(ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

JackSundaram
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri May 22, 2020 10:08
Location: india
Daily Vehicle: honda

Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)

Post by JackSundaram »

AGS-AMT itu literaly transmisi 5MT di pasang modul kopling + shifter otomatis. unit transmisi MTnya sama jadi sparepart termasuk clutchny juga pakai clutch yg sama dgn MT. perawatan sama dgn MT
Vic4773
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Nov 01, 2017 9:08

Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)

Post by Vic4773 »

Halo.
Apakah ada saran mengenai oli hidrolik pada unit AMT?
Saya baca ada buatan Ravenol dan Petronas Tutela yang 75W untuk AMT, tapi sepertinya susah di Indonesia.
Di India, ada Oli resmi nya AMT Maruti Suzuki, tapi Suzuki Indonesia juga tidak ada.
Terima kasih.
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)

Post by akbrn »

Vic4773 wrote:Halo.
Apakah ada saran mengenai oli hidrolik pada unit AMT?
Saya baca ada buatan Ravenol dan Petronas Tutela yang 75W untuk AMT, tapi sepertinya susah di Indonesia.
Di India, ada Oli resmi nya AMT Maruti Suzuki, tapi Suzuki Indonesia juga tidak ada.
Terima kasih.
Ini oli petronas tutela 75W yg dimaksud itu yg tipe LHM atau tipe CS speed?

Kl single grade 75w mungkin bisa pake oli transmisi toyota, bisa pesen ke bagian parts auto2000

Lebihlanjut coba tanya mr turboman
images%20-%202020-11-07T150050.306.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Vic4773
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Wed Nov 01, 2017 9:08

Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)

Post by Vic4773 »

akbrn wrote: Sat Nov 07, 2020 8:05
Vic4773 wrote:Halo.
Apakah ada saran mengenai oli hidrolik pada unit AMT?
Saya baca ada buatan Ravenol dan Petronas Tutela yang 75W untuk AMT, tapi sepertinya susah di Indonesia.
Di India, ada Oli resmi nya AMT Maruti Suzuki, tapi Suzuki Indonesia juga tidak ada.
Terima kasih.
Ini oli petronas tutela 75W yg dimaksud itu yg tipe LHM atau tipe CS speed?

Kl single grade 75w mungkin bisa pake oli transmisi toyota, bisa pesen ke bagian parts auto2000

Lebihlanjut coba tanya mr turbomanimages%20-%202020-11-07T150050.306.jpg
Kalau Petronas Tutela CS Speed sepertinya, tapi itu didasarkan pada kemiripian untuk Selespeed nya Fiat, Magnetti Marelli vendor AMT nya. Suzuki Ignis juga MM. Ini saya dapat dari web India.
Susah sekali keterangan dari Suzuki Indonesia.
Saya cari di manual book Suzuki Ignis India dan Global (english) pun tidak ada keterangan jenis oli di hidraulic reservoir nya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)

Post by r1409 »

ngidupin thread lama, tapi mau tanya berhubung beli ini mobil buat bini.

kampas & mataharinya apa bisa pake yg MT? karena ini kan harusnya MT dikasih modul AGS, tapi abis liat katalog eparts suzuki kok beda part number, gambar di diagram juga beda, dan harganya juga beda jauuuhhh. di parts kopling set, yg sama cuma release bearingnya aja.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 826
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)

Post by Greenhunter »

r1409 wrote: Fri Jul 19, 2024 5:21 ngidupin thread lama, tapi mau tanya berhubung beli ini mobil buat bini.

kampas & mataharinya apa bisa pake yg MT? karena ini kan harusnya MT dikasih modul AGS, tapi abis liat katalog eparts suzuki kok beda part number, gambar di diagram juga beda, dan harganya juga beda jauuuhhh. di parts kopling set, yg sama cuma release bearingnya aja.
mesti tanya ke toko yang jual pak, atau bisa deketin mekanik bengkel resmi / service advisornya bisa tanya apakah fisik barangnya sama ?
kadang suzuki suka begitu, dulu juga ada kasus motor fan radiator suzuki baleno dan Aerio beda part number, yg baleno lebih mahal tapi barangnya sama dengan aerio.
Shoto212
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Jul 06, 2024 7:10
Location: Tangsel
Daily Vehicle: Wuling alvez

Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)

Post by Shoto212 »

r1409 wrote: Fri Jul 19, 2024 5:21 ngidupin thread lama, tapi mau tanya berhubung beli ini mobil buat bini.

kampas & mataharinya apa bisa pake yg MT? karena ini kan harusnya MT dikasih modul AGS, tapi abis liat katalog eparts suzuki kok beda part number, gambar di diagram juga beda, dan harganya juga beda jauuuhhh. di parts kopling set, yg sama cuma release bearingnya aja.
ini case nya ganti kopling set yak om? udah solve kah boleh dishare, kebetulan unit ane spresso AGS lagi cari2 tips kaya ganti fluid actuator ags nya dll. mohon info jika berkenan thankyou!
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)

Post by r1409 »

Shoto212 wrote: Mon Apr 07, 2025 4:20
r1409 wrote: Fri Jul 19, 2024 5:21 ngidupin thread lama, tapi mau tanya berhubung beli ini mobil buat bini.

kampas & mataharinya apa bisa pake yg MT? karena ini kan harusnya MT dikasih modul AGS, tapi abis liat katalog eparts suzuki kok beda part number, gambar di diagram juga beda, dan harganya juga beda jauuuhhh. di parts kopling set, yg sama cuma release bearingnya aja.
ini case nya ganti kopling set yak om? udah solve kah boleh dishare, kebetulan unit ane spresso AGS lagi cari2 tips kaya ganti fluid actuator ags nya dll. mohon info jika berkenan thankyou!
betul ganti kopling set. udah browsing, ternyata utk KWR versi AGS beda dgn yg MT. ketebalan kampas dan jumlah per nya beda. udah banyak yg pasang malah jadi error AGS nya.

utk spresso sih harusnya sama seperti ignis, versi MT ataupun AGS sama. kalau KWR itu kayaknya special case krn tipe coba² AGS pertama kali di indo.

kalo ganti actuator fluid, gampang kok, cari aja youtube banyak yg udah ganti sendiri di ignis/KWR, modul AGS dan caranya sama. sy sendiri udah praktek 2x. bahan cuma spuit + selang utk sedot (sy pake spuit 300ml, kalo bisa gedean enak bisa sekali sedot), wadah utk buang fluid bekasnya, dan tentu actuator fluidnya, harus pake yg asli, di indo hanya ada yg asli ecstar. jangan coba² pake cairan lain, takutnya merusak. harga modul AGS mahal, ga worth dengan selisih bbrp ratus ribu untuk fluidnya.

caranya gampang:
1. pastikan mobil sudah mati dalam waktu lama (kalau saya biasanya semalem), biar fluid di AGS balik ke tabung reservoir. lalu JANGAN BUKA PINTU DRIVER, karena buka pintu driver akan menyedot fluid di reservoir masuk ke AGS. buka dari pintu lain, atau buka duluan sebelum mobil didiamkan.
2. tinggal buka penutup reservoir, cabut sumbat hijaunya pakai tang jepit, masukkan selang spuit, sedot habis sehabis mungkin, pastikan sebanyak mungkin fluid tersedot.
3. tuang fluid baru, biasanya sekitar 350ml sudah full. nanti sisa fluidnya bisa disimpan utk penggantian selanjutnya.

utk interval penggantian sy kurang tau kalau dari baru, krn saya dapet unit bekas km 23rb yg sudah umur 5 taun tapi belum pernah ganti actuator fluid, jadi waktu itu langsung saya ganti ketika sudah ada gejala tidak enak.
gejala ini biasanya terasa seperti kalau mobil MT injak/lepas koplingnya tdk halus, ndut²an. biasanya terjadi waktu modul AGS panas, krn kurang pendinginan (misal kondisi macet, dimana actuator AGS bekerja berat dan kurang pendinginan angin dari luar). begitu gejala terasa mengganggu, ganti fluid lagi.

so far, odo sudah hampir 30rb km, sy udah 2x ganti fluid sendiri (krn owner sebelumnya tdk pernah ganti). kalau unit dari baru, mungkin bisa dibikin interval yg teratur.
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)

Post by satriakarisma »

r1409 wrote: Wed Apr 16, 2025 2:57
Shoto212 wrote: Mon Apr 07, 2025 4:20
r1409 wrote: Fri Jul 19, 2024 5:21 ngidupin thread lama, tapi mau tanya berhubung beli ini mobil buat bini.

kampas & mataharinya apa bisa pake yg MT? karena ini kan harusnya MT dikasih modul AGS, tapi abis liat katalog eparts suzuki kok beda part number, gambar di diagram juga beda, dan harganya juga beda jauuuhhh. di parts kopling set, yg sama cuma release bearingnya aja.
ini case nya ganti kopling set yak om? udah solve kah boleh dishare, kebetulan unit ane spresso AGS lagi cari2 tips kaya ganti fluid actuator ags nya dll. mohon info jika berkenan thankyou!
betul ganti kopling set. udah browsing, ternyata utk KWR versi AGS beda dgn yg MT. ketebalan kampas dan jumlah per nya beda. udah banyak yg pasang malah jadi error AGS nya.

utk spresso sih harusnya sama seperti ignis, versi MT ataupun AGS sama. kalau KWR itu kayaknya special case krn tipe coba² AGS pertama kali di indo.

kalo ganti actuator fluid, gampang kok, cari aja youtube banyak yg udah ganti sendiri di ignis/KWR, modul AGS dan caranya sama. sy sendiri udah praktek 2x. bahan cuma spuit + selang utk sedot (sy pake spuit 300ml, kalo bisa gedean enak bisa sekali sedot), wadah utk buang fluid bekasnya, dan tentu actuator fluidnya, harus pake yg asli, di indo hanya ada yg asli ecstar. jangan coba² pake cairan lain, takutnya merusak. harga modul AGS mahal, ga worth dengan selisih bbrp ratus ribu untuk fluidnya.

caranya gampang:
1. pastikan mobil sudah mati dalam waktu lama (kalau saya biasanya semalem), biar fluid di AGS balik ke tabung reservoir. lalu JANGAN BUKA PINTU DRIVER, karena buka pintu driver akan menyedot fluid di reservoir masuk ke AGS. buka dari pintu lain, atau buka duluan sebelum mobil didiamkan.
2. tinggal buka penutup reservoir, cabut sumbat hijaunya pakai tang jepit, masukkan selang spuit, sedot habis sehabis mungkin, pastikan sebanyak mungkin fluid tersedot.
3. tuang fluid baru, biasanya sekitar 350ml sudah full. nanti sisa fluidnya bisa disimpan utk penggantian selanjutnya.

utk interval penggantian sy kurang tau kalau dari baru, krn saya dapet unit bekas km 23rb yg sudah umur 5 taun tapi belum pernah ganti actuator fluid, jadi waktu itu langsung saya ganti ketika sudah ada gejala tidak enak.
gejala ini biasanya terasa seperti kalau mobil MT injak/lepas koplingnya tdk halus, ndut²an. biasanya terjadi waktu modul AGS panas, krn kurang pendinginan (misal kondisi macet, dimana actuator AGS bekerja berat dan kurang pendinginan angin dari luar). begitu gejala terasa mengganggu, ganti fluid lagi.

so far, odo sudah hampir 30rb km, sy udah 2x ganti fluid sendiri (krn owner sebelumnya tdk pernah ganti). kalau unit dari baru, mungkin bisa dibikin interval yg teratur.
thanks Om sharingnya,
setelah ganti fluid apakah ada yang berubah feel nyopir nya Om?
sama penasaran soal pintu driver, apa hubungannya ya dengan dibuka lalu fluid nya nyedot?
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 669
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)

Post by r1409 »

satriakarisma wrote: Wed Apr 16, 2025 3:07 thanks Om sharingnya,
setelah ganti fluid apakah ada yang berubah feel nyopir nya Om?
sama penasaran soal pintu driver, apa hubungannya ya dengan dibuka lalu fluid nya nyedot?
feel nyopir ya sama aja, yg berubah cuma "lepas kopling" nya jadi lebih halus, nyentak dan nyendal berkurang drastis.

kalau soal pintu driver ini berlaku di KWR, entah di ignis dan espresso apakah juga begitu. jadi ketika pintu driver dibuka, modul AGS akan menyedot fluid di reservoir utk memenuhi actuator, makanya ada bunyi pompa 'ngiiiiiiiik' gitu. karena kalau posisi mobil mati, fluid di actuator akan keluar kembali balik ke reservoir, makanya harus disedot lagi sebelum mobil jalan.
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: (ASK) Transmisi AT Wagon R (AGS/AMT)

Post by satriakarisma »

r1409 wrote: Fri Apr 18, 2025 2:39
satriakarisma wrote: Wed Apr 16, 2025 3:07 thanks Om sharingnya,
setelah ganti fluid apakah ada yang berubah feel nyopir nya Om?
sama penasaran soal pintu driver, apa hubungannya ya dengan dibuka lalu fluid nya nyedot?
feel nyopir ya sama aja, yg berubah cuma "lepas kopling" nya jadi lebih halus, nyentak dan nyendal berkurang drastis.

kalau soal pintu driver ini berlaku di KWR, entah di ignis dan espresso apakah juga begitu. jadi ketika pintu driver dibuka, modul AGS akan menyedot fluid di reservoir utk memenuhi actuator, makanya ada bunyi pompa 'ngiiiiiiiik' gitu. karena kalau posisi mobil mati, fluid di actuator akan keluar kembali balik ke reservoir, makanya harus disedot lagi sebelum mobil jalan.
thanks ya Om sharingnya :big_deal: