[WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

[WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by Frenzyking »

Dear suhu-suhu SM ,

Selamat malam. Sedikit intermesso saya ingin bercerita mengenai mobil yang saya dan istri gunakan sehari-hari, yakni Agya 1.2 G A/T yang dibungkus 2019 lalu. Singkat cerita terjadi sebuah insiden di persimpangan lampu merah dimana mobil kami menjadi korban terberat dimana posisi saat itu terdapat seekor Sirion matic yang dikemudikan oleh seorang wanita yang kebetulan panik sehingga salah menginjak gas sebagai rem. Alhasil kendaraan kami yang sedang macet di lampu merah ditabrak dengan sangat kuat hingga Sirion tsb menempel di rear bumper Agya kami.

Agya kami pun tersundul ke depan dan menyenggol seekor Xpander yang juga sedang mengantri macet. Karena mobil kami terjepit di tengah alhasil mengalami kerusakan yang sangat parah. Oleh pemilik Sirion, mobil kami dan Xpander akhirnya disepakati untuk diganti rugi secara full. Mobil kami dimasukkan ke salah satu authorized dealer yang dapat menangani Body Repair, dimana setelah ditaksir penggantian parts dan perbaikan body mencapai DC sebesar Rp. 20an Mio. Hal tsb tentunya tdk menjadi masalah karena dicover full oleh pemilik Sirion.

Namun, terlepas dari hal tersebut. transmisi mobil berada di D dan rem dipijak full saat kendaraan kami ditabrak. Karena impact yang kuat membuat mobil tersundul ke depan yang akhirnya saat sy coba bawa mobil tsb, saat masuk gigi D dan rem diinjak terasa getaran yang amat sangat tidak menyenangkan. Saat ini posisi mobil msh sedang dlm pengerjaan body repair sehingga mechanic blm dpt melakukan pengecekan kerusakan pada engine & tranny. Alhasil, keluarga kerabat dan teman banyak yang menyarankan untuk mengganti mobil Agya kesayangan kami tsb.

Adapun penampakan fotonya saya tampilkan pada attachment.

Back to topic, ketika disarankan untuk mengganti mobil ini timbul-lah beberapa opsi mobil baru seperti Calya G A/T dan Brio Satya E CVT. Disini oe bermaksud menanyakan pengalaman dan pendapat Om" dan Suhu" SM diantara kedua mobil tsb better yang mana yah?

Memang kedua mobil ini tidak apple to apple. Namun, budget yang kami miliki kebetulan hanya nyangkut di kedua mobil ini. Istri juga tidak begitu suka dengan mobil second so prolly it's not an option karena oe ga pengen tidur di luar rumah :mky_01:

Bagi kami, Calya memiliki ruang bagasi yang lebih besar (seems to be more future proof, since kita punya anak pertama akan lahir tidak lama lagi). Brio di sisi lain menurut kami unggul di hampir semua sisi kecuali ground clearance dan bagasinya yang masih kurang lebih seukuran Agya (sebenarnya tidak masalah sekarang namun takut saja kalau sudah punya baby kebutuhan bawa brg lebih banyak)

Menurut suhu-suhu yang berpengalaman disini apakah better ambil Calya atau Brio yah?
- Secara kenyamanan bantingan suspensi enakan mana ya saat melewati jalan yang ga rata?
- Problema yang ditemui kira-kira apa aja ya untuk kedua mobil tsb?
- Brio sudah pasti lebih irit, tapi apakah Calya jauh lebih boros dri Brio yah?
- Ketika sama-sama ditumpangi 5 orang dewasa, apakah Brio lebih rawan mentok?
- Lebih durable mana?
- Apakah ada suhu-suhu sekalian yang punya pengalaman keluarga muda pakai Brio dan semua masih muat" aja? Atau malah punya pengalaman kurang menyenangkan karena krg bs mengakomodir kebutuhan barang bawaan?

Maafkan basa-basi oe yang panjang lebar. Namun, beberapa hari ini oe memang sangat dilema dan galau hingga memutuskan untuk menanyakan pendapat para suhu SM :big_cry:

Terima kasih banyak sebelumnya :big_peace:
Attachments
IMG-20221111-WA0022.jpg
20221109_172109.jpg
20221109_172102.jpg
20221109_172048.jpg
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 995
Joined: 01 Jan 2016, 21:51

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by pendoli »

Turut berduka ya om, semoga yg di mobil baik2 aja 🙏🏼
Calya kabarnya mau ganti model kan taon depan atau 2024
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12901
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by ChZ »

kalau mau punya anak 1 dan ini mobil 1-1nya, more space is better. jadi calya aja hands down.

soalnya kelebihan brio satya dibanding calya jg cuma bisa dinikmati orang yang hobi nikung kenceng dan rada ugal :mky_03: irit ya sama-sama aja lah kayaknya calya setau ane gak terlalu boros bahkan dengan extra cabin space dibanding agya.
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5274
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by sintoni »

Mending Calya sih.

Kalau sudah punya keluarga sendiri, terus punya mobil pertama atau cuma 1 sebisa mungkin beli 7 seater aja.

Ga tau kadang perlu space bagasi agak gede atau kadang bawa orang banyak.
r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: 24 Dec 2013, 10:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by r1409 »

kalo cuma ngeliat judul, sebagai mantan pemilik calya G A/T, dari segi teknis dll saya milih brio. kenapa? karena matic calya busuk, tidak ada gear lock di L atau gigi 1. paling kecil gigi 2, dan ini sangat berbahaya di turunan curam karena murni harus mengandalkan kampas rem, yg berarti membakar kampas. tidak bisa engine brake pakai gigi 1. untuk nanjak tinggi pun payah, karena jadinya pas gigi 1 udah rpm tinggi, langsung upshift ke gigi 2 lalu ga kuat, downshift lagi ke gigi 1 lalu rpm tinggi, upshift ke 2 lagi, dan begitu seterusnya. gear hunting tiada akhir, kecuali mau nanjak dengan gigi 1 tapi superpelan biar tidak upshift ke gigi 2. jadi untuk dibawa liburan ke daerah gunung SANGAT TIDAK DISARANKAN pakai calya matic.

tapi begitu melihat situasi menjelang kelahiran anak pertama, ya mau ga mau harus yg 3 baris, karena nantinya pasti bawa STROLLER dan printilan lain. memang bisa kompromi dengan cari stroller yg bisa dilipat kecil dan barang printilan kecil taruh di jok depan (istri dan anak di baris ke-2), tetapi bila ada penumpang tambahan, 2 baris hampir tidak cukup. belum lagi kalau anak ke-2 nyusul :D

jadi dari 2 pilihan diatas, saran saya calya tapi tetap harus kompromi, ada yg dikorbankan:
- calya tapi manual, supaya kalau sesekali mau refreshing keluar kota di daerah gunung masih aman.
- calya matic tapi lupakan refreshing ke daerah gunung. for your family's safety.

tapi dengan budget segitu kalau bisa sih cari bekas yg taun dan km rendah supaya minim perawatan, range pilihan bisa makin banyak. seperti mobilio matic, punya semua sisi plus dari brio (cvt aman dan kuat untuk tanjakan, irit) dan juga sisi plus calya (3 baris).

percayalah, walaupun jarang tapi sesekali kalau jenuh dan mau refreshing anda akan pakai itu mobil pilihan ke daerah bertanjakan, dan ini salah satu faktor yg dulu saya kesampingkan tapi ternyata dibutuhkan juga :D
Menurut suhu-suhu yang berpengalaman disini apakah better ambil Calya atau Brio yah?
- Secara kenyamanan bantingan suspensi enakan mana ya saat melewati jalan yang ga rata?
- Problema yang ditemui kira-kira apa aja ya untuk kedua mobil tsb?
- Brio sudah pasti lebih irit, tapi apakah Calya jauh lebih boros dri Brio yah?
- Ketika sama-sama ditumpangi 5 orang dewasa, apakah Brio lebih rawan mentok?
- Lebih durable mana?
- Apakah ada suhu-suhu sekalian yang punya pengalaman keluarga muda pakai Brio dan semua masih muat" aja? Atau malah punya pengalaman kurang menyenangkan karena krg bs mengakomodir kebutuhan barang bawaan?
- kenyamanan bantingan suspensi, jelas calya. suspensi calya empuk, bahkan lebih enak dari avanza 2016-2021. suspensi brio keras banget.
- problem calya matic ada di transmisi yg ga bisa gear lock di 1/L. kalo brio, problem ada di kualitas interior yg murahan, jok yg tipis, peredaman dan bunyi orkestra rattling interior yg semuanya lebih parah dari calya.
- pengalaman saya calya matic full ac dalkot surabaya, rata2 sekitar 12.5kpl. kalau brio katanya bisa sekitar 14-15kpl.
- sama saja mentok, krn suspensi calya pun terlalu empuk dan gampang ambles. solusinya bisa dikasih ganjal per, ganti per, atau ganti shock.
- soal durability entahlah dengan brio, tapi calya lebih lemah di suspensi (maklum krn lebih empuk tapi lebih berat), dan pernah denger bbrp kasus overheat (tapi saya ga pernah). brio jarang denger penyakit, tapi biaya perbaikan (bengkel dan sparepart) tentu mahalan ahond daripada atoyot.
- saat sy baru punya anak, sudah pakai mobil 3 baris, calya matic. tapi dari pengalaman cukup tidaknya sudah saya ceritakan diatas.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1858
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 19 Nov 2022, 09:39 kelebihan brio satya dibanding calya jg cuma bisa dinikmati orang yang hobi nikung kenceng dan rada ugal :mky_03:
Tapi itu musti di tweak kan suspensi & chasis. Pasang swaybar, strutbar; coilover segala macem. Ditutup sama ban yg lengket aspal macem potenza; champiro SX-2


Klo standart ting ting pabrikan keknya sama aja dah bloon-bloonnya :big_think: ..

Apa ane yg salah nehh? Spek standaran brio ga taunya udh mumpuni buat ugal :big_slap:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12901
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 19 Nov 2022, 11:52
ChZ wrote: 19 Nov 2022, 09:39 kelebihan brio satya dibanding calya jg cuma bisa dinikmati orang yang hobi nikung kenceng dan rada ugal :mky_03:
Tapi itu musti di tweak kan suspensi & chasis. Pasang swaybar, strutbar; coilover segala macem. Ditutup sama ban yg lengket aspal macem potenza; champiro SX-2


Klo standart ting ting pabrikan keknya sama aja dah bloon-bloonnya :big_think: ..

Apa ane yg salah nehh? Spek standaran brio ga taunya udh mumpuni buat ugal :big_slap:
ya dibanding calya sih rasa nyetirnya lebih "mobil" yah :big_grin: bawa brio baru dah kayak bawa GD3
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
carlzeiss
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 485
Joined: 04 Jul 2016, 23:27

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by carlzeiss »

Vote Buat Brio E CVT

Saya dirumah pelihara brio E CVT tapi jg sering naik calsig online

Saya selalu mabuk kalau naik calsig walaupun sebentar doang jarak tdk jauh , entah suasana kabinnya agak bikin puyeng ga nyaman , beda dengan agya kebetulan sering nebeng agya temen jg
GE 8 RS - 2012
GB 3 PSD - 2010
GB 3 PSD - 2014
RU 1 E CVT - 2015
1TR-FE V - 2014
RU 1 S CVT - 2015
DD 1 E CVT - 2019
MK3 1.5 T - 2019
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1048
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by michaelgiri93 »

Kalau belum ada rencana nambah momongan brio
Kalau ada rencana nambah momongan calya
Reliabilitas sparepart dkk 11 12
Naikan sih kalau buat penumpang enak calya ya brio keras
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'01 rx king green - 5 mt
Frenzyking
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 127
Joined: 25 Oct 2015, 00:11

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by Frenzyking »

pendoli wrote: 19 Nov 2022, 04:31 Turut berduka ya om, semoga yg di mobil baik2 aja 🙏🏼
Calya kabarnya mau ganti model kan taon depan atau 2024
Makasih ommm. Well, sy dan istri msh sambil memantau kondisi mobil Agya kami sih karna info terakhir dari dealer msh sedang tahap body repair dan blm dpt melakukan engine maupun tranny check :big_childish:
ChZ wrote: 19 Nov 2022, 09:39 kalau mau punya anak 1 dan ini mobil 1-1nya, more space is better. jadi calya aja hands down.

soalnya kelebihan brio satya dibanding calya jg cuma bisa dinikmati orang yang hobi nikung kenceng dan rada ugal :mky_03: irit ya sama-sama aja lah kayaknya calya setau ane gak terlalu boros bahkan dengan extra cabin space dibanding agya.
Siap Om Mod. Well noted untuk advice dan infonya :big_grin:
sintoni wrote: 19 Nov 2022, 10:19 Mending Calya sih.

Kalau sudah punya keluarga sendiri, terus punya mobil pertama atau cuma 1 sebisa mungkin beli 7 seater aja.

Ga tau kadang perlu space bagasi agak gede atau kadang bawa orang banyak.
Siap Pak Sintoni. Noted Pak. Sy juga berpikir demikian namun istri agak dilemanya ybs lebih suka designnya Brio :big_chicken: jd kudu dijelasin pertimbangannya 1-1 biar ybs nerima kalau mmg jadi ganti :big_smile]
r1409 wrote: 19 Nov 2022, 10:27 kalo cuma ngeliat judul, sebagai mantan pemilik calya G A/T, dari segi teknis dll saya milih brio. kenapa? karena matic calya busuk, tidak ada gear lock di L atau gigi 1. paling kecil gigi 2, dan ini sangat berbahaya di turunan curam karena murni harus mengandalkan kampas rem, yg berarti membakar kampas. tidak bisa engine brake pakai gigi 1. untuk nanjak tinggi pun payah, karena jadinya pas gigi 1 udah rpm tinggi, langsung upshift ke gigi 2 lalu ga kuat, downshift lagi ke gigi 1 lalu rpm tinggi, upshift ke 2 lagi, dan begitu seterusnya. gear hunting tiada akhir, kecuali mau nanjak dengan gigi 1 tapi superpelan biar tidak upshift ke gigi 2. jadi untuk dibawa liburan ke daerah gunung SANGAT TIDAK DISARANKAN pakai calya matic.

tapi begitu melihat situasi menjelang kelahiran anak pertama, ya mau ga mau harus yg 3 baris, karena nantinya pasti bawa STROLLER dan printilan lain. memang bisa kompromi dengan cari stroller yg bisa dilipat kecil dan barang printilan kecil taruh di jok depan (istri dan anak di baris ke-2), tetapi bila ada penumpang tambahan, 2 baris hampir tidak cukup. belum lagi kalau anak ke-2 nyusul :D

jadi dari 2 pilihan diatas, saran saya calya tapi tetap harus kompromi, ada yg dikorbankan:
- calya tapi manual, supaya kalau sesekali mau refreshing keluar kota di daerah gunung masih aman.
- calya matic tapi lupakan refreshing ke daerah gunung. for your family's safety.

tapi dengan budget segitu kalau bisa sih cari bekas yg taun dan km rendah supaya minim perawatan, range pilihan bisa makin banyak. seperti mobilio matic, punya semua sisi plus dari brio (cvt aman dan kuat untuk tanjakan, irit) dan juga sisi plus calya (3 baris).

percayalah, walaupun jarang tapi sesekali kalau jenuh dan mau refreshing anda akan pakai itu mobil pilihan ke daerah bertanjakan, dan ini salah satu faktor yg dulu saya kesampingkan tapi ternyata dibutuhkan juga :D
Menurut suhu-suhu yang berpengalaman disini apakah better ambil Calya atau Brio yah?
- Secara kenyamanan bantingan suspensi enakan mana ya saat melewati jalan yang ga rata?
- Problema yang ditemui kira-kira apa aja ya untuk kedua mobil tsb?
- Brio sudah pasti lebih irit, tapi apakah Calya jauh lebih boros dri Brio yah?
- Ketika sama-sama ditumpangi 5 orang dewasa, apakah Brio lebih rawan mentok?
- Lebih durable mana?
- Apakah ada suhu-suhu sekalian yang punya pengalaman keluarga muda pakai Brio dan semua masih muat" aja? Atau malah punya pengalaman kurang menyenangkan karena krg bs mengakomodir kebutuhan barang bawaan?
- kenyamanan bantingan suspensi, jelas calya. suspensi calya empuk, bahkan lebih enak dari avanza 2016-2021. suspensi brio keras banget.
- problem calya matic ada di transmisi yg ga bisa gear lock di 1/L. kalo brio, problem ada di kualitas interior yg murahan, jok yg tipis, peredaman dan bunyi orkestra rattling interior yg semuanya lebih parah dari calya.
- pengalaman saya calya matic full ac dalkot surabaya, rata2 sekitar 12.5kpl. kalau brio katanya bisa sekitar 14-15kpl.
- sama saja mentok, krn suspensi calya pun terlalu empuk dan gampang ambles. solusinya bisa dikasih ganjal per, ganti per, atau ganti shock.
- soal durability entahlah dengan brio, tapi calya lebih lemah di suspensi (maklum krn lebih empuk tapi lebih berat), dan pernah denger bbrp kasus overheat (tapi saya ga pernah). brio jarang denger penyakit, tapi biaya perbaikan (bengkel dan sparepart) tentu mahalan ahond daripada atoyot.
- saat sy baru punya anak, sudah pakai mobil 3 baris, calya matic. tapi dari pengalaman cukup tidaknya sudah saya ceritakan diatas.
Waduh thank you so much Pak atas sharingnya yang benar benar bermanfaat ini. Kita berdua memang belum kepikiran soal gear lock karna sejauh ini di Kota tempat kami tinggal jarang ada jalur yang menanjak. 90% datar datar aja. Tanjakan hanya ada di parkiran-parkiran / gedung parkir yang notabene tdk curam dan mudah dilibas :big_biglaugh:

Sy dan istri soalnya agak dilema karna pas ntn-ntn review di youtube byk yg blg Brio bantingannya uenak banget so itu bikin istri untuk berargumen lg bisa aja bantingan dan redaman better Brio dibanding Calya. Tp dengan adanya sharing dari om sepertinya ini sangat bermanfaat dan bs sy tunjukin ke istri :big_exellent: bnr" thank you so much om sudah meluangkan waktu utk bales dan berikan sharing ini :big_deal:
carlzeiss wrote: 19 Nov 2022, 12:54 Vote Buat Brio E CVT

Saya dirumah pelihara brio E CVT tapi jg sering naik calsig online

Saya selalu mabuk kalau naik calsig walaupun sebentar doang jarak tdk jauh , entah suasana kabinnya agak bikin puyeng ga nyaman , beda dengan agya kebetulan sering nebeng agya temen jg
Kalau secara bantingan dan redaman, lbh nyaman mana Pak Brio dan Calsig? Apa sami mawon? Soalnya temen ada info bahwa kalau mobil ToyoDai biasanya setiap tahun ada improvement sedikit di bagian yang tidak kentara (mis. peredaman firewall, dll) Thank you Pak atas sharingnya btw :mky_01:
michaelgiri93 wrote: 19 Nov 2022, 22:02 Kalau belum ada rencana nambah momongan brio
Kalau ada rencana nambah momongan calya
Reliabilitas sparepart dkk 11 12
Naikan sih kalau buat penumpang enak calya ya brio keras
Siapp om makasih banyak masukkannya. Nah ini oe agak bingung kenapa byk reviewer di youtube yang blg redaman Brio lebih oke dan empuk ketimbang LCGC lainnya hahaha. Karna rencana nambah momongan memang selalu ada sepertinya jawabannya Calya nih hehe thank you Om
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1048
Joined: 03 Sep 2016, 20:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by michaelgiri93 »

Frenzyking wrote: 19 Nov 2022, 23:51
Siapp om makasih banyak masukkannya. Nah ini oe agak bingung kenapa byk reviewer di youtube yang blg redaman Brio lebih oke dan empuk ketimbang LCGC lainnya hahaha. Karna rencana nambah momongan memang selalu ada sepertinya jawabannya Calya nih hehe thank you Om
Sama² Om santai aja
Apa gini aja, istri ajak td aja 2 mobil tsb, nanti kan Om sama istri bisa ngerasakan naikannya seperti apa.
Dan kan punya agya yg bisa di jadikan tolak ukur apakah calya yg lebih nyaman atau malah ternyata lebih nyaman brio.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'01 rx king green - 5 mt
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6129
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by Suryaputra »

Frenzyking wrote: 19 Nov 2022, 23:51
pendoli wrote: 19 Nov 2022, 04:31 Turut berduka ya om, semoga yg di mobil baik2 aja 🙏🏼
Calya kabarnya mau ganti model kan taon depan atau 2024
Makasih ommm. Well, sy dan istri msh sambil memantau kondisi mobil Agya kami sih karna info terakhir dari dealer msh sedang tahap body repair dan blm dpt melakukan engine maupun tranny check :big_childish:
ChZ wrote: 19 Nov 2022, 09:39 kalau mau punya anak 1 dan ini mobil 1-1nya, more space is better. jadi calya aja hands down.

soalnya kelebihan brio satya dibanding calya jg cuma bisa dinikmati orang yang hobi nikung kenceng dan rada ugal :mky_03: irit ya sama-sama aja lah kayaknya calya setau ane gak terlalu boros bahkan dengan extra cabin space dibanding agya.
Siap Om Mod. Well noted untuk advice dan infonya :big_grin:
sintoni wrote: 19 Nov 2022, 10:19 Mending Calya sih.

Kalau sudah punya keluarga sendiri, terus punya mobil pertama atau cuma 1 sebisa mungkin beli 7 seater aja.

Ga tau kadang perlu space bagasi agak gede atau kadang bawa orang banyak.
Siap Pak Sintoni. Noted Pak. Sy juga berpikir demikian namun istri agak dilemanya ybs lebih suka designnya Brio :big_chicken: jd kudu dijelasin pertimbangannya 1-1 biar ybs nerima kalau mmg jadi ganti :big_smile]
r1409 wrote: 19 Nov 2022, 10:27 kalo cuma ngeliat judul, sebagai mantan pemilik calya G A/T, dari segi teknis dll saya milih brio. kenapa? karena matic calya busuk, tidak ada gear lock di L atau gigi 1. paling kecil gigi 2, dan ini sangat berbahaya di turunan curam karena murni harus mengandalkan kampas rem, yg berarti membakar kampas. tidak bisa engine brake pakai gigi 1. untuk nanjak tinggi pun payah, karena jadinya pas gigi 1 udah rpm tinggi, langsung upshift ke gigi 2 lalu ga kuat, downshift lagi ke gigi 1 lalu rpm tinggi, upshift ke 2 lagi, dan begitu seterusnya. gear hunting tiada akhir, kecuali mau nanjak dengan gigi 1 tapi superpelan biar tidak upshift ke gigi 2. jadi untuk dibawa liburan ke daerah gunung SANGAT TIDAK DISARANKAN pakai calya matic.

tapi begitu melihat situasi menjelang kelahiran anak pertama, ya mau ga mau harus yg 3 baris, karena nantinya pasti bawa STROLLER dan printilan lain. memang bisa kompromi dengan cari stroller yg bisa dilipat kecil dan barang printilan kecil taruh di jok depan (istri dan anak di baris ke-2), tetapi bila ada penumpang tambahan, 2 baris hampir tidak cukup. belum lagi kalau anak ke-2 nyusul :D

jadi dari 2 pilihan diatas, saran saya calya tapi tetap harus kompromi, ada yg dikorbankan:
- calya tapi manual, supaya kalau sesekali mau refreshing keluar kota di daerah gunung masih aman.
- calya matic tapi lupakan refreshing ke daerah gunung. for your family's safety.

tapi dengan budget segitu kalau bisa sih cari bekas yg taun dan km rendah supaya minim perawatan, range pilihan bisa makin banyak. seperti mobilio matic, punya semua sisi plus dari brio (cvt aman dan kuat untuk tanjakan, irit) dan juga sisi plus calya (3 baris).

percayalah, walaupun jarang tapi sesekali kalau jenuh dan mau refreshing anda akan pakai itu mobil pilihan ke daerah bertanjakan, dan ini salah satu faktor yg dulu saya kesampingkan tapi ternyata dibutuhkan juga :D
Menurut suhu-suhu yang berpengalaman disini apakah better ambil Calya atau Brio yah?
- Secara kenyamanan bantingan suspensi enakan mana ya saat melewati jalan yang ga rata?
- Problema yang ditemui kira-kira apa aja ya untuk kedua mobil tsb?
- Brio sudah pasti lebih irit, tapi apakah Calya jauh lebih boros dri Brio yah?
- Ketika sama-sama ditumpangi 5 orang dewasa, apakah Brio lebih rawan mentok?
- Lebih durable mana?
- Apakah ada suhu-suhu sekalian yang punya pengalaman keluarga muda pakai Brio dan semua masih muat" aja? Atau malah punya pengalaman kurang menyenangkan karena krg bs mengakomodir kebutuhan barang bawaan?
- kenyamanan bantingan suspensi, jelas calya. suspensi calya empuk, bahkan lebih enak dari avanza 2016-2021. suspensi brio keras banget.
- problem calya matic ada di transmisi yg ga bisa gear lock di 1/L. kalo brio, problem ada di kualitas interior yg murahan, jok yg tipis, peredaman dan bunyi orkestra rattling interior yg semuanya lebih parah dari calya.
- pengalaman saya calya matic full ac dalkot surabaya, rata2 sekitar 12.5kpl. kalau brio katanya bisa sekitar 14-15kpl.
- sama saja mentok, krn suspensi calya pun terlalu empuk dan gampang ambles. solusinya bisa dikasih ganjal per, ganti per, atau ganti shock.
- soal durability entahlah dengan brio, tapi calya lebih lemah di suspensi (maklum krn lebih empuk tapi lebih berat), dan pernah denger bbrp kasus overheat (tapi saya ga pernah). brio jarang denger penyakit, tapi biaya perbaikan (bengkel dan sparepart) tentu mahalan ahond daripada atoyot.
- saat sy baru punya anak, sudah pakai mobil 3 baris, calya matic. tapi dari pengalaman cukup tidaknya sudah saya ceritakan diatas.
Waduh thank you so much Pak atas sharingnya yang benar benar bermanfaat ini. Kita berdua memang belum kepikiran soal gear lock karna sejauh ini di Kota tempat kami tinggal jarang ada jalur yang menanjak. 90% datar datar aja. Tanjakan hanya ada di parkiran-parkiran / gedung parkir yang notabene tdk curam dan mudah dilibas :big_biglaugh:

Sy dan istri soalnya agak dilema karna pas ntn-ntn review di youtube byk yg blg Brio bantingannya uenak banget so itu bikin istri untuk berargumen lg bisa aja bantingan dan redaman better Brio dibanding Calya. Tp dengan adanya sharing dari om sepertinya ini sangat bermanfaat dan bs sy tunjukin ke istri :big_exellent: bnr" thank you so much om sudah meluangkan waktu utk bales dan berikan sharing ini :big_deal:
carlzeiss wrote: 19 Nov 2022, 12:54 Vote Buat Brio E CVT

Saya dirumah pelihara brio E CVT tapi jg sering naik calsig online

Saya selalu mabuk kalau naik calsig walaupun sebentar doang jarak tdk jauh , entah suasana kabinnya agak bikin puyeng ga nyaman , beda dengan agya kebetulan sering nebeng agya temen jg
Kalau secara bantingan dan redaman, lbh nyaman mana Pak Brio dan Calsig? Apa sami mawon? Soalnya temen ada info bahwa kalau mobil ToyoDai biasanya setiap tahun ada improvement sedikit di bagian yang tidak kentara (mis. peredaman firewall, dll) Thank you Pak atas sharingnya btw :mky_01:
michaelgiri93 wrote: 19 Nov 2022, 22:02 Kalau belum ada rencana nambah momongan brio
Kalau ada rencana nambah momongan calya
Reliabilitas sparepart dkk 11 12
Naikan sih kalau buat penumpang enak calya ya brio keras
Siapp om makasih banyak masukkannya. Nah ini oe agak bingung kenapa byk reviewer di youtube yang blg redaman Brio lebih oke dan empuk ketimbang LCGC lainnya hahaha. Karna rencana nambah momongan memang selalu ada sepertinya jawabannya Calya nih hehe thank you Om
Test drive aja mbah.
Sblm test drive.. ideally; pakai BBM yg sama, dan tekanan ban yg sesuai std pabrik yg ada di pinggir frame pintu driver.

Bawa tyre pressure gauge sendiri :big_peace:
*Colek me if I'm wrong
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26578
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by DOHC »

KielConstantine wrote: 19 Nov 2022, 11:52
ChZ wrote: 19 Nov 2022, 09:39 kelebihan brio satya dibanding calya jg cuma bisa dinikmati orang yang hobi nikung kenceng dan rada ugal :mky_03:
Tapi itu musti di tweak kan suspensi & chasis. Pasang swaybar, strutbar; coilover segala macem. Ditutup sama ban yg lengket aspal macem potenza; champiro SX-2


Klo standart ting ting pabrikan keknya sama aja dah bloon-bloonnya :big_think: ..

Apa ane yg salah nehh? Spek standaran brio ga taunya udh mumpuni buat ugal :big_slap:
d antara kawan2 elcegece, brio (dr model strikaan ampe yg model import dari land of rapist) paling ugal2 ready mbah

pas di pake ngeliuk2 body roll ckup minim, tarikan awal jg mantep, palagi yg manual nya , kopling enteng enak, gear shift rapet2 khas honda , rev happy enjin lg , jaminan ampuh bikin ciwi2 yg duduk di sebelah ketakutan kl nyetir ugal2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3767
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by kunaskun »

DOHC wrote: 20 Nov 2022, 14:01 jaminan ampuh bikin ciwi2 yg duduk di sebelah ketakutan kl nyetir ugal2
pantesan default car fucekboi tu pasti brio ya :big_biglaugh:
kecil, ngeliuk2, bantingan keras biar stabil jadi makin heboh, terus lari mah kaga tapi karena enteng jadi makin berasa kenceng :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26578
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by DOHC »

kunaskun wrote: 20 Nov 2022, 19:42
DOHC wrote: 20 Nov 2022, 14:01 jaminan ampuh bikin ciwi2 yg duduk di sebelah ketakutan kl nyetir ugal2
pantesan default car fucekboi tu pasti brio ya :big_biglaugh:
kecil, ngeliuk2, bantingan keras biar stabil jadi makin heboh, terus lari mah kaga tapi karena enteng jadi makin berasa kenceng :big_biglaugh:
bener mbah

brio itu utk fucekboi kategori paket hemat

hrv fucekboi kelas menengah

tp tetep, the real fucekboi drives bi em dobel U :big_exellent: :big_exellent:

smuanya ad kmiripan, bantingan rigid kaku, cocok buat bkin ciwi2 ketakutan kl nyetir ugal2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3767
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by kunaskun »

DOHC wrote: 20 Nov 2022, 20:18 bener mbah

brio itu utk fucekboi kategori paket hemat

hrv fucekboi kelas menengah

tp tetep, the real fucekboi drives bi em dobel U :big_exellent: :big_exellent:

smuanya ad kmiripan, bantingan rigid kaku, cocok buat bkin ciwi2 ketakutan kl nyetir ugal2
tahu sampe detil gitu si mbah, pengalaman pribadi ya :big_chicken:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26578
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by DOHC »

kunaskun wrote: 20 Nov 2022, 20:49
DOHC wrote: 20 Nov 2022, 20:18 bener mbah

brio itu utk fucekboi kategori paket hemat

hrv fucekboi kelas menengah

tp tetep, the real fucekboi drives bi em dobel U :big_exellent: :big_exellent:

smuanya ad kmiripan, bantingan rigid kaku, cocok buat bkin ciwi2 ketakutan kl nyetir ugal2
tahu sampe detil gitu si mbah, pengalaman pribadi ya :big_chicken:
cuman denger2 dari katanya katanya doank koq mbah :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: 24 Dec 2013, 10:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by r1409 »

Frenzyking wrote: 19 Nov 2022, 23:51 Waduh thank you so much Pak atas sharingnya yang benar benar bermanfaat ini. Kita berdua memang belum kepikiran soal gear lock karna sejauh ini di Kota tempat kami tinggal jarang ada jalur yang menanjak. 90% datar datar aja. Tanjakan hanya ada di parkiran-parkiran / gedung parkir yang notabene tdk curam dan mudah dilibas :big_biglaugh:
sama, saya di surabaya juga datar2 aja. tidak ada keluhan sama sekali untuk pemakaian surabaya, tanjakan mall pun ga ada masalah. ini yg bikin sy pede. sampai suatu saat tibalah saat saya dan istri jenuh kerja dan ngurus anak sendiri (tanpa nanny), dan kita pingin refreshing keluar kota. terjadilah nightmare seperti yg saya ceritakan sebelumnya..
Frenzyking wrote: Sy dan istri soalnya agak dilema karna pas ntn-ntn review di youtube byk yg blg Brio bantingannya uenak banget so itu bikin istri untuk berargumen lg bisa aja bantingan dan redaman better Brio dibanding Calya. Tp dengan adanya sharing dari om sepertinya ini sangat bermanfaat dan bs sy tunjukin ke istri :big_exellent: bnr" thank you so much om sudah meluangkan waktu utk bales dan berikan sharing ini :big_deal:
saya sih ga percaya dengan review youtuber apalagi yg endorse, mereka rata2 dibayar untuk mengunggulkan produk yg direview. lebih percaya kata user, dan sejauh ini ga pernah ada yg bilang suspensi brio empuk. memang lebih stabil, dalam artian lebih keras. untuk belok dan manuver lebih stabil karena mobil tidak mentul-mentul. tapi untuk meredam kejut dari speedtrap, lubang dan benjolan lebih butuh empuknya, dan disini calya unggul.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12901
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by ChZ »

DOHC wrote: 20 Nov 2022, 20:18
kunaskun wrote: 20 Nov 2022, 19:42
DOHC wrote: 20 Nov 2022, 14:01 jaminan ampuh bikin ciwi2 yg duduk di sebelah ketakutan kl nyetir ugal2
pantesan default car fucekboi tu pasti brio ya :big_biglaugh:
kecil, ngeliuk2, bantingan keras biar stabil jadi makin heboh, terus lari mah kaga tapi karena enteng jadi makin berasa kenceng :big_biglaugh:
bener mbah

brio itu utk fucekboi kategori paket hemat

hrv fucekboi kelas menengah

tp tetep, the real fucekboi drives bi em dobel U :big_exellent: :big_exellent:

smuanya ad kmiripan, bantingan rigid kaku, cocok buat bkin ciwi2 ketakutan kl nyetir ugal2
fucekboi menengah antara HRV apa sivik turbo mbah...

fucekboi kaya bawanya BMW seri-3 apalagi F30 :mky_03: yang lbh kaya lagi bawa open top macem SLK :mky_03:

klo E-class atau seri-5 itu kalo udah middle aged punya simpenan

:ngacir:
2011 Toyota XU30
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1 / 2022 DG3
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: 09 May 2015, 15:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by Syauqi »

hmmm... sayangnya istri om ts ga suka mobil second ya, padahal saya mau menyarankan ertiga GX matic 2017, secara harga pasaran udah 130-140jtan.

Dibandingkan brio & calya, ertiga jelas lebih luas, lebih nyaman, lebih hening, cc lebih besar, iritnya juga sama kaya calya bahkan kadang bisa lebih irit. Overall better car dibandingkan kedua mobil tsb, dengan harga yg lebih murah juga. Spare 5-10jt buat perbaikan kayaknya udah leboh dari cukup utk sebuah ertiga.

Kalau soal performa, saya yakin 100% brio satya cvt lebih kenceng & irit daripada calya. Nah soal ground clearance emang brio lebih pendek drpd calya, bawa 4 orang dijamin gesrot mulu itu body. Kalo calya ga gesrot tapi 'mentok' di shock-nya jadi kalo muat 4+ orang & lewat polisi tidur bakal kerasa jedug di belakang.

Kalo suka nyetir & ga gitu butuh bagasi besar saran saya ambil brio aja, kalo butuh mobil yg lebih kerasa 'fresh' & muat banyak merem deh ambil calya
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10430
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by ak4ng »

Orientasi untuk yang sayang keluarga : Calya, yg egois nyetir sendiri : brio. Dah gt z
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
r1409
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: 24 Dec 2013, 10:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by r1409 »

Syauqi wrote: 21 Nov 2022, 09:17 Dibandingkan brio & calya, ertiga jelas lebih luas, lebih nyaman, lebih hening, cc lebih besar, iritnya juga sama kaya calya bahkan kadang bisa lebih irit.
maaf, IMO sebagai mantan user calya dan sekarang user ertiga 2017, tidak setuju kalau dibilang jelas lebih luas. malah kayaknya lebih sempit karena jok yg tebal dan posisi jok depan yg terlalu ke tengah, bikin senggol2an sikut. kalo calya, saya bisa duduk di baris ke-3 tanpa jok baris ke-2 dimajukan mentok. kalau ertiga, harus maju mentok.

calya itu terlihat kecil tapi sebetulnya luas kok, karena joknya yg tipis. atapnya pun terlihat rendah tapi kalau didalam headroom lega, karena seating position jok calya lebih rendah dari jok ertiga, terutama yg baris ke-2.

memang nyaman, jok empuk tebal, tapi ada trade off di space kabin yg jadi lebih sempit.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6129
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by Suryaputra »

r1409 wrote: 21 Nov 2022, 10:10
Syauqi wrote: 21 Nov 2022, 09:17 Dibandingkan brio & calya, ertiga jelas lebih luas, lebih nyaman, lebih hening, cc lebih besar, iritnya juga sama kaya calya bahkan kadang bisa lebih irit.
maaf, IMO sebagai mantan user calya dan sekarang user ertiga 2017, tidak setuju kalau dibilang jelas lebih luas. malah kayaknya lebih sempit karena jok yg tebal dan posisi jok depan yg terlalu ke tengah, bikin senggol2an sikut. kalo calya, saya bisa duduk di baris ke-3 tanpa jok baris ke-2 dimajukan mentok. kalau ertiga, harus maju mentok.

calya itu terlihat kecil tapi sebetulnya luas kok, karena joknya yg tipis. atapnya pun terlihat rendah tapi kalau didalam headroom lega, karena seating position jok calya lebih rendah dari jok ertiga, terutama yg baris ke-2.

memang nyaman, jok empuk tebal, tapi ada trade off di space kabin yg jadi lebih sempit.
Sy pernah pinjam ertiga (1st gen) juga selama bbrp hari.

Ini sebetulnya mobil hatchback dgn GC cukup tinggi, yg dipaksa untuk 3 seater.

Jadi agar row 3 nya bisa didudukin, makanya space jok tengah jd ngepas

Beda sm Calya yg emang truly mini mpv 3 seater.

Klo soal space, honda toyodai jagonya di kelasnya deh :upss:
*Colek me if I'm wrong
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3994
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018 + Brio Satya E CVT 2022

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by Pboyz97 »

Frenzyking wrote: 18 Nov 2022, 21:24 Dear suhu-suhu SM ,

Selamat malam. Sedikit intermesso saya ingin bercerita mengenai mobil yang saya dan istri gunakan sehari-hari, yakni Agya 1.2 G A/T yang dibungkus 2019 lalu. Singkat cerita terjadi sebuah insiden di persimpangan lampu merah dimana mobil kami menjadi korban terberat dimana posisi saat itu terdapat seekor Sirion matic yang dikemudikan oleh seorang wanita yang kebetulan panik sehingga salah menginjak gas sebagai rem. Alhasil kendaraan kami yang sedang macet di lampu merah ditabrak dengan sangat kuat hingga Sirion tsb menempel di rear bumper Agya kami.

Agya kami pun tersundul ke depan dan menyenggol seekor Xpander yang juga sedang mengantri macet. Karena mobil kami terjepit di tengah alhasil mengalami kerusakan yang sangat parah. Oleh pemilik Sirion, mobil kami dan Xpander akhirnya disepakati untuk diganti rugi secara full. Mobil kami dimasukkan ke salah satu authorized dealer yang dapat menangani Body Repair, dimana setelah ditaksir penggantian parts dan perbaikan body mencapai DC sebesar Rp. 20an Mio. Hal tsb tentunya tdk menjadi masalah karena dicover full oleh pemilik Sirion.

Namun, terlepas dari hal tersebut. transmisi mobil berada di D dan rem dipijak full saat kendaraan kami ditabrak. Karena impact yang kuat membuat mobil tersundul ke depan yang akhirnya saat sy coba bawa mobil tsb, saat masuk gigi D dan rem diinjak terasa getaran yang amat sangat tidak menyenangkan. Saat ini posisi mobil msh sedang dlm pengerjaan body repair sehingga mechanic blm dpt melakukan pengecekan kerusakan pada engine & tranny. Alhasil, keluarga kerabat dan teman banyak yang menyarankan untuk mengganti mobil Agya kesayangan kami tsb.

Adapun penampakan fotonya saya tampilkan pada attachment.

Back to topic, ketika disarankan untuk mengganti mobil ini timbul-lah beberapa opsi mobil baru seperti Calya G A/T dan Brio Satya E CVT. Disini oe bermaksud menanyakan pengalaman dan pendapat Om" dan Suhu" SM diantara kedua mobil tsb better yang mana yah?

Memang kedua mobil ini tidak apple to apple. Namun, budget yang kami miliki kebetulan hanya nyangkut di kedua mobil ini. Istri juga tidak begitu suka dengan mobil second so prolly it's not an option karena oe ga pengen tidur di luar rumah :mky_01:

Bagi kami, Calya memiliki ruang bagasi yang lebih besar (seems to be more future proof, since kita punya anak pertama akan lahir tidak lama lagi). Brio di sisi lain menurut kami unggul di hampir semua sisi kecuali ground clearance dan bagasinya yang masih kurang lebih seukuran Agya (sebenarnya tidak masalah sekarang namun takut saja kalau sudah punya baby kebutuhan bawa brg lebih banyak)

Menurut suhu-suhu yang berpengalaman disini apakah better ambil Calya atau Brio yah?
- Secara kenyamanan bantingan suspensi enakan mana ya saat melewati jalan yang ga rata?
- Problema yang ditemui kira-kira apa aja ya untuk kedua mobil tsb?
- Brio sudah pasti lebih irit, tapi apakah Calya jauh lebih boros dri Brio yah?
- Ketika sama-sama ditumpangi 5 orang dewasa, apakah Brio lebih rawan mentok?
- Lebih durable mana?
- Apakah ada suhu-suhu sekalian yang punya pengalaman keluarga muda pakai Brio dan semua masih muat" aja? Atau malah punya pengalaman kurang menyenangkan karena krg bs mengakomodir kebutuhan barang bawaan?

Maafkan basa-basi oe yang panjang lebar. Namun, beberapa hari ini oe memang sangat dilema dan galau hingga memutuskan untuk menanyakan pendapat para suhu SM :big_cry:

Terima kasih banyak sebelumnya :big_peace:
pertama tama turut prihatin atas kejadian yg om alami, semoga agyanya bisa betul kembali dan bisa digunakan seperti sedia kala

back to topic, kebetulan saya owner brio satya e CVT 2022 dan cukup sering naik taksol calya dan agya
1. beda tipis, tapi kalo dari agya, calya lebih empuk dikit
2. brio paling rack steering , kaki2, mounting kalo buat jangka panjang + usahakan ganti oli CVT nya teratur. kalo calya ya seperti pada mobil umumnya aja, mobil ini termasuk durable menurut saya
3. tidak, konsumsi BBM nya 11 12 alias mirip2
4. tidak, kebetulan cukup sering naik brio dengan penumpang 5 orang dewasa masih aman2 aja
5. mirip2 , tapi buat long term lebih durable calya menurut saya
6. kebetulan saya pake brio 2022 dan masih muat2 aja, sebagai gambaran keluarga saya ber 4 (saya, ayah, ibu, nenek saya). akomodasi kalo dari agya ya gajauh beda, jauh lebih bagus akomodasinya dari brio lama menurut saya dan bakal upgrade jauh secara tarikan, handling dan driving feel kalo dari agya ke brio satya. kalo buat keluarga anak maksimal 2 dan tinggi kurang dari 175cm masih row 2 nya masih muat kok hehehe + kalo bagasi, koper ukuran besar ya masih muat lah menurut saya hehehe
Past:
'15,'17,'18,'21 Avanza G MT
'15 Veloz MT
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'19 Avanza G MT
'22 brio
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26578
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT

Post by DOHC »

ChZ wrote: 21 Nov 2022, 09:16
DOHC wrote: 20 Nov 2022, 20:18
kunaskun wrote: 20 Nov 2022, 19:42

pantesan default car fucekboi tu pasti brio ya :big_biglaugh:
kecil, ngeliuk2, bantingan keras biar stabil jadi makin heboh, terus lari mah kaga tapi karena enteng jadi makin berasa kenceng :big_biglaugh:
bener mbah

brio itu utk fucekboi kategori paket hemat

hrv fucekboi kelas menengah

tp tetep, the real fucekboi drives bi em dobel U :big_exellent: :big_exellent:

smuanya ad kmiripan, bantingan rigid kaku, cocok buat bkin ciwi2 ketakutan kl nyetir ugal2
fucekboi menengah antara HRV apa sivik turbo mbah...

fucekboi kaya bawanya BMW seri-3 apalagi F30 :mky_03: yang lbh kaya lagi bawa open top macem SLK :mky_03:

klo E-class atau seri-5 itu kalo udah middle aged punya simpenan

:ngacir:
Tp d jakarta ad satu lg tunggangan fucekboi mbah

Fucekboi pik naek nya vrz dizel
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Post Reply