DIY LED FogLamp
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Mon Oct 02, 2017 5:43
DIY LED FogLamp
JANGAN MELAKUKAN KALAU TIDAK YAKIN YANG ANDA LAKUKAN KARENA BERHUBUNGAN DENGAN KELISTRIKAN KENDARAAN.
Karna pingin full LED yang kekinian di T32 dicoba mengganti foglamp halogen dengan LED. Kalau sekedar ganti halogen dengan LED H11 pasaran di foglamp reflektor bawaan,
hasilnya gak puas.Sinar banyak glare dan silau menyebar ke mana-mana. Jangkauannya hanya 2-3 meter kedepan.
Krn foglamp letaknya dibawah, sudut sinar ke permukaan jalan jadi tipis jadi tambah gak terang.
Kemudian beli Foglamp projie seperti dibawah ini. Dudukannya harus dicustom ke bodi dan soketnya H11. Barang lumayan solid dan waterproof.
Setelah dicoba dengan menggunakan plentong LED H11 yang ada dipasaran, ternyata hasilnya juga bubar jalan.
LED H11 pasaran umumnya LED emitter ada di dua sisi otomatis ada blank spotnya ditengah. Begitu dipasang di projie sinarnya jadi bercabang krn blank spot ditengah tadi.
Memang beda jauh dengan halogen atau HID yang sinarnya terpancar dari satu titik tanpa blank spot.
Kontruksi bohlam LED emitter di dua sisi terlihat memaksakan untuk upgrade dari halogen ke LED.
Kontruksi LED Headlamp OEM seperti T32, ANF, ANPS, N-CRV, N-RUSH/TERIOS, N-CIVIC, DLL didesain sangat khusus dan presisi untuk model projector atau reflector.
Setelah kuliah dan lulus dari universitas youtube mengenai LED OEM, diputuskan untuk project DIY seperti kontruksi LED OEM.
Jalan satu-satunya dengan kerajinan gergaji dan kikir. Karena bahannya alumunium sangat mudah di gergaji dan dikikir untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.
Heatsink pake bekas processor komputer. LED memerlukan pendinginan pasif. Sinar LED tidak panas sperti Halogan/HID tapi LED emitternya panas dan perlu pendingin.
Pemasangan posisi LED emitter sangat tricky, harus sering melakukan trial and error untuk mendapatkan sinar yg pas. Geser atas/bawah atau kiri/kanan 0.5mm saja sinarnya sudah berubah.
Emitter cukup dijepit dengan ring dan baut supaya gampang digeser-geser untuk cari posisi yang tepat. Ketinggiannya diganjal plat alumunium.
LED Emitter yang saya dipakai type XHP50 sekitar 18watt. Dalam dunia LED, semakin besar watt belum tentu LED tsb terang. Yang mementukan lumen/watt. Di google XHP50 sekitar 100 lumen/watt yg infonya cukup terang.
Disamping itu LED memerlukan daya CONSTANT CURRENT (CC). Ini sangat berbeda dengan perangkat lain yg hanya perlu CONSTANT VOLTAGE (CV), hal ini dimobil adalah 12VDC.
Jadi diperlukan rangkaian untuk merubah 12VDC menjadi CONSTANT CURRENT (CC) atau biasa yang disebut LED DRIVER. LED XHP50 memerlukan CC sekitar 3 Amper. XHP50 dengan 3Amp memerlukan forwarding voltage sekitar 6.5V.
Terus terang agak repot mencari Led Driver yang sesuai dan baik dipasaran toped. Jadi pakai apa yang ada, seperti seri XL4015 yang bisa disetel sampai CC 5Amp.
Kalau mau yang lebih terang bisa coba LED XHP70, tapi saya belum coba dan harganya lumayan.
Setelah dirasa mendapat sinar dan cut off yang maksimal, celah bisa diseal pakai lem kaca supaya tidak kemasukan air. Foglamp sering kecripatan air bro. Dicoba nyala seharian penuh, heatsink lumayan hangat saya putuskan tidak perlu kipas. Kalau ada kipas malah report klo kena air.
Penampakan setelah dipasang.
Setelah dites dan diatur ketinggiannya, berikut penampakannya. Projie foglmap cutoffnya lurus aja, tidak punya profile cut off RHD seperti projie OEMnya.
Sinarnya lebih putih, mungkin ini 6000K dan OEMnya 5000K. Pilihan warna LED juga terbatas dibanding HID. Lain waktu saya akan coba emitter model lain. Terangnya masih sedikit dibawah projie LED OEM yang mungkin 23Watt utk low beam. Sinar OEM lebih lebar.
Berikut tes on the road.
Projie OEM low beam sinarnya jauh kedepan dan lebar. Tetapi terdapat blank spot depan bemper. Projie foglamp keadaan off.
Projie OEM headlmap off. Sinar foglamp memenuhi depan bemper. Sebenarnya lumayan terang, tetapi karena posisinya dibawah, sudut sinar dan jalan terlalu tipis. Cut off nya sampai ujung jalan, tetapi tidak terlalu menerangi jalan, krn itu tadi posisinya terlalu rendah.
Kedua OEM Headlamp (lowbeam) dan Foglamp on. Saya cuma senyum saja. Sudah jalan 3 bln belum ada issue.
Karna pingin full LED yang kekinian di T32 dicoba mengganti foglamp halogen dengan LED. Kalau sekedar ganti halogen dengan LED H11 pasaran di foglamp reflektor bawaan,
hasilnya gak puas.Sinar banyak glare dan silau menyebar ke mana-mana. Jangkauannya hanya 2-3 meter kedepan.
Krn foglamp letaknya dibawah, sudut sinar ke permukaan jalan jadi tipis jadi tambah gak terang.
Kemudian beli Foglamp projie seperti dibawah ini. Dudukannya harus dicustom ke bodi dan soketnya H11. Barang lumayan solid dan waterproof.
Setelah dicoba dengan menggunakan plentong LED H11 yang ada dipasaran, ternyata hasilnya juga bubar jalan.
LED H11 pasaran umumnya LED emitter ada di dua sisi otomatis ada blank spotnya ditengah. Begitu dipasang di projie sinarnya jadi bercabang krn blank spot ditengah tadi.
Memang beda jauh dengan halogen atau HID yang sinarnya terpancar dari satu titik tanpa blank spot.
Kontruksi bohlam LED emitter di dua sisi terlihat memaksakan untuk upgrade dari halogen ke LED.
Kontruksi LED Headlamp OEM seperti T32, ANF, ANPS, N-CRV, N-RUSH/TERIOS, N-CIVIC, DLL didesain sangat khusus dan presisi untuk model projector atau reflector.
Setelah kuliah dan lulus dari universitas youtube mengenai LED OEM, diputuskan untuk project DIY seperti kontruksi LED OEM.
Jalan satu-satunya dengan kerajinan gergaji dan kikir. Karena bahannya alumunium sangat mudah di gergaji dan dikikir untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.
Heatsink pake bekas processor komputer. LED memerlukan pendinginan pasif. Sinar LED tidak panas sperti Halogan/HID tapi LED emitternya panas dan perlu pendingin.
Pemasangan posisi LED emitter sangat tricky, harus sering melakukan trial and error untuk mendapatkan sinar yg pas. Geser atas/bawah atau kiri/kanan 0.5mm saja sinarnya sudah berubah.
Emitter cukup dijepit dengan ring dan baut supaya gampang digeser-geser untuk cari posisi yang tepat. Ketinggiannya diganjal plat alumunium.
LED Emitter yang saya dipakai type XHP50 sekitar 18watt. Dalam dunia LED, semakin besar watt belum tentu LED tsb terang. Yang mementukan lumen/watt. Di google XHP50 sekitar 100 lumen/watt yg infonya cukup terang.
Disamping itu LED memerlukan daya CONSTANT CURRENT (CC). Ini sangat berbeda dengan perangkat lain yg hanya perlu CONSTANT VOLTAGE (CV), hal ini dimobil adalah 12VDC.
Jadi diperlukan rangkaian untuk merubah 12VDC menjadi CONSTANT CURRENT (CC) atau biasa yang disebut LED DRIVER. LED XHP50 memerlukan CC sekitar 3 Amper. XHP50 dengan 3Amp memerlukan forwarding voltage sekitar 6.5V.
Terus terang agak repot mencari Led Driver yang sesuai dan baik dipasaran toped. Jadi pakai apa yang ada, seperti seri XL4015 yang bisa disetel sampai CC 5Amp.
Kalau mau yang lebih terang bisa coba LED XHP70, tapi saya belum coba dan harganya lumayan.
Setelah dirasa mendapat sinar dan cut off yang maksimal, celah bisa diseal pakai lem kaca supaya tidak kemasukan air. Foglamp sering kecripatan air bro. Dicoba nyala seharian penuh, heatsink lumayan hangat saya putuskan tidak perlu kipas. Kalau ada kipas malah report klo kena air.
Penampakan setelah dipasang.
Setelah dites dan diatur ketinggiannya, berikut penampakannya. Projie foglmap cutoffnya lurus aja, tidak punya profile cut off RHD seperti projie OEMnya.
Sinarnya lebih putih, mungkin ini 6000K dan OEMnya 5000K. Pilihan warna LED juga terbatas dibanding HID. Lain waktu saya akan coba emitter model lain. Terangnya masih sedikit dibawah projie LED OEM yang mungkin 23Watt utk low beam. Sinar OEM lebih lebar.
Berikut tes on the road.
Projie OEM low beam sinarnya jauh kedepan dan lebar. Tetapi terdapat blank spot depan bemper. Projie foglamp keadaan off.
Projie OEM headlmap off. Sinar foglamp memenuhi depan bemper. Sebenarnya lumayan terang, tetapi karena posisinya dibawah, sudut sinar dan jalan terlalu tipis. Cut off nya sampai ujung jalan, tetapi tidak terlalu menerangi jalan, krn itu tadi posisinya terlalu rendah.
Kedua OEM Headlamp (lowbeam) dan Foglamp on. Saya cuma senyum saja. Sudah jalan 3 bln belum ada issue.
1K1FS-K14B-4AT-AISIN
T32-QR25DE-CVT-JATCO
T32-QR25DE-CVT-JATCO
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Mar 01, 2018 6:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SR3
Re: DIY LED FogLamp
Mantap om... telaten jg ya. Ini yg saya kurang bisa..hehe
Coba pakai led kuning om... lebih pas jadi lampu kabut
Coba pakai led kuning om... lebih pas jadi lampu kabut
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: DIY LED FogLamp
Nice om
Menarik sekali topik pembahasannya
Dan keren sekali om
Kalau boleh tau total biayanya berapa om?
Menarik sekali topik pembahasannya
Dan keren sekali om
Kalau boleh tau total biayanya berapa om?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 135
- Joined: Tue Apr 26, 2016 11:14
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: March HR15
Re: DIY LED FogLamp
Wah, waktu baca saya banyak ngangguk nangguk doang karena egk ngerti. Hehe
Thumbs Up deh om.
Update yaa om kedepannya gimana performa DIY Foglamp nya.
Thumbs Up deh om.
Update yaa om kedepannya gimana performa DIY Foglamp nya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: DIY LED FogLamp
IMHO, sudut pancaran sinar foglamp bukannya lebih baik melebar ya?
Supaya tepi jalan yg dekat roda depan terlihat.
Supaya tepi jalan yg dekat roda depan terlihat.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Mon Oct 02, 2017 5:43
Re: DIY LED FogLamp
komponen utama cuman 3, semuanya ada di toped.michaelgiri93 wrote: ↑Tue May 01, 2018 6:49 Nice om
Menarik sekali topik pembahasannya
Dan keren sekali om
Kalau boleh tau total biayanya berapa om?
per unit
- projector water proof 200rb
- led xhp50 125rb
- led driver buckconverter cc cv 50rb
sisanya barang bekas...
cuman peralatan tetek-bengeknya banyak bro... krena pas muda ama bokap hobi ngebengkel... tools lumayan komplit
1K1FS-K14B-4AT-AISIN
T32-QR25DE-CVT-JATCO
T32-QR25DE-CVT-JATCO
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: DIY LED FogLamp
Okee thanks infonya om.iritpoll wrote: ↑Thu May 03, 2018 1:59komponen utama cuman 3, semuanya ada di toped.michaelgiri93 wrote: ↑Tue May 01, 2018 6:49 Nice om
Menarik sekali topik pembahasannya
Dan keren sekali om
Kalau boleh tau total biayanya berapa om?
per unit
- projector water proof 200rb
- led xhp50 125rb
- led driver buckconverter cc cv 50rb
sisanya barang bekas...
cuman peralatan tetek-bengeknya banyak bro... krena pas muda ama bokap hobi ngebengkel... tools lumayan komplit
Owalahh iya sih ya.
Kadang mahal di alat daripada bahan juga ya.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: DIY LED FogLamp
Kalo saya sih bukan alat, tapi skill untuk mengerjakan DIY nya yang kurang. Ha2..michaelgiri93 wrote: Okee thanks infonya om.
Owalahh iya sih ya.
Kadang mahal di alat daripada bahan juga ya.
Seandainya kita bisa beli gerinda pun, belum tentu bisa potong dengan benar. Salah2 tangan yang kepotong.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: DIY LED FogLamp
hmmmmm
salut ama telaten nya om
salut ama telaten nya om
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
- Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur
Re: DIY LED FogLamp
telaten sekali ya om, matep deh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: DIY LED FogLamp
Hahahaliemivan86 wrote: ↑Thu May 03, 2018 6:48Kalo saya sih bukan alat, tapi skill untuk mengerjakan DIY nya yang kurang. Ha2..michaelgiri93 wrote: Okee thanks infonya om.
Owalahh iya sih ya.
Kadang mahal di alat daripada bahan juga ya.
Seandainya kita bisa beli gerinda pun, belum tentu bisa potong dengan benar. Salah2 tangan yang kepotong.
Saya juga takut pake gerinda om
Apalagi kalau tahu kecelakaan kerja gara gara gerinda
Duh serem
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 703
- Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
- Location: Jakarta
Re: DIY LED FogLamp
foglamp itu sebaiknya hanya digunakan jika dalam keadaan berkabut, gunanya ya itu untuk menyinari yang lebih dekat dari mobil (melihat garis/marka jalan) karena juga kalau lebih jauh di blokir sama kabutnya.
Kalau cuaca baik, kalau foreground nya terlalu terang, background (jarak pandang jauh) malah terlihat lebih redup karena pupil/mata kita menyesuaikan karena ada yg lebih terang di bagian depan
http://www.candlepowerforums.com/vb/sho ... y-worth-it
https://www.nytimes.com/2017/06/29/auto ... ppear.html
Kalau cuaca baik, kalau foreground nya terlalu terang, background (jarak pandang jauh) malah terlihat lebih redup karena pupil/mata kita menyesuaikan karena ada yg lebih terang di bagian depan
http://www.candlepowerforums.com/vb/sho ... y-worth-it
https://www.nytimes.com/2017/06/29/auto ... ppear.html
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
Kijang 2GD '18