Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
aryonur88 wrote: ↑Wed Jun 12, 2019 14:07
Om turbo
Saya rencana mau ganti oli transmisi dan gardan untuk 2 kendaraan berbeda yaitu kijang Innova 2005 dan Avanza veloz manual 2014
Kira2 oli apa ya yang cocok ?
Kalau menurut manual book:
Innova
Transmisi SAE 75W90 GL4/GL5
Gardan SAE 90 GL5
Avanza
Transmisi SAE 80W / 75W90 GL4
Gardan SAE 90 GL5
Ane ada beberapa list
STP SAE 90 GL5
Pertamina Rored 80w90 GL4
Mobile 1 80w90 GL5
Kira2 rekomend yang mana om untuk 2 mobil saya tersebut?
Btw untuk transmisi manual avanza Veloz 2014 apakah masih bisa pakai 80w90 GL5? Karena di manual book beda (75w90 GL4)
Mohon pencerahan paklik turboman ini
Bantu jawab ya Om.
Untuk transmisi paling oke dan ekonomis saya pake Wuling MTF 75w-90 GL4, bisa dibeli di bengkel resmi wuling
Untuk gardan paling oke dan ekonomis saya pake Eneos 75w-90 GL5, bisa dibeli di toko2 oli yg cukup lengkap.
Oli itu bs dipake di Innova&veloz.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ATF utk mobil mobil matic 4AT / 5AT bensin / Diesel yg pake ATF T-4 / Z-1 / SP-III dll
Compatible with JWS 3309 / T-IV / Z-1 / SP III dll
Impression :
Yg saya rasakan dengan ATF ini tarikan sedikit lebih enteng dibanding Aisin AFW+
Viskositas di 40 C nya gak sampe 30 cSt
Test pada mobil dgn matic 4 / 5 AT membuat tarikan awal jadi sedikit lebih enteng dibanding ATF std T-4 / JASO 1A / JWS 3309 pada umumnya dimana viskositas di 40 C nya rata2 di atas 30 cSt
Jadi penasaran kalau PTT Automat yang ATF LV-1 dipake di mobil 4AT/5AT T-IV / Z-1 / SP-III dll. apakah aman bisa dipakai, melihat spec characteristic fluida ATF nya mirip gk jauh berbeda dibanding PTT Automat ATF-1A.
Tapi di PDS nya Automat LV-1 ditulis cocok nya digunakan sama T-WS/ DW-1 / SP-IV dll. yg lebih baru walau ditulis performance standard nya Dexron III.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Halo semua, kebetulan sebentar lg saya bakal ganti oli matic di mobil yg menginjak 100.000 km. Kira2 baiknya filter oli matic yg berupa strainernya diganti engga ya? Riwayat sebelomnya udh ganti oli matic 3 kali, sekali di beres nissan dan 2 kali gerlong pake idemitsu atf. Gerlong pake idemitsu karena bengkel langganan jualnya itu tp sekarang penasaran mau coba afw+ ato ptt automat 1a. Anyway thanks sebelumnya
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
Ariazaki wrote:Halo semua, kebetulan sebentar lg saya bakal ganti oli matic di mobil yg menginjak 100.000 km. Kira2 baiknya filter oli matic yg berupa strainernya diganti engga ya? Riwayat sebelomnya udh ganti oli matic 3 kali, sekali di beres nissan dan 2 kali gerlong pake idemitsu atf. Gerlong pake idemitsu karena bengkel langganan jualnya itu tp sekarang penasaran mau coba afw+ ato ptt automat 1a. Anyway thanks sebelumnya
kalo selama ini penggantian / kuras rutin asumsi filter belom jenuh
ini bru baca kalau oli ATF fortuner VNT lawas itu tipe T4
trus tdi ganti oli di transmisi pakai ATF D3 efeknya apa ya om?
apa gak papa dicampur apa harus segra kuras total ke T4 bawaan fortuner
soale kata penjuall Oli nya,, gak ppa pakai ini toyota ATF dexron 3
gmn nih om jdi bingung dan tkut,
ini bru baca kalau oli ATF fortuner VNT lawas itu tipe T4
trus tdi ganti oli di transmisi pakai ATF D3 efeknya apa ya om?
apa gak papa dicampur apa harus segra kuras total ke T4 bawaan fortuner
soale kata penjuall Oli nya,, gak ppa pakai ini toyota ATF dexron 3
gmn nih om jdi bingung dan tkut,
Trims Om ,,
sehat selalu
Kalo utk sementara / darurat aja sih gpp
Beli aja ATF di online spt Aisin AFW+ / PTT AUTOMAT A1 (both meet JWS 3309 / T-IV std)
Ini smntra tggu online an Aisin itu
Deexron 3 nya kpakai udh 3 ahri an ini smntra no problem sih di pakai dalam kota ya smga tdk ada mslaah aja smbil nggu yg T4 datang,
OmTurbo tnya juga donk
Apakh transmisi fortun jedag jedug ya om.? Sebeelum kasus xalah isi minyak ATF kaloau mau ke D bunyi jeduq apalagi kalai dari R mendadak cepat ke D dalam kasus putar balik misalnay, sebelum slaah ganti udah bunyi2 itu knapa ya om.
Apakh torsi besarnya jdi bkin gitu? Apakh fortun lain juga dmikina kalau mau jlan kdang jedug dan menghentak, udh dirasakan yaaaa mgkin 2 tahunan sjauh ini tdk trasa penurunan juga sih fungsinya, rusak apa mmg bwaan fortun ya tpi kok aneh msa iya jual mobil yg transisinya menghentak dan kadang mncul jedug jika msuk gigi terutama gigi D .
bramray wrote:Baik Om Turbo
Trims bnyak informasinya
Ini smntra tggu online an Aisin itu
Deexron 3 nya kpakai udh 3 ahri an ini smntra no problem sih di pakai dalam kota ya smga tdk ada mslaah aja smbil nggu yg T4 datang,
OmTurbo tnya juga donk
Apakh transmisi fortun jedag jedug ya om.? Sebeelum kasus xalah isi minyak ATF kaloau mau ke D bunyi jeduq apalagi kalai dari R mendadak cepat ke D dalam kasus putar balik misalnay, sebelum slaah ganti udah bunyi2 itu knapa ya om.
Apakh torsi besarnya jdi bkin gitu? Apakh fortun lain juga dmikina kalau mau jlan kdang jedug dan menghentak, udh dirasakan yaaaa mgkin 2 tahunan sjauh ini tdk trasa penurunan juga sih fungsinya, rusak apa mmg bwaan fortun ya tpi kok aneh msa iya jual mobil yg transisinya menghentak dan kadang mncul jedug jika msuk gigi terutama gigi D .
Kalo ATF Aisin yang AFW itu comply dgn T-IV juga
kalo yg meet JWS 3324 qq WS nah itu cuman yg AFW+
Matic 4 AT si A340 / 343 mah gak jedug2
kalo shift kasar ya kuras aja ATF nya, pake sistem Gerlong cuman 6 L
petunjuk teknik Gerlong biaa search di SM ada trit nya
bramray wrote:Baik Om Turbo
Trims bnyak informasinya
Ini smntra tggu online an Aisin itu
Deexron 3 nya kpakai udh 3 ahri an ini smntra no problem sih di pakai dalam kota ya smga tdk ada mslaah aja smbil nggu yg T4 datang,
OmTurbo tnya juga donk
Apakh transmisi fortun jedag jedug ya om.? Sebeelum kasus xalah isi minyak ATF kaloau mau ke D bunyi jeduq apalagi kalai dari R mendadak cepat ke D dalam kasus putar balik misalnay, sebelum slaah ganti udah bunyi2 itu knapa ya om.
Apakh torsi besarnya jdi bkin gitu? Apakh fortun lain juga dmikina kalau mau jlan kdang jedug dan menghentak, udh dirasakan yaaaa mgkin 2 tahunan sjauh ini tdk trasa penurunan juga sih fungsinya, rusak apa mmg bwaan fortun ya tpi kok aneh msa iya jual mobil yg transisinya menghentak dan kadang mncul jedug jika msuk gigi terutama gigi D .
Kalo ATF Aisin yang AFW itu comply dgn T-IV juga
kalo yg meet JWS 3324 qq WS nah itu cuman yg AFW+
Matic 4 AT si A340 / 343 mah gak jedug2
kalo shift kasar ya kuras aja ATF nya, pake sistem Gerlong cuman 6 L
petunjuk teknik Gerlong biaa search di SM ada trit nya
Baik om Turbo trims sangat
Infonya jelas skli
Ini pgn nyoba gerlong itu sndri mnggat di papua lylnya gak ada alat
ATF canger
Kapan lalu ke beres tyta tnya klo mau kuras btuh brapa, mrka blg 5 liter aja (mulai curiga ) iseng tnya nti pakai mesin apa gmn ya ?
Mohon saran dari sesepuh disini...sienta barusan flush oli cvt di worner.matic membutuhkan 8liter oli TMO-CVTfe.
Setelah itu koq tarikan mobil terasa lambat ya..tidak sprt biasanya.
Apakah ada yg keliru ya
masione wrote:Mohon saran dari sesepuh disini...sienta barusan flush oli cvt di worner.matic membutuhkan 8liter oli TMO-CVTfe.
Setelah itu koq tarikan mobil terasa lambat ya..tidak sprt biasanya.
Apakah ada yg keliru ya
masione wrote:Mohon saran dari sesepuh disini...sienta barusan flush oli cvt di worner.matic membutuhkan 8liter oli TMO-CVTfe.
Setelah itu koq tarikan mobil terasa lambat ya..tidak sprt biasanya.
Apakah ada yg keliru ya
cek volume nya
kebanyakan ngga
Buat ngecek volume dari mana ya om...tanpa dipstik
Baru ganti oli gardan utk avanza veloz generasi pertama.di buku manual disarankan pakai SAE 90 GL5 ternyata di bengkel gk ada oli tersebut yg ada SAE 80-90 GL 5 akhirnya ganti menurut buku manual perlu 2,4L tapi pas ganti 2L pun masih sisa karena sdh penuh.apakah gk masalah nanti spek SAE 90 dikasih SAE 80-90 tapi sama GL 5 dan apakah kapasitas oli gardan avanza cuma 2L kurang padahal di buku manual 2,4L
bangrosi wrote:Baru ganti oli gardan utk avanza veloz generasi pertama.di buku manual disarankan pakai SAE 90 GL5 ternyata di bengkel gk ada oli tersebut yg ada SAE 80-90 GL 5 akhirnya ganti menurut buku manual perlu 2,4L tapi pas ganti 2L pun masih sisa karena sdh penuh.apakah gk masalah nanti spek SAE 90 dikasih SAE 80-90 tapi sama GL 5 dan apakah kapasitas oli gardan avanza cuma 2L kurang padahal di buku manual 2,4L
buat bensin cc kecil kalo mau enak pakai 75W90 GL-5 aja
bangrosi wrote:Baru ganti oli gardan utk avanza veloz generasi pertama.di buku manual disarankan pakai SAE 90 GL5 ternyata di bengkel gk ada oli tersebut yg ada SAE 80-90 GL 5 akhirnya ganti menurut buku manual perlu 2,4L tapi pas ganti 2L pun masih sisa karena sdh penuh.apakah gk masalah nanti spek SAE 90 dikasih SAE 80-90 tapi sama GL 5 dan apakah kapasitas oli gardan avanza cuma 2L kurang padahal di buku manual 2,4L
buat bensin cc kecil kalo mau enak pakai 75W90 GL-5 aja
Jadi gk apa2 ya kalo dikasih 80-90 GL5,yg ada stock di bengkel GL5 cuma itu lainnya GL4.mengenai volume oli gardan kok bisa beda antara buku manual dan real nya,sedangkan oli mesin sama volume nya sesuai buku manual.
Kalo utk transmisi matik avanza posisi 25rb KM tapi mobil sdh 5thn pas mau ganti/flush kondisi oli msh bagus dan merah menurut mekanik di sarankan nanti 40rb KM lgs flush aja,spek di buku manual Dexron III tapi skr makin dikit yg jual kebanyakan disarankan yg multi baik merk castrol,shell, malah utk oli merk toyota bisa pakai T-IV utk Dexron III.