringet dingin wet gripnya gak ada :mky_07:

pelek 15 bikin kek donat karena biar enak buat hajar2x :big_smoking:

pake pelek 16 bawaan ge ntar dikit2x grepes2x , beli tipe S biar gak ada drama bodykits rontok kek di rs :big_smoking:

bemper s yang di pake rally juga di ausie :big_grin:

Image

kayaknya om ini juga gak pake bbk om :big_biglaugh:



peleknya kecil paling dia modif master silindernya discnya sama linenya sama pake brake pad batako kali :big_grin:

mesinnya K20 200hp kalo std buat rally gini bisa 250-300hp kali :big_biglaugh:
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3263
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by Salvanost »

Teman gua ngamuk berat masalah pertamax ini
Soalnya dulu make pertalite tapi dipaksa make pertamax tau2 pertamaxnya mark up dari pertalite 🤣🤣🤣
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by vanosz »

b0ku wrote: Mon Mar 17, 2025 0:29
vanosz wrote: Sun Mar 16, 2025 23:49
Hhhmmm

:big_think:

Sini ane pinjam mobilnya,

250 HP NA

Klo standar dibilang bagus dengan skedar ganti piringan oem dan master dan selang dan minyak rem dot 5 selain menghibur diri juga melawan teknologi gans,


Spoon itu cuma cerita fanatism di kalangan oonda,

Harga mahal krn jualan komunitas,


Endeles juga walo spek biasa harga mahal,

Barang jdm emang harganya mahal,yah krn fanatism


Mknya agans ketemu steven,tar liat bbk,

Alcon,ap racing,brembo,endles,



Tapi harus ganti,jangan cuma datang aja tanya tanya,orang kan sibuk,

Istilahnya jangan kepo ky mak mak belanja sayur,

Mirip orang datang iseng ke sorum skedar tes mobil,


Ane baru tau di forum ada bgtuan rame,

Lebih heboh daripada modif mobil sendiri,


Ky bukan manusia yang punya pikiran dan perasaan bikin PHP orang dagang cari nafkah buat keluarganya,




Screenshot_20250317_062721_Gallery.jpg
makannya gak perlu om kalo bisa substitusi ke parts thailand juga banyak yang ok :big_grin:

gak worthed om musti ganti pelek bbknya mahal pula :mky_07:

ntar kalo ud bikin jazz turbo baru aye beli :big_smoking:

mendingan duitnya buat beli ini :ngacir:

Image

saya juga lagi nyari tie rod yang bagusan ni om :big_childish:

DOT 5 bisa ngerusak karetnya om buat jalanan mentok dot 4 bmw aja ud paling bagus :big_biglaugh:

kan saya designnya ngejar reability juga tujuan saya pasang parts aftermarket yang modifan kan buat daya tahan juga makannya gak sembarang improved saya pasang kalo gak awet buat apaaan :big_biglaugh:

ban aja pake street karena mobilnya buat street pake ban track ntar kena ujan keringet dingin wet gripnya gak ada :mky_07:

pelek 15 bikin kek donat karena biar enak buat hajar2x :big_smoking:

pake pelek 16 bawaan ge ntar dikit2x grepes2x , beli tipe S biar gak ada drama bodykits rontok kek di rs :big_smoking:

bemper s yang di pake rally juga di ausie :big_grin:

Image

kayaknya om ini juga gak pake bbk om :big_biglaugh:



peleknya kecil paling dia modif master silindernya discnya sama linenya sama pake brake pad batako kali :big_grin:

mesinnya K20 200hp kalo std buat rally gini bisa 250-300hp kali :big_biglaugh:
Hhhmmmm

:big_think:

Agans belum rasain mobil di rem kandas mobil jalan terus,

Skelas merci w204-w205 aja udah brp x,pasrah

Gak mau kalah klo ktemu kawan,maklum masih ababil gen z,



Nyetir alpad hibrid itu tenaganya gelo loh gans,


Ane sering klo lagi pelan mau duluin mobil aliran siksa diri pulse pake glide itu ban spin gans,

Putaran balik dibejek kebanyakan bisa mobil melintir gans,




Remnya senin kemis,

Jangan sembarangan iseng ugal nempelin mobil depan,

Jantungan tuh mobil,

Klo balap gak pake rem bbk sih ya sah aja,


Tapi itu kan namanya ngegampangin,


Rem itu mahal tapi gak akan pernah sia sia,


Masih ada nilainya, dan dipake seumur hidup,


Ky mobil ane klo dijual copotin pindahin ke mobil lain,tinggal bikin braket gak sberapa,
Last edited by vanosz on Tue Mar 18, 2025 22:47, edited 2 times in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5920
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by b0ku »

vanosz wrote: Tue Mar 18, 2025 22:39 Hhhmmmm

:big_think:

Agans belum rasain mobil di rem kandas mobil jalan terus,

Skelas merci w204-w205 aja udah brp x,pasrah



Nyetir alpad hibrid itu tenaganya gelo loh gans,


Ane sering klo lagi pelan mau duluin mobil aliran siksa diri pulse pake glide itu ban spin gans,

Putaran balik dibejek kebanyakan bisa mobil melintir gans,




Remnya senin kemis,

Jangan sembarangan iseng ugal nempelin mobil depan,

Jantungan tuh mobil,
masalahnya saya gak pernah nempelin mobil depan om kalo ngintilin juga jarak saya bisa 1 mobil :big_biglaugh:

lebih ngerik belakang justru itu aja kalo ngerem mendadak saya suka lsg lepas rem kasih mobil maju dikit dulu ngeri belakang gak dapet rem saya pakem rem orang belom tentu :big_bored:

ya om pakenya mobil2x tenaga gede saya kan pake tenaganya kecil mobilnya ringan lagi cuma seton :big_biglaugh:

kalo gemuk kayak babi macem EV ya susah makannya yang bawa EV pada pelan2x ud takut range drop takut nabrak itu rem handling kagak lincah :big_bored:
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by vanosz »

b0ku wrote: Tue Mar 18, 2025 22:44
vanosz wrote: Tue Mar 18, 2025 22:39 Hhhmmmm

:big_think:

Agans belum rasain mobil di rem kandas mobil jalan terus,

Skelas merci w204-w205 aja udah brp x,pasrah



Nyetir alpad hibrid itu tenaganya gelo loh gans,


Ane sering klo lagi pelan mau duluin mobil aliran siksa diri pulse pake glide itu ban spin gans,

Putaran balik dibejek kebanyakan bisa mobil melintir gans,




Remnya senin kemis,

Jangan sembarangan iseng ugal nempelin mobil depan,

Jantungan tuh mobil,
masalahnya saya gak pernah nempelin mobil depan om kalo ngintilin juga jarak saya bisa 1 mobil :big_biglaugh:

lebih ngerik belakang justru itu aja kalo ngerem mendadak saya suka lsg lepas rem kasih mobil maju dikit dulu ngeri belakang gak dapet rem saya pakem rem orang belom tentu :big_bored:

ya om pakenya mobil2x tenaga gede saya kan pake tenaganya kecil mobilnya ringan lagi cuma seton :big_biglaugh:

kalo gemuk kayak babi macem EV ya susah makannya yang bawa EV pada pelan2x ud takut range drop takut nabrak itu rem handling kagak lincah :big_bored:
Hhhhmmmm


:big_think:


Ane gak demen ngintilin orang sih,

Pokoe ane tempelin terus ane selip,pokoe terdepan,


Ky kapan hari tol pluit ke ancol truk 2.8 ketemu ceri tigo 8 yang gak mau diduluin malah ngegas selap selip,

Pas sbelahan jalan rame ky mau adu telat rem,


Trus ceri tigo 8 entah sesak nafas jantungan setelah itu gak nguber,truk ngerem masih bisa pindah jalur kabur terus terdepan,

Ehhhh didepan ketemu f30 gaul nguber truk,ya udah lari lagi,ky film tom henk,fores gump,

Mobil se ton biasanya velg kecil kan tetap ada hitungannya sberapa besar rem yang dipake,

Rem bawaan mobil biar gimanapun tetap sekedar abs asal brenti sukur,


Jazz GE kan gak mungkin lebih ringan dr GD,paling imut,


Mobil manual aja yang enjin brek bisa gak kuat,


Ingat nasehat agans putra surya,

Ugal witot kontrol is noting,

Lebih bae diseruduk dr blakang,drpd seruduk depan,

Cobain dulu rem,

Kalo ane dapat masukan bagus sih biasanya ane langsung gercep,


GARUDA DI DADAKU,

Apalg ane itu pilih pilih kasi tau,


Klo skedar hoomon hoomon gak ditanggepin,
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12394
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by Suryaputra »

vanosz wrote: Wed Mar 19, 2025 22:02
b0ku wrote: Tue Mar 18, 2025 22:44
vanosz wrote: Tue Mar 18, 2025 22:39 Hhhmmmm

:big_think:

Agans belum rasain mobil di rem kandas mobil jalan terus,

Skelas merci w204-w205 aja udah brp x,pasrah



Nyetir alpad hibrid itu tenaganya gelo loh gans,


Ane sering klo lagi pelan mau duluin mobil aliran siksa diri pulse pake glide itu ban spin gans,

Putaran balik dibejek kebanyakan bisa mobil melintir gans,




Remnya senin kemis,

Jangan sembarangan iseng ugal nempelin mobil depan,

Jantungan tuh mobil,
masalahnya saya gak pernah nempelin mobil depan om kalo ngintilin juga jarak saya bisa 1 mobil :big_biglaugh:

lebih ngerik belakang justru itu aja kalo ngerem mendadak saya suka lsg lepas rem kasih mobil maju dikit dulu ngeri belakang gak dapet rem saya pakem rem orang belom tentu :big_bored:

ya om pakenya mobil2x tenaga gede saya kan pake tenaganya kecil mobilnya ringan lagi cuma seton :big_biglaugh:

kalo gemuk kayak babi macem EV ya susah makannya yang bawa EV pada pelan2x ud takut range drop takut nabrak itu rem handling kagak lincah :big_bored:
Hhhhmmmm


:big_think:


Ane gak demen ngintilin orang sih,

Pokoe ane tempelin terus ane selip,pokoe terdepan,


Ky kapan hari tol pluit ke ancol truk 2.8 ketemu ceri tigo 8 yang gak mau diduluin malah ngegas selap selip,

Pas sbelahan jalan rame ky mau adu telat rem,


Trus ceri tigo 8 entah sesak nafas jantungan setelah itu gak nguber,truk ngerem masih bisa pindah jalur kabur terus terdepan,

Ehhhh didepan ketemu f30 gaul nguber truk,ya udah lari lagi,ky film tom henk,fores gump,

Mobil se ton biasanya velg kecil kan tetap ada hitungannya sberapa besar rem yang dipake,

Rem bawaan mobil biar gimanapun tetap sekedar abs asal brenti sukur,


Jazz GE kan gak mungkin lebih ringan dr GD,paling imut,


Mobil manual aja yang enjin brek bisa gak kuat,


Ingat nasehat agans putra surya,

Ugal witot kontrol is noting,

Lebih bae diseruduk dr blakang,drpd seruduk depan,

Cobain dulu rem,

Kalo ane dapat masukan bagus sih biasanya ane langsung gercep,


GARUDA DI DADAKU,

Apalg ane itu pilih pilih kasi tau,


Klo skedar hoomon hoomon gak ditanggepin,
Setuju mbah suhuu

Jalan raya, rem adalah koentji

Drpd nyeruduk, lbh sakit jiwa ganti nyawa orang
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5920
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by b0ku »

vanosz wrote: Wed Mar 19, 2025 22:02
Hhhhmmmm


:big_think:


Ane gak demen ngintilin orang sih,

Pokoe ane tempelin terus ane selip,pokoe terdepan,


Ky kapan hari tol pluit ke ancol truk 2.8 ketemu ceri tigo 8 yang gak mau diduluin malah ngegas selap selip,

Pas sbelahan jalan rame ky mau adu telat rem,


Trus ceri tigo 8 entah sesak nafas jantungan setelah itu gak nguber,truk ngerem masih bisa pindah jalur kabur terus terdepan,

Ehhhh didepan ketemu f30 gaul nguber truk,ya udah lari lagi,ky film tom henk,fores gump,

Mobil se ton biasanya velg kecil kan tetap ada hitungannya sberapa besar rem yang dipake,

Rem bawaan mobil biar gimanapun tetap sekedar abs asal brenti sukur,


Jazz GE kan gak mungkin lebih ringan dr GD,paling imut,


Mobil manual aja yang enjin brek bisa gak kuat,


Ingat nasehat agans putra surya,

Ugal witot kontrol is noting,

Lebih bae diseruduk dr blakang,drpd seruduk depan,

Cobain dulu rem,

Kalo ane dapat masukan bagus sih biasanya ane langsung gercep,


GARUDA DI DADAKU,

Apalg ane itu pilih pilih kasi tau,


Klo skedar hoomon hoomon gak ditanggepin,
ya iye tapi gak perlu juga pake BBK :big_biglaugh:

ntar kayak yaris om terlalu pakem waktu low speed akhirnya suka di sundul dari belakang rem juga gak enak lompat2x :big_biglaugh:

kan rem saya ud banyak upgrade ini si kalo bisa mau ganti masternya, disc mah ud nemu yang bagusan depan belakang tinggal nunggu duitnya aja :big_grin:

Image

:big_think: :big_think:
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by vanosz »

b0ku wrote: Thu Mar 20, 2025 1:17
vanosz wrote: Wed Mar 19, 2025 22:02
Hhhhmmmm


:big_think:


Ane gak demen ngintilin orang sih,

Pokoe ane tempelin terus ane selip,pokoe terdepan,


Ky kapan hari tol pluit ke ancol truk 2.8 ketemu ceri tigo 8 yang gak mau diduluin malah ngegas selap selip,

Pas sbelahan jalan rame ky mau adu telat rem,


Trus ceri tigo 8 entah sesak nafas jantungan setelah itu gak nguber,truk ngerem masih bisa pindah jalur kabur terus terdepan,

Ehhhh didepan ketemu f30 gaul nguber truk,ya udah lari lagi,ky film tom henk,fores gump,

Mobil se ton biasanya velg kecil kan tetap ada hitungannya sberapa besar rem yang dipake,

Rem bawaan mobil biar gimanapun tetap sekedar abs asal brenti sukur,


Jazz GE kan gak mungkin lebih ringan dr GD,paling imut,


Mobil manual aja yang enjin brek bisa gak kuat,


Ingat nasehat agans putra surya,

Ugal witot kontrol is noting,

Lebih bae diseruduk dr blakang,drpd seruduk depan,

Cobain dulu rem,

Kalo ane dapat masukan bagus sih biasanya ane langsung gercep,


GARUDA DI DADAKU,

Apalg ane itu pilih pilih kasi tau,


Klo skedar hoomon hoomon gak ditanggepin,
ya iye tapi gak perlu juga pake BBK :big_biglaugh:

ntar kayak yaris om terlalu pakem waktu low speed akhirnya suka di sundul dari belakang rem juga gak enak lompat2x :big_biglaugh:

kan rem saya ud banyak upgrade ini si kalo bisa mau ganti masternya, disc mah ud nemu yang bagusan depan belakang tinggal nunggu duitnya aja :big_grin:

Image

:big_think: :big_think:
Hhhmmm


:big_think:


Yaris sih emang gak enak low speed mentul loncat,

Klo diseruduk dr belakang itu namanya yang belakang ojol lagi liat gps,

Tapi bagus itu,

Klo remnya gak pakem kan yang ada mobil sendiri seruduk depan,


Udah drpd sia gonta ganti printilan bgtu,duitnya juga habis banyak tapi gak maxi,

Mending ganti 1 set,

Ap street klo jaz mungkin 30 tiawan dapat,

Tar klo udah rasain gak akan mau ribetin diri printilan gado gado gak jelas rusakin mobil aja,


Kaliper 1 pot banding 6 pot,


Piringan piyik banding piringan sepenuh velg,


Apa kata si udin
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5920
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by b0ku »

vanosz wrote: Sat Mar 22, 2025 12:31
Hhhmmm


:big_think:


Yaris sih emang gak enak low speed mentul loncat,

Klo diseruduk dr belakang itu namanya yang belakang ojol lagi liat gps,

Tapi bagus itu,

Klo remnya gak pakem kan yang ada mobil sendiri seruduk depan,


Udah drpd sia gonta ganti printilan bgtu,duitnya juga habis banyak tapi gak maxi,

Mending ganti 1 set,

Ap street klo jaz mungkin 30 tiawan dapat,

Tar klo udah rasain gak akan mau ribetin diri printilan gado gado gak jelas rusakin mobil aja,


Kaliper 1 pot banding 6 pot,


Piringan piyik banding piringan sepenuh velg,


Apa kata si udin
30 tiaw kaki lsg kebeli semua :mky_07:

mounting 6jt
arm 7jt
disc 6jt
trailing arm 3jt

mendingan beresin ini om daripada 30 tiaw siksa diri jd yaris bakpao :mky_07:
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by vanosz »

b0ku wrote: Sat Mar 22, 2025 12:58
vanosz wrote: Sat Mar 22, 2025 12:31
Hhhmmm


:big_think:


Yaris sih emang gak enak low speed mentul loncat,

Klo diseruduk dr belakang itu namanya yang belakang ojol lagi liat gps,

Tapi bagus itu,

Klo remnya gak pakem kan yang ada mobil sendiri seruduk depan,


Udah drpd sia gonta ganti printilan bgtu,duitnya juga habis banyak tapi gak maxi,

Mending ganti 1 set,

Ap street klo jaz mungkin 30 tiawan dapat,

Tar klo udah rasain gak akan mau ribetin diri printilan gado gado gak jelas rusakin mobil aja,


Kaliper 1 pot banding 6 pot,


Piringan piyik banding piringan sepenuh velg,


Apa kata si udin
30 tiaw kaki lsg kebeli semua :mky_07:

mounting 6jt
arm 7jt
disc 6jt
trailing arm 3jt

mendingan beresin ini om daripada 30 tiaw siksa diri jd yaris bakpao :mky_07:
Hhhmmm


:big_think:


Yah klo itung bgtuan nanti gak bisa rasain enaknya,


Sbnarnya modifan arm,trailing,dan kawannya itu kan bisa di tunda,

Karena bbk lebih penting,

Toh kakinya juga udah bagus kan,cuma mau upgred,

Kekurangan sisa bbk,



Mobil juga jadi cakep,diliatin orang otomatis,

Pernah dilampu merah motor sampe ngelamun celingak celinguk liatin rem,keren bingit nih pastinya,

Bukan kaleng kaleng ky bocil suka bikin konten modifan monster,suara menggelegar,asap ngebul,


Dalam pikiran tuh orang,


Modif gado gado ky arm,dan lainnya bgtu aja mahal,belum tentu nyaman dipake,


Klo bbk udah pasti,sudah upgred lebih dewasa punya kelas

Ngassssss dah,..pake polllllll,
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5920
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by b0ku »

vanosz wrote: Sat Mar 22, 2025 21:34

Hhhmmm


:big_think:


Yah klo itung bgtuan nanti gak bisa rasain enaknya,


Sbnarnya modifan arm,trailing,dan kawannya itu kan bisa di tunda,

Karena bbk lebih penting,

Toh kakinya juga udah bagus kan,cuma mau upgred,

Kekurangan sisa bbk,



Mobil juga jadi cakep,diliatin orang otomatis,

Pernah dilampu merah motor sampe ngelamun celingak celinguk liatin rem,keren bingit nih pastinya,

Bukan kaleng kaleng ky bocil suka bikin konten modifan monster,suara menggelegar,asap ngebul,


Dalam pikiran tuh orang,


Modif gado gado ky arm,dan lainnya bgtu aja mahal,belum tentu nyaman dipake,


Klo bbk udah pasti,sudah upgred lebih dewasa punya kelas

Ngassssss dah,..pake polllllll,
justru malah enak om makin bisa di pake ngebut di tempat sempit om kalo maen kaki sama chasis itu, rem itu kalo over juga bahaya mesin juga saya gak gitu mau apa2xin paling sisa ganti koil sama pulley kruk as aja :big_biglaugh:

remap aja males sekarang aja bannya ud spin mulu kalo di pake nikung sambil ngegas :big_biglaugh:

justru powernya segini2x aja ud pas gak bikin chasisnya lari :mky_03:

justru BBK bukan pada tempatnya malah kayak cuma buat show doank karena ud ngerubah kosmetik lagian pelek stock saya gak bakalan muat wong ganti SPOON monoblock aja belom tentu bisa :mky_03:

males banget gw ganti pelek ntar lsg beda feelnya :big_bored:
MarYuko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by MarYuko »

asik banget baca bahasan rem, sepertinya saya pengen juga upgrade rem nanti, medan di daerah saya naik turun gunung soalnya

terkait masalah BBM, untuk pertabo skrg saya campur redline sebotol juga, walopun katanya udah masuk kelas BBM euro 4. Katakanlah saya lebay, berlebihan, gk pp, tapi mengingat kasus yg ada skrg, saya brharap spbu swasta buka di semua kota besar di indo, krna skrg udh trust issue sama pertamina
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5920
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by b0ku »

MarYuko wrote: Sun Mar 23, 2025 0:45 asik banget baca bahasan rem, sepertinya saya pengen juga upgrade rem nanti, medan di daerah saya naik turun gunung soalnya

terkait masalah BBM, untuk pertabo skrg saya campur redline sebotol juga, walopun katanya udah masuk kelas BBM euro 4. Katakanlah saya lebay, berlebihan, gk pp, tapi mengingat kasus yg ada skrg, saya brharap spbu swasta buka di semua kota besar di indo, krna skrg udh trust issue sama pertamina
euro 4 kalo pake catalic kalo engak bubar itu euro :wkkk:

jauh bangeet sama nitro plus emisinya pake idung jg langsung ketauan :mky_03:
Ivan123
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Jan 29, 2020 15:42

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by Ivan123 »

fansdiesel wrote: Tue Feb 25, 2025 10:41 Mentalitas inlander emang gini :big_biglaugh:

Apalagi jaman Prabowo kyknya lebih gelap lagi itu danantara pasti akan rugi bandar atau skandal besar
Tenang, UUnya lebh mantap lagi, ga bisa dipenjarain kalo rugi. Mantap ga tu.

Untung selama ini pake kerang, pake oplosan kalo ga ada si kerang.

Sy sudh ga bs ngomong lagi dah kluakuan para jebat2
MarYuko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 216
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by MarYuko »

b0ku wrote: Sun Mar 23, 2025 2:30
euro 4 kalo pake catalic kalo engak bubar itu euro :wkkk:

jauh bangeet sama nitro plus emisinya pake idung jg langsung ketauan :mky_03:
masi pake katalitik om mobil saya..
memang kalo pagi aja masih ngembun, keluar uap tipis" pas manasin, enak juga pertabo lebih irit...
cuman kalo ada selain pertamina di sini saya pasti pake yg lain om..
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by vanosz »

b0ku wrote: Sun Mar 23, 2025 0:24
vanosz wrote: Sat Mar 22, 2025 21:34

Hhhmmm


:big_think:


Yah klo itung bgtuan nanti gak bisa rasain enaknya,


Sbnarnya modifan arm,trailing,dan kawannya itu kan bisa di tunda,

Karena bbk lebih penting,

Toh kakinya juga udah bagus kan,cuma mau upgred,

Kekurangan sisa bbk,



Mobil juga jadi cakep,diliatin orang otomatis,

Pernah dilampu merah motor sampe ngelamun celingak celinguk liatin rem,keren bingit nih pastinya,

Bukan kaleng kaleng ky bocil suka bikin konten modifan monster,suara menggelegar,asap ngebul,


Dalam pikiran tuh orang,


Modif gado gado ky arm,dan lainnya bgtu aja mahal,belum tentu nyaman dipake,


Klo bbk udah pasti,sudah upgred lebih dewasa punya kelas

Ngassssss dah,..pake polllllll,
justru malah enak om makin bisa di pake ngebut di tempat sempit om kalo maen kaki sama chasis itu, rem itu kalo over juga bahaya mesin juga saya gak gitu mau apa2xin paling sisa ganti koil sama pulley kruk as aja :big_biglaugh:

remap aja males sekarang aja bannya ud spin mulu kalo di pake nikung sambil ngegas :big_biglaugh:

justru powernya segini2x aja ud pas gak bikin chasisnya lari :mky_03:

justru BBK bukan pada tempatnya malah kayak cuma buat show doank karena ud ngerubah kosmetik lagian pelek stock saya gak bakalan muat wong ganti SPOON monoblock aja belom tentu bisa :mky_03:

males banget gw ganti pelek ntar lsg beda feelnya :big_bored:
Hhhmmm

:big_think:

Gmn sih ceritanya bbk bukan pada tempatnya,

Max verstapen bisa tensi,

Nih yah gans,


Mazda miata edisi skarang aja kaki kakinya bilstein dan rem bbk brembo depan blakang,walo masih kelas piyik,tapi mahal itu karena brembo,sing ada lawan

Berat 1 ton,



Mesin aja standar cupu kt pemuja tenaga kuda monster,


Mknya cobain dulu,

Soal muat atau enggak nanti kan di cek dulu,

Pake bbk anti getar dongdot dan selonong dah ah,

Kata pepatah mak bapak ane,

Tak kenal maka tak kawin,


Yang enak itu gak bisa di dustakan,


Ada lagunya,


Yang enak enak

Ya memang enak,
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1350
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by kenop »

Ini dr ngmgin bensin bs ke BBK gmana ceritanya sih :mky_05:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5920
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by b0ku »

kenop wrote: Sun Mar 23, 2025 5:38 Ini dr ngmgin bensin bs ke BBK gmana ceritanya sih :mky_05:
tau tuh om vanos ngotot :big_dunno:

gak usah ngomongin bbk itu yaris bakpao saking pakemnya aja ponakan saya masih bocah aja bisa komplen katanya ngeremnya gak enak di mobil laen mana pernah kek gitu padahal yaris bakpao cuma pakem pas low speed pas high speed gak tau dehv itu pakem ilang kemana :big_biglaugh:

barusan juga saya lagi jalan sante di pik 2 paling 80an karena kosong tau2x ada anjing lompat nyebrang saya lsg ngerem berenti si ,anjingny juga selamat saya ud mikir aduh ketabrak nih gak taunya masih lari balik arah, cuma istri saya di belakang gak pake seatbelt lsg mental nabrak headrest sekalian aja saya omelin bertaun2x dibilangin duduk belakang pake seatbelt untung ngeremnya gak lebih kenceng lagi bisa2x idungnya patah :big_dunno:

gimana pake bbk bisa terbang itu kepala :big_dunno:
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by vanosz »

Yah gak apa bahas ngalor ngidul,

Udah trit panjang masa ulang trs soal kolups,

Klo ada kesempatan juga pada kolups,


Kcuali ane penghuni syurgah,

Trit ini simpel aja,

Udah tau gak beres si merah ngpn dibahas lagi,

Masih ada shel,


Btw,


Oi klo suspensi udah bagus skelas billstein coilover mau pake bbk segede velg gak mungkin jedot,

Bbk itu memperpendek jarak,

Bukan di rem langsung brenti,ancur kaki kaki,




Masih bagus loh ada yg kasi tau bagus buat salurin hobi,kan aliran demen modif dan ugal,




Drpd di forum bahas trit beli mobil aja galau,


Orang galau mau beli gak punya duit,

Malu sama mak mak,


Aya boten wae,


Ngassss dah,

Bbk ap street,

Atau cari bekas biasanya ada yg titip jual di brakesop,
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5920
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by b0ku »

vanosz wrote: Sun Mar 23, 2025 7:27 Yah gak apa bahas ngalor ngidul,

Udah trit panjang masa ulang trs soal kolups,

Klo ada kesempatan juga pada kolups,


Kcuali ane penghuni syurgah,

Trit ini simpel aja,

Udah tau gak beres si merah ngpn dibahas lagi,

Masih ada shel,


Btw,


Oi klo suspensi udah bagus skelas billstein coilover mau pake bbk segede velg gak mungkin jedot,

Bbk itu memperpendek jarak,

Bukan di rem langsung brenti,ancur kaki kaki,




Masih bagus loh ada yg kasi tau bagus buat salurin hobi,kan aliran demen modif dan ugal,




Drpd di forum bahas trit beli mobil aja galau,


Orang galau mau beli gak punya duit,

Malu sama mak mak,


Aya boten wae,


Ngassss dah,

Bbk ap street,

Atau cari bekas biasanya ada yg titip jual di brakesop,
tapi ukur mobilnya juga lah om mobil enteng traksi bagus mesin cupu masa pake bbk :big_biglaugh:

mendingan ganti mounting om biar berat mesin gak bikin overster lebih parah :mky_03: terus karena mountingnya kuat traksi ban lebih dapet otmatis lebih grip bagus buat rem dan tarikan :big_grin:

mobil saya tuh berasa banget dapet tenaganya juga dari traksi bukan dari tenaga mesin doank :big_grin:

mostly kalo sekarang dapet dari modifan link, coilover sama stiff ring 3 modifan ini bantu nambah traksi ke tanah jd bantu ngerem sama bantu akselerasi jgn lupa semua itu juga bantu kontrol ban :big_grin:

list yang saya kasih di atas juga mostly bantu ke traksi :big_grin:

ganti bbk juga kalo setirnya kurang presisi sa
ma oversterr parah dan oleng nabrak2x juga om :drinking:

belom kalo bannya traksinya jelek bbk cuma bakalan nyeret tuh ban bukan berentiin mobil malah bannya berenti tapi mobil masih meluncur kayak kereta salju :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27560
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by DOHC »

ini ud 17 pej

jadi konklusi nya adalah

utk smua mobil, wajip :

- jauhi bbm pertamina kcuali dapet barcode buat pertalit atau solar
- vpower nitro atau bp ultimate pilihan yg pasti2 aj
- shock wajip bilstein
- rem wajip bbk

titik, selsai (bukan (mantan) bini nya si nganu)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5920
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by b0ku »

DOHC wrote: Sun Mar 23, 2025 8:18 ini ud 17 pej

jadi konklusi nya adalah

utk smua mobil, wajip :

- jauhi bbm pertamina kcuali dapet barcode buat pertalit atau solar
- vpower nitro atau bp ultimate pilihan yg pasti2 aj
- shock wajip bilstein
- rem wajip bbk

titik, selsai (bukan (mantan) bini nya si nganu)
interupsi suhu kalo mobilnya isinya mesin jahit kayak mobil saya gak perlu...... :ngacir:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1698
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by lemonadelovers »

b0ku wrote: Sun Mar 23, 2025 11:48
DOHC wrote: Sun Mar 23, 2025 8:18 ini ud 17 pej

jadi konklusi nya adalah

utk smua mobil, wajip :

- jauhi bbm pertamina kcuali dapet barcode buat pertalit atau solar
- vpower nitro atau bp ultimate pilihan yg pasti2 aj
- shock wajip bilstein
- rem wajip bbk

titik, selsai (bukan (mantan) bini nya si nganu)
interupsi suhu kalo mobilnya isinya mesin jahit kayak mobil saya gak perlu...... :ngacir:
Barusan coba brembo oem ceramic pad udah enak dibanding ori. Dpt murmer ga sampe 400rb buat kampas depan d ertiga diesel. Lengkap klip2 sarung bungkusnya bsa jd lap dpt pin slider grease n stiker..
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 693
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Kasus Pertamax RON 92 isinya RON 90 (Kolubzi di Pertamina)

Post by saturday »

DOHC wrote: Sun Mar 23, 2025 8:18 ini ud 17 pej

jadi konklusi nya adalah

utk smua mobil, wajip :

- jauhi bbm pertamina kcuali dapet barcode buat pertalit atau solar
- vpower nitro atau bp ultimate pilihan yg pasti2 aj
- shock wajip bilstein
- rem wajip bbk

titik, selsai (bukan (mantan) bini nya si nganu)
IMG_20250323_194706.jpg
IMG_20250323_194722.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.