Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Kalo buat daily use, mobil perang harian enak ga ya?
Sepintas dr dimensi yg mini kayanya enak buat pemakaian dalkot
Tp mobilnya yg pendek buat keluar masuk mungkin agak susah?
Suspensinya gimana , cocok ga utk di kondisi perkotaan yg ga menentu? Lubang2 ringan, poldur, bergelombang, dsb. Kan beberapa mobilsport ada yg suspensinya keras sekali cuman cocok di sirkuit ya...
Sepintas dr dimensi yg mini kayanya enak buat pemakaian dalkot
Tp mobilnya yg pendek buat keluar masuk mungkin agak susah?
Suspensinya gimana , cocok ga utk di kondisi perkotaan yg ga menentu? Lubang2 ringan, poldur, bergelombang, dsb. Kan beberapa mobilsport ada yg suspensinya keras sekali cuman cocok di sirkuit ya...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Iya bener om. Kalo buat weekend emang cocok banget ini mobil. Bisa buat a little escape hehehe, jadi obat ganteng juga (penting ini berhubung masih single ane .)
Kalo soal pertimbangan dari Toyota 86 sih ada beberapa:
1. Mia berasa lebih lincah dan gesit dari si Hachiroku (walau si Hachiroku lbh enak buat drifting)
2. Cari 86 manual susah dan harganya ga masuk akal . Preferensi pribadi soalnya kalau pilihan di Toyota 86 harus manual
3. 86 cenderung agak pasaran dan di mata ane kurang spesial (again, ini sangat subyektif)
4. Takut reliability mesin boxer,
But, to be brutally honest om, emang alasan terbesarnya yaitu karena ane jatuh cinta with Mia’s innocent smile , sehingga 86 tidak ane pertimbangkan.
Hmm, harusnya sih enak” aja om, secara di luar negeri emang Miata ini lumayan populer digunakan sebagai daily driver. Bahkan, Mazda membuat Miata pada awalnya sebagai alternatif agar orang dapat membawa roadster yg reliable dan daily drivable hehehe.evolution21 wrote: ↑Sat Jan 04, 2020 6:23 Kalo buat daily use, mobil perang harian enak ga ya?
Sepintas dr dimensi yg mini kayanya enak buat pemakaian dalkot
Tp mobilnya yg pendek buat keluar masuk mungkin agak susah?
Suspensinya gimana , cocok ga utk di kondisi perkotaan yg ga menentu? Lubang2 ringan, poldur, bergelombang, dsb. Kan beberapa mobilsport ada yg suspensinya keras sekali cuman cocok di sirkuit ya...
Palingan klo di sini masalahnya di ground clearance dan kalo ujan takut banjir , selain itu sih bantingan suspensi tergolong nyaman buat sebuah sportscar dan kalo emang mau bisa banget dipake daily.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 254
- Joined: Tue May 05, 2015 1:19
- Location: Shangri-La Residences
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Ini sampe ND FC masih segini loh, padahal cuman noceng
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1126
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Tq om atas jawaban jujurnya. Emang awalnya kgk ad pertimbangin sama sekali ya ke 86 wkwkwkwturbine888 wrote: ↑Sat Jan 04, 2020 16:23Iya bener om. Kalo buat weekend emang cocok banget ini mobil. Bisa buat a little escape hehehe, jadi obat ganteng juga (penting ini berhubung masih single ane .)
Kalo soal pertimbangan dari Toyota 86 sih ada beberapa:
1. Mia berasa lebih lincah dan gesit dari si Hachiroku (walau si Hachiroku lbh enak buat drifting)
2. Cari 86 manual susah dan harganya ga masuk akal . Preferensi pribadi soalnya kalau pilihan di Toyota 86 harus manual
3. 86 cenderung agak pasaran dan di mata ane kurang spesial (again, ini sangat subyektif)
4. Takut reliability mesin boxer,
But, to be brutally honest om, emang alasan terbesarnya yaitu karena ane jatuh cinta with Mia’s innocent smile , sehingga 86 tidak ane pertimbangkan.
Hmm, harusnya sih enak” aja om, secara di luar negeri emang Miata ini lumayan populer digunakan sebagai daily driver. Bahkan, Mazda membuat Miata pada awalnya sebagai alternatif agar orang dapat membawa roadster yg reliable dan daily drivable hehehe.evolution21 wrote: ↑Sat Jan 04, 2020 6:23 Kalo buat daily use, mobil perang harian enak ga ya?
Sepintas dr dimensi yg mini kayanya enak buat pemakaian dalkot
Tp mobilnya yg pendek buat keluar masuk mungkin agak susah?
Suspensinya gimana , cocok ga utk di kondisi perkotaan yg ga menentu? Lubang2 ringan, poldur, bergelombang, dsb. Kan beberapa mobilsport ada yg suspensinya keras sekali cuman cocok di sirkuit ya...
Palingan klo di sini masalahnya di ground clearance dan kalo ujan takut banjir , selain itu sih bantingan suspensi tergolong nyaman buat sebuah sportscar dan kalo emang mau bisa banget dipake daily.
Oh btw sy baca ada random rattle dari hardtopnya. Rattlenya kaya duk duk gitu ato kaya dasboard plastik bunyi2 pas jalanan rusak om?
Ringkih gak sih om keliatannya utk mechanism folding hardtopnya? Ada perawatan khusus utk mechanism foldingnya?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
FC maksudnya fuel consumption ya om? Klo ND sih harusnya sudah skyactiv lbh irt om hehehe.
Iya om emang 86 blm sempat masuk pertimbangan . Kalo random rattle sih kyknya semua mobil cabrio yg hardtop emang ada rattle om, soalnya kapanhari ada kenalan ane punya SLK250 juga katanya rattle dan tidak bisa solved walau berulang kali ke Mercy . Rattle dari hardtop si Mia ini tapi samar banget kok om, cuman kyk kriyet” antar panel seperti rattle dashboard dan kalo udah ndengerin lagu ga kedengeran rattlenya.iamwewe wrote: ↑Sun Jan 05, 2020 8:48
Tq om atas jawaban jujurnya. Emang awalnya kgk ad pertimbangin sama sekali ya ke 86 wkwkwkw
Oh btw sy baca ada random rattle dari hardtopnya. Rattlenya kaya duk duk gitu ato kaya dasboard plastik bunyi2 pas jalanan rusak om?
Ringkih gak sih om keliatannya utk mechanism folding hardtopnya? Ada perawatan khusus utk mechanism foldingnya?
Kalo soal maintanance atap sih kata orang beres cuman rajin dibuka tutup aja biar mekanisme ga macet om.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1126
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Wew sgitu gampangnya rawat mechanism nya ya. Kirain ada ritual2 tertentu.turbine888 wrote: ↑Sun Jan 05, 2020 10:41FC maksudnya fuel consumption ya om? Klo ND sih harusnya sudah skyactiv lbh irt om hehehe.
Iya om emang 86 blm sempat masuk pertimbangan . Kalo random rattle sih kyknya semua mobil cabrio yg hardtop emang ada rattle om, soalnya kapanhari ada kenalan ane punya SLK250 juga katanya rattle dan tidak bisa solved walau berulang kali ke Mercy . Rattle dari hardtop si Mia ini tapi samar banget kok om, cuman kyk kriyet” antar panel seperti rattle dashboard dan kalo udah ndengerin lagu ga kedengeran rattlenya.iamwewe wrote: ↑Sun Jan 05, 2020 8:48
Tq om atas jawaban jujurnya. Emang awalnya kgk ad pertimbangin sama sekali ya ke 86 wkwkwkw
Oh btw sy baca ada random rattle dari hardtopnya. Rattlenya kaya duk duk gitu ato kaya dasboard plastik bunyi2 pas jalanan rusak om?
Ringkih gak sih om keliatannya utk mechanism folding hardtopnya? Ada perawatan khusus utk mechanism foldingnya?
Kalo soal maintanance atap sih kata orang beres cuman rajin dibuka tutup aja biar mekanisme ga macet om.
Oke om enjoy ur nice car! Keep us updated
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
akhirnya saya dpt mobil impian saya
mazda miata nc2 tahun 2011 warna biru
kmnya baru jln 16 rb
(mau upload fto tp gak bisa) file too large tulisannya
yg aku mau tanyain
slain ganti oli mesin ada oli2 lain dan fluida lain yg perlu diganti gak ya? secara umurnya uda mayan tua
seperti oli gardan blkg
oli power steering
oli gearbox
coolant dan cairan rem?
maklum newbie..
dan ada yg menggangu.. yaitu rattlenya .. dan dr mana aku bingung juga kayak dr bag blkg samar2
dan rattle di dashboard kanan kayak bunyi triplek duk duk klo jalanan gak rata
bnerin dimana ya? secara klo bunyi paling ribet bnerinnya hrs bongkar2
sisanya ok ga ada masalah.. yg ganggu cuman suara rattle sama sempitnya.. wkwkkwkwk
mazda miata nc2 tahun 2011 warna biru
kmnya baru jln 16 rb
(mau upload fto tp gak bisa) file too large tulisannya
yg aku mau tanyain
slain ganti oli mesin ada oli2 lain dan fluida lain yg perlu diganti gak ya? secara umurnya uda mayan tua
seperti oli gardan blkg
oli power steering
oli gearbox
coolant dan cairan rem?
maklum newbie..
dan ada yg menggangu.. yaitu rattlenya .. dan dr mana aku bingung juga kayak dr bag blkg samar2
dan rattle di dashboard kanan kayak bunyi triplek duk duk klo jalanan gak rata
bnerin dimana ya? secara klo bunyi paling ribet bnerinnya hrs bongkar2
sisanya ok ga ada masalah.. yg ganggu cuman suara rattle sama sempitnya.. wkwkkwkwk
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
nih ftonya
(plat nomor tidak disamarkan karna mau dimutasi ke jkt)
(plat nomor tidak disamarkan karna mau dimutasi ke jkt)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
- Location: Surabaya
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Congrats mobilnya om... Enjoy miata experience [emoji2]adrianwill wrote:akhirnya saya dpt mobil impian saya
mazda miata nc2 tahun 2011 warna biru
kmnya baru jln 16 rb
(mau upload fto tp gak bisa) file too large tulisannya
yg aku mau tanyain
slain ganti oli mesin ada oli2 lain dan fluida lain yg perlu diganti gak ya? secara umurnya uda mayan tua
seperti oli gardan blkg
oli power steering
oli gearbox
coolant dan cairan rem?
maklum newbie..
dan ada yg menggangu.. yaitu rattlenya .. dan dr mana aku bingung juga kayak dr bag blkg samar2
dan rattle di dashboard kanan kayak bunyi triplek duk duk klo jalanan gak rata
bnerin dimana ya? secara klo bunyi paling ribet bnerinnya hrs bongkar2
sisanya ok ga ada masalah.. yg ganggu cuman suara rattle sama sempitnya.. wkwkkwkwk
Saran ane kalo beli mobil bekas sebaiknya semua fluida diganti biar tenang.
Masalah rattle sebenarnya mudah solusinya .... Buka aja atapnya, ntar gak kedengeran tuh rattle wkwkkk [emoji28][emoji28][emoji28]
Bawa aja ke beres om, paling 1-2 kali komplain dah kelar kok
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
ok om nti mau dibawa ke beres mazda aja deh ...cuman nti tunggu sempet soalnya lg byk kerjaansukribo wrote: ↑Thu Jan 30, 2020 5:35Congrats mobilnya om... Enjoy miata experience [emoji2]adrianwill wrote:akhirnya saya dpt mobil impian saya
mazda miata nc2 tahun 2011 warna biru
kmnya baru jln 16 rb
(mau upload fto tp gak bisa) file too large tulisannya
yg aku mau tanyain
slain ganti oli mesin ada oli2 lain dan fluida lain yg perlu diganti gak ya? secara umurnya uda mayan tua
seperti oli gardan blkg
oli power steering
oli gearbox
coolant dan cairan rem?
maklum newbie..
dan ada yg menggangu.. yaitu rattlenya .. dan dr mana aku bingung juga kayak dr bag blkg samar2
dan rattle di dashboard kanan kayak bunyi triplek duk duk klo jalanan gak rata
bnerin dimana ya? secara klo bunyi paling ribet bnerinnya hrs bongkar2
sisanya ok ga ada masalah.. yg ganggu cuman suara rattle sama sempitnya.. wkwkkwkwk
Saran ane kalo beli mobil bekas sebaiknya semua fluida diganti biar tenang.
Masalah rattle sebenarnya mudah solusinya .... Buka aja atapnya, ntar gak kedengeran tuh rattle wkwkkk [emoji28][emoji28][emoji28]
Bawa aja ke beres om, paling 1-2 kali komplain dah kelar kok
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Congrats om buat mobilnya and welcome to the club. Kayanya dapet barang rare nih, warna biru. Odo masih dikit banget juga.adrianwill wrote: ↑Wed Jan 29, 2020 16:44 akhirnya saya dpt mobil impian saya
mazda miata nc2 tahun 2011 warna biru
kmnya baru jln 16 rb
(mau upload fto tp gak bisa) file too large tulisannya
yg aku mau tanyain
slain ganti oli mesin ada oli2 lain dan fluida lain yg perlu diganti gak ya? secara umurnya uda mayan tua
seperti oli gardan blkg
oli power steering
oli gearbox
coolant dan cairan rem?
maklum newbie..
dan ada yg menggangu.. yaitu rattlenya .. dan dr mana aku bingung juga kayak dr bag blkg samar2
dan rattle di dashboard kanan kayak bunyi triplek duk duk klo jalanan gak rata
bnerin dimana ya? secara klo bunyi paling ribet bnerinnya hrs bongkar2
sisanya ok ga ada masalah.. yg ganggu cuman suara rattle sama sempitnya.. wkwkkwkwk
Kalo service record lengkap, liat aja om ada fluida apa aja yg pernah diganti dan belum pernah diganti sejak baru (mengingat biasanya orang kita patokan di odo, jadi dianggap odo masih 16k belum waktunya ganti ). Kalo mau aman General Check Up di Mazda aja ga mahal kok om dan akan keluar semua yg butuh diganti/diperbaiki, itung” buat peace of mind juga. Soal rattle, emang kalo mobil roadster hardtop pasti banyak bunyi” rattle kriyet”. Solusinya gampang, tinggal kerasin volume audio atau kyk saran om sukribo lgsg buka aja tuh atapnya .
Akhir kata, selamat menikmati mobil barunya om.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
hallo maap baru online lagi.. sibuk kerjaturbine888 wrote: ↑Mon Feb 10, 2020 5:01Congrats om buat mobilnya and welcome to the club. Kayanya dapet barang rare nih, warna biru. Odo masih dikit banget juga.adrianwill wrote: ↑Wed Jan 29, 2020 16:44 akhirnya saya dpt mobil impian saya
mazda miata nc2 tahun 2011 warna biru
kmnya baru jln 16 rb
(mau upload fto tp gak bisa) file too large tulisannya
yg aku mau tanyain
slain ganti oli mesin ada oli2 lain dan fluida lain yg perlu diganti gak ya? secara umurnya uda mayan tua
seperti oli gardan blkg
oli power steering
oli gearbox
coolant dan cairan rem?
maklum newbie..
dan ada yg menggangu.. yaitu rattlenya .. dan dr mana aku bingung juga kayak dr bag blkg samar2
dan rattle di dashboard kanan kayak bunyi triplek duk duk klo jalanan gak rata
bnerin dimana ya? secara klo bunyi paling ribet bnerinnya hrs bongkar2
sisanya ok ga ada masalah.. yg ganggu cuman suara rattle sama sempitnya.. wkwkkwkwk
Kalo service record lengkap, liat aja om ada fluida apa aja yg pernah diganti dan belum pernah diganti sejak baru (mengingat biasanya orang kita patokan di odo, jadi dianggap odo masih 16k belum waktunya ganti ). Kalo mau aman General Check Up di Mazda aja ga mahal kok om dan akan keluar semua yg butuh diganti/diperbaiki, itung” buat peace of mind juga. Soal rattle, emang kalo mobil roadster hardtop pasti banyak bunyi” rattle kriyet”. Solusinya gampang, tinggal kerasin volume audio atau kyk saran om sukribo lgsg buka aja tuh atapnya .
Akhir kata, selamat menikmati mobil barunya om.
biru lumayan rare ya... jarang bgt warna biru.. kmrn ni mau dibawa ke mazda puri tp antri bgt.. (yg paling dket dr rumah) jd pake jasa otospector deh.. yg cepet..
mobilnya ok2 aja ga ada PR sih..
rattlenya uda nemu dr dashboard dpn kiri dan dari rel kursi pengemudi.. dari atepnya jg ada rattle tapi samar2 aja.. untung audionya bagus jd gedein suara aja deh wkwkwkk
saya perhatiin.. kalo pake mobil ini sering bgt org nengok dan ngeliatin...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
VII. 5th month update
Setelah 5 bulan menikmati Mia dan mencicipi kebolehannya di berbagai tikungan, ane makin jatuh cinta sama si Mia . Selama periode hingga update ini ditulis, ane sdh menempuh hampir 3000km yang mencangkup mostly city trips dan ane bawa ke luar kota 1x. Mengenai running cost, sejauh ini baru ada expense besar berupa pembayaran PKB sebesar 7jt, selebihnya ngisi bensin doang (konsumsi bensin sejauh ini di angka 8-9km/l). Btw, akhir bulan Maret 2020 ini, si Mia waktunya service yg akan ane lakukan di Mazda Adityawarman.
Awalnya saya ingin mengakhiri update ini sampai sini, namun beberapa minggu terakhir, ane mulai gatal untuk mendandani si Mia . Saya pun memutuskan untuk membeli beberapa parts.
VIII. Dandanin “Mia” Part 1: The Hunt for RPF1s, Ban “kotak”, and Coilovers
Yang pertama, yaitu the essential mod: velg. Awalnya ane bingung mau dicolokin apa. Sempat ane memikirkan untuk membeli velg yg lagi hits, yaitu Volk Rays TE37 dengan spek R17x8.5 ET35, apalagi saya mendapat tawaran dengan harga yg jauh di bawah pasar. Namun, saat mau deal sudah keduluan orang. Akhirnya pilihan dijatuhkan pada velg yg membuat ane jatuh cinta waktu pertama kali melihat seekor Miata, yaitu Enkei RPF1.
Mencari velg Enkei RPF1 dengan spek yg sesuai untuk si Mia (R17x9 ET45) was NOT easy, ditambah dengan meroketnya harga velg JDM akhir2 ini. But, setelah research dan tanya kesana kemari, ane nemu juga velg ini. Berikut penampakannya: Rasanya blm afdol kalo ganti velg tidak diiringi dengan penceperan dari mobil, sehingga ane akhirnya membeli 1 set Coilover BC Racing. Nah, setelah membeli coilover, ane baru nyadar kalo ban bawaan lahir si Mia ga akan muat di velg barunya . So, mau ga mau ane order 1 set ban Advan Neova AD08R ukuran 255/40/R17 yg akan datang minggu ini. Ntar kalo udah kepasang ane akan update lagi cerita perjalanan ane dengan si “Mia”
To Be Continued...
Ps: mungkin para momod bisa meng-copy reply ini ke Original Post agar lebih enak dilihat
Setelah 5 bulan menikmati Mia dan mencicipi kebolehannya di berbagai tikungan, ane makin jatuh cinta sama si Mia . Selama periode hingga update ini ditulis, ane sdh menempuh hampir 3000km yang mencangkup mostly city trips dan ane bawa ke luar kota 1x. Mengenai running cost, sejauh ini baru ada expense besar berupa pembayaran PKB sebesar 7jt, selebihnya ngisi bensin doang (konsumsi bensin sejauh ini di angka 8-9km/l). Btw, akhir bulan Maret 2020 ini, si Mia waktunya service yg akan ane lakukan di Mazda Adityawarman.
Awalnya saya ingin mengakhiri update ini sampai sini, namun beberapa minggu terakhir, ane mulai gatal untuk mendandani si Mia . Saya pun memutuskan untuk membeli beberapa parts.
VIII. Dandanin “Mia” Part 1: The Hunt for RPF1s, Ban “kotak”, and Coilovers
Yang pertama, yaitu the essential mod: velg. Awalnya ane bingung mau dicolokin apa. Sempat ane memikirkan untuk membeli velg yg lagi hits, yaitu Volk Rays TE37 dengan spek R17x8.5 ET35, apalagi saya mendapat tawaran dengan harga yg jauh di bawah pasar. Namun, saat mau deal sudah keduluan orang. Akhirnya pilihan dijatuhkan pada velg yg membuat ane jatuh cinta waktu pertama kali melihat seekor Miata, yaitu Enkei RPF1.
Mencari velg Enkei RPF1 dengan spek yg sesuai untuk si Mia (R17x9 ET45) was NOT easy, ditambah dengan meroketnya harga velg JDM akhir2 ini. But, setelah research dan tanya kesana kemari, ane nemu juga velg ini. Berikut penampakannya: Rasanya blm afdol kalo ganti velg tidak diiringi dengan penceperan dari mobil, sehingga ane akhirnya membeli 1 set Coilover BC Racing. Nah, setelah membeli coilover, ane baru nyadar kalo ban bawaan lahir si Mia ga akan muat di velg barunya . So, mau ga mau ane order 1 set ban Advan Neova AD08R ukuran 255/40/R17 yg akan datang minggu ini. Ntar kalo udah kepasang ane akan update lagi cerita perjalanan ane dengan si “Mia”
To Be Continued...
Ps: mungkin para momod bisa meng-copy reply ini ke Original Post agar lebih enak dilihat
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
VIII.2. Dandanin “Mia” Part 2: Pemasangan velg, ban, dan coilover + 6 Month Update
Pertengahan bulan Maret kemarin (sebelum COVID-19 meluas), ban yg saya pesan dr Jakarta akhirnya datang. Ibarat anak kecil yg tidak sabar memainkan mainan barunya, velg, ban, dan coilover lgsg dikirimkan ke 1 bengkel di daerah Nginden, Surabaya untuk dipasangkan ke “Mia”. Berikut penampakannya saat pertama dipasang: Bisa dilihat “Stance” mobil masih belum sesuai harapan dan yang paling kurang sedap dipandang yaitu ban yg terlihat “keluar” dari bibir fender . Akhirnya keputusan diambil untuk menarik fender depan “Mia” dan diberi sedikit camber pada kaki-kaki depan dan belakang. Selain itu, coilover juga disetting supaya lebih ceper. Hasilnya, ya sudah cukup memuaskan dan membuat makin ga tega kalo ninggalin “Mia” sendirian di parkiran By the way, sejak penggalakan Social Distancing “Mia” makin jarang keluar dan servis yg harusnya di-schedule akhir Maret pun harus ditunda dulu. Sekian updatenya. Semoga wabah COVID-19 ini cepat berlalu.
Pertengahan bulan Maret kemarin (sebelum COVID-19 meluas), ban yg saya pesan dr Jakarta akhirnya datang. Ibarat anak kecil yg tidak sabar memainkan mainan barunya, velg, ban, dan coilover lgsg dikirimkan ke 1 bengkel di daerah Nginden, Surabaya untuk dipasangkan ke “Mia”. Berikut penampakannya saat pertama dipasang: Bisa dilihat “Stance” mobil masih belum sesuai harapan dan yang paling kurang sedap dipandang yaitu ban yg terlihat “keluar” dari bibir fender . Akhirnya keputusan diambil untuk menarik fender depan “Mia” dan diberi sedikit camber pada kaki-kaki depan dan belakang. Selain itu, coilover juga disetting supaya lebih ceper. Hasilnya, ya sudah cukup memuaskan dan membuat makin ga tega kalo ninggalin “Mia” sendirian di parkiran By the way, sejak penggalakan Social Distancing “Mia” makin jarang keluar dan servis yg harusnya di-schedule akhir Maret pun harus ditunda dulu. Sekian updatenya. Semoga wabah COVID-19 ini cepat berlalu.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
- Location: Surabaya
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Guanteengg euy [emoji41]turbine888 wrote:VIII.2. Dandanin “Mia” Part 2: Pemasangan velg, ban, dan coilover + 6 Month Update
Pertengahan bulan Maret kemarin (sebelum COVID-19 meluas), ban yg saya pesan dr Jakarta akhirnya datang. Ibarat anak kecil yg tidak sabar memainkan mainan barunya, velg, ban, dan coilover lgsg dikirimkan ke 1 bengkel di daerah Nginden, Surabaya untuk dipasangkan ke “Mia”. Berikut penampakannya saat pertama dipasang: Bisa dilihat “Stance” mobil masih belum sesuai harapan dan yang paling kurang sedap dipandang yaitu ban yg terlihat “keluar” dari bibir fender . Akhirnya keputusan diambil untuk menarik fender depan “Mia” dan diberi sedikit camber pada kaki-kaki depan dan belakang. Selain itu, coilover juga disetting supaya lebih ceper. Hasilnya, ya sudah cukup memuaskan dan membuat makin ga tega kalo ninggalin “Mia” sendirian di parkiran By the way, sejak penggalakan Social Distancing “Mia” makin jarang keluar dan servis yg harusnya di-schedule akhir Maret pun harus ditunda dulu. Sekian updatenya. Semoga wabah COVID-19 ini cepat berlalu.
Setelah ganti ban dan coilover gimana beda handling dan driving feel nya om?
Untuk ground clearance jadi berapa tuh? Aman kena poldur?
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Sat Dec 15, 2007 15:59
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Cuma pernah liat 1 mx-5 di Dps. Yang pakai dulu anaknya bos dealer. Keliatannya ini dia :-) Congrats on your dream car
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Makasihh om sukribo . Setelah diganti pake coilover dan diceperin, serta pakai ban semi-slick, handling dapat dikatakan jadi tambah mantap lagi om. Si “Mia” makin nempel di aspal saat meliuk2 di tikungan dan saat dibawa di kecepatan menengah (60-80 kpj) jadi lebih mantap dr sebelumnya yg menurut saya agak mengambang.
But, nothing is perfect. Road noise dari ban yg dipakai cukup horror bgt suaranya di atas 60 kpj(apalagi kalo udah kena jalan beton ). Bantingan suspensi jg menjadi lebih keras, walaupun masih manusiawi sih om (tidak sekeras let’s say, Mini Cooper S R56 atau VW Scirocco saya dulu). Apa mungkin pengaruh sidewall yg cukup tebal ya?
Ohya, soal ground clearance blm saya ukur secara akurat om, tp kurang lebih dr tanah sekitar 7 jarian (nih satuan jaman ga enak masih dipake aja ). Kalo poldur selama tau diri dan pelan2 mostly aman sih om. (Pernah nyoba paling tinggi poldurnya graha famili aman sentosa).
Terima kasih om . Yg punya anak bos dealer moge kah om? Soalnya kapanhari waktu ambil, previous ownernya adalah dealer Triumph Bali namanya Smoked Garage kalo ga salah hehehe.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
IX. Maintaining Mia’s Top Shape
Seperti yg udah dibilang di update sebelumnya, schedule servis Mia yg harusnya jatuh di akhir bulan Maret lalu harus ditunda karena pandemi COVID-19 dan rencananya akan dilakukan setelah pandemi selesai . Well, at least begitu rencananya hingga beberapa hari setelah update tersebut. Saat mandiin Mia, ane memutuskan untuk mengecek semua fluida di engine bay termasuk oli mesin. “Oh My God! Olinya udah coklat banget nih . Apa servis aja ya?” Keesokan harinya lgsg ane telpon Mazda Adityawarman dan menjadwalkan untuk melakukan servis pada hari Senin, 27 April 2020 (sehari sebelum PSBB) karena bengkel akan tutup selama PSBB.
Monday morning. Dengan bersenjatakan masker dan hand sanitiser, ane berangkat ke Mazda. Jalanan Surabaya yg biasanya ramai berganti menjadi jalanan kosong nan lengang macam city circuit. 25 menit kemudian, sampailah saya ke Mazda dan disambut oleh security dan diarahkan ke Service Advisor. Setelah menunggu sebentar dan sedikit berbincang-bincang, si SA memberi breakdown tentang apa saja yg akan diganti/diservice. And comes the part yg membuat ane agak bengong dan mengumpat dalam hati: estimasi biaya untuk service si Mia. At first, ane berpikiran kalo total cost akan berada di kisaran 2-2,5 jt dan jauh di bawah service cost Si Roko ane dulu yg selalu di kisaran angka 3-4 jt setiap servis rutin, and to my shock estimasi ada di angka 3,4 jt .
Service untuk Mia pun akhirnya dikerjakan. Estimasi waktu pengerjaan kurang lebih 4-5 jam dan as usual, kalo mobil lg diservis selalu ane tunggu dan pantau. Untungnya, waiting room Mazda Adityawarman lumayan cozy dengan fasilitas free wifi, free snack (biscuits dsb.) and drink, dan yg paling ane suka kursi pijat . Sayangnya, walau ane menunggu disana dr pagi hingga sore, ga dikasih free lunch waktu jam makan siang yg biasanya ada kalo servis mobil perang di A2K
Mia saat di service stall
Mia with her bonnet open
Setelah Mia selesai diservis dan dimandiin, akhirnya datang moment yg paling ga enak: bayar . Total tagihan dr estimasi sekitar 3,4 jt menjadi 2,9 jt setelah potongan 5% dan ppn, dengan perincian:
- Jasa servis 50k / 5 taun: Rp.1.482.800 (nih jasa ga sopan juga harganya )
- Oli Mazda Genuine Oil 5W-30 5L: Rp. 665.000
- Filter Oli: Rp. 73.435
- Gasket: Rp. 11.210
- Oil system cleaner: Rp. 71.250
- Deposit cleaner: Rp. 174.800
- Throttle cleaner: Rp. 71.250
- Brake cleaner: Rp. 63.175
- Engine conditioner: Rp. 113.430
- Daikalube: Rp. 128.250
Invoice
Setelah service kelar, dapat dikatakan mesin Mia jadi lebih halus dan tarikan lebih enteng. Sekian update yg kali ini.
Seperti yg udah dibilang di update sebelumnya, schedule servis Mia yg harusnya jatuh di akhir bulan Maret lalu harus ditunda karena pandemi COVID-19 dan rencananya akan dilakukan setelah pandemi selesai . Well, at least begitu rencananya hingga beberapa hari setelah update tersebut. Saat mandiin Mia, ane memutuskan untuk mengecek semua fluida di engine bay termasuk oli mesin. “Oh My God! Olinya udah coklat banget nih . Apa servis aja ya?” Keesokan harinya lgsg ane telpon Mazda Adityawarman dan menjadwalkan untuk melakukan servis pada hari Senin, 27 April 2020 (sehari sebelum PSBB) karena bengkel akan tutup selama PSBB.
Monday morning. Dengan bersenjatakan masker dan hand sanitiser, ane berangkat ke Mazda. Jalanan Surabaya yg biasanya ramai berganti menjadi jalanan kosong nan lengang macam city circuit. 25 menit kemudian, sampailah saya ke Mazda dan disambut oleh security dan diarahkan ke Service Advisor. Setelah menunggu sebentar dan sedikit berbincang-bincang, si SA memberi breakdown tentang apa saja yg akan diganti/diservice. And comes the part yg membuat ane agak bengong dan mengumpat dalam hati: estimasi biaya untuk service si Mia. At first, ane berpikiran kalo total cost akan berada di kisaran 2-2,5 jt dan jauh di bawah service cost Si Roko ane dulu yg selalu di kisaran angka 3-4 jt setiap servis rutin, and to my shock estimasi ada di angka 3,4 jt .
Service untuk Mia pun akhirnya dikerjakan. Estimasi waktu pengerjaan kurang lebih 4-5 jam dan as usual, kalo mobil lg diservis selalu ane tunggu dan pantau. Untungnya, waiting room Mazda Adityawarman lumayan cozy dengan fasilitas free wifi, free snack (biscuits dsb.) and drink, dan yg paling ane suka kursi pijat . Sayangnya, walau ane menunggu disana dr pagi hingga sore, ga dikasih free lunch waktu jam makan siang yg biasanya ada kalo servis mobil perang di A2K
Mia saat di service stall
Mia with her bonnet open
Setelah Mia selesai diservis dan dimandiin, akhirnya datang moment yg paling ga enak: bayar . Total tagihan dr estimasi sekitar 3,4 jt menjadi 2,9 jt setelah potongan 5% dan ppn, dengan perincian:
- Jasa servis 50k / 5 taun: Rp.1.482.800 (nih jasa ga sopan juga harganya )
- Oli Mazda Genuine Oil 5W-30 5L: Rp. 665.000
- Filter Oli: Rp. 73.435
- Gasket: Rp. 11.210
- Oil system cleaner: Rp. 71.250
- Deposit cleaner: Rp. 174.800
- Throttle cleaner: Rp. 71.250
- Brake cleaner: Rp. 63.175
- Engine conditioner: Rp. 113.430
- Daikalube: Rp. 128.250
Invoice
Setelah service kelar, dapat dikatakan mesin Mia jadi lebih halus dan tarikan lebih enteng. Sekian update yg kali ini.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Thu Sep 13, 2018 4:28
- Location: Unkown
- Daily Vehicle: Panther pasti bener
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
wah nice review dan update om..
Mobil makin ganteng setelah diganti velg dan coilover om.
ditunggu next update nya om.
Mobil makin ganteng setelah diganti velg dan coilover om.
ditunggu next update nya om.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
iya izin nanya beberapa pertanyaan juga om, haha maaf banyak nanya:
1. pernah consider swapping 6 M/T gak om? baca-baca diluar gak terlalu susah
2. dari pertama punya, kapan paling cocok buat buka roof nya dan sudah berapa kali so far? if u were to do it again bakalan beli convertible gak?
3. how does the miata engine feels mated with the auto box, sluggish atau gemana?
thank u
1. pernah consider swapping 6 M/T gak om? baca-baca diluar gak terlalu susah
2. dari pertama punya, kapan paling cocok buat buka roof nya dan sudah berapa kali so far? if u were to do it again bakalan beli convertible gak?
3. how does the miata engine feels mated with the auto box, sluggish atau gemana?
thank u
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Thanks om. Untuk update, mungkin beberapa minggu lagi akan ane post lagi. Sementara masih menunggu beberapa part dr Jepun .kevienwijaya wrote: ↑Tue Apr 28, 2020 7:47 wah nice review dan update om..
Mobil makin ganteng setelah diganti velg dan coilover om.
ditunggu next update nya om.
Siap om, santai aja hehehe. Ane coba jawab ya pertanyaannya.goodwill wrote: ↑Sat May 09, 2020 5:01 iya izin nanya beberapa pertanyaan juga om, haha maaf banyak nanya:
1. pernah consider swapping 6 M/T gak om? baca-baca diluar gak terlalu susah
2. dari pertama punya, kapan paling cocok buat buka roof nya dan sudah berapa kali so far? if u were to do it again bakalan beli convertible gak?
3. how does the miata engine feels mated with the auto box, sluggish atau gemana?
thank u
1. To be brutally honest pingin banget swap 6M/T, and indeed it will be very easy. Tapi, ane belum siap baik secara mental untuk memodifikasi mobil sampai tingkat itu dengan concern utama pada reliability, durabilty, orisinalitas mobil, and value mobil. Semoga ke depan bisa diberi rejeki untuk beli Miata 1 lagi (ga usah barang yg terlalu istimewa, ntar ga tega lagi jadinya hehehe) untuk diacak2 .
2. So far buka atap sih cukup jarang om. Kurang pede aja diliatin orang hehehe. Maybe moment paling berkesan adalah ketika morning run ke D’Gunungan Taman Dayu. Paduan angin pagi, hawa pegunungan, dan top down driving ditambah dengan fun to drivenya si Mia emang ga ada obat seperti yg pernah diomongin beberapa member senior sini . And yes, if i was given the chance mau banget beli roadster lagi. Now i get it, kenapa orang spend uang untuk membeli mobil2 tanpa atap ini.
3. Hmm, ini agak susah om jawabnya. Why? Soalnya feel sluggish pada Miata ga bisa sepenuhnya ane bebankan kepada gearbox maticnya, serta feeling ini bergantung jg pada kegiatan berkendara yg dilakukan. Mungkin om sudah tau kalo Miata NC terkenal mempunyai tarikan bawah yg termasuk lemah (power baru mulai enak di atas 4000an rpm). Yeah, jadi mesin yg sudah kurang enak di putaran bawah ini ditambah dgn karakter matic yg cenderung high slip di low rpm membuat mobil ini LUAR BIASA sekali sluggishnya saat stop and go dan kita berusaha mendekatkan gap ke mobil di depan agar tidak dipotong mobil lain. But, saat sedang spirited driving, di tol, atau high engine load, gearboxnya enak2 aja kok om, malah cenderung responsif dan ga kerasa sluggish .
Sekian om jawaban ane, semoga jawaban ane cukup memuaskan. Thanks
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1126
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
thread yangg selalu saya nanti2kan baik respons TS dan respons temen2 SMturbine888 wrote: ↑Fri May 15, 2020 19:55
Thanks om. Untuk update, mungkin beberapa minggu lagi akan ane post lagi. Sementara masih menunggu beberapa part dr Jepun .
penasaran om dgn nunggu part dari jepun. ini impor sndiri, amazon, atau beli dari importir?
jujur aja salah satu yang saya bingung kalo org pelihara mobil2 eksotis dan discontinued ini jelas spareparts. gimana cara dapetin. gimana cara pasangnya. ya iya kalo body parts/eksterior mungkin lebih gampang. lah kalo mesin gardan tranny?
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
kayaknya efek abis pindah dari mesin 1.4 TSI + DSG ke conventional auto dan NA cukup berasa yak oom... wkwkwkkw...turbine888 wrote: ↑Fri May 15, 2020 19:55
3. Hmm, ini agak susah om jawabnya. Why? Soalnya feel sluggish pada Miata ga bisa sepenuhnya ane bebankan kepada gearbox maticnya, serta feeling ini bergantung jg pada kegiatan berkendara yg dilakukan. Mungkin om sudah tau kalo Miata NC terkenal mempunyai tarikan bawah yg termasuk lemah (power baru mulai enak di atas 4000an rpm). Yeah, jadi mesin yg sudah kurang enak di putaran bawah ini ditambah dgn karakter matic yg cenderung high slip di low rpm membuat mobil ini LUAR BIASA sekali sluggishnya saat stop and go dan kita berusaha mendekatkan gap ke mobil di depan agar tidak dipotong mobil lain. But, saat sedang spirited driving, di tol, atau high engine load, gearboxnya enak2 aja kok om, malah cenderung responsif dan ga kerasa sluggish .
Sekian om jawaban ane, semoga jawaban ane cukup memuaskan. Thanks
MZR sebenernya tidak terlalu lemot bawahnya dibanding Honda K engine... wkwkwkw... tapi iya di zaman itu Mazda mesinnya cenderung revvy, terutama RX-8... CX-7 aja turbo lag nya lumayan berasa. yang bawahnya kuat MZR 2.3 L3VE di Mazda8 dan MZR 1.5 Mazda2.
daaan waktu skyactiv platform keluar mereka tujuannya untuk refinement dari feel "jinba ittai".
skyactiv lebih ngincer ke gimana maksimalin rasa "fun" tanpa harus bikin engine yang powernya gede dan mesin yang harus ditarik dulu baru jambak macem VTEC engine Honda, jadi "fun" nya bisa dirasain setiap kita nyetir even on daily basis. makanya mobil-mobil mazda sky sangat balanced, easy to drive, and we feel safe in it karena saking balanced dan mudah dikendalikan mobilnya.
mazda bikin mobil analisa behavior pengguna, ane cukup kagum waktu baca artikel soal gimana mereka ngembangin CX-9 sky turbo engine, torsinya di set up buat maksimal di 2k RPM dan ga terlalu ngejar HP gede (20hp less dr old 3.7 engine) karena "mayoritas orang nyetir ya ngga pernah lebih dari 2000-3000 RPM".
ane gak kebayang itu Miata ND seberapa enaknya, bodi lebih ramping, mesin dengan putaran bawah lebih punchy dari NC, transmisi yang lebih refined...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 161
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Wah makasih om sudah mau mampir ke trid saya . Untuk part2 fast moving sih Mazda menyediakan om, cuman beberapa harus inden aja. Sementara untuk slow moving sih kalau baca2 forum luar ada beberapa common parts dgn Mazda lain seangkatan dan byk ditemukan di kampakan . Kebetulan part yg sedang saya beli melalui seorang kenalan dari community Miata om. Dulu, waktu piara Scirocco jg byk dapet saran dan informasi parts supplier dari anak komunitas. Jadi, IMO kalau mau piara mobil2 model gini harus ikut community nya biar ngerti seluk beluk serta tricks nya om hehehe.iamwewe wrote: ↑Sat May 16, 2020 1:20
thread yangg selalu saya nanti2kan baik respons TS dan respons temen2 SM
penasaran om dgn nunggu part dari jepun. ini impor sndiri, amazon, atau beli dari importir?
jujur aja salah satu yang saya bingung kalo org pelihara mobil2 eksotis dan discontinued ini jelas spareparts. gimana cara dapetin. gimana cara pasangnya. ya iya kalo body parts/eksterior mungkin lebih gampang. lah kalo mesin gardan tranny?
Hi om ChZ. Bener mungkin udah terlalu spoiled sama DSG + Twincharger jadinya pake TC konvensional kerasa ga enak . Karakter revvy MZR yg disampaikan juga jadi faktor mesin kerasa lemot di putaran bawah, tp kelamaan malah menurut saya di situ letak fun nya bawa mobil NA. Btw emang pengamatan Mazda dan engineering studynya luar biasa om.ChZ wrote: ↑Sat May 16, 2020 3:15
kayaknya efek abis pindah dari mesin 1.4 TSI + DSG ke conventional auto dan NA cukup berasa yak oom... wkwkwkkw...
MZR sebenernya tidak terlalu lemot bawahnya dibanding Honda K engine... wkwkwkw... tapi iya di zaman itu Mazda mesinnya cenderung revvy, terutama RX-8... CX-7 aja turbo lag nya lumayan berasa. yang bawahnya kuat MZR 2.3 L3VE di Mazda8 dan MZR 1.5 Mazda2.
daaan waktu skyactiv platform keluar mereka tujuannya untuk refinement dari feel "jinba ittai".
skyactiv lebih ngincer ke gimana maksimalin rasa "fun" tanpa harus bikin engine yang powernya gede dan mesin yang harus ditarik dulu baru jambak macem VTEC engine Honda, jadi "fun" nya bisa dirasain setiap kita nyetir even on daily basis. makanya mobil-mobil mazda sky sangat balanced, easy to drive, and we feel safe in it karena saking balanced dan mudah dikendalikan mobilnya.
mazda bikin mobil analisa behavior pengguna, ane cukup kagum waktu baca artikel soal gimana mereka ngembangin CX-9 sky turbo engine, torsinya di set up buat maksimal di 2k RPM dan ga terlalu ngejar HP gede (20hp less dr old 3.7 engine) karena "mayoritas orang nyetir ya ngga pernah lebih dari <a href="tel:2000-3000">2000-3000</a> RPM".
ane gak kebayang itu Miata ND seberapa enaknya, bodi lebih ramping, mesin dengan putaran bawah lebih punchy dari NC, transmisi yang lebih refined...
And about ND, ane sempet test drive sebelum ambil NC (Kebetulan waktu itu ditawarin literally half price). Untuk driving dynamics saya akui memang lebih superior dr NC, walau tidak banyak. But,space interiornya yg sempit ditambah dgn model yg menurut sy personally kurang “Miata” mengurungkan niat ane untuk bungkus.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1126
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Mazda MX-5 Miata NC “Mia” - Initial Ownership Review
Miata dan 86 masuk ke dalam wishlist saya. Mobil kecil, nanggung tenaganya, tapi org2 bilang pengendaliannya superb. Bonus convertible roof khusus miata series.
Icic. Berarti emang harus masuk ke komunitas ya.
Fast moving nc masih tersedia di beres? Wew cukup kaget juga mobil rare dan udh ganti generasi tapi fast moving ready stock di beres.
Oh om ngmg2 udh pernah coba compare nd dengan nc, apa sih menurut om yang 'salah' dgn si nd dibanding nc. Jujur aja dijalanan cuma pernah liat nd sekali. Kalo nc sih sering banget.
Trus juga, kebetulan di olx sy liat udh brp bulan tau itu jual nd softop kagak laku2.
Icic. Berarti emang harus masuk ke komunitas ya.
Fast moving nc masih tersedia di beres? Wew cukup kaget juga mobil rare dan udh ganti generasi tapi fast moving ready stock di beres.
Oh om ngmg2 udh pernah coba compare nd dengan nc, apa sih menurut om yang 'salah' dgn si nd dibanding nc. Jujur aja dijalanan cuma pernah liat nd sekali. Kalo nc sih sering banget.
Trus juga, kebetulan di olx sy liat udh brp bulan tau itu jual nd softop kagak laku2.