[ask]Rem Mobil
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
[ask]Rem Mobil
Halo saudara2..
Mau nanya nih, rem mobil ogud yang depan (cakram tentunya) kadang bunyi ciiiiit kalo di rem... Tapi kadang kagak, apa kampasnya dah abis?
1. Waktu itu dah gw coba pegang piringannya, ada kayak bekas garis2 melingkar tentunya, kalo dipegang pakai jari berasa ada coakan..
2. Lalu sering ada karat kalau ujan... Tapi kalo dah dipake, ilang...
Apa 1&2 normal?
Lalu rem belakang tromol, juga bunyi ciit kalo dipake iseng2 buat melambat dari jalan...
gw dah coba, kondisi berhenti, rem tangan tarik pol, trus coba jalan..
Hasilnya tuh mobil ga jalan... ni knp ya? abis juga kah?
Mau nanya nih, rem mobil ogud yang depan (cakram tentunya) kadang bunyi ciiiiit kalo di rem... Tapi kadang kagak, apa kampasnya dah abis?
1. Waktu itu dah gw coba pegang piringannya, ada kayak bekas garis2 melingkar tentunya, kalo dipegang pakai jari berasa ada coakan..
2. Lalu sering ada karat kalau ujan... Tapi kalo dah dipake, ilang...
Apa 1&2 normal?
Lalu rem belakang tromol, juga bunyi ciit kalo dipake iseng2 buat melambat dari jalan...
gw dah coba, kondisi berhenti, rem tangan tarik pol, trus coba jalan..
Hasilnya tuh mobil ga jalan... ni knp ya? abis juga kah?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
nomer 1, material kampas yang kebanyakan metal dan menghabiskan piringan kali
nomer 2, punya gw juga gitu tuh, ilang kalo dipake ngerem
nomer 3, bukannya bagus kalo gak jalan?
nomer 2, punya gw juga gitu tuh, ilang kalo dipake ngerem
nomer 3, bukannya bagus kalo gak jalan?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Memang ga jalan strade... tapi kalo dipake berhenti, bunyi ciiiiittttttt.... kayak tikus kejepit gitulah... Takutnya ada metal yang bergesekan...StRaDe_Jazz wrote:nomer 3, bukannya bagus kalo gak jalan?
Tapi setau ogud besi yang bekerja berat seperti cakram ini mengalami surface hardening... malah kayaknya bukan besi deh, baja... Setau gw baja ga bisa karat... takutnya karena terus bergeskan, permukaan yang udah dikuatin dah ilang... trus karatan deh...POS VETT wrote: Normal. Besi mana yg gak karatan kalo kena air ?
Squeaking biasanya gara2 remnya kotor (brake dust). Ada juga karena ngeremnya terlalu halus (glazing).
Buat yang Mobilnya relatif muda, Pada karatan ga?
Berarti kalo kotor bersihin donk... Gmn bersihinnya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
bunyi begitu biasanya gara kotor tuh remnya.. biasa sih ada yg nyelip antara brake pad sama piringan cakramnya.
kalo mau bersihin ya dibuka trus semprot aj pake kompressor.. gampang kok ngerjainnya..kalo rem tromol ya dibuka dulu tromolnya.
btw masalah karat, kalo gw bilang itu bukan karat dari cakramnya. biasa kok itu.. ada warna kaya kuning2 coklat gitu kan di piringannya? trus ntar kalo ud dipake ngerem brapa kali trus ilang.. banyak kok mobil2 baru juga gitu.
kalo mau bersihin ya dibuka trus semprot aj pake kompressor.. gampang kok ngerjainnya..kalo rem tromol ya dibuka dulu tromolnya.
btw masalah karat, kalo gw bilang itu bukan karat dari cakramnya. biasa kok itu.. ada warna kaya kuning2 coklat gitu kan di piringannya? trus ntar kalo ud dipake ngerem brapa kali trus ilang.. banyak kok mobil2 baru juga gitu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
kalo garisnya melingkar sesuai perputaran disc sih ya, bisa jadi kampasnya yang kebanyakan metal, ato piringan yang bengkok karena sering dipake ngerem keras.
trus ngilangin kotornya disemprot pake WD40 aja bro, tp ati2 airnya itu bisa ngerusak velg
trus ngilangin kotornya disemprot pake WD40 aja bro, tp ati2 airnya itu bisa ngerusak velg
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: [ask]Rem Mobil
Pengalaman saya hampir sama tuh, rem bagian blakang cakram kalo mundur suka bunyi ciiiiiittttt, kadang ilang, pas saya check eh ternyata kampas rem abis sebelah.... langsung ganti dan bunyinya jadi ilang...r1210g wrote:Halo saudara2..
Mau nanya nih, rem mobil ogud yang depan (cakram tentunya) kadang bunyi ciiiiit kalo di rem... Tapi kadang kagak, apa kampasnya dah abis?
1. Waktu itu dah gw coba pegang piringannya, ada kayak bekas garis2 melingkar tentunya, kalo dipegang pakai jari berasa ada coakan..
2. Lalu sering ada karat kalau ujan... Tapi kalo dah dipake, ilang...
Apa 1&2 normal?
Lalu rem belakang tromol, juga bunyi ciit kalo dipake iseng2 buat melambat dari jalan...
gw dah coba, kondisi berhenti, rem tangan tarik pol, trus coba jalan..
Hasilnya tuh mobil ga jalan... ni knp ya? abis juga kah?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Semprot ke bagian kampasnya bro? Yakin? Gw takut jadinya nanti ga makan lagi remnya.. itu kan cairan penetran...StRaDe_Jazz wrote:kalo garisnya melingkar sesuai perputaran disc sih ya, bisa jadi kampasnya yang kebanyakan metal, ato piringan yang bengkok karena sering dipake ngerem keras.
trus ngilangin kotornya disemprot pake WD40 aja bro, tp ati2 airnya itu bisa ngerusak velg
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
semprotin ke disc nya, biarin aja bagian yg ketutup kaliper, setelah itu dilap, nah baru giliran nya bagian yg tadi ketutup kaliper, dengan gitu kampasnya gak kena WD gitu...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Walah, ini konsep ngaco dari mana ?r1210g wrote:
Tapi setau ogud besi yang bekerja berat seperti cakram ini mengalami surface hardening... malah kayaknya bukan besi deh, baja... Setau gw baja ga bisa karat... takutnya karena terus bergeskan, permukaan yang udah dikuatin dah ilang... trus karatan deh...
Buat yang Mobilnya relatif muda, Pada karatan ga?
Berarti kalo kotor bersihin donk... Gmn bersihinnya?
Surface (case) hardening tidak ada hubungannya dengan corrosion resistant. Corrosion resistant itu fungsi susunan bahan kimianya (alloying elements). Yg namanya "baja" itu istilah umum, tidak berarti tidak bisa karatan.
Mobil muda/tua tidak jadi masalah. Rotor barupun kalau lapisan oli/minyak tipisnya dibersihkan dalam waktu beberapa menit langsung karatan.
Kalau kotornya gara2 brake dust, bisa pakai compressed air. *JANGAN* pakai WD40 krn remnya bisa blong. Kalau rotornya "glazed" itu tandanya rem yang kurang dipakai.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Wakakaka... Wah si Strade menyesatkan juga nih... Wakakakaka....
Ok2... Tadi dah dibawa ke bengkel... Udah di cek...
Ternyata bener perkiraan gw dan yang lain, kata mereka hanya kotor...
Kampasnya masih tebel...
lalu dibongkarlah ke-4 rem itu...
Diampelas semua kampas rem, piringan cakram depan dan teromol belakang...
Mahal juga kena 100rb buat melakukan hal yang cukup sederhana seperti itu... Gw liatin, bener2 mudah membongkarnya... Ga ada yang khusus.. mungkin bisa dilakukan sendiri dirumah...
Tapi lumayanlah, tadinya gw ga ngerti bongkar cakram, tapi setelah liatin mereka, sekarang dah bisa... Yah 100rb buat pengetahuan lumayan lah...
Yang jadi masalah adalah, cakramnya dah baret dan tipis...
Kata mereka dah ga bisa lagi dibubut... musti ganti baru...
Ada yang tau kisaran harga piringan cakram mobil?
Ada yang pernah pengalaman mengganti piringan?
Ganti BREMBO aja kali ya? Wakakakakaka.... Muahaaallll!!!
Ok2... Tadi dah dibawa ke bengkel... Udah di cek...
Ternyata bener perkiraan gw dan yang lain, kata mereka hanya kotor...
Kampasnya masih tebel...
lalu dibongkarlah ke-4 rem itu...
Diampelas semua kampas rem, piringan cakram depan dan teromol belakang...
Mahal juga kena 100rb buat melakukan hal yang cukup sederhana seperti itu... Gw liatin, bener2 mudah membongkarnya... Ga ada yang khusus.. mungkin bisa dilakukan sendiri dirumah...
Tapi lumayanlah, tadinya gw ga ngerti bongkar cakram, tapi setelah liatin mereka, sekarang dah bisa... Yah 100rb buat pengetahuan lumayan lah...
Yang jadi masalah adalah, cakramnya dah baret dan tipis...
Kata mereka dah ga bisa lagi dibubut... musti ganti baru...
Ada yang tau kisaran harga piringan cakram mobil?
Ada yang pernah pengalaman mengganti piringan?
Ganti BREMBO aja kali ya? Wakakakakaka.... Muahaaallll!!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
oo gitu ye... setau gw kalo dilap bersih gak papa tuh pake WD40, maap deh maap menyesatkan, fufufuuf
gw sih jarang2 nyemprotin WD, selama masih bisa 'dibersihin' pake hard braking ya masih oke lah, cuman kalo kek gitu bisa kenapa2 gak ya brake pad nya?
gw sih jarang2 nyemprotin WD, selama masih bisa 'dibersihin' pake hard braking ya masih oke lah, cuman kalo kek gitu bisa kenapa2 gak ya brake pad nya?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Gpp bung strade... Setidaknya anda sudah angkat bicara, itu juga dah bagus... Segala masukkan ditampung koq... Wakakaka..
Lagian sebelum gw ke bengkel.. Gw coba tuh saran lu, tapi memang ga berhasil... WD pernah gw semprotkan...
Hari ini gw ke toko sparepart suzuki di daerah senen, jalan bungur...
Buat para pemilik Suzuki di daerah Jakpus dan sekitarnya, gw rekomend kalian kesana...
Ini bengkel dah jadi langganan keluarga gw selama bertahun2...
Disana sparepart SGP ori murah bgt dan lengkap lo... Dibawah harga standard suzuki..
Mereka diskon 20% buat segala macem sparepart... Namanya KUSUMA Suzuki...
kalo ga percaya ama montirnya, beli aja sparepartnya terus dibawa ke bengkel kepercayaan..
Kembali ke lap - top...
Jadi pas gw kemarin ke bengkel deket rumah, ternyata karet kaliper teromol belakang dah bocor... Tadi diganti deh, minta montir mereka yang kerjain...
Gw juga nanya harga piringan cakram, ga mahal toh... Gw kirain bisa tiau2an (juta2an -red) ternyata ga sampe 300rb sepasang... Kayaknya ga lama lagi ganti...
Kalo untuk mobil lain ada yang pernah nanya? Berapaan ya?
Lagian sebelum gw ke bengkel.. Gw coba tuh saran lu, tapi memang ga berhasil... WD pernah gw semprotkan...
Hari ini gw ke toko sparepart suzuki di daerah senen, jalan bungur...
Buat para pemilik Suzuki di daerah Jakpus dan sekitarnya, gw rekomend kalian kesana...
Ini bengkel dah jadi langganan keluarga gw selama bertahun2...
Disana sparepart SGP ori murah bgt dan lengkap lo... Dibawah harga standard suzuki..
Mereka diskon 20% buat segala macem sparepart... Namanya KUSUMA Suzuki...
kalo ga percaya ama montirnya, beli aja sparepartnya terus dibawa ke bengkel kepercayaan..
Kembali ke lap - top...
Jadi pas gw kemarin ke bengkel deket rumah, ternyata karet kaliper teromol belakang dah bocor... Tadi diganti deh, minta montir mereka yang kerjain...
Gw juga nanya harga piringan cakram, ga mahal toh... Gw kirain bisa tiau2an (juta2an -red) ternyata ga sampe 300rb sepasang... Kayaknya ga lama lagi ganti...
Kalo untuk mobil lain ada yang pernah nanya? Berapaan ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Boiling point alias titik didihnya.r1210g wrote:Mau nanya lagi donk.. mumpung ngomongin rem...
Bedanya minyak rem DOT3 ama DOT4 atau DOT 5 apa ya?
Ada yang bisa kasih penjelasan secara ilmiah?
DOT 3 dan 4 biasanya dari bahan (utama) yang sama. Kalau DOT 5 ada yang silikon juga bahannya. Yg ini bikin remnya terasa empuk karena silikon lebih "fleksibel". Kalau bukan untuk balapan atau aplikasi yg sifatnya heavy-duty, DOT 4/5 cuma buang2 duit (kecuali kalau harganya sama/lebih murah).
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Kata siapa ? Dari instruction manual-nya atau cuma denger2 kata orang ?r1210g wrote:Lalu kenapa kalo ganti rem kayak brembo mesti pake DOT 5?
Kata siapa ? Dari instruction manual-nya atau cuma denger2 kata orang ?r1210g wrote:Trus bener, seal2 bisa rusak kalo rem biasa pake DOT yang tinggi kayak 5?
Hehehe.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Dicampur gpp, cuma boiling point-nya jadi turun. Asal jangan campur DOT 5 Silicone dengan DOT 3/4/5 yg pakai bahan ethylene glycol.r1210g wrote:Ohh gitu... Thx abis bro.. ngerti gw...
Tapi kayak gitu boleh tercampur ga sih bro? Misalnya kita ga sengaja gitu...
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter