Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Profith83 wrote: ↑Wed Jul 01, 2020 9:43
om @Omnibus dan om @DOHC.
Kapan hari saya beli busi untuk Honda Mobilio RS matic thn 2015.
Type businya NGK FR6F-11K.
Setelah baca baca ada type laser yang NGK IZFR6K-13.
Sebenarnya bawaan ori mobil, busi type yang mana yah?
yg izfr itu kasta tertingginya ngk iridium (beda sama iridum ix). dia standar pabrik utk L15A (intake alum) yg terpasang di jazz GE8 dan city GM2 (kl ga salah freed juga.) krn posisi mesin susah utk ganti busi jd dikasih yg bisa tahan lama. tp dulu bnyk yg mengeluh krn busi itu mahal sekali terutama di beres.
akhirnya semenjak jazz gk5, hrv dan mobilio L15Z (intake plastik) standar pabrik dikasih fr6f biasa krn posisi ganti jauh lbh bersahabat.
Profith83 wrote: ↑Wed Jul 01, 2020 9:43
om @Omnibus dan om @DOHC.
Kapan hari saya beli busi untuk Honda Mobilio RS matic thn 2015.
Type businya NGK FR6F-11K.
Setelah baca baca ada type laser yang NGK IZFR6K-13.
Sebenarnya bawaan ori mobil, busi type yang mana yah?
yg izfr itu kasta tertingginya ngk iridium (beda sama iridum ix). dia standar pabrik utk L15A (intake alum) yg terpasang di jazz GE8 dan city GM2 (kl ga salah freed juga.) krn posisi mesin susah utk ganti busi jd dikasih yg bisa tahan lama. tp dulu bnyk yg mengeluh krn busi itu mahal sekali terutama di beres.
akhirnya semenjak jazz gk5, hrv dan mobilio L15Z (intake plastik) standar pabrik dikasih fr6f biasa krn posisi ganti jauh lbh bersahabat.
kl bisa ngga L15Z dikasih izfr ya pasti bisa.
oh siap om. Bawaannya FR6F-11K karena orang banyak compliant dulunya mahal. makanya diberi yang FR6F-11K.
Iya besi Lnya memang kehalang delco utk busi nomer 2 & 3, makanya sy diledekin di trit sebelah
Tp emang kayanya bawaan mobil deh, dari jaman duluuu udh disimpen di kantong yg tulisan TOYOTA gabung sama kunci2 roda, krom2nya jg udh pada ngelupas & agak karatan
Barusan browsing di partsouq.com malah ketemu, part numbernya 09155-44010
Kalo kunci roda sih sy punya yg bs dipanjangin & bahannya rada kuat, berani sy injek2, biasanya kalo udh diinjek2 sih bs lepas juga.
Tp emang pernah jg sih sampe kunci rodanya bengkok, 2 taun yg lalu, di bengkel, pas mau ganti kampas rem depan, akhirnya itu bengkel terpaksa pake pipa juga
seingat saya kalo pake kunci busi bawaan toolkit...itu besi L-nya di arahin ke cover klep om
memang jadi ga 90drjt sudutnya...tp bisa seingat saya
yah dikasih tau om ...... nanti ga jadi beli tools deh
Haha...tenang om...kalo udh tau senangnya punya kunci sok....dijamin ketagihan
MSU wrote: ↑Wed Jul 01, 2020 7:01
seingat saya kalo pake kunci busi bawaan toolkit...itu besi L-nya di arahin ke cover klep om
memang jadi ga 90drjt sudutnya...tp bisa seingat saya
MSU wrote: ↑Wed Jul 01, 2020 7:01
seingat saya kalo pake kunci busi bawaan toolkit...itu besi L-nya di arahin ke cover klep om
memang jadi ga 90drjt sudutnya...tp bisa seingat saya
yah dikasih tau om ...... nanti ga jadi beli tools deh
Ayo buruan tu beli konci sok busi
Ngalamin busi macet apalagi patah itu sesuatu banget loh, punggung pegel, tangan sakit.. blom lg akhirnya malah patah, jebolan asemreges aj pasti keringet dingin
DOHC wrote: ↑Thu Jul 02, 2020 3:15
Ayo buruan tu beli konci sok busi
Ngalamin busi macet apalagi patah itu sesuatu banget loh, punggung pegel, tangan sakit.. blom lg akhirnya malah patah, jebolan asemreges aj pasti keringet dingin
justru asemreges malah seneng kalo busi patah.
jadi ada kerjaan tambahan angkat head, bengkel bubut benerin drat busi, sekir klep, papas head, more tjuan more fun.
derita lu, rejeki gue.
DOHC wrote: ↑Thu Jul 02, 2020 3:15
Ayo buruan tu beli konci sok busi
Ngalamin busi macet apalagi patah itu sesuatu banget loh, punggung pegel, tangan sakit.. blom lg akhirnya malah patah, jebolan asemreges aj pasti keringet dingin
justru asemreges malah seneng kalo busi patah.
jadi ada kerjaan tambahan angkat head, bengkel bubut benerin drat busi, sekir klep, papas head, more tjuan more fun.
derita lu, rejeki gue.
Dl kijang super papa saya perna patah busi mbah, waktu itu krn tinggal nya masi deket sawah besar sana, bokap manggil sala satu montir asem reges sana
Dsitulah saya terbuka mata nya dgn cara asem reges utk kluarin busi patah, pake besi pasak pipih, ketok2 ke dalem patahan busi, trus pake tang gede ama baju diputer2 sambil d ketok2
mbah, itu foto busi nya om coklatmetalik punya Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI, itu kah yg dimaksud carbon stain di ulir2 busi ? ampe item ke atas2 gt maksud nya yg bagus ?
Monggo diteliti bagus tidaknya itu busi & lubangnya
Tp rasanya keempat busi kondisinya mirip2, sepertinya memang kecil kemungkinan ring seher bocor ya...
So far so good lah
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
coklatMetalik wrote: ↑Thu Jul 02, 2020 14:38
4 busi di Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI sudah berhasil dibuka & diperiksa (& dipasang lagi dengan selamat)
IMG_20200702_121621.jpg
Busi 1
IMG_20200702_121454.jpg
Lubang 1
IMG_20200702_122235.jpg
Busi 2
IMG_20200702_122131.jpg
Lubang 2
IMG_20200702_122910.jpg
Busi 3
IMG_20200702_122807.jpg
Lubang 3
IMG_20200702_123437.jpg
Busi 4
IMG_20200702_123327.jpg
Lubang 4
IMG_20200702_124428.jpg
Kunci busi
ini busi datang dariii...... dik coklatMetalik nun jauh disana.
businya tampak normal, hanya saja oli mesin musti rajin diganti.
bagusss......
coklatMetalik wrote: ↑Thu Jul 02, 2020 14:38
4 busi di Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI sudah berhasil dibuka & diperiksa (& dipasang lagi dengan selamat)
IMG_20200702_121621.jpg
Busi 1
IMG_20200702_121454.jpg
Lubang 1
IMG_20200702_122235.jpg
Busi 2
IMG_20200702_122131.jpg
Lubang 2
IMG_20200702_122910.jpg
Busi 3
IMG_20200702_122807.jpg
Lubang 3
IMG_20200702_123437.jpg
Busi 4
IMG_20200702_123327.jpg
Lubang 4
IMG_20200702_124428.jpg
Kunci busi
lihat foto terakhir kok saya langsung merasa lemes ya
anyway ...... big congrats om. anda berhasil menaklukan tantangan berat
mbah, itu foto busi nya om coklatmetalik punya Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI, itu kah yg dimaksud carbon stain di ulir2 busi ? ampe item ke atas2 gt maksud nya yg bagus ?
hah! bukan om, asli sy ga pernah bilang gitu.
sy bilang kl carbon, oli campur uap bensin sampai ke gasket artinya kurang kencang.
mbah, itu foto busi nya om coklatmetalik punya Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI, itu kah yg dimaksud carbon stain di ulir2 busi ? ampe item ke atas2 gt maksud nya yg bagus ?
hah! bukan om, asli sy ga pernah bilang gitu.
sy bilang kl carbon, oli campur uap bensin sampai ke gasket artinya kurang kencang.
kl burn mark yg bagus 2-3 ulir dr permulaan drat.
sudah kah anda makan malam?
ahh ya ya, burn mark maksud saya
tadi makan nya nasi padang, pake ayam pop, rendang, sayur nangka ama sambel ijo, trus ama sate padang 2 tusuk tp ga pake lontong
kelewat kenyang ampe ngantuk berat
coklatMetalik wrote: ↑Sat Jul 04, 2020 11:19
Hmmm berarti busi2 Toyota Kijang KF82R-GRMNE LGX 1.8 EFI sy sebelumnya kurang kenceng ya...
Pdhl itu dipasang 1 taun yg lalu di bengkel pk kunci T
coklatMetalik wrote: ↑Thu Jul 02, 2020 14:51
Monggo diteliti bagus tidaknya itu busi & lubangnya
Tp rasanya keempat busi kondisinya mirip2, sepertinya memang kecil kemungkinan ring seher bocor ya...
So far so good lah
Selamat om...akhirnya berhasil haha...
Rasanya normal semua...
Cuma ada potensi engine sludge kl ya...biasa mesin jarang dipake jadi jarang ganti oli
Tunggu anjuran suhu di sini aja
coklatMetalik wrote: ↑Thu Jul 02, 2020 14:51
Monggo diteliti bagus tidaknya itu busi & lubangnya
Tp rasanya keempat busi kondisinya mirip2, sepertinya memang kecil kemungkinan ring seher bocor ya...
So far so good lah
Selamat om...akhirnya berhasil haha...
Rasanya normal semua...
Cuma ada potensi engine sludge kl ya...biasa mesin jarang dipake jadi jarang ganti oli
Tunggu anjuran suhu di sini aja
Sludge sih memang iya
2012-2017 ganti olinya bener2 nunggu abis 5000 km & itu bisa 1,5-2 taun, olinya pake merk artis pula
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82