Maksud saya jg gitu ko om TCS ga akan bisa lock roda kanan kiri karena emg ga ada locker nya. Tp kalau kasusnya mau lolos dari sebelah roda yg stuck, cuma butuh roda sebelah lagi yg dapet traksi biar mobil gerak. Locker/diff lock kan cuma memastikan torsi ga lari semua ke roda yg least resistance/roda yg stuck, jadi torsi bisa kebagi rata dan roda yg punya traksi kebagian torsi. Karena open diff kelemahannya disitu, torsi malah disalurkan ke roda yg stuck/spin karena least resistance, sedangkan roda yg punya traksi malah dianggurin dan diem aja.ChZ wrote:Nah itu yg saya bilang tergantung systemnya om hehehe tiap mobil tcsnya beda beda. TCS di mbl2 generik jadi 1 ama modul ABS, jd fungsinya sebatas melakukan pengreman individual. Rekayasa sistem pengereman.piraku wrote: βTue Feb 25, 2020 8:52
Bukannya emg yg disebut traction control itu mengatur torsi ya? Kalau open diff biasa kan emg kalau roda sebelah hilang traksi dan sebelah lagi dapet traksi, karena ga ada yg ngatur otomatis torsi malah disalurkan ke roda yg bebas atau roda yg hilang traksi, alhasil mobil diem aja karena bukannya nyalurkan ke roda yg dapet traksi malah ke roda yg stuck. Tp kalau ada traction control, saat terdeteksi ada roda yg hilang traksi otomatis dilakukan braking pada roda yg hilang traksi sehingga torsi lari ke roda yg dapet traksi. Bukannya lsd pun prinsip kerjanya mirip gitu ya? Beda lagi sama diff lock yg bener bener kunci roda kanan kiri sehingga rotasi bener bener persis, torsi pun 50:50. Cuma ya emg open diff < TCS < LSD < diff lock untuk off road.
CMIIW jg, masih awam hehe.
"Torsi lari ke roda yg dpt traksi" itu skenario yg terjadi klw mobilnya punya LSD oom. TCS itu sistem elektronik, sementara LSD itu barang mekanisnya. Di otomotif elektronik itu hanya supplementary. Di opendiff g ada komponen yg bisa "ngelock" roda sisi sebelahnya utk berputar.
Klw opendiff bisa split torque hanya bermodal TCS, ngga perlu repot bikin LSD atau locking diff oom... Hehehe.
TCS di mobil dengan opendiff spt sedan yg non offroad use itu hanya membantu reduksi oversteer/understeer dgn ngerem roda di salah satu sisi oom.
Sedangkan kalau ada TCS dia otomatis brake roda yg ga dapet traksi, alhasil torsi lari ke roda yg punya traksi karena ga di brake jadi least resistance.
Jadi memang akhirnya tetep ga akan bisa lock kanan kiri supaya seimbang. Mungkin roda yg stuck di kunci supaya torsi lari ke roda satu lagi yg ada traksi. CMIIW