Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Kalo mo kilas balik emang yang terdahsyat tetap adalah waktu krismon 98 dulu, bukan 2008
Seingat ane Honda Ferio 1.6 VTEC MT, waktu nyokap pinang Maret 97 : Rp 78 juta di 1 USD = Rp 2.200,-
USD mulai naik Juli 97, mata uang Rp jadi seperti yoyo malah sudah tembus 3ribu/USD loncat terus ke 5ribu,6 ribu,7ribui sampe akhir 1997.
Harga mobil masih tetap dan tidak bergerak sedikitpun
Begitu mid Jan 98, USD tembus di atas 12 ribu
Baru asli ngeri, karena harga Ferio MT langsung meroket ke Rp 148 jt bahkan terus meroket tidak pernah berhenti sampe pada puncaknya krisis udah tembus Rp 254 jt masa itu
Asli horor, sampe era Imora Motor pun berakhir menjadi HPM per Februari 99
Begitu pula ATPM mobil lainnya
CMIIW
Seingat ane Honda Ferio 1.6 VTEC MT, waktu nyokap pinang Maret 97 : Rp 78 juta di 1 USD = Rp 2.200,-
USD mulai naik Juli 97, mata uang Rp jadi seperti yoyo malah sudah tembus 3ribu/USD loncat terus ke 5ribu,6 ribu,7ribui sampe akhir 1997.
Harga mobil masih tetap dan tidak bergerak sedikitpun
Begitu mid Jan 98, USD tembus di atas 12 ribu
Baru asli ngeri, karena harga Ferio MT langsung meroket ke Rp 148 jt bahkan terus meroket tidak pernah berhenti sampe pada puncaknya krisis udah tembus Rp 254 jt masa itu
Asli horor, sampe era Imora Motor pun berakhir menjadi HPM per Februari 99
Begitu pula ATPM mobil lainnya
CMIIW
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Thu May 17, 2012 23:58
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Klo saya yg teringat e class new eyes, tipe apa tepatnya saya kurang tahu, mungkin e300. Harganya menjadi 410jt setelah krisis 98, sebelumnya ga tahu brp
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Seingat ane kenaikan harga mobil Eropa tidak sebanyak mobil Jepang saat krisis 98
BMW 318i M43 97 baru hanya 109 juta waktu itu bokap ane sempat naksir sih jadi mantengin harganya
Harga masih sedikit lebih murah dari Galant lele V6 dan Accord Cielo VTECyang diatas 110 juta semua sblom krisis 98, cuman mesin memang hanya 1.8 bukan 2.0 palage V6
Kalo seri 320i baru start diatas 130 juta bahkan ada seri limited edition yang hanpir 150 juta. sedan BMW yang merebak di jalanan masa itu dan lebih laku dari 318i dan big sedan Jepang walopun harga jauh lebih mahal
Beda jauh dengan situasi sekarang kan dan itu dampaknya hingga kini......... wkwkwkw
CMIIW
BMW 318i M43 97 baru hanya 109 juta waktu itu bokap ane sempat naksir sih jadi mantengin harganya
Harga masih sedikit lebih murah dari Galant lele V6 dan Accord Cielo VTECyang diatas 110 juta semua sblom krisis 98, cuman mesin memang hanya 1.8 bukan 2.0 palage V6
Kalo seri 320i baru start diatas 130 juta bahkan ada seri limited edition yang hanpir 150 juta. sedan BMW yang merebak di jalanan masa itu dan lebih laku dari 318i dan big sedan Jepang walopun harga jauh lebih mahal
Beda jauh dengan situasi sekarang kan dan itu dampaknya hingga kini......... wkwkwkw
CMIIW
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Di auto2000 mana om?
Klo ane gk punya npwp gk boleh servis atau gmn?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Wed Dec 30, 2015 13:15
- Location: sidoarjo
- Daily Vehicle: brio satya
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
harusnya masih bisa om, ga mungkin auto 2000 nolak customer.coklatMetalik wrote: ↑Sun May 20, 2018 6:52Di auto2000 mana om?
Klo ane gk punya npwp gk boleh servis atau gmn?
dirjen pajak sekarang lagi kumpulin big data, diawali dari buka rekening baru di bank, pasti diminta npwp. klo tdk pny tanda tangan pernyataan tidak punya npwp. buka deposito juga gt skg.
klo kkb / kpr, sudah pasti wajib npwp.
sekarang beli lm di antam, pakai npwp dpt pajak lebih rendah. ga pny npwp tetap bs beli tapi pajak lebih mahal.
kabarnya beli mobil cash juga diminta npwp, entah klo tdk pny apakah harus tt surat pernyataan tidak pny npwp / tdk. 2015 hal ini masih blm terjadi.
intinya lagi kumpulin data, nanti diolah menjadi sebuah informasi : si A harusnya masih mampu bayar pajak lebih, si B sudah pas, si C perlu diawasi.
imho.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Klo beli mobil cash yg sy dengar emg harus pake npwp. Sy baru tau kkb harus npwp. Jd skrg beli mobil baru dgn cara apapun mesti pake npwp ya....zenslv wrote: ↑Sun May 20, 2018 8:16harusnya masih bisa om, ga mungkin auto 2000 nolak customer.coklatMetalik wrote: ↑Sun May 20, 2018 6:52Di auto2000 mana om?
Klo ane gk punya npwp gk boleh servis atau gmn?
dirjen pajak sekarang lagi kumpulin big data, diawali dari buka rekening baru di bank, pasti diminta npwp. klo tdk pny tanda tangan pernyataan tidak punya npwp. buka deposito juga gt skg.
klo kkb / kpr, sudah pasti wajib npwp.
sekarang beli lm di antam, pakai npwp dpt pajak lebih rendah. ga pny npwp tetap bs beli tapi pajak lebih mahal.
kabarnya beli mobil cash juga diminta npwp, entah klo tdk pny apakah harus tt surat pernyataan tidak pny npwp / tdk. 2015 hal ini masih blm terjadi.
intinya lagi kumpulin data, nanti diolah menjadi sebuah informasi : si A harusnya masih mampu bayar pajak lebih, si B sudah pas, si C perlu diawasi.
imho.
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Bro mksdnya 325i dan 325i limited edition mungkin ? Jaman 318 kan berarti belom ada 320i ya ?
E36 318 dan 323
E46 318 dan 325 , juga CBU nya ada 323ci dan 328ci
Terus 325 jadi 330, 323ci jd 325ci dan 328ci jadi 330ci
Kalo ga salah inget ?.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5489
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Kalau pas trit begini,ingat si NR,ayo om,balik,jangan baper
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
E36 versi awal 318i/320i/325i(CBU) keluar satu generasi pake grill lebar (pre facelift) pake mesin M40, M50B20 vanos dan M50B25 non vanos.mpvlover wrote:Bro mksdnya 325i dan 325i limited edition mungkin ? Jaman 318 kan berarti belom ada 320i ya ?
E36 318 dan 323
E46 318 dan 325 , juga CBU nya ada 323ci dan 328ci
Terus 325 jadi 330, 323ci jd 325ci dan 328ci jadi 330ci
Kalo ga salah inget ?.
Dilanjut upgrade keluar sebentar 323i pre facelift non ASC M52B25. 320i M52B20 dan 318i M43 pre facelift side skirt dan lower bumper sekeliling warna abu abu.
Baru keluar facelift grill jenong. 318i/323i pake M43B18/M52B25. Entah 320i grill jenong ada atau engga karena belum pernah liat.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11376
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
kenapa ya pada banyak yg hafal waktu era e36 keluar? apa krn banyak yg berkesempatan punya atau gimana? idaman setiap org ketika itu?
rasanya kl era yg lain, misalnya e90 org pada ga gitu hafal kan. jangankan e90, e46 jg rasa2nya ga seterkenang e36.
rasanya kl era yg lain, misalnya e90 org pada ga gitu hafal kan. jangankan e90, e46 jg rasa2nya ga seterkenang e36.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
IMHO zaman itu mindset dream car yg realistis ( bukan poster kamar doang) kalau bukan e36 buat keren2an ya mercy w124 buat mewah2an org gk bebas mau beli kalau gak ada ATPM dan bukan CKD mana zaman itu belum ada ATPM macam jaguar audi juga baru ada th 96/97.... beda sama sekarang sejak keran CBU dibuka bebas, larinya macem2 ada yg ke produk2 jaguar ,lexus, golf GTI , alphard , elgrand , lambo/RR/ ferari pun asal ada uangnya apalagi kalau udh sama IU wah jd unlimited pilihannya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11376
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
jadi mengerucut ya pilihannya ketika itu. kebetulan modelnya jg bagus n affordable buat bnyk org. e46 keluar pas krismon, sy waktu itu ga di indo jd ga tau seberapa booming nya.dsign1990 wrote: ↑Mon May 21, 2018 6:32
IMHO zaman itu mindset dream car yg realistis ( bukan poster kamar doang) kalau bukan e36 buat keren2an ya mercy w124 buat mewah2an org gk bebas mau beli kalau gak ada ATPM dan bukan CKD mana zaman itu belum ada ATPM macam jaguar audi juga baru ada th 96/97.... beda sama sekarang sejak keran CBU dibuka bebas, larinya macem2 ada yg ke produk2 jaguar ,lexus, golf GTI , alphard , elgrand , lambo/RR/ ferari pun asal ada uangnya apalagi kalau udh sama IU wah jd unlimited pilihannya
sy lupa keran cbu dibuka thn brp? kl pas era cbu yg org hafal mati spec (kl ga salah) itu harrier. harrier lbh dulu booming ketimbang alphard. layaklah animo thd harrier dibilang spt e36.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
E36/E39/E38 semua mengalami jaman krismon.
Coba saja cek populasi E36 paska 97, langka di pasaran. E39 malah banyak mobil rakitan baru VIN lama. Kalo ikut timeline launch, era akhir E39 udah bawa M52TUB28, dual vanos pra drive by wire. Tapi banyak 528i tahun akhir masih bawa mesin M52 biasa.
Coba saja cek populasi E36 paska 97, langka di pasaran. E39 malah banyak mobil rakitan baru VIN lama. Kalo ikut timeline launch, era akhir E39 udah bawa M52TUB28, dual vanos pra drive by wire. Tapi banyak 528i tahun akhir masih bawa mesin M52 biasa.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
sekitar th 99 yg neken aturannya gus dur , makanya pas e46 keluar ya pas keran CBU dibuka makanya banyak yg "gagal fokus" sama e46 ini.Omnibus wrote: ↑Mon May 21, 2018 8:40jadi mengerucut ya pilihannya ketika itu. kebetulan modelnya jg bagus n affordable buat bnyk org. e46 keluar pas krismon, sy waktu itu ga di indo jd ga tau seberapa booming nya.dsign1990 wrote: ↑Mon May 21, 2018 6:32
IMHO zaman itu mindset dream car yg realistis ( bukan poster kamar doang) kalau bukan e36 buat keren2an ya mercy w124 buat mewah2an org gk bebas mau beli kalau gak ada ATPM dan bukan CKD mana zaman itu belum ada ATPM macam jaguar audi juga baru ada th 96/97.... beda sama sekarang sejak keran CBU dibuka bebas, larinya macem2 ada yg ke produk2 jaguar ,lexus, golf GTI , alphard , elgrand , lambo/RR/ ferari pun asal ada uangnya apalagi kalau udh sama IU wah jd unlimited pilihannya
sy lupa keran cbu dibuka thn brp? kl pas era cbu yg org hafal mati spec (kl ga salah) itu harrier. harrier lbh dulu booming ketimbang alphard. layaklah animo thd harrier dibilang spt e36.
Kalau gak salah harrier yg gen 1 itu gak se booming di gen 2 yg th 2004 an ( bersamaan sama alphard ) dan yg saya perhatikan zaman 99-2000 itu yg mendadak booming carnival , jag S type, bmw X5, freelander, JDM2 toyota macam celica , will , soarer dan CRV CBU dan yg ngapok sama carnival larinya ke alphard yang naik pangkat dari CRV CBU dan lempar freelander larinya ke harrier gen 2 , mulai 2004 alphard sama harrier makin membabi buta tp sejak ada X1 dan rx270 di 2011 ditambah nx200 harrier mulai ditinggalkan. CMIIW...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1604
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
terlanjur import komponen tp perkitan lg tutup mungkin ya, berarti lama terurainya di gudang sblm jadi mobil...octafiantos wrote: ↑Mon May 21, 2018 11:11 E36/E39/E38 semua mengalami jaman krismon.
Coba saja cek populasi E36 paska 97, langka di pasaran. E39 malah banyak mobil rakitan baru VIN lama. Kalo ikut timeline launch, era akhir E39 udah bawa M52TUB28, dual vanos pra drive by wire. Tapi banyak 528i tahun akhir masih bawa mesin M52 biasa.
BTW kalau gak salah528 angel eyes 2000/2001 awal ( yg populasinya dikit sebelum beralih ke 530 ) mesinnya bivanos kyk e38 728i swb facelift.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
blakangan isu krisis lagi menguat lagi
jadi was2
ada yg bisa kasi masukan mengenai kondisi terakhir?
jadi was2
ada yg bisa kasi masukan mengenai kondisi terakhir?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Fri Jan 20, 2017 13:42
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Dollar 14.200
kenapa semakin meroket?
dulu seinget saya periode 2000an hrga motor itu rata2 10jt
lha kok sekarang selang 10-15 tahun rata-rata 20jt-30jt?
kenapa semakin meroket?
dulu seinget saya periode 2000an hrga motor itu rata2 10jt
lha kok sekarang selang 10-15 tahun rata-rata 20jt-30jt?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Karisma 125D dibeliin bapak 14.600.000, 2004.nomnom wrote:Dollar 14.200
kenapa semakin meroket?
dulu seinget saya periode 2000an hrga motor itu rata2 10jt
lha kok sekarang selang 10-15 tahun rata-rata 20jt-30jt?
Kalo kata saya sih value motor sekarang masih seperti dahulu, yang harga sekitar karisma dulu sudah dapat beat esp yang ada fitur lainnya bukan sekedar kendaraan komuter kosongan. Yang 20-30 udah bercampur segmentasinya, sport cub, sportbike, sportmatic, bigmatic, dll.
Koreksi ya om..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 318
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Sedih juga ini, rupiah melemah, defisit neraca perdagaan yang mirip tahun 2012-2014 terulang lagi 2 bulan ini. ekonomi indo masih dikuasai sama komoditas raw material kaya hasil tambang , palm oil, sama rubber, selama berpuluh2 tahun ga ada perkembangan kompleksitas ekonomi.
https://atlas.media.mit.edu/en/profile/country/idn/
Jangan tanya produksi barang high tech, raw material yang melimpah aja dibarin dieksport as is, udah kayak mempersilahkan negara lain yang ketiban rejeki dapat added value. Ya semoga pemerintah bisa balikin keadaan defisitnya perdagangan cuma 2 bulan ini, kalo dibiarin kacau juga nilai tukar rupiah. Jangan sampe melemah 40% lagi kaya fase2 2012-2013.
https://atlas.media.mit.edu/en/profile/country/idn/
Jangan tanya produksi barang high tech, raw material yang melimpah aja dibarin dieksport as is, udah kayak mempersilahkan negara lain yang ketiban rejeki dapat added value. Ya semoga pemerintah bisa balikin keadaan defisitnya perdagangan cuma 2 bulan ini, kalo dibiarin kacau juga nilai tukar rupiah. Jangan sampe melemah 40% lagi kaya fase2 2012-2013.
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
gimana yaJoehard30 wrote: ↑Thu May 24, 2018 12:59 Sedih juga ini, rupiah melemah, defisit neraca perdagaan yang mirip tahun 2012-2014 terulang lagi 2 bulan ini. ekonomi indo masih dikuasai sama komoditas raw material kaya hasil tambang , palm oil, sama rubber, selama berpuluh2 tahun ga ada perkembangan kompleksitas ekonomi.
https://atlas.media.mit.edu/en/profile/country/idn/
Jangan tanya produksi barang high tech, raw material yang melimpah aja dibarin dieksport as is, udah kayak mempersilahkan negara lain yang ketiban rejeki dapat added value. Ya semoga pemerintah bisa balikin keadaan defisitnya perdagangan cuma 2 bulan ini, kalo dibiarin kacau juga nilai tukar rupiah. Jangan sampe melemah 40% lagi kaya fase2 2012-2013.
- ijin terutama di daerah berlapis lapis, makan waktu, dan biaya (resmi-non resmi)
- mau impor mesin produksi saja urusannya setengah mati, terutama bagi UKM
- pajak dan bea berlapis lapis ngalahin wafer
- setoran dan THR (resmi-non resmi)
- dll yang spesifik ke bidang masing-masing
yawis mending ekspor mentah deh
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Dan fed rate USD mau naik. Jadi USD semakin diminati.
Rupiah kemarin jg BI Rate naik tapi USD tetep ngeroket haha.
Udh berapa tahun Orang indo simpen uang di luar negeri.
Mana skrg Pajak semakin di cari cari jadinya konsumsi dalam negeri melemah orang jadi takut belanja, diikuti lah ekonomi melemah.
Lebih baik kalo ada uang nganggur jangan di keep Rupiah deh, mending jadiin SGD/USD atau asset lainnya.
Indonesia gitu2 doang soalnya, terlalu banyak "mafia".
Rupiah kemarin jg BI Rate naik tapi USD tetep ngeroket haha.
Udh berapa tahun Orang indo simpen uang di luar negeri.
Mana skrg Pajak semakin di cari cari jadinya konsumsi dalam negeri melemah orang jadi takut belanja, diikuti lah ekonomi melemah.
Lebih baik kalo ada uang nganggur jangan di keep Rupiah deh, mending jadiin SGD/USD atau asset lainnya.
Indonesia gitu2 doang soalnya, terlalu banyak "mafia".
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 318
- Joined: Sun Feb 28, 2016 1:28
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Setuju, segala lapisan masih blm efisien, palakan g resmi masih dmn2. Jd inget cerita sodara yg tmn akrabnya kerja d sebagai orang terlatih, dr sejak pendidikan udah diajarin senior2 nya buat minta uang saku k orang2 yg punya usaha. Setelah kerja, pas awal2 masih semangat berusaha nangkap pemain2 ngawur A, B, C sampe pernah taruhan nyawa, tp akhirnya selalu d lepas karena telpon dr orang yg pundaknya lebih berat dr "jakarta". Akhirnya y males, susah2 dibela2in mau mati tp akhirnya gt2 terus
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1967
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
Yang baper kan lawan bicaranya trus main keroyokannugroho bagor wrote: ↑Sun May 20, 2018 12:38 Kalau pas trit begini,ingat si NR,ayo om,balik,jangan baper
sangat disayangkan sih
Rocky R ADS CVT 2021
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11376
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kilas Balik Krisis 1998 & 2008 dan Dampaknya pada Ekonomi Indonesia Hingga Kini
coba sekali2 buka google map trus zoom out paling luar. disitu bisa kelihatan kl secara geografis indo ga akan menang cost competitiveness dgn negara lain yg letaknya lbh strategis (dkt dgn pusat dunia). sama deserted nya dgn oz n nz, sama2 jg ekonomi ditopang oleh domestic consumption bedanya disana better governance.
jd kl product-based battle tdk competitive di international arena, maka hrs mengedepankan service industry. apa coba jagonya? training (pencegahan) korupsi atau dakwah.
tp tenang aja, hidup dimana2 sama ada enaknya ada engganya.
jd kl product-based battle tdk competitive di international arena, maka hrs mengedepankan service industry. apa coba jagonya? training (pencegahan) korupsi atau dakwah.
tp tenang aja, hidup dimana2 sama ada enaknya ada engganya.