Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Feb 08, 2017 1:47
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Om mau tanya. Condensor tipe multiflow vs serpentine tingkat efisiensinya seberapa jauh ya? Untuk ukuran kondensor yang sama
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Mobilnya galant hiu om, tahun 1998kemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 1:36
Mobilnya apa om? Tekanan freonnya brp? Otomatis clutchnya normal? Parts masih original semua? Atau pernah ada penggantian parts sistem AC dan pake merk imitasi yg kualitasnya kurang? Karena ada beberapa merk yang emang ngga recommended buat mobil tertentu (gagal produksi). Merk freon juga pengaruh ke kedinginan sistem AC.
Tekanan freon saya gak nge cek kemaren waktu di servis
Nah cara nge cek otomatis clutchnya gmn om?
Semenjak saya beli (bekas, 7 tahun yang lalu) yang pernah diganti cuma dryernya (kalo gak salah, pokoknya yang ada kaca indikatornya).
Kompresor masih ori, tapi evapnya sudah gak ori.
Freonnya saya gak tau kemaren merknya apa om.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Mungkin maksudnya Multiflow dan Corrugated. Kalo untuk kendinginannya jelas lebih bagus Multiflow, karena lebih banyak dsm halus sirip2nya, dan flownya ngga single kaya Corrugated. Kelemahannya kalo kompresor jebol pasti harus ganti kondensornya, tidak seperti Corrugated masih bs diflushing. Kalo saya pribadi lebih memilih Multiflow.erwin95 wrote:Om mau tanya. Condensor tipe multiflow vs serpentine tingkat efisiensinya seberapa jauh ya? Untuk ukuran kondensor yang sama
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Oke. Nah yg paling penting tau tekanan freon untuk analisa sistem AC. Karena dari situ 80% keliatan permasalahan AC nya. Kalo cara ngecek otomatis clutchnya, dengan sistem AC ON, mesin ON, keadaan stasioner dia pasti ada berhentinya (proses cut-off compressor) biasa bunyi "cetak cetek" tanda clutch nempel. Dan otomatis AC akan terjadi jika tercapai kedinginan maksimal di Evaporator, kalo ngga ada otomatisnya, ada problem di sistem AC nya dan jadi salah satu penyebab Kompresor jebol karena jalan terus tanpa ada cut-off.michaelgiri93 wrote:Mobilnya galant hiu om, tahun 1998kemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 1:36
Mobilnya apa om? Tekanan freonnya brp? Otomatis clutchnya normal? Parts masih original semua? Atau pernah ada penggantian parts sistem AC dan pake merk imitasi yg kualitasnya kurang? Karena ada beberapa merk yang emang ngga recommended buat mobil tertentu (gagal produksi). Merk freon juga pengaruh ke kedinginan sistem AC.
Tekanan freon saya gak nge cek kemaren waktu di servis
Nah cara nge cek otomatis clutchnya gmn om?
Semenjak saya beli (bekas, 7 tahun yang lalu) yang pernah diganti cuma dryernya (kalo gak salah, pokoknya yang ada kaca indikatornya).
Kompresor masih ori, tapi evapnya sudah gak ori.
Freonnya saya gak tau kemaren merknya apa om.
Last edited by kemuningauto on Wed Jul 10, 2019 5:42, edited 1 time in total.
IG: @kemuningauto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Oh begitukemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 5:42
Oke. Nah yg paling penting tau tekanan freon untuk analisa sistem AC. Karena dari situ 80% keliatan permasalahan AC nya. Kalo cara ngecek otomatis clutchnya, dengan sistem AC ON, mesin ON, keadaan stasioner dia pasti ada berhentinya (proses cut-off compressor) biasa bunyi "cetak cetek" tanda clutch nempel.
Oke oke
Kalau untuk tekanan freonnya galant berapa ada info kah om?
Berarti besok² saya bawa ke bengkel lagi untuk cek tekanan freonnya
Oh coba saya cek lagi clutchnya nanti om
Terima kasih ya.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.michaelgiri93 wrote:Oh begitukemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 5:42
Oke. Nah yg paling penting tau tekanan freon untuk analisa sistem AC. Karena dari situ 80% keliatan permasalahan AC nya. Kalo cara ngecek otomatis clutchnya, dengan sistem AC ON, mesin ON, keadaan stasioner dia pasti ada berhentinya (proses cut-off compressor) biasa bunyi "cetak cetek" tanda clutch nempel.
Oke oke
Kalau untuk tekanan freonnya galant berapa ada info kah om?
Berarti besok² saya bawa ke bengkel lagi untuk cek tekanan freonnya
Oh coba saya cek lagi clutchnya nanti om
Terima kasih ya.
Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
IG: @kemuningauto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Iya om kemarin di thermometor mobil suhu di luar sekitar 35°ckemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 5:50
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.
Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
Oke oke om
Siap
Itu artinya tekanan terlalu tinggi ac gak dingin, terlalu rendah juga gak dingin ya?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
- Terlalu rendah LP dan HP artinya kapasitas freon kurang.michaelgiri93 wrote:Iya om kemarin di thermometor mobil suhu di luar sekitar 35°ckemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 5:50
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.
Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
Oke oke om
Siap
Itu artinya tekanan terlalu tinggi ac gak dingin, terlalu rendah juga gak dingin ya?
- Terlalu tinggi LP dan HP artinya kelebihan freon atau oli kompresor terlalu banyak.
- Terlalu rendah LP artinya expansion valve bermasalah.
- Terlalu rendah / tinggi HP artinya dryer /drier bermasalah atau fan mati, kondensor mampet.
- Terlalu tinggi LP artinya kompresi lemah.
Dan masih ada symptomps2 lainnya, serta harus dengan pengecekan temperatur mobil, kelancaran radiator, kinerja motor fan, proses vakum sebelum pengisian freon yg sesuai juga penting.
IG: @kemuningauto
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Thu Apr 07, 2016 2:28
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
om sorry nih kalo rada OOT. kalo kita lg ngebut high rev RPM, apa kompressor AC sebaiknya dimatikan (maksudnya, kipas blower nyala tapi tombol AC off) atau dimatikan dua2nya (blower dan tombol AC off)?
sorry kalo ngebingungin hahaha
sorry kalo ngebingungin hahaha
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Wed Aug 15, 2018 10:49
- Location: Surabaya
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kalau pembersihan ac mobil pakai ac cleaner semisal hazecool gitu gimana suhu?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Ngga usah bos. Mungkin tarikan awal akan lebih enteng. Tapi kalo udah speed di atas 130 km/h dan dengan rpm di atas 4.000 otomatis tekanan High Pressure akan tinggi dan otomatis akan mati sendiri Compressor untuk mencegah jebol karena sudah ada parts di sistem AC yang namanya "Pressure Switch".meteor wrote:om sorry nih kalo rada OOT. kalo kita lg ngebut high rev RPM, apa kompressor AC sebaiknya dimatikan (maksudnya, kipas blower nyala tapi tombol AC off) atau dimatikan dua2nya (blower dan tombol AC off)?
sorry kalo ngebingungin hahaha
Kecuali udah ngga ada parts tersebut, baru bisa dimatiin AC nya untuk meringankan beban mesin dan dinyalain blower (1-2-3-4) nya aja gapapa.
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Kurang bagus, lebih ke penyegar ruangan. Apalagi kalo Evaporator mobil yang dipake setiap hari dan udah 3-4 tahunan ngga pernah dibersihin. Sama aja kaya baju kotor disemprot2 pewangi, ngga akan bikin bersih. Harusnya diturunin dan disikat.afifyulianto wrote:Kalau pembersihan ac mobil pakai ac cleaner semisal hazecool gitu gimana suhu?
Contoh Evaporator Belakang Evalia ini.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @kemuningauto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Oke omkemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 6:02- Terlalu rendah LP dan HP artinya kapasitas freon kurang.michaelgiri93 wrote:Iya om kemarin di thermometor mobil suhu di luar sekitar 35°ckemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 5:50
Sistem AC Normal, keadaan di siang hari kisaran 30-34° Celcius suhu udara ya, beda sama malem pasti jauh lebih rendah tekanannya karena suhu dingin. Tekanan Low Pressure kisaran 30-35 max. Tekanan High Pressure kisaran 175-210 max.
Kalo lebih atau kurang dari itu, berarti ada problem tergantung LP atau HP nya dan brp tekanannya, baru bisa dianalisa problem di mananya.
Oke oke om
Siap
Itu artinya tekanan terlalu tinggi ac gak dingin, terlalu rendah juga gak dingin ya?
- Terlalu tinggi LP dan HP artinya kelebihan freon atau oli kompresor terlalu banyak.
- Terlalu rendah LP artinya expansion valve bermasalah.
- Terlalu rendah / tinggi HP artinya dryer /drier bermasalah atau fan mati, kondensor mampet.
- Terlalu tinggi LP artinya kompresi lemah.
Dan masih ada symptomps2 lainnya, serta harus dengan pengecekan temperatur mobil, kelancaran radiator, kinerja motor fan, proses vakum sebelum pengisian freon yg sesuai juga penting.
Nanti saya cek itu semua
Makasih ya om info²nya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluankemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 1:33Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.iwing wrote:halo mau tanya, biasanya kan pada saat tombol on ac di nyalakan, akan seperti 'deg' gitu sebagai tanda kompresor bekerja. nah jika pada saat tombol on tapi kompresor tidak bekerja dan tercium seperti bau gosong itu kenapa ya..??
btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.iwing wrote:thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluankemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 1:33Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.iwing wrote:halo mau tanya, biasanya kan pada saat tombol on ac di nyalakan, akan seperti 'deg' gitu sebagai tanda kompresor bekerja. nah jika pada saat tombol on tapi kompresor tidak bekerja dan tercium seperti bau gosong itu kenapa ya..??
btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
IG: @kemuningauto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1417
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
sx4 x-over om. mungkin nunggu antrian kali ya karena pasien nya terlihat lumayan banyak. rencana kalo jadi service disana, senin kayaknya mau saya serahin kesanakemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 5:19Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.iwing wrote:thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluankemuningauto wrote: ↑Wed Jul 10, 2019 1:33 Kemungkinan Magnet Clutchnya udah terbakar. Bisa dicek kelistrikannya dulu dari relay, sekring, perkabelan dan yang pasti dicek tekanan freonnya.
btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
X-Over ngga perlu buka dashboard, lewat bawah dia.iwing wrote:sx4 x-over om. mungkin nunggu antrian kali ya karena pasien nya terlihat lumayan banyak. rencana kalo jadi service disana, senin kayaknya mau saya serahin kesanakemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 5:19Tergantung mobilnya. Ada yg ngga usah buka dashboard, ada yg perlu buka dashboard untuk menurunkan Cooling Unitnya. Lama pembongkaran tentunya tergantung lagi jenis mobilnya. BTW. Mobil apa kok sampe 3-4 hari pengerjaan? Mobil yg susah bongkar seperti mobil Eropa 1-2 hari. Mobil Jepang 3-4 jam.iwing wrote: thx atas penjelasan nya. barusan habis saya bawa ke sitondi dan menurut mereka freon nya habis (terjadi kebocoran) dan jika diijinkan maka mobil akan menginap sekitar 3-4 hari kerja untuk mencari tau letak kebocoran nya. katanya sampe bongkar2 dashboard, haduhhh. btw apa gak ada cara lain ya om untuk mengetahui kebocoran tanpa bongkar dashboard..?? kompresor blm dicek. nanti jika jadi menginap, maka akan dicek keseluruhan katanya. mobil masih saya bawa pulang lagi karena hari minggu masih ada keperluan
btw oot, disana saya melihat expander pada berjejer karena problem evaporator katanya
Dan iya, Xpander bermasalah di Evaporatornya. Sering bocor di las2an alumunium Liquid Pipe Evaporatornya.
IG: @kemuningauto
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Mungkin lebih ke mencegah selip Clutchnya Compressor kalo mobil yang Compressornya di bawah, dan biar lebih enteng tarikan.IGedeAmat wrote:Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
Kalo kesedot Compressor ngga bisa, karena Compressor tertutup rapat dengan 2 buah selang (suction dan discharge).
IG: @kemuningauto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Wah saya juga pernah dapat ajuran dari mekanik Nissan kota tempat saya tinggal dulu untuk matiin AC kalo mobil lagi nerobos genangan air yg agak panjang dengan alasan supaya magnetic clucth nya lebih awet saja ngak karatan kena air becek yg kotor. But who knows?IGedeAmat wrote:Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
HR15DE 2014
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sun Mar 04, 2018 16:28
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Tern P20 n Gerobak Kroya
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
WTA om,
1. Apakah Eco Mode mempengaruhi dinginnya AC?
2. Jika Posisi posisi idle/macet/jalan pelan pelan AC terasa kurang dingin, sementara jika jalan normal dinginnya normal, penyakit apa ini om biasanya?
1. Apakah Eco Mode mempengaruhi dinginnya AC?
2. Jika Posisi posisi idle/macet/jalan pelan pelan AC terasa kurang dingin, sementara jika jalan normal dinginnya normal, penyakit apa ini om biasanya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Hmm menurut saya ngga terlalu ngefek kalo cuma genangan kecil dan sesekali. Kecuali tiap hari terus2an, apalagi deket air laut baru deh cepet karatan.Herman7103 wrote:Wah saya juga pernah dapat ajuran dari mekanik Nissan kota tempat saya tinggal dulu untuk matiin AC kalo mobil lagi nerobos genangan air yg agak panjang dengan alasan supaya magnetic clucth nya lebih awet saja ngak karatan kena air becek yg kotor. But who knows?IGedeAmat wrote:Anjuran untuk matiin AC kalo lagi nerobos genangan air yang agak panjang a.k.a banjir itu mitos apa fakta om ?
katanya mencegah air kesedot kompresor AC ??
IG: @kemuningauto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
1. Tidak pengaruh sama sekali, selama mesin dan sistem AC normal semua, pas lagi idle pun tetep dingin dan AC dikatakan dingin bila mencapai di bawah suhu 10° Celcius.syamil2013 wrote:WTA om,
1. Apakah Eco Mode mempengaruhi dinginnya AC?
2. Jika Posisi posisi idle/macet/jalan pelan pelan AC terasa kurang dingin, sementara jika jalan normal dinginnya normal, penyakit apa ini om biasanya?
2. Coba dicek kinerja Motor Fan AC / Radiatornya. Kalo ada waktu, cek ke bengkel AC untuk tekanan freonnya. (Karena freon kurang juga berpengaruh jadi kurang dingin, dan ketika jalan RPM lebih tinggi otomatis kompresi si Compressor bertambah dan AC makin dingin. Dan kalo lemah kipasnya, pas jalan parts Condenser kena hembusan angin, jadi lebih bagus melepas panas dan AC makin dingin.)
IG: @kemuningauto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2988
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Om kemuning...kemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 14:10 1. Tidak pengaruh sama sekali, selama mesin dan sistem AC normal semua, pas lagi idle pun tetep dingin dan AC dikatakan dingin bila mencapai di bawah suhu 10° Celcius.
2. Coba dicek kinerja Motor Fan AC / Radiatornya. Kalo ada waktu, cek ke bengkel AC untuk tekanan freonnya. (Karena freon kurang juga berpengaruh jadi kurang dingin, dan ketika jalan RPM lebih tinggi otomatis kompresi si Compressor bertambah dan AC makin dingin. Dan kalo lemah kipasnya, pas jalan parts Condenser kena hembusan angin, jadi lebih bagus melepas panas dan AC makin dingin.)
Untuk mazda 2 sekaiaktip gen awal dan cx-3 keluaran agak awal sempet pada recall (ada TSB-nya) khususnya condensor yg bocor dari sisi kanan bawah (kalau kita liat dari posisi nyetir dalem mobil ke depan ya).
https://testing-public.carmd.com/Tsb/Do ... 2/SI112752
Itu karena kualitas materialnya yg tipis atau gimana ya? Paling sering masalah buat yg mobilnya dipake tol karena kena kerikil, tapi seumur2 punya mobil baru kali ini bisa ada mobil kondenser-nya lemah pisan. mzd 2 saya juga kena taun lalu awal2, untung masih dicover garansi....
Kalau yg jackpot, juga ada kena evaporator....ini keknya kasusnya mirip sipandir mungkin ya? masalah di area las2annya (disebut brazing soalnya).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 543
- Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
- Location: Harapan Indah Bekasi
- Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014
Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala
Oke. Betul banget. Mazda khususnya Mazda 2 bawaan asli parts2 sistem AC nya merk FoMoCo (Ford Motor Company) betul karena sempet ada kerjasama antara mereka berdua.josomba wrote:Om kemuning...kemuningauto wrote: ↑Thu Jul 11, 2019 14:10 1. Tidak pengaruh sama sekali, selama mesin dan sistem AC normal semua, pas lagi idle pun tetep dingin dan AC dikatakan dingin bila mencapai di bawah suhu 10° Celcius.
2. Coba dicek kinerja Motor Fan AC / Radiatornya. Kalo ada waktu, cek ke bengkel AC untuk tekanan freonnya. (Karena freon kurang juga berpengaruh jadi kurang dingin, dan ketika jalan RPM lebih tinggi otomatis kompresi si Compressor bertambah dan AC makin dingin. Dan kalo lemah kipasnya, pas jalan parts Condenser kena hembusan angin, jadi lebih bagus melepas panas dan AC makin dingin.)
Untuk mazda 2 sekaiaktip gen awal dan cx-3 keluaran agak awal sempet pada recall (ada TSB-nya) khususnya condensor yg bocor dari sisi kanan bawah (kalau kita liat dari posisi nyetir dalem mobil ke depan ya).
https://testing-public.carmd.com/Tsb/Do ... 2/SI112752
Itu karena kualitas materialnya yg tipis atau gimana ya? Paling sering masalah buat yg mobilnya dipake tol karena kena kerikil, tapi seumur2 punya mobil baru kali ini bisa ada mobil kondenser-nya lemah pisan. mzd 2 saya juga kena taun lalu awal2, untung masih dicover garansi....
Kalau yg jackpot, juga ada kena evaporator....ini keknya kasusnya mirip sipandir mungkin ya? masalah di area las2annya (disebut brazing soalnya).
Berdasarkan pengalaman, parts2 sistem AC FoMoCo, atau GM kaya Chevrolet kurang begitu awet dan harganya mahal entah karena biaya import dll.
Dan kalo masalah brazing, itu bisa aja karena parts2 ini mass production dan selalu ada kemungkinan untuk namanya gagal produksi.
Contoh, Denso mengeluarkan parts yang harganya lebih terjangkau dengan nama Denso Coolgear. Ada beberapa parts yg menurut saya fail. Contoh Evaporator Denso CG buat Innova, selalu bermasalah dan mengalami istilah "frost", Evaporator Denso CG buat Veloz, dudukannya agak berbeda musti dipaksa baru bisa pas.
IG: @kemuningauto