Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

erwinign wrote:Halo om, mobil saya ertiga 2014 km 61rb. Waktu bulan juni kmrn saya service AC di bengkel langganan saya (baru servis ac pertama kali stl 5th) tujuan nya cuma perawatan berkala gara2 usia. Waktu itu kuras freon+oli kompressor kuras, sama bersih2 yg basic. Abis itu sempet beberapa hari bau tengik pas awal dinyalain, tapi sekarang udah nggak lagi. Satu hal buat saya yang nggganjel dari sebelum servis, tiap AC depan nyala, mesti dr bawah laci ada bunyi "serrrrnnnggggggg" terus2an (dugaan saya blower AC depan yg dibawah cabin filter). Itu kenapa ya om (kl memang dugaan saya bener)? Saya orang nya OCD, kalo ada aneh2/bunyi2 dikit di mobil saya nggak mau hahahaaha, krn nggak semestinya ada gejala begituan. Oh ya, filter AC tiap 2th ganti, dan kmrn terakhir ganti bulan maret 2019, mobil jarang pake dan ngga pake parfum2an. Saya pake serap air yang perfumed
Coba dicek Motor Blowernya.
IG: @kemuningauto
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Ini namanya Oil Guard. Buat mengetahui kualitas Oli Compressor AC mobil. Kalo bukan bengkel agak sayang belinya, kecuali emg hobi DIY. Kisaran 2 jutaan harganya. Bawa ke bengkel AC biasanya ada alat ini, gratis ngeceknya harusnya.


Dalam case ini, KIA Picanto mengalami "Compressor Failure". Oli Compressor penuh gram2 (debris), bisa diliat dari warna kehitamannya.

IMG_20190629_141239.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @kemuningauto
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Ini proses penggantian Oli Compressor pada Toyota Mark X 2012 menggunakan mesin LAX. Bagian bawah Oli lamanya, kapasitas masih bagus (no leaking) kisaran 160ml dan menggunakan Denso ND-8 tipe Oli nya. Sesuai sama spek Mark X. (Jangan coba2 pake tipe yg berbeda dari spek Compressor untuk menjaga keawetan dan performa parts). Case cuma dilakukan penggantian buat perawatan berkala dan mencegah "bad stuff" pada Compressornya entah dari suara ngorok, kasar, ataupun failure Compressor.

Bisa dicari bengkel2 yg menggunakan mesin LAX, sempet saya share di thread ini. Ada sekitar 100-an bengkel di Indonesia.
IMG_20190812_093131.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
IG: @kemuningauto
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by indeskey »

Om Kemuning cara tahu spec oli yg dipakai gimana? Kalau honda brv oli compressornya pake apa ya om?

Matur suwun
kemuningauto wrote: Mon Sep 02, 2019 10:40 Ini proses penggantian Oli Compressor pada Toyota Mark X 2012 menggunakan mesin LAX. Bagian bawah Oli lamanya, kapasitas masih bagus (no leaking) kisaran 160ml dan menggunakan Denso ND-8 tipe Oli nya. Sesuai sama spek Mark X. (Jangan coba2 pake tipe yg berbeda dari spek Compressor untuk menjaga keawetan dan performa parts). Case cuma dilakukan penggantian buat perawatan berkala dan mencegah "bad stuff" pada Compressornya entah dari suara ngorok, kasar, ataupun failure Compressor.

Bisa dicari bengkel2 yg menggunakan mesin LAX, sempet saya share di thread ini. Ada sekitar 100-an bengkel di Indonesia.IMG_20190812_093131.jpeg
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

indeskey wrote:Om Kemuning cara tahu spec oli yg dipakai gimana? Kalau honda brv oli compressornya pake apa ya om?

Matur suwun
kemuningauto wrote: Mon Sep 02, 2019 10:40 Ini proses penggantian Oli Compressor pada Toyota Mark X 2012 menggunakan mesin LAX. Bagian bawah Oli lamanya, kapasitas masih bagus (no leaking) kisaran 160ml dan menggunakan Denso ND-8 tipe Oli nya. Sesuai sama spek Mark X. (Jangan coba2 pake tipe yg berbeda dari spek Compressor untuk menjaga keawetan dan performa parts). Case cuma dilakukan penggantian buat perawatan berkala dan mencegah "bad stuff" pada Compressornya entah dari suara ngorok, kasar, ataupun failure Compressor.

Bisa dicari bengkel2 yg menggunakan mesin LAX, sempet saya share di thread ini. Ada sekitar 100-an bengkel di Indonesia.IMG_20190812_093131.jpeg
Di Compressornya ada spec olinya. BR-V sama kaya Mobilio. Pake Denso. Oli pake Denso ND-8.
IG: @kemuningauto
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by indeskey »

Makasih infonya om kemuning.
kemuningauto wrote:
indeskey wrote:Om Kemuning cara tahu spec oli yg dipakai gimana? Kalau honda brv oli compressornya pake apa ya om?

Matur suwun
kemuningauto wrote: Mon Sep 02, 2019 10:40 Ini proses penggantian Oli Compressor pada Toyota Mark X 2012 menggunakan mesin LAX. Bagian bawah Oli lamanya, kapasitas masih bagus (no leaking) kisaran 160ml dan menggunakan Denso ND-8 tipe Oli nya. Sesuai sama spek Mark X. (Jangan coba2 pake tipe yg berbeda dari spek Compressor untuk menjaga keawetan dan performa parts). Case cuma dilakukan penggantian buat perawatan berkala dan mencegah "bad stuff" pada Compressornya entah dari suara ngorok, kasar, ataupun failure Compressor.

Bisa dicari bengkel2 yg menggunakan mesin LAX, sempet saya share di thread ini. Ada sekitar 100-an bengkel di Indonesia.IMG_20190812_093131.jpeg
Di Compressornya ada spec olinya. BR-V sama kaya Mobilio. Pake Denso. Oli pake Denso ND-8.
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3178
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Salvanost »

Jadi sebulan yg lalu
Ac tiba2 panas

Saya ga tau yg rusak kompresor, kipas atau apanya
Terus ke bengkel ac
Dibilang ga ada masalah cuma kurang maintenance doank

Ac dingin lagi

Tapi sekarang tiap kali ac nyala
Ada bunyi klik kletek tik tak tik tak klik kletek
Kaya bunyi kerikil kecil kelempar2 di kap mesin

Dan makin lama makin berisik
Saya bawa ke bengkel resmi
Katanya kemungkinan kompresor rusak

Kalau bengkel resmi nawarin opsi ganti kompresor
Kalau maunya perbaikin kompresor silahkan ke bengkel ac

Kita kirain fan beltnya masalah mobil umur 6 tahun soalnya
Ternyata kata beres fan belt ga masalah ga perlu diganti

Ac masih dingin...
1. Apakah ini kasus kompresor berisik masuk kategori perbaikan ac?
2. Atau termasuk perawatan ac?
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1417
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

Salvanost wrote: Wed Oct 16, 2019 1:59 Jadi sebulan yg lalu
Ac tiba2 panas

Saya ga tau yg rusak kompresor, kipas atau apanya
Terus ke bengkel ac
Dibilang ga ada masalah cuma kurang maintenance doank

Ac dingin lagi

Tapi sekarang tiap kali ac nyala
Ada bunyi klik kletek tik tak tik tak klik kletek
Kaya bunyi kerikil kecil kelempar2 di kap mesin

Dan makin lama makin berisik
Saya bawa ke bengkel resmi
Katanya kemungkinan kompresor rusak

Kalau bengkel resmi nawarin opsi ganti kompresor
Kalau maunya perbaikin kompresor silahkan ke bengkel ac

Kita kirain fan beltnya masalah mobil umur 6 tahun soalnya
Ternyata kata beres fan belt ga masalah ga perlu diganti

Ac masih dingin...
1. Apakah ini kasus kompresor berisik masuk kategori perbaikan ac?
2. Atau termasuk perawatan ac?
ikut nimbrung ya om. pengalaman di mobil saya, bunyi tersebut akibat kompresor kekurangan oli. kalo dibiarin lama2, akan bikin kompresor jebol. kasus terburuknya, jika sampe ada serpihan yang ikut masuk ke 'sistem' ac mobil, bisa overhaul total om (bukan hanya ganti kompresor saja) karena serpihan tersebut bisa menjalar kemana2. jika benar seperti kata saya, coba nambah oli kompresor terlebih dahulu
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3178
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by Salvanost »

iwing wrote: Wed Oct 16, 2019 2:59
Salvanost wrote: Wed Oct 16, 2019 1:59 Jadi sebulan yg lalu
Ac tiba2 panas

Saya ga tau yg rusak kompresor, kipas atau apanya
Terus ke bengkel ac
Dibilang ga ada masalah cuma kurang maintenance doank

Ac dingin lagi

Tapi sekarang tiap kali ac nyala
Ada bunyi klik kletek tik tak tik tak klik kletek
Kaya bunyi kerikil kecil kelempar2 di kap mesin

Dan makin lama makin berisik
Saya bawa ke bengkel resmi
Katanya kemungkinan kompresor rusak

Kalau bengkel resmi nawarin opsi ganti kompresor
Kalau maunya perbaikin kompresor silahkan ke bengkel ac

Kita kirain fan beltnya masalah mobil umur 6 tahun soalnya
Ternyata kata beres fan belt ga masalah ga perlu diganti

Ac masih dingin...
1. Apakah ini kasus kompresor berisik masuk kategori perbaikan ac?
2. Atau termasuk perawatan ac?
ikut nimbrung ya om. pengalaman di mobil saya, bunyi tersebut akibat kompresor kekurangan oli. kalo dibiarin lama2, akan bikin kompresor jebol. kasus terburuknya, jika sampe ada serpihan yang ikut masuk ke 'sistem' ac mobil, bisa overhaul total om (bukan hanya ganti kompresor saja) karena serpihan tersebut bisa menjalar kemana2. jika benar seperti kata saya, coba nambah oli kompresor terlebih dahulu
Langsung diganti kompresornya sama bengkel langganan ortu, ortu bilang ganti aja (paman saya juga buka bengkel nyuruh ganti juga)

Dengan opsi kompresor murah made in jepang 6juta
Atau kompresor aslinya 11 juta

Ya berhubung 11juta ujung2nya tar rusak juga...
Saya coba test 6juta aja kira2 awet berapa tahun...
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

Salvanost wrote:Jadi sebulan yg lalu
Ac tiba2 panas

Saya ga tau yg rusak kompresor, kipas atau apanya
Terus ke bengkel ac
Dibilang ga ada masalah cuma kurang maintenance doank

Ac dingin lagi

Tapi sekarang tiap kali ac nyala
Ada bunyi klik kletek tik tak tik tak klik kletek
Kaya bunyi kerikil kecil kelempar2 di kap mesin

Dan makin lama makin berisik
Saya bawa ke bengkel resmi
Katanya kemungkinan kompresor rusak

Kalau bengkel resmi nawarin opsi ganti kompresor
Kalau maunya perbaikin kompresor silahkan ke bengkel ac

Kita kirain fan beltnya masalah mobil umur 6 tahun soalnya
Ternyata kata beres fan belt ga masalah ga perlu diganti

Ac masih dingin...
1. Apakah ini kasus kompresor berisik masuk kategori perbaikan ac?
2. Atau termasuk perawatan ac?
Compressornya udah kena ini. Mobil apa? Dari penjelasan suaranya sejenis X-Over, Livina. Yang Compressornya ngga pake piston.
IG: @kemuningauto
omnyanaira
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by omnyanaira »

Om kemuning, klo ertiga 2013 spek oli kompresornya pke yg tipe apa?? Klo kuras butuh brp ml??
Sama klo di pangkal pinang bangka belitung bngkel ac yv pnya mesin lax ada ga ya om?? Tertarik mau perawatan ac mobil sudah 6 tahun soalnya belum diapa2in. Thanks
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by severmaya »

kemuningauto wrote: Wed Nov 06, 2019 17:44
Salvanost wrote:Jadi sebulan yg lalu
Ac tiba2 panas

Saya ga tau yg rusak kompresor, kipas atau apanya
Terus ke bengkel ac
Dibilang ga ada masalah cuma kurang maintenance doank

Ac dingin lagi

Tapi sekarang tiap kali ac nyala
Ada bunyi klik kletek tik tak tik tak klik kletek
Kaya bunyi kerikil kecil kelempar2 di kap mesin

Dan makin lama makin berisik
Saya bawa ke bengkel resmi
Katanya kemungkinan kompresor rusak

Kalau bengkel resmi nawarin opsi ganti kompresor
Kalau maunya perbaikin kompresor silahkan ke bengkel ac

Kita kirain fan beltnya masalah mobil umur 6 tahun soalnya
Ternyata kata beres fan belt ga masalah ga perlu diganti

Ac masih dingin...
1. Apakah ini kasus kompresor berisik masuk kategori perbaikan ac?
2. Atau termasuk perawatan ac?
Compressornya udah kena ini. Mobil apa? Dari penjelasan suaranya sejenis X-Over, Livina. Yang Compressornya ngga pake piston.
Om nimbrung ya, saya ada xtrail t30 bunyi juga, agak mirip seperti itu, lebih seperti gemuruh. Apa compresor sudah kena? Ngga panas sih, cuma kalau awal nyala ac sekarang udaranya hangat, 2 atau 3 detik tapi sudah dingin.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1417
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by iwing »

om kemuning, oli denso nd-8 itu sama gak dengan oli pag 46 merk lain..??
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

omnyanaira wrote:Om kemuning, klo ertiga 2013 spek oli kompresornya pke yg tipe apa?? Klo kuras butuh brp ml??
Sama klo di pangkal pinang bangka belitung bngkel ac yv pnya mesin lax ada ga ya om?? Tertarik mau perawatan ac mobil sudah 6 tahun soalnya belum diapa2in. Thanks
Ertiga masih pake Denso ND-8. Kuras total butuh sekitar 100-120ml. Mustinya ada di Palangkaraya.
IG: @kemuningauto
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

severmaya wrote:
kemuningauto wrote: Wed Nov 06, 2019 17:44
Salvanost wrote:Jadi sebulan yg lalu
Ac tiba2 panas

Saya ga tau yg rusak kompresor, kipas atau apanya
Terus ke bengkel ac
Dibilang ga ada masalah cuma kurang maintenance doank

Ac dingin lagi

Tapi sekarang tiap kali ac nyala
Ada bunyi klik kletek tik tak tik tak klik kletek
Kaya bunyi kerikil kecil kelempar2 di kap mesin

Dan makin lama makin berisik
Saya bawa ke bengkel resmi
Katanya kemungkinan kompresor rusak

Kalau bengkel resmi nawarin opsi ganti kompresor
Kalau maunya perbaikin kompresor silahkan ke bengkel ac

Kita kirain fan beltnya masalah mobil umur 6 tahun soalnya
Ternyata kata beres fan belt ga masalah ga perlu diganti

Ac masih dingin...
1. Apakah ini kasus kompresor berisik masuk kategori perbaikan ac?
2. Atau termasuk perawatan ac?
Compressornya udah kena ini. Mobil apa? Dari penjelasan suaranya sejenis X-Over, Livina. Yang Compressornya ngga pake piston.
Om nimbrung ya, saya ada xtrail t30 bunyi juga, agak mirip seperti itu, lebih seperti gemuruh. Apa compresor sudah kena? Ngga panas sih, cuma kalau awal nyala ac sekarang udaranya hangat, 2 atau 3 detik tapi sudah dingin.
X-Trail T30 mustinya masih pake Compressor Calsonic Kansei (Bracket 3). Kalo pas AC ON berisik tapi pas OFF ngga? Musti dicek dari tekanan freonnya sih sebenernya. (Kebanyakan Calsonic di X-Trail T30 ini problemnya karena umur CBV - Control Body Valve sehingga aliran freon di sistem AC yg dia kontrol kurang baik, kadang bagus kadang seperti kurang kompresinya)

Kalo misalnya emang udah fix ngorok (kasar bunyinya) dan harus diganti, jangan pake Calsonic lagi, pake merk Zexel, dan dimodifikasi sedikit dengan ditambah thermostat biar ada proses cutoff nya. Soalnya beda Calsonic sama Zexel sistemnya, kalo Calsonic udah ada CBV yang mengatur aliran freon di sistem AC (letaknya di belakang Comp) dan ngga perlu cutoff karena ada CBV. Kenapa pake Zexel, karena harga Calsonic muahal sekali.

*Notes: Kalo Oli Compressor udah hitam, ganti Condenser sekalian, jangan cuma Comp nya, nanti akan jebol lagi 100%.
Last edited by kemuningauto on Sat Nov 09, 2019 14:16, edited 1 time in total.
IG: @kemuningauto
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

iwing wrote:om kemuning, oli denso nd-8 itu sama gak dengan oli pag 46 merk lain..??
Sama kok. Cuma kalo Compressornya Denso dan tipe Compressor yg memakai ND-8, lebih baik pake ND-8 daripada Oli lain dengan PAG46 juga tapi dengan keaslian dan kualitas yg diragukan.

Banyak sih brand2 ada Emkarate, Doowoon, Protech, Sanden (SP 10, SP 20), Denso (ND8, ND9, ND11, ND12), dll.
IG: @kemuningauto
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by severmaya »

kemuningauto wrote: Sat Nov 09, 2019 14:16
severmaya wrote:
kemuningauto wrote: Wed Nov 06, 2019 17:44 Compressornya udah kena ini. Mobil apa? Dari penjelasan suaranya sejenis X-Over, Livina. Yang Compressornya ngga pake piston.
Om nimbrung ya, saya ada xtrail t30 bunyi juga, agak mirip seperti itu, lebih seperti gemuruh. Apa compresor sudah kena? Ngga panas sih, cuma kalau awal nyala ac sekarang udaranya hangat, 2 atau 3 detik tapi sudah dingin.
X-Trail T30 mustinya masih pake Compressor Calsonic Kansei (Bracket 3). Kalo pas AC ON berisik tapi pas OFF ngga? Musti dicek dari tekanan freonnya sih sebenernya. (Kebanyakan Calsonic di X-Trail T30 ini problemnya karena umur CBV - Control Body Valve sehingga aliran freon di sistem AC yg dia kontrol kurang baik, kadang bagus kadang seperti kurang kompresinya)

Kalo misalnya emang udah fix ngorok (kasar bunyinya) dan harus diganti, jangan pake Calsonic lagi, pake merk Zexel, dan dimodifikasi sedikit dengan ditambah thermostat biar ada proses cutoff nya. Soalnya beda Calsonic sama Zexel sistemnya, kalo Calsonic udah ada CBV yang mengatur aliran freon di sistem AC (letaknya di belakang Comp) dan ngga perlu cutoff karena ada CBV. Kenapa pake Zexel, karena harga Calsonic muahal sekali.

*Notes: Kalo Oli Compressor udah hitam, ganti Condenser sekalian, jangan cuma Comp nya, nanti akan jebol lagi 100%.
Ok om kalau misal mau ngecek sekaligus ganti oli kompresor apa type yang cocok?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

severmaya wrote:
kemuningauto wrote: Sat Nov 09, 2019 14:16
severmaya wrote: Om nimbrung ya, saya ada xtrail t30 bunyi juga, agak mirip seperti itu, lebih seperti gemuruh. Apa compresor sudah kena? Ngga panas sih, cuma kalau awal nyala ac sekarang udaranya hangat, 2 atau 3 detik tapi sudah dingin.
X-Trail T30 mustinya masih pake Compressor Calsonic Kansei (Bracket 3). Kalo pas AC ON berisik tapi pas OFF ngga? Musti dicek dari tekanan freonnya sih sebenernya. (Kebanyakan Calsonic di X-Trail T30 ini problemnya karena umur CBV - Control Body Valve sehingga aliran freon di sistem AC yg dia kontrol kurang baik, kadang bagus kadang seperti kurang kompresinya)

Kalo misalnya emang udah fix ngorok (kasar bunyinya) dan harus diganti, jangan pake Calsonic lagi, pake merk Zexel, dan dimodifikasi sedikit dengan ditambah thermostat biar ada proses cutoff nya. Soalnya beda Calsonic sama Zexel sistemnya, kalo Calsonic udah ada CBV yang mengatur aliran freon di sistem AC (letaknya di belakang Comp) dan ngga perlu cutoff karena ada CBV. Kenapa pake Zexel, karena harga Calsonic muahal sekali.

*Notes: Kalo Oli Compressor udah hitam, ganti Condenser sekalian, jangan cuma Comp nya, nanti akan jebol lagi 100%.
Ok om kalau misal mau ngecek sekaligus ganti oli kompresor apa type yang cocok?
X-Trail pake Doowon PAG 46 boleh, Denso ND-8 boleh. Kalo bawaan aslinya pake Nissan Luminous Type R w/ Dye.
IG: @kemuningauto
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by adityabp »

kemuningauto wrote: Mon Nov 11, 2019 17:24
severmaya wrote:
kemuningauto wrote: Sat Nov 09, 2019 14:16

X-Trail T30 mustinya masih pake Compressor Calsonic Kansei (Bracket 3). Kalo pas AC ON berisik tapi pas OFF ngga? Musti dicek dari tekanan freonnya sih sebenernya. (Kebanyakan Calsonic di X-Trail T30 ini problemnya karena umur CBV - Control Body Valve sehingga aliran freon di sistem AC yg dia kontrol kurang baik, kadang bagus kadang seperti kurang kompresinya)

Kalo misalnya emang udah fix ngorok (kasar bunyinya) dan harus diganti, jangan pake Calsonic lagi, pake merk Zexel, dan dimodifikasi sedikit dengan ditambah thermostat biar ada proses cutoff nya. Soalnya beda Calsonic sama Zexel sistemnya, kalo Calsonic udah ada CBV yang mengatur aliran freon di sistem AC (letaknya di belakang Comp) dan ngga perlu cutoff karena ada CBV. Kenapa pake Zexel, karena harga Calsonic muahal sekali.

*Notes: Kalo Oli Compressor udah hitam, ganti Condenser sekalian, jangan cuma Comp nya, nanti akan jebol lagi 100%.
Ok om kalau misal mau ngecek sekaligus ganti oli kompresor apa type yang cocok?
X-Trail pake Doowon PAG 46 boleh, Denso ND-8 boleh. Kalo bawaan aslinya pake Nissan Luminous Type R w/ Dye.
Apakah kompresor AC Serena C24 sama dengan T30?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

adityabp wrote:
kemuningauto wrote: Mon Nov 11, 2019 17:24
severmaya wrote: Ok om kalau misal mau ngecek sekaligus ganti oli kompresor apa type yang cocok?
X-Trail pake Doowon PAG 46 boleh, Denso ND-8 boleh. Kalo bawaan aslinya pake Nissan Luminous Type R w/ Dye.
Apakah kompresor AC Serena C24 sama dengan T30?
Sama kok.
IG: @kemuningauto
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by adityabp »

kemuningauto wrote: Wed Nov 13, 2019 0:03
adityabp wrote:
kemuningauto wrote: Mon Nov 11, 2019 17:24 X-Trail pake Doowon PAG 46 boleh, Denso ND-8 boleh. Kalo bawaan aslinya pake Nissan Luminous Type R w/ Dye.
Apakah kompresor AC Serena C24 sama dengan T30?
Sama kok.
Thx om.
Duh, mesti disayang2x nih kompresornya.
:big_childish:
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by piraku »

Mau tanya dong. Untuk AC kalau pertama dinyalain terutama blower belakang suka ada bau apek dikit, itu perlu diapain ya?
Padahal pewangi mobil ga pernah pake yg cair.
Pakai AC cleaner macam hazecool gitu ada efek negatif kah?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

piraku wrote:Mau tanya dong. Untuk AC kalau pertama dinyalain terutama blower belakang suka ada bau apek dikit, itu perlu diapain ya?
Padahal pewangi mobil ga pernah pake yg cair.
Pakai AC cleaner macam hazecool gitu ada efek negatif kah?
Blower - Evaporator - Grill (Kisi Kisi AC)

Kalo AC nya bau, berarti dari Evaporatornya kotor atau filter cabin nya udah harus diganti.
Berhubung ini Blower Belakang jadi ngga ada filter cabin, coba dibawa ke bengkel spesialis AC, minta diservice yg belakang. Nanti diturunin, dibersihin Evaporatornya.

Kalo blower belakang biasanya bau karena Evaporator kotor, atau bisa juga dari Insulation (pembungkus) Expansion Valve yang seiring waktu kena terik matahari (posisi di dalem plafon).
IG: @kemuningauto
User avatar
piraku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Fri Sep 29, 2017 11:02
Location: Bandung

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by piraku »

kemuningauto wrote:
piraku wrote:Mau tanya dong. Untuk AC kalau pertama dinyalain terutama blower belakang suka ada bau apek dikit, itu perlu diapain ya?
Padahal pewangi mobil ga pernah pake yg cair.
Pakai AC cleaner macam hazecool gitu ada efek negatif kah?
Blower - Evaporator - Grill (Kisi Kisi AC)

Kalo AC nya bau, berarti dari Evaporatornya kotor atau filter cabin nya udah harus diganti.
Berhubung ini Blower Belakang jadi ngga ada filter cabin, coba dibawa ke bengkel spesialis AC, minta diservice yg belakang. Nanti diturunin, dibersihin Evaporatornya.

Kalo blower belakang biasanya bau karena Evaporator kotor, atau bisa juga dari Insulation (pembungkus) Expansion Valve yang seiring waktu kena terik matahari (posisi di dalem plafon).
Baunya pas pertama dinyalain aja sih, kalau udh lama ilang sendiri. Selain bawa ke bengkel, ada cara paling mudah ga ya? Kaya ac cleaner gitu yg semprot? Aman kah?
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Pentingnya Perawatan AC Mobil Berkala

Post by kemuningauto »

piraku wrote:
kemuningauto wrote:
piraku wrote:Mau tanya dong. Untuk AC kalau pertama dinyalain terutama blower belakang suka ada bau apek dikit, itu perlu diapain ya?
Padahal pewangi mobil ga pernah pake yg cair.
Pakai AC cleaner macam hazecool gitu ada efek negatif kah?
Blower - Evaporator - Grill (Kisi Kisi AC)

Kalo AC nya bau, berarti dari Evaporatornya kotor atau filter cabin nya udah harus diganti.
Berhubung ini Blower Belakang jadi ngga ada filter cabin, coba dibawa ke bengkel spesialis AC, minta diservice yg belakang. Nanti diturunin, dibersihin Evaporatornya.

Kalo blower belakang biasanya bau karena Evaporator kotor, atau bisa juga dari Insulation (pembungkus) Expansion Valve yang seiring waktu kena terik matahari (posisi di dalem plafon).
Baunya pas pertama dinyalain aja sih, kalau udh lama ilang sendiri. Selain bawa ke bengkel, ada cara paling mudah ga ya? Kaya ac cleaner gitu yg semprot? Aman kah?
Ngga aman pake cleaner. Hmm solusinya dibongkar sih blower atasnya, kalo bisa sendiri mungkin bisa juga DIY.
IG: @kemuningauto