HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Ingin merubah A/V sistem, elekrik dan lampu di kendaraan anda? Tanyakan disini..

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kandlcorp »

rudyzanetti wrote: Thu Apr 02, 2020 17:39 Kalo boleh kasih saran, kalo bisa hindari led2 yg pake model fan. Sekali itu fan lemah atau koit bye2 itu lampu.
Fan itu musuh nya debu. Cth sederhana aja, di fan heatsink cpu desktop/laptop kalo debuan parah suhu cpu nya bisa ningkat brp derajat?
Di dalam kap mesin ga cuma debu, bisa tambah pasir + kesirem air.
Emang biasanya yg pakai fan, rata2 pada terang( diluar cut off nya bagus apa engga ya). Kenapa mesti pake fan? Coba diukur yg led pake fan, beneran murni watt nya atau engga. Hehe.. jangan2 tulisan nya 25w, pas diukur malah 40 atao 50w?
untungnya model mobil cina ane tutupnya bener2 tertutup om
jadi anti debu dan air
besok coba difotoin deh
justru yg skrg banyak beredar, watt nya kekecilan om, speknya 50w, pas diukur paling 30w.
watt terlalu kecil terutama kl ga ada canbusnya, bikin error terutama buat mobil eropa
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by josomba »

Turboman wrote: Thu Apr 02, 2020 16:05 Hemmmmm

memang beda yah yg buatan Pabrikan Global VS small scale industry

sanpe skg masih dipake Ultinon nya ?

ada foto footprint cahaya di jalannya ?
Cuman pake satuan bulanan, mobilnya dijual n ntuh LED temen owe beli oom.

Ndak kesimpen foto footprint cahaya di jalannya ..... yg jelas kalau pake LED di model reflektor, menurut owe sinarnya ga smooth n mulus cem pake halogen sih .... ada kek semacem "berawan" gitu kalau liat di aspal, walau in overall lebih terang drpd halogen bawaan. Entah juga, kalau di mobil temen saya yg projie + halogen, kalau diganti LED sih jadi pas ya (tapi tetep kudu turunin angle batok dikit juga).
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Turboman »

Kalo buat kepadatan Cahaya, gimanapun juga Projie cahaya-nya lebih padat drpd Reflektor open yah

heheheh
* Bukan ajakan Beli *
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kandlcorp »

Turboman wrote: Fri Apr 03, 2020 2:25 Kalo buat kepadatan Cahaya, gimanapun juga Projie cahaya-nya lebih padat drpd Reflektor open yah

heheheh
sepertinya gt om
lebih ke cut off si pasti rapih
cm xhp70 emang hotspotnya di depan 1-2meter doang
depannya kurang mantap
ngalih
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 533
Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
Location: lenteng agung jakarta
Daily Vehicle: Trooper

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by ngalih »

kandlcorp wrote: Fri Apr 03, 2020 0:26
rudyzanetti wrote: Thu Apr 02, 2020 17:39 Kalo boleh kasih saran, kalo bisa hindari led2 yg pake model fan. Sekali itu fan lemah atau koit bye2 itu lampu.
Fan itu musuh nya debu. Cth sederhana aja, di fan heatsink cpu desktop/laptop kalo debuan parah suhu cpu nya bisa ningkat brp derajat?
Di dalam kap mesin ga cuma debu, bisa tambah pasir + kesirem air.
Emang biasanya yg pakai fan, rata2 pada terang( diluar cut off nya bagus apa engga ya). Kenapa mesti pake fan? Coba diukur yg led pake fan, beneran murni watt nya atau engga. Hehe.. jangan2 tulisan nya 25w, pas diukur malah 40 atao 50w?
untungnya model mobil cina ane tutupnya bener2 tertutup om
jadi anti debu dan air
besok coba difotoin deh
justru yg skrg banyak beredar, watt nya kekecilan om, speknya 50w, pas diukur paling 30w.
watt terlalu kecil terutama kl ga ada canbusnya, bikin error terutama buat mobil eropa
Klo bner2 tertutup, udara panas bergeraknya kemana om... Musti dialirkan supaya dingin kan

Saya setuju sih untuk hindari fan. Yg duluan rusak fan nya. Klo Ndak ketahuan bisa2 LED-nya jebol
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Turboman »

kandlcorp wrote:
Turboman wrote: Fri Apr 03, 2020 2:25 Kalo buat kepadatan Cahaya, gimanapun juga Projie cahaya-nya lebih padat drpd Reflektor open yah

heheheh
sepertinya gt om
lebih ke cut off si pasti rapih
cm xhp70 emang hotspotnya di depan 1-2meter doang
depannya kurang mantap
Nah ini dia

padahal dr spec lumen tinggi ya

apa krn dia ada kubah lensa nya ?

saya baca di web Cree, XHP 50 / 70 itu mmg aslinya didisain utk lampu penerangan jalan
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Turboman »

Semalam liat3

LightForce juga bikin LED H4 utk mobil2 yg H4

pake Heat sink yg model pita2 panjang, gak pake fan

Chip nya Lumiled ZES

ada yg pernah pake ?
* Bukan ajakan Beli *
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by bsetiawan »

kandlcorp wrote: Fri Apr 03, 2020 2:32 sepertinya gt om
lebih ke cut off si pasti rapih
cm xhp70 emang hotspotnya di depan 1-2meter doang
depannya kurang mantap
Ijinkan nubie berbagi sedikit info dari HID Planet ttg "hot spot" dan knp chip LED dgn lensa tdk cocok untuk lampu mobil.

FXR Low Beam output.jpg
Ini foto dari penjualnya: projie FXR menggunakan kapsul HID D2S.

FXR Low Beam output - Thermal Filter.jpg
Dgn thermal filter lebih mudah melihat hot spot atau titik fokusnya: area warna merah pas di bawah cut off dikenal sebagai titik fokus atau hot spot; semakin merah = intensitas semakin tinggi = jangkauan sorotan semakin jauh.

IMG-20170123-WA0003.jpg
projie FXR disandingkan dgn LED yg menggunakan chip XHP70 (ada lensanya)

IMG-20170123-WA0003 - Thermal.jpg
bisa dilihat hot spotnya jdi bulat, nyebar dan posisinya lebih turun dari garis cut off. Hot spot yg semakin turun relatif ke cut off = jangkauan semakin berkurang.

D2S.jpg
Ini LED dgn chip XHP70 yg digunakan pada pengetesan dgn projie FXR di atas

Hot spot explained.jpg
ilustrasi tentang hot spot yg saya lihat/baca di HID Planet


Mohon CMIIW dari suhu2 di sini klo mungkin pengertian saya ttg hot spot ada yg salah
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kandlcorp »

bsetiawan wrote: Fri Apr 03, 2020 3:03 ilustrasi tentang hot spot yg saya lihat/baca di HID Planet

Mohon CMIIW dari suhu2 di sini klo mungkin pengertian saya ttg hot spot ada yg salah
keren om
cm sementara blm mau ganti hid karena belom nemu tutup yg pas,
lg pesen si dr shopee tutupnya, buat coba bereksperimen hehe
Turboman wrote: Fri Apr 03, 2020 2:41 Nah ini dia

padahal dr spec lumen tinggi ya

apa krn dia ada kubah lensa nya ?

saya baca di web Cree, XHP 50 / 70 itu mmg aslinya didisain utk lampu penerangan jalan
kalo h7 si ga ada kubah om
cm entah knp di projie hotspotnya ga rata gitu..
ngalih wrote: Fri Apr 03, 2020 2:35
Klo bner2 tertutup, udara panas bergeraknya kemana om... Musti dialirkan supaya dingin kan

Saya setuju sih untuk hindari fan. Yg duluan rusak fan nya. Klo Ndak ketahuan bisa2 LED-nya jebol
kan ditiup pake fannya..
prinsipnya si kl panasnya halogen bs kuat, panasnya led jg aman
pernah dibikin videonya sm juraganlampu
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by ilhami »

ijin bertanya.

Saya tanya ke bengkel, ada tidak bohlam LED untuk honda beat motor.
Kata mekaniknya jangan diganti, karena bohlam LED harus ada sirip pendinginnya.
Sebaiknya pakai lampu LED kalau memang batok lampunya sudah pakai LED.

Benar ya infonya?
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by bsetiawan »

Turboman wrote: Fri Apr 03, 2020 2:41
kandlcorp wrote:
Turboman wrote: Fri Apr 03, 2020 2:25 Kalo buat kepadatan Cahaya, gimanapun juga Projie cahaya-nya lebih padat drpd Reflektor open yah

heheheh
sepertinya gt om
lebih ke cut off si pasti rapih
cm xhp70 emang hotspotnya di depan 1-2meter doang
depannya kurang mantap
Nah ini dia

padahal dr spec lumen tinggi ya

apa krn dia ada kubah lensa nya ?

saya baca di web Cree, XHP 50 / 70 itu mmg aslinya didisain utk lampu penerangan jalan
betul tuh Om. Untuk PJU tdk memerlukan jangkauan sorot yg jauh, tpi sebaran cahayanya bisa merata.
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by bsetiawan »

ilhami wrote: Fri Apr 03, 2020 3:08 ijin bertanya.

Saya tanya ke bengkel, ada tidak bohlam LED untuk honda beat motor.
Kata mekaniknya jangan diganti, karena bohlam LED harus ada sirip pendinginnya.
Sebaiknya pakai lampu LED kalau memang batok lampunya sudah pakai LED.

Benar ya infonya?
LED merek RTD untuk motor lumayan terkenal awetnya. Tpi hasil sorotannya serapi apa dibanding aslinya, saya blm pernah coba/mempelajari.

Klo anggarannya ada, headlamp motornya bisa diretrofit dgn projie Koito Bi-LED copotan VRZ. Asalkan kelistrikan motornya beres (wajib DC dan suplai konstan) dan projienya tdk dioprek (power tdk diupgrade), jamin awet dan terangnya nampol :big_grin:
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by bsetiawan »

kandlcorp wrote: Fri Apr 03, 2020 3:07 cm sementara blm mau ganti hid karena belom nemu tutup yg pas,
lg pesen si dr shopee tutupnya, buat coba bereksperimen hehe
hanya menggunakan perbandingan dgn HID krena pernah mencobanya. Chip LED tanpa lensa (kecuali tipe COB) dgn geometri semirip mungkin dgn halogen yg akan diganti jg bisa menghasilkan hot spot yg mirip.
kandlcorp wrote: Fri Apr 03, 2020 3:07
ngalih wrote: Fri Apr 03, 2020 2:35
Klo bner2 tertutup, udara panas bergeraknya kemana om... Musti dialirkan supaya dingin kan

Saya setuju sih untuk hindari fan. Yg duluan rusak fan nya. Klo Ndak ketahuan bisa2 LED-nya jebol
kan ditiup pake fannya..
prinsipnya si kl panasnya halogen bs kuat, panasnya led jg aman
pernah dibikin videonya sm juraganlampu
dari pengalaman saya selama main lampu, reflektornya dan batok lampunya sih kuat. Tpi chip LEDnya tdk sekuat filamen halogen klo terpapar panas berlebihan. Komponen di drivernya (terutama kapasitor) jg tdk tahan panas berlebihan.

Saat operasional, thermal stabilitynya ok (panas yg dihasilkan chip LEDnya bisa dibuang oleh heat sink dan fan). Saat LED dimatikan, fan jg lgs mati tpi panas yg tersisa di heat sink dan body LEDnya tdk akan bisa terbuang secara instan; apalgi klo tertutup rapat di dlm batok lampu dan tdk ada pergerakan/perputaran udara. Klo kondisi ini terulang berkali2, chip LEDnya seperti "dipanggang". Krena alasan ini, output chip LEDnya menurun dgn pemakaian. Semakin sering terkena heat cycle dan panas berlebihan, umur pakainya semakin pendek.

Saya perhatikan LED OEM bawaan mobil (Koito/Stanley Bi-LED) pada umumnya dibekali heat sink dgn ukuran yg jauhhh lbh besar dibanding chip LEDnya; supaya temperaturnya tdk berlebihan dan umur pakainya bisa lama.
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kandlcorp »

bsetiawan wrote: Fri Apr 03, 2020 3:34
hanya menggunakan perbandingan dgn HID krena pernah mencobanya. Chip LED tanpa lensa (kecuali tipe COB) dgn geometri semirip mungkin dgn halogen yg akan diganti jg bisa menghasilkan hot spot yg mirip.
hmm kl secara ukuran si xhp yg ane dapet sih mirip2 aja.
cm gatau knp beda hotspotnya.
eh tp dr beli blm pernah coba jg si halogennya wkwk
malam pertama lgsg diganti led
bsetiawan wrote: Fri Apr 03, 2020 3:34
dari pengalaman saya selama main lampu, reflektornya dan batok lampunya sih kuat. Tpi chip LEDnya tdk sekuat filamen halogen klo terpapar panas berlebihan. Komponen di drivernya (terutama kapasitor) jg tdk tahan panas berlebihan.

Saat operasional, thermal stabilitynya ok (panas yg dihasilkan chip LEDnya bisa dibuang oleh heat sink dan fan). Saat LED dimatikan, fan jg lgs mati tpi panas yg tersisa di heat sink dan body LEDnya tdk akan bisa terbuang secara instan; apalgi klo tertutup rapat di dlm batok lampu dan tdk ada pergerakan/perputaran udara. Klo kondisi ini terulang berkali2, chip LEDnya seperti "dipanggang". Krena alasan ini, output chip LEDnya menurun dgn pemakaian. Semakin sering terkena heat cycle dan panas berlebihan, umur pakainya semakin pendek.

Saya perhatikan LED OEM bawaan mobil (Koito/Stanley Bi-LED) pada umumnya dibekali heat sink dgn ukuran yg jauhhh lbh besar dibanding chip LEDnya; supaya temperaturnya tdk berlebihan dan umur pakainya bisa lama.
hmm i c
make sense ini om
garansi cm 1 taun
kt liat bagaimana performanya setelah itu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Turboman »

bsetiawan wrote:
kandlcorp wrote: Fri Apr 03, 2020 3:07 cm sementara blm mau ganti hid karena belom nemu tutup yg pas,
lg pesen si dr shopee tutupnya, buat coba bereksperimen hehe
hanya menggunakan perbandingan dgn HID krena pernah mencobanya. Chip LED tanpa lensa (kecuali tipe COB) dgn geometri semirip mungkin dgn halogen yg akan diganti jg bisa menghasilkan hot spot yg mirip.
kandlcorp wrote: Fri Apr 03, 2020 3:07
ngalih wrote: Fri Apr 03, 2020 2:35
Klo bner2 tertutup, udara panas bergeraknya kemana om... Musti dialirkan supaya dingin kan

Saya setuju sih untuk hindari fan. Yg duluan rusak fan nya. Klo Ndak ketahuan bisa2 LED-nya jebol
kan ditiup pake fannya..
prinsipnya si kl panasnya halogen bs kuat, panasnya led jg aman
pernah dibikin videonya sm juraganlampu
dari pengalaman saya selama main lampu, reflektornya dan batok lampunya sih kuat. Tpi chip LEDnya tdk sekuat filamen halogen klo terpapar panas berlebihan. Komponen di drivernya (terutama kapasitor) jg tdk tahan panas berlebihan.

Saat operasional, thermal stabilitynya ok (panas yg dihasilkan chip LEDnya bisa dibuang oleh heat sink dan fan). Saat LED dimatikan, fan jg lgs mati tpi panas yg tersisa di heat sink dan body LEDnya tdk akan bisa terbuang secara instan; apalgi klo tertutup rapat di dlm batok lampu dan tdk ada pergerakan/perputaran udara. Klo kondisi ini terulang berkali2, chip LEDnya seperti "dipanggang". Krena alasan ini, output chip LEDnya menurun dgn pemakaian. Semakin sering terkena heat cycle dan panas berlebihan, umur pakainya semakin pendek.

Saya perhatikan LED OEM bawaan mobil (Koito/Stanley Bi-LED) pada umumnya dibekali heat sink dgn ukuran yg jauhhh lbh besar dibanding chip LEDnya; supaya temperaturnya tdk berlebihan dan umur pakainya bisa lama.
Agree

seiring berjalannya waktu yg ngedrop yg chip LED low beam, krn itu yg nyala terus

Fan juga makin lama makin menurun kecepatan putarnya

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by josomba »

bsetiawan wrote: Fri Apr 03, 2020 3:34 kan ditiup pake fannya..
prinsipnya si kl panasnya halogen bs kuat, panasnya led jg aman
pernah dibikin videonya sm juraganlampu


dari pengalaman saya selama main lampu, reflektornya dan batok lampunya sih kuat. Tpi chip LEDnya tdk sekuat filamen halogen klo terpapar panas berlebihan. Komponen di drivernya (terutama kapasitor) jg tdk tahan panas berlebihan.

Saat operasional, thermal stabilitynya ok (panas yg dihasilkan chip LEDnya bisa dibuang oleh heat sink dan fan). Saat LED dimatikan, fan jg lgs mati tpi panas yg tersisa di heat sink dan body LEDnya tdk akan bisa terbuang secara instan; apalgi klo tertutup rapat di dlm batok lampu dan tdk ada pergerakan/perputaran udara. Klo kondisi ini terulang berkali2, chip LEDnya seperti "dipanggang". Krena alasan ini, output chip LEDnya menurun dgn pemakaian. Semakin sering terkena heat cycle dan panas berlebihan, umur pakainya semakin pendek.

Saya perhatikan LED OEM bawaan mobil (Koito/Stanley Bi-LED) pada umumnya dibekali heat sink dgn ukuran yg jauhhh lbh besar dibanding chip LEDnya; supaya temperaturnya tdk berlebihan dan umur pakainya bisa lama.
Oom, kalau justru sekarang bawaan pabrik udah LED + Projie mau saya jadikan HID ... itu kudu ganti lensanya ndak sih?

Lg berpikir kalau suatu saat ni mobil headlampnya tewas, pengen ane oprek jadi 2-2nya HID..... haha.

Secara mobil skarang, kalau lampunya rusak ... kudu ganti sebatok (atau mungkin ada yg bisa ngakalin ganti LED-nya doang?) ... n itu harganya 8-11 juta.

Atau ya ... cara ga bener .... sengaja pecahin biar diganti asuransi ... :big_childish:
Image
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kandlcorp »

josomba wrote: Fri Apr 03, 2020 6:53
Oom, kalau justru sekarang bawaan pabrik udah LED + Projie mau saya jadikan HID ... itu kudu ganti lensanya ndak sih?

Lg berpikir kalau suatu saat ni mobil headlampnya tewas, pengen ane oprek jadi 2-2nya HID..... haha.

Secara mobil skarang, kalau lampunya rusak ... kudu ganti sebatok (atau mungkin ada yg bisa ngakalin ganti LED-nya doang?) ... n itu harganya 8-11 juta.

Atau ya ... cara ga bener .... sengaja pecahin biar diganti asuransi ... :big_childish:
itu drivernya uda nyatu ya om makanya mesti ganti 1set?
btw kl dipecahin biar ganti asuransi, mecahinnya mesti dalem ya?
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by bsetiawan »

josomba wrote: Fri Apr 03, 2020 6:53 Oom, kalau justru sekarang bawaan pabrik udah LED + Projie mau saya jadikan HID ... itu kudu ganti lensanya ndak sih?

Lg berpikir kalau suatu saat ni mobil headlampnya tewas, pengen ane oprek jadi 2-2nya HID..... haha.

Secara mobil skarang, kalau lampunya rusak ... kudu ganti sebatok (atau mungkin ada yg bisa ngakalin ganti LED-nya doang?) ... n itu harganya 8-11 juta.

Atau ya ... cara ga bener .... sengaja pecahin biar diganti asuransi ... :big_childish:
Klo bawaannya projie LED dan mau dijadikan HID tentu hrs ganti projienya, tambah system HID (bohlam + ballast) dan menyesuaikan perkabelannya. Apa pun bisa dikerjakan asalkan ada dananya. :mky_07:

Retrofit pling ekstrim yg pernah saya lihat: 8 projie HID! :big_exellent:
Octa Projectors - Screenshot.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by rudyzanetti »

Turboman wrote: Fri Apr 03, 2020 2:44 Semalam liat3

LightForce juga bikin LED H4 utk mobil2 yg H4

pake Heat sink yg model pita2 panjang, gak pake fan

Chip nya Lumiled ZES

ada yg pernah pake ?
Dulu sebelum pake extreme ultinon, sy sempet pake led yg kayak di attachment. Sayang dulu sy blm tau triknya buat nyetel led di reflektor h4.
Pas tau triknya, coba pasang di livina bokap yg sama2 h4 reflektor. Terangnya imbang lah ama extreme ultinon. Malah kalo mau jujur, lebih terang led ini drpd yg asli keluaran philips.
Led ini, satu lampu ada 8chip led. 4 lampu dekat, dan 4 lampu jauh.
Beda led ini ama yg asli philips
1. Warnanya ada sedikit semu biru( mungkin 6500k?)
2. Passive heatsink nya jauh lebih kecil ketimbang yg ori Philips yg lebih besar.
3. Driver led juga jauh lebih kecil ini daripada yg asli philips.

Harganya? Untuk keluaran led bikinan china tanpa merk, ini lumayan mahal menurut saya. Mirip2 ama led keluaran osram. Hehe.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Turboman »

Jadi kesimpulan sementara utk LED LED H4 aft market merek2 Panda

Hot spot agak ke bawah ?

Penyebaran cahaya sekitar Hotspot agak lebar yah

Kalo setting hotspot naik, menyilaukan arah lawan

si Ultinon yg bisa disetel persis spt Haligen ya......make sense sih........sayang aja gak ada yg Very High Lumen

CMIIW

* Bukan ajakan Beli *
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kandlcorp »

Turboman wrote: Fri Apr 03, 2020 18:04 Jadi kesimpulan sementara utk LED LED H4 aft market merek2 Panda

Hot spot agak ke bawah ?

Penyebaran cahaya sekitar Hotspot agak lebar yah

Kalo setting hotspot naik, menyilaukan arah lawan

si Ultinon yg bisa disetel persis spt Haligen ya......make sense sih........sayang aja gak ada yg Very High Lumen

CMIIW
Tergantung om
Kalo yg merk panda tp agak abal,
Saya dl punya merk c enam, terus model tricolor, terus c enam es, itu rata2 even worse, mereka ga punya hotspot, cahaya ngeglare ga karuan kemana2. Jd diliat dari depan wih terang nih. Begitu nyetir. Tepok jidat gelap bener

Begitu coba xhp50 di reflektor, itu jauh lebih baik, cut off persis halogen (rata) tanpa setting ulang ketinggian, ga bakal silau. Glare ada tapi minim banget.

Nah skrg pake xhp70 di projector, terang, tp hotspot jatoh ke bawah 1-2 meter. Depannya gmn? Msh terang dan rapi, tp jauh berkurang intensitasnya dibanding di hotspot. Driving experiencenya cukup oke, tp msh belom puas.

Abis ini nunggu f3s (katanya penerus f3). Mudah2an terang dan heat dissipation nya msh bs ditolerir batok lampu dan chipnya
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Pororo »

kandlcorp wrote: Fri Apr 03, 2020 18:11
Turboman wrote: Fri Apr 03, 2020 18:04 Jadi kesimpulan sementara utk LED LED H4 aft market merek2 Panda

Hot spot agak ke bawah ?

Penyebaran cahaya sekitar Hotspot agak lebar yah

Kalo setting hotspot naik, menyilaukan arah lawan

si Ultinon yg bisa disetel persis spt Haligen ya......make sense sih........sayang aja gak ada yg Very High Lumen

CMIIW
Tergantung om
Kalo yg merk panda tp agak abal,
Saya dl punya merk c enam, terus model tricolor, terus c enam es, itu rata2 even worse, mereka ga punya hotspot, cahaya ngeglare ga karuan kemana2. Jd diliat dari depan wih terang nih. Begitu nyetir. Tepok jidat gelap bener

Begitu coba xhp50 di reflektor, itu jauh lebih baik, cut off persis halogen (rata) tanpa setting ulang ketinggian, ga bakal silau. Glare ada tapi minim banget.

Nah skrg pake xhp70 di projector, terang, tp hotspot jatoh ke bawah 1-2 meter. Depannya gmn? Msh terang dan rapi, tp jauh berkurang intensitasnya dibanding di hotspot. Driving experiencenya cukup oke, tp msh belom puas.

Abis ini nunggu f3s (katanya penerus f3). Mudah2an terang dan heat dissipation nya msh bs ditolerir batok lampu dan chipnya
Jadi kalo newbie bole simpulkan lagi
Icip-icip led panda boleh tapi produk yang dicoba harus menggunakan chip yang well known seperti cree xhp atau zes
Meskipun kadang kita ngga tau juga tu chip asli ato ngga?
(saat ini lagi tunggu barang datang merk T8 /Ka**r chip (katanya ZES) mau jadi penantang halogen legendaris osram NBR yang kesohor

BTW juga penasaran dan ingin bertanya hubungan lumen dengan seberapa terang yang kita lihat
Yang klaim ini sekian, itu sekian kita kesampingjkan dulu
Pemahaman nuwbie semakin besar lumen maka akan semakin terang kita lihat

Pengalaman nuwbie yang penah rasakan make bohlam halogen osram standar dan halogen perf osram NBR
Pengujian salah satu master juragan lampu menunjukkan hasil pengukuran ditempat dia dgn metode dan alatukur yang sama hasilnya imbang-imbang diangka 900-seribuan lumen
Ane pernah coba keduanya dimata ane (subjektif) merasa osram NBR lebih terang dan jangkauannya lebih jauh ketimbang yang standar
APa yang terjadi ?? apakah termakan sugesti?
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by rudyzanetti »

Kalo menurut saya, klaim lumens dr pabrikan china sana jgn langsung dipercaya mentah2.

Contoh, satu chip led merk cree diklaim punya 2000lumens. Kalo satu lampu led h4 ada 3 chip, itungankasar nya 2000x3 chip = 6000 lumens.

Masalahnya untuk mencapai 2000 lumens td ,butuh input daya yg besar( untuk ukuran led). Input daya besar berarti panas jg berlebih. Panas berlebih berarti butuh pendingin extra besar. Pendingin extra besar ga bakal bisa plug n play kalo dijual di pasaran.

Biasanya pabrikan led bakal nurunin input dayanya( lumensnya juga ikut turun) biar heatsink/pendinginnya bisa dibuat seringkas mungkin.

Yg ditulis di kotaknya bisanya kemampuan maksimal di chip lednya( dengan syarat dan ketentuan ). Dimana di kenyatannya pabrikan lampu led ga bakal ngepush kemampuan chip led nya.
kandlcorp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Thu Feb 13, 2020 2:52
Location: banten
Daily Vehicle: wuling confero

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by kandlcorp »

Pororo wrote: Sat Apr 04, 2020 5:07
Pengalaman nuwbie yang penah rasakan make bohlam halogen osram standar dan halogen perf osram NBR
Pengujian salah satu master juragan lampu menunjukkan hasil pengukuran ditempat dia dgn metode dan alatukur yang sama hasilnya imbang-imbang diangka 900-seribuan lumen
Ane pernah coba keduanya dimata ane (subjektif) merasa osram NBR lebih terang dan jangkauannya lebih jauh ketimbang yang standar
APa yang terjadi ?? apakah termakan sugesti?
Kalo nbr
Mgkn efek sugesti karena NBR pake pelapis biru jadi naikin K nya.
Di jalan biasa ga basah, semakin tinggi K, mata kita lebih menyesuaikan itu terang karena lebih contras
Item (aspal), ke putih (K lebih tinggi)
Pororo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Oct 18, 2019 4:00

Re: HEADLIGHTS LED : APA SAJA KELEBIHANNYA ?

Post by Pororo »

kandlcorp wrote: Sat Apr 04, 2020 6:14
Pororo wrote: Sat Apr 04, 2020 5:07
Pengalaman nuwbie yang penah rasakan make bohlam halogen osram standar dan halogen perf osram NBR
Pengujian salah satu master juragan lampu menunjukkan hasil pengukuran ditempat dia dgn metode dan alatukur yang sama hasilnya imbang-imbang diangka 900-seribuan lumen
Ane pernah coba keduanya dimata ane (subjektif) merasa osram NBR lebih terang dan jangkauannya lebih jauh ketimbang yang standar
APa yang terjadi ?? apakah termakan sugesti?
Kalo nbr
Mgkn efek sugesti karena NBR pake pelapis biru jadi naikin K nya.
Di jalan biasa ga basah, semakin tinggi K, mata kita lebih menyesuaikan itu terang karena lebih contras
Item (aspal), ke putih (K lebih tinggi)
Pendekatan yang bagus dan masuk akal om
Jadi meskipun lm sama jika salah satunya temperatur warnanya lebih tinggi maka mata cendrung menganggap yang ini lebih terang

Berarti rumus sederhana jika ingin merasa puas saat upgrade lampu
Penggantinya harus memiliki lumen lebih tinggi dan Kelvin yang lebih tinggi atau min sama
Urusan hotspot belum diperhitungkan atau dianggap sama :big_think: