apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2182
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by darrelund »

Ioxis wrote: Tue Oct 22, 2024 14:41 Hati² sama China, orang - orang di IT pasti tau bagaimana hebatnya Huawei dan Lenovo.

Belum lagi perangkat² electronic dan industrial equipment.

Bahkan manufaktur2 Eropa banyak yang pindahin pabrik ke China untuk menekan cost produksi.
murah di ongkos bikinnya aja

barang china klo yg proper jg ttpan mahal :big_biglaugh:

tapi bahan baku dari cina si pancen oye, tinggal pinter" pili supplier aja

soalna kadang kampretnya sono tuh sampel kita minta dapat bagus, giliran ud bli beneran datang ber ton ton malah zonk
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4929
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

dany_pos wrote: Tue Oct 22, 2024 13:34 Dulu toyota ngandalin reliability yg didapat dari konstruksi mesin, transmisi n kaki2 yg sederhana. Mobilnya ga perlu enak2 atau nyaman banget, yang penting tangguh n perawatan murah. Tapi di jaman sekarang kan orang mulai paham kenyaman, fitur2, apalagi faktor lingkungan kayak emisi, konsumai bahan bakar mau ga mau maksa mereka menerapkan teknologi yg lebih canggih, misal layar lcd dimana2, sensor2 banyak, transmisi cvt, batre hybrid, dll, pastinya udah ga se-robust dulu donk, bisa jadi ya nantinya merek2 lain jg rasanya ga lemon2 amat.....apalagi merek2 lain bisa kasih harga lebih murah dgn fitur yg sama n mgkn keawetannya jg mirip2 sekarang
emang sekarang gak sama??? liat aja dominasi 20 besar mobil bapuk semua tss honda sensing itu cuma jadi sampah kok gak laku....

paling pinter lagi mitsu mobil bapuk di pasangin fitur2x modern makannya laku tuh ..... :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4929
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

darrelund wrote: Tue Oct 22, 2024 14:49
Ioxis wrote: Tue Oct 22, 2024 14:41 Hati² sama China, orang - orang di IT pasti tau bagaimana hebatnya Huawei dan Lenovo.

Belum lagi perangkat² electronic dan industrial equipment.

Bahkan manufaktur2 Eropa banyak yang pindahin pabrik ke China untuk menekan cost produksi.
murah di ongkos bikinnya aja

barang china klo yg proper jg ttpan mahal :big_biglaugh:

tapi bahan baku dari cina si pancen oye, tinggal pinter" pili supplier aja

soalna kadang kampretnya sono tuh sampel kita minta dapat bagus, giliran ud bli beneran datang ber ton ton malah zonk
bener china kalo kualitas bagus mahal tapi gak awet :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2182
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by darrelund »

KielConstantine wrote: Tue Oct 22, 2024 12:03
Pertanyaan sebenernya

Apakah 10 taon lg Gen Z & Alpha masih tertarik buat punya mobil? :upss:
penggemar otomotip pasti ada regenerasi mbah

gimanapun jg mobil ttp ada daya tariknya tersendiri mbah

mobil itu tiket kebebasan individu yg lumayan mahal

ni skrg pada nolak, tar liat aja ttpan pada beli kok :big_biglaugh:

entah krn kebutuhan keluarga ato gmn

yang jadi pertanyaan

jenis mobil apakah yang akan nanti populer?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2182
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by darrelund »

b0ku wrote: Tue Oct 22, 2024 14:52
bener china kalo kualitas bagus mahal tapi gak awet :big_biglaugh:
sebenernya ga kalah di kualitas mbah, tapi kalah di refinement ama harus ati" aja klo amit" dapet barang zonk :big_biglaugh:

di tambang aja ud menjamur tuh alat berat & truk china

tapi dari testimoni org lapangan

volvo & scania still the king, dari ergo, power, efisiensi, kenyamanan

masi gak ada lawan

katanya mau dibawa perjalanan jauh & beban berapa pun mesinnya ttp ngacir
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4929
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

darrelund wrote: Tue Oct 22, 2024 14:59
b0ku wrote: Tue Oct 22, 2024 14:52
bener china kalo kualitas bagus mahal tapi gak awet :big_biglaugh:
sebenernya ga kalah di kualitas mbah, tapi kalah di refinement ama harus ati" aja klo amit" dapet barang zonk :big_biglaugh:

di tambang aja ud menjamur tuh alat berat & truk china

tapi dari testimoni org lapangan

volvo & scania still the king, dari ergo, power, efisiensi, kenyamanan

masi gak ada lawan

katanya mau dibawa perjalanan jauh & beban berapa pun mesinnya ttp ngacir
karena mereka gak jago tuning mesin bbm, makannya jalan pintas maen listrik2xan :big_biglaugh:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 849
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by rakyatwkwkland »

Salvanost wrote: Tue Oct 22, 2024 6:20 contoh:
Dengan selisih 30 juta (belum diskon), perbedaan Baleno dan Brio RS banyak:

- Mesin 1500 cc vs 1200 cc
- Velg 16 inci vs 15 inci
- 6 airbags vs 2 airbags
- Jok ISOFIX baris ke-2 vs non
- Lampu depan belakang full LED (kecuali sein) vs lampu belakang masih kombinasi halogen
- Auto headlamp vs manual headlamp
- Headlamp leveling vs non
- Hill start assist vs non
- Stability control vs non
- Cruise control vs non
- Setir tilt + telescopic vs tilt only
- Setir lapis kulit vs non
- Panel armrest baris ke-1 vs non
- Panel-panel interior kulit vs non
- Jok empuk vs kurang empuk
- Lega vs kurang lega
- Seat height adjuster vs non
- Kamera 360 vs non kamera (bahkan kamera mundur)
- Parking assist vs non
- Tombol akses smart key di kedua pintu (kanan kiri) vs kanan only
- Spion auto retract vs non
- HUD vs non
- Auto dimming mirror vs manual day night
- Lampu vanity mirror vs non
- Lampu kabin 2 pcs vs 1 pcs
- Lampu kolong kaki vs non
- AC auto climate + heater vs non
- Ventilasi AC baris ke-2 vs non
- Front defroster vs non
- Rear defogger vs non
- Air circulation system vs non (jeleknya Honda kelas bawah)
- One touch turn signal vs non
- Spidometer TFT MID colorful vs layar kalkulator
- Headunit terintegrasi mobil vs aftermarket
- Apple CarPlay wireless vs kabel
- Plat body tebal vs agak kaleng
- Road noise senyap vs berisik (khas Honda)

Kalo liat data penjualannya :

2023 :
brio RS : 9.216
baleno : 2.825

2024 : brio RS vs baleno
Jan : 764 vs 88
Feb : 354 vs 4
Mar : 291 vs 466
Apr : 216 vs 289
Mei : 441 vs 445
Jun : 489 vs 318
Jul : 636 vs 570
Agu : 752 vs 527
Sep : 208 vs 449
Jan - Sep : 4151 vs 3156

Di 2023 memang brio RS masih menang banyak dibanding baleno. Tapi lucu juga di 2024 ternyata gap nya jadi gak jauh.

Tapi yg menarik di tengah gempuran model SUV, ternyata baleno masih bisa bertahan dan konsisten angka penjualannya dari dulu pertama kali dia muncul. Dulu baleno selalu di posisi ketiga di belakangnya jazz dan yaris. Sekarang jazz dan yaris udah nyungsep, baleno malah yang jadi small HB terlaris. Brio RS, sepertinya juga sedikit terdampak, seinget ane dulu di era 2016 2017 2018 gitu kayanya brio RS seribuan unit sebulan ada deh.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Bibieight »

10 tahun kan ?, saya cukup tua untuk lahir jaman mobil adanya Fiat 124, Peugeot 504, Mercedes W114, Citroen GS, Renault 12TL. Orang ngliat Corolla, Datsun mah dianggep ampas :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Fast forward 10 tahun dr. jaman itu, muncul DX, Gallant, Accord, Civic. Body kaleng krupuk, mesin yaudahdeh (kecuali Honda), naah yang dijual apa ?, ya fitur, zaman segitu : central lock, power window. Barang simpel macem tacho aja Yurop belun pake sampe mid 80. Belun urusan model si Jepun cepet banget, 10 tahun Accord ganti 3x, Civic ganti 3x... Sekarang kayaknya posisi kebalik, si cungkuo royal model royal fitur si Jepun susah bener kasih fiturnya.....

10 tahun kedepan tebakan saya Jepun bakal kayak Yurop di 1970-1980an. T domestik bakal diwakili D, sisanya import CBU. H kalo volum gak ngangkat bakal tempuh jalur sijuki, all in Prindapan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Mau mobil bener silakan beli CBU, malah enak pilihan banyak, contoh : antara pake Camry atau Seri 3....
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Jenson »

Masih, tapi market sharenya bakalan kegerus banyak. Dugaan ane, mirip2 kaya TV deh. Jepang masih ada dan tetap jadi favorit karena reliabilitynya (kayak Sony / Panasonic), cuman market share bakalan kegerus banyak sama kompetitor dari Korea (buat yg high-end) or China (buat yg low-end).

Mungkin gampangnya, T ama H jualan line up yg serius yg premium. Lineup tanggung or murah bakalan kegerus banyak ama mobcin, inevitably. But only time will tell, kalo 5 tahun ini mobcin 1 per satu gulung tikar dari Indo (in which dugaan ane akan demikian, paling sisa si W (trmasuk emji), C sama B), paling2 orang akan balik lg ke T ama H
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2789
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by KielConstantine »

darrelund wrote: Tue Oct 22, 2024 14:56
KielConstantine wrote: Tue Oct 22, 2024 12:03
Pertanyaan sebenernya

Apakah 10 taon lg Gen Z & Alpha masih tertarik buat punya mobil? :upss:
penggemar otomotip pasti ada regenerasi mbah

gimanapun jg mobil ttp ada daya tariknya tersendiri mbah

mobil itu tiket kebebasan individu yg lumayan mahal

ni skrg pada nolak, tar liat aja ttpan pada beli kok :big_biglaugh:

entah krn kebutuhan keluarga ato gmn

yang jadi pertanyaan

jenis mobil apakah yang akan nanti populer?
Kalo kalangan itu kan emang ada enthusiasts dari hati mbahh.. Bukan ikut2-an orang apalagi kemakan FOMO

Justru car enthusiast sejati jg psti bakal ngerti (baca: cari tau sendiri) mana mobil kualitas bagus vs mana kualitas ampas. Drivetrain excellent vs ampass. Buat rawat mobil jg bakal tau sendiri sehh mana produk yg bener dan ada kualitas vs asal murah kena tipuan marketing


Liat aj non-car-guy jaman now kan tau sendiri kek apa modelannya. Isi bensin maunya subsidi, mesin berasa bengek persetan yg penting gelinding, mau OCI (ganti oli) engine oil aja sort tokped harga paling murah. Itupun kalo inget (baca: mau kluar duit) u/ ganti wakaka

Belom lg urusan maintenance laennya. Cari parts semurah mungkin; se -KW mungkin. Urusan safety nomor sekian :mky_07:

Apalagi kaum emak2 & mahmud. Bgitu beli mobil kluar showroom msuk garasi, taunya cuman isi bensin tokkk

It’s simply they just need cars for daily foot with no maintenance at all

Ini jg salah satu alesan product2 sampah macem pengirit BBM brq brq-an , hurricane2 ga jelas; TuSS boll buat irit. Cementitit cecurut; migorr campur ke mesin. Laku di kalangan mereka

Dan jumlah mereka emang jauh lebih gede drpd car enthusiasts.
More likely 90 % vs 10%

Dan ini jg ane analisa kenapa mobil listrik jdi semacam “safe heaven” buat tipikal kelakuan non-car-guy diatas. Tinggal beli, install wall charger di carport, pake wara wiri, pulang charge, besok pagi ready pake lg. Tanpa pusing urusin maintenance tetek bengek yg justru diladenin serius sama car enthusiasts sejati

––——
Nahhh buat Gen Z & Alpha yg modelan ‘non-car-guy’ ini gmn pola pikir mereka 10 tahun lagi. Jgn2 emang pada males punya mobil :upss:
Last edited by KielConstantine on Tue Oct 22, 2024 16:39, edited 1 time in total.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16246
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Tue Oct 22, 2024 14:32 Yg dibold, IMHO agaknya ane kurang setuju. Kenapa? Karena menurut ane marketnya masih kurang untuk ke arah sana. Beberapa hal yg menurut ane menjadi tanda2nya :

Pertama, turunnya tarif grabcar premium. Dulu grabcar premium itu tarifnya di atas gocar luxe. Sekarang turun jadi setara gocar luxe. Menurut ane ini pertanda bahwa memang marketnya belum benar2 siap untuk sebuah taksi dengan harga yang benar2 premium.

Kedua, dari hasil ngobrol2 sama seorang driver grab premium/gocar luxe, ternyata mereka pun turut ngos2an. Perbandingan harga, orderan, vs pengeluaran lumayan bikin ngos2an. Menurut beliau, untuk yg mobilnya nyewa pun banyak yg akhirnya tidak dilanjutkan sewanya. Artinya jumlah penumpang pun juga tidak seberapa. Menurut beliau yang kebanyakan naik itu emang kalangan ekspat, atau paling untuk gocar luxe di airport juga cukup ramai dan tarifnya juga memang mahal.

Ketiga, area layanan yang terbatas, menunjukkan pasarnya yang juga memang terbatas. Utk gocar luxe seluruh jakarta kebanyakan udah bisa dilayani. Sedangkan untuk grabcar premium ternyata lebih terbatas lagi cakupan luasnya. Silverbird? Dulu kalau tidak salah katanya sempat buka di surabaya ya kalo ane baca? Sekarang tutup toh.

Ane malah heran grab dan gojek indo kok bisa2nya tertarik main di segmen ini. Padahal dulu awal2 munculnya uber mereka juga udah pernah nyoba main di segmen itu, yaitu dengan layanan uber black dan terbukti layanan uber black gak bertahan lama kalo dibandingin sama uber biasa.

Mungkin yang masih ada marketnya yang untuk layanan plus seperti bluebird, gocar comfort, grabcar plus... Terbukti bluebird masih bisa survive sampai sekarang. Gocar comfort dan grabcar plus pun kayanya juga masih ada peminatnya.

Btw di atas TS ada ngebandingin brio RS vs baleno, kalo mobilnya mau dipakai sampingan buat narik taksol ane vote baleno. Soalnya ane pernah order gocar comfort dan sekali pernah dapet baleno, artinya baleno bisa ambil orderan comfort yg mana tarifnya sedikit lebih tinggi. :big_grin: Kalo brio? Boro2 comfort, yg ada malah kebuka tarif hemat :ngacir:
In the future,

Kan tritnya ngomongin 10 thn lagi. :big_biglaugh: berandai2 aja, kayak mass adoption EV juga berandai2 terus :upss:

Logika saya kalo gen z dan alpha udah ga tertarik punya mobil tapi msh pengen kenyamanan lebih, jangan2 nanti taxi silverbird bisa jadi common... BB punya ceruk buat pake innova zenix jangan2.

Dan yakin saya... Anak sekarang pasti udah taraf males punya mobil. Apalagi udah dimudahkan taksol. Kalo udah makin tua makin banyak uang pasti mau fasilitas lebih. Kalo msh kere ya pakenya gocar hemat. Skrg ya masih pada kere, wong di sensiin seniornya mulu kalo kerja, dianggep beban, dll.

Kalau jujur ngomong ane kalo gak tinggal di kampung ya males kemana mana bawa mobil kalo ketemunya macet doang, saya kalo pas ke BSD gak ada acara ke jakarta aja enak muter BSD doang. Di jakarta udahlah macet, masih waspada takut nyasar.
Last edited by ChZ on Tue Oct 22, 2024 16:49, edited 5 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16246
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: Tue Oct 22, 2024 9:25 ga usah nunggu di masa depan om chris, skrg aja kalo weekend mau ke mall, udah kebayang macet dan ga bakal dapet parkir, ya nge-grab/gocar aja.
Jarak tempuh jauh, macet. Emang paling make sense hire premium taxi services kan :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16246
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Tue Oct 22, 2024 14:52 emang sekarang gak sama??? liat aja dominasi 20 besar mobil bapuk semua tss honda sensing itu cuma jadi sampah kok gak laku....

paling pinter lagi mitsu mobil bapuk di pasangin fitur2x modern makannya laku tuh ..... :big_bored:
BRV yang dicari orang aja malah tipe E CVT yang velg 16 no sensing... Barangnya lbh susah dari HSensing :mky_07:

Meanwhile HSensing diskonnya lebih gede pulak waktu gw ngambil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Jenson
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Jenson »

ChZ wrote: Tue Oct 22, 2024 16:44
AbdulHakim wrote: Tue Oct 22, 2024 9:25 ga usah nunggu di masa depan om chris, skrg aja kalo weekend mau ke mall, udah kebayang macet dan ga bakal dapet parkir, ya nge-grab/gocar aja.
Jarak tempuh jauh, macet. Emang paling make sense hire premium taxi services kan :upss:
Ini bener banget sih, apalagi Silverbird BB agresif bgt. Kemarin naik uda ada aja Alphard yg all new. Kalo diitung2 dari segi pajak, depresiasi, bensin, maintenance, supir, waktu yg dihemat di jalan, mungkin naik beginian bisa jadi alternatif dibanding beli Alpahrdnya :big_grin: Saya ada kenalan taipan banyak usaha, kemana2 naik taksi. Karena dia bilang d Jakarta gausa pusing, lebih enak naik taksi dripada punya mobil or ngurusin supir yang bertingkah...
Ioxis
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Jul 03, 2024 23:26
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Avanza

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Ioxis »

darrelund wrote: Tue Oct 22, 2024 14:49
Ioxis wrote: Tue Oct 22, 2024 14:41 Hati² sama China, orang - orang di IT pasti tau bagaimana hebatnya Huawei dan Lenovo.

Belum lagi perangkat² electronic dan industrial equipment.

Bahkan manufaktur2 Eropa banyak yang pindahin pabrik ke China untuk menekan cost produksi.
murah di ongkos bikinnya aja

barang china klo yg proper jg ttpan mahal :big_biglaugh:

tapi bahan baku dari cina si pancen oye, tinggal pinter" pili supplier aja

soalna kadang kampretnya sono tuh sampel kita minta dapat bagus, giliran ud bli beneran datang ber ton ton malah zonk

Materialnya emang murah bro, lo pesan 10rb pcs, mereka beli bahan baku untuk 50rb pcs.
Abis itu keluar, merk serupa dengan brand "china" hahaha.
Memang harus ada perwakilan disana untuk QC sebelum shipping, karena mereka mengejar quantity, jadinya QCnya kurang begitu oke.
Ioxis
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Wed Jul 03, 2024 23:26
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Avanza

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Ioxis »

b0ku wrote: Tue Oct 22, 2024 14:52
darrelund wrote: Tue Oct 22, 2024 14:49
Ioxis wrote: Tue Oct 22, 2024 14:41 Hati² sama China, orang - orang di IT pasti tau bagaimana hebatnya Huawei dan Lenovo.

Belum lagi perangkat² electronic dan industrial equipment.

Bahkan manufaktur2 Eropa banyak yang pindahin pabrik ke China untuk menekan cost produksi.
murah di ongkos bikinnya aja

barang china klo yg proper jg ttpan mahal :big_biglaugh:

tapi bahan baku dari cina si pancen oye, tinggal pinter" pili supplier aja

soalna kadang kampretnya sono tuh sampel kita minta dapat bagus, giliran ud bli beneran datang ber ton ton malah zonk
bener china kalo kualitas bagus mahal tapi gak awet :big_biglaugh:
China itu mengedepankan price to value om.
Kita mau murah, mereka bisa kasih, tapi barang cepet rusak, kita juga cepet untuk beli yang baru.

Atau beli harga mahal, kualitas jg mengikuti, karena mereka butuh margin lebih untuk menunggu kapan kita repeat order lagi.

Brengseknya pengusaha2 indo itu, beli dari sana "rongsok", jualnya harga emas disini wkwkwkwk.
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by fansdiesel »

Kalo dibilang gen z gen alpha gak butuh mobil sih gak juga ya

At least ada mobil di rumah untuk wara Wiri antar jemput anak, les, ke supermarket dll

Masa 4 anggota keluarga semua kemana mana taxi, lebih boncos lagi kecuali mungkin sultan Raffi Ahmad
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1145
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Zaxis »

Kalo merk T sih masih bisa jadi favorit karena jaringan sudah luas tersebar
Kalo merk "keran" itu sih suram,jual mobil harga premium tapi kualitas lcgc
Di global juga mulai nyungsep,tutup pabrik sana sini

https://finance.yahoo.com/news/automake ... 03077.html

https://www.bangkokpost.com/business/mo ... haya-plant
tj4hj4di
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
Location: Jakarta utara

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by tj4hj4di »

Merk T dan H kl tdk improvisasi akan tergerus sm brand2 China yg secara build quality skr sdh bgs (materialnya tebal bukan lg kaleng krupuk) serta fiturnya lebih maju. Oleh karena itu jika tdk segera mengikuti perkembangan jaman hasilnya akan seperti produk HP merk NOKIA dihajar oleh Android & apple
Apalagi jika brand2 china bs after marketnya bagus selama 10 thn kedepan dijamin 2 merk raja otomotif indonesia akan menurun drastis
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by slapnuts »

fansdiesel wrote: Wed Oct 23, 2024 1:30 Kalo dibilang gen z gen alpha gak butuh mobil sih gak juga ya

At least ada mobil di rumah untuk wara Wiri antar jemput anak, les, ke supermarket dll

Masa 4 anggota keluarga semua kemana mana taxi, lebih boncos lagi kecuali mungkin sultan Raffi Ahmad
Setuju, kalau dibilang ga butuh mobil ya ga juga. Meski taksi online terkesan praktis, namun ada hal tertentu di mobil pribadi yang ga didapat ketika menggunakan taksi online.

1. Efisiensi waktu
Taksol ga cocok untuk orang yang buru-buru, harus pinter atur waktu. Pesan taksi online kebanyakan membutuhkan waktu 10-30 menit sebelum driver sampai depan rumah, belum nanti kasus driver nyasar muter-muter harus diarahin, tambah lama dah waktu kebuang. Mau pesan duluan sebelum jalan, ga enak kalau dia sampe duluan dan nungguin kita, mau pesan mepet eh kita yang males nungguin. Apalagi kalau kondisi emergency (mau lahiran contohnya), malam hari, hujan, tarif 2-3x lebih tinggi, lama sampenya, kelar dah itu user taksol.

2. Privasi
Senyaman-nyamannya taksol, masih lebih enak bawa mobil sendiri. Bisa ngobrol ghibah seenaknya, lempar-lempar barang ke dalam mobil tanpa takut ketinggalan, atau muatin kapasitas orang sesuka kita tanpa takut sungkan. Atau mungkin kita membawa dokumen penting, atau barang berharga, jauh lebih aman dengan mobil sendiri.

3. Fleksibel
Naik taksol ya dari titik A ke titik B, sudah. Mau berhenti di indomaret dan minta supirnya nunggu, sungkan, bawa mobil sendiri? sesuka kita.

4. Kebersihan
Yah sebersih-bersihnya taksol tetap saja itu mobil angkutan umum yang penumpangnya orang-orang random yang kita gatau riwayatnya, bisa jadi lagi flu atau vada virus lain. Sekotor-kotornya mobil sendiri, kita tau riwayat penggunaannya, dan jok kita bukan bekas didudukin pantat orang lain.

Mungkin itu beberapa kelebihan mobil pribadi dibanding taksol, kalau dipikir sebenarnya biaya BBM untuk sekali jalan antara taksol vs mobil pribadi jauh lebih murah mobil pribadi (di luar pajak, maintenance), apalagi di peak hour (misal di Sudirman, Jumat sore, hujan).
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4929
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

Zaxis wrote: Wed Oct 23, 2024 1:37 Kalo merk T sih masih bisa jadi favorit karena jaringan sudah luas tersebar
Kalo merk "keran" itu sih suram,jual mobil harga premium tapi kualitas lcgc
Di global juga mulai nyungsep,tutup pabrik sana sini

https://finance.yahoo.com/news/automake ... 03077.html

https://www.bangkokpost.com/business/mo ... haya-plant
ohh merek itu mah emang dungu akut gw aja serem liatnya tapi justru karena green policy mereka yang bikin flop...... ngejar mobil hybrid ev dan econobox yang makin jelek, padahal mereka itu fanbasenya mobil econobox bisa dijadiin mobil balap dan reliable sekarang beneran bikin kotak sabun..... :big_bored:

kayak civic hybrid mau bisa ngepot pun juga gak ada yang minat males ngetuningnya..... :big_bored:
Last edited by b0ku on Wed Oct 23, 2024 2:51, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16246
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by ChZ »

fansdiesel wrote: Wed Oct 23, 2024 1:30 Kalo dibilang gen z gen alpha gak butuh mobil sih gak juga ya

At least ada mobil di rumah untuk wara Wiri antar jemput anak, les, ke supermarket dll

Masa 4 anggota keluarga semua kemana mana taxi, lebih boncos lagi kecuali mungkin sultan Raffi Ahmad
bukan bilang gak butuh mobil yaa.

tapi saya lihat trendnya gen Z ke bawah mulai nggak tertarik punya mobil. kalaupun punya ya terpaksa punya aja atau punya cuma karena hobi road trip waktu libur.

di generasi kita ke atas namanya mobil itu simbol kebebasan kemana-mana gak tergantung angkutan umum.
di generasi mereka itu mobil dipandang sebaliknya : lilitan beban keuangan. apalagi level melek literasi keuangan di masyarakat kota cenderung tinggi. coba cek konten2 financial influencers.
umur 25 gak bisa nyetir mobil? check.
POV ini pabrikan mobil mesti nangkep.

anter anak boro boro pak. fertility rate turun dan trend nya angka perkawinan juga turun krn dianggap memenuhi kebutuhan sendiri aja masih kurang kok mau nikah. setidaknya ini fenomena masyarakat urban kota besar yaa kalau di kampung ya oke gas teruss gaji 2 juta jadi sandwich punya anak tapi harus bayarin ortu juga.
Jenson wrote: Tue Oct 22, 2024 17:13
Ini bener banget sih, apalagi Silverbird BB agresif bgt. Kemarin naik uda ada aja Alphard yg all new. Kalo diitung2 dari segi pajak, depresiasi, bensin, maintenance, supir, waktu yg dihemat di jalan, mungkin naik beginian bisa jadi alternatif dibanding beli Alpahrdnya :big_grin: Saya ada kenalan taipan banyak usaha, kemana2 naik taksi. Karena dia bilang d Jakarta gausa pusing, lebih enak naik taksi dripada punya mobil or ngurusin supir yang bertingkah...
kalo commute di jakarta saya bayangin stress lah tiap hari nyetir sendiri. di kampung nyetir 1 jam itu udah ganti kabupaten, di jakarta cuma gerak 3 kilo.

sayangnya klo UMR kota kabupaten di luar DKI gitu-gitu aja ya masalah ini gak bakal kelar (dan sayangnya kayaknya akan begitu) :upss: gambaran ngerinya kan kalo liat arus mudik udah dbikin tol transjawa biar gak macet, eh dibikin 1-way dari cikampek aja masih macet.

trus kendaraan2 itu tiap hari yang mengisi jakarta dan sekitarnya.

blom dari bekasi, tangerang, dll :upss:
Last edited by ChZ on Wed Oct 23, 2024 3:02, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4929
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by b0ku »

tj4hj4di wrote: Wed Oct 23, 2024 2:19 Merk T dan H kl tdk improvisasi akan tergerus sm brand2 China yg secara build quality skr sdh bgs (materialnya tebal bukan lg kaleng krupuk) serta fiturnya lebih maju. Oleh karena itu jika tdk segera mengikuti perkembangan jaman hasilnya akan seperti produk HP merk NOKIA dihajar oleh Android & apple
Apalagi jika brand2 china bs after marketnya bagus selama 10 thn kedepan dijamin 2 merk raja otomotif indonesia akan menurun drastis
h itu inprovisasi malah gagal om , sedangkan t malah bertahan dengan yang itu2x aja malah keliatan akan bertahan :big_bored:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11161
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Oct 23, 2024 2:50
fansdiesel wrote: Wed Oct 23, 2024 1:30 Kalo dibilang gen z gen alpha gak butuh mobil sih gak juga ya

At least ada mobil di rumah untuk wara Wiri antar jemput anak, les, ke supermarket dll

Masa 4 anggota keluarga semua kemana mana taxi, lebih boncos lagi kecuali mungkin sultan Raffi Ahmad
bukan bilang gak butuh mobil yaa.

tapi saya lihat trendnya gen Z ke bawah mulai nggak tertarik punya mobil. kalaupun punya ya terpaksa punya aja atau punya cuma karena hobi road trip waktu libur.

di generasi kita ke atas namanya mobil itu simbol kebebasan kemana-mana gak tergantung angkutan umum.
di generasi mereka itu mobil dipandang sebaliknya : lilitan beban keuangan. apalagi level melek literasi keuangan di masyarakat kota cenderung tinggi. coba cek konten2 financial influencers.
umur 25 gak bisa nyetir mobil? check.
POV ini pabrikan mobil mesti nangkep.

anter anak boro boro pak. fertility rate turun dan trend nya angka perkawinan juga turun krn dianggap memenuhi kebutuhan sendiri aja masih kurang kok mau nikah. setidaknya ini fenomena masyarakat urban kota besar yaa kalau di kampung ya oke gas teruss gaji 2 juta jadi sandwich punya anak tapi harus bayarin ortu juga.
Jenson wrote: Tue Oct 22, 2024 17:13
Ini bener banget sih, apalagi Silverbird BB agresif bgt. Kemarin naik uda ada aja Alphard yg all new. Kalo diitung2 dari segi pajak, depresiasi, bensin, maintenance, supir, waktu yg dihemat di jalan, mungkin naik beginian bisa jadi alternatif dibanding beli Alpahrdnya :big_grin: Saya ada kenalan taipan banyak usaha, kemana2 naik taksi. Karena dia bilang d Jakarta gausa pusing, lebih enak naik taksi dripada punya mobil or ngurusin supir yang bertingkah...
kalo commute di jakarta saya bayangin stress lah tiap hari nyetir sendiri. di kampung nyetir 1 jam itu udah ganti kabupaten, di jakarta cuma gerak 3 kilo.

sayangnya klo UMR kota kabupaten di luar DKI gitu-gitu aja ya masalah ini gak bakal kelar (dan sayangnya kayaknya akan begitu) :upss: gambaran ngerinya kan kalo liat arus mudik udah dbikin tol transjawa biar gak macet, eh dibikin 1-way dari cikampek aja masih macet.

trus kendaraan2 itu tiap hari yang mengisi jakarta dan sekitarnya.

blom dari bekasi, tangerang, dll :upss:
Circle saya, mayoritas gen-z yg dah berpenghasilan (born 1997 ke atas), gak bisa dan gakmau nyetir
even yg cowo pun juga ada... yg cewe lbh buanyak.

seriously...

Untuk ke sana ke mari, mereka prefer:
- Naik motor
- Taxi Online or Blubird
- Pinjem mobil ortu

Mereka prefer healing, ngopi, traveling, beli gadget

Privacy?..
- Orang apa-apa diposting di status dan story, sampai curhat aja di story :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11161
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: apakah merk T dan H tegak bisa tetap jadi merk fav sampai 10 tahun kemudian?

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Wed Oct 23, 2024 2:52
tj4hj4di wrote: Wed Oct 23, 2024 2:19 Merk T dan H kl tdk improvisasi akan tergerus sm brand2 China yg secara build quality skr sdh bgs (materialnya tebal bukan lg kaleng krupuk) serta fiturnya lebih maju. Oleh karena itu jika tdk segera mengikuti perkembangan jaman hasilnya akan seperti produk HP merk NOKIA dihajar oleh Android & apple
Apalagi jika brand2 china bs after marketnya bagus selama 10 thn kedepan dijamin 2 merk raja otomotif indonesia akan menurun drastis
h itu inprovisasi malah gagal om , sedangkan t malah bertahan dengan yang itu2x aja malah keliatan akan bertahan :big_bored:
HONDA blunder banget
dah tau fanbase mereka petrolhead dan nyari Fun-to-drive.
malah sok sok an green.

Klo T emg dari dulu people mover, jd emang main aman marketnya.
makanya ketika bikin sports car, tinggal collab sm yg lain :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri