wuidih..... mantap surantap. top markotop.
ayla resing cuy.....
acung jempol dulu.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
ke tukang gorengan juga om, biar tambah licin pas ditelen...DOHC wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 1:25 jd kpikiran, ad rencana mau ngeflush daleman hrv ane yg odo uda cepeceng plus rada keiteman diliat dr lubang isi oli nya,
kayanya buat ngedorong sisa obat flush, enak pake migor aj nehh.. drpd beli 3 liter oli mesran.. itung2 lebi ramah lingkungan, migor sisa ngedorong oli + enjin flush bisa buat ane bagi2 ke tukang nasgor ama sate deket rumah
Buset ayla pake 15w50sucahyo wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 0:38Mobil jarang dipakai. Nggak ideal jadi contoh. Lagipula kerak tentunya susah dilihat.coklatMetalik wrote: ↑Fri Aug 30, 2019 3:32 Pengen tau aja nih om cahyo mobilnya pake oli apa & minyak goreng merk apa. & Apa selama ini blom pernah ada kerak?
daihatsu ayla 3 silinder, fastron techno 15W50, tropical 200ml.
Kalau untuk saya nggak ada gunanya mencampurkan minyak goreng ke tangki bensin. Toh sudah nggak pakai oli mesin sampah lagi. Lagipula saya kan sudah pakai pro capacitor. tenaga di rpm tinggi nambah 25%. nggak ada manfaat pakai aditif bensin yang ratusan ribu sekalipun.
Dulu waktu masih ketipu pakai oli sampah saya memang kadang nambah minyak goreng ke tangki bensin. Saat itu terasa banget efeknya, mesin jadi halus. Kalau sekarang ya mubazir dan malah tenaga berkurang.
Lagipula kalau orang hobi pakai pertalite tentunya tahu bahwa itu bensin pelumasnya overdosis. Kalau pakai oli sampah bakal terasa sekali manfaat pakai pertalite. Tapi kalau oli mesin sudah pakai yang bagus pakai pertalite terasa berkurang performa mesin
Mungkin biar “feeling” Omnya ngerasa mobil ini sehalus V6 dan sesenyap Rolls,Jambangan wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 6:44Buset ayla pake 15w50sucahyo wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 0:38Mobil jarang dipakai. Nggak ideal jadi contoh. Lagipula kerak tentunya susah dilihat.coklatMetalik wrote: ↑Fri Aug 30, 2019 3:32 Pengen tau aja nih om cahyo mobilnya pake oli apa & minyak goreng merk apa. & Apa selama ini blom pernah ada kerak?
daihatsu ayla 3 silinder, fastron techno 15W50, tropical 200ml.
Kalau untuk saya nggak ada gunanya mencampurkan minyak goreng ke tangki bensin. Toh sudah nggak pakai oli mesin sampah lagi. Lagipula saya kan sudah pakai pro capacitor. tenaga di rpm tinggi nambah 25%. nggak ada manfaat pakai aditif bensin yang ratusan ribu sekalipun.
Dulu waktu masih ketipu pakai oli sampah saya memang kadang nambah minyak goreng ke tangki bensin. Saat itu terasa banget efeknya, mesin jadi halus. Kalau sekarang ya mubazir dan malah tenaga berkurang.
Lagipula kalau orang hobi pakai pertalite tentunya tahu bahwa itu bensin pelumasnya overdosis. Kalau pakai oli sampah bakal terasa sekali manfaat pakai pertalite. Tapi kalau oli mesin sudah pakai yang bagus pakai pertalite terasa berkurang performa mesin
PAG gak kompatibel dgn oli mineral / PAOkemuningauto wrote:Pake oli Compressor aja om, PAG 46. Denso ND-8.
*Kabur dulu*
ohh mxd ane bukan buat dipake goreng om, tp buat lampu petromak mreka..kunaskun wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 6:28ke tukang gorengan juga om, biar tambah licin pas ditelen...DOHC wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 1:25 jd kpikiran, ad rencana mau ngeflush daleman hrv ane yg odo uda cepeceng plus rada keiteman diliat dr lubang isi oli nya,
kayanya buat ngedorong sisa obat flush, enak pake migor aj nehh.. drpd beli 3 liter oli mesran.. itung2 lebi ramah lingkungan, migor sisa ngedorong oli + enjin flush bisa buat ane bagi2 ke tukang nasgor ama sate deket rumah
td siang ud dikerjain om, kuras oli lama + EF, isi migor 3 liter, nyalain mesin 10 detik, drain, diemin sejem trus tuang oli2 sisa di gerasi..
Angkat topi, acung dua jempol.
coklatMetalik wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 13:10 Kalo di diesel sih jalan 50 km aja udh item... Jadi gimana bedain sampah nggaknya
Hehe keren ganti oli tiap 10 km [emoji16]marmut wrote:coklatMetalik wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 13:10 Kalo di diesel sih jalan 50 km aja udh item... Jadi gimana bedain sampah nggaknya
kalo gitu ganti olinya tiap 10 KM. biar nggak item.
Karena anggaran cuma tersedia buat 1 kali ganti olo per taun, berarti mobilnya gk boleh jalan lbh dari 10 km setaun....marmut wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 14:08coklatMetalik wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 13:10 Kalo di diesel sih jalan 50 km aja udh item... Jadi gimana bedain sampah nggaknya
kalo gitu ganti olinya tiap 10 KM. biar nggak item.
Penasaran saya mbah, mesti dicoba ke ATF, Radiator, Minyak Rem, Pelumas segala macem joint nih migor...
ohh mxd ane bukan buat dipake goreng om, tp buat lampu petromak mreka..
daripada migor saya si mendingan beli oli pertamina curah saja, jalanin 1-3 menit juga masih berani lah takut dengan migor yang biasa buat masak malah buat mesintd siang ud dikerjain om, kuras oli lama + EF, isi migor 3 liter, nyalain mesin 10 detik, drain, diemin sejem trus tuang oli2 sisa di gerasi..
hasil drain nya bau nya masi bau migor, dan mirip2 warna migor jg, cuman agak gelap aj..
keren nih, mekanik zaman sekarang mesti belajar ke om sucahyo, tahu kualitas oli cukup dengerin suara mesin saja. bahkan mekanik zaman old yang masih terima setting karbu atau diesel mekanikal saja saya rasa lewat skillnya.sucahyo wrote: ↑Sat Aug 31, 2019 12:58 Oli yang kekentalannya cepat berkurang (temporary viscosity loss akibat shear) bakal cepat rusak dan teroksidasi. BIasanya oli yang cepat rusak itu adalah oli yang pakai VI improver murahan. Kalau telinga peka, bisa dilihat suara mesin yang makin kasar waktu motor dipakai kencang. Setelah dipakai kencang suara mesin kasar.
Mungkin om perlu lebih banyak membaca. Banyak oli mesin yang mengklaim punya kualitas lebih baik berdasarkan halusnya suara mesin. Mengklaim produk mereka lebih bagus karena membuat suara mesin lebih halus.
Menurut saya tulisan itu tidak ditujukan ke mekanik bengkel, tapi untuk konsumen. Walau memang shell itu bukan mekanik bengkel, walau memang sekarang ini mekanik bengkel lebih dipercaya dari pabrikan oli, tapi sebagai pabrik oli internasional rasanya perlu sedikit diperhatikan pendapatnya.SHELL ADVANCE SCOOTER OIL
Diformulasikan khusus untuk skuter matic Anda. Dengan menggunakan pelumas skuter matic yang tepat, Anda dapat membuat suara mesin lebih halus dan lebih awet dan bersih. Kami memformulasikan Shell Advance Scooter Oil dengan Active Cleansing Technology, pelumas mesin skuter matic yang membersihkan 33%* lebih baik dari pelumas lain.
Lama2 kl disimak terus ternyata om Cahyo lucu jg y om Turbo.
justru saya memuji. skill om Sucahyo luar biasa. percaya suara mesin dari awal, tapi ga percaya logo API. nah sekarang merujuk web Shell sebagai produsen oli sebagai pembenaran suara mesin, jadi artinya Shell yg dirujuk di link itu bukan oli sampah yg kalau dicari2 oli tsb memenuhi API?sucahyo wrote: ↑Mon Sep 02, 2019 5:49Mungkin om perlu lebih banyak membaca. Banyak oli mesin yang mengklaim punya kualitas lebih baik berdasarkan halusnya suara mesin. Mengklaim produk mereka lebih bagus karena membuat suara mesin lebih halus.
Di website shell ada tulisan begini:Menurut saya tulisan itu tidak ditujukan ke mekanik bengkel, tapi untuk konsumen. Walau memang shell itu bukan mekanik bengkel, walau memang sekarang ini mekanik bengkel lebih dipercaya dari pabrikan oli, tapi sebagai pabrik oli internasional rasanya perlu sedikit diperhatikan pendapatnya.SHELL ADVANCE SCOOTER OIL
Diformulasikan khusus untuk skuter matic Anda. Dengan menggunakan pelumas skuter matic yang tepat, Anda dapat membuat suara mesin lebih halus dan lebih awet dan bersih. Kami memformulasikan Shell Advance Scooter Oil dengan Active Cleansing Technology, pelumas mesin skuter matic yang membersihkan 33%* lebih baik dari pelumas lain.
Yang begitu itu rasanya sudah sejak dulu banget. Jadi unik juga kalau di sini suara mesin halus itu tidak dijadikan patokan kualitas oli.
Atau anda berpendapat Shell itu lebay banget mengharapkan konsumen bisa membedakan suara mesin halus dan kasar? Wah, berarti anda menganggap anda sudah lebih hebat dari insinyurnya Shell ya?
ane sehh tujuan nya cuman buat ngedorong sisa enjin flush + oli lama doank om.. abis itu kan dimasukin lg oli2 sisa di gerasi ane, jalanin mesin bentar baru di drain lg... nah trakir baru masukin oli yg bener.. knapa ampe 2 kali ? krn daleman mesin nya agak kotor, ini mobil biasa d urus ama bokap, tralu percaya ama beres (atau ga mau repot)