EV's Safety?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

vanosz wrote: Wed Feb 19, 2025 3:02 Knp gak coba jazz gk,


Ane pernah pake jazz gd,citi ge,manual semua

Mnrt ane sih sama enak,

Jazz gk juga pasti enak khas honda,


Ane pake citi tangerang jakarta selalu ugal selap selip,minimal 160 top speed,


Emang itu enak bingit sasisnya sadis,nurut banget,

Harusnya terbarunya lebih enak,

Jazz gd masih di jakarta wara wiri, kurang pol,tapi pernah lari 180 lawan kia carens gen 2 waktu zamannya dr karawang ke jakarta,

Anteng aja,

Tapi lebih enak citi,

Klo kmaren jazz baru masuk ane mau nostalgia manual skalian buat latihan sentul,


Sayang mesin kecil tapi matik,
cek lapak sebelah om gara2x saya buka parts GE GM sama GK lsg ke ekpose kelemahan GK dan itu yang ngomong bukan saya loh :big_biglaugh:

satu lagi yang saya gak suka dari GK dashboardnya biasa aja posisi duduk ke dashboard gak seenak ge8 :mky_03:
kayukayuthe5th
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 480
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Wed Feb 19, 2025 3:10
vanosz wrote: Wed Feb 19, 2025 3:02 Knp gak coba jazz gk,


Ane pernah pake jazz gd,citi ge,manual semua

Mnrt ane sih sama enak,

Jazz gk juga pasti enak khas honda,


Ane pake citi tangerang jakarta selalu ugal selap selip,minimal 160 top speed,


Emang itu enak bingit sasisnya sadis,nurut banget,

Harusnya terbarunya lebih enak,

Jazz gd masih di jakarta wara wiri, kurang pol,tapi pernah lari 180 lawan kia carens gen 2 waktu zamannya dr karawang ke jakarta,

Anteng aja,

Tapi lebih enak citi,

Klo kmaren jazz baru masuk ane mau nostalgia manual skalian buat latihan sentul,


Sayang mesin kecil tapi matik,
cek lapak sebelah om gara2x saya buka parts GE GM sama GK lsg ke ekpose kelemahan GK dan itu yang ngomong bukan saya loh :big_biglaugh:

satu lagi yang saya gak suka dari GK dashboardnya biasa aja posisi duduk ke dashboard gak seenak ge8 :mky_03:
gwa gasuka GK; posisi duduk ama set suspensinya cukup kentang. stiff kagak empuk kagak kurang enak aja sih di kec tinggi (dan ini agak dibawa ke wrv dsb)
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Wed Feb 19, 2025 4:00
gwa gasuka GK; posisi duduk ama set suspensinya cukup kentang. stiff kagak empuk kagak kurang enak aja sih di kec tinggi (dan ini agak dibawa ke wrv dsb)
sebenernya chasisnya lebih bagus om cuma hondanya aja yang aneh banyak yang ud bagus di GE gak di pertahanin malah bikin aneh2x :big_biglaugh:

akhirnya di GR layoutnya balik kek GE8 cuma tetep aura sportnya malah di ilangin makanya GR itu ud kayak GE8 versi banci :big_biglaugh:

Image

Image

Image
kayukayuthe5th
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 480
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Wed Feb 19, 2025 4:04
kayukayuthe5th wrote: Wed Feb 19, 2025 4:00
gwa gasuka GK; posisi duduk ama set suspensinya cukup kentang. stiff kagak empuk kagak kurang enak aja sih di kec tinggi (dan ini agak dibawa ke wrv dsb)
sebenernya chasisnya lebih bagus om cuma hondanya aja yang aneh banyak yang ud bagus di GE gak di pertahanin malah bikin aneh2x :big_biglaugh:

akhirnya di GR layoutnya balik kek GE8 cuma tetep aura sportnya malah di ilangin makanya GR itu ud kayak GE8 versi banci :big_biglaugh:

Image

Image

Image
GE sih emang timeless;sayang pendek banget, GK di topspeed lebih stabil cman buat belok2 gwa lebih suka GE (penah pake semua)
GR luarnya cute tapi dalemnya terlalu cewe, laci2nya itu lady-friendly banget
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12358
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: EV's Safety?

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Wed Feb 19, 2025 12:55
b0ku wrote: Wed Feb 19, 2025 4:04
kayukayuthe5th wrote: Wed Feb 19, 2025 4:00
gwa gasuka GK; posisi duduk ama set suspensinya cukup kentang. stiff kagak empuk kagak kurang enak aja sih di kec tinggi (dan ini agak dibawa ke wrv dsb)
sebenernya chasisnya lebih bagus om cuma hondanya aja yang aneh banyak yang ud bagus di GE gak di pertahanin malah bikin aneh2x :big_biglaugh:

akhirnya di GR layoutnya balik kek GE8 cuma tetep aura sportnya malah di ilangin makanya GR itu ud kayak GE8 versi banci :big_biglaugh:

Image

Image

Image
GE sih emang timeless;sayang pendek banget, GK di topspeed lebih stabil cman buat belok2 gwa lebih suka GE (penah pake semua)
GR luarnya cute tapi dalemnya terlalu cewe, laci2nya itu lady-friendly banget
Interior paling elegan GK
Drpd GR dan GE

Klo GE ya resing sport gtu
Lbh ke fungsional ajah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety?

Post by ilhami »

Mobil listrik dari china bertambah terus :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

ilhami wrote: Thu Feb 20, 2025 3:32 Mobil listrik dari china bertambah terus :ngacir:
nambah doank laku mah kagak :mky_07:
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: EV's Safety?

Post by Jenson »

b0ku wrote: Thu Feb 20, 2025 4:50
ilhami wrote: Thu Feb 20, 2025 3:32 Mobil listrik dari china bertambah terus :ngacir:
nambah doank laku mah kagak :mky_07:
Bener2 penasaran, margin profit 1 ev China berapaan sih. Sampe2 orang pada lomba2 jualan moblis ditengah market wakanda yang hidup segan mati nggak mau..

Udah pemain skrg sesek, dijejelin trus tp daya beli lemes. Tapi yg masuk ga berenti2, denger2 chang an mau masuk juga. Belom lagi merek2 antah berantah lainnya :big_think:

Apakah modal jualannya macam 1-2 kejual cukup nutupin profit 5 mangkrak? Penasaran kapan ini bubble burst. Bisa2 yg ud nyetok ga kejual d obral 50 jutaan ni barang :big_blushing:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

Jenson wrote: Thu Feb 20, 2025 5:31
Bener2 penasaran, margin profit 1 ev China berapaan sih. Sampe2 orang pada lomba2 jualan moblis ditengah market wakanda yang hidup segan mati nggak mau..

Udah pemain skrg sesek, dijejelin trus tp daya beli lemes. Tapi yg masuk ga berenti2, denger2 chang an mau masuk juga. Belom lagi merek2 antah berantah lainnya :big_think:

Apakah modal jualannya macam 1-2 kejual cukup nutupin profit 5 mangkrak? Penasaran kapan ini bubble burst. Bisa2 yg ud nyetok ga kejual d obral 50 jutaan ni barang :big_blushing:
keliatan bakar duitnya kalo dari cara BYD buka buka sama invest mah nutupnya lama itu kalo jualannya begini mulu mah :mky_07:

paling pinter cherry maen sesuai margin jualan aja showroom 3s ruko alakadarnya :mky_03:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 749
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: EV's Safety?

Post by timbermaniac123 »

Jenson wrote: Thu Feb 20, 2025 5:31
b0ku wrote: Thu Feb 20, 2025 4:50
ilhami wrote: Thu Feb 20, 2025 3:32 Mobil listrik dari china bertambah terus :ngacir:
nambah doank laku mah kagak :mky_07:
Bener2 penasaran, margin profit 1 ev China berapaan sih. Sampe2 orang pada lomba2 jualan moblis ditengah market wakanda yang hidup segan mati nggak mau..

Udah pemain skrg sesek, dijejelin trus tp daya beli lemes. Tapi yg masuk ga berenti2, denger2 chang an mau masuk juga. Belom lagi merek2 antah berantah lainnya :big_think:

Apakah modal jualannya macam 1-2 kejual cukup nutupin profit 5 mangkrak? Penasaran kapan ini bubble burst. Bisa2 yg ud nyetok ga kejual d obral 50 jutaan ni barang :big_blushing:
Kalau perkiraan saya si banyak untungnya. Karena di thailand aja byd lebih murah 150 juta.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: Thu Feb 20, 2025 6:04
Kalau perkiraan saya si banyak untungnya. Karena di thailand aja byd lebih murah 150 juta.
belom tentu juga om bisa jadi bedarah2x juga :mky_03:

disana EV juga di subsidi soalnya :mky_03:

FYI aja di thailand aja yaris mesinnya kayak LCGC biar dapet insentif :big_biglaugh:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 571
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV's Safety?

Post by Bibieight »

timbermaniac123 wrote: Thu Feb 20, 2025 6:04 Kalau perkiraan saya si banyak untungnya. Karena di thailand aja byd lebih murah 150 juta.
Disini : https://www.economist.com/business/2025 ... obal-south
Kapasitas terpasang 45 juta (baca juta yak), tapi cuma beroperasi 60% alias cuma 27 juta, jadi ada 18 juta nganggur. Itu yang nganggur : mesin stamping, robot2 welding, painting booth, mixing cathode-anode batere, mesin assy battery. Naah, kalo barang fixed cost begitu kan bikin ndak bikin ngurangin profit (depresiasi), belun kalo pinjem bank meskipun bunga cuma 1-2% tetep bayar juga. Mending bikin mobil, onderdil mobil sama batere mobil, yg. penting nutup bunga sama depresiasi dikit2 kirim dah kemari.

Belun lagi perang dagang, masuk ke EU kena bea mahal, masuk ke US sama sekali ndak bole masuk, masuk ke Prindapan sama susahnya, ya jalan keluar satu2nya cuma ke Latam, Afrika sama Asteng. Itu surplus nganggur 18 juta unit udah sama dengan 18 kali jualan mobil di Indonesia, ibaratnya, seluruh mobil dimari dibikin di Cungkuo mereka masih kelebihan 17 juta :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Liat aja tu, Honda yang SEA based-nya di Thai sampe harus nutup pabrik : https://paultan.org/2024/07/11/honda-to ... r-hybrids/

Itu kalo itung2an kasar, mobil OTR 500 juta, karena ndak ada pajak apa2 lagi kecuali PPN (EV kan bebas-basss) taruh harga sebelum PPN 450 juta. Tambah margin dealer, taruh margin dealer (ndak ada margin ATPM karena masuk langsung) 20%, harga pokok 360 juta. Kalo fixed cost 20% dari harga pokok masih ada 75 juta. Itu cungkuo2 EV itung2an kasar punya modal perang diskon bangsa 100-200 juta tuh, belun lagi ntar lokalisasi, masih dapet bebas PPN 10% lagi buat modal perang. Lawannya punya modal perang kayak gini, apa kagak mumet Toyodai ama Honda disini :big_weee: :big_weee: :big_weee:
kayukayuthe5th
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 480
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: EV's Safety?

Post by kayukayuthe5th »

Bibieight wrote: Thu Feb 20, 2025 6:57
timbermaniac123 wrote: Thu Feb 20, 2025 6:04 Kalau perkiraan saya si banyak untungnya. Karena di thailand aja byd lebih murah 150 juta.
Disini : https://www.economist.com/business/2025 ... obal-south
Kapasitas terpasang 45 juta (baca juta yak), tapi cuma beroperasi 60% alias cuma 27 juta, jadi ada 18 juta nganggur. Itu yang nganggur : mesin stamping, robot2 welding, painting booth, mixing cathode-anode batere, mesin assy battery. Naah, kalo barang fixed cost begitu kan bikin ndak bikin ngurangin profit (depresiasi), belun kalo pinjem bank meskipun bunga cuma 1-2% tetep bayar juga. Mending bikin mobil, onderdil mobil sama batere mobil, yg. penting nutup bunga sama depresiasi dikit2 kirim dah kemari.

Belun lagi perang dagang, masuk ke EU kena bea mahal, masuk ke US sama sekali ndak bole masuk, masuk ke Prindapan sama susahnya, ya jalan keluar satu2nya cuma ke Latam, Afrika sama Asteng. Itu surplus nganggur 18 juta unit udah sama dengan 18 kali jualan mobil di Indonesia, ibaratnya, seluruh mobil dimari dibikin di Cungkuo mereka masih kelebihan 17 juta :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Liat aja tu, Honda yang SEA based-nya di Thai sampe harus nutup pabrik : https://paultan.org/2024/07/11/honda-to ... r-hybrids/

Itu kalo itung2an kasar, mobil OTR 500 juta, karena ndak ada pajak apa2 lagi kecuali PPN (EV kan bebas-basss) taruh harga sebelum PPN 450 juta. Tambah margin dealer, taruh margin dealer (ndak ada margin ATPM karena masuk langsung) 20%, harga pokok 360 juta. Kalo fixed cost 20% dari harga pokok masih ada 75 juta. Itu cungkuo2 EV itung2an kasar punya modal perang diskon bangsa 100-200 juta tuh, belun lagi ntar lokalisasi, masih dapet bebas PPN 10% lagi buat modal perang. Lawannya punya modal perang kayak gini, apa kagak mumet Toyodai ama Honda disini :big_weee: :big_weee: :big_weee:
ditambah LATAM, MENA, ma ASEAN masih FOMO, belum tau kaia EUKUS dah ngrasain ganti batere lebih mahal dari beli mobil baru :mky_01:
itupun US dibawah trumps katanya ikut EUK mau bikin road tax EV
https://www.msn.com/en-us/politics/gove ... ngNewsSerp
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »



:wkkk: :wkkk:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 329
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: EV's Safety?

Post by Ibet »

Jenson wrote: Thu Feb 20, 2025 5:31
b0ku wrote: Thu Feb 20, 2025 4:50
ilhami wrote: Thu Feb 20, 2025 3:32 Mobil listrik dari china bertambah terus :ngacir:
nambah doank laku mah kagak :mky_07:
Bener2 penasaran, margin profit 1 ev China berapaan sih. Sampe2 orang pada lomba2 jualan moblis ditengah market wakanda yang hidup segan mati nggak mau..

Udah pemain skrg sesek, dijejelin trus tp daya beli lemes. Tapi yg masuk ga berenti2, denger2 chang an mau masuk juga. Belom lagi merek2 antah berantah lainnya :big_think:

Apakah modal jualannya macam 1-2 kejual cukup nutupin profit 5 mangkrak? Penasaran kapan ini bubble burst. Bisa2 yg ud nyetok ga kejual d obral 50 jutaan ni barang :big_blushing:
yg penting dumping dulu sambil wait n see market euro & us
dapetnya kan barang 'lama' tapi baru terus

sementara itu terkait CATL mau invest pabrik di sini :

https://ekonomi.bisnis.com/read/2025021 ... 19-triliun

:big_dunno:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

Jenson wrote: Thu Feb 20, 2025 5:31
Bener2 penasaran, margin profit 1 ev China berapaan sih. Sampe2 orang pada lomba2 jualan moblis ditengah market wakanda yang hidup segan mati nggak mau..

Udah pemain skrg sesek, dijejelin trus tp daya beli lemes. Tapi yg masuk ga berenti2, denger2 chang an mau masuk juga. Belom lagi merek2 antah berantah lainnya :big_think:

Apakah modal jualannya macam 1-2 kejual cukup nutupin profit 5 mangkrak? Penasaran kapan ini bubble burst. Bisa2 yg ud nyetok ga kejual d obral 50 jutaan ni barang :big_blushing:
itu jualan mobil macem jualan toko roti atau warung makan. daripada ngebuang mending jual rugi.

dgn kapasitas produksi china yang besar pake banget, udah pasti kewalahan untuk "ngebuang" stoknya gimana. emang sih harga per unit bisa murah dan ini emang kekuatan china, di luar emang standar QC china udah pasti di bawah nippon.

tapi slowly kayak gini akan jadi beban kalo pasar nggak nyerap.

sebenernya yang udah keliatan ini ngerti nggak siapa? wuling. kenapa wuling makin lama makin gak berasa worth it produknya, ya karena udah invest besar-besaran bikin pabrik, eh pasarnya nggak nyerap.

BYD udah ngerti makanya offer lebih gila lagi, dy ya udah daripada repot2 coba test pasar dulu, bilang ma govt wakanda basa basi nanti bakal bikin pabrik padahal ya sebenernya entahlah... tuh mobil dy dapet insentif besar-besaran juga.
Last edited by ChZ on Fri Feb 21, 2025 3:18, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1814
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: EV's Safety?

Post by MSU »

ChZ wrote: Fri Feb 21, 2025 3:13
Jenson wrote: Thu Feb 20, 2025 5:31
Bener2 penasaran, margin profit 1 ev China berapaan sih. Sampe2 orang pada lomba2 jualan moblis ditengah market wakanda yang hidup segan mati nggak mau..

Udah pemain skrg sesek, dijejelin trus tp daya beli lemes. Tapi yg masuk ga berenti2, denger2 chang an mau masuk juga. Belom lagi merek2 antah berantah lainnya :big_think:

Apakah modal jualannya macam 1-2 kejual cukup nutupin profit 5 mangkrak? Penasaran kapan ini bubble burst. Bisa2 yg ud nyetok ga kejual d obral 50 jutaan ni barang :big_blushing:
itu jualan mobil macem jualan toko roti. daripada ngebuang mending jual rugi.

dgn kapasitas produksi china yang besar pake banget, udah pasti kewalahan untuk "ngebuang" stoknya gimana. emang sih harga per unit bisa murah dan ini emang kekuatan china, di luar emang standar QC china udah pasti di bawah nippon.

tapi slowly kayak gini akan jadi beban kalo pasar nggak nyerap.
yang lagi agresif indomobs ni om...
udh kayak atpm all china brand...gile...gile..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16595
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV's Safety?

Post by ChZ »

MSU wrote: Fri Feb 21, 2025 3:16

yang lagi agresif indomobs ni om...
udh kayak atpm all china brand...gile...gile..
kalau modal import doang paling mudah ditembusin ya indomob emang. itu kan atpm rasa grey import mau merek apa aja spek gimana aja bisa
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »


Standar emisi Euro 7 merupakan serangkaian peraturan terbaru yang diterapkan oleh Uni Eropa guna mengurangi polusi udara dari kendaraan secara signifikan, termasuk emisi gas buang, dengan menetapkan batasan yang lebih ketat pada polutan seperti nitrogen oksida (NOx), partikulat (PM), dan karbon monoksida (CO), sembari juga memperkenalkan persyaratan baru untuk emisi dari rem dan ban, dan bahkan daya tahan baterai untuk kendaraan listrik ; pada dasarnya menjadikannya standar emisi paling ketat hingga saat ini dibandingkan dengan standar Euro sebelumnya seperti Euro 6.

Poin-poin penting tentang Euro 7:

Batasan yang lebih ketat terhadap polutan:
Euro 7 mempertahankan batas emisi gas maksimum yang sama seperti Euro 6-D, tetapi memperkenalkan batas yang jauh lebih rendah untuk partikel, terutama berfokus pada partikel yang lebih kecil dari rem dan ban


Emisi non-gas yang ditangani:
Tidak seperti standar sebelumnya, Euro 7 secara khusus menargetkan emisi dari sumber seperti keausan rem dan abrasi ban, yang mengharuskan produsen untuk menerapkan teknologi untuk meminimalkan emisi ini.

Persyaratan daya tahan baterai:
Untuk kendaraan listrik, Euro 7 mencakup standar untuk masa pakai baterai, yang memastikan baterai mempertahankan tingkat kinerja tertentu dari waktu ke waktu

Dampak pada jenis kendaraan:
Standar baru tersebut berlaku untuk semua jenis kendaraan, termasuk mobil, van, truk, dan bus, dengan kemungkinan batas emisi yang berbeda tergantung pada kategori kendaraan
:big_think:
Menurut penelitian, emisi ban, terutama partikel yang dihasilkan dari keausan ban, jauh lebih tinggi daripada emisi knalpot , dengan beberapa studi mengklaim emisi ban dapat mencapai 1.850 kali lebih besar daripada polutan knalpot, menjadikan keausan ban sebagai penyumbang yang jauh lebih besar terhadap keseluruhan polusi partikel kendaraan daripada knalpot itu sendiri



:wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

kok sepi ya :big_think:
Mobil Listrik Mewah Terbakar di Jakbar, Diduga Korsleting Listrik
verified-round
25 Februari 2025 16:08 WIB

Mobil listrik Porsche Taycan terbakar di Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat. Kebakaran terjadi saat sportscar itu terparkir.
ADVERTISEMENT

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam mengatakan, kebakaran terjadi pada Senin (24/2) sekitar pukul 03.00 WIB. Mobil itu terparkir di lahan bekas lapangan futsal.
"Kerugian 1 unit mobil listrik merk Porsche Taycan Nopol B 162 AZU warna biru tahun 2020," kata Ade Ary dalam keterangannya, Selasa (25/2).
Tidak diketahui asal api tersebut. Namun diduga kebakaran disebabkan korsleting listrik.
"Mobil tersebut mengeluarkan api yang diduga dari korsleting listrik," ujarnya.
Informasi penting disajikan secara kronologis
Api berhasil dipadamkan dengan menggunakan 11 tabung APAR. Selain itu dua unit Damkar juga dikerahkan untuk membantu pemadaman.
Kebakaran padam dalam waktu 2 jam. Tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa itu.
https://kumparan.com/kumparannews/mobil ... TTUdO/full
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2474
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: EV's Safety?

Post by ilhami »

kok parkir begitu doang kebakar ya?
vanosz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1377
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: EV's Safety?

Post by vanosz »

Gak salah kata agans boku,

Kan pake bukti,

Tinggal cek dan ricek aja,zaman gampang cari info,

Ngassssssssssss,
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 859
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: EV's Safety?

Post by mobilover »

b0ku wrote: Tue Feb 25, 2025 12:30 kok sepi ya :big_think:
Mobil Listrik Mewah Terbakar di Jakbar, Diduga Korsleting Listrik
verified-round
25 Februari 2025 16:08 WIB

Mobil listrik Porsche Taycan terbakar di Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat. Kebakaran terjadi saat sportscar itu terparkir.
ADVERTISEMENT

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam mengatakan, kebakaran terjadi pada Senin (24/2) sekitar pukul 03.00 WIB. Mobil itu terparkir di lahan bekas lapangan futsal.
"Kerugian 1 unit mobil listrik merk Porsche Taycan Nopol B 162 AZU warna biru tahun 2020," kata Ade Ary dalam keterangannya, Selasa (25/2).
Tidak diketahui asal api tersebut. Namun diduga kebakaran disebabkan korsleting listrik.
"Mobil tersebut mengeluarkan api yang diduga dari korsleting listrik," ujarnya.
Informasi penting disajikan secara kronologis
Api berhasil dipadamkan dengan menggunakan 11 tabung APAR. Selain itu dua unit Damkar juga dikerahkan untuk membantu pemadaman.
Kebakaran padam dalam waktu 2 jam. Tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa itu.
https://kumparan.com/kumparannews/mobil ... TTUdO/full
Itu gak heboh karena mobil yg kebakar gampang dipadaminnya. Kalau susah dipadamin pasti jadi berita heboh di sosmed. Secara sekarang gampang viralin berita apapun. Plus yg kebakar ini mobil porsche. Kalau yg kebakar mobil china pasti banyak yg jadi provokator haha
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5810
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: EV's Safety?

Post by b0ku »

mobilover wrote: Tue Feb 25, 2025 23:15
Itu gak heboh karena mobil yg kebakar gampang dipadaminnya. Kalau susah dipadamin pasti jadi berita heboh di sosmed. Secara sekarang gampang viralin berita apapun. Plus yg kebakar ini mobil porsche. Kalau yg kebakar mobil china pasti banyak yg jadi provokator haha
gampang?? coba dibaca om 2jem loh itu ud masuk thermal runway emang thermal runway average 2jem baru padam :big_biglaugh:

kalo di artikel kalimatnya seolah2x enteng nyatanya 2jem itu modar juga :glodak:

11 apar 2 mobil pemadam si gila juga cuma buat 1 mobil doank loh biasanya seeekor juga cukup :big_bored:

kalo saya bilang kemungkinan tempatnya agak tersembunyi soalnya nyari2x foto gak ada :big_think:
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 859
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: EV's Safety?

Post by mobilover »

Yah tergolong gampang lah om utk ukuran ev. Kalau susah sampai nyamber bakar mobil di sekitarnya kan udah pasti jadi berita heboh kayak yg kasus di korea dgn mercedes ev haha.

Kalau dilihat dr beritanya, itu karena konsleting listrik yah. Mobil ICE jg sering kebakar krn masalah konslet kabel ini. Mau merek mewah pun resiko konslet tetap ada ya