adrevolution wrote: Mon May 04, 2020 13:03
Malam om2 semua
Jadi ceritanya saya lagi bingung mau ambil sedan compact.. tadinya mau ambil C250 W204 seken cuman kayaknya masih serem ya ama running costnya mobil eropa
Jadilah akhirnya mengerucut ke jepangan lagi, kali ini antara Civic Turbo sedan sama Corolla Altis V baru yg TNGA. Rencana buat dipake daily ama bokap rata2 180 km sehari rute banyakan tol, jadi ya harus yang enak buat disetir sendiri. Selama ini pake X-Trail T32 2.0 dan puas sekali pake ini mobil.
Pertimbangannya:
1. Lebih fun mana buat disetir, Civic dgn mesin turbo tenaga gede, atau Corolla dgn sasis TNGA tapi drivetrain lama?
2. Running cost dari konsumsi bbm, maintenance cost, kira2 mana yang lebih bagus?
3. Kenyamanan gimana compared to X-Trail yang dipake sekarang?
Kalau liat review2 di luar, kayak beda tipis gitu ya, ada yg lebih milih corolla.. ada yang lebih milih civic.. jadi minta second opinion om2 disini buat pertimbangan ngambil yang mana.
Thank you
Dari pengalaman Honda selalu di atas Toyota soal pengendaraan. Di review - review luar Civic > Corolla soal driving experience. Corolla lebih ke pilihan yang praktis dan lebih reliabel karena teknologinya konvensional.
ane dari sisi pengguna Civic ya
1. Power Civic itu paling gede dan IMHO kalo cari fun, power merupakan fun factor yang penting. Power Civic paling gede dibanding Corolla dan Mazda3, 0-100s dalam 7 detikan, rival yg lain 10 detikan semua. Bwt ane mau Mazda3 baru gak pake CVT tetep berasa ngempos powernya dibanding Civic. CVTnya Civic cukup responsif buat yang suka driving. Malah buat daily drive ane lebih suka karakternya dibanding DSG, halus tapi power delivery nya enak, mirip AT biasa. Di tol malah enak dari cruise speed ke nyalip gak pake gear hunting, tenaga langsung instan.
2. Running cost Civic, konsumsi BBM ane dape dalem kota 1:10 paling boros, 1:12 paling irit. RON98, tuned 220hp. Servis berkala per 10ribu habis 1-2 jutaan di BeRes. Klo per 5ribu ganti oli 600ribu. Corolla mungkin 11-12 mengingat spek oli untuk mesin 1.8L Dual VVT-i juga mirip.
3. Civic klo pengalaman ane keras tapi karakter dampingnya enak, ada rasa-rasa mobil Eropa nggak gabruk-gabruk macem Civic FD atau FB. IMHO kalau empuk, X-trail lebih empuk, tapi dampingnya masih enak Civic.