Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4589
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Profith83 »

zzzprince wrote: Tue Jul 28, 2020 4:31 Izin tanya sesepuh, apa oli PTT ini punya karakter halus sekali di awal, mulai berisik di 5rb an km ya, saya perhatikan di 1tr pemakaian 5w30 sdh 2x ganti oli+ filter selalu demikian, berlaku jg di 3nr, pemakaian 0w20 nya. Apa ada yg mengalami hal serupa?
5000 KM nya berapa bulan?
Biasanya rata rata mobil KM 6 atau 7 rb atau 8 bulan, akan kasar suaranya .... mana yang tercapai dahulu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

kompresorz wrote: Tue Jul 28, 2020 23:44
josomba wrote: Tue Jul 28, 2020 14:15
kompresorz wrote: Tue Jul 28, 2020 11:04

kmrn minggu ktemu kawan di anugrah yg hobi ngebut dijalan n sentul...

gw bilang bawa bmw gw....

jangan ragu gaspol aja...meleduk mesin jg gak apa....habis kopling jg gak apa...murah meriah....pokoe jangan ragu....gassspollll....

jalan rame bsd siang dibawa lah selap selip spin roda semi ngedrif main rpm tinggi trs....putaran lampu merah lgsg semi drift idung depan ky ular..

sampe bengkel ngobrol bareng mekanik sambung ke oli...

gw pake oli 0-20 kawan kaget keenceran ktnya...bmw F aja 5-30...

gw bilang di rumah ada 0-16....kalo ada 0-8 skalian..

ehh ternyata teman mobil buat balap pake oli bas.....kbetulan lagi jebol mesinnya.... :big_slap:

ternyata reseler bas jg....

malah gw takut pake oli merk itu drpd 0-16.... :wkkk:


itu oli apa minyak nyong nyong....


:ngacir:
Semenjak om kompre goreng tuh oli bas n situ foto bandingin ama TMO ....

Secara visual aja dah ga perlu lg tes2 lab dll...

:big_biglaugh:
kasian sbenarnya diluaran...ini minyak monyong spertinya laris dikalangan...
termasuk tuner cukup terkenal yang merangkap jualan...kok cetek banget pengetahuannya...termasuk penghobi balap....tapi kok gak tes sendiri...penceramah bilang A mlh manggut aja....P E A

gw pandetaa aja gak percaya..... :big_slap:

kmrn mau gw debatin soal tuh minyak...tapi lg malas jg...buru2 pulang...

tempo hari debatin di tempat tuner terkenal...kbetulan ada bbrp reseler di lokasi n mau ambil barang..mereka diam semua...

lah tu minyak kan yg dibanggain dibakar jernih wangi...

tp dibakar di tabung kaca n api kecil....dipraktekin depan gw...

sempat terkesima warna jernih...tp bikin ragu knp wangi minyak monyong...

mknya dlm pikiran sbenarnya tuner cetek pengetahuannya.......

gak beda sama gw....tapi ilmu gw lebih tinggi krn lbih lama bertapa di gua hira....

cuma krn cari duit dibengkel ya fokus...

klo gw malas n gak punya kunci inggris sama martil 5 kilo.... :wkkk:
Berarti tuner ama bengkel2 nya ud diperbudak ama tu minyak nyong2.. ga bole itu

Justru mreka yg harus kekinian, ga bole di endorse2an

Sama kaya beres2 jaman dl, waktu masi d endorse ama topwan

Masa smua mobil pukul rata pake oli kentel si topwan..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9701
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Wed Jul 29, 2020 1:48
kompresorz wrote: Tue Jul 28, 2020 23:44
josomba wrote: Tue Jul 28, 2020 14:15

Semenjak om kompre goreng tuh oli bas n situ foto bandingin ama TMO ....

Secara visual aja dah ga perlu lg tes2 lab dll...

:big_biglaugh:
kasian sbenarnya diluaran...ini minyak monyong spertinya laris dikalangan...
termasuk tuner cukup terkenal yang merangkap jualan...kok cetek banget pengetahuannya...termasuk penghobi balap....tapi kok gak tes sendiri...penceramah bilang A mlh manggut aja....P E A

gw pandetaa aja gak percaya..... :big_slap:

kmrn mau gw debatin soal tuh minyak...tapi lg malas jg...buru2 pulang...

tempo hari debatin di tempat tuner terkenal...kbetulan ada bbrp reseler di lokasi n mau ambil barang..mereka diam semua...

lah tu minyak kan yg dibanggain dibakar jernih wangi...

tp dibakar di tabung kaca n api kecil....dipraktekin depan gw...

sempat terkesima warna jernih...tp bikin ragu knp wangi minyak monyong...

mknya dlm pikiran sbenarnya tuner cetek pengetahuannya.......

gak beda sama gw....tapi ilmu gw lebih tinggi krn lbih lama bertapa di gua hira....

cuma krn cari duit dibengkel ya fokus...

klo gw malas n gak punya kunci inggris sama martil 5 kilo.... :wkkk:
Berarti tuner ama bengkel2 nya ud diperbudak ama tu minyak nyong2.. ga bole itu

Justru mreka yg harus kekinian, ga bole di endorse2an

Sama kaya beres2 jaman dl, waktu masi d endorse ama topwan

Masa smua mobil pukul rata pake oli kentel si topwan..
reviewer ternama aja dah diendorse sm alat penghemat BBM

apalagi cuma perlendiran, gak cocok tinggal buang (smoga mesin gak rusak) :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by severmaya »

Suryaputra wrote: Wed Jul 29, 2020 4:00
DOHC wrote: Wed Jul 29, 2020 1:48
kompresorz wrote: Tue Jul 28, 2020 23:44

kasian sbenarnya diluaran...ini minyak monyong spertinya laris dikalangan...
termasuk tuner cukup terkenal yang merangkap jualan...kok cetek banget pengetahuannya...termasuk penghobi balap....tapi kok gak tes sendiri...penceramah bilang A mlh manggut aja....P E A

gw pandetaa aja gak percaya..... :big_slap:

kmrn mau gw debatin soal tuh minyak...tapi lg malas jg...buru2 pulang...

tempo hari debatin di tempat tuner terkenal...kbetulan ada bbrp reseler di lokasi n mau ambil barang..mereka diam semua...

lah tu minyak kan yg dibanggain dibakar jernih wangi...

tp dibakar di tabung kaca n api kecil....dipraktekin depan gw...

sempat terkesima warna jernih...tp bikin ragu knp wangi minyak monyong...

mknya dlm pikiran sbenarnya tuner cetek pengetahuannya.......

gak beda sama gw....tapi ilmu gw lebih tinggi krn lbih lama bertapa di gua hira....

cuma krn cari duit dibengkel ya fokus...

klo gw malas n gak punya kunci inggris sama martil 5 kilo.... :wkkk:
Berarti tuner ama bengkel2 nya ud diperbudak ama tu minyak nyong2.. ga bole itu

Justru mreka yg harus kekinian, ga bole di endorse2an

Sama kaya beres2 jaman dl, waktu masi d endorse ama topwan

Masa smua mobil pukul rata pake oli kentel si topwan..
reviewer ternama aja dah diendorse sm alat penghemat BBM

apalagi cuma perlendiran, gak cocok tinggal buang (smoga mesin gak rusak) :ngacir:
Tapi jujur ya saya juga penasaran sama brq itu beneran bisa menghemat bbm apa? Apa lagi sekelas santa fe dipakein solbus :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9701
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

severmaya wrote: Wed Jul 29, 2020 4:46
Suryaputra wrote: Wed Jul 29, 2020 4:00
DOHC wrote: Wed Jul 29, 2020 1:48

Berarti tuner ama bengkel2 nya ud diperbudak ama tu minyak nyong2.. ga bole itu

Justru mreka yg harus kekinian, ga bole di endorse2an

Sama kaya beres2 jaman dl, waktu masi d endorse ama topwan

Masa smua mobil pukul rata pake oli kentel si topwan..
reviewer ternama aja dah diendorse sm alat penghemat BBM

apalagi cuma perlendiran, gak cocok tinggal buang (smoga mesin gak rusak) :ngacir:
Tapi jujur ya saya juga penasaran sama brq itu beneran bisa menghemat bbm apa? Apa lagi sekelas santa fe dipakein solbus :big_biglaugh:
brq dan mahluk sejenisnya,
nunggu petuah dari mbah marmut :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

severmaya wrote: Wed Jul 29, 2020 4:46
Suryaputra wrote: Wed Jul 29, 2020 4:00
DOHC wrote: Wed Jul 29, 2020 1:48

Berarti tuner ama bengkel2 nya ud diperbudak ama tu minyak nyong2.. ga bole itu

Justru mreka yg harus kekinian, ga bole di endorse2an

Sama kaya beres2 jaman dl, waktu masi d endorse ama topwan

Masa smua mobil pukul rata pake oli kentel si topwan..
reviewer ternama aja dah diendorse sm alat penghemat BBM

apalagi cuma perlendiran, gak cocok tinggal buang (smoga mesin gak rusak) :ngacir:
Tapi jujur ya saya juga penasaran sama brq itu beneran bisa menghemat bbm apa? Apa lagi sekelas santa fe dipakein solbus :big_biglaugh:
Saya sampe hr ini masih gagal paham sama alat yg namanya xcs sama brq itu om. Yg xcs itu ga make sense masihan, krn cuma pake prinsip listrik2an bs buat tarikan mobil enteng. Kl brq, di fitra eri sama pajeronya journey of wonder saya yg cukup sedikit percaya sih. Di golfnya fitra (hebat jg se advance vw bisa dicekokin alat ini) jd cukup pake pertamax, kl di pajeronya journey of wonder mereka pake brq buat nyiasatin bbm diesel jelek di antah berantah, dimana menurut saya sebagian kecil tempat aja yg (mungkin) solarnya kyk solbus sini kualitasnya. Sayang dua2nya ga ngebahas lbh dalem lagi soal alat beginian di youtube
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11039
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Wed Jul 29, 2020 5:02
severmaya wrote: Wed Jul 29, 2020 4:46
Suryaputra wrote: Wed Jul 29, 2020 4:00

reviewer ternama aja dah diendorse sm alat penghemat BBM

apalagi cuma perlendiran, gak cocok tinggal buang (smoga mesin gak rusak) :ngacir:
Tapi jujur ya saya juga penasaran sama brq itu beneran bisa menghemat bbm apa? Apa lagi sekelas santa fe dipakein solbus :big_biglaugh:
brq dan mahluk sejenisnya,
nunggu petuah dari mbah marmut :upss:

cukup menyan madu, menyan putih, menyan hitam, rokok klobot, kopi, teh, susu, air putih, kembang setaman, kantil kuning kantil putih tiap malam selasa kliwon dan malam jumat kliwon.
kalo mau lebih josss lagi boleh tambah tumpeng beserta ingkung.
jaminan torsi nambah 1000nm saat mesin mati.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

marmut wrote: Wed Jul 29, 2020 5:22
Suryaputra wrote: Wed Jul 29, 2020 5:02
severmaya wrote: Wed Jul 29, 2020 4:46

Tapi jujur ya saya juga penasaran sama brq itu beneran bisa menghemat bbm apa? Apa lagi sekelas santa fe dipakein solbus :big_biglaugh:
brq dan mahluk sejenisnya,
nunggu petuah dari mbah marmut :upss:

cukup menyan madu, menyan putih, menyan hitam, rokok klobot, kopi, teh, susu, air putih, kembang setaman, kantil kuning kantil putih tiap malam selasa kliwon dan malam jumat kliwon.
kalo mau lebih josss lagi boleh tambah tumpeng beserta ingkung.
jaminan torsi nambah 1000nm saat mesin mati.
Kopi nya musti pait atau bole manis mbah ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9701
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Wed Jul 29, 2020 5:22
Suryaputra wrote: Wed Jul 29, 2020 5:02
severmaya wrote: Wed Jul 29, 2020 4:46

Tapi jujur ya saya juga penasaran sama brq itu beneran bisa menghemat bbm apa? Apa lagi sekelas santa fe dipakein solbus :big_biglaugh:
brq dan mahluk sejenisnya,
nunggu petuah dari mbah marmut :upss:

cukup menyan madu, menyan putih, menyan hitam, rokok klobot, kopi, teh, susu, air putih, kembang setaman, kantil kuning kantil putih tiap malam selasa kliwon dan malam jumat kliwon.
kalo mau lebih josss lagi boleh tambah tumpeng beserta ingkung.
jaminan torsi nambah 1000nm saat mesin mati.
pk gula aren atau tambah susu kentel manis mbah ? :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by doko86 »

DOHC wrote: Wed Jul 22, 2020 2:41
doko86 wrote: Tue Jul 21, 2020 14:44
DOHC wrote: Tue Jul 21, 2020 9:30

Idem ama si mbah sehh

Saya punya 1KR jg sering semprot2 TB pake carbjet ga perna goyang dombret rpm

Waktu dibersihin isc nya emg gmana, mesin nyala trus heboh gt semprot smua daleman ampe luaran TB nya ?
Seingat saya om, waktu aq perhatiin mekanik yg bersihkan TB dan ISC (2x bersihkan TB n ISC dlm waktu 3000 km)
Mekanik pertama cuma semprot2 dr atas tanpa bongkar TB dan ISC
Mekanik kedua lepas isc sm tb, baru d semprot2
Mekanik pertama itu kayanya mahasiswa D.O university of asem reges deh, TB ngapain jg di semprot2 luarnya doank, buang2 carbjet aj

Mekanik 2, dia ad semprot2 ISC terutama daleman nya ga ? Kl iya salam gutbai deh, sensor2 gtuan haram kena cairan carbjet

Coba di liat2 lg aj, atau kl om brani, coba buka lg selang2 ke TB, lalu liat daleman nya masi basah cairan csrbjet ga, termasuk yg deket sensor2, kl iya, pake kaen majun, semprot brake cleaner atau contact cleaner lap ampe bersih kering, lalu cabut aki 15 menit, pasang lg... mudah2an sembuh

Idem lg ama mbah tikus barbel, ntuh skerup2 TPS, sensor2 kl si montir ga punya scanner bagusan jgn d kutak katik..

masi untung ini enjin 1 KR

Kl HR15DE di gituin, bsa stres ampe ayan kelojotan tuh montir liat enjin rpm naek turun kaya pedangdut pantura di sawer
Report om, dr hasil perbaikan sama mekanik d suruh ganti isc krn kondisi isc yg lama sudah rusak.
IMG_20200729_131958.jpg
Di ganti kena biaya 480 rb buat ganti isc ayla 1KR-DE, gak over price kn om.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by zzzprince »



Suryaputra wrote:
zzzprince wrote: Tue Jul 28, 2020 4:31 Izin tanya sesepuh, apa oli PTT ini punya karakter halus sekali di awal, mulai berisik di 5rb an km ya, saya perhatikan di 1tr pemakaian 5w30 sdh 2x ganti oli+ filter selalu demikian, berlaku jg di 3nr, pemakaian 0w20 nya. Apa ada yg mengalami hal serupa?
sy prnh sekali pakai PTT 5w30 Api SN, Acea a5/b5.
mesin lbh kasar di Km 5rb.

klo mau alus2an mesin, seingat saya msh lbh halus TQ9000 5w30 dan 0w20 @5rb Km.

tapi lbh mantap lg Q8 0w20 sih.
let see sampai 7rb Km gmn :ngacir:
Berarti memang karakternya oli ini begitu ya om, sempet seneng di awal nih oli bikin 1tr gnki Alus amat, sampe sering lupa nih mobil dah nyala apa blm

Profith83 wrote:
zzzprince wrote: Tue Jul 28, 2020 4:31 Izin tanya sesepuh, apa oli PTT ini punya karakter halus sekali di awal, mulai berisik di 5rb an km ya, saya perhatikan di 1tr pemakaian 5w30 sdh 2x ganti oli+ filter selalu demikian, berlaku jg di 3nr, pemakaian 0w20 nya. Apa ada yg mengalami hal serupa?
5000 KM nya berapa bulan?
Biasanya rata rata mobil KM 6 atau 7 rb atau 8 bulan, akan kasar suaranya .... mana yang tercapai dahulu
Saya penganut paham ganti oli per 5rb / 6bln entah buat oli apapun om, itu oli kemarin jalan 2bulanan, itung2 cuci jeroan mesin karna pernah salah asuh
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9701
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

zzzprince wrote: Wed Jul 29, 2020 6:32
Suryaputra wrote:
zzzprince wrote: Tue Jul 28, 2020 4:31 Izin tanya sesepuh, apa oli PTT ini punya karakter halus sekali di awal, mulai berisik di 5rb an km ya, saya perhatikan di 1tr pemakaian 5w30 sdh 2x ganti oli+ filter selalu demikian, berlaku jg di 3nr, pemakaian 0w20 nya. Apa ada yg mengalami hal serupa?
sy prnh sekali pakai PTT 5w30 Api SN, Acea a5/b5.
mesin lbh kasar di Km 5rb.

klo mau alus2an mesin, seingat saya msh lbh halus TQ9000 5w30 dan 0w20 @5rb Km.

tapi lbh mantap lg Q8 0w20 sih.
let see sampai 7rb Km gmn :ngacir:
Berarti memang karakternya oli ini begitu ya om, sempet seneng di awal nih oli bikin 1tr gnki Alus amat, sampe sering lupa nih mobil dah nyala apa blm

Profith83 wrote:
zzzprince wrote: Tue Jul 28, 2020 4:31 Izin tanya sesepuh, apa oli PTT ini punya karakter halus sekali di awal, mulai berisik di 5rb an km ya, saya perhatikan di 1tr pemakaian 5w30 sdh 2x ganti oli+ filter selalu demikian, berlaku jg di 3nr, pemakaian 0w20 nya. Apa ada yg mengalami hal serupa?
5000 KM nya berapa bulan?
Biasanya rata rata mobil KM 6 atau 7 rb atau 8 bulan, akan kasar suaranya .... mana yang tercapai dahulu
Saya penganut paham ganti oli per 5rb / 6bln entah buat oli apapun om, itu oli kemarin jalan 2bulanan, itung2 cuci jeroan mesin karna pernah salah asuh
Om.. ini PTT 0w02 nya yg tipe Eco atau 0w20 API SN+ ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1498
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by MSU »

doko86 wrote: Wed Jul 29, 2020 6:24
DOHC wrote: Wed Jul 22, 2020 2:41
doko86 wrote: Tue Jul 21, 2020 14:44

Seingat saya om, waktu aq perhatiin mekanik yg bersihkan TB dan ISC (2x bersihkan TB n ISC dlm waktu 3000 km)
Mekanik pertama cuma semprot2 dr atas tanpa bongkar TB dan ISC
Mekanik kedua lepas isc sm tb, baru d semprot2
Mekanik pertama itu kayanya mahasiswa D.O university of asem reges deh, TB ngapain jg di semprot2 luarnya doank, buang2 carbjet aj

Mekanik 2, dia ad semprot2 ISC terutama daleman nya ga ? Kl iya salam gutbai deh, sensor2 gtuan haram kena cairan carbjet

Coba di liat2 lg aj, atau kl om brani, coba buka lg selang2 ke TB, lalu liat daleman nya masi basah cairan csrbjet ga, termasuk yg deket sensor2, kl iya, pake kaen majun, semprot brake cleaner atau contact cleaner lap ampe bersih kering, lalu cabut aki 15 menit, pasang lg... mudah2an sembuh

Idem lg ama mbah tikus barbel, ntuh skerup2 TPS, sensor2 kl si montir ga punya scanner bagusan jgn d kutak katik..

masi untung ini enjin 1 KR

Kl HR15DE di gituin, bsa stres ampe ayan kelojotan tuh montir liat enjin rpm naek turun kaya pedangdut pantura di sawer
Report om, dr hasil perbaikan sama mekanik d suruh ganti isc krn kondisi isc yg lama sudah rusak.
IMG_20200729_131958.jpg
Di ganti kena biaya 480 rb buat ganti isc ayla 1KR-DE, gak over price kn om.
ISC beginian kalo mau dibersihin...pastiin itu pentolannya ngadep bawah...jadi cairan ga boleh masuk ke bagian dalem tabung item itu
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9701
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

doko86 wrote: Wed Jul 29, 2020 6:24
DOHC wrote: Wed Jul 22, 2020 2:41
doko86 wrote: Tue Jul 21, 2020 14:44

Seingat saya om, waktu aq perhatiin mekanik yg bersihkan TB dan ISC (2x bersihkan TB n ISC dlm waktu 3000 km)
Mekanik pertama cuma semprot2 dr atas tanpa bongkar TB dan ISC
Mekanik kedua lepas isc sm tb, baru d semprot2
Mekanik pertama itu kayanya mahasiswa D.O university of asem reges deh, TB ngapain jg di semprot2 luarnya doank, buang2 carbjet aj

Mekanik 2, dia ad semprot2 ISC terutama daleman nya ga ? Kl iya salam gutbai deh, sensor2 gtuan haram kena cairan carbjet

Coba di liat2 lg aj, atau kl om brani, coba buka lg selang2 ke TB, lalu liat daleman nya masi basah cairan csrbjet ga, termasuk yg deket sensor2, kl iya, pake kaen majun, semprot brake cleaner atau contact cleaner lap ampe bersih kering, lalu cabut aki 15 menit, pasang lg... mudah2an sembuh

Idem lg ama mbah tikus barbel, ntuh skerup2 TPS, sensor2 kl si montir ga punya scanner bagusan jgn d kutak katik..

masi untung ini enjin 1 KR

Kl HR15DE di gituin, bsa stres ampe ayan kelojotan tuh montir liat enjin rpm naek turun kaya pedangdut pantura di sawer
Report om, dr hasil perbaikan sama mekanik d suruh ganti isc krn kondisi isc yg lama sudah rusak.
IMG_20200729_131958.jpg
Di ganti kena biaya 480 rb buat ganti isc ayla 1KR-DE, gak over price kn om.
di toko2 online harganya kisaran Rp 200 ~ 300k
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by doko86 »

MSU wrote: Wed Jul 29, 2020 7:14
doko86 wrote: Wed Jul 29, 2020 6:24
DOHC wrote: Wed Jul 22, 2020 2:41

Mekanik pertama itu kayanya mahasiswa D.O university of asem reges deh, TB ngapain jg di semprot2 luarnya doank, buang2 carbjet aj

Mekanik 2, dia ad semprot2 ISC terutama daleman nya ga ? Kl iya salam gutbai deh, sensor2 gtuan haram kena cairan carbjet

Coba di liat2 lg aj, atau kl om brani, coba buka lg selang2 ke TB, lalu liat daleman nya masi basah cairan csrbjet ga, termasuk yg deket sensor2, kl iya, pake kaen majun, semprot brake cleaner atau contact cleaner lap ampe bersih kering, lalu cabut aki 15 menit, pasang lg... mudah2an sembuh

Idem lg ama mbah tikus barbel, ntuh skerup2 TPS, sensor2 kl si montir ga punya scanner bagusan jgn d kutak katik..

masi untung ini enjin 1 KR

Kl HR15DE di gituin, bsa stres ampe ayan kelojotan tuh montir liat enjin rpm naek turun kaya pedangdut pantura di sawer
Report om, dr hasil perbaikan sama mekanik d suruh ganti isc krn kondisi isc yg lama sudah rusak.
IMG_20200729_131958.jpg
Di ganti kena biaya 480 rb buat ganti isc ayla 1KR-DE, gak over price kn om.
ISC beginian kalo mau dibersihin...pastiin itu pentolannya ngadep bawah...jadi cairan ga boleh masuk ke bagian dalem tabung item itu
Siap om, makasih buat masukannya.
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 389
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by doko86 »

Suryaputra wrote: Wed Jul 29, 2020 7:18
doko86 wrote: Wed Jul 29, 2020 6:24
DOHC wrote: Wed Jul 22, 2020 2:41

Mekanik pertama itu kayanya mahasiswa D.O university of asem reges deh, TB ngapain jg di semprot2 luarnya doank, buang2 carbjet aj

Mekanik 2, dia ad semprot2 ISC terutama daleman nya ga ? Kl iya salam gutbai deh, sensor2 gtuan haram kena cairan carbjet

Coba di liat2 lg aj, atau kl om brani, coba buka lg selang2 ke TB, lalu liat daleman nya masi basah cairan csrbjet ga, termasuk yg deket sensor2, kl iya, pake kaen majun, semprot brake cleaner atau contact cleaner lap ampe bersih kering, lalu cabut aki 15 menit, pasang lg... mudah2an sembuh

Idem lg ama mbah tikus barbel, ntuh skerup2 TPS, sensor2 kl si montir ga punya scanner bagusan jgn d kutak katik..

masi untung ini enjin 1 KR

Kl HR15DE di gituin, bsa stres ampe ayan kelojotan tuh montir liat enjin rpm naek turun kaya pedangdut pantura di sawer
Report om, dr hasil perbaikan sama mekanik d suruh ganti isc krn kondisi isc yg lama sudah rusak.
IMG_20200729_131958.jpg
Di ganti kena biaya 480 rb buat ganti isc ayla 1KR-DE, gak over price kn om.
di toko2 online harganya kisaran Rp 200 ~ 300k
Hitung2 bagi2 rejeki om. Dan semoga berkah. Amin
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by zzzprince »

Suryaputra wrote:
zzzprince wrote: Wed Jul 29, 2020 6:32
Suryaputra wrote: sy prnh sekali pakai PTT 5w30 Api SN, Acea a5/b5.
mesin lbh kasar di Km 5rb.

klo mau alus2an mesin, seingat saya msh lbh halus TQ9000 5w30 dan 0w20 @5rb Km.

tapi lbh mantap lg Q8 0w20 sih.
let see sampai 7rb Km gmn :ngacir:
Profith83 wrote: 5000 KM nya berapa bulan?
Biasanya rata rata mobil KM 6 atau 7 rb atau 8 bulan, akan kasar suaranya .... mana yang tercapai dahulu
Saya penganut paham ganti oli per 5rb / 6bln entah buat oli apapun om, itu oli kemarin jalan 2bulanan, itung2 cuci jeroan mesin karna pernah salah asuh
Om.. ini PTT 0w02 nya yg tipe Eco atau 0w20 API SN+ ?
Api sn+ om
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9701
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

zzzprince wrote: Wed Jul 29, 2020 8:31
Suryaputra wrote:
zzzprince wrote: Wed Jul 29, 2020 6:32

Saya penganut paham ganti oli per 5rb / 6bln entah buat oli apapun om, itu oli kemarin jalan 2bulanan, itung2 cuci jeroan mesin karna pernah salah asuh
Om.. ini PTT 0w02 nya yg tipe Eco atau 0w20 API SN+ ?
Api sn+ om
klo cmn agak berisik, tp akselerasi dan getaran mesin masih normal, pakai aja terus lihat dan dgr sampai 6-7rb Km nanti gmn.
lbh puas lagi test lab (UOA).

tapi yah klo ragu atau gak sreg, drain aja om.

ganti filter oli dan ganti oli mesin spt Amsoil OE 0w20 misalnya.
lihat aja nanti 5rb KM gmn.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by zzzprince »

Suryaputra wrote:
zzzprince wrote: Wed Jul 29, 2020 8:31
Suryaputra wrote: Om.. ini PTT 0w02 nya yg tipe Eco atau 0w20 API SN+ ?
Api sn+ om
klo cmn agak berisik, tp akselerasi dan getaran mesin masih normal, pakai aja terus lihat dan dgr sampai 6-7rb Km nanti gmn.
lbh puas lagi test lab (UOA).

tapi yah klo ragu atau gak sreg, drain aja om.

ganti filter oli dan ganti oli mesin spt Amsoil OE 0w20 misalnya.
lihat aja nanti 5rb KM gmn.
Kalau getaran kurang bs dijadikan acuan om, mobil 30rb km, 3thn kayaknya masih bagus emon nya, blm lagi sdh peredam full body hehehe.

Yg agak surprise pas pake 5w30 di GNKI, awal Pertama coba suara langsung Alus, pas 5rb km an balik lagi kasarnya.. ini sy ganti yg kedua semoga saja gak terulang
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9701
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

zzzprince wrote: Wed Jul 29, 2020 9:13
Suryaputra wrote:
zzzprince wrote: Wed Jul 29, 2020 8:31 Api sn+ om
klo cmn agak berisik, tp akselerasi dan getaran mesin masih normal, pakai aja terus lihat dan dgr sampai 6-7rb Km nanti gmn.
lbh puas lagi test lab (UOA).

tapi yah klo ragu atau gak sreg, drain aja om.

ganti filter oli dan ganti oli mesin spt Amsoil OE 0w20 misalnya.
lihat aja nanti 5rb KM gmn.
Kalau getaran kurang bs dijadikan acuan om, mobil 30rb km, 3thn kayaknya masih bagus emon nya, blm lagi sdh peredam full body hehehe.

Yg agak surprise pas pake 5w30 di GNKI, awal Pertama coba suara langsung Alus, pas 5rb km an balik lagi kasarnya.. ini sy ganti yg kedua semoga saja gak terulang
afaik, faktor yg mempengaruhi kebisingan / getaran mesin selain perlendiran:
- kondisi engine mounting
- bbm yg digunakan (usahakan minimal RON 92)
- kondisi karet2 pintu mobil
- kualitas peredaman kabin

tp klo setelah ganti oli baru, mesinnya balik lbh halus, ya berarti issuenya ada di oli mesin nya.
Last edited by Suryaputra on Wed Jul 29, 2020 9:54, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by severmaya »

zzzprince wrote: Tue Jul 28, 2020 4:31 Izin tanya sesepuh, apa oli PTT ini punya karakter halus sekali di awal, mulai berisik di 5rb an km ya, saya perhatikan di 1tr pemakaian 5w30 sdh 2x ganti oli+ filter selalu demikian, berlaku jg di 3nr, pemakaian 0w20 nya. Apa ada yg mengalami hal serupa?
Semoga yang euro syn ga begini, kemarin baru datang belum dicoba ke mobil.
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by well »

severmaya wrote: Wed Jul 29, 2020 9:47
zzzprince wrote: Tue Jul 28, 2020 4:31 Izin tanya sesepuh, apa oli PTT ini punya karakter halus sekali di awal, mulai berisik di 5rb an km ya, saya perhatikan di 1tr pemakaian 5w30 sdh 2x ganti oli+ filter selalu demikian, berlaku jg di 3nr, pemakaian 0w20 nya. Apa ada yg mengalami hal serupa?
Semoga yang euro syn ga begini, kemarin baru datang belum dicoba ke mobil.
dpt promo ya om? :big_smile]
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

Nanya dung....emang oli bisa basi ya kl mobil cuma dipanasin doang seminggu atau 2 minggu sekali?
Jalan paling 500 km sebulan gt.
Baru tau saya oli asli bisa basi begitu sdh di dlm engine.
Nunggu pencerahan mbah marmut dulu ini
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

doko86 wrote: Wed Jul 29, 2020 6:24
DOHC wrote: Wed Jul 22, 2020 2:41
doko86 wrote: Tue Jul 21, 2020 14:44

Seingat saya om, waktu aq perhatiin mekanik yg bersihkan TB dan ISC (2x bersihkan TB n ISC dlm waktu 3000 km)
Mekanik pertama cuma semprot2 dr atas tanpa bongkar TB dan ISC
Mekanik kedua lepas isc sm tb, baru d semprot2
Mekanik pertama itu kayanya mahasiswa D.O university of asem reges deh, TB ngapain jg di semprot2 luarnya doank, buang2 carbjet aj

Mekanik 2, dia ad semprot2 ISC terutama daleman nya ga ? Kl iya salam gutbai deh, sensor2 gtuan haram kena cairan carbjet

Coba di liat2 lg aj, atau kl om brani, coba buka lg selang2 ke TB, lalu liat daleman nya masi basah cairan csrbjet ga, termasuk yg deket sensor2, kl iya, pake kaen majun, semprot brake cleaner atau contact cleaner lap ampe bersih kering, lalu cabut aki 15 menit, pasang lg... mudah2an sembuh

Idem lg ama mbah tikus barbel, ntuh skerup2 TPS, sensor2 kl si montir ga punya scanner bagusan jgn d kutak katik..

masi untung ini enjin 1 KR

Kl HR15DE di gituin, bsa stres ampe ayan kelojotan tuh montir liat enjin rpm naek turun kaya pedangdut pantura di sawer
Report om, dr hasil perbaikan sama mekanik d suruh ganti isc krn kondisi isc yg lama sudah rusak.
IMG_20200729_131958.jpg
Di ganti kena biaya 480 rb buat ganti isc ayla 1KR-DE, gak over price kn om.
ahh sudah kuduga

480 seh lmayan mahal om, tp ya sud lah, itung2 blajar, laen kl ad montir mau semprot2 heboh TB, ente semprot balik ybs pake yamato dry powder
pinjem ama mbah marmut kl ga ad
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

blloewy wrote: Wed Jul 29, 2020 12:07 Nanya dung....emang oli bisa basi ya kl mobil cuma dipanasin doang seminggu atau 2 minggu sekali?
Jalan paling 500 km sebulan gt.
Baru tau saya oli asli bisa basi begitu sdh di dlm engine.
Nunggu pencerahan mbah marmut dulu ini
bukan mbah marmut, tp jawaban nya "iya bisa"


sisanya, lanjut ke mbah marmut lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: