[WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11
[WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Dear suhu-suhu SM ,
Selamat malam. Sedikit intermesso saya ingin bercerita mengenai mobil yang saya dan istri gunakan sehari-hari, yakni Agya 1.2 G A/T yang dibungkus 2019 lalu. Singkat cerita terjadi sebuah insiden di persimpangan lampu merah dimana mobil kami menjadi korban terberat dimana posisi saat itu terdapat seekor Sirion matic yang dikemudikan oleh seorang wanita yang kebetulan panik sehingga salah menginjak gas sebagai rem. Alhasil kendaraan kami yang sedang macet di lampu merah ditabrak dengan sangat kuat hingga Sirion tsb menempel di rear bumper Agya kami.
Agya kami pun tersundul ke depan dan menyenggol seekor Xpander yang juga sedang mengantri macet. Karena mobil kami terjepit di tengah alhasil mengalami kerusakan yang sangat parah. Oleh pemilik Sirion, mobil kami dan Xpander akhirnya disepakati untuk diganti rugi secara full. Mobil kami dimasukkan ke salah satu authorized dealer yang dapat menangani Body Repair, dimana setelah ditaksir penggantian parts dan perbaikan body mencapai DC sebesar Rp. 20an Mio. Hal tsb tentunya tdk menjadi masalah karena dicover full oleh pemilik Sirion.
Namun, terlepas dari hal tersebut. transmisi mobil berada di D dan rem dipijak full saat kendaraan kami ditabrak. Karena impact yang kuat membuat mobil tersundul ke depan yang akhirnya saat sy coba bawa mobil tsb, saat masuk gigi D dan rem diinjak terasa getaran yang amat sangat tidak menyenangkan. Saat ini posisi mobil msh sedang dlm pengerjaan body repair sehingga mechanic blm dpt melakukan pengecekan kerusakan pada engine & tranny. Alhasil, keluarga kerabat dan teman banyak yang menyarankan untuk mengganti mobil Agya kesayangan kami tsb.
Adapun penampakan fotonya saya tampilkan pada attachment.
Back to topic, ketika disarankan untuk mengganti mobil ini timbul-lah beberapa opsi mobil baru seperti Calya G A/T dan Brio Satya E CVT. Disini oe bermaksud menanyakan pengalaman dan pendapat Om" dan Suhu" SM diantara kedua mobil tsb better yang mana yah?
Memang kedua mobil ini tidak apple to apple. Namun, budget yang kami miliki kebetulan hanya nyangkut di kedua mobil ini. Istri juga tidak begitu suka dengan mobil second so prolly it's not an option karena oe ga pengen tidur di luar rumah
Bagi kami, Calya memiliki ruang bagasi yang lebih besar (seems to be more future proof, since kita punya anak pertama akan lahir tidak lama lagi). Brio di sisi lain menurut kami unggul di hampir semua sisi kecuali ground clearance dan bagasinya yang masih kurang lebih seukuran Agya (sebenarnya tidak masalah sekarang namun takut saja kalau sudah punya baby kebutuhan bawa brg lebih banyak)
Menurut suhu-suhu yang berpengalaman disini apakah better ambil Calya atau Brio yah?
- Secara kenyamanan bantingan suspensi enakan mana ya saat melewati jalan yang ga rata?
- Problema yang ditemui kira-kira apa aja ya untuk kedua mobil tsb?
- Brio sudah pasti lebih irit, tapi apakah Calya jauh lebih boros dri Brio yah?
- Ketika sama-sama ditumpangi 5 orang dewasa, apakah Brio lebih rawan mentok?
- Lebih durable mana?
- Apakah ada suhu-suhu sekalian yang punya pengalaman keluarga muda pakai Brio dan semua masih muat" aja? Atau malah punya pengalaman kurang menyenangkan karena krg bs mengakomodir kebutuhan barang bawaan?
Maafkan basa-basi oe yang panjang lebar. Namun, beberapa hari ini oe memang sangat dilema dan galau hingga memutuskan untuk menanyakan pendapat para suhu SM
Terima kasih banyak sebelumnya
Selamat malam. Sedikit intermesso saya ingin bercerita mengenai mobil yang saya dan istri gunakan sehari-hari, yakni Agya 1.2 G A/T yang dibungkus 2019 lalu. Singkat cerita terjadi sebuah insiden di persimpangan lampu merah dimana mobil kami menjadi korban terberat dimana posisi saat itu terdapat seekor Sirion matic yang dikemudikan oleh seorang wanita yang kebetulan panik sehingga salah menginjak gas sebagai rem. Alhasil kendaraan kami yang sedang macet di lampu merah ditabrak dengan sangat kuat hingga Sirion tsb menempel di rear bumper Agya kami.
Agya kami pun tersundul ke depan dan menyenggol seekor Xpander yang juga sedang mengantri macet. Karena mobil kami terjepit di tengah alhasil mengalami kerusakan yang sangat parah. Oleh pemilik Sirion, mobil kami dan Xpander akhirnya disepakati untuk diganti rugi secara full. Mobil kami dimasukkan ke salah satu authorized dealer yang dapat menangani Body Repair, dimana setelah ditaksir penggantian parts dan perbaikan body mencapai DC sebesar Rp. 20an Mio. Hal tsb tentunya tdk menjadi masalah karena dicover full oleh pemilik Sirion.
Namun, terlepas dari hal tersebut. transmisi mobil berada di D dan rem dipijak full saat kendaraan kami ditabrak. Karena impact yang kuat membuat mobil tersundul ke depan yang akhirnya saat sy coba bawa mobil tsb, saat masuk gigi D dan rem diinjak terasa getaran yang amat sangat tidak menyenangkan. Saat ini posisi mobil msh sedang dlm pengerjaan body repair sehingga mechanic blm dpt melakukan pengecekan kerusakan pada engine & tranny. Alhasil, keluarga kerabat dan teman banyak yang menyarankan untuk mengganti mobil Agya kesayangan kami tsb.
Adapun penampakan fotonya saya tampilkan pada attachment.
Back to topic, ketika disarankan untuk mengganti mobil ini timbul-lah beberapa opsi mobil baru seperti Calya G A/T dan Brio Satya E CVT. Disini oe bermaksud menanyakan pengalaman dan pendapat Om" dan Suhu" SM diantara kedua mobil tsb better yang mana yah?
Memang kedua mobil ini tidak apple to apple. Namun, budget yang kami miliki kebetulan hanya nyangkut di kedua mobil ini. Istri juga tidak begitu suka dengan mobil second so prolly it's not an option karena oe ga pengen tidur di luar rumah
Bagi kami, Calya memiliki ruang bagasi yang lebih besar (seems to be more future proof, since kita punya anak pertama akan lahir tidak lama lagi). Brio di sisi lain menurut kami unggul di hampir semua sisi kecuali ground clearance dan bagasinya yang masih kurang lebih seukuran Agya (sebenarnya tidak masalah sekarang namun takut saja kalau sudah punya baby kebutuhan bawa brg lebih banyak)
Menurut suhu-suhu yang berpengalaman disini apakah better ambil Calya atau Brio yah?
- Secara kenyamanan bantingan suspensi enakan mana ya saat melewati jalan yang ga rata?
- Problema yang ditemui kira-kira apa aja ya untuk kedua mobil tsb?
- Brio sudah pasti lebih irit, tapi apakah Calya jauh lebih boros dri Brio yah?
- Ketika sama-sama ditumpangi 5 orang dewasa, apakah Brio lebih rawan mentok?
- Lebih durable mana?
- Apakah ada suhu-suhu sekalian yang punya pengalaman keluarga muda pakai Brio dan semua masih muat" aja? Atau malah punya pengalaman kurang menyenangkan karena krg bs mengakomodir kebutuhan barang bawaan?
Maafkan basa-basi oe yang panjang lebar. Namun, beberapa hari ini oe memang sangat dilema dan galau hingga memutuskan untuk menanyakan pendapat para suhu SM
Terima kasih banyak sebelumnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1291
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Turut berduka ya om, semoga yg di mobil baik2 aja
Calya kabarnya mau ganti model kan taon depan atau 2024
Calya kabarnya mau ganti model kan taon depan atau 2024
Smileage lebih penting dari mileage
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
kalau mau punya anak 1 dan ini mobil 1-1nya, more space is better. jadi calya aja hands down.
soalnya kelebihan brio satya dibanding calya jg cuma bisa dinikmati orang yang hobi nikung kenceng dan rada ugal irit ya sama-sama aja lah kayaknya calya setau ane gak terlalu boros bahkan dengan extra cabin space dibanding agya.
soalnya kelebihan brio satya dibanding calya jg cuma bisa dinikmati orang yang hobi nikung kenceng dan rada ugal irit ya sama-sama aja lah kayaknya calya setau ane gak terlalu boros bahkan dengan extra cabin space dibanding agya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5852
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Mending Calya sih.
Kalau sudah punya keluarga sendiri, terus punya mobil pertama atau cuma 1 sebisa mungkin beli 7 seater aja.
Ga tau kadang perlu space bagasi agak gede atau kadang bawa orang banyak.
Kalau sudah punya keluarga sendiri, terus punya mobil pertama atau cuma 1 sebisa mungkin beli 7 seater aja.
Ga tau kadang perlu space bagasi agak gede atau kadang bawa orang banyak.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
kalo cuma ngeliat judul, sebagai mantan pemilik calya G A/T, dari segi teknis dll saya milih brio. kenapa? karena matic calya busuk, tidak ada gear lock di L atau gigi 1. paling kecil gigi 2, dan ini sangat berbahaya di turunan curam karena murni harus mengandalkan kampas rem, yg berarti membakar kampas. tidak bisa engine brake pakai gigi 1. untuk nanjak tinggi pun payah, karena jadinya pas gigi 1 udah rpm tinggi, langsung upshift ke gigi 2 lalu ga kuat, downshift lagi ke gigi 1 lalu rpm tinggi, upshift ke 2 lagi, dan begitu seterusnya. gear hunting tiada akhir, kecuali mau nanjak dengan gigi 1 tapi superpelan biar tidak upshift ke gigi 2. jadi untuk dibawa liburan ke daerah gunung SANGAT TIDAK DISARANKAN pakai calya matic.
tapi begitu melihat situasi menjelang kelahiran anak pertama, ya mau ga mau harus yg 3 baris, karena nantinya pasti bawa STROLLER dan printilan lain. memang bisa kompromi dengan cari stroller yg bisa dilipat kecil dan barang printilan kecil taruh di jok depan (istri dan anak di baris ke-2), tetapi bila ada penumpang tambahan, 2 baris hampir tidak cukup. belum lagi kalau anak ke-2 nyusul
jadi dari 2 pilihan diatas, saran saya calya tapi tetap harus kompromi, ada yg dikorbankan:
- calya tapi manual, supaya kalau sesekali mau refreshing keluar kota di daerah gunung masih aman.
- calya matic tapi lupakan refreshing ke daerah gunung. for your family's safety.
tapi dengan budget segitu kalau bisa sih cari bekas yg taun dan km rendah supaya minim perawatan, range pilihan bisa makin banyak. seperti mobilio matic, punya semua sisi plus dari brio (cvt aman dan kuat untuk tanjakan, irit) dan juga sisi plus calya (3 baris).
percayalah, walaupun jarang tapi sesekali kalau jenuh dan mau refreshing anda akan pakai itu mobil pilihan ke daerah bertanjakan, dan ini salah satu faktor yg dulu saya kesampingkan tapi ternyata dibutuhkan juga
- problem calya matic ada di transmisi yg ga bisa gear lock di 1/L. kalo brio, problem ada di kualitas interior yg murahan, jok yg tipis, peredaman dan bunyi orkestra rattling interior yg semuanya lebih parah dari calya.
- pengalaman saya calya matic full ac dalkot surabaya, rata2 sekitar 12.5kpl. kalau brio katanya bisa sekitar 14-15kpl.
- sama saja mentok, krn suspensi calya pun terlalu empuk dan gampang ambles. solusinya bisa dikasih ganjal per, ganti per, atau ganti shock.
- soal durability entahlah dengan brio, tapi calya lebih lemah di suspensi (maklum krn lebih empuk tapi lebih berat), dan pernah denger bbrp kasus overheat (tapi saya ga pernah). brio jarang denger penyakit, tapi biaya perbaikan (bengkel dan sparepart) tentu mahalan ahond daripada atoyot.
- saat sy baru punya anak, sudah pakai mobil 3 baris, calya matic. tapi dari pengalaman cukup tidaknya sudah saya ceritakan diatas.
tapi begitu melihat situasi menjelang kelahiran anak pertama, ya mau ga mau harus yg 3 baris, karena nantinya pasti bawa STROLLER dan printilan lain. memang bisa kompromi dengan cari stroller yg bisa dilipat kecil dan barang printilan kecil taruh di jok depan (istri dan anak di baris ke-2), tetapi bila ada penumpang tambahan, 2 baris hampir tidak cukup. belum lagi kalau anak ke-2 nyusul
jadi dari 2 pilihan diatas, saran saya calya tapi tetap harus kompromi, ada yg dikorbankan:
- calya tapi manual, supaya kalau sesekali mau refreshing keluar kota di daerah gunung masih aman.
- calya matic tapi lupakan refreshing ke daerah gunung. for your family's safety.
tapi dengan budget segitu kalau bisa sih cari bekas yg taun dan km rendah supaya minim perawatan, range pilihan bisa makin banyak. seperti mobilio matic, punya semua sisi plus dari brio (cvt aman dan kuat untuk tanjakan, irit) dan juga sisi plus calya (3 baris).
percayalah, walaupun jarang tapi sesekali kalau jenuh dan mau refreshing anda akan pakai itu mobil pilihan ke daerah bertanjakan, dan ini salah satu faktor yg dulu saya kesampingkan tapi ternyata dibutuhkan juga
- kenyamanan bantingan suspensi, jelas calya. suspensi calya empuk, bahkan lebih enak dari avanza 2016-2021. suspensi brio keras banget.Menurut suhu-suhu yang berpengalaman disini apakah better ambil Calya atau Brio yah?
- Secara kenyamanan bantingan suspensi enakan mana ya saat melewati jalan yang ga rata?
- Problema yang ditemui kira-kira apa aja ya untuk kedua mobil tsb?
- Brio sudah pasti lebih irit, tapi apakah Calya jauh lebih boros dri Brio yah?
- Ketika sama-sama ditumpangi 5 orang dewasa, apakah Brio lebih rawan mentok?
- Lebih durable mana?
- Apakah ada suhu-suhu sekalian yang punya pengalaman keluarga muda pakai Brio dan semua masih muat" aja? Atau malah punya pengalaman kurang menyenangkan karena krg bs mengakomodir kebutuhan barang bawaan?
- problem calya matic ada di transmisi yg ga bisa gear lock di 1/L. kalo brio, problem ada di kualitas interior yg murahan, jok yg tipis, peredaman dan bunyi orkestra rattling interior yg semuanya lebih parah dari calya.
- pengalaman saya calya matic full ac dalkot surabaya, rata2 sekitar 12.5kpl. kalau brio katanya bisa sekitar 14-15kpl.
- sama saja mentok, krn suspensi calya pun terlalu empuk dan gampang ambles. solusinya bisa dikasih ganjal per, ganti per, atau ganti shock.
- soal durability entahlah dengan brio, tapi calya lebih lemah di suspensi (maklum krn lebih empuk tapi lebih berat), dan pernah denger bbrp kasus overheat (tapi saya ga pernah). brio jarang denger penyakit, tapi biaya perbaikan (bengkel dan sparepart) tentu mahalan ahond daripada atoyot.
- saat sy baru punya anak, sudah pakai mobil 3 baris, calya matic. tapi dari pengalaman cukup tidaknya sudah saya ceritakan diatas.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2724
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Tapi itu musti di tweak kan suspensi & chasis. Pasang swaybar, strutbar; coilover segala macem. Ditutup sama ban yg lengket aspal macem potenza; champiro SX-2
Klo standart ting ting pabrikan keknya sama aja dah bloon-bloonnya ..
Apa ane yg salah nehh? Spek standaran brio ga taunya udh mumpuni buat ugal
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
ya dibanding calya sih rasa nyetirnya lebih "mobil" yah bawa brio baru dah kayak bawa GD3KielConstantine wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 4:52Tapi itu musti di tweak kan suspensi & chasis. Pasang swaybar, strutbar; coilover segala macem. Ditutup sama ban yg lengket aspal macem potenza; champiro SX-2
Klo standart ting ting pabrikan keknya sama aja dah bloon-bloonnya ..
Apa ane yg salah nehh? Spek standaran brio ga taunya udh mumpuni buat ugal
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 653
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Vote Buat Brio E CVT
Saya dirumah pelihara brio E CVT tapi jg sering naik calsig online
Saya selalu mabuk kalau naik calsig walaupun sebentar doang jarak tdk jauh , entah suasana kabinnya agak bikin puyeng ga nyaman , beda dengan agya kebetulan sering nebeng agya temen jg
Saya dirumah pelihara brio E CVT tapi jg sering naik calsig online
Saya selalu mabuk kalau naik calsig walaupun sebentar doang jarak tdk jauh , entah suasana kabinnya agak bikin puyeng ga nyaman , beda dengan agya kebetulan sering nebeng agya temen jg
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Kalau belum ada rencana nambah momongan brio
Kalau ada rencana nambah momongan calya
Reliabilitas sparepart dkk 11 12
Naikan sih kalau buat penumpang enak calya ya brio keras
Kalau ada rencana nambah momongan calya
Reliabilitas sparepart dkk 11 12
Naikan sih kalau buat penumpang enak calya ya brio keras
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Makasih ommm. Well, sy dan istri msh sambil memantau kondisi mobil Agya kami sih karna info terakhir dari dealer msh sedang tahap body repair dan blm dpt melakukan engine maupun tranny check
Siap Om Mod. Well noted untuk advice dan infonyaChZ wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 2:39 kalau mau punya anak 1 dan ini mobil 1-1nya, more space is better. jadi calya aja hands down.
soalnya kelebihan brio satya dibanding calya jg cuma bisa dinikmati orang yang hobi nikung kenceng dan rada ugal irit ya sama-sama aja lah kayaknya calya setau ane gak terlalu boros bahkan dengan extra cabin space dibanding agya.
Siap Pak Sintoni. Noted Pak. Sy juga berpikir demikian namun istri agak dilemanya ybs lebih suka designnya Brio jd kudu dijelasin pertimbangannya 1-1 biar ybs nerima kalau mmg jadi ganti
Waduh thank you so much Pak atas sharingnya yang benar benar bermanfaat ini. Kita berdua memang belum kepikiran soal gear lock karna sejauh ini di Kota tempat kami tinggal jarang ada jalur yang menanjak. 90% datar datar aja. Tanjakan hanya ada di parkiran-parkiran / gedung parkir yang notabene tdk curam dan mudah dilibasr1409 wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 3:27 kalo cuma ngeliat judul, sebagai mantan pemilik calya G A/T, dari segi teknis dll saya milih brio. kenapa? karena matic calya busuk, tidak ada gear lock di L atau gigi 1. paling kecil gigi 2, dan ini sangat berbahaya di turunan curam karena murni harus mengandalkan kampas rem, yg berarti membakar kampas. tidak bisa engine brake pakai gigi 1. untuk nanjak tinggi pun payah, karena jadinya pas gigi 1 udah rpm tinggi, langsung upshift ke gigi 2 lalu ga kuat, downshift lagi ke gigi 1 lalu rpm tinggi, upshift ke 2 lagi, dan begitu seterusnya. gear hunting tiada akhir, kecuali mau nanjak dengan gigi 1 tapi superpelan biar tidak upshift ke gigi 2. jadi untuk dibawa liburan ke daerah gunung SANGAT TIDAK DISARANKAN pakai calya matic.
tapi begitu melihat situasi menjelang kelahiran anak pertama, ya mau ga mau harus yg 3 baris, karena nantinya pasti bawa STROLLER dan printilan lain. memang bisa kompromi dengan cari stroller yg bisa dilipat kecil dan barang printilan kecil taruh di jok depan (istri dan anak di baris ke-2), tetapi bila ada penumpang tambahan, 2 baris hampir tidak cukup. belum lagi kalau anak ke-2 nyusul
jadi dari 2 pilihan diatas, saran saya calya tapi tetap harus kompromi, ada yg dikorbankan:
- calya tapi manual, supaya kalau sesekali mau refreshing keluar kota di daerah gunung masih aman.
- calya matic tapi lupakan refreshing ke daerah gunung. for your family's safety.
tapi dengan budget segitu kalau bisa sih cari bekas yg taun dan km rendah supaya minim perawatan, range pilihan bisa makin banyak. seperti mobilio matic, punya semua sisi plus dari brio (cvt aman dan kuat untuk tanjakan, irit) dan juga sisi plus calya (3 baris).
percayalah, walaupun jarang tapi sesekali kalau jenuh dan mau refreshing anda akan pakai itu mobil pilihan ke daerah bertanjakan, dan ini salah satu faktor yg dulu saya kesampingkan tapi ternyata dibutuhkan juga
- kenyamanan bantingan suspensi, jelas calya. suspensi calya empuk, bahkan lebih enak dari avanza 2016-2021. suspensi brio keras banget.Menurut suhu-suhu yang berpengalaman disini apakah better ambil Calya atau Brio yah?
- Secara kenyamanan bantingan suspensi enakan mana ya saat melewati jalan yang ga rata?
- Problema yang ditemui kira-kira apa aja ya untuk kedua mobil tsb?
- Brio sudah pasti lebih irit, tapi apakah Calya jauh lebih boros dri Brio yah?
- Ketika sama-sama ditumpangi 5 orang dewasa, apakah Brio lebih rawan mentok?
- Lebih durable mana?
- Apakah ada suhu-suhu sekalian yang punya pengalaman keluarga muda pakai Brio dan semua masih muat" aja? Atau malah punya pengalaman kurang menyenangkan karena krg bs mengakomodir kebutuhan barang bawaan?
- problem calya matic ada di transmisi yg ga bisa gear lock di 1/L. kalo brio, problem ada di kualitas interior yg murahan, jok yg tipis, peredaman dan bunyi orkestra rattling interior yg semuanya lebih parah dari calya.
- pengalaman saya calya matic full ac dalkot surabaya, rata2 sekitar 12.5kpl. kalau brio katanya bisa sekitar 14-15kpl.
- sama saja mentok, krn suspensi calya pun terlalu empuk dan gampang ambles. solusinya bisa dikasih ganjal per, ganti per, atau ganti shock.
- soal durability entahlah dengan brio, tapi calya lebih lemah di suspensi (maklum krn lebih empuk tapi lebih berat), dan pernah denger bbrp kasus overheat (tapi saya ga pernah). brio jarang denger penyakit, tapi biaya perbaikan (bengkel dan sparepart) tentu mahalan ahond daripada atoyot.
- saat sy baru punya anak, sudah pakai mobil 3 baris, calya matic. tapi dari pengalaman cukup tidaknya sudah saya ceritakan diatas.
Sy dan istri soalnya agak dilema karna pas ntn-ntn review di youtube byk yg blg Brio bantingannya uenak banget so itu bikin istri untuk berargumen lg bisa aja bantingan dan redaman better Brio dibanding Calya. Tp dengan adanya sharing dari om sepertinya ini sangat bermanfaat dan bs sy tunjukin ke istri bnr" thank you so much om sudah meluangkan waktu utk bales dan berikan sharing ini
Kalau secara bantingan dan redaman, lbh nyaman mana Pak Brio dan Calsig? Apa sami mawon? Soalnya temen ada info bahwa kalau mobil ToyoDai biasanya setiap tahun ada improvement sedikit di bagian yang tidak kentara (mis. peredaman firewall, dll) Thank you Pak atas sharingnya btwcarlzeiss wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 5:54 Vote Buat Brio E CVT
Saya dirumah pelihara brio E CVT tapi jg sering naik calsig online
Saya selalu mabuk kalau naik calsig walaupun sebentar doang jarak tdk jauh , entah suasana kabinnya agak bikin puyeng ga nyaman , beda dengan agya kebetulan sering nebeng agya temen jg
Siapp om makasih banyak masukkannya. Nah ini oe agak bingung kenapa byk reviewer di youtube yang blg redaman Brio lebih oke dan empuk ketimbang LCGC lainnya hahaha. Karna rencana nambah momongan memang selalu ada sepertinya jawabannya Calya nih hehe thank you Ommichaelgiri93 wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 15:02 Kalau belum ada rencana nambah momongan brio
Kalau ada rencana nambah momongan calya
Reliabilitas sparepart dkk 11 12
Naikan sih kalau buat penumpang enak calya ya brio keras
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Sama² Om santai ajaFrenzyking wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 16:51
Siapp om makasih banyak masukkannya. Nah ini oe agak bingung kenapa byk reviewer di youtube yang blg redaman Brio lebih oke dan empuk ketimbang LCGC lainnya hahaha. Karna rencana nambah momongan memang selalu ada sepertinya jawabannya Calya nih hehe thank you Om
Apa gini aja, istri ajak td aja 2 mobil tsb, nanti kan Om sama istri bisa ngerasakan naikannya seperti apa.
Dan kan punya agya yg bisa di jadikan tolak ukur apakah calya yg lebih nyaman atau malah ternyata lebih nyaman brio.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10755
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Test drive aja mbah.Frenzyking wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 16:51Makasih ommm. Well, sy dan istri msh sambil memantau kondisi mobil Agya kami sih karna info terakhir dari dealer msh sedang tahap body repair dan blm dpt melakukan engine maupun tranny check
Siap Om Mod. Well noted untuk advice dan infonyaChZ wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 2:39 kalau mau punya anak 1 dan ini mobil 1-1nya, more space is better. jadi calya aja hands down.
soalnya kelebihan brio satya dibanding calya jg cuma bisa dinikmati orang yang hobi nikung kenceng dan rada ugal irit ya sama-sama aja lah kayaknya calya setau ane gak terlalu boros bahkan dengan extra cabin space dibanding agya.
Siap Pak Sintoni. Noted Pak. Sy juga berpikir demikian namun istri agak dilemanya ybs lebih suka designnya Brio jd kudu dijelasin pertimbangannya 1-1 biar ybs nerima kalau mmg jadi ganti
Waduh thank you so much Pak atas sharingnya yang benar benar bermanfaat ini. Kita berdua memang belum kepikiran soal gear lock karna sejauh ini di Kota tempat kami tinggal jarang ada jalur yang menanjak. 90% datar datar aja. Tanjakan hanya ada di parkiran-parkiran / gedung parkir yang notabene tdk curam dan mudah dilibasr1409 wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 3:27 kalo cuma ngeliat judul, sebagai mantan pemilik calya G A/T, dari segi teknis dll saya milih brio. kenapa? karena matic calya busuk, tidak ada gear lock di L atau gigi 1. paling kecil gigi 2, dan ini sangat berbahaya di turunan curam karena murni harus mengandalkan kampas rem, yg berarti membakar kampas. tidak bisa engine brake pakai gigi 1. untuk nanjak tinggi pun payah, karena jadinya pas gigi 1 udah rpm tinggi, langsung upshift ke gigi 2 lalu ga kuat, downshift lagi ke gigi 1 lalu rpm tinggi, upshift ke 2 lagi, dan begitu seterusnya. gear hunting tiada akhir, kecuali mau nanjak dengan gigi 1 tapi superpelan biar tidak upshift ke gigi 2. jadi untuk dibawa liburan ke daerah gunung SANGAT TIDAK DISARANKAN pakai calya matic.
tapi begitu melihat situasi menjelang kelahiran anak pertama, ya mau ga mau harus yg 3 baris, karena nantinya pasti bawa STROLLER dan printilan lain. memang bisa kompromi dengan cari stroller yg bisa dilipat kecil dan barang printilan kecil taruh di jok depan (istri dan anak di baris ke-2), tetapi bila ada penumpang tambahan, 2 baris hampir tidak cukup. belum lagi kalau anak ke-2 nyusul
jadi dari 2 pilihan diatas, saran saya calya tapi tetap harus kompromi, ada yg dikorbankan:
- calya tapi manual, supaya kalau sesekali mau refreshing keluar kota di daerah gunung masih aman.
- calya matic tapi lupakan refreshing ke daerah gunung. for your family's safety.
tapi dengan budget segitu kalau bisa sih cari bekas yg taun dan km rendah supaya minim perawatan, range pilihan bisa makin banyak. seperti mobilio matic, punya semua sisi plus dari brio (cvt aman dan kuat untuk tanjakan, irit) dan juga sisi plus calya (3 baris).
percayalah, walaupun jarang tapi sesekali kalau jenuh dan mau refreshing anda akan pakai itu mobil pilihan ke daerah bertanjakan, dan ini salah satu faktor yg dulu saya kesampingkan tapi ternyata dibutuhkan juga
- kenyamanan bantingan suspensi, jelas calya. suspensi calya empuk, bahkan lebih enak dari avanza 2016-2021. suspensi brio keras banget.Menurut suhu-suhu yang berpengalaman disini apakah better ambil Calya atau Brio yah?
- Secara kenyamanan bantingan suspensi enakan mana ya saat melewati jalan yang ga rata?
- Problema yang ditemui kira-kira apa aja ya untuk kedua mobil tsb?
- Brio sudah pasti lebih irit, tapi apakah Calya jauh lebih boros dri Brio yah?
- Ketika sama-sama ditumpangi 5 orang dewasa, apakah Brio lebih rawan mentok?
- Lebih durable mana?
- Apakah ada suhu-suhu sekalian yang punya pengalaman keluarga muda pakai Brio dan semua masih muat" aja? Atau malah punya pengalaman kurang menyenangkan karena krg bs mengakomodir kebutuhan barang bawaan?
- problem calya matic ada di transmisi yg ga bisa gear lock di 1/L. kalo brio, problem ada di kualitas interior yg murahan, jok yg tipis, peredaman dan bunyi orkestra rattling interior yg semuanya lebih parah dari calya.
- pengalaman saya calya matic full ac dalkot surabaya, rata2 sekitar 12.5kpl. kalau brio katanya bisa sekitar 14-15kpl.
- sama saja mentok, krn suspensi calya pun terlalu empuk dan gampang ambles. solusinya bisa dikasih ganjal per, ganti per, atau ganti shock.
- soal durability entahlah dengan brio, tapi calya lebih lemah di suspensi (maklum krn lebih empuk tapi lebih berat), dan pernah denger bbrp kasus overheat (tapi saya ga pernah). brio jarang denger penyakit, tapi biaya perbaikan (bengkel dan sparepart) tentu mahalan ahond daripada atoyot.
- saat sy baru punya anak, sudah pakai mobil 3 baris, calya matic. tapi dari pengalaman cukup tidaknya sudah saya ceritakan diatas.
Sy dan istri soalnya agak dilema karna pas ntn-ntn review di youtube byk yg blg Brio bantingannya uenak banget so itu bikin istri untuk berargumen lg bisa aja bantingan dan redaman better Brio dibanding Calya. Tp dengan adanya sharing dari om sepertinya ini sangat bermanfaat dan bs sy tunjukin ke istri bnr" thank you so much om sudah meluangkan waktu utk bales dan berikan sharing ini
Kalau secara bantingan dan redaman, lbh nyaman mana Pak Brio dan Calsig? Apa sami mawon? Soalnya temen ada info bahwa kalau mobil ToyoDai biasanya setiap tahun ada improvement sedikit di bagian yang tidak kentara (mis. peredaman firewall, dll) Thank you Pak atas sharingnya btwcarlzeiss wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 5:54 Vote Buat Brio E CVT
Saya dirumah pelihara brio E CVT tapi jg sering naik calsig online
Saya selalu mabuk kalau naik calsig walaupun sebentar doang jarak tdk jauh , entah suasana kabinnya agak bikin puyeng ga nyaman , beda dengan agya kebetulan sering nebeng agya temen jg
Siapp om makasih banyak masukkannya. Nah ini oe agak bingung kenapa byk reviewer di youtube yang blg redaman Brio lebih oke dan empuk ketimbang LCGC lainnya hahaha. Karna rencana nambah momongan memang selalu ada sepertinya jawabannya Calya nih hehe thank you Ommichaelgiri93 wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 15:02 Kalau belum ada rencana nambah momongan brio
Kalau ada rencana nambah momongan calya
Reliabilitas sparepart dkk 11 12
Naikan sih kalau buat penumpang enak calya ya brio keras
Sblm test drive.. ideally; pakai BBM yg sama, dan tekanan ban yg sesuai std pabrik yg ada di pinggir frame pintu driver.
Bawa tyre pressure gauge sendiri
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
d antara kawan2 elcegece, brio (dr model strikaan ampe yg model import dari land of rapist) paling ugal2 ready mbahKielConstantine wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 4:52Tapi itu musti di tweak kan suspensi & chasis. Pasang swaybar, strutbar; coilover segala macem. Ditutup sama ban yg lengket aspal macem potenza; champiro SX-2
Klo standart ting ting pabrikan keknya sama aja dah bloon-bloonnya ..
Apa ane yg salah nehh? Spek standaran brio ga taunya udh mumpuni buat ugal
pas di pake ngeliuk2 body roll ckup minim, tarikan awal jg mantep, palagi yg manual nya , kopling enteng enak, gear shift rapet2 khas honda , rev happy enjin lg , jaminan ampuh bikin ciwi2 yg duduk di sebelah ketakutan kl nyetir ugal2
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4028
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
bener mbah
brio itu utk fucekboi kategori paket hemat
hrv fucekboi kelas menengah
tp tetep, the real fucekboi drives bi em dobel U
smuanya ad kmiripan, bantingan rigid kaku, cocok buat bkin ciwi2 ketakutan kl nyetir ugal2
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4028
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
tahu sampe detil gitu si mbah, pengalaman pribadi ya
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
cuman denger2 dari katanya katanya doank koq mbah
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
sama, saya di surabaya juga datar2 aja. tidak ada keluhan sama sekali untuk pemakaian surabaya, tanjakan mall pun ga ada masalah. ini yg bikin sy pede. sampai suatu saat tibalah saat saya dan istri jenuh kerja dan ngurus anak sendiri (tanpa nanny), dan kita pingin refreshing keluar kota. terjadilah nightmare seperti yg saya ceritakan sebelumnya..Frenzyking wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 16:51 Waduh thank you so much Pak atas sharingnya yang benar benar bermanfaat ini. Kita berdua memang belum kepikiran soal gear lock karna sejauh ini di Kota tempat kami tinggal jarang ada jalur yang menanjak. 90% datar datar aja. Tanjakan hanya ada di parkiran-parkiran / gedung parkir yang notabene tdk curam dan mudah dilibas
saya sih ga percaya dengan review youtuber apalagi yg endorse, mereka rata2 dibayar untuk mengunggulkan produk yg direview. lebih percaya kata user, dan sejauh ini ga pernah ada yg bilang suspensi brio empuk. memang lebih stabil, dalam artian lebih keras. untuk belok dan manuver lebih stabil karena mobil tidak mentul-mentul. tapi untuk meredam kejut dari speedtrap, lubang dan benjolan lebih butuh empuknya, dan disini calya unggul.Frenzyking wrote: Sy dan istri soalnya agak dilema karna pas ntn-ntn review di youtube byk yg blg Brio bantingannya uenak banget so itu bikin istri untuk berargumen lg bisa aja bantingan dan redaman better Brio dibanding Calya. Tp dengan adanya sharing dari om sepertinya ini sangat bermanfaat dan bs sy tunjukin ke istri bnr" thank you so much om sudah meluangkan waktu utk bales dan berikan sharing ini
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
fucekboi menengah antara HRV apa sivik turbo mbah...DOHC wrote: ↑Sun Nov 20, 2022 13:18bener mbah
brio itu utk fucekboi kategori paket hemat
hrv fucekboi kelas menengah
tp tetep, the real fucekboi drives bi em dobel U
smuanya ad kmiripan, bantingan rigid kaku, cocok buat bkin ciwi2 ketakutan kl nyetir ugal2
fucekboi kaya bawanya BMW seri-3 apalagi F30 yang lbh kaya lagi bawa open top macem SLK
klo E-class atau seri-5 itu kalo udah middle aged punya simpenan
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 511
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
hmmm... sayangnya istri om ts ga suka mobil second ya, padahal saya mau menyarankan ertiga GX matic 2017, secara harga pasaran udah 130-140jtan.
Dibandingkan brio & calya, ertiga jelas lebih luas, lebih nyaman, lebih hening, cc lebih besar, iritnya juga sama kaya calya bahkan kadang bisa lebih irit. Overall better car dibandingkan kedua mobil tsb, dengan harga yg lebih murah juga. Spare 5-10jt buat perbaikan kayaknya udah leboh dari cukup utk sebuah ertiga.
Kalau soal performa, saya yakin 100% brio satya cvt lebih kenceng & irit daripada calya. Nah soal ground clearance emang brio lebih pendek drpd calya, bawa 4 orang dijamin gesrot mulu itu body. Kalo calya ga gesrot tapi 'mentok' di shock-nya jadi kalo muat 4+ orang & lewat polisi tidur bakal kerasa jedug di belakang.
Kalo suka nyetir & ga gitu butuh bagasi besar saran saya ambil brio aja, kalo butuh mobil yg lebih kerasa 'fresh' & muat banyak merem deh ambil calya
Dibandingkan brio & calya, ertiga jelas lebih luas, lebih nyaman, lebih hening, cc lebih besar, iritnya juga sama kaya calya bahkan kadang bisa lebih irit. Overall better car dibandingkan kedua mobil tsb, dengan harga yg lebih murah juga. Spare 5-10jt buat perbaikan kayaknya udah leboh dari cukup utk sebuah ertiga.
Kalau soal performa, saya yakin 100% brio satya cvt lebih kenceng & irit daripada calya. Nah soal ground clearance emang brio lebih pendek drpd calya, bawa 4 orang dijamin gesrot mulu itu body. Kalo calya ga gesrot tapi 'mentok' di shock-nya jadi kalo muat 4+ orang & lewat polisi tidur bakal kerasa jedug di belakang.
Kalo suka nyetir & ga gitu butuh bagasi besar saran saya ambil brio aja, kalo butuh mobil yg lebih kerasa 'fresh' & muat banyak merem deh ambil calya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Orientasi untuk yang sayang keluarga : Calya, yg egois nyetir sendiri : brio. Dah gt z
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
maaf, IMO sebagai mantan user calya dan sekarang user ertiga 2017, tidak setuju kalau dibilang jelas lebih luas. malah kayaknya lebih sempit karena jok yg tebal dan posisi jok depan yg terlalu ke tengah, bikin senggol2an sikut. kalo calya, saya bisa duduk di baris ke-3 tanpa jok baris ke-2 dimajukan mentok. kalau ertiga, harus maju mentok.
calya itu terlihat kecil tapi sebetulnya luas kok, karena joknya yg tipis. atapnya pun terlihat rendah tapi kalau didalam headroom lega, karena seating position jok calya lebih rendah dari jok ertiga, terutama yg baris ke-2.
memang nyaman, jok empuk tebal, tapi ada trade off di space kabin yg jadi lebih sempit.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10755
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Sy pernah pinjam ertiga (1st gen) juga selama bbrp hari.r1409 wrote: ↑Mon Nov 21, 2022 3:10maaf, IMO sebagai mantan user calya dan sekarang user ertiga 2017, tidak setuju kalau dibilang jelas lebih luas. malah kayaknya lebih sempit karena jok yg tebal dan posisi jok depan yg terlalu ke tengah, bikin senggol2an sikut. kalo calya, saya bisa duduk di baris ke-3 tanpa jok baris ke-2 dimajukan mentok. kalau ertiga, harus maju mentok.
calya itu terlihat kecil tapi sebetulnya luas kok, karena joknya yg tipis. atapnya pun terlihat rendah tapi kalau didalam headroom lega, karena seating position jok calya lebih rendah dari jok ertiga, terutama yg baris ke-2.
memang nyaman, jok empuk tebal, tapi ada trade off di space kabin yg jadi lebih sempit.
Ini sebetulnya mobil hatchback dgn GC cukup tinggi, yg dipaksa untuk 3 seater.
Jadi agar row 3 nya bisa didudukin, makanya space jok tengah jd ngepas
Beda sm Calya yg emang truly mini mpv 3 seater.
Klo soal space, honda toyodai jagonya di kelasnya deh
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4728
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
pertama tama turut prihatin atas kejadian yg om alami, semoga agyanya bisa betul kembali dan bisa digunakan seperti sedia kalaFrenzyking wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 14:24 Dear suhu-suhu SM ,
Selamat malam. Sedikit intermesso saya ingin bercerita mengenai mobil yang saya dan istri gunakan sehari-hari, yakni Agya 1.2 G A/T yang dibungkus 2019 lalu. Singkat cerita terjadi sebuah insiden di persimpangan lampu merah dimana mobil kami menjadi korban terberat dimana posisi saat itu terdapat seekor Sirion matic yang dikemudikan oleh seorang wanita yang kebetulan panik sehingga salah menginjak gas sebagai rem. Alhasil kendaraan kami yang sedang macet di lampu merah ditabrak dengan sangat kuat hingga Sirion tsb menempel di rear bumper Agya kami.
Agya kami pun tersundul ke depan dan menyenggol seekor Xpander yang juga sedang mengantri macet. Karena mobil kami terjepit di tengah alhasil mengalami kerusakan yang sangat parah. Oleh pemilik Sirion, mobil kami dan Xpander akhirnya disepakati untuk diganti rugi secara full. Mobil kami dimasukkan ke salah satu authorized dealer yang dapat menangani Body Repair, dimana setelah ditaksir penggantian parts dan perbaikan body mencapai DC sebesar Rp. 20an Mio. Hal tsb tentunya tdk menjadi masalah karena dicover full oleh pemilik Sirion.
Namun, terlepas dari hal tersebut. transmisi mobil berada di D dan rem dipijak full saat kendaraan kami ditabrak. Karena impact yang kuat membuat mobil tersundul ke depan yang akhirnya saat sy coba bawa mobil tsb, saat masuk gigi D dan rem diinjak terasa getaran yang amat sangat tidak menyenangkan. Saat ini posisi mobil msh sedang dlm pengerjaan body repair sehingga mechanic blm dpt melakukan pengecekan kerusakan pada engine & tranny. Alhasil, keluarga kerabat dan teman banyak yang menyarankan untuk mengganti mobil Agya kesayangan kami tsb.
Adapun penampakan fotonya saya tampilkan pada attachment.
Back to topic, ketika disarankan untuk mengganti mobil ini timbul-lah beberapa opsi mobil baru seperti Calya G A/T dan Brio Satya E CVT. Disini oe bermaksud menanyakan pengalaman dan pendapat Om" dan Suhu" SM diantara kedua mobil tsb better yang mana yah?
Memang kedua mobil ini tidak apple to apple. Namun, budget yang kami miliki kebetulan hanya nyangkut di kedua mobil ini. Istri juga tidak begitu suka dengan mobil second so prolly it's not an option karena oe ga pengen tidur di luar rumah
Bagi kami, Calya memiliki ruang bagasi yang lebih besar (seems to be more future proof, since kita punya anak pertama akan lahir tidak lama lagi). Brio di sisi lain menurut kami unggul di hampir semua sisi kecuali ground clearance dan bagasinya yang masih kurang lebih seukuran Agya (sebenarnya tidak masalah sekarang namun takut saja kalau sudah punya baby kebutuhan bawa brg lebih banyak)
Menurut suhu-suhu yang berpengalaman disini apakah better ambil Calya atau Brio yah?
- Secara kenyamanan bantingan suspensi enakan mana ya saat melewati jalan yang ga rata?
- Problema yang ditemui kira-kira apa aja ya untuk kedua mobil tsb?
- Brio sudah pasti lebih irit, tapi apakah Calya jauh lebih boros dri Brio yah?
- Ketika sama-sama ditumpangi 5 orang dewasa, apakah Brio lebih rawan mentok?
- Lebih durable mana?
- Apakah ada suhu-suhu sekalian yang punya pengalaman keluarga muda pakai Brio dan semua masih muat" aja? Atau malah punya pengalaman kurang menyenangkan karena krg bs mengakomodir kebutuhan barang bawaan?
Maafkan basa-basi oe yang panjang lebar. Namun, beberapa hari ini oe memang sangat dilema dan galau hingga memutuskan untuk menanyakan pendapat para suhu SM
Terima kasih banyak sebelumnya
back to topic, kebetulan saya owner brio satya e CVT 2022 dan cukup sering naik taksol calya dan agya
1. beda tipis, tapi kalo dari agya, calya lebih empuk dikit
2. brio paling rack steering , kaki2, mounting kalo buat jangka panjang + usahakan ganti oli CVT nya teratur. kalo calya ya seperti pada mobil umumnya aja, mobil ini termasuk durable menurut saya
3. tidak, konsumsi BBM nya 11 12 alias mirip2
4. tidak, kebetulan cukup sering naik brio dengan penumpang 5 orang dewasa masih aman2 aja
5. mirip2 , tapi buat long term lebih durable calya menurut saya
6. kebetulan saya pake brio 2022 dan masih muat2 aja, sebagai gambaran keluarga saya ber 4 (saya, ayah, ibu, nenek saya). akomodasi kalo dari agya ya gajauh beda, jauh lebih bagus akomodasinya dari brio lama menurut saya dan bakal upgrade jauh secara tarikan, handling dan driving feel kalo dari agya ke brio satya. kalo buat keluarga anak maksimal 2 dan tinggi kurang dari 175cm masih row 2 nya masih muat kok hehehe + kalo bagasi, koper ukuran besar ya masih muat lah menurut saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [WTA] Calya 1.2 G A/T or Brio Satya E CVT
Tp d jakarta ad satu lg tunggangan fucekboi mbahChZ wrote: ↑Mon Nov 21, 2022 2:16fucekboi menengah antara HRV apa sivik turbo mbah...
fucekboi kaya bawanya BMW seri-3 apalagi F30 yang lbh kaya lagi bawa open top macem SLK
klo E-class atau seri-5 itu kalo udah middle aged punya simpenan
Fucekboi pik naek nya vrz dizel
numpang lewat aja....