Sudut Mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Sudut Mesin
Ada gak yg bisa jelasin kenapa sudut mesin beda-beda. Trus pengaruhnya apa aja ya? Seperti Ducati dia pake 90 derajat, trus kayak BMW malah dibikin 180 dejarat.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Sep 14, 2002 13:58
- Location: Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
Unknown
Sudut atau Derajat mesin (blok mesin beserta isinya)
setahu saya tuh sudut/derajat mesin tuh mempengaruhi daya gesek piston dan getaran mesin itu sendiri (yg pasti juga mempengaruhi performa mesin dan juga keseimbangan motor tersebut)
sebagai contoh motor bebek dan motor laki (cth : Honda GL Pro) atau mau lebih deket lagi contohnya seperti Suzuki Satria dengan Suzuki Tornado yg satria mempunyai sudut mesin 50 derajat (kalo enggak salah) sedangkan tornado dengan posisi tidur atau horisontal anda bandingkn performa satria dengan tornado dalam kondisi mesin standar tentu menang satria walau kapasitas cc lebih besar sedikit tapi performa jelas jauh berbeda apalagi di 4 tak getaran mesin sangat mempengaruhi performa dan keseimbangan motor tersebut, mungkin ada keterangan lain yg lebih jelas dan detail mengenai perbedaan sudut mesin pada motor mohon masukkan nya agar kita-kita lebih ngerti thank's
setahu saya tuh sudut/derajat mesin tuh mempengaruhi daya gesek piston dan getaran mesin itu sendiri (yg pasti juga mempengaruhi performa mesin dan juga keseimbangan motor tersebut)
sebagai contoh motor bebek dan motor laki (cth : Honda GL Pro) atau mau lebih deket lagi contohnya seperti Suzuki Satria dengan Suzuki Tornado yg satria mempunyai sudut mesin 50 derajat (kalo enggak salah) sedangkan tornado dengan posisi tidur atau horisontal anda bandingkn performa satria dengan tornado dalam kondisi mesin standar tentu menang satria walau kapasitas cc lebih besar sedikit tapi performa jelas jauh berbeda apalagi di 4 tak getaran mesin sangat mempengaruhi performa dan keseimbangan motor tersebut, mungkin ada keterangan lain yg lebih jelas dan detail mengenai perbedaan sudut mesin pada motor mohon masukkan nya agar kita-kita lebih ngerti thank's
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
Unknown
Sudut atau Derajat mesin (blok mesin beserta isinya)
setahu saya tuh sudut/derajat mesin tuh mempengaruhi daya gesek piston dan getaran mesin itu sendiri (yg pasti juga mempengaruhi performa mesin dan juga keseimbangan motor tersebut)
sebagai contoh motor bebek dan motor laki (cth : Honda GL Pro) atau mau lebih deket lagi contohnya seperti Suzuki Satria dengan Suzuki Tornado yg satria mempunyai sudut mesin 50 derajat (kalo enggak salah) sedangkan tornado dengan posisi tidur atau horisontal anda bandingkn performa satria dengan tornado dalam kondisi mesin standar tentu menang satria walau kapasitas cc lebih besar sedikit tapi performa jelas jauh berbeda apalagi di 4 tak getaran mesin sangat mempengaruhi performa dan keseimbangan motor tersebut, mungkin ada keterangan lain yg lebih jelas dan detail mengenai perbedaan sudut mesin pada motor mohon masukkan nya agar kita-kita lebih ngerti thank's
setahu saya tuh sudut/derajat mesin tuh mempengaruhi daya gesek piston dan getaran mesin itu sendiri (yg pasti juga mempengaruhi performa mesin dan juga keseimbangan motor tersebut)
sebagai contoh motor bebek dan motor laki (cth : Honda GL Pro) atau mau lebih deket lagi contohnya seperti Suzuki Satria dengan Suzuki Tornado yg satria mempunyai sudut mesin 50 derajat (kalo enggak salah) sedangkan tornado dengan posisi tidur atau horisontal anda bandingkn performa satria dengan tornado dalam kondisi mesin standar tentu menang satria walau kapasitas cc lebih besar sedikit tapi performa jelas jauh berbeda apalagi di 4 tak getaran mesin sangat mempengaruhi performa dan keseimbangan motor tersebut, mungkin ada keterangan lain yg lebih jelas dan detail mengenai perbedaan sudut mesin pada motor mohon masukkan nya agar kita-kita lebih ngerti thank's
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
Kalo menurut saya sudut mesin mempengaruhi geometri dan rancang bagun sasis serta karakter tenaga motor.
Pada mesin horizontal, tenaga yg dihasilkan lebih kecil krn butuh leher angsa/intake manifold yg lebih panjang yg membuat bensin lebih lama ke ruang silinder.shg tarikan kurang responsif.
Pada mesin dng sudut 60-90 derjat,kebalikannya dengan mesin horizontal.
Trus model mesin boxer kaya BMW menghasilkan getaran mesin yg lebih sedikit dr pd jenis mesin lain.
Pada mesin horizontal, tenaga yg dihasilkan lebih kecil krn butuh leher angsa/intake manifold yg lebih panjang yg membuat bensin lebih lama ke ruang silinder.shg tarikan kurang responsif.
Pada mesin dng sudut 60-90 derjat,kebalikannya dengan mesin horizontal.
Trus model mesin boxer kaya BMW menghasilkan getaran mesin yg lebih sedikit dr pd jenis mesin lain.
Speed is a game??!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Terus pengaruhnya pada tarikan gimana? Soalnya denger-denger mesin boxer kayak bmw gitu cuma kuat dipertengahan, kalu diajak ngebut bisa kewalahan.
Terus mesin letter L twin model Ducati itu berarti yg ideal. Ada yg horisontal dan ada yg vertikal.
Terus kalu di mobil pengaruhnya gimana?
Terus mesin letter L twin model Ducati itu berarti yg ideal. Ada yg horisontal dan ada yg vertikal.
Terus kalu di mobil pengaruhnya gimana?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta