Sori kalo udah dibahas,
Cuman gue tertarik banget sama nih busi, keliatannya di iklannya mantep banget nih busi dan anak2 road race cenderung pada make. Apakah bener dengan kondisi mesin standar (based on tulisan disuatu majalah otomotif) dengan ganti busi plus bensin high octane (apakah pertamax plus termasuk yg dengan RON-nya cuman 94) bisa naekin tenaga. Lebih besar mana pengaruhnya dengan ganti knalpot racing (yg bener, bukan yg asal)
Ada yg bisa kasih penjelasan?
Thx anyway
pis 4eper
Busi Iridium
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Busi dari bahan Iridium terkenal tahan panas. Makanya banyak dipakai utk balap. Karena pada motor balap, busi biasa jelas gak tahan digeber gila-gilaan. Makanya harus pakai bahan yg super tahan seperti iridium.
Namun sebaliknya utk harian, busi ini terkenal dgn istilah busi dingin. Sangat-sangat tidak cocok utk dipakai harian.
Sama halnya dgn pemakaian oli racing pada motor yg dipakai utk harian.
Namun sebaliknya utk harian, busi ini terkenal dgn istilah busi dingin. Sangat-sangat tidak cocok utk dipakai harian.
Sama halnya dgn pemakaian oli racing pada motor yg dipakai utk harian.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Sori mas heri, setau Daku (hasil baca mplus), busi iridium itu memang tahan panas. Penyebabnya tidak cocok utk harian justru karena sifatnya itu. Bahan iridium memang tahan panas, tetapi juga sulit utk panas. Sehingga pada pemakaian sehari-hari dimana panas yg dibutuhkan tidak terlalu tinggi, maka suhu pada busi iridium tidak bisa mencapai suhu idealnya. Efeknya api yg dihasilkan tidak sesuai dgn yg diinginkan.
Lain dgn mesin motor balap yg memang dibuat utk kondisi yg ekstrem. Jadi panasnya pun jauh dibanding mesin harian. Otomatis bahan yg dipakai jg harus tahan panas. Kalu mesin motor balap menggunakan busi biasa, mungkin busi biasa itu akan meleleh.
Lain dgn mesin motor balap yg memang dibuat utk kondisi yg ekstrem. Jadi panasnya pun jauh dibanding mesin harian. Otomatis bahan yg dipakai jg harus tahan panas. Kalu mesin motor balap menggunakan busi biasa, mungkin busi biasa itu akan meleleh.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
wah saya pernah baca penjelasan detail nih masalah busi .. dan memang betul seperti kata om anjas.
Cuman akhiran dari artikel tersebut intinya adalah jika mas hery hanya mengganti beberapa parts saja tanpa modifikasi habis mesin maka busi itu akan menjadi percuma malah terkadang lebih baik busi yang biasa saja performanya
Saya baca itu di tabloid Otomotif, besok deh saya ulas kalo udah ketemu tabloidnya.
Cuman akhiran dari artikel tersebut intinya adalah jika mas hery hanya mengganti beberapa parts saja tanpa modifikasi habis mesin maka busi itu akan menjadi percuma malah terkadang lebih baik busi yang biasa saja performanya
Saya baca itu di tabloid Otomotif, besok deh saya ulas kalo udah ketemu tabloidnya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
- Location: Jakarta
Re: Busi Iridium
Betul kata om anjas, Kalu mesin standar disarankan busi standar juga, percuma pake busi iridium kalu spek mesin standar, tidak ada pengaruhnya, malah mengakibatkan umur busi iridium pendek.hery_jul wrote:Sori kalo udah dibahas,
Cuman gue tertarik banget sama nih busi, keliatannya di iklannya mantep banget nih busi dan anak2 road race cenderung pada make. Apakah bener dengan kondisi mesin standar (based on tulisan disuatu majalah otomotif) dengan ganti busi plus bensin high octane (apakah pertamax plus termasuk yg dengan RON-nya cuman 94) bisa naekin tenaga. Lebih besar mana pengaruhnya dengan ganti knalpot racing (yg bener, bukan yg asal)
Ada yg bisa kasih penjelasan?
Thx anyway
pis 4eper
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
Setahuku, yang dimaksud busi panas atau dingin bukan pada suhu mesin beroperasi, tetapi pada daya hambat dari material busi tsb.y_anjasrana wrote:Sori mas heri, setau Daku (hasil baca mplus), busi iridium itu memang tahan panas. Penyebabnya tidak cocok utk harian justru karena sifatnya itu. Bahan iridium memang tahan panas, tetapi juga sulit utk panas. Sehingga pada pemakaian sehari-hari dimana panas yg dibutuhkan tidak terlalu tinggi, maka suhu pada busi iridium tidak bisa mencapai suhu idealnya. Efeknya api yg dihasilkan tidak sesuai dgn yg diinginkan.
Lain dgn mesin motor balap yg memang dibuat utk kondisi yg ekstrem. Jadi panasnya pun jauh dibanding mesin harian. Otomatis bahan yg dipakai jg harus tahan panas. Kalu mesin motor balap menggunakan busi biasa, mungkin busi biasa itu akan meleleh.
Kalo busi standar, bahan dasarnya adalah tembaga, dimana daya hantar listriknya baik, jadi untuk pemakaian normal busi ini cocok,
sedangkan untuk busi dingin daya hantar listriknya makin besar (tergantung kode nomer pada busi) makin dingin makin besar tahanannya.
Begitu pula pada busi iridium, adalah material yg daya hambat (resistansi) thd listrik paling besar, sehingga pada pemakaian normal listrik yg mengalir akan sedikit kecil (mesin akibatnya jadi "brebet") cuma sebaliknya pada rpm tinggi api yg keluar malah makin baik, dan sesuai dengan waktu pembakaran, dibanding dengan busi standar yg pada rpm tinggi, api yg dihasilkan malah terlalu besar (busi meleleh) dan tidak teratur shg pembakaran akan sedikit terganggu (putaran mesin tertahan)
Jadi, menurut saya, kalo kita punya kebiasaan "maen" diputaran tinggi, bagus pake busi yg daya hambat listriknya makin besar, sehingga mesin diputaran tinggi makin baik.
pis 4eper
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Yup, setuju!! Bahan busi tidak 100 % dari bahan yang ditawarkan ex: iridium, tapi merupakan campuran dari berbagai logam. Bahan yang paling baik menghantarkan adalah Cooper, tapi dengan adanya pengembangan akhirnya ada busi Iridium, Platinum, Silver. Tentunya ini disesuaikan dengan tujuan penggunaannya.hery_jul wrote:Setahuku, yang dimaksud busi panas atau dingin bukan pada suhu mesin beroperasi, tetapi pada daya hambat dari material busi tsb.y_anjasrana wrote:Sori mas heri, setau Daku (hasil baca mplus), busi iridium itu memang tahan panas. Penyebabnya tidak cocok utk harian justru karena sifatnya itu. Bahan iridium memang tahan panas, tetapi juga sulit utk panas. Sehingga pada pemakaian sehari-hari dimana panas yg dibutuhkan tidak terlalu tinggi, maka suhu pada busi iridium tidak bisa mencapai suhu idealnya. Efeknya api yg dihasilkan tidak sesuai dgn yg diinginkan.
Lain dgn mesin motor balap yg memang dibuat utk kondisi yg ekstrem. Jadi panasnya pun jauh dibanding mesin harian. Otomatis bahan yg dipakai jg harus tahan panas. Kalu mesin motor balap menggunakan busi biasa, mungkin busi biasa itu akan meleleh.
Kalo busi standar, bahan dasarnya adalah tembaga, dimana daya hantar listriknya baik, jadi untuk pemakaian normal busi ini cocok,
sedangkan untuk busi dingin daya hantar listriknya makin besar (tergantung kode nomer pada busi) makin dingin makin besar tahanannya.
Begitu pula pada busi iridium, adalah material yg daya hambat (resistansi) thd listrik paling besar, sehingga pada pemakaian normal listrik yg mengalir akan sedikit kecil (mesin akibatnya jadi "brebet") cuma sebaliknya pada rpm tinggi api yg keluar malah makin baik, dan sesuai dengan waktu pembakaran, dibanding dengan busi standar yg pada rpm tinggi, api yg dihasilkan malah terlalu besar (busi meleleh) dan tidak teratur shg pembakaran akan sedikit terganggu (putaran mesin tertahan)
Jadi, menurut saya, kalo kita punya kebiasaan "maen" diputaran tinggi, bagus pake busi yg daya hambat listriknya makin besar, sehingga mesin diputaran tinggi makin baik.
pis 4eper