Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Wed May 02, 2018 7:55
- Daily Vehicle: Yaris Bakpao
Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...
Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017
1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?
2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,
3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,
thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017
1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?
2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,
3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,
thanks gan moon maap apabila ada salah kata
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
Cmiiw
Cibo itu dulu ada beberapa issue di batch awal, mulai mesin overheat, dkk dkk (dulu sampai ada yg kasus turun mesin tapi gak se ijin ownernya apa gimana gitu sampe heboh di sini).
Tapi kalau driving experiencennya setau saya pada puas.
Kalau cvt gd3 itu banyak yg bermasalah gara gara kurang pengetahuan, harusnya pake cvtf malah di ganti atf, rusaklah itu cvt, jadi bukannya jelek kualitasnya, masalah perawatan aja.
Itu aja sih kayaknya
Cibo itu dulu ada beberapa issue di batch awal, mulai mesin overheat, dkk dkk (dulu sampai ada yg kasus turun mesin tapi gak se ijin ownernya apa gimana gitu sampe heboh di sini).
Tapi kalau driving experiencennya setau saya pada puas.
Kalau cvt gd3 itu banyak yg bermasalah gara gara kurang pengetahuan, harusnya pake cvtf malah di ganti atf, rusaklah itu cvt, jadi bukannya jelek kualitasnya, masalah perawatan aja.
Itu aja sih kayaknya
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1431
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
Kalau bisa cari unitnya ke pemakai langsung yg sultan, di cek olinya gimana trus pakai bensinnya apa.
Repot kl pemakaian asal2an trus bensin cm pertalite.
Dan memang batch pertama banyak komplain sih, makanya banyak yg jual.
Oya masalah cvt di jazz dulu gegara bengkel H bloon ngasih oli atf bukannya oli cvt, makanya rusak semua mobilnya.
Overall selama unitnya dari baru dipake dgn bener, jangka panjang harusnya ga aneh2 sih.
Saran sy sih drpd civic mending hunting mazda3 seken aja.
Repot kl pemakaian asal2an trus bensin cm pertalite.
Dan memang batch pertama banyak komplain sih, makanya banyak yg jual.
Oya masalah cvt di jazz dulu gegara bengkel H bloon ngasih oli atf bukannya oli cvt, makanya rusak semua mobilnya.
Overall selama unitnya dari baru dipake dgn bener, jangka panjang harusnya ga aneh2 sih.
Saran sy sih drpd civic mending hunting mazda3 seken aja.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
sering minta ganti oli kecepetan .... olinya jg ga murah jd maintenance cost tinggi. ga tau skrg udah solved belom
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1054
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
Bener saran atas ane: kalo ada duit beli sipik turbo, mending angkut mazda 3. Matic nya masih pake AT konvensional sesuai kesukaan om TS. Model lebih elegan & proporsional juga. Cuma biaya sparepart memang lbh mahal drpd ahond punya. Contoh sederhana:
filter oli ahond gak sampe 50rb krn buatan indo, sementara filter oli mazda skyactiv bisa lbh 100rb krn impor
filter oli ahond gak sampe 50rb krn buatan indo, sementara filter oli mazda skyactiv bisa lbh 100rb krn impor
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4602
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
Mending ambil Mazda 3 om, perawatan 11 12 sm civic sm masih matic convensional jg + lebih fun to drive juga dibanding civic
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
Beli Civic yg 2018 ke sini aja om..
Bebas trouble
Bebas trouble
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11068
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
qushay20019 wrote: ↑Fri Dec 27, 2019 13:08 Bener saran atas ane: kalo ada duit beli sipik turbo, mending angkut mazda 3. Matic nya masih pake AT konvensional sesuai kesukaan om TS. Model lebih elegan & proporsional juga. Cuma biaya sparepart memang lbh mahal drpd ahond punya. Contoh sederhana:
filter oli ahond gak sampe 50rb krn buatan indo, sementara filter oli mazda skyactiv bisa lbh 100rb krn impor
tu mobil 2, filter oli bisa saling tuker. mau yang lebih murah? beli merk aspira buat timor Rp 25rb. kemurahan takut dibilang pelit? beli merk wix Rp 35rb.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 282
- Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
- Daily Vehicle: CRV
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
Civic dan crv mungkin mesin dan cvt sama kali ya.thoger wrote:Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...
Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017
1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?
2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,
3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,
thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Saya punya crv turbo tahun 2017. Km sudah mencapai 60rb km an. Mesin dan transmisi sih ga ada keluhan sama sekali. Tpi ini mobil gampang panas, radiator sering luber klo macet lama. Jadi klo ambil ini mobil sering sering cek radiator.
Ini crv luar biasa irit menurut saya, untuk mobil dengan tenaga segini dan cukup kencang, crv saya irit sekali.
*note selama 4000an km ga macet, mungkin rata rata jalan 70 sampai 80kpj
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2555
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
Pagi jg gan... ini pagi banget malah jem 5 pagi... wkwkwkthoger wrote: ↑Fri Dec 27, 2019 3:33 Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...
Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017
1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?
2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,
3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,
thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Ane bantu kasih pencerahan ttng Trans matic CVT yah.
Memang betul, yg om bilang. Matic CVT agak kurang awet, tp hal tsb biasanya terjadi krn kurang care; salah perawatan; bawa mobilnya di bejek-bejek mulu.
Salah perawatan ya td harusnya pas ganti oli pakenya CVTf , kalau dikasih oli ATF ya rusak dehhh.
Kurang care, mksdnya ga pernah dirawat. Sama skali ga diganti olinya. Wah ini jg bahaya.
Suka ngebetot gas.... Nah ini jg problem. Maksud pabrikan kasih trans CVT di suatu type mobil, ya supaya jadi irit bahan bakar, halus pengendaraannya, enak buat daily commuting. Bukan buat di betot-betotan.
Makanya honda ada kluarin Civic Type R pake trans manual kan, itu buat para penggila spirited driving.
Mobil trans CVT dipake buat spirited driving alias bejek gas rem, bejek lg rem lg. Niscaya cepet meledak cvt nya wkwkwk.
Di nissan, merk kesayangan warga SM wkwkwkwk , kalo CVT nya rusak, kurang lebih perbaikan makan biaya 15 jt rupiah ya.
Kalau di Audi (Type A4 B8). Misal CVT nya rusak, harus beli transmisi segelondong. Harga 100jt rupiah... muntah deh
Untuk long term sih, kalo pemakaiannya bener. Trans CVT harusnya bisa outlast sampe 100rb kilometer ++ yah. Ganti oli CVT setiap 20rb / 30rb km sekali. Penting banget urusan ganti oli ini.
Trans matic konvensional torque converter boleh telat2 sampe 50rb km baru ganti oli. Urusan awet-awet an jelas matic konvensional juaranya. Avanza2 & innova jadul banyak yg odo 200k keatas, masih pada awet matic 4-speed nya. Walaupun dikata2in orang shiftingnya lemot.. Transmisi jaman purba, tapi awet toh.
Kalau ane pribadi sih kurang sreg sama matic CVT, mostly karena feelnya ga enak.. Ga ada sensasi ganti gigi. Pernah coba bawa HR-V temen yg CVT.. Aneh gitu rasanya hambar... Hahahaha
Untuk urusan user Civic Turbo perawatan dkk, ada mod ChZ paling vokal urusan ini. Nanti jg di reply kok.
Nuhun om
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Wed May 02, 2018 7:55
- Daily Vehicle: Yaris Bakpao
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
Yes om saya tau kasus itu ahirnya di ganti mobil baru itu kan ya hehe, oke om noted reply nya thanksmichaelgiri93 wrote: ↑Fri Dec 27, 2019 11:18 Cmiiw
Cibo itu dulu ada beberapa issue di batch awal, mulai mesin overheat, dkk dkk (dulu sampai ada yg kasus turun mesin tapi gak se ijin ownernya apa gimana gitu sampe heboh di sini).
Tapi kalau driving experiencennya setau saya pada puas.
Kalau cvt gd3 itu banyak yg bermasalah gara gara kurang pengetahuan, harusnya pake cvtf malah di ganti atf, rusaklah itu cvt, jadi bukannya jelek kualitasnya, masalah perawatan aja.
Itu aja sih kayaknya
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
ane di summon, pantes kok gatel gatel mulu daritadi ni kupingKielConstantine wrote: ↑Fri Dec 27, 2019 22:04Pagi jg gan... ini pagi banget malah jem 5 pagi... wkwkwkthoger wrote: ↑Fri Dec 27, 2019 3:33 Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...
Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017
1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?
2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,
3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,
thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Ane bantu kasih pencerahan ttng Trans matic CVT yah.
Memang betul, yg om bilang. Matic CVT agak kurang awet, tp hal tsb biasanya terjadi krn kurang care; salah perawatan; bawa mobilnya di bejek-bejek mulu.
Salah perawatan ya td harusnya pas ganti oli pakenya CVTf , kalau dikasih oli ATF ya rusak dehhh.
Kurang care, mksdnya ga pernah dirawat. Sama skali ga diganti olinya. Wah ini jg bahaya.
Suka ngebetot gas.... Nah ini jg problem. Maksud pabrikan kasih trans CVT di suatu type mobil, ya supaya jadi irit bahan bakar, halus pengendaraannya, enak buat daily commuting. Bukan buat di betot-betotan.
Makanya honda ada kluarin Civic Type R pake trans manual kan, itu buat para penggila spirited driving.
Mobil trans CVT dipake buat spirited driving alias bejek gas rem, bejek lg rem lg. Niscaya cepet meledak cvt nya wkwkwk.
Di nissan, merk kesayangan warga SM wkwkwkwk , kalo CVT nya rusak, kurang lebih perbaikan makan biaya 15 jt rupiah ya.
Kalau di Audi (Type A4 B8). Misal CVT nya rusak, harus beli transmisi segelondong. Harga 100jt rupiah... muntah deh
Untuk long term sih, kalo pemakaiannya bener. Trans CVT harusnya bisa outlast sampe 100rb kilometer ++ yah. Ganti oli CVT setiap 20rb / 30rb km sekali. Penting banget urusan ganti oli ini.
Trans matic konvensional torque converter boleh telat2 sampe 50rb km baru ganti oli. Urusan awet-awet an jelas matic konvensional juaranya. Avanza2 & innova jadul banyak yg odo 200k keatas, masih pada awet matic 4-speed nya. Walaupun dikata2in orang shiftingnya lemot.. Transmisi jaman purba, tapi awet toh.
Kalau ane pribadi sih kurang sreg sama matic CVT, mostly karena feelnya ga enak.. Ga ada sensasi ganti gigi. Pernah coba bawa HR-V temen yg CVT.. Aneh gitu rasanya hambar... Hahahaha
Untuk urusan user Civic Turbo perawatan dkk, ada mod ChZ paling vokal urusan ini. Nanti jg di reply kok.
Nuhun om
ok soal civic turbo ya... sebenernya civic turbo itu issue nya nyaris gak ada, gak separah sodaranya yang punya build issue.
1. pertanyaan soal kenapa banyak di OLX... ya jujur aja mungkin banyak user juga tidak well informed dan ATPM H juga tidak terbuka soal informasi terbaru dan tidak segera klarifikasi isu-isu menyesatkan di kalangan user / netijen apalagi yang bacotnya gede tapi pake kagak. Mungkin user yang panik pada keburu jual dengar isu isu begini...
Padahal nih mobil ya gak punya penyakit bawaan, ane sangat 100% haqulyakin kalopun kena penyakit biasanya defective seperti ya itu yang overheat sebiji. Plussss ohya saya baru inget di batch 2016 yang sedan ada issue AC nya agak rewel. Tapi setelah batch 2017 ane lihat gak ada kejadian sih.
Masalah indikator oli, ane sempat eksperimen sendiri di CRV jalan 800 KM cuma turun 200 km oil life nya, usut punya usut ternyata nih mobil kata mbah bebonk oil life nya ternyata berdasarkan flow bbm, makanya bisa ada yang boros banget, bisa ada yang irit banget (sampe 7.000 - 8.000, bahkan 10.000 juga ada kalo luar kota terus). Kalo macet macetan terus emang wasallam... ya sensornya baca bensin ngalir terus berasumsi mobilnya jalan kan? Mesin kalo macet nyala kan? Nah itu deh. Civic/CRV oil lifenya jangan diliat kilometernya. kalo pakenya kota-kota terus apalagi rutenya bisa macet berjam-jam ya udah pasti jalan terus itu indikator.
2. Improvement seperti apa? Kalau soal ride, CVT nya Civic dan CRV ini malah menurut ane jauh dari kata hambar ya. Beberapa matik konvensional justru rasanya lebih boring dan me-nye-bal-kan karakternya. Kalo sudah terbiasa, nyetir mobil dengan transmisi AT biasa justru berasa sering jeda dan powerloss mulu kayak ane bawa Mazda3 baru. Mesinnya paling powerful di kelasnya, 170PS dan capable untuk tuned sampai 240PS dalam kondisi stock internals.
Soal reliability, ini ane juga masih mau lihat seberapa kuat, tapi kalau pengalaman dari user di negara barat sono banyak yang tembus 100ribu dan kondisi tuned baik hondata/ktuner masih aman-aman dan sehat selalu. Ane justru yakin nih mobil mesinnya kuat karena di US / UK banyak banget yang udah tembus ratusan ribu. Issue yang ada di mesin L15B7 ini di CRV, mostly kejadian di region yang hawa dingin seperti Canada, oil dilutionnya cukup parah. GDI pasti oil dilution tapi di CRV kejadiannya cukup parah sampe engine stall, apalagi yang parah itu kalo dipake short trip di bawah 10km melulu. Di Indonesia beruntungnya tropis jadi hal spt ini bakal jarang sekali terjadi (dan sampe skrg keluhan CRV oil dilution ane belum pernah denger sih di Indonesia).
penting seperti kata oom Kiel, jangan dihajar dan betot-betot keseringan. CVT kodratnya emang transmisi buat santai. Yaaa bakal cepet jebolnya kalo tiap hari start macem orang mau dragrace sih, berat pasti kerjanya. Ngakalinnya bisa pake CVTF yang agak bagus, misal Aisin CFEx kalo kata mbah bebonk. Saya si sekarang masih pake Honda HCF-2, ganti oli CVT tiap 2 taun / 20.000 KM mana yang tercapai lebih dulu biar awet.
Cumaaa kalau sesekali ya gakpapa lah betot, misalnya keluar dari gerbang tol gitu ngerasain ban depan ngespin toh nikmatnya Civic (dan CRV Turbo) itu emang buat nyetir santai dan CVTnya ane rasa cocok dengan karakter mesin turbonya. Bawahnya agak laggy tapi begitu sudah sampe cruise speed mau nyalip kendaraan gampang banget tinggal tambah gas dikit tanpa delay.
sekarang ane pakai HB 2017 tipe S, jalan 14k kilometer. Kondisi tuned by bebonk. Mobil yang buat ane super fun yah, terutama karena powernya dan steering rationya enak banget buat nekuk-nekuk. Tiap pulang ktr ke tempat gym di sebuah perumahan sering ane pake buat hajar high speed cornering di perumahan sampe ban belakang suka bunyi ngesot. Kalo udah nemu feelnya, nih mobil enak banget. Nyamannya dapet, handlingnya juga presisi.
Kalo tune Civic ini tolong cari tuner yang bener-bener paham, karena terkadang CE suka nyala dan beberapa tuner ambil jalan pintas disable DTC nya permanen, padahal ini masalah toleransi value di ABS sensornya saja...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 693
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
Om chz, mobil 2 thn baru 14rb kan. Penasaran so far yg diganti apa aja mengingat low km, pasti banyak yg diskip.ChZ wrote:ane di summon, pantes kok gatel gatel mulu daritadi ni kupingKielConstantine wrote: ↑Fri Dec 27, 2019 22:04Pagi jg gan... ini pagi banget malah jem 5 pagi... wkwkwkthoger wrote: ↑Fri Dec 27, 2019 3:33 Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...
Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017
1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?
2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,
3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,
thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Ane bantu kasih pencerahan ttng Trans matic CVT yah.
Memang betul, yg om bilang. Matic CVT agak kurang awet, tp hal tsb biasanya terjadi krn kurang care; salah perawatan; bawa mobilnya di bejek-bejek mulu.
Salah perawatan ya td harusnya pas ganti oli pakenya CVTf , kalau dikasih oli ATF ya rusak dehhh.
Kurang care, mksdnya ga pernah dirawat. Sama skali ga diganti olinya. Wah ini jg bahaya.
Suka ngebetot gas.... Nah ini jg problem. Maksud pabrikan kasih trans CVT di suatu type mobil, ya supaya jadi irit bahan bakar, halus pengendaraannya, enak buat daily commuting. Bukan buat di betot-betotan.
Makanya honda ada kluarin Civic Type R pake trans manual kan, itu buat para penggila spirited driving.
Mobil trans CVT dipake buat spirited driving alias bejek gas rem, bejek lg rem lg. Niscaya cepet meledak cvt nya wkwkwk.
Di nissan, merk kesayangan warga SM wkwkwkwk , kalo CVT nya rusak, kurang lebih perbaikan makan biaya 15 jt rupiah ya.
Kalau di Audi (Type A4 B8). Misal CVT nya rusak, harus beli transmisi segelondong. Harga 100jt rupiah... muntah deh
Untuk long term sih, kalo pemakaiannya bener. Trans CVT harusnya bisa outlast sampe 100rb kilometer ++ yah. Ganti oli CVT setiap 20rb / 30rb km sekali. Penting banget urusan ganti oli ini.
Trans matic konvensional torque converter boleh telat2 sampe 50rb km baru ganti oli. Urusan awet-awet an jelas matic konvensional juaranya. Avanza2 & innova jadul banyak yg odo 200k keatas, masih pada awet matic 4-speed nya. Walaupun dikata2in orang shiftingnya lemot.. Transmisi jaman purba, tapi awet toh.
Kalau ane pribadi sih kurang sreg sama matic CVT, mostly karena feelnya ga enak.. Ga ada sensasi ganti gigi. Pernah coba bawa HR-V temen yg CVT.. Aneh gitu rasanya hambar... Hahahaha
Untuk urusan user Civic Turbo perawatan dkk, ada mod ChZ paling vokal urusan ini. Nanti jg di reply kok.
Nuhun om
ok soal civic turbo ya... sebenernya civic turbo itu issue nya nyaris gak ada, gak separah sodaranya yang punya build issue.
1. pertanyaan soal kenapa banyak di OLX... ya jujur aja mungkin banyak user juga tidak well informed dan ATPM H juga tidak terbuka soal informasi terbaru dan tidak segera klarifikasi isu-isu menyesatkan di kalangan user / netijen apalagi yang bacotnya gede tapi pake kagak. Mungkin user yang panik pada keburu jual dengar isu isu begini...
Padahal nih mobil ya gak punya penyakit bawaan, ane sangat 100% haqulyakin kalopun kena penyakit biasanya defective seperti ya itu yang overheat sebiji. Plussss ohya saya baru inget di batch 2016 yang sedan ada issue AC nya agak rewel. Tapi setelah batch 2017 ane lihat gak ada kejadian sih.
Masalah indikator oli, ane sempat eksperimen sendiri di CRV jalan 800 KM cuma turun 200 km oil life nya, usut punya usut ternyata nih mobil kata mbah bebonk oil life nya ternyata berdasarkan flow bbm, makanya bisa ada yang boros banget, bisa ada yang irit banget (sampe 7.000 - 8.000, bahkan 10.000 juga ada kalo luar kota terus). Kalo macet macetan terus emang wasallam... ya sensornya baca bensin ngalir terus berasumsi mobilnya jalan kan? Mesin kalo macet nyala kan? Nah itu deh. Civic/CRV oil lifenya jangan diliat kilometernya. kalo pakenya kota-kota terus apalagi rutenya bisa macet berjam-jam ya udah pasti jalan terus itu indikator.
2. Improvement seperti apa? Kalau soal ride, CVT nya Civic dan CRV ini malah menurut ane jauh dari kata hambar ya. Beberapa matik konvensional justru rasanya lebih boring dan me-nye-bal-kan karakternya. Kalo sudah terbiasa, nyetir mobil dengan transmisi AT biasa justru berasa sering jeda dan powerloss mulu kayak ane bawa Mazda3 baru. Mesinnya paling powerful di kelasnya, 170PS dan capable untuk tuned sampai 240PS dalam kondisi stock internals.
Soal reliability, ini ane juga masih mau lihat seberapa kuat, tapi kalau pengalaman dari user di negara barat sono banyak yang tembus 100ribu dan kondisi tuned baik hondata/ktuner masih aman-aman dan sehat selalu. Ane justru yakin nih mobil mesinnya kuat karena di US / UK banyak banget yang udah tembus ratusan ribu. Issue yang ada di mesin L15B7 ini di CRV, mostly kejadian di region yang hawa dingin seperti Canada, oil dilutionnya cukup parah. GDI pasti oil dilution tapi di CRV kejadiannya cukup parah sampe engine stall, apalagi yang parah itu kalo dipake short trip di bawah 10km melulu. Di Indonesia beruntungnya tropis jadi hal spt ini bakal jarang sekali terjadi (dan sampe skrg keluhan CRV oil dilution ane belum pernah denger sih di Indonesia).
penting seperti kata oom Kiel, jangan dihajar dan betot-betot keseringan. CVT kodratnya emang transmisi buat santai. Yaaa bakal cepet jebolnya kalo tiap hari start macem orang mau dragrace sih, berat pasti kerjanya. Ngakalinnya bisa pake CVTF yang agak bagus, misal Aisin CFEx kalo kata mbah bebonk. Saya si sekarang masih pake Honda HCF-2, ganti oli CVT tiap 2 taun / 20.000 KM mana yang tercapai lebih dulu biar awet.
Cumaaa kalau sesekali ya gakpapa lah betot, misalnya keluar dari gerbang tol gitu ngerasain ban depan ngespin toh nikmatnya Civic (dan CRV Turbo) itu emang buat nyetir santai dan CVTnya ane rasa cocok dengan karakter mesin turbonya. Bawahnya agak laggy tapi begitu sudah sampe cruise speed mau nyalip kendaraan gampang banget tinggal tambah gas dikit tanpa delay.
sekarang ane pakai HB 2017 tipe S, jalan 14k kilometer. Kondisi tuned by bebonk. Mobil yang buat ane super fun yah, terutama karena powernya dan steering rationya enak banget buat nekuk-nekuk. Tiap pulang ktr ke tempat gym di sebuah perumahan sering ane pake buat hajar high speed cornering di perumahan sampe ban belakang suka bunyi ngesot. Kalo udah nemu feelnya, nih mobil enak banget. Nyamannya dapet, handlingnya juga presisi.
Kalo tune Civic ini tolong cari tuner yang bener-bener paham, karena terkadang CE suka nyala dan beberapa tuner ambil jalan pintas disable DTC nya permanen, padahal ini masalah toleransi value di ABS sensornya saja...
1. Oli udah berapa kali ganti kah?
2. Ada part consumable yg usah diganti?
3. Ada slow moving part yg udah diganti kah?
Thanks feedback-nya
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Wed May 02, 2018 7:55
- Daily Vehicle: Yaris Bakpao
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
siap gan thanks info nya , well notedmichaelgiri93 wrote: ↑Fri Dec 27, 2019 11:18 Cmiiw
Cibo itu dulu ada beberapa issue di batch awal, mulai mesin overheat, dkk dkk (dulu sampai ada yg kasus turun mesin tapi gak se ijin ownernya apa gimana gitu sampe heboh di sini).
Tapi kalau driving experiencennya setau saya pada puas.
Kalau cvt gd3 itu banyak yg bermasalah gara gara kurang pengetahuan, harusnya pake cvtf malah di ganti atf, rusaklah itu cvt, jadi bukannya jelek kualitasnya, masalah perawatan aja.
Itu aja sih kayaknya
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Wed May 02, 2018 7:55
- Daily Vehicle: Yaris Bakpao
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
klo luber gitu kuatir air radiator berkurang gak om ? lama2 malah jadi overhatedarief225 wrote: ↑Fri Dec 27, 2019 14:22Civic dan crv mungkin mesin dan cvt sama kali ya.thoger wrote:Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...
Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017
1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?
2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,
3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,
thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Saya punya crv turbo tahun 2017. Km sudah mencapai 60rb km an. Mesin dan transmisi sih ga ada keluhan sama sekali. Tpi ini mobil gampang panas, radiator sering luber klo macet lama. Jadi klo ambil ini mobil sering sering cek radiator.
Ini crv luar biasa irit menurut saya, untuk mobil dengan tenaga segini dan cukup kencang, crv saya irit sekali.
*note selama 4000an km ga macet, mungkin rata rata jalan 70 sampai 80kpjIMG20190813133436.jpeg
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Wed May 02, 2018 7:55
- Daily Vehicle: Yaris Bakpao
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
well penjelasannya sangat comprehensive , kesimpulan yang saya dapat ini emang mobil hobi sih yah, kebetulan sedikit curcol nih, civic ini utk hadiah ahir taun istri ane yang udah bantu2 usaha onlen kecil2 an, ane udah kasih banyak opsi dari bbrapa pilihan. tapi tetep civic turbo yang buatnya jatuh cinta, klo ane sendiri pribadi sih udah nyerah sama yang namanya cvt udah trauma berat walo blom pernah pake hahhaa. balik lgi ke civic turbo emang mobil ini yang rawat kudu orang2 yang paham, utk dipake daily rasa2 nya ko jadi sayang, mengingat ini nanti nya jadi mobil daily,. btw thanks sekali lagi om penjelasannya, biar istri ane suru baca testimoni dari omChZ wrote: ↑Sat Dec 28, 2019 9:07ane di summon, pantes kok gatel gatel mulu daritadi ni kupingKielConstantine wrote: ↑Fri Dec 27, 2019 22:04Pagi jg gan... ini pagi banget malah jem 5 pagi... wkwkwkthoger wrote: ↑Fri Dec 27, 2019 3:33 Pagi gan , semoga semua dalam keadaan sehat wal afiat...
Ane ada pertanyaan mengenai Honda Civic Turbo 2nd 2016-2017
1. Ini pertamax ane pake honda klo jadi ambil, rencana ane ambil second 2016 2017, tapi yang ane bingung kenapa ya civic turbo ini banyak bgt di olx apakah rata2 pemilik nya ga puas ? atau rewel kah ?
2. Mengenai CVT honda , apakah skrng sudah banyak improvement ? soalnya ane aga trauma dulu liat adik ane GD3 nya bolak balik bengkel mulu benerin cvt nya, dari ga bisa mundur sampe gas nyangkut dan pernah loncat juga karena delay masuk transmisi nya , dll pokonya rudet lah kata orang sunda mah kira2 bakalan awet ga ya CVT nya ,
3. Barangkali ada user civic turbo boleh berbagi pengalamannya sebnrnya ane itu penggemar matic sejati , tapi ga pernah pakai model CVT , selalu Matic Konven biasa karena awet,
thanks gan moon maap apabila ada salah kata
Ane bantu kasih pencerahan ttng Trans matic CVT yah.
Memang betul, yg om bilang. Matic CVT agak kurang awet, tp hal tsb biasanya terjadi krn kurang care; salah perawatan; bawa mobilnya di bejek-bejek mulu.
Salah perawatan ya td harusnya pas ganti oli pakenya CVTf , kalau dikasih oli ATF ya rusak dehhh.
Kurang care, mksdnya ga pernah dirawat. Sama skali ga diganti olinya. Wah ini jg bahaya.
Suka ngebetot gas.... Nah ini jg problem. Maksud pabrikan kasih trans CVT di suatu type mobil, ya supaya jadi irit bahan bakar, halus pengendaraannya, enak buat daily commuting. Bukan buat di betot-betotan.
Makanya honda ada kluarin Civic Type R pake trans manual kan, itu buat para penggila spirited driving.
Mobil trans CVT dipake buat spirited driving alias bejek gas rem, bejek lg rem lg. Niscaya cepet meledak cvt nya wkwkwk.
Di nissan, merk kesayangan warga SM wkwkwkwk , kalo CVT nya rusak, kurang lebih perbaikan makan biaya 15 jt rupiah ya.
Kalau di Audi (Type A4 B8). Misal CVT nya rusak, harus beli transmisi segelondong. Harga 100jt rupiah... muntah deh
Untuk long term sih, kalo pemakaiannya bener. Trans CVT harusnya bisa outlast sampe 100rb kilometer ++ yah. Ganti oli CVT setiap 20rb / 30rb km sekali. Penting banget urusan ganti oli ini.
Trans matic konvensional torque converter boleh telat2 sampe 50rb km baru ganti oli. Urusan awet-awet an jelas matic konvensional juaranya. Avanza2 & innova jadul banyak yg odo 200k keatas, masih pada awet matic 4-speed nya. Walaupun dikata2in orang shiftingnya lemot.. Transmisi jaman purba, tapi awet toh.
Kalau ane pribadi sih kurang sreg sama matic CVT, mostly karena feelnya ga enak.. Ga ada sensasi ganti gigi. Pernah coba bawa HR-V temen yg CVT.. Aneh gitu rasanya hambar... Hahahaha
Untuk urusan user Civic Turbo perawatan dkk, ada mod ChZ paling vokal urusan ini. Nanti jg di reply kok.
Nuhun om
ok soal civic turbo ya... sebenernya civic turbo itu issue nya nyaris gak ada, gak separah sodaranya yang punya build issue.
1. pertanyaan soal kenapa banyak di OLX... ya jujur aja mungkin banyak user juga tidak well informed dan ATPM H juga tidak terbuka soal informasi terbaru dan tidak segera klarifikasi isu-isu menyesatkan di kalangan user / netijen apalagi yang bacotnya gede tapi pake kagak. Mungkin user yang panik pada keburu jual dengar isu isu begini...
Padahal nih mobil ya gak punya penyakit bawaan, ane sangat 100% haqulyakin kalopun kena penyakit biasanya defective seperti ya itu yang overheat sebiji. Plussss ohya saya baru inget di batch 2016 yang sedan ada issue AC nya agak rewel. Tapi setelah batch 2017 ane lihat gak ada kejadian sih.
Masalah indikator oli, ane sempat eksperimen sendiri di CRV jalan 800 KM cuma turun 200 km oil life nya, usut punya usut ternyata nih mobil kata mbah bebonk oil life nya ternyata berdasarkan flow bbm, makanya bisa ada yang boros banget, bisa ada yang irit banget (sampe 7.000 - 8.000, bahkan 10.000 juga ada kalo luar kota terus). Kalo macet macetan terus emang wasallam... ya sensornya baca bensin ngalir terus berasumsi mobilnya jalan kan? Mesin kalo macet nyala kan? Nah itu deh. Civic/CRV oil lifenya jangan diliat kilometernya. kalo pakenya kota-kota terus apalagi rutenya bisa macet berjam-jam ya udah pasti jalan terus itu indikator.
2. Improvement seperti apa? Kalau soal ride, CVT nya Civic dan CRV ini malah menurut ane jauh dari kata hambar ya. Beberapa matik konvensional justru rasanya lebih boring dan me-nye-bal-kan karakternya. Kalo sudah terbiasa, nyetir mobil dengan transmisi AT biasa justru berasa sering jeda dan powerloss mulu kayak ane bawa Mazda3 baru. Mesinnya paling powerful di kelasnya, 170PS dan capable untuk tuned sampai 240PS dalam kondisi stock internals.
Soal reliability, ini ane juga masih mau lihat seberapa kuat, tapi kalau pengalaman dari user di negara barat sono banyak yang tembus 100ribu dan kondisi tuned baik hondata/ktuner masih aman-aman dan sehat selalu. Ane justru yakin nih mobil mesinnya kuat karena di US / UK banyak banget yang udah tembus ratusan ribu. Issue yang ada di mesin L15B7 ini di CRV, mostly kejadian di region yang hawa dingin seperti Canada, oil dilutionnya cukup parah. GDI pasti oil dilution tapi di CRV kejadiannya cukup parah sampe engine stall, apalagi yang parah itu kalo dipake short trip di bawah 10km melulu. Di Indonesia beruntungnya tropis jadi hal spt ini bakal jarang sekali terjadi (dan sampe skrg keluhan CRV oil dilution ane belum pernah denger sih di Indonesia).
penting seperti kata oom Kiel, jangan dihajar dan betot-betot keseringan. CVT kodratnya emang transmisi buat santai. Yaaa bakal cepet jebolnya kalo tiap hari start macem orang mau dragrace sih, berat pasti kerjanya. Ngakalinnya bisa pake CVTF yang agak bagus, misal Aisin CFEx kalo kata mbah bebonk. Saya si sekarang masih pake Honda HCF-2, ganti oli CVT tiap 2 taun / 20.000 KM mana yang tercapai lebih dulu biar awet.
Cumaaa kalau sesekali ya gakpapa lah betot, misalnya keluar dari gerbang tol gitu ngerasain ban depan ngespin toh nikmatnya Civic (dan CRV Turbo) itu emang buat nyetir santai dan CVTnya ane rasa cocok dengan karakter mesin turbonya. Bawahnya agak laggy tapi begitu sudah sampe cruise speed mau nyalip kendaraan gampang banget tinggal tambah gas dikit tanpa delay.
sekarang ane pakai HB 2017 tipe S, jalan 14k kilometer. Kondisi tuned by bebonk. Mobil yang buat ane super fun yah, terutama karena powernya dan steering rationya enak banget buat nekuk-nekuk. Tiap pulang ktr ke tempat gym di sebuah perumahan sering ane pake buat hajar high speed cornering di perumahan sampe ban belakang suka bunyi ngesot. Kalo udah nemu feelnya, nih mobil enak banget. Nyamannya dapet, handlingnya juga presisi.
Kalo tune Civic ini tolong cari tuner yang bener-bener paham, karena terkadang CE suka nyala dan beberapa tuner ambil jalan pintas disable DTC nya permanen, padahal ini masalah toleransi value di ABS sensornya saja...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3692
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
Kalo jadi meminang Civic Turbo Sedan tahun segitu perlu diperhatikan yang jual, sebisa mungkin cari yang tipe ES beneran (bukan tipe Prestige) dan datangi langsung kalo bener2 tipe ES yang 6 airbag (Prestige airbag cuma 2 ama nambah bodykit padahal tipe tertinggi)
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
- Daily Vehicle: Baleno
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
kalo udah permintaan bu rt mah kasih aja om, toh civic jg lumayan bnyk yg pegang dan brand honda dealer dmn2 jd sparepart jd pasti aman.thoger wrote:well penjelasannya sangat comprehensive , kesimpulan yang saya dapat ini emang mobil hobi sih yah, kebetulan sedikit curcol nih, civic ini utk hadiah ahir taun istri ane yang udah bantu2 usaha onlen kecil2 an, ane udah kasih banyak opsi dari bbrapa pilihan. tapi tetep civic turbo yang buatnya jatuh cinta, klo ane sendiri pribadi sih udah nyerah sama yang namanya cvt udah trauma berat walo blom pernah pake hahhaa. balik lgi ke civic turbo emang mobil ini yang rawat kudu orang2 yang paham, utk dipake daily rasa2 nya ko jadi sayang, mengingat ini nanti nya jadi mobil daily,. btw thanks sekali lagi om penjelasannya, biar istri ane suru baca testimoni dari omChZ wrote: ↑Sat Dec 28, 2019 9:07ane di summon, pantes kok gatel gatel mulu daritadi ni kupingKielConstantine wrote: ↑Fri Dec 27, 2019 22:04 Pagi jg gan... ini pagi banget malah jem 5 pagi... wkwkwk
Ane bantu kasih pencerahan ttng Trans matic CVT yah.
Memang betul, yg om bilang. Matic CVT agak kurang awet, tp hal tsb biasanya terjadi krn kurang care; salah perawatan; bawa mobilnya di bejek-bejek mulu.
Salah perawatan ya td harusnya pas ganti oli pakenya CVTf , kalau dikasih oli ATF ya rusak dehhh.
Kurang care, mksdnya ga pernah dirawat. Sama skali ga diganti olinya. Wah ini jg bahaya.
Suka ngebetot gas.... Nah ini jg problem. Maksud pabrikan kasih trans CVT di suatu type mobil, ya supaya jadi irit bahan bakar, halus pengendaraannya, enak buat daily commuting. Bukan buat di betot-betotan.
Makanya honda ada kluarin Civic Type R pake trans manual kan, itu buat para penggila spirited driving.
Mobil trans CVT dipake buat spirited driving alias bejek gas rem, bejek lg rem lg. Niscaya cepet meledak cvt nya wkwkwk.
Di nissan, merk kesayangan warga SM wkwkwkwk , kalo CVT nya rusak, kurang lebih perbaikan makan biaya 15 jt rupiah ya.
Kalau di Audi (Type A4 B8). Misal CVT nya rusak, harus beli transmisi segelondong. Harga 100jt rupiah... muntah deh
Untuk long term sih, kalo pemakaiannya bener. Trans CVT harusnya bisa outlast sampe 100rb kilometer ++ yah. Ganti oli CVT setiap 20rb / 30rb km sekali. Penting banget urusan ganti oli ini.
Trans matic konvensional torque converter boleh telat2 sampe 50rb km baru ganti oli. Urusan awet-awet an jelas matic konvensional juaranya. Avanza2 & innova jadul banyak yg odo 200k keatas, masih pada awet matic 4-speed nya. Walaupun dikata2in orang shiftingnya lemot.. Transmisi jaman purba, tapi awet toh.
Kalau ane pribadi sih kurang sreg sama matic CVT, mostly karena feelnya ga enak.. Ga ada sensasi ganti gigi. Pernah coba bawa HR-V temen yg CVT.. Aneh gitu rasanya hambar... Hahahaha
Untuk urusan user Civic Turbo perawatan dkk, ada mod ChZ paling vokal urusan ini. Nanti jg di reply kok.
Nuhun om
ok soal civic turbo ya... sebenernya civic turbo itu issue nya nyaris gak ada, gak separah sodaranya yang punya build issue.
1. pertanyaan soal kenapa banyak di OLX... ya jujur aja mungkin banyak user juga tidak well informed dan ATPM H juga tidak terbuka soal informasi terbaru dan tidak segera klarifikasi isu-isu menyesatkan di kalangan user / netijen apalagi yang bacotnya gede tapi pake kagak. Mungkin user yang panik pada keburu jual dengar isu isu begini...
Padahal nih mobil ya gak punya penyakit bawaan, ane sangat 100% haqulyakin kalopun kena penyakit biasanya defective seperti ya itu yang overheat sebiji. Plussss ohya saya baru inget di batch 2016 yang sedan ada issue AC nya agak rewel. Tapi setelah batch 2017 ane lihat gak ada kejadian sih.
Masalah indikator oli, ane sempat eksperimen sendiri di CRV jalan 800 KM cuma turun 200 km oil life nya, usut punya usut ternyata nih mobil kata mbah bebonk oil life nya ternyata berdasarkan flow bbm, makanya bisa ada yang boros banget, bisa ada yang irit banget (sampe 7.000 - 8.000, bahkan 10.000 juga ada kalo luar kota terus). Kalo macet macetan terus emang wasallam... ya sensornya baca bensin ngalir terus berasumsi mobilnya jalan kan? Mesin kalo macet nyala kan? Nah itu deh. Civic/CRV oil lifenya jangan diliat kilometernya. kalo pakenya kota-kota terus apalagi rutenya bisa macet berjam-jam ya udah pasti jalan terus itu indikator.
2. Improvement seperti apa? Kalau soal ride, CVT nya Civic dan CRV ini malah menurut ane jauh dari kata hambar ya. Beberapa matik konvensional justru rasanya lebih boring dan me-nye-bal-kan karakternya. Kalo sudah terbiasa, nyetir mobil dengan transmisi AT biasa justru berasa sering jeda dan powerloss mulu kayak ane bawa Mazda3 baru. Mesinnya paling powerful di kelasnya, 170PS dan capable untuk tuned sampai 240PS dalam kondisi stock internals.
Soal reliability, ini ane juga masih mau lihat seberapa kuat, tapi kalau pengalaman dari user di negara barat sono banyak yang tembus 100ribu dan kondisi tuned baik hondata/ktuner masih aman-aman dan sehat selalu. Ane justru yakin nih mobil mesinnya kuat karena di US / UK banyak banget yang udah tembus ratusan ribu. Issue yang ada di mesin L15B7 ini di CRV, mostly kejadian di region yang hawa dingin seperti Canada, oil dilutionnya cukup parah. GDI pasti oil dilution tapi di CRV kejadiannya cukup parah sampe engine stall, apalagi yang parah itu kalo dipake short trip di bawah 10km melulu. Di Indonesia beruntungnya tropis jadi hal spt ini bakal jarang sekali terjadi (dan sampe skrg keluhan CRV oil dilution ane belum pernah denger sih di Indonesia).
penting seperti kata oom Kiel, jangan dihajar dan betot-betot keseringan. CVT kodratnya emang transmisi buat santai. Yaaa bakal cepet jebolnya kalo tiap hari start macem orang mau dragrace sih, berat pasti kerjanya. Ngakalinnya bisa pake CVTF yang agak bagus, misal Aisin CFEx kalo kata mbah bebonk. Saya si sekarang masih pake Honda HCF-2, ganti oli CVT tiap 2 taun / 20.000 KM mana yang tercapai lebih dulu biar awet.
Cumaaa kalau sesekali ya gakpapa lah betot, misalnya keluar dari gerbang tol gitu ngerasain ban depan ngespin toh nikmatnya Civic (dan CRV Turbo) itu emang buat nyetir santai dan CVTnya ane rasa cocok dengan karakter mesin turbonya. Bawahnya agak laggy tapi begitu sudah sampe cruise speed mau nyalip kendaraan gampang banget tinggal tambah gas dikit tanpa delay.
sekarang ane pakai HB 2017 tipe S, jalan 14k kilometer. Kondisi tuned by bebonk. Mobil yang buat ane super fun yah, terutama karena powernya dan steering rationya enak banget buat nekuk-nekuk. Tiap pulang ktr ke tempat gym di sebuah perumahan sering ane pake buat hajar high speed cornering di perumahan sampe ban belakang suka bunyi ngesot. Kalo udah nemu feelnya, nih mobil enak banget. Nyamannya dapet, handlingnya juga presisi.
Kalo tune Civic ini tolong cari tuner yang bener-bener paham, karena terkadang CE suka nyala dan beberapa tuner ambil jalan pintas disable DTC nya permanen, padahal ini masalah toleransi value di ABS sensornya saja...
tgl cri barang yg bagus aja om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
temen2 saya yang punya cibo si rata2 puas.... beda ama yg naik crv
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Sat Jan 27, 2018 5:48
-
- SM Specialist
- Posts: 15649
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
sebagai yang pake dua duanya emang berasa klo soal quality civic masih di atas CRV. Sambungan panel-panel dan gapnya lebih konsisten di civic, lebih presisi jadi gak gampang goyang. CRV konsol tengahnya dan armrestnya berkesan fragile.
selain itu kalo pake yang vin 2017/2018 biasanya bakal ada deretan problem : kaki-kaki bunyi gegara ntah kenapa hpm masang brake calipernya ga bener, eps gearboxnya ngaco, dan tuas transmisi patah. dua yang terakhir udah di recall. vin 2019 up harusnya uda gak kena.
civic si paling 2016 aja dulu beberapa kompresor ACnya kena... yg batch skrg udah aman-aman aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue May 09, 2017 3:09
- Location: jabodetabek
- Daily Vehicle: mobil bekas
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
wah trit yang bagus nih, pas kebetulan ada sodara saya rencana mau minang mobil bertransmisi matic cvt.
intinya adalah kalau mobil transmisi matic cvt harus dipastikan penggantian oli transmisi nya gak boleh telat dan oli tranmisi yang dipake adalah CVTf bukan ATF, kalo pake ATF bisa rusak transmisinya. Dan kalau mau aman ya cari mobil yang bertransmisi matic konvensional.
intinya adalah kalau mobil transmisi matic cvt harus dipastikan penggantian oli transmisi nya gak boleh telat dan oli tranmisi yang dipake adalah CVTf bukan ATF, kalo pake ATF bisa rusak transmisinya. Dan kalau mau aman ya cari mobil yang bertransmisi matic konvensional.
Mencari referensi info mobil bekas yang akurat dan terpercaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44
Re: Minta Saran CIVIC Turbo 2016 2017
DIrumah ada civic turbo 2019 nik 2018 so far g ada keluhan itu smua ya om, mesinnya menurut saya enak lari 200 gampang banget, mgkn karena perpaduan bodi sedan dan mesin 1.5T, sebelumnya sblm ambil sempet test drive crv turbo larinya berasa kurang. Kalau oil life nya mepet2 6 bulan baru nongol. Yah kalau bicara sekelasnya sedan masih jd opsi menarik kok om, tp kl compare2nya ke suv ya lain cerita. Oiya yg bikin happy selain performanya bbm nya irit banget om berasa bawa jazz , digeber2 MID ya masih 1:14 aja , bawa santai sih lebih