Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Pendahuluan :
Berhubung mobil tua gue semakin sering penyakitan taft gt dan timor dohc , yg intensnya semakin tinggi dari setiap bulan hingga sampai setiap minggu.
akhirnya dirasa perlu diganti juga dan juga komsumsi bbm keduanya menggila. taft gt 5 km/liter, timor 4 km/ liter inilah akibatnya kedua mobil pernah overhaul mesin pasti ukuran piston oversize dan kegilaan dimulai boros bbm .
Sulit bengkel biasa bahkan beres menyaingi kepresisian mesin baru rakitan pabrik.saya ga rekomen mesin overhaul kecuali untuk dijual lg
Setelah membandingkan satu sama lain di kelasnya akhirnya ambil AN Ertiga
Exterior
Ukuran bodi kompak sama seperti avanza tp lbh pendek dari lio. lampu dpn mirip dgn inova reborn dan dilengkapi dgn projector lampu dekat pake projector lampu jauh pake projector dan halogen biasa jd dia pake 2 bohlam dalam 1 lampu hingga total 4 lampu mirip seperti inova reborn dan wuling seri tengah dilihat dari samping masih mirip model yg lama . Tsmpak belakang mirip crv baru dan xpander
Interior :
Masuk ke dalam trim gl , tampilan beda jauh dari yg lama dashboard lebih solid dan kokoh mengingatkan bentuk dari punya gnki terlihat kuat . Ke bagian head unit sederhana cuma layar kecil monochrome ga bisa nonton . Ada beberapa printilan yg hilang dari seri lama yaitu cup holder retract yg di kursi depan penumpang ,handle retract di samping penumpang
Drive train (mesin dan transmisi)
Mesin sdh pake yg baru ,nambah dikit Ccnya tenaga naik dari 90 menjadi 103,... ps
Driving impression :
Ini mobil kelas Lmpv jgn berharap banyak , menggunakan trsnsmisi manual tarikan gigi 1 cukup sigap, gigi 2 cukup bertenaga dan gigi 3 buat jarak jauh di kota. jarang gigi 3 karena speed rata" cuma 20-60 km/ jam bagaimana dgn handling stir lumayan ada rasa gue bilang . Lebih responsif dari ertiga lama tp jauh lbh nikmat dari avanza yg hambar stirnya .
cobain narik 80 km/jam body agak goyang tp suara mesin masih halus wajar..... ini mpv low bukan sedan dikasih premium mesin agak getar kayaknya cocok pertamax secara euro 4 spek mesinnya
Kesimpulan :
AN ertiga ini adalah mobil bentuk kompromi antara mpv dan juga sedan, fun to drivenya dpt akomodasi juga dapat .sdh dilengkapi rem abs+ebd serta ac double blower dan murah spare part
Berhubung mobil tua gue semakin sering penyakitan taft gt dan timor dohc , yg intensnya semakin tinggi dari setiap bulan hingga sampai setiap minggu.
akhirnya dirasa perlu diganti juga dan juga komsumsi bbm keduanya menggila. taft gt 5 km/liter, timor 4 km/ liter inilah akibatnya kedua mobil pernah overhaul mesin pasti ukuran piston oversize dan kegilaan dimulai boros bbm .
Sulit bengkel biasa bahkan beres menyaingi kepresisian mesin baru rakitan pabrik.saya ga rekomen mesin overhaul kecuali untuk dijual lg
Setelah membandingkan satu sama lain di kelasnya akhirnya ambil AN Ertiga
Exterior
Ukuran bodi kompak sama seperti avanza tp lbh pendek dari lio. lampu dpn mirip dgn inova reborn dan dilengkapi dgn projector lampu dekat pake projector lampu jauh pake projector dan halogen biasa jd dia pake 2 bohlam dalam 1 lampu hingga total 4 lampu mirip seperti inova reborn dan wuling seri tengah dilihat dari samping masih mirip model yg lama . Tsmpak belakang mirip crv baru dan xpander
Interior :
Masuk ke dalam trim gl , tampilan beda jauh dari yg lama dashboard lebih solid dan kokoh mengingatkan bentuk dari punya gnki terlihat kuat . Ke bagian head unit sederhana cuma layar kecil monochrome ga bisa nonton . Ada beberapa printilan yg hilang dari seri lama yaitu cup holder retract yg di kursi depan penumpang ,handle retract di samping penumpang
Drive train (mesin dan transmisi)
Mesin sdh pake yg baru ,nambah dikit Ccnya tenaga naik dari 90 menjadi 103,... ps
Driving impression :
Ini mobil kelas Lmpv jgn berharap banyak , menggunakan trsnsmisi manual tarikan gigi 1 cukup sigap, gigi 2 cukup bertenaga dan gigi 3 buat jarak jauh di kota. jarang gigi 3 karena speed rata" cuma 20-60 km/ jam bagaimana dgn handling stir lumayan ada rasa gue bilang . Lebih responsif dari ertiga lama tp jauh lbh nikmat dari avanza yg hambar stirnya .
cobain narik 80 km/jam body agak goyang tp suara mesin masih halus wajar..... ini mpv low bukan sedan dikasih premium mesin agak getar kayaknya cocok pertamax secara euro 4 spek mesinnya
Kesimpulan :
AN ertiga ini adalah mobil bentuk kompromi antara mpv dan juga sedan, fun to drivenya dpt akomodasi juga dapat .sdh dilengkapi rem abs+ebd serta ac double blower dan murah spare part
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by solar_kerosen on Sun Oct 21, 2018 6:16, edited 11 times in total.
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11041
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
solar_kerosen wrote: ↑Sun Oct 21, 2018 4:39
-
.... inilah akibatnya kedua mobil pernah overhaul mesin pasti ukuran piston oversize dan kegilaan dimulai boros bbm .
Sulit bengkel biasa bahkan beres menyaingi kepresisian mesin baru rakitan pabrik.saya ga rekomen mesin overhaul kecuali untuk dijual lg
-
overhaul mesin gagal penyebabnya cuma 2, mekanik bego, atau pemilik mobil nggak punya duit buat ganti part yang seharusnya diganti.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Rusak nih edit post kok jd aneh gini gambar ogah keluar
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Buat thread baru lagi aja om solar, yg ini di hapus [emoji28]solar_kerosen wrote:Rusak nih edit post kok jd aneh gini gambar ogah keluar
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1403
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
edit mulai awal lagi aja om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Dari pabrik , tekanan ban 38 psi pantas keras bantingan dan tdk rata ada yg 32
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 196
- Joined: Sat Oct 15, 2016 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Motor
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Bikin trit nya dari aplikasi ya om? Coba lewat website aja deh om, ini kyk ada bugs nya gitu kalo lewat aps, pernah posting malah eror g aturan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Gak doyan premium mesinnya , stir kerasa getaran dr mesin
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Pake pertalite keiritan cuma naik 0,2 % premium 9,7-9,8 km /liter kl pertalite 9,9-10 km/ liter
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 167
- Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Pake pertalite lebih enak ga om?
Getar2 kyk premium apa hilang sama skali?
Getar2 kyk premium apa hilang sama skali?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Hilang getaran stir jd kalem tp lbh oke pertamax sih secara mesin dah pake catalyc dan euro 4philosophie wrote: ↑Sat Nov 17, 2018 14:17 Pake pertalite lebih enak ga om?
Getar2 kyk premium apa hilang sama skali?
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Jul 13, 2018 2:39
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: City type z
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Nyimak dulu deh, naksir juga si r3 tp liat stoplamp nya agak gimanaaa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Yg mau beli hati " manualnya kl masuk gigi mundur suka error , malah jadi maju , bahaya kl parkir sempit bisa jepit mbl orang atau tembok
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 167
- Joined: Tue Mar 29, 2011 1:37
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Oli bawaanya diganti aja om.solar_kerosen wrote: ↑Tue Nov 27, 2018 9:52 Yg mau beli hati " manualnya kl masuk gigi mundur suka error , malah jadi maju , bahaya kl parkir sempit bisa jepit mbl orang atau tembok
Jelek jadi susah masuk gigi. Klo ganti 75w-90 hrusnya lancar.
Di ertiga lama soalnya kyk gitu juga. Tp dgnti yg lebi encer jd lancar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
overall kalau masalah insulasi nya bagaimana Oom..?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Sama kaya yg lama , penyakitnya ada 2 nih radio milih" usb sama gigi mundur error kmaren mobil gue sangkut tiang beton
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
waduuhh...solar_kerosen wrote: ↑Wed Nov 28, 2018 3:09Sama kaya yg lama , penyakitnya ada 2 nih radio milih" usb sama gigi mundur error kmaren mobil gue sangkut tiang beton
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
- Location: Pati
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Ternyata ada reviewnya juga. Maaf ikut ngomporin review, tapi malah ga tau dan ga pernah liat, karena ga nongol update nya di aplikasi. Yang sering muncul malah trit All New Ertiga.
Sopir Jarak Pendek.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
- Location: Pati
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Sekalian mau minta bantuan, kalo di plat informasinya tidak ada ukuran tekanan ban standar, sebaiknya gimana ya? Tolong lihat gambar.
Ini wajar? Produk keliwatan? Atau, perlu penjelasan lebih lanjut dari Suzuki?
Apakah di All New Ertiga yang lain memang kosong seperti ini?
Dan, berapa rekomendasi nya ya?
Mohon maaf kalo nge-gas, ini First experience saya. Bahkan gerobak lama saya saja ada, dan baru nyadar ketika mau isi Nitrogen.
Ini wajar? Produk keliwatan? Atau, perlu penjelasan lebih lanjut dari Suzuki?
Apakah di All New Ertiga yang lain memang kosong seperti ini?
Dan, berapa rekomendasi nya ya?
Mohon maaf kalo nge-gas, ini First experience saya. Bahkan gerobak lama saya saja ada, dan baru nyadar ketika mau isi Nitrogen.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Sopir Jarak Pendek.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Kalo ga lupasaya liat di pintu supir atau pilar b ada tulisannya , 29 psi kl 4 penumpang , kalo 7 penumpang plus barang berat 32-36 psiimsan wrote: ↑Mon Jan 14, 2019 9:02 Sekalian mau minta bantuan, kalo di plat informasinya tidak ada ukuran tekanan ban standar, sebaiknya gimana ya? Tolong lihat gambar.
Ini wajar? Produk keliwatan? Atau, perlu penjelasan lebih lanjut dari Suzuki?
Apakah di All New Ertiga yang lain memang kosong seperti ini?
Dan, berapa rekomendasi nya ya?
Mohon maaf kalo nge-gas, ini First experience saya. Bahkan gerobak lama saya saja ada, dan baru nyadar ketika mau isi Nitrogen. DSC_0145.JPG
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Rata aja 33 semua..
Saya pakai ukuran 5 penumpang+barang jd rata 33. So far so good sih mertua punya.
Improvement dari yang lama cukup lumayan..
Saya pakai ukuran 5 penumpang+barang jd rata 33. So far so good sih mertua punya.
Improvement dari yang lama cukup lumayan..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Mon Mar 05, 2018 9:21
- Location: Pati
- Daily Vehicle: Suzuki
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Noted Om Solar, Om Vp
29 dan 32-36
Serta 33 rata. Nanti dicoba.
Jawaban masih bervariasi, Halo Suzuki 30 Psi front, 35 Psi rear.
Teknisi via sales, nulisnya 30-32 kpa. Trus, ta komplain bukan Psi, berubah jadi Psi, kpa lebih besar satuannya. [emoji22]
Saya sebetulnya ga mau neko2, kalo ada yg standard, saya ikuti. Nah, di buku bilang lihat plat, di plat malah kosong. [emoji27] [emoji27]
29 dan 32-36
Serta 33 rata. Nanti dicoba.
Jawaban masih bervariasi, Halo Suzuki 30 Psi front, 35 Psi rear.
Teknisi via sales, nulisnya 30-32 kpa. Trus, ta komplain bukan Psi, berubah jadi Psi, kpa lebih besar satuannya. [emoji22]
Saya sebetulnya ga mau neko2, kalo ada yg standard, saya ikuti. Nah, di buku bilang lihat plat, di plat malah kosong. [emoji27] [emoji27]
Sopir Jarak Pendek.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1074
- Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Setau saya, tekanan ban itu di Sticker di pintu mobil Om. Bukan di plat nomor chassis itu.. Coba cari di pintu lainnya..imsan wrote:Noted Om Solar, Om Vp
29 dan 32-36
Serta 33 rata. Nanti dicoba.
Jawaban masih bervariasi, Halo Suzuki 30 Psi front, 35 Psi rear.
Teknisi via sales, nulisnya 30-32 kpa. Trus, ta komplain bukan Psi, berubah jadi Psi, kpa lebih besar satuannya. [emoji22]
Saya sebetulnya ga mau neko2, kalo ada yg standard, saya ikuti. Nah, di buku bilang lihat plat, di plat malah kosong. [emoji27] [emoji27]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Short review AN Ertiga 2018 GL manual,driver perspective
Nice review om, ertiga ini memang lebih mewah secara desain, namun sayangnya ada beberapa fitur yg di downgrade , misalnya foglamp yg sblmnya ada di ertiga GL gen sblmnya, malah dihilangkan di AN Ertiga ini
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV