Request: all new Mazda cx9 review

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by evolution21 »

akulemu wrote: Tue Nov 19, 2019 15:32
ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 8:41
- Bantingan mobil ini lebih brasa seperti SUV 500juta dibanding 800 juta. Ntah ini faktor ban unit tes saya (BS Ecopia) atau bukan. Pokoknya ride nya tidak terasa lebih spesial dibanding CX-5.
Dengan gelisah hari ini aku cek ban, eah ternyata punya ane juga ekopatrio yang lagi dihakimi. Dulu cx5 dikasi toyo proxes.

Emang ban ngefek segitunya ya bro di comfortability? Bukannya cuman urusan grip? Kalo mau ganti yang sesuai marwah aslinya cx9 harusnya merk apa ya? Saya ga ngerti blas soal ban
Ngaruh banget..

Ane suka kombinasi mobil suspensi kaku dipakein ban comfort, contoh cx5, grandis, akan jd glodakan banget bila pake ban2 murah..

Sebaliknya kalo dipakein ban comfort macam c1s, yokohama db, dsb bantingannnya jd pas.....
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by krniawnhdr »

erwinign wrote: Tue Nov 19, 2019 16:45
akulemu wrote: Tue Nov 19, 2019 15:32
ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 8:41
- Bantingan mobil ini lebih brasa seperti SUV 500juta dibanding 800 juta. Ntah ini faktor ban unit tes saya (BS Ecopia) atau bukan. Pokoknya ride nya tidak terasa lebih spesial dibanding CX-5.
Dengan gelisah hari ini aku cek ban, eah ternyata punya ane juga ekopatrio yang lagi dihakimi. Dulu cx5 dikasi toyo proxes.

Emang ban ngefek segitunya ya bro di comfortability? Bukannya cuman urusan grip? Kalo mau ganti yang sesuai marwah aslinya cx9 harusnya merk apa ya? Saya ga ngerti blas soal ban
Jauhhhh om, even di mobil pasaran pun kerasa banget. Pernah dulu di ertiga saya, depan ngabisin champ eco (pindahan dr belakang, ganti 2016) dan yg di belakang pasang falken ziex 912. Efeknya kl belok2 pantatnya lebih nurut, tapi distraction tetep ada gara2 ban depan masih champ eco wkt takeover kerasa nggak stabil sama sekali. Setelah itu ban depan ganti ke falken 912 (2017), naikan bener2 mirip mobil kelas diatasnya terutama soal noise jauh berkurang dan handling cukup signifikan lbh baik (stability sama waktu takeover lebih pede).

Tahun lalu, yaris bakpao pakai GT champ BXT (ganti 2014 semuanya, penggantian di 2018 jalan 40000km kondisi retak rambut depan belakang). Selama pemakaian bener2 gondok. Berisiknya ampun2, spooring bs 2x setahun, stir kl manuver dikit pas jalan dalkot spt speleng/agak "kepleset" dikit rodanya. Akhirnya ganti ke falken ziex 914 ecorun, mobil bener2 kaya baru rasanya. Road noise jauh berkurang, grip mirip potenza re080 bawaannya, stability di tol balik spt aslinya pas jaman pake potenza. Falken 914 sama potenza cuma beda di noise lbh halus 914, dan lebih empuk 914 dikit.

Sekarang avanza 1.3 E (pelek kaleng), ban depan achilles platinum (kondisi udah deket TWI) - belakang dunlop SP touring R1 ganti jan 2019 (sama2 ban murah, selisih 50rb lebih mahal dunlop). Bantingan di belakang cukup mendingan, nggak gabruk2 pas pake ban sebelumnya (kombinasi B250 serep sama SP10 bekas nggak jelas). Yg achilles platinum di depan, pernah pas hujan saya terpaksa lewat becekan, bag depan mobil rasanya bener2 ngangkat. Dah nggak sabar mau buang yg achilles ini.

Tapi balik lagi om kl bicara comfort ban itu, ada tipe ban yg touring (all rounder) spt falken2 yg saya sebutin, michelin primacy, BS turanza, hankook ventus (biasa tapaknya asymmetric). Dan ban khusus performance sport spt toyo T1R, BS potenza adrenalin RE003, michelin pilot sport series (cenderung symmetrical tapaknya, dan ada yg cenderung agak semi slick di tapaknya kaya potenza adrenalin)

BTT, kalau di cx9 yg saya perhatiin alt ban oem nya falken ziex ST/Z 05 om, waktu batch awal pakai ban ini. Biasa di size yg sama kl di toko ban ya alt nya toyo proxes, michelin, yokohama parada setau saya. Coba cari2 di tyre review om, banyak kok buat size nya cx9 255/45/R20 mestinya CMIIW
mumpung lagi bahas soal ban...sorry oot, kalau bannya santafe yang continental cross contact LX2, ini masuknya ban yang tipe apa om?
dan dengan kelas yang sama dan harga yang mirip-mirip, in case perlu ganti ban, ban apa yang om rekomen?
dan apa masih bisa ya mobil dengan size ban 235/55 R19 diganti jadi pakai ban yang size 235/65 R19, tanpa modif apapun...?

thanks om..
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by akulemu »

Barusan ane browse2 tipe ban yang masuk ama Cx9 sama harganya. Mau nangis men liat harganya, dari dulu biasa beli ban gerobak unfortuner/unova dari 900rb - 1 jt kecil doank. Thank the internet for cicilan wkwk. Ga tau ecopia ini harga brapaan, klo merk accelera 1.5 jt.

Menurut para bro penggemar ban, cocok ban mana ya ama mobil cx9 yg dipake di kota2 sekali2 lurkot? Michelin pilot terkesan slick, kayanya serem kalo musim ujan which is super soon, ga tau beneran serem atau biasa aja as long as ga maruk di tol 150kmh at heavy rain.

Kalo ga se serem itu, sebenernya saya lebi tidak milih all season.

Sori ga nanya di thread pemilihan ban, mod. Disono ga banyak yg nanggepin. Ekekeke

Image
Falken 453 (2.7-2.9 jt)

Image
Michelin Pilot Sport 4 (3 jt up, slick tire)

Image
Michelin Latitude tour HP (3 jt up, all season)
Cars have soul.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by evolution21 »

akulemu wrote: Wed Nov 20, 2019 2:56 Menurut para bro penggemar ban, cocok ban mana ya ama mobil cx9 yg dipake di kota2 sekali2 lurkot? Michelin pilot terkesan slick, kayanya serem kalo musim ujan which is super soon, ga tau beneran serem atau biasa aja as long as ga maruk di tol 150kmh at heavy rain.

Kalo ga se serem itu, sebenernya saya lebi tidak milih all season.
sebetulnya bisa diliat di keterangan websitenya um
kalo suv dulu saya pake di cx5 dan captiva utk merk michelin saya suka type lattitude, comfort Bagus! dan silentnya masih dapet, saya sendiri bukan driver agresif, ngebut hanya sesekali kalo jalanan kosong sekali.
Masi inget captiva bawaannya yokohama geolander , cx5 touring 2014 (lupa tipe ban) efeknya setelah pake lattitude berasa sekali peningkatan comfortnya (terutama keempukannya!)
falken sebetulnya saya pernah coba di cx5, sori sekali lagi saya lupa tipenya, tp yg saya rasakan comfortnya lumayan, grip lumayan, better bawaan ban asli tp comfort masih menang lattitude

beda cerita utk driver agresif bahkan tipe berani ngebut di hujan deras, kalo ini dengan alasan safety wajib pake ban performa tinggi macam pilot sport, meski umumnya ban tipe gini agak terkorbankan dr sisi kenyamanan (keempukan terutama dan noise), kl cari performa gimana kalo coba bridgestone? pernah di mazda6 2011, bawaaanya pake BS (lupa tipenya) daya cengkeram luar biasa.... tp kerasnya juga sama.. pas ganti michelin pilot sport daya cengkeram berasa kalah meski comfortnya menang
Last edited by evolution21 on Wed Nov 20, 2019 4:00, edited 1 time in total.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by maastricht889 »

krniawnhdr wrote: Wed Nov 20, 2019 0:58
erwinign wrote: Tue Nov 19, 2019 16:45
akulemu wrote: Tue Nov 19, 2019 15:32

Dengan gelisah hari ini aku cek ban, eah ternyata punya ane juga ekopatrio yang lagi dihakimi. Dulu cx5 dikasi toyo proxes.

Emang ban ngefek segitunya ya bro di comfortability? Bukannya cuman urusan grip? Kalo mau ganti yang sesuai marwah aslinya cx9 harusnya merk apa ya? Saya ga ngerti blas soal ban
Jauhhhh om, even di mobil pasaran pun kerasa banget. Pernah dulu di ertiga saya, depan ngabisin champ eco (pindahan dr belakang, ganti 2016) dan yg di belakang pasang falken ziex 912. Efeknya kl belok2 pantatnya lebih nurut, tapi distraction tetep ada gara2 ban depan masih champ eco wkt takeover kerasa nggak stabil sama sekali. Setelah itu ban depan ganti ke falken 912 (2017), naikan bener2 mirip mobil kelas diatasnya terutama soal noise jauh berkurang dan handling cukup signifikan lbh baik (stability sama waktu takeover lebih pede).

Tahun lalu, yaris bakpao pakai GT champ BXT (ganti 2014 semuanya, penggantian di 2018 jalan 40000km kondisi retak rambut depan belakang). Selama pemakaian bener2 gondok. Berisiknya ampun2, spooring bs 2x setahun, stir kl manuver dikit pas jalan dalkot spt speleng/agak "kepleset" dikit rodanya. Akhirnya ganti ke falken ziex 914 ecorun, mobil bener2 kaya baru rasanya. Road noise jauh berkurang, grip mirip potenza re080 bawaannya, stability di tol balik spt aslinya pas jaman pake potenza. Falken 914 sama potenza cuma beda di noise lbh halus 914, dan lebih empuk 914 dikit.

Sekarang avanza 1.3 E (pelek kaleng), ban depan achilles platinum (kondisi udah deket TWI) - belakang dunlop SP touring R1 ganti jan 2019 (sama2 ban murah, selisih 50rb lebih mahal dunlop). Bantingan di belakang cukup mendingan, nggak gabruk2 pas pake ban sebelumnya (kombinasi B250 serep sama SP10 bekas nggak jelas). Yg achilles platinum di depan, pernah pas hujan saya terpaksa lewat becekan, bag depan mobil rasanya bener2 ngangkat. Dah nggak sabar mau buang yg achilles ini.

Tapi balik lagi om kl bicara comfort ban itu, ada tipe ban yg touring (all rounder) spt falken2 yg saya sebutin, michelin primacy, BS turanza, hankook ventus (biasa tapaknya asymmetric). Dan ban khusus performance sport spt toyo T1R, BS potenza adrenalin RE003, michelin pilot sport series (cenderung symmetrical tapaknya, dan ada yg cenderung agak semi slick di tapaknya kaya potenza adrenalin)

BTT, kalau di cx9 yg saya perhatiin alt ban oem nya falken ziex ST/Z 05 om, waktu batch awal pakai ban ini. Biasa di size yg sama kl di toko ban ya alt nya toyo proxes, michelin, yokohama parada setau saya. Coba cari2 di tyre review om, banyak kok buat size nya cx9 255/45/R20 mestinya CMIIW
mumpung lagi bahas soal ban...sorry oot, kalau bannya santafe yang continental cross contact LX2, ini masuknya ban yang tipe apa om?
dan dengan kelas yang sama dan harga yang mirip-mirip, in case perlu ganti ban, ban apa yang om rekomen?
dan apa masih bisa ya mobil dengan size ban 235/55 R19 diganti jadi pakai ban yang size 235/65 R19, tanpa modif apapun...?

thanks om..
kok sy buat santafe tm ikut size aslinya udah oke om, aspect ratio nya kl jd 65 buat saya bakal gendut banget kl dr visual ya hahaha. Cclx2 terakir sy cari udah agak susah barangnya om, yg masih lumayan 235/60/r18.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by ChZ »

akulemu wrote: Tue Nov 19, 2019 15:32
Dengan gelisah hari ini aku cek ban, eah ternyata punya ane juga ekopatrio yang lagi dihakimi. Dulu cx5 dikasi toyo proxes.

Emang ban ngefek segitunya ya bro di comfortability? Bukannya cuman urusan grip? Kalo mau ganti yang sesuai marwah aslinya cx9 harusnya merk apa ya? Saya ga ngerti blas soal ban
Pengaruh, krn sebelum sampai ke suspensi, ban juga berperan meredam goncangan. dan kalo kualitas bannya kurang bagus mau suspensi seenak apapun tetep akan berasa kurang nyamannya klo dari pengalaman saya.

even ban yang mahal pun dengan profile tipis bisa jauh lebih nyaman dibanding ukuran tebal tapi murah. Dulu saya pernah pakai CRV gen 3 dengan Toyo Proxes4 255/45/20 itu bantingannya nggak berbeda dengan standarnya, Dueler H/T 225/65/17.

tapi begitu mau dijual standarin lagi cari ban murah2 dapet Dunlop Grandtrek ST30, wuih ampun gak enaknya tuh ban pdhl ukuran standar. mobil jadi kerasa lebih kek grobak dibanding waktu lagi pake R20.

terus pernah juga Captiva dan Grand Vitara pake R20 ban Achilles DesertHawk UHP makin gak jelas lagi naikannya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by akulemu »

evolution21 wrote: Wed Nov 20, 2019 3:48
sebetulnya bisa diliat di keterangan websitenya um
kalo suv dulu saya pake di cx5 dan captiva utk merk michelin saya suka type lattitude, comfort Bagus! dan silentnya masih dapet, saya sendiri bukan driver agresif, ngebut hanya sesekali kalo jalanan kosong sekali.
Masi inget captiva bawaannya yokohama geolander , cx5 touring 2014 (lupa tipe ban) efeknya setelah pake lattitude berasa sekali peningkatan comfortnya (terutama keempukannya!)
falken sebetulnya saya pernah coba di cx5, sori sekali lagi saya lupa tipenya, tp yg saya rasakan comfortnya lumayan, grip lumayan, better bawaan ban asli tp comfort masih menang lattitude

beda cerita utk driver agresif bahkan tipe berani ngebut di hujan deras, kalo ini dengan alasan safety wajib pake ban performa tinggi macam pilot sport, meski umumnya ban tipe gini agak terkorbankan dr sisi kenyamanan (keempukan terutama dan noise), kl cari performa gimana kalo coba bridgestone? pernah di mazda6 2011, bawaaanya pake BS (lupa tipenya) daya cengkeram luar biasa.... tp kerasnya juga sama.. pas ganti michelin pilot sport daya cengkeram berasa kalah meski comfortnya menang
Oiya lupa, slick makin noisy. Thx 4 reminding. Nggak ngebut kok um, cari comfort saya.

Opini saya cx9 ini kerasa beda dengan cx5 hanya ketika melewati poldur yang tinggi2. Disitu shockbreaker jadi main actor, dan cx9 ini termasuk comfort shocknya. Tapi waktu kontur aspal lagi ga jelas, atau lagi ngelewatin speedtrap berderet yang aga tajem, bener kata bro Chz feel kerasnya sama aja ama cx5 2014 saya.

Mugkin di little bumps ban lebi berperan dari shock kayanye ya, logika ndeso aja nih.
ChZ wrote: Wed Nov 20, 2019 4:02
Pengaruh, krn sebelum sampai ke suspensi, ban juga berperan meredam goncangan. dan kalo kualitas bannya kurang bagus mau suspensi seenak apapun tetep akan berasa kurang nyamannya klo dari pengalaman saya.

even ban yang mahal pun dengan profile tipis bisa jauh lebih nyaman dibanding ukuran tebal tapi murah. Dulu saya pernah pakai CRV gen 3 dengan Toyo Proxes4 255/45/20 itu bantingannya nggak berbeda dengan standarnya, Dueler H/T 225/65/17.

tapi begitu mau dijual standarin lagi cari ban murah2 dapet Dunlop Grandtrek ST30, wuih ampun gak enaknya tuh ban pdhl ukuran standar. mobil jadi kerasa lebih kek grobak dibanding waktu lagi pake R20.

terus pernah juga Captiva dan Grand Vitara pake R20 ban Achilles DesertHawk UHP makin gak jelas lagi naikannya.
Hmm new revelation buat saya nih. Ternyata bisa sebegitunya ya. Problemnya saya ga pernah ngalamin after beforenya ganti ban premium, jadi susah bayangin kira2 seperti apa feelnya.

Anyway thx um buat hikmatnya. Kayanya disc gede kemaren suda ditakdirkan untuk ganti ban dan kaca film. Omong2 soal kaca film, itu ya dikasi ala kadarnya, merk solasi itu tuh, tipe "hitam nan cantik". Panas banget kaya di oven kalo lagi musim sekarang. Untung tipe cx9 ini ada update cooling seat.
Cars have soul.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by maastricht889 »

Pd intinya kl saya tangkep, banyak orang masih lebih pilih tampilan dan lupa fungsi om. Kl saya sendiri sih lebih seneng velg standaran (jangan kaleng jg tapi) tapi ban cari yang bagus, itu lebih proper dan awam ndak notice ke karet item itu hahahaha. Seru juga explore tipe2 ban yang bagus, terutama sekarang utk r16 kebawah yg isinya eco2 semua
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by akulemu »

erwinign wrote: Tue Nov 19, 2019 16:45 Jauhhhh om, even di mobil pasaran pun kerasa banget.
Thx sharingnya, bro. Memberkati sekali :mrgreen:

Anotha 12 jeti kudu direlakan untuk memisahkan kasta ride quality cx9 dari cx5. Sungguh terlalu :off_lazy:
Cars have soul.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2554
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by KielConstantine »

akulemu wrote: Wed Nov 20, 2019 2:56 Barusan ane browse2 tipe ban yang masuk ama Cx9 sama harganya. Mau nangis men liat harganya, dari dulu biasa beli ban gerobak unfortuner/unova dari 900rb - 1 jt kecil doank. Thank the internet for cicilan wkwk. Ga tau ecopia ini harga brapaan, klo merk accelera 1.5 jt.

Menurut para bro penggemar ban, cocok ban mana ya ama mobil cx9 yg dipake di kota2 sekali2 lurkot? Michelin pilot terkesan slick, kayanya serem kalo musim ujan which is super soon, ga tau beneran serem atau biasa aja as long as ga maruk di tol 150kmh at heavy rain.

Kalo ga se serem itu, sebenernya saya lebi tidak milih all season.

Sori ga nanya di thread pemilihan ban, mod. Disono ga banyak yg nanggepin. Ekekeke

Image
Falken 453 (2.7-2.9 jt)

Image
Michelin Pilot Sport 4 (3 jt up, slick tire)

Image
Michelin Latitude tour HP (3 jt up, all season)
Ukuran ban R20 jelas mahal om. Ane pernah ditawarin pilot sport 4S, harga satu bijinya Rp 3 jutaan ya hahaha, buat velg ukuran R19.

Akhirnya supaya lebih value for money pake velg standart tp ban bagus. Kemaren sih di BMW E90 ane pakein michelin pilot sport 4 smua, pake velg OEM R17 itu murah cuman kena 1.5jt / ban. Jadi ganti 4 biji kena charge 6 jt saja.

Dibawa lari 200 km/h sih enak enak aja, pernah dijalan tol licin abis ujan tarik di 180 km/h jg masih stabil. Tentunya traction control posisi ON.

Kalo buat CX-9 yg Michelin Latitude udah bagus banget sih, dy jatohnya all-season psti lebih awet durability kembangannya.

Pilot sport 4 umurnya cuman 2-3 tahun, apalagi kalo pakenya buat di drifting mulu, bisa lebih cepet lg abisnya.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1051
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by qushay20019 »

krniawnhdr wrote: Wed Nov 20, 2019 0:58
dan apa masih bisa ya mobil dengan size ban 235/55 R19 diganti jadi pakai ban yang size 235/65 R19, tanpa modif apapun...?

thanks om..
Bantu jawab ya. Kalo dari 235-55-r19 ke 235-65-r19 itu bakal lbh tinggi sekitar 45 mm (6.2%). Banyak referensi di internet yg bilang perubahan jgn di atas 3-4%, atau bahkan yg plg strict jgn di atas 0.4% perubahannya kalo gak mau modif part apapun. Kalo mo ngitung sendiri, cek disini om
https://tiresize.com/calculator/
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by akulemu »

Stelah diriku cek lagi, ban ecopia emang dipake di lcgc indonesia, yang tipe ecopia 150. Yang di cx9 dipasang ecopia h/l 422 plus. Kalo dari sisi harga wow mahal bro, nemu supplier lokal sebiji 4 jt. Belum dapet perbandingan harga tempat laen. Hmmm... :big_think:
Cars have soul.
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by krniawnhdr »

akulemu wrote: Thu Nov 21, 2019 5:45 Stelah diriku cek lagi, ban ecopia emang dipake di lcgc indonesia, yang tipe ecopia 150. Yang di cx9 dipasang ecopia h/l 422 plus. Kalo dari sisi harga wow mahal bro, nemu supplier lokal sebiji 4 jt. Belum dapet perbandingan harga tempat laen. Hmmm... :big_think:
ecopia kok mahal ya..penasaran ~
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2921
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by josomba »

akulemu wrote: Thu Nov 21, 2019 5:45 Stelah diriku cek lagi, ban ecopia emang dipake di lcgc indonesia, yang tipe ecopia 150. Yang di cx9 dipasang ecopia h/l 422 plus. Kalo dari sisi harga wow mahal bro, nemu supplier lokal sebiji 4 jt. Belum dapet perbandingan harga tempat laen. Hmmm... :big_think:
hooo kirain yg ep150. hahaha... anyway tetep ecopia mau yg impor pun tetep versi/kelas eco tyre sih....
Image
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by krniawnhdr »

josomba wrote: Thu Nov 21, 2019 6:53
akulemu wrote: Thu Nov 21, 2019 5:45 Stelah diriku cek lagi, ban ecopia emang dipake di lcgc indonesia, yang tipe ecopia 150. Yang di cx9 dipasang ecopia h/l 422 plus. Kalo dari sisi harga wow mahal bro, nemu supplier lokal sebiji 4 jt. Belum dapet perbandingan harga tempat laen. Hmmm... :big_think:
hooo kirain yg ep150. hahaha... anyway tetep ecopia mau yg impor pun tetep versi/kelas eco tyre sih....
apa ini mahal karena dimensi doang ya ? alias ecopia ep150 versi big size? hahaha
harganya tapi kok sama kayak premium tire big size ya :mky_08: :mky_01:
VoxPopuli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by VoxPopuli »

ChZ wrote: Sat Nov 16, 2019 8:41 disinggung disini heheheh review taon lalu...

Pros nya
- Ini mobil besar dan panjang tapi waktu nyetir gak berasa gambot. Handlingnya lincah untuk mobil SUV sebesar ini. Mirip kayak bawa CX-5 tapi besar. Feel kabinnya pun sama persis.
- Beda dgn mazda-mazda lain yang orientasinya lebih ke sporty, CX-9 rasanya salah satu mobil Mazda dengan feel paling halus yang pernah saya bawa.
- Mesin 2.5 Turbo nya sangat smooth. Ntah kenapa feelnya bisa menyerupai mesin cc besar silinder banyak. Transisi dari turbo lag sampai turbo aktif bener-bener lebih mirip mesin 3.5 Liter bensin padahal mobil ini dgn bbm pertabo torsinya sampai 470Nm yang disalurkan ke roda depan.
- Mobil ini nyaris tidak mempunyai direct competitor. Satu-satunya direct competitor secara size mungkin Hyundai SantaFe baru, tapi itupun CX-9 sudah menang banyak dengan features dan tenaga (194hp vs 250hp). Sayangnya SantaFe tidak mengeluarkan versi 3.3 V6 yang bisa jadi direct competitor. Plus, Mazda juga secara kualitas lebih premium.

Cons
- Saking generiknya CX-9 dan CX-5, feel kabinnya terasa terlalu generik dengan adiknya, dan ntah kenapa apa kabin CX-5 yang terlalu mewah atau kabin CX-9 yang terlalu sederhana untuk mobil 800 juta. Intinya, anda tidak terlalu berasa spesial di mobil ini.
- Mobil ini penggeraknya FWD dan bukan AWD, walau memiliki kontrol traksi tapi tetep kadang bikin tidak pede mobil FWD bertorsi besar. Rawan torque steer. Di beberapa kesempatan juga terasa sekali torque steernya.
- Bantingan mobil ini lebih brasa seperti SUV 500juta dibanding 800 juta. Ntah ini faktor ban unit tes saya (BS Ecopia) atau bukan. Pokoknya ride nya tidak terasa lebih spesial dibanding CX-5.

Intinya kalau cari SUV keluarga berukuran besar untuk keluarga, CX-9 sangat bagus value nya. Apalagi dari sisi brand juga premium dan bukan brand underdog gurem yang nasibnya gak jelas.
Mau nambahin aja Om, gue baru ngambil CX-9 2018 bekas (belum ventilated seats, CarPlay sama surround camera), dapet harga miring. Sebagai perbandingan, adek gue punya CX-5 Elite 2017.

Positif:
- Refinement top notch, bener-bener kayak mobil Eropa refinement nya.
- Interior mendekati mobil premium.
- Bantingan high speed nya jauh lebih enak dibanding CX-5 atau SUV lain dibawah 1 miliar. Walaupun rasa nya mirip, travel CX-9 yang jauh membuat ride di tol sangat nyaman.
- Mesin cukup irit untuk ukuran mobil yang besar. Pemakaian dalam kota dari Cilandak Barat ke SCBD bisa dapat 1:8 dengan mudah. Kalau sabar bisa hampir 1:9.
- Segala hal tentang mobil ini sangat halus, seperti Om ChZ bilang. Mesin sangat halus, tidak ada turbo lag, gearbox juga halus, bahkan power window pun nyaris tidak ada suaranya.
- Handling nya mantap untuk mobil panjang 5 meter lebih.
- Bentuk cakep dan memiliki presence yang sangat premium. Sangat head turning.

Negatif:
- Torque steer sangat parah kalau dengan ban Ecopia. Untung punya gue Falken Ziex.
- Resolusi reversing camera tidak layak untuk mobil 800 jutaan.
- Power window belakang tidak bisa turun full. Padahal CX-5 bisa full.
- Tidak ada auto hold. CX-5 ada.
- Sangat lebar. Susah sekali masuk ke dalam gang.
- Space untuk mobil 5 meter sasis monokok kurang luas.
- Ada detail-detail kecil yang membuat ini masih belum cukup premium.

Untuk mobil 850 juta dalam kondisi baru, menurut gue sangat worth it.
VoxPopuli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by VoxPopuli »

Memberbaruapril19 wrote: Sun Nov 17, 2019 9:51 Setelah dibandingkan dg all new santa fe kok bagusan all new santa fe ya... Mazda menang mahal doang
Gue tadinya mau ambil Grand Santa Fe baru, harga sekitar 650 juta. Tiba-tiba ada rekan kerja yang tawar CX-9 2018 bekas.

Setelah saya coba dua-duanya, akhirnya ambil CX-9 bekas.

Mungkin kalau kondisi baru, saya masih mikir ambil Santa Fe karena selisih harga 200 juta lumayan banyak.

Tapi kalau bekas dan harga miring beda cerita. Toh CX-9 sama Santa Fe sebenarnya beda kelas.
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by Winz »

VoxPopuli wrote: Fri Nov 22, 2019 8:21
Memberbaruapril19 wrote: Sun Nov 17, 2019 9:51 Setelah dibandingkan dg all new santa fe kok bagusan all new santa fe ya... Mazda menang mahal doang
Gue tadinya mau ambil Grand Santa Fe baru, harga sekitar 650 juta. Tiba-tiba ada rekan kerja yang tawar CX-9 2018 bekas.

Setelah saya coba dua-duanya, akhirnya ambil CX-9 bekas.

Mungkin kalau kondisi baru, saya masih mikir ambil Santa Fe karena selisih harga 200 juta lumayan banyak.

Tapi kalau bekas dan harga miring beda cerita. Toh CX-9 sama Santa Fe sebenarnya beda kelas.
Klo sekarang Mazda CX-8 yg bakal head to Head sama Santi

ATPM kaya'nya ngebut rilis mobil sebelum BBNKB DKI naik ya?
gunawanmobil
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Sep 05, 2019 9:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Crv

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by gunawanmobil »

Halo..

Mau nanya untuk konsumsi bbm cx9 baru penggunaan sehari2 dalam kota jakarta kira2 brp ya?

Sekarang pakai fortuner vrz di 1:9 dan crv gen 4 2.4 di 1:5.8..

Penasaran kalau cx9 di angka brp ya?

Trims
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by akulemu »

VoxPopuli wrote: Fri Nov 22, 2019 8:21
Gue tadinya mau ambil Grand Santa Fe baru, harga sekitar 650 juta. Tiba-tiba ada rekan kerja yang tawar CX-9 2018 bekas.

Setelah saya coba dua-duanya, akhirnya ambil CX-9 bekas.

Mungkin kalau kondisi baru, saya masih mikir ambil Santa Fe karena selisih harga 200 juta lumayan banyak.

Tapi kalau bekas dan harga miring beda cerita. Toh CX-9 sama Santa Fe sebenarnya beda kelas.
Wah, boleh dibisikin harga 2nd 2018 nya um? Pengen ngira2 nasib mobil ane besok2 diangka berapa :mky_01: Knapa dijual sama temannya um baru staon?
Cars have soul.
VoxPopuli
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sun Aug 07, 2016 16:52
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: M264 - PY-VPTS

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by VoxPopuli »

Winz wrote: Fri Nov 22, 2019 8:42 Klo sekarang Mazda CX-8 yg bakal head to Head sama Santi

ATPM kaya'nya ngebut rilis mobil sebelum BBNKB DKI naik ya?
Betul, walaupun dari segi harga, kayanya tanggung banget. Daripada tipe Touring, mending sekalian Santa Fe atau Tiguan. Daripada tipe Elite, mending sekalian CX-9 aja.
gunawanmobil wrote: Fri Nov 22, 2019 10:56 Halo..

Mau nanya untuk konsumsi bbm cx9 baru penggunaan sehari2 dalam kota jakarta kira2 brp ya?

Sekarang pakai fortuner vrz di 1:9 dan crv gen 4 2.4 di 1:5.8..

Penasaran kalau cx9 di angka brp ya?

Trims
Tergantung kaki.

Kalau pintar mainkan gas, bisa dapat 1:8 dengan mudah. Dengan kaki supir gue yang lebih enteng, dia bisa dapat 1:9.

Kalau kaki nya berat, yaitu kaki gue kurang lebih 3-4 hari setelah ambil mobil, gue hanya dapat 1:6, hehehe.

Ini mobil bobot nya lumayan berat, jadi kalau gliding bisa jauh banget. Kalau pinter mainkan momentum, ya mudah dapat 1:8.
akulemu wrote: Fri Nov 22, 2019 12:11 Wah, boleh dibisikin harga 2nd 2018 nya um? Pengen ngira2 nasib mobil ane besok2 diangka berapa :mky_01: Knapa dijual sama temannya um baru staon?
Saya PM ya Om. Kilometer sekitar 12 ribu, warna hitam dengan jok kulit beige. Mobil hampir 1 tahun umurnya.

Kenapa dijual, karena bos saya ini bosenan sekali. Katanya mau ganti Mazda6 Estate, hahaha.
gunawanmobil
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Sep 05, 2019 9:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Crv

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by gunawanmobil »

gunawanmobil wrote: Fri Nov 22, 2019 10:56 Halo..

Mau nanya untuk konsumsi bbm cx9 baru penggunaan sehari2 dalam kota jakarta kira2 brp ya?

Sekarang pakai fortuner vrz di 1:9 dan crv gen 4 2.4 di 1:5.8..

Penasaran kalau cx9 di angka brp ya?

Trims
Tergantung kaki.

Kalau pintar mainkan gas, bisa dapat 1:8 dengan mudah. Dengan kaki supir gue yang lebih enteng, dia bisa dapat 1:9.

Kalau kaki nya berat, yaitu kaki gue kurang lebih 3-4 hari setelah ambil mobil, gue hanya dapat 1:6, hehehe.

Ini mobil bobot nya lumayan berat, jadi kalau gliding bisa jauh banget. Kalau pinter mainkan momentum, ya mudah dapat 1:8.

[/quote]

Trims om atas infonya.

Lagi galau cari ganti crv karena makin merasa perlu pro lingkungan lol (secara blkgn panas bener jakarta).Sbnrnya sudah byr booking tiguan allspace (barang masih inden) tapi masih ragu karena :
1. Takut sering bermasalah mobilnya apalagi bukan merek mainstream
2. Modelnya kurang cakep

sempat consider Cx9 tapi :
1. Sunroof nanggung
2. Tidak ada istop dan autohold
3. Camera resolution rendah sekali
4. Kepikir kalau terlalu boros bensinnya.

Best car yg sbnrnya kalau ada suv mid premium yg hybrid tp sepertinya mgkn masih bbrp tahun lagi.. sudah gatel pengen ganti crv skrg.

Galau deh.. mgkn ujung2nya tetap tiguan.. haha
akulemu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Jun 13, 2012 9:11
Location: Persebaya sampe tuek
Daily Vehicle: Venturer + cx9 sky + mobilio rs mt

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by akulemu »

gunawanmobil wrote: Fri Nov 22, 2019 14:26
Trims om atas infonya.

Lagi galau cari ganti crv karena makin merasa perlu pro lingkungan lol (secara blkgn panas bener jakarta).Sbnrnya sudah byr booking tiguan allspace (barang masih inden) tapi masih ragu karena :
1. Takut sering bermasalah mobilnya apalagi bukan merek mainstream
2. Modelnya kurang cakep

sempat consider Cx9 tapi :
1. Sunroof nanggung
2. Tidak ada istop dan autohold
3. Camera resolution rendah sekali
4. Kepikir kalau terlalu boros bensinnya.

Best car yg sbnrnya kalau ada suv mid premium yg hybrid tp sepertinya mgkn masih bbrp tahun lagi.. sudah gatel pengen ganti crv skrg.

Galau deh.. mgkn ujung2nya tetap tiguan.. haha
Sebelum mutusin cx9 memang sempat kepikiran tiguan allspace. (Dan grand santafe juga, cuman skeptic ama korean brand di indo)

Allspace plusnya
1. Ckd, harga launch 598 jt, udah pasti selisih 200 jt ama mzd
2. Merk german
3. Fitur yang di highlight: full TFT speedo, dsg trans, headunit canggih
4. Exterior cantik juga, warna birunya, bagian depan dgn lampu khas vw modern saya suka banget, (bagian blkg ga suka)


Yg bikin urung:
1. Mesin kemungilan.
2. Interior bosenin (imo)
3. 3 row tapi masih versi ngepres, ga lega sama sekali.


Dan setelah survey cx9:
1. Spec mesin selisih jauh
2. Gimmicks: cooling seat (penting banget!), bose, ac 2nd row ga cuman atur suhu doank kayak allspace tapi bisa speedfan.
3. Dimensi kseluruhan dan wheelbase jauh banget dibanding allspace, bikin cx9 jauh lebi terasa 3 row yang tulen. Wbase slisih 13 cm, lebar selisih 13 cm, length slisih 36 cm
4. Exterior jauh lebi cantik: warna soul red, ukuran ban dan velg selisih banyak 235/55/r18 vs 255/50/r20, bonnet/hood panjang menambah faktor sangar


Memang pada akirnya kembali ke budget sih. Nambah 200 jt lebih memang ada added value yang signifikan juga dari allspace ke cx9.
Cars have soul.
gunawanmobil
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Sep 05, 2019 9:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Crv

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by gunawanmobil »

akulemu wrote: Fri Nov 22, 2019 16:49
gunawanmobil wrote: Fri Nov 22, 2019 14:26
Trims om atas infonya.

Lagi galau cari ganti crv karena makin merasa perlu pro lingkungan lol (secara blkgn panas bener jakarta).Sbnrnya sudah byr booking tiguan allspace (barang masih inden) tapi masih ragu karena :
1. Takut sering bermasalah mobilnya apalagi bukan merek mainstream
2. Modelnya kurang cakep

sempat consider Cx9 tapi :
1. Sunroof nanggung
2. Tidak ada istop dan autohold
3. Camera resolution rendah sekali
4. Kepikir kalau terlalu boros bensinnya.

Best car yg sbnrnya kalau ada suv mid premium yg hybrid tp sepertinya mgkn masih bbrp tahun lagi.. sudah gatel pengen ganti crv skrg.

Galau deh.. mgkn ujung2nya tetap tiguan.. haha
Sebelum mutusin cx9 memang sempat kepikiran tiguan allspace. (Dan grand santafe juga, cuman skeptic ama korean brand di indo)

Allspace plusnya
1. Ckd, harga launch 598 jt, udah pasti selisih 200 jt ama mzd
2. Merk german
3. Fitur yang di highlight: full TFT speedo, dsg trans, headunit canggih
4. Exterior cantik juga, warna birunya, bagian depan dgn lampu khas vw modern saya suka banget, (bagian blkg ga suka)


Yg bikin urung:
1. Mesin kemungilan.
2. Interior bosenin (imo)
3. 3 row tapi masih versi ngepres, ga lega sama sekali.


Dan setelah survey cx9:
1. Spec mesin selisih jauh
2. Gimmicks: cooling seat (penting banget!), bose, ac 2nd row ga cuman atur suhu doank kayak allspace tapi bisa speedfan.
3. Dimensi kseluruhan dan wheelbase jauh banget dibanding allspace, bikin cx9 jauh lebi terasa 3 row yang tulen. Wbase slisih 13 cm, lebar selisih 13 cm, length slisih 36 cm
4. Exterior jauh lebi cantik: warna soul red, ukuran ban dan velg selisih banyak 235/55/r18 vs 255/50/r20, bonnet/hood panjang menambah faktor sangar


Memang pada akirnya kembali ke budget sih. Nambah 200 jt lebih memang ada added value yang signifikan juga dari allspace ke cx9.
Galaunya mirip ya.. haha

Cx9 itu mobil cakep bener sih bersaing sama rx300 cuma bbrp hal kecil yg bikin keki ya :

1. Mzd connect knp gk dksh yg versi terbaru.. yg skrg spt model kuno tampilannya. Walaupun pemakaiannya lebih nyaman dibanding rx300.

2. Camera nya itu ampun jeleknya. Sempat nanya ke sales mazda untuk ganti sendiri (murah di luaran) tapi katanya nanti garansi hangus

3. Istop dan autohold brake knp dihilangin? Padahal mazda seri di bawahnya saja ada.

4. Sunroof nya tanggung sekali ya. Seperti nyempil terpaksa dikasih.

Padahal poin2 di atas itu gampang bener diganti sama mazda. Gk tau apa kebijakan EMi atau siapa.. swt

Akhirnya tiguan walaupun ada minus sana sini tapi paling bagus value sama mobilnya. Walaupun masih galau krn modelnya kelihatan jadul haha. Tapi dia praktis dan jg baris kedua cukup lebar. Dan plus nya kalau pny anak kecil dia ada foldable tray buat makanan dan minuman anak2..

Nasib belum ada mobil yg 100% sreg.. semoga sambil nunggu tiguan nanti crv facelift versi indo sdh ada jadi bs di compare. Lol
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Request: all new Mazda cx9 review

Post by ChZ »

VoxPopuli wrote: Fri Nov 22, 2019 8:18
Mau nambahin aja Om, gue baru ngambil CX-9 2018 bekas (belum ventilated seats, CarPlay sama surround camera), dapet harga miring. Sebagai perbandingan, adek gue punya CX-5 Elite 2017.

Positif:
- Refinement top notch, bener-bener kayak mobil Eropa refinement nya.
- Interior mendekati mobil premium.
- Bantingan high speed nya jauh lebih enak dibanding CX-5 atau SUV lain dibawah 1 miliar. Walaupun rasa nya mirip, travel CX-9 yang jauh membuat ride di tol sangat nyaman.
- Mesin cukup irit untuk ukuran mobil yang besar. Pemakaian dalam kota dari Cilandak Barat ke SCBD bisa dapat 1:8 dengan mudah. Kalau sabar bisa hampir 1:9.
- Segala hal tentang mobil ini sangat halus, seperti Om ChZ bilang. Mesin sangat halus, tidak ada turbo lag, gearbox juga halus, bahkan power window pun nyaris tidak ada suaranya.
- Handling nya mantap untuk mobil panjang 5 meter lebih.
- Bentuk cakep dan memiliki presence yang sangat premium. Sangat head turning.

Negatif:
- Torque steer sangat parah kalau dengan ban Ecopia. Untung punya gue Falken Ziex.
- Resolusi reversing camera tidak layak untuk mobil 800 jutaan.
- Power window belakang tidak bisa turun full. Padahal CX-5 bisa full.
- Tidak ada auto hold. CX-5 ada.
- Sangat lebar. Susah sekali masuk ke dalam gang.
- Space untuk mobil 5 meter sasis monokok kurang luas.
- Ada detail-detail kecil yang membuat ini masih belum cukup premium.

Untuk mobil 850 juta dalam kondisi baru, menurut gue sangat worth it.
Tadi pagi baru aja liat iklan CX9 abu abu... Wkwkwkwk...

Utk bantingan kayaknya faktor ban aja berarti ya, di jalan keriting berasa bgt getarannya pake ekopitak. Lebih parah dari Crv turbo.

Head turningnya mobil ini tuh lebih kayak sekilas ngirain CX5, terus mikir "eh bentar CX5 tapi kok gede amat yak".

1 lagi, karena wheel arch mobil ini lebar, jadi gak rawan kena bodi kalo kesenggol biker blangsak. Ane waktu test nih mobil disenggol biker blangsak kemepetan trus cek eh gakpapa :mky_07: kena ban aja kayaknya.

Udah degdegserrr kalo kena bodi ga enak ama kacabnya mzd.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7