Vario 125 esp

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Vario 125 esp

Post by hehe001 »

Saya sudah memutuskan untuk beli Aerox yang versi paling biasa. Ini adalah motor pertama selain Honda yang nangkring di rumah :D

Image

Terima kasih untuk rekan2 SMers atas petunjuk2 dan racun yang mudah2an sehat (karena pilihan awalnya adalah vario 125).
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Vario 125 esp

Post by hehe001 »

Kuroboy wrote: Fri May 04, 2018 14:00
hehe001 wrote: Fri May 04, 2018 10:43
Kuroboy wrote: Thu May 03, 2018 15:41

Merk sih macem2 tapi yang mayor cuma dua: Denso ato NGK. Berhubung nanti pasti beli motornya tipe injeksi, pastiin businya ada label R yang artinya resistensi tegangan supaya lonjakan gelombang listriknya ga mengacaukan sensor injeksi akibat radiasi dari busi tsb
Saya quote dari
cukup susah memahaminya ya, buat saya yang awam begini. di atas itu ngga disebutin khusus untuk matic.

Perihal OLI ternyata masih ada range untuk SAE yg cocok untuk matic ya. 10-30.
Secara umum, setiap motor bebas menggunakan oli apapun, meskipun oli tersebut bukanlah rekomendasi dari pabrik motor yang kalian gunakan. Namun, oli yang digunakan tidak sembarangan juga yah, oli itu harus memenuhi standard kekentalan untuk oli matic. Standar kekentalan atau lebih dikenal SAE oli motor matic yang baik yaitu antara 10 sampai dengan 30.

Pada dasarnya, oli motor matic jauh lebih encer jika dibandingkan dengan dengan oli untuk jenis motor selain matic. Maka dari itu, kalian harus memperhatikan oli yang bagus untuk motor matic kalian, sehingga motor kalian dapat menghasilkan performa mesin yang bagus pula. Maka dari itu kami akan memberikan tips untuk memilih oli yang bagus untuk motor matic kalian.

Jalanan di kota-kota Indonesia saat ini sangatlah padat. Hal ini membuat para pengendara yang terjebak macet harus sering-sering berhenti dan kemudian jalan sedikit demi sedikit untuk menembus kemacetan. Badan mesin yang tertutup dan juga desain transmisi yang berkesinambungan akan membuat suhu mesin menjadi sangat panas. Untuk mengatasi hal ini, motor matic kalian membutuhkan oli yang didalamnya tekandung zat aditif molybdenum yang berguna untuk mengurangi suhu panas pada mesin.

Selain itu, oli dengan zat aditif juga membuat gesekan mesin semakin halus. Kekentalan oli juga seharusnya memenuhi standar API-SL (standard American-Petroleum-Institute yang tingkat kekentalannya “L”) yang pas untuk digunakan pada motor matic. Pililhlah jenis oli yang telah memiliki sertifikat resmi.

Hingga saat ini, sudah sangat banyak jenis sertificat yang beredar luas dipasaran. Tapi, khusus untuk motor matic umumnya yaitu API, yang tak lain adalah lembaga yang menguji kualitas oli di Negara- negara Amerika dan Eropa dan juga JASO (Japanese-Automotive-Standar-Association) yang juga merupakan lembaga yang menguji kualiatas oli di Jepang. Saran untuk kalian nih guys, gunakanlah oli motor berkode JASO-MB yang memang menjadikan motor matic sebagai sasarannya.
Pengalaman para SMers?
Simple nya gini om. Cari aja busi irridium bawaan utk CBR250RR. Itu merknya NGK tapi dilabel AHM. Yg saya kaya gt. Setau saya ulir drat baut Honda itu mirip2, ga kaya Yamaha yg beda2 panjang dan ulirnya. Gausah cari yg spek balap atau biasa disebut busi dingin, cukup cari busi biasa berbahan iridium.

Utk oli mesin, berhubung om belinya motor generasi terbaru yg olinya udah nenggak kekentalan 10W30, bisa coba saran saya pake yg lebih encer yakni 5W30. Tapi harus siap2 dompet berhubung oli 5W30 ini per liternya diatas 100 rb semua. Dan berhubung ini motor matic yg pelumasannya hanya sebatas melumasi mesin saja (ga ngelumasin kopling) bisa coba oli mobil seperti saya, jangan oli diesel dan pastikan kualitasnya terjamin (liat yg harga per liternya 100 rb keatas
vinchazz wrote: Fri May 04, 2018 23:35 untuk oli motor yg mau nyoba mobil punya
cobain merk kendall sih, itu bagus dan jarang nemuin yang palsu soalnya barang kelas mahal dan jarang laku (rugi bandar kalo dipalsuin)
Thanks Pak.

Ganti busi-nya akan saya coba lakukan setelah masuk beres untuk ganti oli pertama untuk mencoba dan membandingkan keiritan FC-nya.
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Vario 125 esp

Post by Kuroboy »

hehe001 wrote: Sat May 05, 2018 3:08 Saya sudah memutuskan untuk beli Aerox yang versi paling biasa. Ini adalah motor pertama selain Honda yang nangkring di rumah :D

Image

Terima kasih untuk rekan2 SMers atas petunjuk2 dan racun yang mudah2an sehat (karena pilihan awalnya adalah vario 125).
Jadinya ambil Aerox ya? Kalo Yamaha setau saya kekentalan standarnya di angka 10W40. Berarti kalo cari yg encer harus 5W40. Berbahagialah anda karena versi encer dari 5W40 lebih banyak daripada 5W30. Bisa juga pake Helix Ultra yg harga per liternya sekitar 130 ribuan
:frm_snipper: :snipersmile:
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Vario 125 esp

Post by hehe001 »

Kuroboy wrote: Sat May 05, 2018 3:44 Jadinya ambil Aerox ya? Kalo Yamaha setau saya kekentalan standarnya di angka 10W40. Berarti kalo cari yg encer harus 5W40. Berbahagialah anda karena versi encer dari 5W40 lebih banyak daripada 5W30. Bisa juga pake Helix Ultra yg harga per liternya sekitar 130 ribuan
Ya, Pak.

Saya catat:
Image
Ini spek memang untuk mobil ya, pak? CMIIW

Code: Select all

SAE     : 5W – 40
API      : SN/CF
BMW LL-01
MB-Approval 229.5 , 226.5
VW 502.00/505.00
Porsche A40
RN 0700, RN 0710
PSA B71 2296
Ferrari
Fiat 9.55535.Z2 & Fiat 9.55535-GH2 (Meets the requirement of)
Chrysler MS 10725
Chrysler MS 12991
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Vario 125 esp

Post by Kuroboy »

Iya. Dulu mobil saya pake itu. Olinya awet. Utk motor bisa aman ganti sampe 3000 km krna uda full synth. Sbenernya bisa tembus 5000 km tapi ga saya sarankan
:frm_snipper: :snipersmile:
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Vario 125 esp

Post by speedfreak »

Selamat utk aerox barunya om.
Saya juga pakai aerox 155 tipe standar ini sejak awal 2017 dan juga ada vario 125 techno sejak 2013 dan 2014.

Untuk aerox masi bingung juga ni mau ganti oli pakai oli mobil tapi tipe apa yang recommended.
Kalau di atas disarankan shell 5w40 berarti aerox gak cocok pakai 5w30 atau 0w20 ya karena kebetulan di rumah masi ada spare oli 0w20 yg dipakai untuk di mobil t32.
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Vario 125 esp

Post by hehe001 »

Kuroboy wrote: Sat May 05, 2018 4:18 Iya. Dulu mobil saya pake itu. Olinya awet. Utk motor bisa aman ganti sampe 3000 km krna uda full synth. Sbenernya bisa tembus 5000 km tapi ga saya sarankan
Oh, OK.

Baca-baca untuk Aerox ini, disarankan untuk ngisi 900ml

Code: Select all

http://pertamax7.com/2017/08/03/ingat-ganti-oli-rutin-yamaha-nmax-dan-aerox-155-vva-cukup-900-ml-bukan-1-liter/
https://otomotifnet.gridoto.com/read/02190760/panduan-servis-yamaha-aerox-155-vva-tahun-pertama-butuh-seperempat-juta-buat-apa?page=all
speedfreak wrote: Sat May 05, 2018 4:21 Selamat utk aerox barunya om.
Saya juga pakai aerox 155 tipe standar ini sejak awal 2017 dan juga ada vario 125 techno sejak 2013 dan 2014.

Untuk aerox masi bingung juga ni mau ganti oli pakai oli mobil tapi tipe apa yang recommended.
Kalau di atas disarankan shell 5w40 berarti aerox gak cocok pakai 5w30 atau 0w20 ya karena kebetulan di rumah masi ada spare oli 0w20 yg dipakai untuk di mobil t32.
Thanks Pak. Skr masih punya Vario 110 karburator, selalu ke AHASS dan nurut apa kata bengkelnya.
Skr belajar lebih peduli untuk mengurus sendiri :D
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Vario 125 esp

Post by Kuroboy »

hehe001 wrote: Sat May 05, 2018 5:00
Kuroboy wrote: Sat May 05, 2018 4:18 Iya. Dulu mobil saya pake itu. Olinya awet. Utk motor bisa aman ganti sampe 3000 km krna uda full synth. Sbenernya bisa tembus 5000 km tapi ga saya sarankan
Oh, OK.

Baca-baca untuk Aerox ini, disarankan untuk ngisi 900ml

Code: Select all

http://pertamax7.com/2017/08/03/ingat-ganti-oli-rutin-yamaha-nmax-dan-aerox-155-vva-cukup-900-ml-bukan-1-liter/
https://otomotifnet.gridoto.com/read/02190760/panduan-servis-yamaha-aerox-155-vva-tahun-pertama-butuh-seperempat-juta-buat-apa?page=all
speedfreak wrote: Sat May 05, 2018 4:21 Selamat utk aerox barunya om.
Saya juga pakai aerox 155 tipe standar ini sejak awal 2017 dan juga ada vario 125 techno sejak 2013 dan 2014.

Untuk aerox masi bingung juga ni mau ganti oli pakai oli mobil tapi tipe apa yang recommended.
Kalau di atas disarankan shell 5w40 berarti aerox gak cocok pakai 5w30 atau 0w20 ya karena kebetulan di rumah masi ada spare oli 0w20 yg dipakai untuk di mobil t32.
Thanks Pak. Skr masih punya Vario 110 karburator, selalu ke AHASS dan nurut apa kata bengkelnya.
Skr belajar lebih peduli untuk mengurus sendiri :D
Sebenernya semua motor itu mesinnya jarang yg genap 1 liter pasti kurang atau lebih. Tapi berhubung selisihnya ga lebih dari 100 mili masih aman dikasi 1 liter
:frm_snipper: :snipersmile:
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: Vario 125 esp

Post by aipiesblue »

Kuroboy wrote: Fri May 04, 2018 14:00
Simple nya gini om. Cari aja busi irridium bawaan utk CBR250RR. Itu merknya NGK tapi dilabel AHM. Yg saya kaya gt. Setau saya ulir drat baut Honda itu mirip2, ga kaya Yamaha yg beda2 panjang dan ulirnya. Gausah cari yg spek balap atau biasa disebut busi dingin, cukup cari busi biasa berbahan iridium.

Utk oli mesin, berhubung om belinya motor generasi terbaru yg olinya udah nenggak kekentalan 10W30, bisa coba saran saya pake yg lebih encer yakni 5W30. Tapi harus siap2 dompet berhubung oli 5W30 ini per liternya diatas 100 rb semua. Dan berhubung ini motor matic yg pelumasannya hanya sebatas melumasi mesin saja (ga ngelumasin kopling) bisa coba oli mobil seperti saya, jangan oli diesel dan pastikan kualitasnya terjamin (liat yg harga per liternya 100 rb keatas
oli 5w30 fully synthetic api SN termurah ya oli genuine mitsu, harga cuma 65rb perliter.

pengguna motor Nmax banyak juga yang beli tuh.

oh ya, olinya bisa dibeli di bengkel resmi mitsubishi, trus harga yang saya sebutkan itu harga di jakarta, gak tau di daerah lain.

Image
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Vario 125 esp

Post by dizco »

hehe001 wrote: Sat May 05, 2018 3:08 Saya sudah memutuskan untuk beli Aerox yang versi paling biasa. Ini adalah motor pertama selain Honda yang nangkring di rumah :D

Image

Terima kasih untuk rekan2 SMers atas petunjuk2 dan racun yang mudah2an sehat (karena pilihan awalnya adalah vario 125).
hahaha selamat kita jadinya kembaran :big_deal:
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Vario 125 esp

Post by Kuroboy »

aipiesblue wrote: Sat May 05, 2018 8:48
Kuroboy wrote: Fri May 04, 2018 14:00
Simple nya gini om. Cari aja busi irridium bawaan utk CBR250RR. Itu merknya NGK tapi dilabel AHM. Yg saya kaya gt. Setau saya ulir drat baut Honda itu mirip2, ga kaya Yamaha yg beda2 panjang dan ulirnya. Gausah cari yg spek balap atau biasa disebut busi dingin, cukup cari busi biasa berbahan iridium.

Utk oli mesin, berhubung om belinya motor generasi terbaru yg olinya udah nenggak kekentalan 10W30, bisa coba saran saya pake yg lebih encer yakni 5W30. Tapi harus siap2 dompet berhubung oli 5W30 ini per liternya diatas 100 rb semua. Dan berhubung ini motor matic yg pelumasannya hanya sebatas melumasi mesin saja (ga ngelumasin kopling) bisa coba oli mobil seperti saya, jangan oli diesel dan pastikan kualitasnya terjamin (liat yg harga per liternya 100 rb keatas
oli 5w30 fully synthetic api SN termurah ya oli genuine mitsu, harga cuma 65rb perliter.

pengguna motor Nmax banyak juga yang beli tuh.

oh ya, olinya bisa dibeli di bengkel resmi mitsubishi, trus harga yang saya sebutkan itu harga di jakarta, gak tau di daerah lain.

Image
Itu sama dengan Idemitsu om. Nissan Genuine Oil jg pake itu. Tapi saya ga gt yakin oli full synth dgn harga murah, logikanya mereka kn cari untung, pengembangan oli itu kn ada biaya dan biayanya lebih besar daripada oli biasa. Blm lg biaya pengemasan. Nah dengan harga segitu, apa mereka uda dapet untung? Pasti ada aspek yg dikorbankan entah bagian mananya yg memungkinkam utk dpet untung dengan oli full synth harga segitu
:frm_snipper: :snipersmile:
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: Vario 125 esp

Post by aipiesblue »

iya emang branding dari idemitsu.

saya gak bisa komen soal beres dapet untung ato engga, toh selama ini pake di ayla sejak dari pertama beli tahun 2015, ganti setiap 6 bulan sekali.

kalo buat motor sih worth it lah, toh palingan pake cuma seliter.

daripada pake merk terkenal tapi banyak palsunya, mendingan oli ini lah, murah dan terpercaya, hehe
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sat Jan 03, 2015 12:58

Re: Vario 125 esp

Post by Dat510 »

Kuroboy wrote: Sat May 05, 2018 3:44
hehe001 wrote: Sat May 05, 2018 3:08 Saya sudah memutuskan untuk beli Aerox yang versi paling biasa. Ini adalah motor pertama selain Honda yang nangkring di rumah :D

Image

Terima kasih untuk rekan2 SMers atas petunjuk2 dan racun yang mudah2an sehat (karena pilihan awalnya adalah vario 125).
Jadinya ambil Aerox ya? Kalo Yamaha setau saya kekentalan standarnya di angka 10W40. Berarti kalo cari yg encer harus 5W40. Berbahagialah anda karena versi encer dari 5W40 lebih banyak daripada 5W30. Bisa juga pake Helix Ultra yg harga per liternya sekitar 130 ribuan
om, maaf urun rembug.. Shell helix ultra yg di maksud yg oli full synth buat mobil ya? Harga asliya bukannya 200rban?
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Vario 125 esp

Post by Kuroboy »

Dat510 wrote: Sat May 05, 2018 15:17
Kuroboy wrote: Sat May 05, 2018 3:44
hehe001 wrote: Sat May 05, 2018 3:08 Saya sudah memutuskan untuk beli Aerox yang versi paling biasa. Ini adalah motor pertama selain Honda yang nangkring di rumah :D

Image

Terima kasih untuk rekan2 SMers atas petunjuk2 dan racun yang mudah2an sehat (karena pilihan awalnya adalah vario 125).
Jadinya ambil Aerox ya? Kalo Yamaha setau saya kekentalan standarnya di angka 10W40. Berarti kalo cari yg encer harus 5W40. Berbahagialah anda karena versi encer dari 5W40 lebih banyak daripada 5W30. Bisa juga pake Helix Ultra yg harga per liternya sekitar 130 ribuan
om, maaf urun rembug.. Shell helix ultra yg di maksud yg oli full synth buat mobil ya? Harga asliya bukannya 200rban?
Saya beli waktu 2017 ada diangka 140 rb per liter di Bandung. Gtw ya kalo skarang
:frm_snipper: :snipersmile:
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Vario 125 esp

Post by hehe001 »

Masih menikmati masa di bawah odo 500km.

Isi pertamax 30rb, habis setelah masuk hari ke empat sejauh 150an km.
Wew, mayan banget. Dibandingkan supra x125 maren isi pertalite 20rb untuk 3 hari. Ongkos kerja nambah 10rb buat bbm tp dapat pertamax.

Sejauh ini puas pakai aerox, hihihi...
leoleoleo94
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Mar 06, 2018 13:47
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Vios,Calya,CBR

Re: Vario 125 esp

Post by leoleoleo94 »

motormatic wrote:Saya Ada vario 125, bbmnya 40 - 45 kpl. Itu boros apa engga? kalo Saya sih tiap Hari habis sekitar 1 liter pertamax, karena jarak rumah - kantor kurang lebih 40 km.

Saya juga Ada vario 150 konsumsi bbmnya hampir sama, kondisi lalin Jakarta yah
Saya ikut nimbrung om meski beda genre. Saya harian pake CBR 150R K45A rute harian SCBD-Jatiwarna bekasi. Isi bensin seminggu sekali bisa sekitar 85-90ribuan Pertamax Full Tank Luber. Termasuk boros apa engga ya om
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Vario 125 esp

Post by hehe001 »

Saya belum bisa 40 sd 45 kpl kalo pakai petunjuk yg di dashboard.

Hanya saja, saya cukup puas kalo dibandingkan dengan bebek saya dulu
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Vario 125 esp

Post by dizco »

aerox saya stabil di sekitar mid 45kpl, riil ga terlalu jauh dari itu. jarak tempuh seminggu sekitar 250an km, pemakaian pertamax 50 ribu

mainin di urutan gas dan rpm, 70an kpj bisa sekitar rpm 5000an, konsumsi bbm jadi tetap stabil

target upgrade jangka pendek, ganti ban pirelli dan sok belakang ohlins
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Vario 125 esp

Post by ak4ng »

Di vario125 saya, urusan oli mesin pake repsol 10w30 yang harganya cuma 40rb/L alias seharga mpx2 nya ahm. Bedanya gratis bongkar pasang ga kena biaya jasa and ga lama antri nya drpd di beres ahm
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Vario 125 esp

Post by Kuroboy »

Aerox sih ga heran habisnya segitu kurang lebih 30-40 km/l karena tenaganya gede, doyan dipake ngebut dan 1 hal: Yamaha itu pasti lebih boros daripada Honda :mky_03: kemarin PiCeX CeBeU saya baru isi bensin lagi, full tank dapet 2 minggu lebih dengan jarak 412 km itupun masi nyisa seperempat literan lebih. Berarti konsumsi BBM nya dapet di angka 54 Km/l sementara di indikator sih dapetnya 58 km/l. Kalo PiCeX saya rata2 dibawanya 60-80 km/h. Ga enak dipake ngebut soalnya enak kalem bawanya :mky_04:
:frm_snipper: :snipersmile:
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Vario 125 esp

Post by hehe001 »

dizco wrote:aerox saya stabil di sekitar mid 45kpl, riil ga terlalu jauh dari itu. jarak tempuh seminggu sekitar 250an km, pemakaian pertamax 50 ribu

mainin di urutan gas dan rpm, 70an kpj bisa sekitar rpm 5000an, konsumsi bbm jadi tetap stabil

target upgrade jangka pendek, ganti ban pirelli dan sok belakang ohlins
Ooh eco sekali ya, naham di 5000rpm. Saya masih 5000 itu dapet 60 kpj.

Mengapa ganti ban Pak?
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Vario 125 esp

Post by vinchazz »

hehe001 wrote: Sat May 12, 2018 1:47
dizco wrote:aerox saya stabil di sekitar mid 45kpl, riil ga terlalu jauh dari itu. jarak tempuh seminggu sekitar 250an km, pemakaian pertamax 50 ribu

mainin di urutan gas dan rpm, 70an kpj bisa sekitar rpm 5000an, konsumsi bbm jadi tetap stabil

target upgrade jangka pendek, ganti ban pirelli dan sok belakang ohlins
Ooh eco sekali ya, naham di 5000rpm. Saya masih 5000 itu dapet 60 kpj.

Mengapa ganti ban Pak?
ban pirelli / michelin pilot street lebih bagus grip nya dari ban bawaan dan grip lbih baik itu bikin berkendara makin aman dan senang ngebut :mky_07:
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Vario 125 esp

Post by hehe001 »

vinchazz wrote:
hehe001 wrote: Sat May 12, 2018 1:47
dizco wrote:aerox saya stabil di sekitar mid 45kpl, riil ga terlalu jauh dari itu. jarak tempuh seminggu sekitar 250an km, pemakaian pertamax 50 ribu

mainin di urutan gas dan rpm, 70an kpj bisa sekitar rpm 5000an, konsumsi bbm jadi tetap stabil

target upgrade jangka pendek, ganti ban pirelli dan sok belakang ohlins
Ooh eco sekali ya, naham di 5000rpm. Saya masih 5000 itu dapet 60 kpj.

Mengapa ganti ban Pak?
ban pirelli / michelin pilot street lebih bagus grip nya dari ban bawaan dan grip lbih baik itu bikin berkendara makin aman dan senang ngebut :mky_07:
Saya merasa ban yg skr uda nyaman saat lari aga kencang saat nikung, ternyata ada lagi yang lebih mantab hahaha...
vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
Location: Serpong
Daily Vehicle: Honda CR-V

Re: Vario 125 esp

Post by vinchazz »

hehe001 wrote: Sat May 12, 2018 12:18
vinchazz wrote:
hehe001 wrote: Sat May 12, 2018 1:47
Ooh eco sekali ya, naham di 5000rpm. Saya masih 5000 itu dapet 60 kpj.

Mengapa ganti ban Pak?
ban pirelli / michelin pilot street lebih bagus grip nya dari ban bawaan dan grip lbih baik itu bikin berkendara makin aman dan senang ngebut :mky_07:
Saya merasa ban yg skr uda nyaman saat lari aga kencang saat nikung, ternyata ada lagi yang lebih mantab hahaha...
Gak tau ya bakal kerasa banget bedanya bagi agan ato enggak, tpi saya sih kerasa....
3th pake ban corsa dan sejenisnya di njz, begitu ganti michellin kmren dipake nerobos hujan berasa lebih stabil pas speed 60 selip"
Pas kering juga berani nikung lebih miring karena kerasa gigitannya ke jalan
Rbspj
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu Jan 26, 2017 17:56

Re: Vario 125 esp

Post by Rbspj »

Harga gak akan bohong, ban pasti akan pengaruh.
Bagi saya pribadi saat bawa kendaraan sekaligus melepas penat (asal tidak macet2).
Pakai ban bagus,oli bagus, bahan bakar yg bagus, dll, guna mendapat riding experience bagi pribadi. Toh kita yg menikmati