timbermaniac123 wrote: ↑Thu Feb 20, 2025 6:04
Kalau perkiraan saya si banyak untungnya. Karena di thailand aja byd lebih murah 150 juta.
Disini :
https://www.economist.com/business/2025 ... obal-south
Kapasitas terpasang 45 juta (baca juta yak), tapi cuma beroperasi 60% alias cuma 27 juta, jadi ada 18 juta nganggur. Itu yang nganggur : mesin stamping, robot2 welding, painting booth, mixing cathode-anode batere, mesin assy battery. Naah, kalo barang fixed cost begitu kan bikin ndak bikin ngurangin profit (depresiasi), belun kalo pinjem bank meskipun bunga cuma 1-2% tetep bayar juga. Mending bikin mobil, onderdil mobil sama batere mobil, yg. penting nutup bunga sama depresiasi dikit2 kirim dah kemari.
Belun lagi perang dagang, masuk ke EU kena bea mahal, masuk ke US sama sekali ndak bole masuk, masuk ke Prindapan sama susahnya, ya jalan keluar satu2nya cuma ke Latam, Afrika sama Asteng. Itu surplus nganggur 18 juta unit udah sama dengan 18 kali jualan mobil di Indonesia, ibaratnya, seluruh mobil dimari dibikin di Cungkuo mereka masih kelebihan 17 juta
Liat aja tu, Honda yang SEA based-nya di Thai sampe harus nutup pabrik :
https://paultan.org/2024/07/11/honda-to ... r-hybrids/
Itu kalo itung2an kasar, mobil OTR 500 juta, karena ndak ada pajak apa2 lagi kecuali PPN (EV kan bebas-basss) taruh harga sebelum PPN 450 juta. Tambah margin dealer, taruh margin dealer (ndak ada margin ATPM karena masuk langsung) 20%, harga pokok 360 juta. Kalo fixed cost 20% dari harga pokok masih ada 75 juta. Itu cungkuo2 EV itung2an kasar punya modal perang diskon bangsa 100-200 juta tuh, belun lagi ntar lokalisasi, masih dapet bebas PPN 10% lagi buat modal perang. Lawannya punya modal perang kayak gini, apa kagak mumet Toyodai ama Honda disini
