All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
RobbyKodo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sat Jan 05, 2019 18:52
Location: Pontianak
Daily Vehicle: Mazda cx5 14 Honda HRV 17 18 venturer gasoline 2017

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RobbyKodo »

Galau nih
Dpt unit bekas V diesel 2018 A/T & venturer 2017 2.0 M/T harga sama 310 ambil yg mana ya
Pengen ngerasain dieselnya 2GD tapi interior venturer bikin ngiler
1TR-FE 17
RU5 1.7L 17
1KR-VE 13
Djokpram
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Dec 19, 2019 8:35
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2GD

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Djokpram »

Kemarin libur Natal nyoba bawa ANKI Diesel (masih standart) ke Palembang sekalian nyoba tol Trans Sumatera, kecepatan rata2 120-140 kpj eco mode, konsumsi bbm cuma dapat 1:13 km/lt metode full to full (di mid juga terbaca segitu), termasuk boros ya, olie mesin pake PTT 10-30.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

Djokpram wrote: Tue Dec 31, 2019 3:23 Kemarin libur Natal nyoba bawa ANKI Diesel (masih standart) ke Palembang sekalian nyoba tol Trans Sumatera, kecepatan rata2 120-140 kpj eco mode, konsumsi bbm cuma dapat 1:13 km/lt metode full to full (di mid juga terbaca segitu), termasuk boros ya, olie mesin pake PTT 10-30.
rata2 120-140 sih bukan eco mode lagi, makin tinggi kecepatan itu drag nya lebih gede (secara innova ya body aga besar) coba di pantengin 80-100 aja deh pasti jauh membaik.
RobbyKodo wrote: Mon Dec 30, 2019 12:09 Galau nih
Dpt unit bekas V diesel 2018 A/T & venturer 2017 2.0 M/T harga sama 310 ambil yg mana ya
Pengen ngerasain dieselnya 2GD tapi interior venturer bikin ngiler
2GD all the way man, buat gue sih 2GD itu ga irit2 banget klo buat dalkot, cuman sekitar 1:8-9, lukot klo bener2 santai bisa 1:18... klo lukot gas ga sekolah ya 1:12-13. tapi ya torsi nya itu lho, apalagi mudah ditingkatkan hanya dengan memasang piggy :D. 2TR adalah mesin yang membosankan. interior sih perkara yang mudah upgrade dari V ke venturer, exterior juga mudah banget. Banyak yang jual jok venturer maupun bodykit venturer. Yang susah ya VSC, airbag lebih banyak, dan tombol start stop engine.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Nugrohonug »

RobbyKodo wrote: Mon Dec 30, 2019 12:09 Galau nih
Dpt unit bekas V diesel 2018 A/T & venturer 2017 2.0 M/T harga sama 310 ambil yg mana ya
Pengen ngerasain dieselnya 2GD tapi interior venturer bikin ngiler
Ambil yg V diesel at.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5706
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by sintoni »

RobbyKodo wrote: Mon Dec 30, 2019 12:09 Galau nih
Dpt unit bekas V diesel 2018 A/T & venturer 2017 2.0 M/T harga sama 310 ambil yg mana ya
Pengen ngerasain dieselnya 2GD tapi interior venturer bikin ngiler
Ambil V lah.

Dapat diesel + metik.

Apalg ane malah ga suka Penturer soalnya captain seat om jadi ga bisa muat banyak, tapi personal preference sih. Haha.
Jupiemx99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 09, 2016 5:49

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Jupiemx99 »

tesna wrote: Tue Dec 31, 2019 13:24
Djokpram wrote: Tue Dec 31, 2019 3:23 Kemarin libur Natal nyoba bawa ANKI Diesel (masih standart) ke Palembang sekalian nyoba tol Trans Sumatera, kecepatan rata2 120-140 kpj eco mode, konsumsi bbm cuma dapat 1:13 km/lt metode full to full (di mid juga terbaca segitu), termasuk boros ya, olie mesin pake PTT 10-30.
rata2 120-140 sih bukan eco mode lagi, makin tinggi kecepatan itu drag nya lebih gede (secara innova ya body aga besar) coba di pantengin 80-100 aja deh pasti jauh membaik.
RobbyKodo wrote: Mon Dec 30, 2019 12:09 Galau nih
Dpt unit bekas V diesel 2018 A/T & venturer 2017 2.0 M/T harga sama 310 ambil yg mana ya
Pengen ngerasain dieselnya 2GD tapi interior venturer bikin ngiler
2GD all the way man, buat gue sih 2GD itu ga irit2 banget klo buat dalkot, cuman sekitar 1:8-9, lukot klo bener2 santai bisa 1:18... klo lukot gas ga sekolah ya 1:12-13. tapi ya torsi nya itu lho, apalagi mudah ditingkatkan hanya dengan memasang piggy :D. 2TR adalah mesin yang membosankan. interior sih perkara yang mudah upgrade dari V ke venturer, exterior juga mudah banget. Banyak yang jual jok venturer maupun bodykit venturer. Yang susah ya VSC, airbag lebih banyak, dan tombol start stop engine.
Venturer bensin juga belum ada vsc-nya dan airbag cuma 3.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by kompresorz »

tesna wrote: Tue Dec 31, 2019 13:24

2GD all the way man, buat gue sih 2GD itu ga irit2 banget klo buat dalkot, cuman sekitar 1:8-9, lukot klo bener2 santai bisa 1:18... klo lukot gas ga sekolah ya 1:12-13. tapi ya torsi nya itu lho, apalagi mudah ditingkatkan hanya dengan memasang piggy :D. 2TR adalah mesin yang membosankan. interior sih perkara yang mudah upgrade dari V ke venturer, exterior juga mudah banget. Banyak yang jual jok venturer maupun bodykit venturer. Yang susah ya VSC, airbag lebih banyak, dan tombol start stop engine.
:big_biglaugh: ....


1:8 sudah super itu.....

gw dulu punya jaz idsi taun 2004 baru aja samaan...jarang gw pake...jual kilometer sedikit..

anki luar kota santai gw pernah 1 :21...tetap lari 120-140....

teman bilang hibrid irit pol....kalo gw belum pake gw blm percaya....

lah dr mesin 1.3 avanza...honda 1.5..dll yah boros aja...

krn style gw bejek pol mulu....pusing santai dijalan wisata mandangin aspal...
apalg nyetir pulse n glide....bikin tambah puyeng...mobil kok ngatur ngatur gw...
:big_weee:



pasang pigibak tambah ngicrit larinya tapi solarnya tetap sama atau tambah irit...

torsiiiiii lebih nikmat dari HP...hoooossseee poweerrr... :big_weee:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by kompresorz »

gak bakalan ada seri Gatau V yang bisa samain venturer atau seri q...

ampe dandanin jungkir balik sambil salto.... :big_biglaugh:
akio7
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Aug 13, 2019 1:05

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by akio7 »

Apakah ANKI Putu bisa diperbaiki om?
Improve 2017 akhir dibulan berapa ya?
Kalau yang type V patokannya improve dengan yang belum improve kan bisa dilihat dari headlampnya kan om?
2015 - Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 A/T
KSG88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by KSG88 »

kompresorz wrote:gak bakalan ada seri Gatau V yang bisa samain venturer atau seri q...

ampe dandanin jungkir balik sambil salto.... :big_biglaugh:
Gara2 fitur vsa HSA itu ya om
avantgardebronze
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 124
Joined: Sat Jun 10, 2017 4:34
Daily Vehicle: Innova Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by avantgardebronze »

[emoji1787][emoji23][emoji1787][emoji23][emoji1787][emoji23][emoji1787][emoji23][emoji1787][emoji23][emoji1787][emoji23]


Betul Om.. Mau abis berapa banyak modif G/V jadi ke Q/Venturer.. Mending beli utuh jadi..
kompresorz wrote:gak bakalan ada seri Gatau V yang bisa samain venturer atau seri q...

ampe dandanin jungkir balik sambil salto.... :big_biglaugh:
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by sapifr22 »

kompresorz wrote: Fri Nov 22, 2019 0:07 baru ganti kampas rem anki...karena getar walo msh kategori baru n tebal terakhir ganti baru waranti..

bendik ini berasa lebih lembut...pakem..tapi belum bisa bilang lebih pakem...pulang dr bengkel auto 2000 langsung tes tol 170...sambil bau hangus kampas baru...

ternyata ori toyota merk advic... :frm_bang_head:

Screenshot_20191122-070601_Gallery.jpg
Om, sudah ganti kampas rem belakang Innova reborn ?
Tidak berminat pakai yang OEM, tapi lihat di online shop pilihan lainnya nyaris tidak ada
Quorra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Jan 11, 2011 5:39

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Quorra »

Halo, mau tanya om" sekalian untuk ANF VRZ 2019 saat start pertama kali (mesin masih dingin), transmisi dari P digeser ke R kok ada bunyi menghentak sedikit keras apakah wajar ya ? Kejadian untuk pertama kali saat baru start dingin aja, selanjutnya udah ga ada bunyi lagi. Saya sedikit cemas karena mengingat mobil ini sempat bermasalah transmisi 'jedug' buat batch" awal. Thanks :)
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Ivano »

Quorra wrote:Halo, mau tanya om" sekalian untuk ANF VRZ 2019 saat start pertama kali (mesin masih dingin), transmisi dari P digeser ke R kok ada bunyi menghentak sedikit keras apakah wajar ya ? Kejadian untuk pertama kali saat baru start dingin aja, selanjutnya udah ga ada bunyi lagi. Saya sedikit cemas karena mengingat mobil ini sempat bermasalah transmisi 'jedug' buat batch" awal. Thanks :)
Coba cek volume ATF om.
Biasanya karena volume kurang aja.

Lebih baik kuras sekalian dengan yg sekelas ptt LV1.

Semoga membantu.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ginting »

Quorra wrote:Halo, mau tanya om" sekalian untuk ANF VRZ 2019 saat start pertama kali (mesin masih dingin), transmisi dari P digeser ke R kok ada bunyi menghentak sedikit keras apakah wajar ya ? Kejadian untuk pertama kali saat baru start dingin aja, selanjutnya udah ga ada bunyi lagi. Saya sedikit cemas karena mengingat mobil ini sempat bermasalah transmisi 'jedug' buat batch" awal. Thanks :)
Makanya, pake jurus. Sebelum P maka mampir dulu di N. Lalu tarik rem tangan. Baru masuk P, spy lock pawl gak ngunci.

pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by pilotgaruda »

Nambahin dikit,

Abis tarik rem tangan lepas dulu injekan rem (mobil berasa aga turun dikit) baru masukin gear ke P
ginting wrote:
Quorra wrote:Halo, mau tanya om" sekalian untuk ANF VRZ 2019 saat start pertama kali (mesin masih dingin), transmisi dari P digeser ke R kok ada bunyi menghentak sedikit keras apakah wajar ya ? Kejadian untuk pertama kali saat baru start dingin aja, selanjutnya udah ga ada bunyi lagi. Saya sedikit cemas karena mengingat mobil ini sempat bermasalah transmisi 'jedug' buat batch" awal. Thanks :)
Makanya, pake jurus. Sebelum P maka mampir dulu di N. Lalu tarik rem tangan. Baru masuk P, spy lock pawl gak ngunci.
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by aipiesblue »

Quorra wrote: Tue Jan 07, 2020 14:29 Halo, mau tanya om" sekalian untuk ANF VRZ 2019 saat start pertama kali (mesin masih dingin), transmisi dari P digeser ke R kok ada bunyi menghentak sedikit keras apakah wajar ya ? Kejadian untuk pertama kali saat baru start dingin aja, selanjutnya udah ga ada bunyi lagi. Saya sedikit cemas karena mengingat mobil ini sempat bermasalah transmisi 'jedug' buat batch" awal. Thanks :)
pilotgaruda wrote: Tue Jan 07, 2020 21:05 Nambahin dikit,

Abis tarik rem tangan lepas dulu injekan rem (mobil berasa aga turun dikit) baru masukin gear ke P
ginting wrote:
Quorra wrote:Halo, mau tanya om" sekalian untuk ANF VRZ 2019 saat start pertama kali (mesin masih dingin), transmisi dari P digeser ke R kok ada bunyi menghentak sedikit keras apakah wajar ya ? Kejadian untuk pertama kali saat baru start dingin aja, selanjutnya udah ga ada bunyi lagi. Saya sedikit cemas karena mengingat mobil ini sempat bermasalah transmisi 'jedug' buat batch" awal. Thanks :)
Makanya, pake jurus. Sebelum P maka mampir dulu di N. Lalu tarik rem tangan. Baru masuk P, spy lock pawl gak ngunci.
jawaban 2 om diatas udah bener tuh, saya selalu praktekkan cara tersebut dan gak ada lagi bunyi menghentak. Fortuner VRZ matic yg sekarang udah bebas putu jedug kok om
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by ginting »

ginting wrote:
Quorra wrote:Halo, mau tanya om" sekalian untuk ANF VRZ 2019 saat start pertama kali (mesin masih dingin), transmisi dari P digeser ke R kok ada bunyi menghentak sedikit keras apakah wajar ya ? Kejadian untuk pertama kali saat baru start dingin aja, selanjutnya udah ga ada bunyi lagi. Saya sedikit cemas karena mengingat mobil ini sempat bermasalah transmisi 'jedug' buat batch" awal. Thanks :)
Makanya, pake jurus. Sebelum P maka mampir dulu di N. Lalu tarik rem tangan. Baru masuk P, spy lock pawl gak ngunci.
Itu garasi saya agak nanjak, miring ke atas, biasanya kalau saya lupa praktekkan jurus itu maka kalau besoknya mau keluar dari garasi, mindahin dari P ke R akan ada bunyi "teeenggg"..

Malah kadang saya suruh istri pasang ganjal, dengan urutan sbb :

Masuk garasi
Injak rem
Masuk N (kaki masih ngerem)
Pasang ganjal
Lepas rem kaki
Rasakan mobil berhenti
Lalu tarik rem tangan
Masuk ke P
Matikan mesin
Exit
IMG_20191225_173604.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Lqzet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sun Oct 08, 2017 10:19
Location: Depok
Daily Vehicle: Ford_focus

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Lqzet »

Om, ane baru pake anki diesel oct 2019..kmrn ane tesdrive ke tol transjawa..kecepatan di atas 130kpj ada suara berdengung dr arah mesin..itu yg dimaksud dengan suara tukang Putu ya? Penyebabnya di bearing turbo nya ya?

Mohon info suhu-suhu sekalian
Quorra
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: Tue Jan 11, 2011 5:39

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Quorra »

Ivano wrote: Tue Jan 07, 2020 15:03 Coba cek volume ATF om.
Biasanya karena volume kurang aja.

Lebih baik kuras sekalian dengan yg sekelas ptt LV1.

Semoga membantu.
Ok om, coba nanti saya cek ATF nya sekalian nanti Sabtu mau servis 1000 km.
ginting wrote: Tue Jan 07, 2020 15:18Makanya, pake jurus. Sebelum P maka mampir dulu di N. Lalu tarik rem tangan. Baru masuk P, spy lock pawl gak ngunci.
pilotgaruda wrote: Tue Jan 07, 2020 21:05 Nambahin dikit,

Abis tarik rem tangan lepas dulu injekan rem (mobil berasa aga turun dikit) baru masukin gear ke P
Betul om, sudah jadi kebiasaan saya di semua mobil A/T setelah parkir biasa saya masukin ke N trus biarin bebas maka tarik rem tangan kemudian sambil injak rem tuas digeser masukin P. Karena kalo permukaan tidak rata sering bunyi "tenggg" kalau nanti digeser dari P ke R saat mau dijalankan.
aipiesblue wrote: Wed Jan 08, 2020 0:22 jawaban 2 om diatas udah bener tuh, saya selalu praktekkan cara tersebut dan gak ada lagi bunyi menghentak. Fortuner VRZ matic yg sekarang udah bebas putu jedug kok om
Ok om, kejadiannya cuman saat start pertama aja saat masih dingin ada bunyi "jdug" tapi tidak terlalu keras gitu

---
Barusan saya baru notice kalau dimasukin P (Kondisi handbrake uda ditarik saat di N) setelah 1-2 detik kemudian ada bunyi seperti "klekk" gitu apa normal ya ? Apa mungkin itu lock pawl nya ? Thanks om" semua buat inputnya :)
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by andyez86 »

Djokpram wrote: Tue Dec 31, 2019 3:23 Kemarin libur Natal nyoba bawa ANKI Diesel (masih standart) ke Palembang sekalian nyoba tol Trans Sumatera, kecepatan rata2 120-140 kpj eco mode, konsumsi bbm cuma dapat 1:13 km/lt metode full to full (di mid juga terbaca segitu), termasuk boros ya, olie mesin pake PTT 10-30.
klo mau irit ya tahan di 100-120kmh aja...itu bs dpt 1:16 pengalaman saya bw ANKI 2GD dr solo ke sby...isi penumpang 3org..ud remap+ganti filter udara+downpipe...body berat banyak peredam audio nya+ban naik profil
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by andyez86 »

Lqzet wrote: Wed Jan 08, 2020 2:06 Om, ane baru pake anki diesel oct 2019..kmrn ane tesdrive ke tol transjawa..kecepatan di atas 130kpj ada suara berdengung dr arah mesin..itu yg dimaksud dengan suara tukang Putu ya? Penyebabnya di bearing turbo nya ya?

Mohon info suhu-suhu sekalian
kemungkinan dengung dari visco fan nya...gpp sih itu cm krn agk panas dikit...cb jln konstan 90kmh selama bbrp menit trs bejek lg ke 130 hrsnya agk ilang suara dengung nya..emg klo agk panas kan silicon d dlm visco fan nya ky bkin putaran visco nya menyesuaikan putaran mesin macam kijang lawas itu...
Lqzet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Sun Oct 08, 2017 10:19
Location: Depok
Daily Vehicle: Ford_focus

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Lqzet »

andyez86 wrote: Wed Jan 08, 2020 3:22
Lqzet wrote: Wed Jan 08, 2020 2:06 Om, ane baru pake anki diesel oct 2019..kmrn ane tesdrive ke tol transjawa..kecepatan di atas 130kpj ada suara berdengung dr arah mesin..itu yg dimaksud dengan suara tukang Putu ya? Penyebabnya di bearing turbo nya ya?

Mohon info suhu-suhu sekalian
kemungkinan dengung dari visco fan nya...gpp sih itu cm krn agk panas dikit...cb jln konstan 90kmh selama bbrp menit trs bejek lg ke 130 hrsnya agk ilang suara dengung nya..emg klo agk panas kan silicon d dlm visco fan nya ky bkin putaran visco nya menyesuaikan putaran mesin macam kijang lawas itu...
O gitu ya, suara nya si kaya siulan gitu om..persis kaya tukang putu..hehehe...
Cmn belum yakin, jd mgkn suhu2 disini bisa kasih pencerahan..
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by andyez86 »

Lqzet wrote: Wed Jan 08, 2020 4:14
andyez86 wrote: Wed Jan 08, 2020 3:22
Lqzet wrote: Wed Jan 08, 2020 2:06 Om, ane baru pake anki diesel oct 2019..kmrn ane tesdrive ke tol transjawa..kecepatan di atas 130kpj ada suara berdengung dr arah mesin..itu yg dimaksud dengan suara tukang Putu ya? Penyebabnya di bearing turbo nya ya?

Mohon info suhu-suhu sekalian
kemungkinan dengung dari visco fan nya...gpp sih itu cm krn agk panas dikit...cb jln konstan 90kmh selama bbrp menit trs bejek lg ke 130 hrsnya agk ilang suara dengung nya..emg klo agk panas kan silicon d dlm visco fan nya ky bkin putaran visco nya menyesuaikan putaran mesin macam kijang lawas itu...
O gitu ya, suara nya si kaya siulan gitu om..persis kaya tukang putu..hehehe...
Cmn belum yakin, jd mgkn suhu2 disini bisa kasih pencerahan..
cb di share aja ke temen2...ada grup fb nya koq khusus innova reborn & fortuner.....
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Hansen »

Lqzet wrote: Wed Jan 08, 2020 4:14
andyez86 wrote: Wed Jan 08, 2020 3:22
Lqzet wrote: Wed Jan 08, 2020 2:06 Om, ane baru pake anki diesel oct 2019..kmrn ane tesdrive ke tol transjawa..kecepatan di atas 130kpj ada suara berdengung dr arah mesin..itu yg dimaksud dengan suara tukang Putu ya? Penyebabnya di bearing turbo nya ya?

Mohon info suhu-suhu sekalian
kemungkinan dengung dari visco fan nya...gpp sih itu cm krn agk panas dikit...cb jln konstan 90kmh selama bbrp menit trs bejek lg ke 130 hrsnya agk ilang suara dengung nya..emg klo agk panas kan silicon d dlm visco fan nya ky bkin putaran visco nya menyesuaikan putaran mesin macam kijang lawas itu...
O gitu ya, suara nya si kaya siulan gitu om..persis kaya tukang putu..hehehe...
Cmn belum yakin, jd mgkn suhu2 disini bisa kasih pencerahan..
Itu mungkin suara siulan angin yg masuk dari sela2 karet pintu.

Kalo putu biasanya hanya waktu idle dan dari luar baru kedengaran.