Td si saya sekalian lg aja om... karena kan di vakum semua, termasuk si olinya... jd freon lama juga ikut ke vakum...P47hos wrote:Flush oli berarti ga perlu isi ulang freon ya ?Ngasepngaspal wrote: ↑Wed Mar 06, 2019 11:50 Hari ini habis flush oli kompresor dan isi ulang freon, badak diesel 2009. Padahal freon kemarin baru ganti.
Karena ac kadang ga dingin saat macet, saran dr beberapa teman2 komunitas, flush olinya.
Voila, masalah ac panas saat macet pun hilang.
DC 300rb, di bengkel rekomendasi AC di bilangan pamulang, dkt perempatan gaplek.
Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Fri Dec 07, 2018 3:33
- Location: Makassar
- Daily Vehicle: Captiva diesel nfl 2007
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Berarti DC 300 sdh include isi freon ya. TrimsNgasepngaspal wrote: ↑Wed Mar 06, 2019 16:21Td si saya sekalian lg aja om... karena kan di vakum semua, termasuk si olinya... jd freon lama juga ikut ke vakum...P47hos wrote:Flush oli berarti ga perlu isi ulang freon ya ?Ngasepngaspal wrote: ↑Wed Mar 06, 2019 11:50 Hari ini habis flush oli kompresor dan isi ulang freon, badak diesel 2009. Padahal freon kemarin baru ganti.
Karena ac kadang ga dingin saat macet, saran dr beberapa teman2 komunitas, flush olinya.
Voila, masalah ac panas saat macet pun hilang.
DC 300rb, di bengkel rekomendasi AC di bilangan pamulang, dkt perempatan gaplek.
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Setahu saya yg rutin perlu diganti itu = Filter Rec Dryer
kalo mobil2 zaman skg umumnya tuh Filter model cartridge en rumahnya di sisi Kondensor
Tapi ini usia pakai juga bisa jauhhh......bisa utk bbrp tahun
Kalo Kompressor oil sih cukup pake ND oil 8 dari DENSO atau Sanden juga kan bikin Comp Oil
Komp oil isi gak boleh kebanyakan......kalo kebanyakan malah AC jadi kurang dingin
kalo mobil2 zaman skg umumnya tuh Filter model cartridge en rumahnya di sisi Kondensor
Tapi ini usia pakai juga bisa jauhhh......bisa utk bbrp tahun
Kalo Kompressor oil sih cukup pake ND oil 8 dari DENSO atau Sanden juga kan bikin Comp Oil
Komp oil isi gak boleh kebanyakan......kalo kebanyakan malah AC jadi kurang dingin
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Saya merasa AC mobil saya kurang dingin, apalagi kalo siang. Bawa ke bengkel spesialis AC. Cek tekanan freon masih oke gak ada kurang. Temperatur masih normal, masuk range katanya. Mau ganti freon & oli AC jadi ragu. Filter kabin kemarin cek masih bersih & bagus. Mau kuras freon & ganti oli AC jadi ragu
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Fan kondensor udah lemah ?
Kopling magnet Komp AC ?
Rec Dryer kotor ?
Katup expansi ?
Kopling magnet Komp AC ?
Rec Dryer kotor ?
Katup expansi ?
supriyadi wrote:Saya merasa AC mobil saya kurang dingin, apalagi kalo siang. Bawa ke bengkel spesialis AC. Cek tekanan freon masih oke gak ada kurang. Temperatur masih normal, masuk range katanya. Mau ganti freon & oli AC jadi ragu. Filter kabin kemarin cek masih bersih & bagus. Mau kuras freon & ganti oli AC jadi ragu
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Itu lah yang saya nggak paham Om. Mau dibawa ke spesialis AC di Pekanbaru takut dikibuli & belum tentu hasilnya bagus. Atau pengaruh kaca film dikaca depan nggak yaTurboman wrote: ↑Thu Mar 07, 2019 1:58 Fan kondensor udah lemah ?
Kopling magnet Komp AC ?
Rec Dryer kotor ?
Katup expansi ?supriyadi wrote:Saya merasa AC mobil saya kurang dingin, apalagi kalo siang. Bawa ke bengkel spesialis AC. Cek tekanan freon masih oke gak ada kurang. Temperatur masih normal, masuk range katanya. Mau ganti freon & oli AC jadi ragu. Filter kabin kemarin cek masih bersih & bagus. Mau kuras freon & ganti oli AC jadi ragu
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 352
- Joined: Fri Feb 16, 2018 14:23
- Location: Kalimantan
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Coba cek evaporator nya kotor/ga. Klo udah coba ganti dryernya, saya ganti dryer di umur 7 tahun pemakaian kondisi jalan Kalimantan yg berdebu. biasanya itu aja selama tidak ada kebocoransupriyadi wrote: ↑Thu Mar 07, 2019 19:45Itu lah yang saya nggak paham Om. Mau dibawa ke spesialis AC di Pekanbaru takut dikibuli & belum tentu hasilnya bagus. Atau pengaruh kaca film dikaca depan nggak yaTurboman wrote: ↑Thu Mar 07, 2019 1:58 Fan kondensor udah lemah ?
Kopling magnet Komp AC ?
Rec Dryer kotor ?
Katup expansi ?supriyadi wrote:Saya merasa AC mobil saya kurang dingin, apalagi kalo siang. Bawa ke bengkel spesialis AC. Cek tekanan freon masih oke gak ada kurang. Temperatur masih normal, masuk range katanya. Mau ganti freon & oli AC jadi ragu. Filter kabin kemarin cek masih bersih & bagus. Mau kuras freon & ganti oli AC jadi ragu
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Cari bengkel AC DENSO yg resmi omsupriyadi wrote:Itu lah yang saya nggak paham Om. Mau dibawa ke spesialis AC di Pekanbaru takut dikibuli & belum tentu hasilnya bagus. Atau pengaruh kaca film dikaca depan nggak yaTurboman wrote: ↑Thu Mar 07, 2019 1:58 Fan kondensor udah lemah ?
Kopling magnet Komp AC ?
Rec Dryer kotor ?
Katup expansi ?supriyadi wrote:Saya merasa AC mobil saya kurang dingin, apalagi kalo siang. Bawa ke bengkel spesialis AC. Cek tekanan freon masih oke gak ada kurang. Temperatur masih normal, masuk range katanya. Mau ganti freon & oli AC jadi ragu. Filter kabin kemarin cek masih bersih & bagus. Mau kuras freon & ganti oli AC jadi ragu
* Bukan ajakan Beli *
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Mar 16, 2019 3:34
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Vvti
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Di cibubur ada bengkel rekomendasi?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
updateiwing wrote: ↑Thu Jan 17, 2019 7:43
saat ini ac mobil kalo kondisi panas/macet dan kondisi idle suka ada suara kayak konsleting listrik. tapi gas dikit udh ilang. ntar idle agak lama, muncul lagi suara itu. mungkin karena waktu bejek2 gak matiin ac
dalam waktu dekat mo coba ganti oli kompresor dulu. mobil sx4 usia 8 tahun, odo 66 ribu. kompresor bawaan pake sistem rotari katanya (bukan piston)
tadi pagi habis top up oli kompresor 50 ml sama ganti freon sekalian meskipun kata bengkel kalo freon gak perlu. suara aneh2 hilang. hanya kena 200 ribu. dan ini entah cuma sugesti atau nggak, saya merasa tarikan mobil lebih enteng
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Sangat perlu. Sama aja kaya mesin, ada oli mesinnya dan perlu penggantian berkala. Kalo untuk oli Kompresor AC Mobil setiap 30.000 KM diganti olinya.
80% orang yg memiliki mobil minim pengetahuan di AC mobil, sebagian besar ke bengkel pasti udah kena problem, entah kebocoran Evaporator, Selang, jebol Kompresor, dll. Padahal kalo perawatan rutin ngga akan jebol Kompresor, karena adanya pengecekan parts, penggantian oli Kompresor, dll.
80% orang yg memiliki mobil minim pengetahuan di AC mobil, sebagian besar ke bengkel pasti udah kena problem, entah kebocoran Evaporator, Selang, jebol Kompresor, dll. Padahal kalo perawatan rutin ngga akan jebol Kompresor, karena adanya pengecekan parts, penggantian oli Kompresor, dll.
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Kijang 2001 saya udah 240.000 km Kompressor AC masih primakemuningauto wrote:Sangat perlu. Sama aja kaya mesin, ada oli mesinnya dan perlu penggantian berkala. Kalo untuk oli Kompresor AC Mobil setiap 30.000 KM diganti olinya.
80% orang yg memiliki mobil minim pengetahuan di AC mobil, sebagian besar ke bengkel pasti udah kena problem, entah kebocoran Evaporator, Selang, jebol Kompresor, dll. Padahal kalo perawatan rutin ngga akan jebol Kompresor, karena adanya pengecekan parts, penggantian oli Kompresor, dll.
sistem AC / Freon gak pernah dibongkar2 jika gak ada masalah
th 2018 baru ganti Kondensor setelah usia 17 tahun !!!
Bengkel AC langganan saya gak pernah saran2 utk ganti oli kompressor scr berkala
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Definisi prima bisa berbeda2. Apa yang dimaksud prima? Dengan kedinginan brp ° kabin mobil? Tekanan freon seberapa besar? Otomatisasi Clutch AC seberapa normal?Turboman wrote: ↑Thu Jun 27, 2019 5:58Kijang 2001 saya udah 240.000 km Kompressor AC masih primakemuningauto wrote:Sangat perlu. Sama aja kaya mesin, ada oli mesinnya dan perlu penggantian berkala. Kalo untuk oli Kompresor AC Mobil setiap 30.000 KM diganti olinya.
80% orang yg memiliki mobil minim pengetahuan di AC mobil, sebagian besar ke bengkel pasti udah kena problem, entah kebocoran Evaporator, Selang, jebol Kompresor, dll. Padahal kalo perawatan rutin ngga akan jebol Kompresor, karena adanya pengecekan parts, penggantian oli Kompresor, dll.
sistem AC / Freon gak pernah dibongkar2 jika gak ada masalah
th 2018 baru ganti Kondensor setelah usia 17 tahun !!!
Bengkel AC langganan saya gak pernah saran2 utk ganti oli kompressor scr berkala
Kenapa ganti Kondensor? Bisa karena bocor terkena batu2 kecil, bisa juga karena kepanasan kurangnya oli kompresor, tekanan high pressure terlalu tinggi.
Penggantian oli Kompresor pun dianjurkan dari Denso sesuai dengan KM.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Mobil apa om? Tekanan freonnya Low dan High brp? Saampe brp ° Celcius di kabin atau di grill AC nya deh? Terakhir pernah ada tindakan apa di sistem AC? Freon pun banyak merk dan ngga semuanya bagus, proses vacuum juga sangat penting sebelum pengisian freon agar tidak ada uap2 air yg tersisa.supriyadi wrote: ↑Thu Mar 07, 2019 1:46 Saya merasa AC mobil saya kurang dingin, apalagi kalo siang. Bawa ke bengkel spesialis AC. Cek tekanan freon masih oke gak ada kurang. Temperatur masih normal, masuk range katanya. Mau ganti freon & oli AC jadi ragu. Filter kabin kemarin cek masih bersih & bagus. Mau kuras freon & ganti oli AC jadi ragu
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Sun Jul 02, 2017 16:38
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Dulu pernah pny trajet ac nya sempat berisik. Trus bawa ke bengkel ac yg terpercaya trus kuras oli, bunyi nya lgsg adem lg. Ternyata oli yg lama uda kurang juga.
Smenjak itu sampai skr wlopun ganti2 mobil jd rutin cek & kuras oli kompressor. Biaya ga seberapa drpd kompressor jebol. Cm jgn asalan bengkel ac jg aplg yg di pinggir2 jalan yg gak jelas. Ternyata oli denso gt byk yg abal2 jg.
Kl ada yg pny mobil kompresor ac nya slama bertahun2 ga ada masalah wlopun ga pernah servis, itu sih mngkin kebetulan aja tp gak bs jd generalisasi krn setiap part yg selalu bergerak dan bs "aus" pst ada umur pakai nya. Kl ga dirawat ya lbh cepat rusaknya.
Smenjak itu sampai skr wlopun ganti2 mobil jd rutin cek & kuras oli kompressor. Biaya ga seberapa drpd kompressor jebol. Cm jgn asalan bengkel ac jg aplg yg di pinggir2 jalan yg gak jelas. Ternyata oli denso gt byk yg abal2 jg.
Kl ada yg pny mobil kompresor ac nya slama bertahun2 ga ada masalah wlopun ga pernah servis, itu sih mngkin kebetulan aja tp gak bs jd generalisasi krn setiap part yg selalu bergerak dan bs "aus" pst ada umur pakai nya. Kl ga dirawat ya lbh cepat rusaknya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 262
- Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Logikanya tidak sama dgn oli mesin; oli mesin terkena combustion dan kontaminan dari luar, sedangkan oli kompresor AC tersegel di dlm system.kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 27, 2019 4:43 Sangat perlu. Sama aja kaya mesin, ada oli mesinnya dan perlu penggantian berkala. Kalo untuk oli Kompresor AC Mobil setiap 30.000 KM diganti olinya.
80% orang yg memiliki mobil minim pengetahuan di AC mobil, sebagian besar ke bengkel pasti udah kena problem, entah kebocoran Evaporator, Selang, jebol Kompresor, dll. Padahal kalo perawatan rutin ngga akan jebol Kompresor, karena adanya pengecekan parts, penggantian oli Kompresor, dll.
Saya memulai trit ini krena merasa aneh saat bengkel menyarankan ganti oli kompresor secara berkala. Saat kuliah dan kerja di luar, tdk ada satu pun bengkel resmi yg menyarankan untuk mengganti oli kompresor AC mobil sebagai salah satu item perawatan berkala. Di luar suhunya pun lbh ekstrim (summer lbh panas dan winter lbh dingin) dibanding Indonesia, tetapi AC mobil saya tdk pernah ada masalah sampai mobil dijual (9th, 300rb mil).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Which is in another words, Denso menganjurkan hal yang salah dengan adanya penggantian Oli Kompresor?bsetiawan wrote: ↑Thu Jun 27, 2019 12:53Logikanya tidak sama dgn oli mesin; oli mesin terkena combustion dan kontaminan dari luar, sedangkan oli kompresor AC tersegel di dlm system.kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 27, 2019 4:43 Sangat perlu. Sama aja kaya mesin, ada oli mesinnya dan perlu penggantian berkala. Kalo untuk oli Kompresor AC Mobil setiap 30.000 KM diganti olinya.
80% orang yg memiliki mobil minim pengetahuan di AC mobil, sebagian besar ke bengkel pasti udah kena problem, entah kebocoran Evaporator, Selang, jebol Kompresor, dll. Padahal kalo perawatan rutin ngga akan jebol Kompresor, karena adanya pengecekan parts, penggantian oli Kompresor, dll.
Saya memulai trit ini krena merasa aneh saat bengkel menyarankan ganti oli kompresor secara berkala. Saat kuliah dan kerja di luar, tdk ada satu pun bengkel resmi yg menyarankan untuk mengganti oli kompresor AC mobil sebagai salah satu item perawatan berkala. Di luar suhunya pun lbh ekstrim (summer lbh panas dan winter lbh dingin) dibanding Indonesia, tetapi AC mobil saya tdk pernah ada masalah sampai mobil dijual (9th, 300rb mil).
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Monggo aja naek Kapsul ane yg yg 18 tahunkemuningauto wrote:Definisi prima bisa berbeda2. Apa yang dimaksud prima? Dengan kedinginan brp ° kabin mobil? Tekanan freon seberapa besar? Otomatisasi Clutch AC seberapa normal?Turboman wrote: ↑Thu Jun 27, 2019 5:58Kijang 2001 saya udah 240.000 km Kompressor AC masih primakemuningauto wrote:Sangat perlu. Sama aja kaya mesin, ada oli mesinnya dan perlu penggantian berkala. Kalo untuk oli Kompresor AC Mobil setiap 30.000 KM diganti olinya.
80% orang yg memiliki mobil minim pengetahuan di AC mobil, sebagian besar ke bengkel pasti udah kena problem, entah kebocoran Evaporator, Selang, jebol Kompresor, dll. Padahal kalo perawatan rutin ngga akan jebol Kompresor, karena adanya pengecekan parts, penggantian oli Kompresor, dll.
sistem AC / Freon gak pernah dibongkar2 jika gak ada masalah
th 2018 baru ganti Kondensor setelah usia 17 tahun !!!
Bengkel AC langganan saya gak pernah saran2 utk ganti oli kompressor scr berkala
Kenapa ganti Kondensor? Bisa karena bocor terkena batu2 kecil, bisa juga karena kepanasan kurangnya oli kompresor, tekanan high pressure terlalu tinggi.
Penggantian oli Kompresor pun dianjurkan dari Denso sesuai dengan KM.
ane sih kalo AC gak bener dikit lgs bawa ke bengkel langganan
Evap dan Kompressor masi bawaan mobil dari baru....means udah 18 tahun dan masih prima !!
PAG oil itu usia pakai amat sangat lama sekali, kalo utk oli industri kayak di Trutzler, Gear oil PAG rekomen ganti after 40.000 jam
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Betul sekali. Jawaban yang sangat tepat. Segala sesuatu yg jenisnya mekanikal pasti perlu adanya pelumas. Seiring waktu, perlu adanya pengecekan kualitasnya masih sama atau ngga, kapasitas, dll.Juventini wrote: ↑Thu Jun 27, 2019 12:53 Dulu pernah pny trajet ac nya sempat berisik. Trus bawa ke bengkel ac yg terpercaya trus kuras oli, bunyi nya lgsg adem lg. Ternyata oli yg lama uda kurang juga.
Smenjak itu sampai skr wlopun ganti2 mobil jd rutin cek & kuras oli kompressor. Biaya ga seberapa drpd kompressor jebol. Cm jgn asalan bengkel ac jg aplg yg di pinggir2 jalan yg gak jelas. Ternyata oli denso gt byk yg abal2 jg.
Kl ada yg pny mobil kompresor ac nya slama bertahun2 ga ada masalah wlopun ga pernah servis, itu sih mngkin kebetulan aja tp gak bs jd generalisasi krn setiap part yg selalu bergerak dan bs "aus" pst ada umur pakai nya. Kl ga dirawat ya lbh cepat rusaknya.
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Yoibsetiawan wrote:Logikanya tidak sama dgn oli mesin; oli mesin terkena combustion dan kontaminan dari luar, sedangkan oli kompresor AC tersegel di dlm system.kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 27, 2019 4:43 Sangat perlu. Sama aja kaya mesin, ada oli mesinnya dan perlu penggantian berkala. Kalo untuk oli Kompresor AC Mobil setiap 30.000 KM diganti olinya.
80% orang yg memiliki mobil minim pengetahuan di AC mobil, sebagian besar ke bengkel pasti udah kena problem, entah kebocoran Evaporator, Selang, jebol Kompresor, dll. Padahal kalo perawatan rutin ngga akan jebol Kompresor, karena adanya pengecekan parts, penggantian oli Kompresor, dll.
Saya memulai trit ini krena merasa aneh saat bengkel menyarankan ganti oli kompresor secara berkala. Saat kuliah dan kerja di luar, tdk ada satu pun bengkel resmi yg menyarankan untuk mengganti oli kompresor AC mobil sebagai salah satu item perawatan berkala. Di luar suhunya pun lbh ekstrim (summer lbh panas dan winter lbh dingin) dibanding Indonesia, tetapi AC mobil saya tdk pernah ada masalah sampai mobil dijual (9th, 300rb mil).
bengkel AC langganan ane juga gak pernah nyuru ganti oli kompressor berkala
kalo bongkar AC paling cuman ditambah dikit aja olinya
AC rumah & Kulkas malah bisa belasan tahun tanpa pernah dibongkar2 tuh saluran Freon nya
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 27, 2019 4:43 Sangat perlu. Sama aja kaya mesin, ada oli mesinnya dan perlu penggantian berkala. Kalo untuk oli Kompresor AC Mobil setiap 30.000 KM diganti olinya.
80% orang yg memiliki mobil minim pengetahuan di AC mobil, sebagian besar ke bengkel pasti udah kena problem, entah kebocoran Evaporator, Selang, jebol Kompresor, dll. Padahal kalo perawatan rutin ngga akan jebol Kompresor, karena adanya pengecekan parts, penggantian oli Kompresor, dll.
buka bengkel AC? dimana?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Dari Denso sendiri nih. Denso kan spesialis AC Mobil, nasional, even worlwide. Ngga mungkin dong nyaranin yang salah?Turboman wrote: ↑Thu Jun 27, 2019 13:24Yoibsetiawan wrote:Logikanya tidak sama dgn oli mesin; oli mesin terkena combustion dan kontaminan dari luar, sedangkan oli kompresor AC tersegel di dlm system.kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 27, 2019 4:43 Sangat perlu. Sama aja kaya mesin, ada oli mesinnya dan perlu penggantian berkala. Kalo untuk oli Kompresor AC Mobil setiap 30.000 KM diganti olinya.
80% orang yg memiliki mobil minim pengetahuan di AC mobil, sebagian besar ke bengkel pasti udah kena problem, entah kebocoran Evaporator, Selang, jebol Kompresor, dll. Padahal kalo perawatan rutin ngga akan jebol Kompresor, karena adanya pengecekan parts, penggantian oli Kompresor, dll.
Saya memulai trit ini krena merasa aneh saat bengkel menyarankan ganti oli kompresor secara berkala. Saat kuliah dan kerja di luar, tdk ada satu pun bengkel resmi yg menyarankan untuk mengganti oli kompresor AC mobil sebagai salah satu item perawatan berkala. Di luar suhunya pun lbh ekstrim (summer lbh panas dan winter lbh dingin) dibanding Indonesia, tetapi AC mobil saya tdk pernah ada masalah sampai mobil dijual (9th, 300rb mil).
bengkel AC langganan ane juga gak pernah nyuru ganti oli kompressor berkala
kalo bongkar AC paling cuman ditambah dikit aja olinya
AC rumah & Kulkas malah bisa belasan tahun tanpa pernah dibongkar2 tuh saluran Freon nya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
Betul. Harapan Indah, Bekasi.marmut wrote: ↑Thu Jun 27, 2019 13:48kemuningauto wrote: ↑Thu Jun 27, 2019 4:43 Sangat perlu. Sama aja kaya mesin, ada oli mesinnya dan perlu penggantian berkala. Kalo untuk oli Kompresor AC Mobil setiap 30.000 KM diganti olinya.
80% orang yg memiliki mobil minim pengetahuan di AC mobil, sebagian besar ke bengkel pasti udah kena problem, entah kebocoran Evaporator, Selang, jebol Kompresor, dll. Padahal kalo perawatan rutin ngga akan jebol Kompresor, karena adanya pengecekan parts, penggantian oli Kompresor, dll.
buka bengkel AC? dimana?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18
Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?
maap om om.. saya ga tau apa2 soal ac.. ijin nanya dan mungkin sedikit oot ya om.. baca artikel ini jadi sedikit ngeh.. dikit aja tapi hehe.. sungguh trit yg bergizi.
ada ga kira2 bengkel ac yg bisa kasih garansi utk sekian kilometer bahwa ac nya akan dingin terus minimal sekian derajat.. dan tidak akan rusak/tidak dingin sampai minimal sekian km.. term and conditionnya bgm..
memang kondisi tiap mobil, cara bawa mobil, kondisi jalan, cuaca etc etc pasti berbeda.. tapi yg saya yakini bahwa pasti bengkel ac tersebut punya standar pencapaian baku mutu secara terukur.
contoh
mobil A, driver 1, kondisi jalan A1
bisa digaransi s/d 100rb km
mobil B, driver 2 kondisi B2
garansi s/d 75rb km
semua mobil/driver/kondisi
garansi s/d 150rb km
gitu om om.. maap klo ada tulisan yg ga nyambung hehe.. mohon pencerahan.
tengkiyu
ada ga kira2 bengkel ac yg bisa kasih garansi utk sekian kilometer bahwa ac nya akan dingin terus minimal sekian derajat.. dan tidak akan rusak/tidak dingin sampai minimal sekian km.. term and conditionnya bgm..
memang kondisi tiap mobil, cara bawa mobil, kondisi jalan, cuaca etc etc pasti berbeda.. tapi yg saya yakini bahwa pasti bengkel ac tersebut punya standar pencapaian baku mutu secara terukur.
contoh
mobil A, driver 1, kondisi jalan A1
bisa digaransi s/d 100rb km
mobil B, driver 2 kondisi B2
garansi s/d 75rb km
semua mobil/driver/kondisi
garansi s/d 150rb km
gitu om om.. maap klo ada tulisan yg ga nyambung hehe.. mohon pencerahan.
tengkiyu