Sudut Mesin

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Sudut Mesin

Post by y_anjasrana »

Ada gak yg bisa jelasin kenapa sudut mesin beda-beda. Trus pengaruhnya apa aja ya? Seperti Ducati dia pake 90 derajat, trus kayak BMW malah dibikin 180 dejarat.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

Maksudnya sudut mesin tuh apa bung Anjas?
Kalo bodoh2an'nya sih, mungkin pengeruh di aerodynamic body mobil?
ME_45
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat Sep 14, 2002 13:58
Location: Bandung

Post by ME_45 »

Maksudnya posisi pistonnya yah om ?
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Yup... Mangksud daku juga begitu.
Accurate V5 Accounting System Consultant
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Unknown

Post by mickey »

Sudut atau Derajat mesin (blok mesin beserta isinya)

setahu saya tuh sudut/derajat mesin tuh mempengaruhi daya gesek piston dan getaran mesin itu sendiri (yg pasti juga mempengaruhi performa mesin dan juga keseimbangan motor tersebut)
sebagai contoh motor bebek dan motor laki (cth : Honda GL Pro) atau mau lebih deket lagi contohnya seperti Suzuki Satria dengan Suzuki Tornado yg satria mempunyai sudut mesin 50 derajat (kalo enggak salah) sedangkan tornado dengan posisi tidur atau horisontal anda bandingkn performa satria dengan tornado dalam kondisi mesin standar tentu menang satria walau kapasitas cc lebih besar sedikit tapi performa jelas jauh berbeda apalagi di 4 tak getaran mesin sangat mempengaruhi performa dan keseimbangan motor tersebut, mungkin ada keterangan lain yg lebih jelas dan detail mengenai perbedaan sudut mesin pada motor mohon masukkan nya agar kita-kita lebih ngerti thank's
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Unknown

Post by mickey »

Sudut atau Derajat mesin (blok mesin beserta isinya)

setahu saya tuh sudut/derajat mesin tuh mempengaruhi daya gesek piston dan getaran mesin itu sendiri (yg pasti juga mempengaruhi performa mesin dan juga keseimbangan motor tersebut)
sebagai contoh motor bebek dan motor laki (cth : Honda GL Pro) atau mau lebih deket lagi contohnya seperti Suzuki Satria dengan Suzuki Tornado yg satria mempunyai sudut mesin 50 derajat (kalo enggak salah) sedangkan tornado dengan posisi tidur atau horisontal anda bandingkn performa satria dengan tornado dalam kondisi mesin standar tentu menang satria walau kapasitas cc lebih besar sedikit tapi performa jelas jauh berbeda apalagi di 4 tak getaran mesin sangat mempengaruhi performa dan keseimbangan motor tersebut, mungkin ada keterangan lain yg lebih jelas dan detail mengenai perbedaan sudut mesin pada motor mohon masukkan nya agar kita-kita lebih ngerti thank's
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Kalo menurut saya sudut mesin mempengaruhi geometri dan rancang bagun sasis serta karakter tenaga motor.
Pada mesin horizontal, tenaga yg dihasilkan lebih kecil krn butuh leher angsa/intake manifold yg lebih panjang yg membuat bensin lebih lama ke ruang silinder.shg tarikan kurang responsif.
Pada mesin dng sudut 60-90 derjat,kebalikannya dengan mesin horizontal.
Trus model mesin boxer kaya BMW menghasilkan getaran mesin yg lebih sedikit dr pd jenis mesin lain.
Speed is a game??!!
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Terus pengaruhnya pada tarikan gimana? Soalnya denger-denger mesin boxer kayak bmw gitu cuma kuat dipertengahan, kalu diajak ngebut bisa kewalahan.
Terus mesin letter L twin model Ducati itu berarti yg ideal. Ada yg horisontal dan ada yg vertikal.
Terus kalu di mobil pengaruhnya gimana?
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Yang jelas mesin boxer itu menang di torsi.Selain itu dipengaruhi bore dan stroke mesin bmw tersebut.
Wah kalo masalah mesin yg ideal jng tanya saya deh.Setiap perancang mesin pasti punya alasan2 tertentu buat menciptakan mesin ideal..
Speed is a game??!!