apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16246
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 3:10 Circle saya, mayoritas gen-z yg dah berpenghasilan (born 1997 ke atas), gak bisa dan gakmau nyetir
even yg cowo pun juga ada... yg cewe lbh buanyak.

seriously...

Untuk ke sana ke mari, mereka prefer:
- Naik motor
- Taxi Online or Blubird
- Pinjem mobil ortu

Mereka prefer healing, ngopi, traveling, beli gadget

Privacy?..
- Orang apa-apa diposting di status dan story, sampai curhat aja di story :big_biglaugh:
belajar nyetir dianggepnya buat apa kan ada taksol.

makanya untuk nyicil kendaraan dan rumah aja mpot mpotan kok boro boro mikir nikah dan berkeluarga. nikahpun ya maunya childfree lah saya aja mikirnya gitu, ada pasangan ya emang tujuannya buat hepi2 berdua aja :big_biglaugh:

di zaman kite ke atas, bawa mobil sendiri itu masih dianggep keren.

ya positifnya trend spt ini juga nggak cuma kita ngalamin, negara maju pun buanyak. :upss:

even cagub DKI aja nangkep tren ke arah sini jadi yang dibicarakan transum, bagus sih :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11153
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Oct 23, 2024 3:17
Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 3:10 Circle saya, mayoritas gen-z yg dah berpenghasilan (born 1997 ke atas), gak bisa dan gakmau nyetir
even yg cowo pun juga ada... yg cewe lbh buanyak.

seriously...

Untuk ke sana ke mari, mereka prefer:
- Naik motor
- Taxi Online or Blubird
- Pinjem mobil ortu

Mereka prefer healing, ngopi, traveling, beli gadget

Privacy?..
- Orang apa-apa diposting di status dan story, sampai curhat aja di story :big_biglaugh:
belajar nyetir dianggepnya buat apa kan ada taksol.

makanya untuk nyicil kendaraan dan rumah aja mpot mpotan kok boro boro mikir nikah dan berkeluarga. nikahpun ya maunya childfree lah saya aja mikirnya gitu, ada pasangan ya emang tujuannya buat hepi2 berdua aja :big_biglaugh:

di zaman kite ke atas, bawa mobil sendiri itu masih dianggep keren.

ya positifnya trend spt ini juga nggak cuma kita ngalamin, negara maju pun buanyak. :upss:

even cagub DKI aja nangkep tren ke arah sini jadi yang dibicarakan transum, bagus sih :upss:
ya makanya, yg beli mobil generasi kita ke atas aja yg mayoritas.

klo gen-z dibilang let say 30-40% menguasai pembelian barang,
tp hanya sekian persen (gak semuanya) beli mobil.

mereka lbh nyaman di taksol... bisa share story lg jalan ke mana, makan apa, activity hr ni apa aja... scrolling something.

makanya user tiktok dan socmed makin menjamur, ya karena emg buat gen-z di masa depan

mungkin.. klo mobilnya Full autonomous, nah ini menarik deh.
kyk di tiongkok

suka gak suka, Gen-Z itu penduduk asli digital :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
laksanice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Mon May 20, 2024 2:43

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by laksanice »

KielConstantine wrote: Tue Oct 22, 2024 16:20
darrelund wrote: Tue Oct 22, 2024 14:56
KielConstantine wrote: Tue Oct 22, 2024 12:03
Pertanyaan sebenernya

Apakah 10 taon lg Gen Z & Alpha masih tertarik buat punya mobil? :upss:
penggemar otomotip pasti ada regenerasi mbah

gimanapun jg mobil ttp ada daya tariknya tersendiri mbah

mobil itu tiket kebebasan individu yg lumayan mahal

ni skrg pada nolak, tar liat aja ttpan pada beli kok :big_biglaugh:

entah krn kebutuhan keluarga ato gmn

yang jadi pertanyaan

jenis mobil apakah yang akan nanti populer?
Kalo kalangan itu kan emang ada enthusiasts dari hati mbahh.. Bukan ikut2-an orang apalagi kemakan FOMO

Justru car enthusiast sejati jg psti bakal ngerti (baca: cari tau sendiri) mana mobil kualitas bagus vs mana kualitas ampas. Drivetrain excellent vs ampass. Buat rawat mobil jg bakal tau sendiri sehh mana produk yg bener dan ada kualitas vs asal murah kena tipuan marketing


Liat aj non-car-guy jaman now kan tau sendiri kek apa modelannya. Isi bensin maunya subsidi, mesin berasa bengek persetan yg penting gelinding, mau OCI (ganti oli) engine oil aja sort tokped harga paling murah. Itupun kalo inget (baca: mau kluar duit) u/ ganti wakaka

Belom lg urusan maintenance laennya. Cari parts semurah mungkin; se -KW mungkin. Urusan safety nomor sekian :mky_07:

Apalagi kaum emak2 & mahmud. Bgitu beli mobil kluar showroom msuk garasi, taunya cuman isi bensin tokkk

It’s simply they just need cars for daily foot with no maintenance at all

Ini jg salah satu alesan product2 sampah macem pengirit BBM brq brq-an , hurricane2 ga jelas; TuSS boll buat irit. Cementitit cecurut; migorr campur ke mesin. Laku di kalangan mereka

Dan jumlah mereka emang jauh lebih gede drpd car enthusiasts.
More likely 90 % vs 10%

Dan ini jg ane analisa kenapa mobil listrik jdi semacam “safe heaven” buat tipikal kelakuan non-car-guy diatas. Tinggal beli, install wall charger di carport, pake wara wiri, pulang charge, besok pagi ready pake lg. Tanpa pusing urusin maintenance tetek bengek yg justru diladenin serius sama car enthusiasts sejati

––——
Nahhh buat Gen Z & Alpha yg modelan ‘non-car-guy’ ini gmn pola pikir mereka 10 tahun lagi. Jgn2 emang pada males punya mobil :upss:

gw ngakak liat statement pengirit BBM.Hurricane,tuss dll pernah muncul di rell IG.gw mikir apakah itu ga pembodoan konsumen ya.hahaha.terus diendorse artis lagi.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by nyotsaeba »

Kalo merek T (Tiongkok) dan H (yongdie) kualitas & durability nya (bkn fitur ya) masih ga serobust T H jepun ya pasar oto akan gini2 aja.

Ini ud liat sndr, tempat and kerja beli exca buldoser, wheel loader dr Tiongkok, murah gila, ga sampe setengah komatsu caterpilar, ga taunya apa? Dipake bbm borossss, mesin rusakan mulu, lucunya tiap bbrp jam overheat dieselnya, kudu disirem aer dulu. Sparepart gausah ditanya... susahnya minta ampun. Akhirnya 2-3 tahun jadi rongsok dikiloin di site. Mau hemat malah boncos.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4928
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

nyotsaeba wrote: Wed Oct 23, 2024 3:51 Kalo merek T (Tiongkok) dan H (yongdie) kualitas & durability nya (bkn fitur ya) masih ga serobust T H jepun ya pasar oto akan gini2 aja.

Ini ud liat sndr, tempat and kerja beli exca buldoser, wheel loader dr Tiongkok, murah gila, ga sampe setengah komatsu caterpilar, ga taunya apa? Dipake bbm borossss, mesin rusakan mulu, lucunya tiap bbrp jam overheat dieselnya, kudu disirem aer dulu. Sparepart gausah ditanya... susahnya minta ampun. Akhirnya 2-3 tahun jadi rongsok dikiloin di site. Mau hemat malah boncos.
INI om kayak lampu LED tadiannya buat lampu2x kecil saya pake cungkwo beli di aliexpres dan harganya gak murah abisnya pake philips sinarnya gak terang harganya mahal, belakangan philips harga turun tapi kualitas sinarnya improve ditambah durabilitynya masih sama terus yang cungkwo gak lama jebol semua ya lama2x saya pakein philips semua jadinya :big_bored:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11153
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Suryaputra »

nyotsaeba wrote: Wed Oct 23, 2024 3:51 Kalo merek T (Tiongkok) dan H (yongdie) kualitas & durability nya (bkn fitur ya) masih ga serobust T H jepun ya pasar oto akan gini2 aja.

Ini ud liat sndr, tempat and kerja beli exca buldoser, wheel loader dr Tiongkok, murah gila, ga sampe setengah komatsu caterpilar, ga taunya apa? Dipake bbm borossss, mesin rusakan mulu, lucunya tiap bbrp jam overheat dieselnya, kudu disirem aer dulu. Sparepart gausah ditanya... susahnya minta ampun. Akhirnya 2-3 tahun jadi rongsok dikiloin di site. Mau hemat malah boncos.
klo heavy equip S*NY gmn mbah?
*A

dulu di gedung office sy yg lama, kantornya di depan ktr saya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Supersedan »

Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 4:12
nyotsaeba wrote: Wed Oct 23, 2024 3:51 Kalo merek T (Tiongkok) dan H (yongdie) kualitas & durability nya (bkn fitur ya) masih ga serobust T H jepun ya pasar oto akan gini2 aja.

Ini ud liat sndr, tempat and kerja beli exca buldoser, wheel loader dr Tiongkok, murah gila, ga sampe setengah komatsu caterpilar, ga taunya apa? Dipake bbm borossss, mesin rusakan mulu, lucunya tiap bbrp jam overheat dieselnya, kudu disirem aer dulu. Sparepart gausah ditanya... susahnya minta ampun. Akhirnya 2-3 tahun jadi rongsok dikiloin di site. Mau hemat malah boncos.
klo heavy equip S*NY gmn mbah?
*A

dulu di gedung office sy yg lama, kantornya di depan ktr saya :big_biglaugh:
Penasaran jg ini sama S#NY, kemarin waktu pembangunan lrt Palembang pada pake ini semua. Sekarang gak pernah keliatan lagi.
Terakhir ngikut temen ke bagian peti kemas ngeliat banyak yg lg parkir aja itu S#NY.
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11153
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Suryaputra »

Supersedan wrote: Wed Oct 23, 2024 4:29
Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 4:12
nyotsaeba wrote: Wed Oct 23, 2024 3:51 Kalo merek T (Tiongkok) dan H (yongdie) kualitas & durability nya (bkn fitur ya) masih ga serobust T H jepun ya pasar oto akan gini2 aja.

Ini ud liat sndr, tempat and kerja beli exca buldoser, wheel loader dr Tiongkok, murah gila, ga sampe setengah komatsu caterpilar, ga taunya apa? Dipake bbm borossss, mesin rusakan mulu, lucunya tiap bbrp jam overheat dieselnya, kudu disirem aer dulu. Sparepart gausah ditanya... susahnya minta ampun. Akhirnya 2-3 tahun jadi rongsok dikiloin di site. Mau hemat malah boncos.
klo heavy equip S*NY gmn mbah?
*A

dulu di gedung office sy yg lama, kantornya di depan ktr saya :big_biglaugh:
Penasaran jg ini sama S#NY, kemarin waktu pembangunan lrt Palembang pada pake ini semua. Sekarang gak pernah keliatan lagi.
Terakhir ngikut temen ke bagian peti kemas ngeliat banyak yg lg parkir aja itu S#NY.
iya biasanya kan Trakindo sama UT :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16246
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 3:30 ya makanya, yg beli mobil generasi kita ke atas aja yg mayoritas.

klo gen-z dibilang let say 30-40% menguasai pembelian barang,
tp hanya sekian persen (gak semuanya) beli mobil.

mereka lbh nyaman di taksol... bisa share story lg jalan ke mana, makan apa, activity hr ni apa aja... scrolling something.

makanya user tiktok dan socmed makin menjamur, ya karena emg buat gen-z di masa depan

mungkin.. klo mobilnya Full autonomous, nah ini menarik deh.
kyk di tiongkok

suka gak suka, Gen-Z itu penduduk asli digital :big_biglaugh:
ini makanya saya bilangnya liatnya cuma jakarta doang atau global indonesia... krn kalau ngomong indonesia keseluruhan ya market mobil non-toyota/honda itu masih sangat kecil jd biased banget. peradaban jakarta itu beda banget sama kabupaten atau kota kecil di jawa tengah misal.

kbanyakan ngomong gen z gen z referensinya kan gen z jakarta bukan gen z kabupaten. peradabannya ketinggalan 10 taun juga masalahnya :upss:

klo di jakarta only car ownership itu udah nggak terlalu menarik buat anak muda. early adopter EV atau chinese cars biasa jadi 2nd atau 3rd car.
klo di kota-kota lain yang beli orang tua... ya larinya tetep ke T atau H.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11153
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Oct 23, 2024 4:37
Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 3:30 ya makanya, yg beli mobil generasi kita ke atas aja yg mayoritas.

klo gen-z dibilang let say 30-40% menguasai pembelian barang,
tp hanya sekian persen (gak semuanya) beli mobil.

mereka lbh nyaman di taksol... bisa share story lg jalan ke mana, makan apa, activity hr ni apa aja... scrolling something.

makanya user tiktok dan socmed makin menjamur, ya karena emg buat gen-z di masa depan

mungkin.. klo mobilnya Full autonomous, nah ini menarik deh.
kyk di tiongkok

suka gak suka, Gen-Z itu penduduk asli digital :big_biglaugh:
ini makanya saya bilangnya liatnya cuma jakarta doang atau global indonesia... krn kalau ngomong indonesia keseluruhan ya market mobil non-toyota/honda itu masih sangat kecil. peradaban jakarta itu beda banget sama kabupaten atau kota kecil di jawa tengah misal.

kbanyakan ngomong gen z gen z referensinya kan gen z jakarta bukan gen z kabupaten. peradabannya ketinggalan 10 taun juga masalahnya :upss:

klo di jakarta only car ownership itu udah nggak terlalu menarik buat anak muda. early adopter EV atau chinese cars biasa jadi 2nd atau 3rd car.
klo di kota-kota lain yang beli orang tua... ya larinya tetep ke T atau H.
Jakarta is beautiful country :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Jenson »

Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 3:12
b0ku wrote: Wed Oct 23, 2024 2:52
tj4hj4di wrote: Wed Oct 23, 2024 2:19 Merk T dan H kl tdk improvisasi akan tergerus sm brand2 China yg secara build quality skr sdh bgs (materialnya tebal bukan lg kaleng krupuk) serta fiturnya lebih maju. Oleh karena itu jika tdk segera mengikuti perkembangan jaman hasilnya akan seperti produk HP merk NOKIA dihajar oleh Android & apple
Apalagi jika brand2 china bs after marketnya bagus selama 10 thn kedepan dijamin 2 merk raja otomotif indonesia akan menurun drastis
h itu inprovisasi malah gagal om , sedangkan t malah bertahan dengan yang itu2x aja malah keliatan akan bertahan :big_bored:
HONDA blunder banget
dah tau fanbase mereka petrolhead dan nyari Fun-to-drive.
malah sok sok an green.

Klo T emg dari dulu people mover, jd emang main aman marketnya.
makanya ketika bikin sports car, tinggal collab sm yg lain :big_biglaugh:
Blundernya si Ahond ini aja tercermin dri partisipasi mereka d F1. Awalnya bilang mau udahan cere dari Red Bull karena mau fokus net 0, jual facility mereka ke Red Bull trus mau dadah2an. Eh pas liat Red Bull juara dunia, mulai balik mundur, pelan2 tempel stiker HRC sekarang balik Honda lagi.

Lalu masih labil, 2026 jadi officially comeback ke F1. Mau CLBK ama Red Bull ud kebalap Ford, jadilah ke Aston Martin.

Yang lucunya, liat gen mobil ahond sekarang, kayaknya improvement banyak di sasis sama build quality d benerin dari gen sebelumnya. Cuman harganya jadi makin premium aja. Ujung2nya, volume maker dr produk2 econobox (Brio family + HRV paling).

Menarik sih liat ini ahond, volume makernya ud geser trus, d taun 90an probably Civic jd backbone, 2000ish Jazz / City, CRV 2010ish muncul Freed Mobilio Brio 2020 ish HRV Brio jadi juaranya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16246
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ChZ »

Jenson wrote: Wed Oct 23, 2024 4:41
Blundernya si Ahond ini aja tercermin dri partisipasi mereka d F1. Awalnya bilang mau udahan cere dari Red Bull karena mau fokus net 0, jual facility mereka ke Red Bull trus mau dadah2an. Eh pas liat Red Bull juara dunia, mulai balik mundur, pelan2 tempel stiker HRC sekarang balik Honda lagi.

Lalu masih labil, 2026 jadi officially comeback ke F1. Mau CLBK ama Red Bull ud kebalap Ford, jadilah ke Aston Martin.

Yang lucunya, liat gen mobil ahond sekarang, kayaknya improvement banyak di sasis sama build quality d benerin dari gen sebelumnya. Cuman harganya jadi makin premium aja. Ujung2nya, volume maker dr produk2 econobox (Brio family + HRV paling).

Menarik sih liat ini ahond, volume makernya ud geser trus, d taun 90an probably Civic jd backbone, 2000ish Jazz / City, CRV 2010ish muncul Freed Mobilio Brio 2020 ish HRV Brio jadi juaranya
si H ngotot mulu bikin hybrid hybrid padahal terbukti di US civic Si aja demand masih tinggi tuh dia keluarin tetep manual only.

type R juga reviewnya positif semua.

yang lucu mobil hybridnya malah ngeflop terus. NSX hybrid juga dianggep flop. CRV batrenya bisa kebakar.

makanya saya agak gimana kalo H justru yang laku hybrid dan ngepush varian hybrid... agak wasted potentialnya H padahal mesin turbonya masih banyak room for improvement.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1610
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by AbdulHakim »

Jenson wrote: Wed Oct 23, 2024 4:41
Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 3:12
b0ku wrote: Wed Oct 23, 2024 2:52

h itu inprovisasi malah gagal om , sedangkan t malah bertahan dengan yang itu2x aja malah keliatan akan bertahan :big_bored:
HONDA blunder banget
dah tau fanbase mereka petrolhead dan nyari Fun-to-drive.
malah sok sok an green.

Klo T emg dari dulu people mover, jd emang main aman marketnya.
makanya ketika bikin sports car, tinggal collab sm yg lain :big_biglaugh:
Blundernya si Ahond ini aja tercermin dri partisipasi mereka d F1. Awalnya bilang mau udahan cere dari Red Bull karena mau fokus net 0, jual facility mereka ke Red Bull trus mau dadah2an. Eh pas liat Red Bull juara dunia, mulai balik mundur, pelan2 tempel stiker HRC sekarang balik Honda lagi.

Lalu masih labil, 2026 jadi officially comeback ke F1. Mau CLBK ama Red Bull ud kebalap Ford, jadilah ke Aston Martin.

Yang lucunya, liat gen mobil ahond sekarang, kayaknya improvement banyak di sasis sama build quality d benerin dari gen sebelumnya. Cuman harganya jadi makin premium aja. Ujung2nya, volume maker dr produk2 econobox (Brio family + HRV paling).

Menarik sih liat ini ahond, volume makernya ud geser trus, d taun 90an probably Civic jd backbone, 2000ish Jazz / City, CRV 2010ish muncul Freed Mobilio Brio 2020 ish HRV Brio jadi juaranya
udah ada brv, wrv dan brio buat bekal volume maker Honda
ga kebayang versi pahe-nya brio nanti kyk apa bentuknya
tapi tetep akan laku, karena fun to drivenya, gokar dikasih atap terus kasi logo Honda, laku keras juga kyaknya :big_smoking:
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 384
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by c4b13 »

Sepertinya merk T lebih punya chance yang tinggi untuk tetap jadi merk fav 10thn kedepan dibanding H tegak...
Produk andalan H tegak tersisa Brio dan (mungkin) WRV, pengganti Jazz (City HB) dan model2 lalu yang dulunya bisa volume maker (kayak CRV atau HRV) penjualannya udah drop.

Yg menarik kalau memang kedepannya genZ nga merasa penting untuk punya mobil dan hanya mengandalkan taxol, maka pertanyaan pentingnya adalah pengemudi2 armada taxol lebih memilih menggunakan mobil BEV atau Hybrid (atau ICE) ?!?
Dari segi biaya maintenance sepertinya BEV menang, tapi ada hidden biaya batere setelah pemakaian beberapa tahun.. HEV kayaknya ditengah2, bensin dan maintenance tetap lebih tinggi dibanding BEV tapi biaya batere nya juga nga sebesar BEV.
Kalau HEV lebih banyak dipilih pengemudi2 taxol maka merk T bisa tetap jadi merk fav, kalau BEV yang lebih dipilih yah merk T bisa bahaya.

Menarik melihat gebrakan apa aja yang akan dilakukan T dan hasilnya akan seperti apa, mulai Rangga lalu avxen hybrid.. jangan2 suatu saat bakal ada Agya Ayla hybrid juga :big_slap:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1684
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by MSU »

Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 4:12
nyotsaeba wrote: Wed Oct 23, 2024 3:51 Kalo merek T (Tiongkok) dan H (yongdie) kualitas & durability nya (bkn fitur ya) masih ga serobust T H jepun ya pasar oto akan gini2 aja.

Ini ud liat sndr, tempat and kerja beli exca buldoser, wheel loader dr Tiongkok, murah gila, ga sampe setengah komatsu caterpilar, ga taunya apa? Dipake bbm borossss, mesin rusakan mulu, lucunya tiap bbrp jam overheat dieselnya, kudu disirem aer dulu. Sparepart gausah ditanya... susahnya minta ampun. Akhirnya 2-3 tahun jadi rongsok dikiloin di site. Mau hemat malah boncos.
klo heavy equip S*NY gmn mbah?
*A

dulu di gedung office sy yg lama, kantornya di depan ktr saya :big_biglaugh:
lagi pesta ini om...diborong Haji Issam untuk buka lahan di papua
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16246
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ChZ »

c4b13 wrote: Wed Oct 23, 2024 4:59 Dari segi biaya maintenance sepertinya BEV menang, tapi ada hidden biaya batere setelah pemakaian beberapa tahun.. HEV kayaknya ditengah2, bensin dan maintenance tetap lebih tinggi dibanding BEV tapi biaya batere nya juga nga sebesar BEV.
Kalau HEV lebih banyak dipilih pengemudi2 taxol maka merk T bisa tetap jadi merk fav, kalau BEV yang lebih dipilih yah merk T bisa bahaya.
klo liat pattern di negara2 maju... HEV yang jadi pemenang.

BEV masih punya kendala di charging yang lama. public charging port juga untung-untungan.

HEV tinggal ke pom kalo habis.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1684
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by MSU »

nyotsaeba wrote: Wed Oct 23, 2024 3:51 Kalo merek T (Tiongkok) dan H (yongdie) kualitas & durability nya (bkn fitur ya) masih ga serobust T H jepun ya pasar oto akan gini2 aja.

Ini ud liat sndr, tempat and kerja beli exca buldoser, wheel loader dr Tiongkok, murah gila, ga sampe setengah komatsu caterpilar, ga taunya apa? Dipake bbm borossss, mesin rusakan mulu, lucunya tiap bbrp jam overheat dieselnya, kudu disirem aer dulu. Sparepart gausah ditanya... susahnya minta ampun. Akhirnya 2-3 tahun jadi rongsok dikiloin di site. Mau hemat malah boncos.
pengalaman saya...cina ni kayaknya bisa bikin barang yg sama tp dengan kualitas beda2 tergantung pembeli mau bayar harga berapa
alkisah sekitar tahun 2000an ada brand mobil cina yg lagi coba penetrasi market indo (saya ga usah sebut merk lah ya)
yang rakitan dalam negeri...kualitasnya keren...gap panel bisa jari kelingking masuk, pas hujan bocor masuk ke kabin...ancurlah kualitasnya
suatu hari, kenalan bawa mobil yang sama & kita jalan2 keluar lunch...saya sbg penumpang...itu feel-nya beda banget...
& akhirnya kenalan ngaku....iya ini mobil sampel awal yang kita impor dari cina :big_biglaugh:
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by faizzz »

nyotsaeba wrote: Wed Oct 23, 2024 3:51 Kalo merek T (Tiongkok) dan H (yongdie) kualitas & durability nya (bkn fitur ya) masih ga serobust T H jepun ya pasar oto akan gini2 aja.

Ini ud liat sndr, tempat and kerja beli exca buldoser, wheel loader dr Tiongkok, murah gila, ga sampe setengah komatsu caterpilar, ga taunya apa? Dipake bbm borossss, mesin rusakan mulu, lucunya tiap bbrp jam overheat dieselnya, kudu disirem aer dulu. Sparepart gausah ditanya... susahnya minta ampun. Akhirnya 2-3 tahun jadi rongsok dikiloin di site. Mau hemat malah boncos.
Waduhhh
SDLG, XCMG, Shantui, Hamm, atau Sany?
Kita ada beberapa inventaris alat berat dari Cina juga. Belum ada kerusakan sih, tapi takutnya kalo sparepart susah jadi mangkrak...

Untuk mobil2 Cina sih kayaknya udah mulai berbenah. Kategori alat berat aja mungkin ya yang masih belum terlalu improve reliabilitynya
tj4hj4di
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
Location: Jakarta utara

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by tj4hj4di »

b0ku wrote: Wed Oct 23, 2024 2:52
tj4hj4di wrote: Wed Oct 23, 2024 2:19 Merk T dan H kl tdk improvisasi akan tergerus sm brand2 China yg secara build quality skr sdh bgs (materialnya tebal bukan lg kaleng krupuk) serta fiturnya lebih maju. Oleh karena itu jika tdk segera mengikuti perkembangan jaman hasilnya akan seperti produk HP merk NOKIA dihajar oleh Android & apple
Apalagi jika brand2 china bs after marketnya bagus selama 10 thn kedepan dijamin 2 merk raja otomotif indonesia akan menurun drastis
h itu inprovisasi malah gagal om , sedangkan t malah bertahan dengan yang itu2x aja malah keliatan akan bertahan :big_bored:
Memang..tp hrsnya merk H & T tetap terus berimprovisasi serta belajar dr kegagalan kmrn & belajar dr produk2 china.
Sy juga awalnya merk H & T minded, tp skr setelah mencoba salah satu merk brand China, ternyata diluar dugaan dgn segala fitur & build qualitynya (material) luar biasa, tinggal skr aja brand2 china tsb memperkuat aftersalesnya sampai 10 thn kedepan
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by speedfreak »

Supersedan wrote: Wed Oct 23, 2024 4:29
Suryaputra wrote: Wed Oct 23, 2024 4:12
nyotsaeba wrote: Wed Oct 23, 2024 3:51 Kalo merek T (Tiongkok) dan H (yongdie) kualitas & durability nya (bkn fitur ya) masih ga serobust T H jepun ya pasar oto akan gini2 aja.

Ini ud liat sndr, tempat and kerja beli exca buldoser, wheel loader dr Tiongkok, murah gila, ga sampe setengah komatsu caterpilar, ga taunya apa? Dipake bbm borossss, mesin rusakan mulu, lucunya tiap bbrp jam overheat dieselnya, kudu disirem aer dulu. Sparepart gausah ditanya... susahnya minta ampun. Akhirnya 2-3 tahun jadi rongsok dikiloin di site. Mau hemat malah boncos.
klo heavy equip S*NY gmn mbah?
*A

dulu di gedung office sy yg lama, kantornya di depan ktr saya :big_biglaugh:
Penasaran jg ini sama S#NY, kemarin waktu pembangunan lrt Palembang pada pake ini semua. Sekarang gak pernah keliatan lagi.
Terakhir ngikut temen ke bagian peti kemas ngeliat banyak yg lg parkir aja itu S#NY.
untuk usaha pekerjaan sipil, rekanan dengan provider alat berat, pakai excavator S@NY.
pengalaman di project site kami, unitnya cukup bandel dan handal. dipake kerja 8 jam setiap hari selama sebulanan aman2 aja.
diisi solar yg beda2 kualitasnya juga gasspol aja.
ngobrol sama driver exca nya, dia bilang gak ada kendala aneh2, hanya AC aja yang rusak tapi gak dibetulin, sedangkan untuk kerusakan lain bila muncul ya langsung bisa dibenerin, berarti untuk ketersediaan sparepart gak ada isu.
Business modelnya menarik juga, beli 1 unit harga sekian, disewakan per jam sekian minimal paketan 50jam sewa, gak berapa lama juga udah langsung balik modal. dan di tempat rekanan ini gak pernah idle itu barang, karena ada aja yang pesan untuk sewa.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by nyotsaeba »

faizzz wrote: Wed Oct 23, 2024 5:53
nyotsaeba wrote: Wed Oct 23, 2024 3:51 Kalo merek T (Tiongkok) dan H (yongdie) kualitas & durability nya (bkn fitur ya) masih ga serobust T H jepun ya pasar oto akan gini2 aja.

Ini ud liat sndr, tempat and kerja beli exca buldoser, wheel loader dr Tiongkok, murah gila, ga sampe setengah komatsu caterpilar, ga taunya apa? Dipake bbm borossss, mesin rusakan mulu, lucunya tiap bbrp jam overheat dieselnya, kudu disirem aer dulu. Sparepart gausah ditanya... susahnya minta ampun. Akhirnya 2-3 tahun jadi rongsok dikiloin di site. Mau hemat malah boncos.
Waduhhh
SDLG, XCMG, Shantui, Hamm, atau Sany?
Kita ada beberapa inventaris alat berat dari Cina juga. Belum ada kerusakan sih, tapi takutnya kalo sparepart susah jadi mangkrak...

Untuk mobil2 Cina sih kayaknya udah mulai berbenah. Kategori alat berat aja mungkin ya yang masih belum terlalu improve reliabilitynya
Inisial Z, C dan H (bukan yg om sebutin diatas ya). Mungkin kalo ada atpm gede nya disini, parts msh bisa diatasin. Yg lbh problematik itu durability nya, bikin produktivitas anjlok, cost nya tinggi.

Balik lagi itungan cost benefit, kl bisa justify benefit beli merk dari T ya ga salah kok.
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by faizzz »

nyotsaeba wrote: Wed Oct 23, 2024 6:42
Inisial Z, C dan H (bukan yg om sebutin diatas ya). Mungkin kalo ada atpm gede nya disini, parts msh bisa diatasin. Yg lbh problematik itu durability nya, bikin produktivitas anjlok, cost nya tinggi.

Balik lagi itungan cost benefit, kl bisa justify benefit beli merk dari T ya ga salah kok.
Noted, makasih infonya Om...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4928
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

tj4hj4di wrote: Wed Oct 23, 2024 6:11
Memang..tp hrsnya merk H & T tetap terus berimprovisasi serta belajar dr kegagalan kmrn & belajar dr produk2 china.
Sy juga awalnya merk H & T minded, tp skr setelah mencoba salah satu merk brand China, ternyata diluar dugaan dgn segala fitur & build qualitynya (material) luar biasa, tinggal skr aja brand2 china tsb memperkuat aftersalesnya sampai 10 thn kedepan
JUSTRU mereka ngejar mau kayak china jd mereka babak belur yang di lirik dari H itu cuma 2, drivetrain yang simple dan reliable dan chasis yang enak di pake........ , ngejar fitur wong honda sensing sama TSSS aja gak laku :mky_07:

lupa sama drivetrain sama chasis akhirnya mobilnya combo CVT 1.5 mulu kan bosen yang diatasnya malah pake batre meeeh :big_bored:

kalo T mah gak peduli BQ sama fitur kalo gak itu bundera ud kagak di jual om sekarang harganya 2 milyard tapi isinya gak jauh beda sama rangga :mky_07:

liat aja 20 besar isinya kebanyakan mobil itu2x aja yang bapuk minim fitur...... :mky_07:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16246
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Oct 23, 2024 7:19
JUSTRU mereka ngejar mau kayak china jd mereka babak belur yang di lirik dari H itu cuma 2, drivetrain yang simple dan reliable dan chasis yang enak di pake........ , ngejar fitur wong honda sensing sama TSSS aja gak laku :mky_07:

lupa sama drivetrain sama chasis akhirnya mobilnya combo CVT 1.5 mulu kan bosen yang diatasnya malah pake batre meeeh :big_bored:

kalo T mah gak peduli BQ sama fitur kalo gak itu bundera ud kagak di jual om sekarang harganya 2 milyard tapi isinya gak jauh beda sama rangga :mky_07:

liat aja 20 besar isinya kebanyakan mobil itu2x aja yang bapuk minim fitur...... :mky_07:
lg rame tuh CRV hybrid direcall malah rawan kebakar...

gw bilang juga ape. enak beli turbonya.

fuelcons sama, mesin dioprek ampe 240hp 250hp bisa. bisa jogging sama gajah diesel.

hybrid galak ampe 100, 100 up udah disalip gajah diesel. lah wong 207 ps 184ps nya pure motor listrik mau ngarep apa mirip2 aja malah 1GD ga ada acara ngempos di top speed.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Jenson »

b0ku wrote: Wed Oct 23, 2024 7:19
tj4hj4di wrote: Wed Oct 23, 2024 6:11
Memang..tp hrsnya merk H & T tetap terus berimprovisasi serta belajar dr kegagalan kmrn & belajar dr produk2 china.
Sy juga awalnya merk H & T minded, tp skr setelah mencoba salah satu merk brand China, ternyata diluar dugaan dgn segala fitur & build qualitynya (material) luar biasa, tinggal skr aja brand2 china tsb memperkuat aftersalesnya sampai 10 thn kedepan
JUSTRU mereka ngejar mau kayak china jd mereka babak belur yang di lirik dari H itu cuma 2, drivetrain yang simple dan reliable dan chasis yang enak di pake........ , ngejar fitur wong honda sensing sama TSSS aja gak laku :mky_07:

lupa sama drivetrain sama chasis akhirnya mobilnya combo CVT 1.5 mulu kan bosen yang diatasnya malah pake batre meeeh :big_bored:

kalo T mah gak peduli BQ sama fitur kalo gak itu bundera ud kagak di jual om sekarang harganya 2 milyard tapi isinya gak jauh beda sama rangga :mky_07:

liat aja 20 besar isinya kebanyakan mobil itu2x aja yang bapuk minim fitur...... :mky_07:
Ngomong2 sensing2an emang lama2 ga gitu guna di Indo, bikin kesel iya. Ane punya Ahond sensing uda brapa kali ngerem mendadak gara2 satpam mau sok2 bukain jalan, tp yang ada dikira mau ketabrak, mobil lgsg ngerem sampe berdecit. Bisa2 ditabrak dari belakang :big_dunno: