Dulu pernah ditawari sama montir blazer langganan(di ciater) buat swap mesin panther kapsul.. sayang setelah dipelajari, ternyata hanya bisa berjalan maksimum 100kmh (menyesuaikan gear ratio).. user blazer yg pakai mesin panther hanya ngejar irit solar saja (atau torsi mungkin).Michaelktp wrote: ↑Mon Jun 01, 2020 10:54Yup sudah pasti itu next 10 years hahaha.ginting wrote: ↑Fri May 29, 2020 16:02Selarang kan banyak tuh Opel Blazer swap engine dengan mesin Panther.Michaelktp wrote: ↑Fri May 29, 2020 11:22
Exactly, Chevy memang sempat menjadi brand mainstream di Indo DM sebelum performa penjualannya terus menurun dan sampai ke titik nadir sekarang ini. Juga dikarenakan hubungqn aliansi dengan Isuzu yang terus merenggang sejak Isuzu gagal di USDM ditambah inefisiensi di HQ Detroit dengan banyaknya brand mobil tidak produktif dibawah naungan GM Global. Lengkap sudah gejala kehancuran GM Global saat itu dan sekarang bisa dilihat pada jaman now ini.
GC Chevycars selain yang D-Cab dan SUV memang ceper. Bisa dilihat pada yang segmen MPV: Spin dan Orlando yang lebih rendah daripada kompetitornya oleh karena irtu enak dipacu karena CoD / hambatan angin yang lebih kecil dari GC tinggi hahaha.
Chevy LUV memang mobil kuda beban pada masanya sesuai dengan namanya: Light Utility Vehicle. Walaupun begitu memang ini bukanlah produk asli GM Global secara LUV rebadge total dengan Isuzu Faster. Secara sejak 1972 GM Global membeli 34% saham Isuzu Japan sehingga berhak menggunakan platform dan mesin-mesin diesel Isuzu yang terkenal sangat robust dan reliable. Sejak itu saham GM di Isuzu terus bertambah dari 34% sampai diatas 50%. Isuzu bersedia karena iming-iming akses langsung ke pasar terbesar D-Cab dan Light Truck Vehicle di USDM. Sayangnya penjualan Isuzu di USDM tidak pernah sesuai harapan bahkan Isuzu akhirnya quit dari USDM akhir dekade 1980an Akibatnya aliansi mereka mulai terus menegang terlihat dari usaha Isuzu mulai berjalan sendiri dengan menelurkan produk (Panther) dan mengubah logo brand sejak awal dekade 1990 an walaupun beberapa produk mereka tetap rebadge. Hubungan terus menurun dan GM Global mulai menjual saham di Isuzu secara bertahap sambil mencoba berpaling ke Daewoo awal dekade 2000an. Akhirnya turning point terbesar terjadi juga dengan Aliansi GM-Isuzu resmi berakhir pada tahun 2016. Ini juga menandakan berakhir total sudah kiprah GM Global di ASEAN DM sejak 1972 dengan quit dari Thai DM dan menjual Rayong Plant. Penguasa saham mayoritas di Isuzu berganti dikendalikan oleh Mitsubishi Corp. Sayonara GM Global.
Terlihat strategi rebadge sudah dilakukan GM Global antara Chevy dengan Isuzu di ASEAN DM sejak tahun 1972. Strategi yang jauh lebih awal 30 tahun dari saat triple elips merebadge Daicars yang baru mulai tahun 2003 di Indo DM setelah Daihatsu Japan kolaps. Aliansi triple elips Daihatsu terlihat seperti pengulangan sejarah saja antara Isuzu - GM Global dengan perbedaan posisi Daihatsu yang jauh lebih lemah dibandingkan Isuzu saat itu.
Mungkin sepuluh tahun lagi banyak Trailblazer swap engine mesin MUX atau DMAX wkwkkww
![]()
![]()
![]()
![]()
Mengikuti kebiasaan GM Global yang memang jago mix platform dan mesin dari brand anak usahanya. Paling mudah terlihat pada Chevy SpinDies dan Suzuki ErtiDies yang serasa 1 platform dengan mesin 1.3 D Multijet dari Fiat.
Memang banyak sekali Opel Blazer swap engine dengan diesel Panther bahkan saya pernah dengar Opel Blazer swap dengan mesin diesel Mitsubishi L300 dan fine-fine saja hehehe. Luar biasa sebenarnya brand ini dan turunannya karena terasa universal banget.
Itu semua pasti karena rasa penasaran bagaimana performa Opel Blazer jika bermesin diesel secara Opel Blazer CKD Indo DM sejak tahun 1996 tidak ada mesin diesel. PT. GMI beralasan takut kalau Blazer diesel akan menggangu penjualan Chevrolet Trooper dan itu alasan tak logis. Oleh karena itu 2 varian Opel Blazer yang dirakit di Pondok Ungu Plant semuanya dirakit dengan mesin bensin dari Holden displacement 2.2L
Padahal yang sebenarnya adalah ironi karena benih perpecahan Aliansi GM-Isuzu perlahan mulai terjadi dengan Isuzu meluncurkan Panther tanpa rebadge Chevycars dan Blazer brand Opel bukan Chevrolet. Selain tanpa varian mesin diesel juga teknik marketing yang salah besar secara brand Opel lebih identik dengan sedan bukan SUV.
Sempat mimpi pingin swap pakai 2KD (mboh bisa atau nggak teknisnya), malah udah laku duluan blazernya..