(ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri May 22, 2020 10:08
- Location: india
- Daily Vehicle: honda
Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)
AGS-AMT itu literaly transmisi 5MT di pasang modul kopling + shifter otomatis. unit transmisi MTnya sama jadi sparepart termasuk clutchny juga pakai clutch yg sama dgn MT. perawatan sama dgn MT
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Wed Nov 01, 2017 9:08
Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)
Halo.
Apakah ada saran mengenai oli hidrolik pada unit AMT?
Saya baca ada buatan Ravenol dan Petronas Tutela yang 75W untuk AMT, tapi sepertinya susah di Indonesia.
Di India, ada Oli resmi nya AMT Maruti Suzuki, tapi Suzuki Indonesia juga tidak ada.
Terima kasih.
Apakah ada saran mengenai oli hidrolik pada unit AMT?
Saya baca ada buatan Ravenol dan Petronas Tutela yang 75W untuk AMT, tapi sepertinya susah di Indonesia.
Di India, ada Oli resmi nya AMT Maruti Suzuki, tapi Suzuki Indonesia juga tidak ada.
Terima kasih.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38
Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)
Ini oli petronas tutela 75W yg dimaksud itu yg tipe LHM atau tipe CS speed?Vic4773 wrote:Halo.
Apakah ada saran mengenai oli hidrolik pada unit AMT?
Saya baca ada buatan Ravenol dan Petronas Tutela yang 75W untuk AMT, tapi sepertinya susah di Indonesia.
Di India, ada Oli resmi nya AMT Maruti Suzuki, tapi Suzuki Indonesia juga tidak ada.
Terima kasih.
Kl single grade 75w mungkin bisa pake oli transmisi toyota, bisa pesen ke bagian parts auto2000
Lebihlanjut coba tanya mr turboman
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Wed Nov 01, 2017 9:08
Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)
Kalau Petronas Tutela CS Speed sepertinya, tapi itu didasarkan pada kemiripian untuk Selespeed nya Fiat, Magnetti Marelli vendor AMT nya. Suzuki Ignis juga MM. Ini saya dapat dari web India.akbrn wrote: Sat Nov 07, 2020 8:05Ini oli petronas tutela 75W yg dimaksud itu yg tipe LHM atau tipe CS speed?Vic4773 wrote:Halo.
Apakah ada saran mengenai oli hidrolik pada unit AMT?
Saya baca ada buatan Ravenol dan Petronas Tutela yang 75W untuk AMT, tapi sepertinya susah di Indonesia.
Di India, ada Oli resmi nya AMT Maruti Suzuki, tapi Suzuki Indonesia juga tidak ada.
Terima kasih.
Kl single grade 75w mungkin bisa pake oli transmisi toyota, bisa pesen ke bagian parts auto2000
Lebihlanjut coba tanya mr turbomanimages%20-%202020-11-07T150050.306.jpg
Susah sekali keterangan dari Suzuki Indonesia.
Saya cari di manual book Suzuki Ignis India dan Global (english) pun tidak ada keterangan jenis oli di hidraulic reservoir nya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)
ngidupin thread lama, tapi mau tanya berhubung beli ini mobil buat bini.
kampas & mataharinya apa bisa pake yg MT? karena ini kan harusnya MT dikasih modul AGS, tapi abis liat katalog eparts suzuki kok beda part number, gambar di diagram juga beda, dan harganya juga beda jauuuhhh. di parts kopling set, yg sama cuma release bearingnya aja.
kampas & mataharinya apa bisa pake yg MT? karena ini kan harusnya MT dikasih modul AGS, tapi abis liat katalog eparts suzuki kok beda part number, gambar di diagram juga beda, dan harganya juga beda jauuuhhh. di parts kopling set, yg sama cuma release bearingnya aja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 826
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)
mesti tanya ke toko yang jual pak, atau bisa deketin mekanik bengkel resmi / service advisornya bisa tanya apakah fisik barangnya sama ?r1409 wrote: Fri Jul 19, 2024 5:21 ngidupin thread lama, tapi mau tanya berhubung beli ini mobil buat bini.
kampas & mataharinya apa bisa pake yg MT? karena ini kan harusnya MT dikasih modul AGS, tapi abis liat katalog eparts suzuki kok beda part number, gambar di diagram juga beda, dan harganya juga beda jauuuhhh. di parts kopling set, yg sama cuma release bearingnya aja.
kadang suzuki suka begitu, dulu juga ada kasus motor fan radiator suzuki baleno dan Aerio beda part number, yg baleno lebih mahal tapi barangnya sama dengan aerio.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Jul 06, 2024 7:10
- Location: Tangsel
- Daily Vehicle: Wuling alvez
Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)
ini case nya ganti kopling set yak om? udah solve kah boleh dishare, kebetulan unit ane spresso AGS lagi cari2 tips kaya ganti fluid actuator ags nya dll. mohon info jika berkenan thankyou!r1409 wrote: Fri Jul 19, 2024 5:21 ngidupin thread lama, tapi mau tanya berhubung beli ini mobil buat bini.
kampas & mataharinya apa bisa pake yg MT? karena ini kan harusnya MT dikasih modul AGS, tapi abis liat katalog eparts suzuki kok beda part number, gambar di diagram juga beda, dan harganya juga beda jauuuhhh. di parts kopling set, yg sama cuma release bearingnya aja.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)
betul ganti kopling set. udah browsing, ternyata utk KWR versi AGS beda dgn yg MT. ketebalan kampas dan jumlah per nya beda. udah banyak yg pasang malah jadi error AGS nya.Shoto212 wrote: Mon Apr 07, 2025 4:20ini case nya ganti kopling set yak om? udah solve kah boleh dishare, kebetulan unit ane spresso AGS lagi cari2 tips kaya ganti fluid actuator ags nya dll. mohon info jika berkenan thankyou!r1409 wrote: Fri Jul 19, 2024 5:21 ngidupin thread lama, tapi mau tanya berhubung beli ini mobil buat bini.
kampas & mataharinya apa bisa pake yg MT? karena ini kan harusnya MT dikasih modul AGS, tapi abis liat katalog eparts suzuki kok beda part number, gambar di diagram juga beda, dan harganya juga beda jauuuhhh. di parts kopling set, yg sama cuma release bearingnya aja.
utk spresso sih harusnya sama seperti ignis, versi MT ataupun AGS sama. kalau KWR itu kayaknya special case krn tipe coba² AGS pertama kali di indo.
kalo ganti actuator fluid, gampang kok, cari aja youtube banyak yg udah ganti sendiri di ignis/KWR, modul AGS dan caranya sama. sy sendiri udah praktek 2x. bahan cuma spuit + selang utk sedot (sy pake spuit 300ml, kalo bisa gedean enak bisa sekali sedot), wadah utk buang fluid bekasnya, dan tentu actuator fluidnya, harus pake yg asli, di indo hanya ada yg asli ecstar. jangan coba² pake cairan lain, takutnya merusak. harga modul AGS mahal, ga worth dengan selisih bbrp ratus ribu untuk fluidnya.
caranya gampang:
1. pastikan mobil sudah mati dalam waktu lama (kalau saya biasanya semalem), biar fluid di AGS balik ke tabung reservoir. lalu JANGAN BUKA PINTU DRIVER, karena buka pintu driver akan menyedot fluid di reservoir masuk ke AGS. buka dari pintu lain, atau buka duluan sebelum mobil didiamkan.
2. tinggal buka penutup reservoir, cabut sumbat hijaunya pakai tang jepit, masukkan selang spuit, sedot habis sehabis mungkin, pastikan sebanyak mungkin fluid tersedot.
3. tuang fluid baru, biasanya sekitar 350ml sudah full. nanti sisa fluidnya bisa disimpan utk penggantian selanjutnya.
utk interval penggantian sy kurang tau kalau dari baru, krn saya dapet unit bekas km 23rb yg sudah umur 5 taun tapi belum pernah ganti actuator fluid, jadi waktu itu langsung saya ganti ketika sudah ada gejala tidak enak.
gejala ini biasanya terasa seperti kalau mobil MT injak/lepas koplingnya tdk halus, ndut²an. biasanya terjadi waktu modul AGS panas, krn kurang pendinginan (misal kondisi macet, dimana actuator AGS bekerja berat dan kurang pendinginan angin dari luar). begitu gejala terasa mengganggu, ganti fluid lagi.
so far, odo sudah hampir 30rb km, sy udah 2x ganti fluid sendiri (krn owner sebelumnya tdk pernah ganti). kalau unit dari baru, mungkin bisa dibikin interval yg teratur.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 616
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)
thanks Om sharingnya,r1409 wrote: Wed Apr 16, 2025 2:57betul ganti kopling set. udah browsing, ternyata utk KWR versi AGS beda dgn yg MT. ketebalan kampas dan jumlah per nya beda. udah banyak yg pasang malah jadi error AGS nya.Shoto212 wrote: Mon Apr 07, 2025 4:20ini case nya ganti kopling set yak om? udah solve kah boleh dishare, kebetulan unit ane spresso AGS lagi cari2 tips kaya ganti fluid actuator ags nya dll. mohon info jika berkenan thankyou!r1409 wrote: Fri Jul 19, 2024 5:21 ngidupin thread lama, tapi mau tanya berhubung beli ini mobil buat bini.
kampas & mataharinya apa bisa pake yg MT? karena ini kan harusnya MT dikasih modul AGS, tapi abis liat katalog eparts suzuki kok beda part number, gambar di diagram juga beda, dan harganya juga beda jauuuhhh. di parts kopling set, yg sama cuma release bearingnya aja.
utk spresso sih harusnya sama seperti ignis, versi MT ataupun AGS sama. kalau KWR itu kayaknya special case krn tipe coba² AGS pertama kali di indo.
kalo ganti actuator fluid, gampang kok, cari aja youtube banyak yg udah ganti sendiri di ignis/KWR, modul AGS dan caranya sama. sy sendiri udah praktek 2x. bahan cuma spuit + selang utk sedot (sy pake spuit 300ml, kalo bisa gedean enak bisa sekali sedot), wadah utk buang fluid bekasnya, dan tentu actuator fluidnya, harus pake yg asli, di indo hanya ada yg asli ecstar. jangan coba² pake cairan lain, takutnya merusak. harga modul AGS mahal, ga worth dengan selisih bbrp ratus ribu untuk fluidnya.
caranya gampang:
1. pastikan mobil sudah mati dalam waktu lama (kalau saya biasanya semalem), biar fluid di AGS balik ke tabung reservoir. lalu JANGAN BUKA PINTU DRIVER, karena buka pintu driver akan menyedot fluid di reservoir masuk ke AGS. buka dari pintu lain, atau buka duluan sebelum mobil didiamkan.
2. tinggal buka penutup reservoir, cabut sumbat hijaunya pakai tang jepit, masukkan selang spuit, sedot habis sehabis mungkin, pastikan sebanyak mungkin fluid tersedot.
3. tuang fluid baru, biasanya sekitar 350ml sudah full. nanti sisa fluidnya bisa disimpan utk penggantian selanjutnya.
utk interval penggantian sy kurang tau kalau dari baru, krn saya dapet unit bekas km 23rb yg sudah umur 5 taun tapi belum pernah ganti actuator fluid, jadi waktu itu langsung saya ganti ketika sudah ada gejala tidak enak.
gejala ini biasanya terasa seperti kalau mobil MT injak/lepas koplingnya tdk halus, ndut²an. biasanya terjadi waktu modul AGS panas, krn kurang pendinginan (misal kondisi macet, dimana actuator AGS bekerja berat dan kurang pendinginan angin dari luar). begitu gejala terasa mengganggu, ganti fluid lagi.
so far, odo sudah hampir 30rb km, sy udah 2x ganti fluid sendiri (krn owner sebelumnya tdk pernah ganti). kalau unit dari baru, mungkin bisa dibikin interval yg teratur.
setelah ganti fluid apakah ada yang berubah feel nyopir nya Om?
sama penasaran soal pintu driver, apa hubungannya ya dengan dibuka lalu fluid nya nyedot?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 669
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)
feel nyopir ya sama aja, yg berubah cuma "lepas kopling" nya jadi lebih halus, nyentak dan nyendal berkurang drastis.satriakarisma wrote: Wed Apr 16, 2025 3:07 thanks Om sharingnya,
setelah ganti fluid apakah ada yang berubah feel nyopir nya Om?
sama penasaran soal pintu driver, apa hubungannya ya dengan dibuka lalu fluid nya nyedot?
kalau soal pintu driver ini berlaku di KWR, entah di ignis dan espresso apakah juga begitu. jadi ketika pintu driver dibuka, modul AGS akan menyedot fluid di reservoir utk memenuhi actuator, makanya ada bunyi pompa 'ngiiiiiiiik' gitu. karena kalau posisi mobil mati, fluid di actuator akan keluar kembali balik ke reservoir, makanya harus disedot lagi sebelum mobil jalan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 616
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)
thanks ya Om sharingnyar1409 wrote: Fri Apr 18, 2025 2:39feel nyopir ya sama aja, yg berubah cuma "lepas kopling" nya jadi lebih halus, nyentak dan nyendal berkurang drastis.satriakarisma wrote: Wed Apr 16, 2025 3:07 thanks Om sharingnya,
setelah ganti fluid apakah ada yang berubah feel nyopir nya Om?
sama penasaran soal pintu driver, apa hubungannya ya dengan dibuka lalu fluid nya nyedot?
kalau soal pintu driver ini berlaku di KWR, entah di ignis dan espresso apakah juga begitu. jadi ketika pintu driver dibuka, modul AGS akan menyedot fluid di reservoir utk memenuhi actuator, makanya ada bunyi pompa 'ngiiiiiiiik' gitu. karena kalau posisi mobil mati, fluid di actuator akan keluar kembali balik ke reservoir, makanya harus disedot lagi sebelum mobil jalan.
