Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri Jul 27, 2018 6:43
Re: Tribute to Mr. Soichiro Honda : Review of 2017 Honda Civic Hatchback S CVT (FK4)
Salam kenal bos.. Kalo upgrade lampu itu kena berapa tuh? Ke HID atau LED?
Masih newbie gan
Masih newbie gan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1492
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: Tribute to Mr. Soichiro Honda : Review of 2017 Honda Civic Hatchback S CVT (FK4)
Ini thread nyampe ga ya ke si Jonfis ?? hihihiiii....
Etme Bulma Dünyası
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1492
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Fri Jun 01, 2018 12:28
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: Innova V diesel
Re: Tribute to Mr. Soichiro Honda : Review of 2017 Honda Civic Hatchback S CVT (FK4)
Hahaha nyampe si bs aja.. tp kan blm tentu di tanggapin
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Thu Jul 26, 2018 5:41
- Location: Bogor,West Java, Indonesia
- Daily Vehicle: Toyota Avanza
Re: Tribute to Mr. Soichiro Honda : Review of 2017 Honda Civic Hatchback S CVT (FK4)
Salut untuk Om Chz untuk effort dan sharingnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2884
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Tribute to Mr. Soichiro Honda : Review of 2017 Honda Civic Hatchback S CVT (FK4)
Perlu di update nih thread civicnya.
Kan sdh di remap dapet 220 bhp.
Ayo ceritain chris gimana rasanya dibanding engine masih standart.
Kan sdh di remap dapet 220 bhp.
Ayo ceritain chris gimana rasanya dibanding engine masih standart.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Tribute to Mr. Soichiro Honda : Review of 2017 Honda Civic Hatchback S CVT (FK4)
KielConstantine wrote: ↑Wed Aug 15, 2018 7:28 Perlu di update nih thread civicnya.
Kan sdh di remap dapet 220 bhp.
Ayo ceritain chris gimana rasanya dibanding engine masih standart.
Sekalian update pemakaian 1 th pertama lah ya... Walaupun officially sebenernya baru aktif dipake 4 bulan terakhir aja sisanya dibiarin di garasi karena di rumah gakda yang pake... jadi setengah taun pertama kilometer masih di bawah 1000.
Update pemakaian Civic Turbo Hatchback S 1th/3800km.
Mods :
- Velg HSR Venerdi 17" karena sayang dengan ban Yoko Advan dB ori nya...
- Remapped. 218hp/276Nm by mbah Bebonk.
Review tenaga setelah remap, cukup sukses membuat VSA + Advan dB menyerah waktu sprint dari 0 di lampu merah. Tenaga josss untuk perkotaan dan tetap hemat. Konsumsi BBM rata-rata 10-11 km/l dalem kota macet-macetan, itupun masih ada user lain yang bilang boros... krn punya dia bisa 13-14
Maintenance
- Sudah service berkala 3x ( 1 bulan / 6 bulan / 12 bulan) bukan karena boros oli ya, karena bokap ane tertib dengan jadwal servis BeRes kalo mobil masih baru. Dulu Otlendir Semprot juga 3 bulan sekali servis karena service warning yang diberikan mitsu biadab sekale.
Biaya :
2x ganti oli aja
600.000 x 2 = 1,2jt.
Jasa semua masih free. Kayaknya sekarang HPM mulai nyadar banyak oknum BeRes yang suka nembak harga jasa tinggi (la dulu kemana aje elu jon,jon...) makanya untuk 4 th / 50ribu dibikin free jasa semua terhitung sejak pembelian unit bulan Agustus 2018. Klo Civic ane kayaknya setaun pertama aja free jasa.
BeRes : Honda Mandalatama BSB Semarang. Kalo cm buat sekedar service ane acungkan jempol buat layanannya. Fasilitas antar-jemput kendaraan bener-bener ngebantu ane yang (sok) sibuk ini... dan senengnya, karena bengkel tsb sepi, jadi montir yang bawa mobilnya langsung ke tempat ane dan ane seneng karena dapet penjelasan yang lebih detil dari orang yang nanganin mobilnya langsung...
Issues, FAQ, Myths :
Nah ini bagian yang pasti SMer paling hobi ngebully saya dan berharap mobil saya banyak masalah... Yah kelakuan netijen memang ada - ada aja... Di ketawain aja.
Ya ya, sebelum serangan personal "fanboy H tegak" dilancarkan, ane mulai dari issue deh, kan pada demen liat orang sengsara yak...
Issue :
- Head Unit suka hang.
Fix :
- SA BeRes Honda BSB Semarang kapan hari waktu servis sempat saya komplen soal ini dan bilang memang ada update firmware versi 0.9 tapi di Semarang mereka masih belum ada yang punya versi ini. Versi terakhir di 0.5 itu di punya saya.
So, still not solved. Nunggu kabar dari bengkelnya.
Issue :
- Check Engine suka nyala pasca re-mapping. Code : P0299 - Turbocharger Underboost Problem. Bersamaan dengan lampu VSA, lampu EPS, dan lampu Parking Brake. Karena modulatornya jadi satu. Kenapa yang ane tulis kok cuma P0299 ? Karena begitu di reset, yang lainnya ikut ilang.
Fix :
- Reset. Sudah muncul dan kemunculannya bukan waktu bejek, justru waktu cruise, kemarin saya juga udah dapet penjelasan dari bengkel langganan saya. Ya otomatis masuk limp mode, power mesin dikurangi. Tapi begitu di reset balik normal lagi. Baca di CivicX Forum beberapa Civic yang chiptuned / flashed (di luar pake Ktuner/Hondata) memang ternyata masalah bukan karena mobil rusakan, tapi karena bacaan sensor yang rada "sensitif". Jadi dari Hondata/Ktuner mereka di release terbaru memberikan fitur disable P0299. Mbah bebonk sendiri kapan hari nawarin buat disable DTC nya, tapi yah nanti diliat lah.
Solved or no ? Masih menunggu mbah bebonk ada waktu ke Semarang. Entah mau dibalikin standar atau disable DTC aja. Tapi so far masih dalam pantauan ane.
Myth :
- Ganti oli 2000 km sekali (?)
Fact :
- KM 900 warning oli masih 3100 km, di KM 1800 warning oli 4200, sekarang KM 3800 warning oli 4900. Nah, pasca-reset sendiri kemunculan warning oli bisa bervariasi tergantung pemakaian. Di 2x pertama munculnya waktu udah dipake 900 km, ini terakhir 500 km sudah muncul karena belakangan ini sering kena traffic.
Diskusi dan baca komentar-komentar di yutub maupun forum juga bervariasi ada yang cuma 3000 KM, ada yang bisa sampai 8000+. So, yup, semua tergantung dari cara berkendara dan kondisi lalu-lintas. Nggak jadi masalah besar buat saya karena saya memang tertib tiap 6 bulan selalu ganti berapapun KM nya. HR-V adek saya kilo 17ribu juga dah ganti berkali-kali karena udah waktunya.
- Gejala makan oli atau menghitam dengan cepat di dipstick enggak ada, tapi mesin turbo lebih boros oli jelas iya dibanding N/A. Apalagi kalo sering bejek. Tapi untuk pemakaian harian jelas enggak seboros itu.
Myth :
- Overheat di bulan ke-9
Fact :
- Puji Tuhannya enggak ada sih.
Myth :
- CVT sucks
Fact :
- Seriously guys you gotta try it
FAQ :
Build Quality ?
Gak ada rattle selama pemakaian, jalan banyak lewat jalan jelek juga normal aja. Kalo kualitas bahan emang jangan dibandingin sama Mazda3.
Kepuasan :
3/5.
Kok nggak perfect ? Katanya puas?
Puas dengan produk, tapi enggak puas dengan kinerja ATPMnya. Lha kalo saya pernah disemprot karena nyuruh beli Civic serpis ke bengkel balap aja, nih saya jabarkan kenapa kok saya cinta H tegak tapi agak eneg sama kelakuan si jon dan antek-anteknya.
Pertama jelas some minor glitch di atas yang membatasi kapabilitas L15B7 untuk ditune, belum lagi umur CVT yang pasti jadi korban jika tune terlalu berat. Sementara as a gearhead, tentu punya mobil berturbo, merek bonafit yang pastinya jaminan bengkel dimana-mana, accel 0-100 under 8s dengan harga di bawah 500 juta itu udah kayak dream comes true (secara yang jualan mobil begitu biasanya merek kurang dikenal macem Chev atau VW). Harapannya, Semoga Civic generasi 11 pake 10-speed AT seperti di Accord 2.0T. Honda dari dulu terkenal mobil yang gampang ditune, bukan mobil yang bakal didiemin standar sama pemiliknya.
Kedua, dari HPM sendiri sibuk jualan, jualan, jualan. HPM tidak berusaha memperbaiki edukasi ke konsumen mengenai perawatan mesin turbo dan oil life yang "kontroversial", selalu berujung ke penjelasan yang kurang memuaskan beberapa pihak dan ujungnya komunitas dan forum luar negeri harus jadi makanan kami. bahkan ane menyayangkan beberapa salesperson yang "kepergok" ngisi BBM RON90. Seakan masa bodo kalo itu mobil diisi premium sekalipun, tokh cuan tetep masuk kantong.
Ketiga, HPM "nanggung" mau naik kelasnya. Tampang, teknologi, ride, udah bisa dibilang level entry level Euros, gak gemblodak macem Civic dan CRV lama. Tapi HPM tidak mau berusaha membuat mobil ini terlihat "value for money". Honda Sensing ? Kualitas buatan ? Setidaknya kalopun gak mau inovasi di dua hal ini, jadiin 6 atau 10 airbags sebagai standar semua tipe lah. Seandainya kualitas bahan bagus atau airbag banyak kan kalopun mobilnya rewel sikit jadi nggak kzl kzl amat...
Ya kan lucu, masak HRV Prestige saya malah airbagnya enem dan lampunya putih sementara Civic saya cuma dua dan lampunya.... kuning....
dan tentunya tidak lepas dari keprihatinan ane mengenai beberapa user yang dapet lemon units terutama di CR-V. Di Civic lebih jarang terdengar.
Review CR-V kapan mod ?
Nunggu serpis pertama deh, pake aja blom khatam. Gantian mulu sama mak bapak gwe
Kok tau CR-V lemon tapi masih aja diambil ? Duh mod CHZ fanboy H tegak kemakan merek blablablbalblash*t...
Simpel aja : Realistic choice, dan mmg paling cocok dengan karakter keluarga ane yang suka ride empuk dan kabin luas. Plus, faktor ketidakpuasan dengan X-Trail T32 yang terakhir makanya dijual beralih ke CR-V. VW Tiguan dan Mazda CX-5 jelas gak masuk radar karena bantingan keras dan overbudget. Hyundai Tucson CRDi maupun SantaFe TM CRDi blom ada sekennya. Ladder frames udah auto coret sama mak maupun bokap.
Kok gimana, udah kena lemon-lemonnya HR-V sampe mogok di carport juga bokap tetep ngomong ntuh mobil enak pakenya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Mar 14, 2018 4:43
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Honda Beat
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
Mantabs penjelasan dan reasoning om CHZ yg dg fair berpendapat sesuai fakta..selamat dan salut dg loyalitas om CHZ dg civicnya..salah satu pertimbangan utama beli produk Honda Prospect Motor adl efisiensi bahan bakar dan desain.itu sy dapatkan ketika beli honda jazz ge8 mt 1.5 nik 2013 di honda pacific motor kediri wktu itu.dalam kota aja bisa 1:14.dulu bapak sy prnah beli bekas honda grand civic sedan nik 1991 warna putih aja seneng bgt dan ane nyicip wktu msh kuliah di jogja th 2003an.cuma masalahny adl build quality yg krg sempurna dan kekedapan kabin (terutama suara dr kolong roda) yg sucks.skr ane pake tucson nik 2017 bensin beli di hyundai dr cipto smrg.malah agak nyesel krn fuel cons dalkot rata2 1:8.klo lukot via tol bs 1:11.tp sy bersyukur krn kekedapan kabin dan build quality meski minim fitur dan byk plastik murah dimana-mana..
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
Krn punya mobil yang sering diterpa issue itu seru seru kesel um... namanya juga "issue" yak, ada yang bener ada yang salah, mumpung ada mobilnya ya ane luruskan aja semua issue yang beredar. Some are true, but most doesn't1203L wrote: ↑Tue Oct 23, 2018 22:24 Mantabs penjelasan dan reasoning om CHZ yg dg fair berpendapat sesuai fakta..selamat dan salut dg loyalitas om CHZ dg civicnya..salah satu pertimbangan utama beli produk Honda Prospect Motor adl efisiensi bahan bakar dan desain.itu sy dapatkan ketika beli honda jazz ge8 mt 1.5 nik 2013 di honda pacific motor kediri wktu itu.dalam kota aja bisa 1:14.dulu bapak sy prnah beli bekas honda grand civic sedan nik 1991 warna putih aja seneng bgt dan ane nyicip wktu msh kuliah di jogja th 2003an.cuma masalahny adl build quality yg krg sempurna dan kekedapan kabin (terutama suara dr kolong roda) yg sucks.skr ane pake tucson nik 2017 bensin beli di hyundai dr cipto smrg.malah agak nyesel krn fuel cons dalkot rata2 1:8.klo lukot via tol bs 1:11.tp sy bersyukur krn kekedapan kabin dan build quality meski minim fitur dan byk plastik murah dimana-mana..
klo keluarga ane ngambil Honda karena udh paling cocok sih... budget masuk, karakter mobilnya jg masuk, serpis gampang. Plus ngejual lagi gampang... yah keluarga ane memang tipikal yang "beli mobil mikir jual lagi" kecuali memang gak berencana dijual lg kayak SantaFe.
Wih kalo untuk Tucson bensin bisa 1:8 itu sudah lumayan sih apalagi di semarang um... hehehe... ga tau yang CRDi gimana. klo SantaFe CRDi di rumah juga rata-rata 1:8 pake di smg ma bokap ... tp sebanding dengan powernya sih.
Mungkin kalo udh nemu Tucson CRDi seken dan harganya masuk HRV bakal dituker itu
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 391
- Joined: Fri Feb 27, 2009 17:13
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
buat yg pake Civic Hatchback, boleh dong di update long term review nya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
Gw nungguin toyota masukin corolla hatchback, biar makin banyak saingannya kelas ini...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Tue Dec 01, 2009 12:59
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
ada info civic hatchback facelift? rencana mau ambil di 6bulan ke depan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
Civic turbo sedan sudah facelift Q1 2019 ini. Untuk versi hatchback nya sepertinya menyusul di Q4 tahun ini atau paling lambat awal 2020haryanto_w wrote: ↑Fri Apr 12, 2019 23:52 ada info civic hatchback facelift? rencana mau ambil di 6bulan ke depan
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Tue Sep 05, 2017 11:33
- Daily Vehicle: RU1 SE
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
wah.. baru tau saya..KSG88 wrote: ↑Thu May 02, 2019 20:44Civic turbo sedan sudah facelift Q1 2019 ini. Untuk versi hatchback nya sepertinya menyusul di Q4 tahun ini atau paling lambat awal 2020haryanto_w wrote: ↑Fri Apr 12, 2019 23:52 ada info civic hatchback facelift? rencana mau ambil di 6bulan ke depan
pantes skrg di websitenya cuma ada 1 varian di sedan..
faceliftnya apa aja om?
*nyimak thread mobil impian.. yg ga akan kebeli karena banyak pertimbangan. haha
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
Beda bemper depan dan belakang, motif bahan pelapis kursi ada sedikit improvement, lalu kursi penumpang depan sudah elektrik, harga loncat ke 500 juta++sangudara wrote: ↑Fri May 03, 2019 3:30wah.. baru tau saya..KSG88 wrote: ↑Thu May 02, 2019 20:44Civic turbo sedan sudah facelift Q1 2019 ini. Untuk versi hatchback nya sepertinya menyusul di Q4 tahun ini atau paling lambat awal 2020haryanto_w wrote: ↑Fri Apr 12, 2019 23:52 ada info civic hatchback facelift? rencana mau ambil di 6bulan ke depan
pantes skrg di websitenya cuma ada 1 varian di sedan..
faceliftnya apa aja om?
*nyimak thread mobil impian.. yg ga akan kebeli karena banyak pertimbangan. haha
Kalo sekali pandang memang gk kliatan bedanya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Wed Feb 14, 2018 4:31
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Mio
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
cuma 1 kekurangannya kalo buat saya, terlalu rendah GC jadi ngga cocok di depok yang jalannya ancur dan lobang lobangnya segaban, akhirnya pindah ke ANPS deh
padahal naksir berat yang versi hatchback nya
padahal naksir berat yang versi hatchback nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
Yg versi facelift agak keramaian chrome2nya , jadinya stlh lebaran kmrn SPK yg NIK 2018 model sblm Fl, discnya dpt nyaris 50
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
Jalanan di Indonesia kebanyakan ditambal aja terus2an
Jarang dbenari dengan serius, jalan lebih tinggi dari bangunan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Jun 22, 2009 2:37
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
Numpang tanya sama om2 disini,
Civic saya baru saja 1000 km, oil life indicator udah menunjukkan 1900 km mesti ganti oli,
Pertanyaan saya, apakah kualitas oli Honda Civic/CRV seburuk itu sehingga tiap 3000 km mesti ganti oli?
Sebenarnya saya sudah konfirmasi ke SA Honda Mugen Pasar Minggu, tetapi jawabannya sungguh sangat tidak memuaskan, intinya Oil Life Indicator ini urusan Pabrikan Honda, Bengkel tidak tahu menahu masalah ini
Saya tahu ini bisa di reset, akan tetapi ada gak sih yang sudah membuktikan jika oli ini dipakai sampai 10 rb km masih tetap aman?
Mohon pencerahannya.. Thanks
Civic saya baru saja 1000 km, oil life indicator udah menunjukkan 1900 km mesti ganti oli,
Pertanyaan saya, apakah kualitas oli Honda Civic/CRV seburuk itu sehingga tiap 3000 km mesti ganti oli?
Sebenarnya saya sudah konfirmasi ke SA Honda Mugen Pasar Minggu, tetapi jawabannya sungguh sangat tidak memuaskan, intinya Oil Life Indicator ini urusan Pabrikan Honda, Bengkel tidak tahu menahu masalah ini
Saya tahu ini bisa di reset, akan tetapi ada gak sih yang sudah membuktikan jika oli ini dipakai sampai 10 rb km masih tetap aman?
Mohon pencerahannya.. Thanks
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
jangan dipake sampe 10rb km lah om, tiap 6 bulan aja ganti, mentok2 7-8rb km. namanya juga oli pabrikan kualitas ya so so, kalo mau pakai sampe 10rb km pake oli high end aftermarket yg sudah terjaminmetalkecil wrote: ↑Tue Jun 25, 2019 7:15 Numpang tanya sama om2 disini,
Civic saya baru saja 1000 km, oil life indicator udah menunjukkan 1900 km mesti ganti oli,
Pertanyaan saya, apakah kualitas oli Honda Civic/CRV seburuk itu sehingga tiap 3000 km mesti ganti oli?
Sebenarnya saya sudah konfirmasi ke SA Honda Mugen Pasar Minggu, tetapi jawabannya sungguh sangat tidak memuaskan, intinya Oil Life Indicator ini urusan Pabrikan Honda, Bengkel tidak tahu menahu masalah ini
Saya tahu ini bisa di reset, akan tetapi ada gak sih yang sudah membuktikan jika oli ini dipakai sampai 10 rb km masih tetap aman?
Mohon pencerahannya.. Thanks
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52
Re: Long Term Review : 2017 Honda Civic Turbo S FK4 CVT
Kl liat oil life nya segitu ane bs nebak fc nya boros ya om? 8kpl?metalkecil wrote: ↑Tue Jun 25, 2019 7:15 Numpang tanya sama om2 disini,
Civic saya baru saja 1000 km, oil life indicator udah menunjukkan 1900 km mesti ganti oli,
Pertanyaan saya, apakah kualitas oli Honda Civic/CRV seburuk itu sehingga tiap 3000 km mesti ganti oli?
Sebenarnya saya sudah konfirmasi ke SA Honda Mugen Pasar Minggu, tetapi jawabannya sungguh sangat tidak memuaskan, intinya Oil Life Indicator ini urusan Pabrikan Honda, Bengkel tidak tahu menahu masalah ini
Saya tahu ini bisa di reset, akan tetapi ada gak sih yang sudah membuktikan jika oli ini dipakai sampai 10 rb km masih tetap aman?
Mohon pencerahannya.. Thanks
Kl di ane yg bisa 6000-7000km oil lifenya dgn fc kira 12kpl, tp ane ganti oli jg tetep di sekitar 8500km/6bln.
Jd dgn borosnya fc diartikan mesin bekerja lbh berat, sering kena macet lah, agreaif driving lah, sehingga menuntut ganti oli lbh cepat. Walopun mgkn ga perlu selebay oil life indicator honda
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 787
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Mohon saran ganti mobil
Menurut saya soal oli ikut buku manual saja sih. oil life tuh kan cuma odo saja yang bisa direset. Yang senang ya bengkel / dealer banyak untung customer pada cepet ganti oli.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 291
- Joined: Mon Nov 19, 2012 6:45
Re: Tribute to Mr. Soichiro Honda : Review of 2017 Honda Civic Hatchback S CVT (FK4)
Mau tanya om ChZ ,ChZ wrote: ↑Tue Oct 23, 2018 3:01KielConstantine wrote: ↑Wed Aug 15, 2018 7:28 Perlu di update nih thread civicnya.
Kan sdh di remap dapet 220 bhp.
Ayo ceritain chris gimana rasanya dibanding engine masih standart.
Sekalian update pemakaian 1 th pertama lah ya... Walaupun officially sebenernya baru aktif dipake 4 bulan terakhir aja sisanya dibiarin di garasi karena di rumah gakda yang pake... jadi setengah taun pertama kilometer masih di bawah 1000.
Update pemakaian Civic Turbo Hatchback S 1th/3800km.
Mods :
- Velg HSR Venerdi 17" karena sayang dengan ban Yoko Advan dB ori nya...
- Remapped. 218hp/276Nm by mbah Bebonk.
Review tenaga setelah remap, cukup sukses membuat VSA + Advan dB menyerah waktu sprint dari 0 di lampu merah. Tenaga josss untuk perkotaan dan tetap hemat. Konsumsi BBM rata-rata 10-11 km/l dalem kota macet-macetan, itupun masih ada user lain yang bilang boros... krn punya dia bisa 13-14
Maintenance
- Sudah service berkala 3x ( 1 bulan / 6 bulan / 12 bulan) bukan karena boros oli ya, karena bokap ane tertib dengan jadwal servis BeRes kalo mobil masih baru. Dulu Otlendir Semprot juga 3 bulan sekali servis karena service warning yang diberikan mitsu biadab sekale.
Biaya :
2x ganti oli aja
600.000 x 2 = 1,2jt.
Jasa semua masih free. Kayaknya sekarang HPM mulai nyadar banyak oknum BeRes yang suka nembak harga jasa tinggi (la dulu kemana aje elu jon,jon...) makanya untuk 4 th / 50ribu dibikin free jasa semua terhitung sejak pembelian unit bulan Agustus 2018. Klo Civic ane kayaknya setaun pertama aja free jasa.
BeRes : Honda Mandalatama BSB Semarang. Kalo cm buat sekedar service ane acungkan jempol buat layanannya. Fasilitas antar-jemput kendaraan bener-bener ngebantu ane yang (sok) sibuk ini... dan senengnya, karena bengkel tsb sepi, jadi montir yang bawa mobilnya langsung ke tempat ane dan ane seneng karena dapet penjelasan yang lebih detil dari orang yang nanganin mobilnya langsung...
Issues, FAQ, Myths :
Nah ini bagian yang pasti SMer paling hobi ngebully saya dan berharap mobil saya banyak masalah... Yah kelakuan netijen memang ada - ada aja... Di ketawain aja.
Ya ya, sebelum serangan personal "fanboy H tegak" dilancarkan, ane mulai dari issue deh, kan pada demen liat orang sengsara yak...
Issue :
- Head Unit suka hang.
Fix :
- SA BeRes Honda BSB Semarang kapan hari waktu servis sempat saya komplen soal ini dan bilang memang ada update firmware versi 0.9 tapi di Semarang mereka masih belum ada yang punya versi ini. Versi terakhir di 0.5 itu di punya saya.
So, still not solved. Nunggu kabar dari bengkelnya.
Issue :
- Check Engine suka nyala pasca re-mapping. Code : P0299 - Turbocharger Underboost Problem. Bersamaan dengan lampu VSA, lampu EPS, dan lampu Parking Brake. Karena modulatornya jadi satu. Kenapa yang ane tulis kok cuma P0299 ? Karena begitu di reset, yang lainnya ikut ilang.
Fix :
- Reset. Sudah muncul dan kemunculannya bukan waktu bejek, justru waktu cruise, kemarin saya juga udah dapet penjelasan dari bengkel langganan saya. Ya otomatis masuk limp mode, power mesin dikurangi. Tapi begitu di reset balik normal lagi. Baca di CivicX Forum beberapa Civic yang chiptuned / flashed (di luar pake Ktuner/Hondata) memang ternyata masalah bukan karena mobil rusakan, tapi karena bacaan sensor yang rada "sensitif". Jadi dari Hondata/Ktuner mereka di release terbaru memberikan fitur disable P0299. Mbah bebonk sendiri kapan hari nawarin buat disable DTC nya, tapi yah nanti diliat lah.
Solved or no ? Masih menunggu mbah bebonk ada waktu ke Semarang. Entah mau dibalikin standar atau disable DTC aja. Tapi so far masih dalam pantauan ane.
Myth :
- Ganti oli 2000 km sekali (?)
Fact :
- KM 900 warning oli masih 3100 km, di KM 1800 warning oli 4200, sekarang KM 3800 warning oli 4900. Nah, pasca-reset sendiri kemunculan warning oli bisa bervariasi tergantung pemakaian. Di 2x pertama munculnya waktu udah dipake 900 km, ini terakhir 500 km sudah muncul karena belakangan ini sering kena traffic.
Diskusi dan baca komentar-komentar di yutub maupun forum juga bervariasi ada yang cuma 3000 KM, ada yang bisa sampai 8000+. So, yup, semua tergantung dari cara berkendara dan kondisi lalu-lintas. Nggak jadi masalah besar buat saya karena saya memang tertib tiap 6 bulan selalu ganti berapapun KM nya. HR-V adek saya kilo 17ribu juga dah ganti berkali-kali karena udah waktunya.
- Gejala makan oli atau menghitam dengan cepat di dipstick enggak ada, tapi mesin turbo lebih boros oli jelas iya dibanding N/A. Apalagi kalo sering bejek. Tapi untuk pemakaian harian jelas enggak seboros itu.
Myth :
- Overheat di bulan ke-9
Fact :
- Puji Tuhannya enggak ada sih.
Myth :
- CVT sucks
Fact :
- Seriously guys you gotta try it
FAQ :
Build Quality ?
Gak ada rattle selama pemakaian, jalan banyak lewat jalan jelek juga normal aja. Kalo kualitas bahan emang jangan dibandingin sama Mazda3.
Kepuasan :
3/5.
Kok nggak perfect ? Katanya puas?
Puas dengan produk, tapi enggak puas dengan kinerja ATPMnya. Lha kalo saya pernah disemprot karena nyuruh beli Civic serpis ke bengkel balap aja, nih saya jabarkan kenapa kok saya cinta H tegak tapi agak eneg sama kelakuan si jon dan antek-anteknya.
Pertama jelas some minor glitch di atas yang membatasi kapabilitas L15B7 untuk ditune, belum lagi umur CVT yang pasti jadi korban jika tune terlalu berat. Sementara as a gearhead, tentu punya mobil berturbo, merek bonafit yang pastinya jaminan bengkel dimana-mana, accel 0-100 under 8s dengan harga di bawah 500 juta itu udah kayak dream comes true (secara yang jualan mobil begitu biasanya merek kurang dikenal macem Chev atau VW). Harapannya, Semoga Civic generasi 11 pake 10-speed AT seperti di Accord 2.0T. Honda dari dulu terkenal mobil yang gampang ditune, bukan mobil yang bakal didiemin standar sama pemiliknya.
Kedua, dari HPM sendiri sibuk jualan, jualan, jualan. HPM tidak berusaha memperbaiki edukasi ke konsumen mengenai perawatan mesin turbo dan oil life yang "kontroversial", selalu berujung ke penjelasan yang kurang memuaskan beberapa pihak dan ujungnya komunitas dan forum luar negeri harus jadi makanan kami. bahkan ane menyayangkan beberapa salesperson yang "kepergok" ngisi BBM RON90. Seakan masa bodo kalo itu mobil diisi premium sekalipun, tokh cuan tetep masuk kantong.
Ketiga, HPM "nanggung" mau naik kelasnya. Tampang, teknologi, ride, udah bisa dibilang level entry level Euros, gak gemblodak macem Civic dan CRV lama. Tapi HPM tidak mau berusaha membuat mobil ini terlihat "value for money". Honda Sensing ? Kualitas buatan ? Setidaknya kalopun gak mau inovasi di dua hal ini, jadiin 6 atau 10 airbags sebagai standar semua tipe lah. Seandainya kualitas bahan bagus atau airbag banyak kan kalopun mobilnya rewel sikit jadi nggak kzl kzl amat...
Ya kan lucu, masak HRV Prestige saya malah airbagnya enem dan lampunya putih sementara Civic saya cuma dua dan lampunya.... kuning....
dan tentunya tidak lepas dari keprihatinan ane mengenai beberapa user yang dapet lemon units terutama di CR-V. Di Civic lebih jarang terdengar.
Review CR-V kapan mod ?
Nunggu serpis pertama deh, pake aja blom khatam. Gantian mulu sama mak bapak gwe
Kok tau CR-V lemon tapi masih aja diambil ? Duh mod CHZ fanboy H tegak kemakan merek blablablbalblash*t...
Simpel aja : Realistic choice, dan mmg paling cocok dengan karakter keluarga ane yang suka ride empuk dan kabin luas. Plus, faktor ketidakpuasan dengan X-Trail T32 yang terakhir makanya dijual beralih ke CR-V. VW Tiguan dan Mazda CX-5 jelas gak masuk radar karena bantingan keras dan overbudget. Hyundai Tucson CRDi maupun SantaFe TM CRDi blom ada sekennya. Ladder frames udah auto coret sama mak maupun bokap.
Kok gimana, udah kena lemon-lemonnya HR-V sampe mogok di carport juga bokap tetep ngomong ntuh mobil enak pakenya.
Overheat bulan 9 ., kira2 sebab apa ya ? Apa bayak unit civic turbo yg kena overheat ?