17Herdy wrote: ↑Sun Sep 23, 2018 8:51
ginting wrote: ↑Sun Sep 23, 2018 8:37
kerlinsia wrote:Disini, gak ada om yang nyebut nama Land Cruiser Cygnus yak. Solusi hemat kalau mau TLC agak muda, pasarannya udah 300jtan, bahkan kurang :3 dan somehow, TLC 80 malah lebih mahal dari Cygnus :"3
Cygnus itu bagus, seangkatan LC100 diesel.
tp harga bisa beda hampir 200 juta..
500 jtan vs 300 jtan
kenapa murah ?
karena harga di padar sekunder ditentukan oleh banyak faktor spt populasi, maintenance dan FC.
bener deh, kalo di Indo itu anomali market.
beli kelas land cruiser aja FC menjadi salah satu tolak ukur buat sebagian orang.
yang old money sih kalo suka beli aja, gak pake mikir RV, FC, service. tapi kan gak semua sama pembelinya.
kebayang misalnya beli Cygnus, pajak konon di atas 10 juta, BBM kena 2000 rupiah per km.
akhirnya orang kaya sudah kurang minat beli (toh ada yg lbh baru yg lbh prestise) sementara social climber gak kuat ngempanin [emoji2] [emoji2] [emoji2]
Kalau cygnus pakai bbg gimana ya ? Lumayan irit tuh om buat dalkot2 mah.
Tinggal head2head maintenance part antara bensin vs solar nih.
BBG memang salah satu alternative sih buat itu, tapi hal hal perlu diingat :
- jumlah outlet jual gas belum banyak, terutama keluar kota (baik itu vigas ataupun CNG)
- Harga BBG juga naek mulu...dulu murah banget per LSP
- beli converter juga mahal, dan kalao zonk dapat barang kurang bagus, bias kebakaran.
btw, taxi proton yg saya tumpangi dari KLIA ke kota di Malaysia juga pakai BBG, lho...klihatan ada tabung BBG gede di bagasi.
964 wrote: ↑Sun Sep 23, 2018 11:56
jivos wrote:imanoff wrote: ↑Sun Sep 23, 2018 10:58
Value for money kalo di Indo masih TLC 80 ya nampaknya. Mantan bos saya beli dari baru masih terus dipakai sampe sekarang. Dibilang fitur minim dan harga mahal, tapi kalo dihitung lifetime value mungkin nggak mahal juga jatuhnya.
populasi 80 series yg banyak apa krn hrg mbl saat itu msh murah y ? sblm devaluasi rupiah th 97/98 dan hrg mengalami kenaikan 100% up stlhny.
Dari dulu seingat saya ini memang mobil mahal, harga sekarang kayaknya mendekati titik terendahnya, perkiraan saya titik terendahnya 200++. Teman pernah punya tahun 2006 an, saat itu masih 1/2 M kalo ga salah. Teknologinya masih analog, jadinya durable banget. Desain jg bagus, lebar, lekukannya tegas, macho. IMO, ini desain terbaik LC setelah hardtop.
mungkin disana sudah lebih umum...
Kalau dilihat trend sekarang,agak pesimis kalo nanti bias di harga 200 jutaan, mungkin akan stay di 300..
karena skrg saja harga LC itu barunya 2 M, kalo harga residual value dianggap 15% saja itu sdh 300 juta.
Bayangkan aja harga kijang 45 juta, masih masuk akal buat kijang super disaat Innova sdh 300 jutaan utk trip terendah.