Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: ex user EV yg balik ke ICE
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
ikutan baris ngantri sama sama ngiler pengen Camry V6... budget baru masuk XV30 3.0V FL... liat yg XV40 kok lebih ngiler lagi... (siapin baskom)...
Past :
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Jadi melebar.
Meskipun ga segalak M54, mestinya ga ampas. Kalo vanos sehat (banyak yang umur 15+ ga pernah direbuilt), low rpm akan proper.
Maap om ts
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 537
- Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
- Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
- Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Nice review om... jadi kangen camry 2.4 V 2010 sy, dijual 2 taun lalu ganti w204 c200 avg taon 2011...
Walo sekarang puas banget pake w204,baca review om koq jadi pengen tuker lagi ya, pengen coba yang Q nya
Kangen duduk di jok belakang yang empuk itu,sperti duduk di sofa cellini.. w204 belakang nya sempiiiiit
Walo sekarang puas banget pake w204,baca review om koq jadi pengen tuker lagi ya, pengen coba yang Q nya
Kangen duduk di jok belakang yang empuk itu,sperti duduk di sofa cellini.. w204 belakang nya sempiiiiit
For everything, there is a season, there is a reason...
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Fri Apr 06, 2018 8:01
- Location: gold coast
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
oalala.. bikin ngiri om..
unit Q3.5 ini populasinya jarang ato jarang dijual kembali ya om?
saya sudah lama nyari nyari unit ini tidak pernah ketemu ada yang jual
unit Q3.5 ini populasinya jarang ato jarang dijual kembali ya om?
saya sudah lama nyari nyari unit ini tidak pernah ketemu ada yang jual
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Om, kalo ga keberatan di olx ada yg jual th 2008/2009 wrn silver tua, barang di semarang km 55rb an. Saya sering pantengin iklan camry itu soalnya wkwkw. Harganya rada tinggi si tapi
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Fri Apr 06, 2018 8:01
- Location: gold coast
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
oh ok.. thanks om
di olshopx banyak yang ngiklan ternyata ya..hehe
saya selama ini cuma lihat di caripengemudi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
dulu mobilnya sehat sih oom, lumayan sering kalo joging pagi kena di 200an, , tp somehow saya ngerasa karakternya peaky sih, ga linear macem, err ambil contoh 4 cyl supercharge nya w204. maap oot ya om ts biar gimanapun, mobil yg diomongin ini jauh performance nya dibawah si Q pasti,octafiantos wrote: ↑Fri Apr 06, 2018 6:41Jadi melebar.
Meskipun ga segalak M54, mestinya ga ampas. Kalo vanos sehat (banyak yang umur 15+ ga pernah direbuilt), low rpm akan proper.
Maap om ts
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Punya saya sih enggak, tapi kebanyakan yg tahun2 tua lampunya menguning.iwidiyanto wrote: ↑Thu Apr 05, 2018 4:26 Kata temen yg pernah pakai camry gen ini, headlamp nya rawan berembun. benarkah?
Wow mantap ada videonya jugaadiputra4 wrote: ↑Thu Apr 05, 2018 5:33 Review yg menarik untuk dibaca. Great!
Saya juga pengguna camry, dulu 2.4 V 2007, sekarang 3.5 Q 2010.
Dipakai bolak balik 90 km, 80% lewat tol.
Yg ditulis bro Jose banyak jg yg saya alami seperti moncong liar kalo di kick down,transmisi halus kaya CVT, suspensi lebih keras sedikit, rem kurang pakem dan setir berat banget.
Mobil ini kesannya lazy, kalem, smooth tapi kalo gasnya dibejek baru keluar buasnya.
Beberapa kali saya pacu 180 kpj di tol dalam kota, 190 kpj tol cipularang, top speed baru 220 kpj di tol arah bandara.
Saya ganti velg vellfire R18 ukuran ban 225/50/R18.
0-100
Mobil ini gampang sekali wheel spin, apalagi di parkiran mall2 gas dikit aja ciittttttttt kalo RWD pasti lebih asik
Camry XV40 cat hitamnya kurang deep, kalah deep dari accord. Bagusnya cat nya XV40 ini ga gampang swirl.
Hahaha bener om, klo di parkiran terutama yg floornya keramik pas di gas langsung spin, padahal ban masih bagus
Iya, hitamnya klo gak dirawat jadi keliatan kyk abu2 tua. Tapi struktur catnya lebih kuat dari accord
Btw, thanks udah mampir & komen
Naaah ini yg paling bener, baca review bareng isterisatrialiar69 wrote: ↑Thu Apr 05, 2018 6:09 keinginan yang sempat teredam untuk punya 3.5Q ini membara lagi habis baca review ini, suka cara penyampaiannya.
semalem duduk bareng baca sama istri, dan responnya positif membaca review ini, katanya sambil membaca sekaligus membayangkan gimana rasanya hahaha
thanks Om Jose
Karena survey membuktikan 78% proposal ganti mobil yg diajukan suami ditolak oleh isteri, karena kurangnya informasi dan testimoni yang diketahui isteri atas mobil yg diajukan oleh suami. Akhirnya ganti mobil yang sesuai kemauan isteri.
Banyak kok kasusnya di SM, minta saran mau ganti mobil, udah dikasih masukan sama penghuni SM..eeeh belinya mobil yg lain karena isteri gak setuju
Thanks atas compliment & komen nya
Increase speed = increase Risk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Om, itu kalo pindah ke manual mode ambient speedonya berubah merah ya? Kalo iya, nice detail sih . Yg saya bingung pas baca transmisinya geared matic apa sequential cvt om?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Cakep sih relatif ya, yg pasti desainnya aman & long lastkramatbatu wrote: ↑Thu Apr 05, 2018 8:56 mbl idaman sy ini camry xv40. menurut sy paling cakep drpd yg baru. kesan mewah msh dpt bgt & tergolong timeless modelnya
thanks for comment
Ane sih kemarin di cibubur berkat motor, cukup recommended walau harga parts nya lebih mahal sedikit dari sentra onderdil
Thanks for comment
Saya juga beralih ke Camry dgn pertimbangan keluarga & ada baby jugaEscaflowne wrote: ↑Thu Apr 05, 2018 13:22 Seru banget baca reviewan camry nya, jadi lgs liat liat web jual beli mobil online hehehe...
Semoga saya bisa segera beli unit seperti om, mengingat saya juga suka nyetir high rev tapi krn ada baby jadi sekarang lebi ke eco mode on hehehe
Semoga sehat terus ya mobilnya om...
3.5Q cocok bgt buat pengemudi high rev style..tenaga besar & nyaman
Semoga cepat dapat unit bagus dgn harga cocok
Thanks for comment
XV30 3.0V itu V6 nya bener2 buat comfort, power cuma 190hp, masih bisa disalip sama mobil 4-silinder sekelas keluaran sekarang (Mazda 6 dkk). Sabar aja om, nambah dikit dapat 3.5Q yg powernya lebih besar 90hp....kompor mode
Lagian di OLX ada beberapa yg jual dibawah 150jt utk thn 2006
Thanks for comment
Hihihi ada yg pengen balik ke XV40gils wrote: ↑Fri Apr 06, 2018 7:37 Nice review om... jadi kangen camry 2.4 V 2010 sy, dijual 2 taun lalu ganti w204 c200 avg taon 2011...
Walo sekarang puas banget pake w204,baca review om koq jadi pengen tuker lagi ya, pengen coba yang Q nya
Kangen duduk di jok belakang yang empuk itu,sperti duduk di sofa cellini.. w204 belakang nya sempiiiiit
Sekedar masukan, klo pertimbangannya “space” & “raw power” memang cocok ambil 3.5Q, tapi klo pertimbangannya handling & stability mending tetep di W204 om. Mobil jepang ga bisa ngalahin kualitas ride trio eropa Merc, Beemer & Audi. Bantingan stiff tapi damper empuk.
Saat highspeed 3.5Q emg brutal powernya, tapi utk zig-zag jauh lebih enak european cars.
Thanks for comment
Increase speed = increase Risk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: ex user EV yg balik ke ICE
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Jose wrote: ↑Thu Apr 05, 2018 5:17
Past :
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
Now :
2AZ-FE 2011
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 815
- Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
- Location: +62-21
- Daily Vehicle: K I J A N G
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
woooo member motuba kah om?
kayaknya perna liat ripiyu gerobag nippon ini some months ago wkwkwkwk.
nice review om, mobil 1/2 tuwir yang oke banget.
salah satu dream car bokap ane..
doakan semoga aing cepet nyusul minang kemrii ya om
wkwkwkwkwkwk
kayaknya perna liat ripiyu gerobag nippon ini some months ago wkwkwkwk.
nice review om, mobil 1/2 tuwir yang oke banget.
salah satu dream car bokap ane..
doakan semoga aing cepet nyusul minang kemrii ya om
wkwkwkwkwkwk
Daily Warrior:
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
GN5 / Rallye Red / Gasoline / CVT / 2021 / Odd
MAGH10 / Black Mica / Hybrid / CVT-e / 2024 / Even
two-wheeler:
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
KR150P-SE / White / 2012
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Fri Oct 06, 2017 4:05
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Sharing
Tadi pagi ke Bandung pake XV40 3.5 Q
Mulai masuk pintu tol bekasi lgsg geber ini mobil sepanjang jalan tol cikampek-cipularang sampe keluar tol buah batu. Lalu lintas agak ramai jd selap selip di 140-170an kpj. Nyampe sekitar 61 menitan.
Karena mobil digeber terus sepanjang jalan bensinnya hampir habis setengah tanki sekali perjalanan
Minggu lalunya ke Bdg pelan2 santai kaki sekolah cukup 100rb sekali perjalanan, itupun masi nyisa.
Perbedaan FC antara kaki sekolah dan tidak itu sangat ekstrim di 3.5 Q
Oiya BBM Pertamaxx
Tadi pagi ke Bandung pake XV40 3.5 Q
Mulai masuk pintu tol bekasi lgsg geber ini mobil sepanjang jalan tol cikampek-cipularang sampe keluar tol buah batu. Lalu lintas agak ramai jd selap selip di 140-170an kpj. Nyampe sekitar 61 menitan.
Karena mobil digeber terus sepanjang jalan bensinnya hampir habis setengah tanki sekali perjalanan
Minggu lalunya ke Bdg pelan2 santai kaki sekolah cukup 100rb sekali perjalanan, itupun masi nyisa.
Perbedaan FC antara kaki sekolah dan tidak itu sangat ekstrim di 3.5 Q
Oiya BBM Pertamaxx
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Mesin 2gr-fe nya camry ini potensial banget, sampe dipake sama lotus buat evora nya
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Apr 22, 2018 10:51
- Location: Makassar
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Sy kebetulan lama pake mobil ini jg hehe,warisan lelangan dari kantor bokap,tenaganya gede buat sy lebih dari cukup,kaki kadang suka gatal pengen bejek gas kalau di tol hehehehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1663
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Ada lg yg paling sedih, isi pertamax turbo, krna jalan macet jadi deh mesin 3.5L cuma jd genset n nyalain AC doang, om yg 3.5L ini berasa panas ga hawa disekitar samping roda depan n samping pibtu depan (hembusan dr extra fan)adiputra4 wrote: ↑Sun Apr 22, 2018 17:33 Sharing
Tadi pagi ke Bandung pake XV40 3.5 Q
Mulai masuk pintu tol bekasi lgsg geber ini mobil sepanjang jalan tol cikampek-cipularang sampe keluar tol buah batu. Lalu lintas agak ramai jd selap selip di 140-170an kpj. Nyampe sekitar 61 menitan.
Karena mobil digeber terus sepanjang jalan bensinnya hampir habis setengah tanki sekali perjalanan
Minggu lalunya ke Bdg pelan2 santai kaki sekolah cukup 100rb sekali perjalanan, itupun masi nyisa.
Perbedaan FC antara kaki sekolah dan tidak itu sangat ekstrim di 3.5 Q
Oiya BBM Pertamaxx
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Itu ambient di spedo gak otomatis om, tapi bisa diganti secara manual. Pilihan warnanya biru, merah & putih.
Transmisinya geared AT with sequential
Increase speed = increase Risk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Bukannya itu normal di semua mobil ya om?lemonadelovers wrote: ↑Wed Apr 25, 2018 23:39Ada lg yg paling sedih, isi pertamax turbo, krna jalan macet jadi deh mesin 3.5L cuma jd genset n nyalain AC doang, om yg 3.5L ini berasa panas ga hawa disekitar samping roda depan n samping pibtu depan (hembusan dr extra fan)adiputra4 wrote: ↑Sun Apr 22, 2018 17:33 Sharing
Tadi pagi ke Bandung pake XV40 3.5 Q
Mulai masuk pintu tol bekasi lgsg geber ini mobil sepanjang jalan tol cikampek-cipularang sampe keluar tol buah batu. Lalu lintas agak ramai jd selap selip di 140-170an kpj. Nyampe sekitar 61 menitan.
Karena mobil digeber terus sepanjang jalan bensinnya hampir habis setengah tanki sekali perjalanan
Minggu lalunya ke Bdg pelan2 santai kaki sekolah cukup 100rb sekali perjalanan, itupun masi nyisa.
Perbedaan FC antara kaki sekolah dan tidak itu sangat ekstrim di 3.5 Q
Oiya BBM Pertamaxx
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 605
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Itu ground clearance emang berapa cm om? Aman buat poldur?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Absolutely brilliant review!!! Two thumbs up!! Jadi pengen cari unit ini hehehe
Jose wrote: ↑Wed Apr 04, 2018 6:26 Review & Owning Experience Toyota Camry 3.5Q
Halo para penghuni SM, setelah bertahun-tahun nggak review mobil, kali ini saya mau review sebuah mobil yg usianya cukup tuwir namun (menurut saya) istimewa, yaitu Toyota Camry XV40 3.5Q, mobilnya punya saya sendiri, beli akhir tahun 2017, baru sempet review sekarang.
Backgound
Sudah entah sejak kapan saya tidak bisa jauh-jauh dari Honda, dimulai sejak dapat lungsuran Accord CM5 dari ortu dan kemudian beli Brio 1.3 untuk harian. Bagi saya karakter Honda sangat cocok dengan saya waktu itu, handling oke, fun to drive, bantingan keras, gesit dan karakter mesinnya high rev a.k.a tenaganya nendang di putaran atas. Namun setelah berkeluarga rasanya hal tersebut sudah kurang memungkinkan, karena setiap nyetir kemanapun terutama di tol luar kota sering ditegur oleh isteri dan anak yang mengeluhkan gaya nyetir saya nggak nyaman..ya mau gimana lagi, power baru nendang di putaran atas plus bantingan keras jadilah kaki kanan berasa impoten demi mengakomodir kenyamanan berkendara. Akhirnya saya pun mulai mempertimbangkan untuk mengganti dengan mobil-mobil bertipe "Low Rev" yang masih bisa diajak berlari dengan nyaman, saya mulai melirik mobil-mobil diesel berturbo karena selain torsinya besar, powernya dapat diupgrade dengan mudah dan murah, hasil output yang meningkat signifikan dibanding petrol car, apalagi di SM ini adalah wadah tempat berkumpulnya jaguh-jaguh diesel, sayapun membaca hampir setiap thread yang membahas diesel car, sempat sudah hampir yakin untuk meminang 2nd innova or fortuner 2KD.
Namun entah mengapa seperti ada ganjalan, karena sebetulnya saya adalah pengemudi dengan tipe "High Rev", sama seperti bro Chz (pernah kita bahas di salah satu topik di SM). Rasanya ada bagian di diri saya yang menolak jika harus rubah karakter nyetir, ditambah lagi harga sedan-sedan bekas dengan displacement besar saat ini sangat menggiurkan kerena mulai ditinggalkan orang. Disini Kaki kanan saya yang sempat impoten tadi serasa membisikkan sesuatu ; "kenapa nggak V6 sekalian, karena konfigurasi ini mungkin sebentar lagi Punah"...pikir-pikir bener juga sih, terlihat dari passenger car termasuk yang performance oriented keluaran terakhir hampir semua menggunakan konfigurasi small displacement (4 cylinder) + turbo, praktis mesin-mesin V6 saat ini hanya ada di lineup sportcar atau luxury car yang harganya makin menggila saat ini. akhirnya putusin tetap di habitat awal searching2 mobil sedan 2nd dengan kriteria :
- midsize/semi full sized, karena anak udah dua, butuh space ruang belakang dan bagasi yang luas
- Comfort dengan karakter bantingan empuk dan low-mid torque baik
- V6 engine
Dari hasil search info terkumpullah 4 kandidat..Mercedes W204 C280, Toyota Mark-X, Toyota Camry XV40 3.5Q dan Honda Accord CP 3.5 VCM.
Disini analisa yang saya pakai dalam memilih lebih dominan ke maintenance aspect, karena this is Used Car..with bigger engine, more running (fuel) cost, (used to) premium segment with premium labor charge per treatment..mengandalkan Ego dan Idealisme bisa menjurus ke expenses yang bikin dompet jebol, so...
Mark-X saya coret karena spare part cukup langka di sentra onderdil, most parts hanya tersedia di bengkel resmi dan beberapa item harus inden, ini karena tidak ada common parts dengan model lain. Saya sendiri emoh untuk maintenance di beres.
Tadinya mupeng banget sama W204 C280, tapi terpaksa ikutan dicoret, karena walau parts melimpah di sentra onderdil, namun maintenance cost terutama ketika terjadi trouble tetap cukup tinggi, plus kabin belakang yang ternyata cukup sempit.
Accord 3.5VCM pun setelah pertimbangan panjang akhirnya dieliminasi karena walau secara handling lebih baik dan sama-sama reliable, ada beberapa poin minus, pertama transmisi hanya 5-speed torque converter, serupa trim 2.4 nya bahkan ratio gearnya pun serupa, plus keberadaan VCM yang bagi saya justru membuat mesin V6 nya seperti dikebiri, karakter V6 yang halus terasa hilang diputaran bawah karena silinder yang aktif hanya tiga, beberapa reviewer diluar mengatakan efek dari VCM pada efisiensi pun tidak terlalu signifikan sehingga ditinggalkan Honda dan ikutan fokus ke Hybrid. Satu hal lagi, karena mesin ini juga tidak hadir di lineup honda lainnya di Indonesia, maka parts & komponen yang interact langsung dengan VCM nya lebih sulit didapat.
So, The choices goes to Camry 3.5Q..populasi banyak, common parts banyak (alphard & harrier), parts grade bervariasi dari yang ori sampai local made pun ada dan..Powerr paling gede
Dengan budget yang ada pilihan awal saya adalah XV40 3.5Q Facelift (2009-2012), namun unitnya sangat sulit dicari dan kalaupun ada, yang jual pasang harga gak kira-kira. Pasaran 3.5Q pre FL (2006-2008) sudah stabil berkisar Rp.155-175 juta, yang FL (2009-2012) bisa di Rp.200-350 juta. Gap yang terlalu jauh untuk sebuah mobil yang sama, mesin sama dan fitur hanya beda di kursi pijat. Akhirnya putusin ambil Pre-FL.
**note : data yg saya dapat berdasarkan hasil menyambangi langsung ke bengkel resmi dan beberapa sentra onderdil seperti atrium senen, dutamas fatmawati (Rio Motor & Toko 74), bintaro BTC, cibubur point & ramanda depok.
Pada saat keliling cari unitnya, saya dibantu 2 temen saya, yg pertama om YK16, kebetulan beliau kerja di showroom mobkas bagian unit hunting, otomatis tau kondisi mobil yang baik atau buruk, yang kedua om Faisal (bukan warga SM), beliau minjemin camry XV40 2.4V seharian sekalian keliling jakarta dan sekitarnya ketika hunting mobilnya, katanya biar saya bisa ngerasain nyetir Camry XV40 sebelum beli. So far impresi saya XV40 2.4V pun sudah cukup baik dan meet my expectation yg memang nyari mobil nyaman, bantingan pas, empuk tapi tidak over & tarikan awal lincah, di towel dikit mobilnya udah loncat, putaran menengah masih enak hanya di putaran atas rada kosong & steering hambar, tapi surprisingly cukup asik utk selap-selip karena pas nyetir bodynya tidak berasa sebesar accord CP2, bikin saya makin nggak sabar utk punya XV40 3.5Q.
Oh iya dlm pencarian unitnya saya memang hanya cari di showroom mobkas dan balai lelang, alasannya saya orang yg pengen prosesnya cepet dan gak ribet, kalau dari pemilik biasanya harus janjian dulu, sampe rumahnya ketok-ketok dulu, belum lagi gak tau karakter pemiliknya seperti apa, misal gak tau harga pasar, tukang galau tiba-tiba gak jadi dijual dll, sedangkan di pedagang udah jelas, posisi kita sebagai pembeli diatas penjual dan semua diurusin, IMO. Yang kedua adalah Insurance is a Must, karena ini mobil tua, sulit cari insurance yang mau cover, sedangkan via pedagang mereka bisa bantu uruskan melalui koneksinya.
So here it is, Camry XV40 3.5Q
Brief History
Saya gak terlalu banyak bahas ini, yg jelas
Predecessor : Camry XV30 (Camry Pejabat/Menteri)
Successor : Camry XV50
Camry XV40 ini bisa dibilang cukup unik, dimana merupakan generasi yang memiliki diferensiasi model dan nama paling banyak sesuai region pemasarannya. Di negara asalnya Jepang, ada dua base model yaitu Regular Camry & Prestige Camry. Utk pasar Amerika, Eropa & sebagian Asia hanya ada model Regular Camry yg modelnya seperti unit Camry pada Armada Silver Bird.
Sedangkan di Pasar Asia Timur & Tenggara kebagian Prestige Camry, Australia & Middle East malah dapat dua model seperti Japan, Regular & Prestige, tapi Prestige Camry disana di rebadge dengan nama Aurion yg bentuknya seperti yang ada di Indonesia.
Beruntunglah kita di Indonesia kebagian model Prestige/Aurion, karena eksterior & interiornya IMO jauh lebih bagus dari versi Regular.
Secara dimensi Camry XV40 lebih panjang 10mm, lebih lebar 25mm, lebih rendah 15mm serta wheelbase yang lebih panjang 55mm dari pendahulunya, namun space interior justru sedikit lebih sempit dibanding pendahulunya, sepertinya hal ini disebabkan melarnya space tersebut untuk mengakomodir mesin 3.5 V6 yg berukuran besar.
Di Indonesia sendiri mobil ini terpilih menjadi Car of The Year tahun 2006 oleh beberapa tabloid otomotif sehingga menjadi satu-satunya generasi Camry yang pernah mendapat COTY di Indonesia. Hal ini disebabkan perubahan signifikan dari generasi sebelumnya, mulai dari desain yg progresif namun tetap cantik, sampai fitur-fitur yang jauh lebih lengkap dari pendahulunya dan belum dimiliki kompetitornya. Camry XV40 mengalami facelift pada awal 2010, trim Q ada tambahan fitur kursi pijat, ambient light dan suspensi lebih empuk, menjawab banyaknya complain dari user khususnya di asia yang mengeluhkan bantingan yang terlalu keras untuk sebuah Camry.
Oke segitu aja paparan history nya..kita langsung aja review mobilnya
Exterior
Frankly speaking, tadinya saya tidak begitu suka desain Camry XV40, entah kenapa rasanya boring, definitely not a head turner. Namun ketika nyari unitnya dan melihat lebih detil bagian per bagian dari berbagai arah, akhirnya saya menyimpulkan presepsi saya yang melihat desainnya boring disebabkan sangat banyaknya populasi Camry XV40 ini di Indonesia. Desainnya sendiri menurut saya bagus, mengotak namun tanpa sudut dan garis-garis tajam, menegaskan bahwa this model is more progressive but still has a Camry blueprint sebagai sedan midsize elegant. Overall it looks very-very safe, tidak ada bagian yang terlihat janggal dari berbagai angle, yang merupakan kelemahan most of japanese car yg sering tampak tidak proporsional dari angle “serong belakang”, entah itu terlihat nungging, cingkrang atau janggal, plus modelnya serasa long last and eternal, sampai sekarang pun tidak terlihat outdated, proporsi chrome pun terasa pas, hanya sebatas lis, grille nya sendiri tidak berlapis chrome. Namun minusnya modelnya gampang terlihat boring, apalagi dengan karakter desain mobil keluaran sekarang yang lebih dinamis plus banyaknya populasi model XV40 ini di jalanan. Oh iya, ada sedikit perbedaan looks antara trim 3.5Q dan 2.4 jika dilihat dari belakang dengan hadirnya twin tailpipes dan dan wheel alignment yang di set sedikit negative camber, menjadikan stance 3.5Q terlihat lebih “napak” dibanding trim 2.4. Makanya saya suka sekali looks tipe Q dari belakang. Velg menggunakan diameter 17 inch dibalut ban Bridgestone Turanza, sedangkan di unit yang saya beli sudah diganti Yokohama C-Drive oleh owner sebelumnya.
Interior
Masuk ke interior, yang terlihat adalah ambience dark elegant, karena jok dan seluruh trim di dashboard dan pintu semua berwarna hitam, kelebihannya kabin tidak mudah terlihat kotor dibanding versi 2.4 yang berwarna beige. Center fascia diberi plat alumunium pada bagian atas berlanjut wood panel di bagian bawah yang memanjang sampai armrest console, lis wood panel dipasang memanjang dari tengah sampai ke door trim depan dan belakang. Saya suka banget wood panelnya yang berkelir glossy red-ish, because this is an origin of a modern wood panel ambient, nuansa modern-klasiknya dapet, wood panel dengan ambient serupa juga dipakai oleh mobil-mobil legendaris seperti Toyota Century 2nd gen dan Mercedes Boxer series (300CE). Sedangkan mobil-mobil sekarang lebih banyak menggunakan piano black yang mulai luntur nuansa mewahnya karena sudah banyak dipasang di low-end segmented car.
Kualitas interior sangat baik dengan banyaknya material soft-pad, leather seats yang empuk dan berjenis porforated dengan kualitas yang sangat baik, tombol-tombol di center fascia pun terasa solid ketika ditekan. Sayangnya kualitas fit and finish terasa kurang untuk mobil sekelas ini, stitching di beberapa bagian terlihat kurang rapih dan beberapa panel gap yang tidak sama/konsisten, contohnya adalah gap di speaker atas atas dashboard sebelah kiri dan kanan tidak sama. Poin minus lainnya ada pada steering wheel yang ukurannya agak kebesaran dan desainnya yang menyulitkan jempol untuk membunyikan klakson. Hadirnya moonroof pun terasa nanggung karena ukurannya yang kekecilan. Overall menurut saya desain interior XV40 adalah yang terbaik dari semua generasi Camry, so genuine dibanding layout XV50 yang seperti mencomot punya Lexus, dan so eternal, masih terlihat cantik untuk ukuran mobil sekarang dibanding layout XV30 yang mulai terlihat tuwir.
Dari sisi kelegaan kabin, ukuran full size menjadikan mobil ini sangat roomy, 5 penumpang bisa duduk dengan nyaman. Penumpang belakang dimanjakan dengan ruang kaki melimpah ditambah electric reclining seat dan sunshade elektrik serta audio switch yang semuanya bisa dikontrol dari panel di arm rest belakang, kursinya sendiri sangat enak dan nyaman diduduki, tak ada masalah duduk berjam-jam dimobil ini, malah menurut saya duduk di jok belakangnya memancing orang untuk tidur karena seating yg nyaman plus ambience yg gelap.
Untuk ruang penyimpanan, mobil ini bisa dibilang cukup banyak. Ada 4 cupholder, 2 disamping tuas transmisi, 2 lagi di armrest belakang. Console box model double tray yg bisa dibuka dengan tuas yang berbeda, ruang penyimpanan lain ada banyak namun ukurannya kecil yang letaknya ada di depan console box, bawah center fascia, di masing-masing door trim, sampai di bagian kiri dan kanan center console pun ada.
Fitur
Di sektor ini, Camry 3.5Q adalah salah satu yang terlengkap pada zamannya, bahkan dengan standar midsize sedan sekarang. Fitur seperti Rear seat reclining dan Rear Center Arm Rest with audio switch + reclining switch + sun shade switch bahkan belum dimiliki oleh BMW 5-series & Mercedes E-Class terbaru.
Fitur plasma cluster bikin hembusan AC bener-bener segar, very different dengan hembusan AC pada mobil lain, lucunya fitur ini tidak dimiliki Camry XV50 sebagai penerusnya. Pengaturan seat & steering serba elektrik, enaknya adjusting tilt & telescopic steering jadi effortless tanpa harus dongkrak tuas dan menahan bobot steer, nice. Adanya krey samping dan belakang sangat disukai isteri saya yang sedang dalam masa menyusui, kegiatan menyusui dan breast pumping menjadi semakin nyaman dengan adanya fitur ini.
Kekurangannya, karena mobil ini lahir pada masa dimana Head Unit dengan Screen belum lazim jadi ya begitulah, walaupun sudah integrated dengan dashboard namun fitur-fitur koneksi dengan perangkat smartphone tidak ada, ada sih bluetooth tapi hanya untuk terima panggilan telepon, cukup membosankan. Kualitas suaranya sendiri cukup baik, diatas Accord CM5 saya.
Sebagai perbandingan fitur dengan trim 2.4V, 3.5Q mempunyai :
- Pengatur Ketinggian Lampu Depan / Head Leveling Device, sedangkan 2.4V tidak ada.
- Dual Ornament Knalpot / Muffler Cutter utk 3.5Q, sedangkan 2.4V hanya single.
- Warna Dashborad / Dashboard Color: Black utk 3.5Q, sedangkan 2.4V: Ash Brown / Grege.
- Meter Kombinasi / Combination Meter: Km/H, 6 A/T, Seq, MID, Tri Color-Optitron utk 3.5Q, sedangkan 2.4V: Km/H, 5 A/T, Seq, MID-Optitron.
- Kontrol Spion Elektrik / Electric Outter Mirror Control: Electric Retractable + Memory + Reverse Link utk 3.5Q, sedangkan 2.4V hanya Electric Retractable tanpa Memory & Reserve Link.
- Kursi Depan / Front Seat: Head rest, sliding, height adjuster, reclining di 3.5V ada memory, sedangkan di 2.4V tidak ada memory.
- SRS Airbag Samping / Side SRS Airbag, sedangkan 2.4V tidak ada.
- VSC , sedangkan 2.4V tidak ada.
- Arm Rest Belakang / Rear Center Arm Rest: 3.5Q With Cup Holder + Wood + Switch:Audio,HVAC,Reclining,Sun Shade. Sedangkan 2.4V With Cup Holder + Wood
- Sun Roof: With, Tilt&Slide (w/ anti-pinch), sedangkan 2.4V tidak ada.
- Tirai UV: side manual & rear electric, sedangkan 2.4V tidak ada.
- Tilt & Telescopic Electric, sementara kalau 2.4V manual.
- mesin 2GR-FE, V6, 24-valve DOHC, dual VVT-i 3.456cc, sedangkan 2.4V memakai 2AZ-FE, IL4, 16-valve DOHC, VVT-i 2.362cc
- transmisi 6 Speed A/T Sequential, sedangkan 2.4V 5 Speed A/T
Saya tidak bandingkan dengan tipe G karena perbedaannya terlalu banyak
Driving
Ketika pertama kali duduk di driver seat yang saya rasakan adalah kursinya nyaman dan empuk, enak untuk berlama-lama nyetir, sayangnya lumbar supportnya kurang, tidak mendekap punggung dengan sempurna. Start the engine, suara idle sangat halus begitu pula getarannya yang tak terasa ke kabin, V6 gitulohh..
Ok lepaskan rem tangan, eh bukan..rem tangan yang posisinya di kaki..jujur baru sejak pakai mobil ini saya menghilangkan kata “rem tangan” di otak saya dan menggantinya dengan “parking brake”. Mungkin yang biasa bawa mobil matic tidak terlalu sulit adaptasi, namun yang biasa pakai Manual harap fokus saat proses adaptasi karena posisinya hanya beda sedikit dengan pedal kopling pada M/T.
Geser gear lever ke “D” dan mulai jalan..agak surprise karena ternyata berbeda dengan versi 2.4 yang langsung responsif saat pedal di tekan halus, di 3.5Q the car feels heavy dan seakan malas bergerak, even worse, setirnya beraat sekali, ya ini memang hydraulic based, tapi ini rada kelewatan beratnya, udah berat plain pulak, tipikal steering Toyota yang minim feedback dan ada sedikit jeda sebelum mobil start turning. Setelah ditambah sedikit injakan accel barulah mobil ini terasa responsif, proses kickdown sangat effortless, di rpm rendah pun cukup di towel sedikit power dan torsi sudah ready, urusan overtaking di jalanan perkotaan menjadi hal yang mudah.
Karakter suspensi menurut saya unik (atau aneh), karena pada saat jalan perlahan bantingannya empuk, melewati polisi tidur dan jalan rusak terasa nyaman, namun ketika jalan agak cepat bantingannya surprisingly agak keras, menjadikan mobil ini cukup stabil dan terasa lengket dengan aspal. Namun sayangnya, bantingan keras tadi tidak disertai kualitas damper yang baik seperti kebanyakan European cars, sehingga ketika melintasi speed trap atau lubang pada kecepatan sedang ada suara metal clunking di bagian kaki belakang..suara yang tidak enak di telinga.
Driving position mobil ini tinggi, walau sudah settingan posisi paling rendah tetap masih cukup tinggi untuk ukuran saloon, jadi mirip bawa crossover atau mini hatch/MPV seperti Jazz, peyuka sedan sejati yang doyan duduk mendelep tenggelam sepertinya bakal kecewa. Tapi sisi positifnya kita jadi gampang untuk memprediksi body mobil terutama ketika masuk jalan tikus atau ketika manuver pindah jalur kondisi macet.
Kekurangan lain mobil ini adalah sangat minimnya efek engine brake karena pada saat pedal dilepas putaran mesin langsung drop, sepertinya tujuannya untuk efisiensi (mungkin fuel pump langsung di cut off untuk efisiensi, namun sekaligus menghilangkan efek engine brake), hal tersebut menjadikan kerja rem menjadi semakin berat. Saya sendiri melihat ada potensi bahaya disini karena beberapa kali rem terasa kewalahan ketika panic braking yang lazim dikakukan ketika traffic di tol tiba-tiba berhenti. Yup this car needs bigger brakes to handle tons of power it has.
Beberapa poin yang sangat baik dari mobil ini adalah Turning Radius-nya yang hanya 5,5m, lebih baik dari semua mobil seukurannya, bahkan the latest CRV yg size nya lebih compact pun radiusnya 5,7m, Kelebihan yang menurut saya sangat useful dengan kondisi jalanan di jakarta dan sekitarnya. Belum lagi Ground Clearance mobil ini ternyata cukup tinggi, lebih tinggi dari mini hatch/mini MPV yang membuatnya cukup versatile di jalan perkotaan maupun luar kota.
Powertrain
Under the hood, Camry 3.5Q menggunakan mesin berkode 2GR-FE, 3.5 L V6, 277 hp, 353 nm, membuat mobil ini menjadi yang paling bertenaga dikelasnya. Ruang mesin yang terlihat kopong dan telanjang di trim 2.4 sangat kontras berbeda di trim Q, ruang mesin terlihat penuh dan rapih karena ditutup cover.
Transmisi menggunakan 6-speed sequential dengan semi close ratio yang partisi antar gear-nya rapat dengan perpindahan yang sangat halus, saking halusnya sensasinya seperti CVT without that infinite plain engine note, karena semua beban mobil saat normal driving bisa dihandle di RPM rendah, ditambah peredaman kabin yang sangat baik, baru di mobil ini saya merasakan sensasi CVT yang menyenangkan, perpindahan yang halus, power tersedia di lower RPM, gear berpindah juga di lower RPM sehingga suara mesinnya tidak kedengaran. Nice
Masuk ke jalan tol, saya ganti gaya mengemudi jadi agresif, injak pedal agak dalam dan... seketika badan tertarik kebelakang disertai engine note yang.. uhuhuuy... so ear pleasing... this is it.. the famous V6 signature notes.. pada four cylinder engine, suara mesin bisa beda-beda dari mulai suara perasan tebu, suara kambing tercekik sampai suara yang crisp seperti Honda K engine (pure series), tapi V6 engine has a signature notes yang identik walau beda mobil...”wuuurrrrr rrrooorrrrrr”...saya sampe nggak sadar tau-tau udah 180 kpj dan harus slowdown karena traffic tol siang itu cukup ramai.
Thats all? No..Ternyata mobil ini masih menyimpan potensi terpendam, how..? Now switch from D to S, maka karakter mobil berubah dari mobil “bertenaga” menjadi “brutal”.. Throttle Response, Shifting Response and Torque Curve berubah menjadi sangat agresif. Pada mode “D” sebagian power dan torsi seakan disimpan / disembunyikan saat low-mid RPM dan baru nongol ketika full throttle untuk mengakomodir Comfort yang mana menjadi habitatnya sebagai mobil yang sebagian pemiliknya menggunakan jasa Chauffeur, yang biasanya selama mengemudi hanya di posisi “D”. Di mode S, semua serba instan, ketika pedal accel ditekan, saat itu juga power dan torque tersalur ke roda, pun perpindahan gear menjadi lebih agresif. Saat pedal gas dilepas RPM dijaga dalam posisi “Ready to Fire”, sehingga saat kickdown power dan torque berada dalam posisi sweet spot yang sangat minim power loss. Hal ini pun menghapus kekurangan mobil ini yang pada mode “D” sangat minim efek engine brake.
Beberapa bulan setelah beli, akhirnya saya berkesempatan untuk test akselerasi mobil ini dengan record video, karena selain lagi niat, beberapa parts sudah diganti baru, sudah carbon clean dan flushing (kuras) ATF. Mempertimbangkan usia mobil yang sudah satu dekade, saya tidak melakukan start dengan metode “hold & launch” (tahan rpm di 3000-4000 dengan rem lalu lepas & launch), melainkan dari idle rpm. Posisi idle, release brake and full throttle...bangg..sedikit spin dan badan terbenam ke jok..kemudian saya terkejut karena moncong mobil tiba-tiba menjadi liar dan refleks saya segera mengkoreksi steering wheel..what a hell..Torque Steering..!!? Padahal mobil ini ditanam VSC dan TSC yang cannot be switched off tapi masih terjadi torque steer...wew..
Akhirnya didapat angka 7,5 detik untuk 0-100 kpj..not bad untuk sebuah saloon tua berukuran gambot.
Handling & Stability
Hmm..tadi saya sempat bilang bahwa steering mobil ini dull, lifeless dan agak lambat, but somehow the car turns quite well, body roll minim dan ukuran mobil yang besar seakan mau saja diajak menikung cepat, handlingnya lebih enak dari versi 2.4, apalagi yang versi Facelift dengan karakter bantingan yang sudah disetting lebih soft. Selidik punya selidik yang mempengaruhi adalah perbedaan setting suspensi yang keras dibanding versi facelift yang lebih soft dan perbedaan di as roda depan dengan versi 2.4. Perbedaan itu juga yang menjadikan kestabilan 3.5Q saat highspeed cukup baik, saya pernah test sampai diatas 200 kpj tidak ada gejala melayang.
Sayang seribu sayang segala kelebihannya tadi dirusak oleh kualitas rem yang menurut saya sangat kurang untuk mobil dengan power sebesar ini. Ukuran discbrake yang sama berikut brake pad yang nyaris serupa dengan trim 2.4 menjadikan mobil ini agak menakutkan ketika hard braking, sering gelosorr...diperparah dengan minimnya efek engine brake di posisi “D” seperti yang sudah saya bahas sebelumnya. Handling mobil ini memang cukup baik namun tetap saja ketika masuk ke tikungan yang lebih menantang barulah mobil ini mulai kewalahan, ukuran besar dan basic layout mobil ini yang FWD with tons of horsepower yang semua hanya tersalur ke roda depan menyebabkan understeer yang cukup intens ketika masuk sharp cornering, even worse steering yang payah meningkatkan statusnya jadi “Dangerous” dalam situasi seperti diatas.
Fuel Consumption
Mobil ini sekarang adalah daily driver saya, rata-rata jarak tempuh harian saya adalah 80km. Dari hasil perhitungan dengan metode Full to Full, angka yang didapat adalah :
Konsumsi dalam kota = 1:6-7
Konsumsi luar kota/tol = 1:10-11
Konsumsi kombinasi = 1:7-8
Konsumsi real time terboros adalah pada saat macet total yang hanya mencatat 1:5, sedangkan dengan gaya nyetir brutal super agresif malah bisa 1:6-7
Boros? Exactly..mobil ini adalah sahabat SPBU, kurang cocok bagi para ECO fans club atau yang tiap cari mobil selalu tanya “konsumsi bbm nya gimana?”..but for me, setiap rupiah yang saya keluarkan untuk beli pertamax turbo terasa worthed dengan power, ride, fitur dan versatility mobil ini, belum lagi jika harga mobil ini juga dihitung, akan terasa lebih efisien secara whole package.
The “Q” Factor
Ada satu hal menarik yang dimiliki mobil ini, saya menyebutnya “Q Factor”, apa itu? Gampangnya seperti ini, dalam dunia “Performance Car” ada beberapa mark/emblem/logo yang mengisyaratkan “don’t play with me” seperti “AMG” dan “M” yang dengan melihatnya saja orang sudah gamang dan ciut untuk menantang. Nah di kelas Normal Car (mobil massal), logo “Q” pada Camry di indonesia kasusnya mirip, sering sekali saya ketemu sedan-sedan maupun VGT-Diesel SUV yang agresif di tol, begitu saya salip/overtake biasanya memutuskan untuk tidak mengejar/menantang mobil ini dan seolah mengatakan “you’re out of my league” setelah melihat logo “Q” di buritan mobil ini. Quite interesting..
Unfortunately TAM ruined this sacred mark in 2014 by launching Sienta Q then Innova Q in 2016..f*ck
However this mark still sacred in Camry..hohoho
Homework / Maintenance Cost
Ok now we play as an accountant (coz I use to be an accountant). Di awal saya bilang, tadinya saya mau ambil yang Facelifted, namun karena harganya yang abu-abu dan kebanyakan kelewatan, akhirnya ambil yang pre-FL dimana harganya sudah stabil di sekitar 155-175 juta (Pedagang) untuk keluaran 2007-2008. Mobil ini saya beli di angka Rp.165 juta, sebetulnya banyak yang harganya dibawah itu, namun setelah cek lebih mendetail, unit saya kondisinya yang paling lumayan, plus si pedagang bisa push untuk dapat Asuransi Comprehensive, as a person who is in the insurance industry, total protection is essential, coz saat review ini ditulis, mobil ini sedang cacat karena kaca spion nya dicuri, sebuah bencana andaikata tidak tercover, karena di mobil kelas ini, hampir semua bagian yang menempel pada body mobil harganya mahal, untunglah spare parts nya ternyata tidak demikian.
Oke, saya akan rinci total pengeluaran saya selama sekitar 5 bulan untuk beresin PR mobil ini :
Mesin
Lokasi : Toda, DTMF, Auto2000
- Ganti oli (6 liter) + filter oli Rp.810k
- Carbon clean, injector cleaning & spark plug cleaning Rp.800k
- MAF sensor cleaning Rp.200k
- Engine Mounting atas Rp.800k
Total = Rp.2610k
Kaki-kaki
Lokasi : Atrium Senen, Karya Per, DTMF, Bengkel Marathon, Banceuy, Indomakmur, Cibubur Point, Yans Speed
- Shock breaker depan sepasang Rp.1400k
- Stopper shock depan sepasang Rp.100k
- Support shock depan kiri Rp.250k
- Bearing depan kiri Rp.385k
- Ball joint kanan Rp.300k
- Recalibrate ball joint kiri Rp.150k
- Booth as roda kanan Rp.150k
- Tierod end sepasang Rp.400k
- Link stabiliser sepasang Rp.300k
- Long tierod kanan Rp.200k
- Bushing arm Rp.100k
- Bushing stabiliser sepasang Rp.120k
- Jasa (total ongkos jasa) Rp.1600k
Total = Rp.5455k
Brakes
Lokasi : Indomakmur, Auto2000
- Brake pad sepasang + jasa Rp.1000k
- Bubut disc brake Rp.200k
Total = Rp.1200k
Transmission
Lokasi : Cibubur Point
- ATF flushing/kuras (12 liter) + jasa Rp.1200k
Grand Total : Rp.10,465,000,-
Mahal? Bisa iya bisa enggak, bagi saya sih enggak karena seperti kata “Sultan” di vlog nya, “jika ingin beli mobil bekas, harus ada spare dana minimal 10 juta untuk beresin PR”, dan memang sekitar segitu biaya beresin PR mobil ini.
Conclusion
What car you can afford with less than IDR 170 mio in your pocket ?
You can buy a brand new, super small, super efficient and super dumb & dull LCGC car, live in peace of mind, place of Zen, killing the petrolhead desire that you read everyday in Serayamotor, and drive slow in this fast world.
You can also buy a used people carrier, that can carry your whole family, plus your grandparent and your cousins with ultra great resale value, because the car is your investment.
Or...let your desire take control..desire of having a powerful car, desire of speeding, desire of earpleasing engine note..because you had more than 250 horsepower to play with..
Yeah, Life is a Choice, Logic or Desire? Well, I choose Desire...with Logic...hahaha
Buying a Camry 3.5Q is all about Versatility, you can drive normally, feel the super comfort ride..mobil besar dengan GC cukup tinggi yang jarang mentok polisi tidur dan gampang putar balik karena turning radius lebar..you can also doing a highspeed cruising (in highway) without waking up your family, baru di mobil ini saya bisa cruising 160-190 kpj di Cipularang dan keluarga tetap tertidur lelap..or you can also drive mad, nyetir seperti orang gila dengan memainkan gear lever transmisi dengan rasio rapatnya untuk mempertahankan power optimalnya di high rev, karena dengan cara inilah potensi mobil ini bisa keluar sepenuhnya plus alunan suara V6 nya yang membuat adrenalin terus memompa..but don’t treat this car as a race car, on the race track, coz she will kill you.. treat her as a tourer, and she will bring a smile on your face. Yes, this car is a longhaul highway cruiser, that can eat easy to mild corner..and all of those comes with easy & quite cheap mainenance..
Pros :
- Powerrrr
- Fast
- Stabil
- V6 note
- Comfort
- Tons of feature
- Transmisi halus, cepat & rapat
- Pricetag seharga LCGC
- Easy & Cheap Maintenance, Spare parts mudah dan murah
- Reliable
- “Q” factor, klo kita nyetir agresif, banyak yg udah jiper duluan
- Dignified..image mobil pejabat, gampang dapat parkir khusus
Cons :
- Boross
- Boring, saking banyaknya model ini dijalan
- Steering lifeless, heavy & laggy
- Brakes are dangerous, perjauh jarak pengereman saat highspeed
- Definitely not a sharp cornering eater..tend to understeer
- Komponen kaki-kaki rentan problem (untungnya parts berlimpah)
Sekian review dari saya, mungkin review ini terkesan subyektif seperti lazimnya orang-orang yang me-review mobilnya sendiri. Namun percayalah, apa yang saya katakan tentang mobil ini benar adanya. Silahkan buktikan sendiri.
Thanks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Kalau trans-jawa udh jadi mobil ini pasti jd bucket list saya.. 3.5L dalam kota masih dapat 1:6-7 artinya setara mesin 2.5L 4cyl ya bahkan sama dengan 2tr-fe.. 2.4L emang sial pedalnya macam si Yaris bakpau toel dikit nendang..
Menarik sekali kalau bisa dapat unit yang msh sehat..
Menarik sekali kalau bisa dapat unit yang msh sehat..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
sikaatt man.....NYoman wrote: ↑Wed May 16, 2018 15:45 Kalau trans-jawa udh jadi mobil ini pasti jd bucket list saya.. 3.5L dalam kota masih dapat 1:6-7 artinya setara mesin 2.5L 4cyl ya bahkan sama dengan 2tr-fe.. 2.4L emang sial pedalnya macam si Yaris bakpau toel dikit nendang..
Menarik sekali kalau bisa dapat unit yang msh sehat..
Permisii .............................
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Nyari unit yg 2.4 sehat aja jarang kok.. Mobil ini rawatan nya biasanya supir kebanyakan, ya ga nembak semua supir nakal sih...
Gw plg ga suka di setirin Camry, selalu mabok kalau duduk di belakang saking empuknya.. Entah yang 3.5 ya..
Gw plg ga suka di setirin Camry, selalu mabok kalau duduk di belakang saking empuknya.. Entah yang 3.5 ya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Wed Jan 02, 2008 5:19
- Location: Southern Batavia
- Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Saya di motuba gak gitu aktif om, cuma seneng aja liat guyonan mereka
Asal dpt unitnya yg masih bagus mah oke bgt om..semoga dlm waktu dekat bisa minang juga, harganya kelewat murah utk sedan dgn spek setan kayak gini
Increase speed = increase Risk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Review & Owning The Old Beast, Toyota Camry V6 3.5Q
Motuba hehe...entah kenapa disana sensi bener dengan si wuling...