Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1560
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Klo baca berita kayak gini, malah baper tinggal d jogja aja gara2 mudik kmrn
Udaranya enak, mau ke gunung deket mau ke pantai ombaknya seru, lalu lintasnya ramai tp ga crowded
Lha di jkt, refreshing mau ke pantai ancol ombaknya bisa dibilang ga ada (pantai seberang ancol mall) airnya jg kotor
Udaranya enak, mau ke gunung deket mau ke pantai ombaknya seru, lalu lintasnya ramai tp ga crowded
Lha di jkt, refreshing mau ke pantai ancol ombaknya bisa dibilang ga ada (pantai seberang ancol mall) airnya jg kotor
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
motor 2 stroke + Premium + gak terawat .... mungkin 100 kali lipatMichaelktp wrote: ↑Wed Jul 24, 2019 6:02 Mungkin benar adanya karena populasi motor yang saya lihat memang semakin menggila pasca krisis moneter 1998.
Konon tingkat polusi yang dihasilkan motor itu 20 kali lipat dari mesin mobil Apalagi motor 2 stroke bisa 50 kali lipat. Padahal era 1990 an saya penggemar motor 2 stroke Yamaha dan Suzuki apalagi Moto GP masa itu all 2 stroke hahaha. Secara Honda 2W Indo DM hanya memproduksi motor 4 stroke kecuali trim NSR yang juga sangat terbatas dan mahal.
long live 2 stroke
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Mon Jul 08, 2019 9:16
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Angkot M-09
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Nubie ingin menyampaikan sedikit pendapat, pintu kritik dan saran ane buka selebar2nya
IMO, Sebenarnya masalah paling utama penyebab polusi Jakarta ni menurut ane lebih kepada pola fikir sebagian masyarakat yang kadang mengindahkan suatu peraturan dengan pembenaran yang didasari oleh keinginan pribadi. Postingan yang lalu di trit ini saya rasa sudah ada yang memberikan contoh terkait hal ini. Misal, ada keluarga yang membeli kendaraan yang banyak untuk mengakomodir setiap anggota keluarganya sehingga, disaat yang bersamaan, bisa saja setiap orang dri keluarga tersebut masing2 menggunakan satu kendaraan yang notabenenya setiap kendaraan seharusnya dapat diisi 2 orang (untuk kendaraan roda dua) hingga 7 orang atau lebih (kendaraan roda empat). Dan apabila hal seperti ini terjadi pada banyak keluarga di Jakarta, pastinya macet dan polusi merupakan hal yang kemungkinan besar akan didapatkan. Mungkin membahas hal ini agak sensitif ya, karena saya yakin setiap orang/keluarga mungkin memiliki kebutuhan yang mendesak/prioritasnya masing2, sehingga memutuskan untuk membeli kendaraan yang lebih banyak dri sewajarnya (wajar disini dalam artian setidaknya kapasitas angkut seluruh kendaraan yang dimiliki sama dengan jumlah anggota keluarga tersebut). Tpi setidaknya, turunkan skala prioritas kebutuhan kendaraan kita semaksimal mungkin, dan memenuhi kebutuhan transportasi kita dengan menggunakan kendaraan masal/umum. Hal ini tentunya dapat mengurangi yang namanya macet dan polusi apabila dapat diaplikasikan oleh seluruh warga ibukota.
Selanjutnya masih mengenai kendaraan, pemerintah setidaknya memperketat uji kelayakan dan emisi dari setiap kendaraan umum yang terdata, yang tentunya pengujian tersebut dilakukan secara berkala dan dalam periode yang lebih dekat (misal setiap 3-6 bulan sekali). Ane jujur kurang tahu seketat apa regulasi pemerintah terkait kondisi kendaraan umum pada saat ini, tpi sebagai pengguna kendaraan umum, ane sering mendapati kendaraan umum yang sebenarnya sudah tak layak jalan lagi. Apabila nantinya diadakan regulasi yang lebih ketat terhadap kelayakan setiap kendaraan umum, yang pertama setidaknya polusi yang disumbangkan kendaraan umum khususnya akan berkurang, dan juga minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum akan lebih tinggi, dan tentunya kejadian seperti bus yang terbakar tiba2, atau hal2 buruk yang dapat menimpa kendaraan umum yang tidak/kurang layak pakai dapat direduksi dengan cukup signifikan.
Mudah2an Jakarta di masa akan datang dapat menjadi Ibukota yang bisa memberikan contoh yang baik bagi seluruh daerah di Indonesia, bukan menjadi kota dengan citra yang terburuk se negara ini, apalagi terburuk dalam skala Internasional
Fyuhh, rada legaan ngeluarin unek2 begini, mohon maaf kalo ada pendapat nubie yang menyinggung
IMO, Sebenarnya masalah paling utama penyebab polusi Jakarta ni menurut ane lebih kepada pola fikir sebagian masyarakat yang kadang mengindahkan suatu peraturan dengan pembenaran yang didasari oleh keinginan pribadi. Postingan yang lalu di trit ini saya rasa sudah ada yang memberikan contoh terkait hal ini. Misal, ada keluarga yang membeli kendaraan yang banyak untuk mengakomodir setiap anggota keluarganya sehingga, disaat yang bersamaan, bisa saja setiap orang dri keluarga tersebut masing2 menggunakan satu kendaraan yang notabenenya setiap kendaraan seharusnya dapat diisi 2 orang (untuk kendaraan roda dua) hingga 7 orang atau lebih (kendaraan roda empat). Dan apabila hal seperti ini terjadi pada banyak keluarga di Jakarta, pastinya macet dan polusi merupakan hal yang kemungkinan besar akan didapatkan. Mungkin membahas hal ini agak sensitif ya, karena saya yakin setiap orang/keluarga mungkin memiliki kebutuhan yang mendesak/prioritasnya masing2, sehingga memutuskan untuk membeli kendaraan yang lebih banyak dri sewajarnya (wajar disini dalam artian setidaknya kapasitas angkut seluruh kendaraan yang dimiliki sama dengan jumlah anggota keluarga tersebut). Tpi setidaknya, turunkan skala prioritas kebutuhan kendaraan kita semaksimal mungkin, dan memenuhi kebutuhan transportasi kita dengan menggunakan kendaraan masal/umum. Hal ini tentunya dapat mengurangi yang namanya macet dan polusi apabila dapat diaplikasikan oleh seluruh warga ibukota.
Selanjutnya masih mengenai kendaraan, pemerintah setidaknya memperketat uji kelayakan dan emisi dari setiap kendaraan umum yang terdata, yang tentunya pengujian tersebut dilakukan secara berkala dan dalam periode yang lebih dekat (misal setiap 3-6 bulan sekali). Ane jujur kurang tahu seketat apa regulasi pemerintah terkait kondisi kendaraan umum pada saat ini, tpi sebagai pengguna kendaraan umum, ane sering mendapati kendaraan umum yang sebenarnya sudah tak layak jalan lagi. Apabila nantinya diadakan regulasi yang lebih ketat terhadap kelayakan setiap kendaraan umum, yang pertama setidaknya polusi yang disumbangkan kendaraan umum khususnya akan berkurang, dan juga minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum akan lebih tinggi, dan tentunya kejadian seperti bus yang terbakar tiba2, atau hal2 buruk yang dapat menimpa kendaraan umum yang tidak/kurang layak pakai dapat direduksi dengan cukup signifikan.
Mudah2an Jakarta di masa akan datang dapat menjadi Ibukota yang bisa memberikan contoh yang baik bagi seluruh daerah di Indonesia, bukan menjadi kota dengan citra yang terburuk se negara ini, apalagi terburuk dalam skala Internasional
Fyuhh, rada legaan ngeluarin unek2 begini, mohon maaf kalo ada pendapat nubie yang menyinggung
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2941
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Mau polusi berkurang ya gampang pindah ke kendaraan listrik aja
Tapi gimana mau pindah ke motor listrik / mobil listrik?
Aki umur 1,5-2 tahun aja dianggap wajar
Bayangin hal yg sama diterapkan ke baterai motor 5-10 juta
Mau ganti baterai 5-10 juta / 2 tahun?
Bayangin ke baterai mobil
Mau ganti baterai mobil 50-100 juta / 2 tahun?
Tapi gimana mau pindah ke motor listrik / mobil listrik?
Aki umur 1,5-2 tahun aja dianggap wajar
Bayangin hal yg sama diterapkan ke baterai motor 5-10 juta
Mau ganti baterai 5-10 juta / 2 tahun?
Bayangin ke baterai mobil
Mau ganti baterai mobil 50-100 juta / 2 tahun?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 734
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Mantap pencerahan mengenai motor. Baru tau motor sebesar itu tingkat polusinya. Berarti yg perlu ketat diuji emisi dimulai dari motor dulu. Penyumbang polusi suara terbesar juga motor dgn knalpot resingnya. Kalau ada pajak berdasarkan emisi, gmn nasib motor...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1397
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
kalo ingin agar pada pindah ke transportasi massal ya bagus, kan tinggal bagusin transportasi massal. tapi apakah mau hal ini dilakukan..?? kayak nya enggak dulu lah (atau minimal jangan skrg). klo pada pindah ke transportasi massal, ntar pemasukan pajak lewat penjualan mobil tersendat dong, padahal kan gede itu. lha waktu penjualan mobil tersendat, muncul lcgc agar penjualan bagus lagi kwkwkwkw
wes ta lah, nikmatin aja polusi nya itu
wes ta lah, nikmatin aja polusi nya itu
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Mon Jul 08, 2019 9:16
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Angkot M-09
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
iwing wrote: ↑Wed Jul 24, 2019 9:18 kalo ingin agar pada pindah ke transportasi massal ya bagus, kan tinggal bagusin transportasi massal. tapi apakah mau hal ini dilakukan..?? kayak nya enggak dulu lah (atau minimal jangan skrg). klo pada pindah ke transportasi massal, ntar pemasukan pajak lewat penjualan mobil tersendat dong, padahal kan gede itu. lha waktu penjualan mobil tersendat, muncul lcgc agar penjualan bagus lagi kwkwkwkw
wes ta lah, nikmatin aja polusi nya itu
Klo menurut nubie sih, berkurangnya jumlah kendaraan pribadi pasti mengurangi jumlah konsumsi bbm, penekanan jumlah konsumsi bbm bisa memperkecil keran impor bbm, dan dapat memperkecil jumlah subsidi yang dibayarkan pemerintah untuk setiap liter bbm (karena tak jarang kendaraan pribadi yang diisi bbm bersubsidi), serta dengan meningkatnya penggunaan kendaraan umum oleh masyarakat, berarti pemasukan dri kendaraan umum meningkat (setidaknya running cost kendaraan umum lebih efisien). Apabila pengguna kendaraan umum nantinya semakin banyak, kemungkinan pemerintah akan menambah rute perjalanan kendaraan umum yang pastinya diiringi juga dengan penambahan armada, sehingga lebih bisa mengakomodir kebutuhan transportasi masyarakat ibukota.
Mungkin ada harga yang harus dibayarkan untuk menciptakan jakarta yang lebih bersih, tpi setidaknya harga tersebut sebanding dengan apa yang akan didapatkan kelak. Jakarta yang lebih bersih, berarti citra buruk Indonesia mengenai polusi berkurang, dan nantinya apabila berhasil DKI Jakarta layak dijadikan trend setter bagi provinsi lain dalam menciptakan kondisi bebas polusi sebagaimana seharusnya Ibukota suatu negara menjadi contoh bagi setiap daerah di negara tersebut.
Klo memang ingin menggalakkan industri otomotif, rasanya pemberlakuan aturan umur mobil dapat dipertimbangkan. Walaupun memang agak berat sepertinya
Memang keliatan kayak berlebihan ya imajinasi ane, tapi klo kita bersama mendukung untuk mewujudkan program bebas polusi, Jakarta would be a better place to live
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
https://news.detik.com/berita/d-4638532 ... kian-parah
DKI Jakarta sempat menempati urutan pertama sebagai kota dengan polusi paling parah pada Kamis (25/7/2019) pagi tadi. Data AirVisual terus diperbarui setiap jam.
Data pada hari ini, AirVisual menunjukkan air quality index (AQI) DKI Jakarta lebih parah dari hari sebelumnya Rabu (24/7) yaitu mencapai nilai 170. Hingga pukul 09.30 WIB, AQI di Jakarta menunjukkan nilai sebesar 158. Nilai tersebut menujukkan udara di Jakarta dikategorikan tidak sehat.
Pantuan AirVisual: Polusi Udara Jakarta Hari Ini Kian Parah.
Data diperoleh dari alat pemantau udara milik Airvisual yang ada di Kedutaan Amerika Serikat, Pegadungan, Kemayoran, Pejanten Barat, Rawamangun, dan Mangga Dua.
DKI Jakarta sempat menempati urutan pertama sebagai kota dengan polusi paling parah pada Kamis (25/7/2019) pagi tadi. Data AirVisual terus diperbarui setiap jam.
Data pada hari ini, AirVisual menunjukkan air quality index (AQI) DKI Jakarta lebih parah dari hari sebelumnya Rabu (24/7) yaitu mencapai nilai 170. Hingga pukul 09.30 WIB, AQI di Jakarta menunjukkan nilai sebesar 158. Nilai tersebut menujukkan udara di Jakarta dikategorikan tidak sehat.
Pantuan AirVisual: Polusi Udara Jakarta Hari Ini Kian Parah.
Data diperoleh dari alat pemantau udara milik Airvisual yang ada di Kedutaan Amerika Serikat, Pegadungan, Kemayoran, Pejanten Barat, Rawamangun, dan Mangga Dua.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Long live the (RX) King....martinnn wrote: ↑Wed Jul 24, 2019 7:56motor 2 stroke + Premium + gak terawat .... mungkin 100 kali lipatMichaelktp wrote: ↑Wed Jul 24, 2019 6:02 Mungkin benar adanya karena populasi motor yang saya lihat memang semakin menggila pasca krisis moneter 1998.
Konon tingkat polusi yang dihasilkan motor itu 20 kali lipat dari mesin mobil Apalagi motor 2 stroke bisa 50 kali lipat. Padahal era 1990 an saya penggemar motor 2 stroke Yamaha dan Suzuki apalagi Moto GP masa itu all 2 stroke hahaha. Secara Honda 2W Indo DM hanya memproduksi motor 4 stroke kecuali trim NSR yang juga sangat terbatas dan mahal.
long live 2 stroke
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
`kita lihat efek lidah mertua hasil kerja wan abud
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Maksudnya ini Om
Lidah mertua : tanaman pengurang polusi
Wan Abud : Anies Baswedan
https://www.google.co.id/amp/s/m.viva.c ... lusi-udara
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
slapnuts wrote: ↑Fri Jul 26, 2019 12:01Maksudnya ini Om
Lidah mertua : tanaman pengurang polusi
Wan Abud : Anies Baswedan
https://www.google.co.id/amp/s/m.viva.c ... lusi-udara
ooo tanaman toh....
kenapa anies baswedan dibilang wan abud...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Wan ABUD.kompresorz wrote: ↑Fri Jul 26, 2019 13:31slapnuts wrote: ↑Fri Jul 26, 2019 12:01Maksudnya ini Om
Lidah mertua : tanaman pengurang polusi
Wan Abud : Anies Baswedan
https://www.google.co.id/amp/s/m.viva.c ... lusi-udara
ooo tanaman toh....
kenapa anies baswedan dibilang wan abud...
Wan Abud adalah tokoh sinetron dulunya, filmnya banyak sekali pada masa itu, dengan gayanya ceplas ceplos seperti "ente bahlul".
Nah karena anies di klaim keturunan arab para netizen di sosial media terang terangan menyebut gubernur jakarta tersebut sebagai wan abud.
Entah karena sakit hati ahok kalah, atau memang kecewa dengan kinerja anies sekarang.
https://www.kompasiana.com/mayalily3687 ... -daftarnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
oooo gitu toh....
harusnya gak boleh bilang wan abud...walo gak suka ya harus hargai gimanapun anies baswedan seorang pemimpin...tangan kanan Tuhan...Dosa...
yah kalo gak suka tunggu aja pemilu berikutnya....
saya sendiri msh ktp jkt n salah 1 yg kecewa...
harusnya gak boleh bilang wan abud...walo gak suka ya harus hargai gimanapun anies baswedan seorang pemimpin...tangan kanan Tuhan...Dosa...
yah kalo gak suka tunggu aja pemilu berikutnya....
saya sendiri msh ktp jkt n salah 1 yg kecewa...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Sun Mar 04, 2018 16:28
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Tern P20 n Gerobak Kroya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Sesek om.
Malah sehatan di dalam ac mobil (kayaknya lho ya) kalau di Jakarta
Ron Asheton Forever
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Padahal mesin 2 stroke paling mudah dirawat yang penting jangan sampai kehabisan oli samping sajamartinnn wrote: ↑Wed Jul 24, 2019 7:56motor 2 stroke + Premium + gak terawat .... mungkin 100 kali lipatMichaelktp wrote: ↑Wed Jul 24, 2019 6:02 Mungkin benar adanya karena populasi motor yang saya lihat memang semakin menggila pasca krisis moneter 1998.
Konon tingkat polusi yang dihasilkan motor itu 20 kali lipat dari mesin mobil Apalagi motor 2 stroke bisa 50 kali lipat. Padahal era 1990 an saya penggemar motor 2 stroke Yamaha dan Suzuki apalagi Moto GP masa itu all 2 stroke hahaha. Secara Honda 2W Indo DM hanya memproduksi motor 4 stroke kecuali trim NSR yang juga sangat terbatas dan mahal.
long live 2 stroke
Yang enak-enak memang banyak mudaratnya hahaha.
Akibatnya RIP (Rest in Production).
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Wed Oct 08, 2014 6:13
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Saya bike 2 work 13-17 hari kerja setiap bulannya.
Kenapa ?
Simple, take action than talk only.
Solution without polution
Fun
Padahal di Kantor sering nyambi nonton, cletus McFarland, hoonigan, doug demuro, carfection, etc hahaha.
Karena macet bukan bagian dari funnya motor sport industry.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
setuju bike to work,
tapi biker nya adalah korban pertama, karena bersepeda di jalan penuh polusi
tapi biker nya adalah korban pertama, karena bersepeda di jalan penuh polusi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Pake masker israeli, aman dan nyaman um..ilhami wrote:setuju bike to work,
tapi biker nya adalah korban pertama, karena bersepeda di jalan penuh polusi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
ya seperti saran di web aqi: jangan keluar ruangan apalagi olahraga tanpa masker. bike to work jadi otomatis pake masker juga = seperti naik motor. dan mesti cari masker yang kelasnya P95 bukan N95 yang lebih umum.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Engga kebayang kalo majority motor sama mobil udah pada pake listrik trus terjadi blackout kayak hari ini. Udah dirumah listrik mati, mau ngungsi keluar eh mobilnya lowbatSalvanost wrote: ↑Wed Jul 24, 2019 9:01 Mau polusi berkurang ya gampang pindah ke kendaraan listrik aja
Tapi gimana mau pindah ke motor listrik / mobil listrik?
Aki umur 1,5-2 tahun aja dianggap wajar
Bayangin hal yg sama diterapkan ke baterai motor 5-10 juta
Mau ganti baterai 5-10 juta / 2 tahun?
Bayangin ke baterai mobil
Mau ganti baterai mobil 50-100 juta / 2 tahun?
2012 HR15DE 4AT - Shell Helix Ultra 5w30
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
2015 CTHD 6AT - Amsoil European Car Formula 5w30
2017 K12M 5MT - Amsoil Signature Series 0w20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2293
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Power outage kali ini chaos bgt sih.. terutama BSD.. sampai saya dan keluarga cari hotel semua full.. macet dimana2.. hahahaha.. ke mall juga padatAriazaki wrote: ↑Sun Aug 04, 2019 16:27Engga kebayang kalo majority motor sama mobil udah pada pake listrik trus terjadi blackout kayak hari ini. Udah dirumah listrik mati, mau ngungsi keluar eh mobilnya lowbatSalvanost wrote: ↑Wed Jul 24, 2019 9:01 Mau polusi berkurang ya gampang pindah ke kendaraan listrik aja
Tapi gimana mau pindah ke motor listrik / mobil listrik?
Aki umur 1,5-2 tahun aja dianggap wajar
Bayangin hal yg sama diterapkan ke baterai motor 5-10 juta
Mau ganti baterai 5-10 juta / 2 tahun?
Bayangin ke baterai mobil
Mau ganti baterai mobil 50-100 juta / 2 tahun?
Kalau semua sudah EV, harus ada panel surya di atap mobil buat otomatis ngecharge..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Kualitas udara Jakarta terburuk di dunia, bagaimana solusi dan keadaan kota2 lain di Indo ?
Sedia genset di bagasi mobilAriazaki wrote: ↑Sun Aug 04, 2019 16:27Engga kebayang kalo majority motor sama mobil udah pada pake listrik trus terjadi blackout kayak hari ini. Udah dirumah listrik mati, mau ngungsi keluar eh mobilnya lowbatSalvanost wrote: ↑Wed Jul 24, 2019 9:01 Mau polusi berkurang ya gampang pindah ke kendaraan listrik aja
Tapi gimana mau pindah ke motor listrik / mobil listrik?
Aki umur 1,5-2 tahun aja dianggap wajar
Bayangin hal yg sama diterapkan ke baterai motor 5-10 juta
Mau ganti baterai 5-10 juta / 2 tahun?
Bayangin ke baterai mobil
Mau ganti baterai mobil 50-100 juta / 2 tahun?
Gensetnya minum biosolar
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82