Tanya : Ganti oli transmisi matic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11761
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
masih sy cited dr wikipedia yg sama pada bagian mislabeling, bahwa di mamarika sdh terjadi produsen main tulis compatibility seenak2nya spy produknya laku krn dianggap sapu jagat. tapi skrg disusun undang2nya kl sampai bikin rusak mobil orang krn tidak sesuai label dan peruntukannya produsen hrs tanggung jawab.
apa itu sdh ada di +62? ya kita semua tau jawabannya.
cited from: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Toyota_ ... sion_Fluid
apa itu sdh ada di +62? ya kita semua tau jawabannya.
cited from: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Toyota_ ... sion_Fluid
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11797
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Omnibus wrote: ↑Tue Sep 01, 2020 15:13
-
. ok bisa aja argue itu kan oli merk aisin sama dgn yg bikin transmisi merk aisin juga, udah pasti bener. ya ngga tau deh kl mikirnya gitu. lagian kenapa juga bikin 2 tipe afw dan afw+ tapi cuma beda yg afw+ compatible with WS. secara inventory bikin ribet, kenapa ga jual yg afw+ aja kl emang sapu jagat. ya suka2 dia lah ... gitu kan jawabnya. ha ha ...
afw = dex III.
afw+ aditif dkk-nya lebih komplit sehingga kompatibel ke lebih banyak a/t fluid pabrikan tapi (kalau tidak salah ingat) k.v @100°c lebih rendah angkanya.
dan keduanya made by GS Caltex korea.
*bukan sales bukan fanboy.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11761
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
k.v. afw+ pasti lebih rendah drpd afw krn dia ngejar compatability WS. mungkin tengah2 krn msh mau compatible dgn T-IV dan Dexron II & III.
tp wiki bilang WS ga compatible dgn T-IV. kalau beli atf di beres toyota juga beda botolnya WS dan T-IV. dan sy pernah nunjukin foto kan mbah sampai tulisan WS di stamp di fill plug ANF (mungkin di ANKI juga) menandakan pentingnya jangan sampai salah masukin yg lain (utamanya jangan sampai masukin T-IV)
ini sy posting lg buat yg belum lihat
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
wadaw kok membingungkan ya Q8 ini, dulu rame pada pake JK di toyota WS, ternyata oh ternyata PDS yang baru nggak ada WS nya hahaha..Omnibus wrote: ↑Tue Sep 01, 2020 15:13sy bukan suhu tp bantu jawab ajaAGSA wrote: ↑Tue Sep 01, 2020 14:36 Mau nanya bro ini saya kan Uda kuras oli matic Toyota Harrier saya dengan aisin afw+. Sedangkan mbl saya itu spek nya adalah T IV ini. Aisin afw+ saya baca bisa compatible dengan TIV dan WS makanya saya pakai. Ini sy baca bahwa WS tdk kompatibel dgn TIV saya jd makin bingung. Karena yg aisin afw biasa itu mmg dex3 sampai TIV saja tdk comply WS. Mohon arahan nya suhu2 apakah penggunaan oli saya sdh tepat?
kl harrier minta spec T-IV pakai afw+ harusnya aman. sebab menurut importirnya compatibility include nissan matic J dan D, Toyota T-II dan T-III yg mana semuanya itu viskositasnya lbh kental dr spec WS yg seharusnya. jadi krn lebih kental itu lbh condong cocok ke T-IV ketimbang WS.
justru kl mobilnya minta spec WS tp dikasih afw+, itu sy agak ragu. ok bisa aja argue itu kan oli merk aisin sama dgn yg bikin transmisi merk aisin juga, udah pasti bener. ya ngga tau deh kl mikirnya gitu. lagian kenapa juga bikin 2 tipe afw dan afw+ tapi cuma beda yg afw+ compatible with WS. secara inventory bikin ribet, kenapa ga jual yg afw+ aja kl emang sapu jagat. ya suka2 dia lah ... gitu kan jawabnya. ha ha ...
AFW+ juga rame bgt pada dipakein ke toyota WS....
kemaren saya ganti ATF reborn 3.5L (pernah ditambah 900ml pas 1000km), rencana mau PTT LV / Aisin AFW+ / Total tp pada kosong, Q8 JK kemahalan, akhirnya pake Gulf LV, di blakang sih tertulis compatible WS, tapi kok saya cari2 ngga ada PDS nya ya wkwkkwk. (Edit: ketemu setelah telusurin website di belakang botolnya.)

Merek Oli - Visc 100'c - link
Aisin AWF+ - 7.41 (https://www.aisin.com.sg/wp-content/upl ... asheet.pdf)
Total MVLV - 6.05 (http://www4.total.fr/asia-oceania/austr ... _22929.pdf)
PTT LV-1 - 6.3 (https://pttlubricants.pttor.com/assets/ ... -00(1).pdf)
Q8 MV - 5.8 (https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf)
Q8 JK - 7.2 (https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -JK_en.pdf)
Gulf LV - 5.5 (http://67.192.83.105:8085/frmPrintForm. ... tml&type=P)

Dari diatas yang paling encer ya Gulf, lalu q8, trus total, baru ptt.
paling kental malah AFW+ hahaha
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12377
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Gak usah pusing bapak2.
Pakai aja ATF genuine Toyota aja sesuai spec.
& ganti tiap 20rb KM.
sy pernah miara Yaris, mintanya Toyota ATF WS, pakai merek genuine toyota, sama sekali no issue.
tiap habis ganti ATF, akselerasi terasa lbh meluncur dan enak.
klo matic nya emang dodol, mau dikasih lendir apa juga, yah tetap rada dodol, karena emang hardware flaws ajah

Pakai aja ATF genuine Toyota aja sesuai spec.
& ganti tiap 20rb KM.
sy pernah miara Yaris, mintanya Toyota ATF WS, pakai merek genuine toyota, sama sekali no issue.
tiap habis ganti ATF, akselerasi terasa lbh meluncur dan enak.
klo matic nya emang dodol, mau dikasih lendir apa juga, yah tetap rada dodol, karena emang hardware flaws ajah


Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 887
- Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
- Location: Depok
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Atf nya gulf ini bikinan mana om? Saya pernah ambil oli motornya bikinan nusaraya.osbertc0ol wrote: ↑Tue Sep 01, 2020 16:30wadaw kok membingungkan ya Q8 ini, dulu rame pada pake JK di toyota WS, ternyata oh ternyata PDS yang baru nggak ada WS nya hahaha..Omnibus wrote: ↑Tue Sep 01, 2020 15:13sy bukan suhu tp bantu jawab ajaAGSA wrote: ↑Tue Sep 01, 2020 14:36 Mau nanya bro ini saya kan Uda kuras oli matic Toyota Harrier saya dengan aisin afw+. Sedangkan mbl saya itu spek nya adalah T IV ini. Aisin afw+ saya baca bisa compatible dengan TIV dan WS makanya saya pakai. Ini sy baca bahwa WS tdk kompatibel dgn TIV saya jd makin bingung. Karena yg aisin afw biasa itu mmg dex3 sampai TIV saja tdk comply WS. Mohon arahan nya suhu2 apakah penggunaan oli saya sdh tepat?
kl harrier minta spec T-IV pakai afw+ harusnya aman. sebab menurut importirnya compatibility include nissan matic J dan D, Toyota T-II dan T-III yg mana semuanya itu viskositasnya lbh kental dr spec WS yg seharusnya. jadi krn lebih kental itu lbh condong cocok ke T-IV ketimbang WS.
justru kl mobilnya minta spec WS tp dikasih afw+, itu sy agak ragu. ok bisa aja argue itu kan oli merk aisin sama dgn yg bikin transmisi merk aisin juga, udah pasti bener. ya ngga tau deh kl mikirnya gitu. lagian kenapa juga bikin 2 tipe afw dan afw+ tapi cuma beda yg afw+ compatible with WS. secara inventory bikin ribet, kenapa ga jual yg afw+ aja kl emang sapu jagat. ya suka2 dia lah ... gitu kan jawabnya. ha ha ...
AFW+ juga rame bgt pada dipakein ke toyota WS....
kemaren saya ganti ATF reborn 3.5L (pernah ditambah 900ml pas 1000km), rencana mau PTT LV / Aisin AFW+ / Total tp pada kosong, Q8 JK kemahalan, akhirnya pake Gulf LV, di blakang sih tertulis compatible WS, tapi kok saya cari2 ngga ada PDS nya ya wkwkkwk. (Edit: ketemu setelah telusurin website di belakang botolnya.)
Merek Oli - Visc 100'c - link
Aisin AWF+ - 7.41 (https://www.aisin.com.sg/wp-content/upl ... asheet.pdf)
Total MVLV - 6.05 (http://www4.total.fr/asia-oceania/austr ... _22929.pdf)
PTT LV-1 - 6.3 (https://pttlubricants.pttor.com/assets/ ... -00(1).pdf)
Q8 MV - 5.8 (https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf)
Q8 JK - 7.2 (https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -JK_en.pdf)
Gulf LV - 5.5 (http://67.192.83.105:8085/frmPrintForm. ... tml&type=P)![]()
Dari diatas yang paling encer ya Gulf, lalu q8, trus total, baru ptt.
paling kental malah AFW+ hahaha
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11761
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
nice ...osbertc0ol wrote: ↑Tue Sep 01, 2020 16:30
wadaw kok membingungkan ya Q8 ini, dulu rame pada pake JK di toyota WS, ternyata oh ternyata PDS yang baru nggak ada WS nya hahaha..
AFW+ juga rame bgt pada dipakein ke toyota WS....
kemaren saya ganti ATF reborn 3.5L (pernah ditambah 900ml pas 1000km), rencana mau PTT LV / Aisin AFW+ / Total tp pada kosong, Q8 JK kemahalan, akhirnya pake Gulf LV, di blakang sih tertulis compatible WS, tapi kok saya cari2 ngga ada PDS nya ya wkwkkwk. (Edit: ketemu setelah telusurin website di belakang botolnya.)
Merek Oli - Visc 100'c - link
Aisin AWF+ - 7.41 (https://www.aisin.com.sg/wp-content/upl ... asheet.pdf)
Total MVLV - 6.05 (http://www4.total.fr/asia-oceania/austr ... _22929.pdf)
PTT LV-1 - 6.3 (https://pttlubricants.pttor.com/assets/ ... -00(1).pdf)
Q8 MV - 5.8 (https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf)
Q8 JK - 7.2 (https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -JK_en.pdf)
Gulf LV - 5.5 (http://67.192.83.105:8085/frmPrintForm. ... tml&type=P)![]()
Dari diatas yang paling encer ya Gulf, lalu q8, trus total, baru ptt.
paling kental malah AFW+ hahaha
persis dugaan sy afw+ itu 7.41 beti dgn amsoil botol merah 7.5. Sementara q8 JK 7.2. semua golongan agak kental.
amsoil botol biru 6.3 sama dgn PTT LV1
Gulf & PTT, LV nya itu singkatan low viscosity om.
tinggal cari genuine toyota WS berapa k.v. nya utk benchmark. belum dapat, adanya mitasu oil japan @ 6.23 (WS spec'd)
edit:
ketemu. toyota genuine atf ws (produced by exxonmobil) - 5.45
page 7
https://www.google.com/url?sa=t&source= ... aZW88lAV3x
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1818
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
setujuuuuu.....wkwk...Suryaputra wrote: ↑Tue Sep 01, 2020 16:59 Gak usah pusing bapak2.
Pakai aja ATF genuine Toyota aja sesuai spec.
& ganti tiap 20rb KM.
sy pernah miara Yaris, mintanya Toyota ATF WS, pakai merek genuine toyota, sama sekali no issue.
tiap habis ganti ATF, akselerasi terasa lbh meluncur dan enak.
klo matic nya emang dodol, mau dikasih lendir apa juga, yah tetap rada dodol, karena emang hardware flaws ajah![]()
![]()
kemaren saya juga kepingin ganti pake brand non OE..cuma membingungkan...sy butuhkan spek T-IV
di brand non OE malah ada yg compatible to WS & T-IV sekaligus...
takut trans jebol aja
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5935
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Kemaren baru baca2 forum luar, emang hebat sih WS ini, bener2 long term drainnya.
Sampe 60-80rb miles loh bukan KM, rata2 orang ganti disitu.
Lexus jg pake WS jg.
Sampe 60-80rb miles loh bukan KM, rata2 orang ganti disitu.
Lexus jg pake WS jg.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
gw gak pernah pusing....Suryaputra wrote: ↑Tue Sep 01, 2020 16:59 Gak usah pusing bapak2.
Pakai aja ATF genuine Toyota aja sesuai spec.
& ganti tiap 20rb KM.
sy pernah miara Yaris, mintanya Toyota ATF WS, pakai merek genuine toyota, sama sekali no issue.
tiap habis ganti ATF, akselerasi terasa lbh meluncur dan enak.
klo matic nya emang dodol, mau dikasih lendir apa juga, yah tetap rada dodol, karena emang hardware flaws ajah![]()
![]()

oli aja kok bikin pusing.....apalg bikin gak nyenyak tidur dan makan...struk nanti...aya wae....
selama oli baru asli walo salah spek gak bikin rusak dalam jangka pendek...
kijang aja gonta ganti oli matik gak jelas speknya dipake balap n bawa batu ampir 1 ton bolak balik masih gaspol lari 80-90an.....
sampe skrg aja msh gaspol....
awet aja...
oli aja dipikirin...kalo serba was was pake aja oli standar...kalo gemetar ya ganti aja tiap 10 ribu km...kalo ketakutan ganti tiap 5 ribu km...
gitu aja repot...
wae wae aya....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
nih pake kalo serba ketakutan....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by kompresorz on Wed Sep 02, 2020 1:53, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5935
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Rasanya ini nih data si WS:
ATF WS
P/N: 08886-02305 (4L), 08886-00289 (1q USA), 08886-81210 (1L Euro)
Specification: JWS 3324
Density, at 15°C 0.850
Flash point, °C 175
Boiling point, °C 316
Pour point, °C -
Viscosity, at 40°C, cSt 23.0
Viscosity, at 100°C, cSt 5.5
Sumber: https://www.toyota-club.net/files/faq/0 ... 04_eng.htm
ATF WS
P/N: 08886-02305 (4L), 08886-00289 (1q USA), 08886-81210 (1L Euro)
Specification: JWS 3324
Density, at 15°C 0.850
Flash point, °C 175
Boiling point, °C 316
Pour point, °C -
Viscosity, at 40°C, cSt 23.0
Viscosity, at 100°C, cSt 5.5
Sumber: https://www.toyota-club.net/files/faq/0 ... 04_eng.htm
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27544
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Anuu
AtF WS sini, bukan buatan exxon mobil, tp si Nippon oil, jd yahhh tau dehh sama apa kaga spec sheet nya
Btw, kl saya sehh tetep stick ke afw plus buat anki reborn saya.. toh yg saya rasain jauhhhh banget beda nya waktu pake WS toyota.. dan lg saya pake mobil itu berat kaki kanan, dan kadang ikut aliran om kompre, suka bawa yg berat2... jd yah pake yg agak "kentelan" buat extra protection aj
Edited :
Ternnyata yg t4 itu nippon oil, kl yg WS, entahlah indo punya buatan mana
AtF WS sini, bukan buatan exxon mobil, tp si Nippon oil, jd yahhh tau dehh sama apa kaga spec sheet nya
Btw, kl saya sehh tetep stick ke afw plus buat anki reborn saya.. toh yg saya rasain jauhhhh banget beda nya waktu pake WS toyota.. dan lg saya pake mobil itu berat kaki kanan, dan kadang ikut aliran om kompre, suka bawa yg berat2... jd yah pake yg agak "kentelan" buat extra protection aj
Edited :
Ternnyata yg t4 itu nippon oil, kl yg WS, entahlah indo punya buatan mana
Last edited by DOHC on Wed Sep 02, 2020 2:11, edited 1 time in total.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5935
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Ribon bensin jg rikues WS ya om?DOHC wrote: ↑Wed Sep 02, 2020 2:00 Anuu
AtF WS sini, bukan buatan exxon mobil, tp si Nippon oil, jd yahhh tau dehh sama apa kaga spec sheet nya
Btw, kl saya sehh tetep stick ke afw plus buat anki reborn saya.. toh yg saya rasain jauhhhh banget beda nya waktu pake WS toyota.. dan lg saya pake mobil itu berat kaki kanan, dan kadang ikut aliran om kompre, suka bawa yg berat2... jd yah pake yg agak "kentelan" buat extra protection aj
Aman lah kalau gitu, ini AFW+ saya mungkin awal minggu depan sudah datang. Penasaran jg mau coba AFW+.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27544
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Iya om, smua reborn, anf, bensin solar, dikasi girbok yg sama, AC60E, dtulis wajip comply WSsintoni wrote: ↑Wed Sep 02, 2020 2:06Ribon bensin jg rikues WS ya om?DOHC wrote: ↑Wed Sep 02, 2020 2:00 Anuu
AtF WS sini, bukan buatan exxon mobil, tp si Nippon oil, jd yahhh tau dehh sama apa kaga spec sheet nya
Btw, kl saya sehh tetep stick ke afw plus buat anki reborn saya.. toh yg saya rasain jauhhhh banget beda nya waktu pake WS toyota.. dan lg saya pake mobil itu berat kaki kanan, dan kadang ikut aliran om kompre, suka bawa yg berat2... jd yah pake yg agak "kentelan" buat extra protection aj
Aman lah kalau gitu, ini AFW+ saya mungkin awal minggu depan sudah datang. Penasaran jg mau coba AFW+.
Saya sehh ud cobain si afw+ ampir 15 rebu km dr kuras total trakir om (pas clock 13 rebu, iseng drain lihat atf nya, masi bagus persis pas baru tuang), ga ad masalah, karakter afw ini lebi pas ama gaya nyetir saya, pas d bejeg, respon transmisi ga lemot banget dbanding WS
Tp, ad perbedaan yg noticeable aj dbanding WS.. kl WS itu pas masi dingin, mobil jauhh lebi ngacir, cumann ga enaknya kl kena macet atau ud panas, selip mulu kopling nya, parahnya lg kdg ampe rpm melejit baru shifting dan pas d drain atf nya, bau nya rada nyengat...
Kl afw, performa nya mirip2 antara lg dingin ama ud panas.. ga sengacir WS pas dingin, tp anytime di bejeg, bahkan dipake nyetir ala om kompre berjem2 jg tetep responsif.. dan pas saya tap, atf nya ga brubah warna atau bau nyengat
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1818
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
analisa sotoy saya....WS terlalu encer ya om...sementara afw+ mgkn lebih cocok ke iklim indoDOHC wrote: ↑Wed Sep 02, 2020 2:20Iya om, smua reborn, anf, bensin solar, dikasi girbok yg sama, AC60E, dtulis wajip comply WSsintoni wrote: ↑Wed Sep 02, 2020 2:06Ribon bensin jg rikues WS ya om?DOHC wrote: ↑Wed Sep 02, 2020 2:00 Anuu
AtF WS sini, bukan buatan exxon mobil, tp si Nippon oil, jd yahhh tau dehh sama apa kaga spec sheet nya
Btw, kl saya sehh tetep stick ke afw plus buat anki reborn saya.. toh yg saya rasain jauhhhh banget beda nya waktu pake WS toyota.. dan lg saya pake mobil itu berat kaki kanan, dan kadang ikut aliran om kompre, suka bawa yg berat2... jd yah pake yg agak "kentelan" buat extra protection aj
Aman lah kalau gitu, ini AFW+ saya mungkin awal minggu depan sudah datang. Penasaran jg mau coba AFW+.
Saya sehh ud cobain si afw+ ampir 15 rebu km dr kuras total trakir om (pas clock 13 rebu, iseng drain lihat atf nya, masi bagus persis pas baru tuang), ga ad masalah, karakter afw ini lebi pas ama gaya nyetir saya, pas d bejeg, respon transmisi ga lemot banget dbanding WS
Tp, ad perbedaan yg noticeable aj dbanding WS.. kl WS itu pas masi dingin, mobil jauhh lebi ngacir, cumann ga enaknya kl kena macet atau ud panas, selip mulu kopling nya, parahnya lg kdg ampe rpm melejit baru shifting dan pas d drain atf nya, bau nya rada nyengat...
Kl afw, performa nya mirip2 antara lg dingin ama ud panas.. ga sengacir WS pas dingin, tp anytime di bejeg, bahkan dipake nyetir ala om kompre berjem2 jg tetep responsif.. dan pas saya tap, atf nya ga brubah warna atau bau nyengat
cocoknya atf juga cantumkan viskositas & principal jg cantumkan viskositas brp yg cocok di masing2 area haha...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
udah pake ini aja....DOHC wrote: ↑Wed Sep 02, 2020 2:00 Anuu
AtF WS sini, bukan buatan exxon mobil, tp si Nippon oil, jd yahhh tau dehh sama apa kaga spec sheet nya
Btw, kl saya sehh tetep stick ke afw plus buat anki reborn saya.. toh yg saya rasain jauhhhh banget beda nya waktu pake WS toyota.. dan lg saya pake mobil itu berat kaki kanan, dan kadang ikut aliran om kompre, suka bawa yg berat2... jd yah pake yg agak "kentelan" buat extra protection aj
Edited :
Ternnyata yg t4 itu nippon oil, kl yg WS, entahlah indo punya buatan mana
nyenyak tidur..enak makan...
tau sendirian produk germany kualitasnya gimana....
nanti kijang serasa mercedes....

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27544
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Ahh ternyata ptt LV masi lebi kentel rupanya drpd si WSOmnibus wrote: ↑Tue Sep 01, 2020 17:42nice ...osbertc0ol wrote: ↑Tue Sep 01, 2020 16:30
wadaw kok membingungkan ya Q8 ini, dulu rame pada pake JK di toyota WS, ternyata oh ternyata PDS yang baru nggak ada WS nya hahaha..
AFW+ juga rame bgt pada dipakein ke toyota WS....
kemaren saya ganti ATF reborn 3.5L (pernah ditambah 900ml pas 1000km), rencana mau PTT LV / Aisin AFW+ / Total tp pada kosong, Q8 JK kemahalan, akhirnya pake Gulf LV, di blakang sih tertulis compatible WS, tapi kok saya cari2 ngga ada PDS nya ya wkwkkwk. (Edit: ketemu setelah telusurin website di belakang botolnya.)
Merek Oli - Visc 100'c - link
Aisin AWF+ - 7.41 (https://www.aisin.com.sg/wp-content/upl ... asheet.pdf)
Total MVLV - 6.05 (http://www4.total.fr/asia-oceania/austr ... _22929.pdf)
PTT LV-1 - 6.3 (https://pttlubricants.pttor.com/assets/ ... -00(1).pdf)
Q8 MV - 5.8 (https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -MV_en.pdf)
Q8 JK - 7.2 (https://www.q8oils.com/wp-content/uploa ... -JK_en.pdf)
Gulf LV - 5.5 (http://67.192.83.105:8085/frmPrintForm. ... tml&type=P)![]()
Dari diatas yang paling encer ya Gulf, lalu q8, trus total, baru ptt.
paling kental malah AFW+ hahaha
persis dugaan sy afw+ itu 7.41 beti dgn amsoil botol merah 7.5. Sementara q8 JK 7.2. semua golongan agak kental.
amsoil botol biru 6.3 sama dgn PTT LV1
Gulf & PTT, LV nya itu singkatan low viscosity om.
tinggal cari genuine toyota WS berapa k.v. nya utk benchmark. belum dapat, adanya mitasu oil japan @ 6.23 (WS spec'd)
edit:
ketemu. toyota genuine atf ws (produced by exxonmobil) - 5.45
page 7
https://www.google.com/url?sa=t&source= ... aZW88lAV3x
Beli ahhh
Wiken ad kerjaan lg deh
Btw kmaren om pake amsoil yg mana om ? Kekentelan brapa ?
Last edited by DOHC on Wed Sep 02, 2020 2:46, edited 1 time in total.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27544
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Cetiaw omkompresorz wrote: ↑Wed Sep 02, 2020 2:38udah pake ini aja....DOHC wrote: ↑Wed Sep 02, 2020 2:00 Anuu
AtF WS sini, bukan buatan exxon mobil, tp si Nippon oil, jd yahhh tau dehh sama apa kaga spec sheet nya
Btw, kl saya sehh tetep stick ke afw plus buat anki reborn saya.. toh yg saya rasain jauhhhh banget beda nya waktu pake WS toyota.. dan lg saya pake mobil itu berat kaki kanan, dan kadang ikut aliran om kompre, suka bawa yg berat2... jd yah pake yg agak "kentelan" buat extra protection aj
Edited :
Ternnyata yg t4 itu nippon oil, kl yg WS, entahlah indo punya buatan mana
nyenyak tidur..enak makan...
tau sendirian produk germany kualitasnya gimana....
nanti kijang serasa mercedes....
Screenshot_20200901-185919_Tokopedia.jpg
Screenshot_20200902-085315_Tokopedia.jpg
![]()
Masa kijang , mobil gerobag sayur pake oli cetiaw
Malu ntar pas ke bengkel
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3014
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
WS nampaknya juga Nippon mbah - melihat izin edarnya. Masih ampe 2022 juga ntuh. Anw .... selama ini ngeliat AT/CVT mobil rusak kok cuman karena 2 hal ya (Yg nubi liat tapinya cuman 4 mobil ae sih):DOHC wrote: ↑Wed Sep 02, 2020 2:00 Anuu
AtF WS sini, bukan buatan exxon mobil, tp si Nippon oil, jd yahhh tau dehh sama apa kaga spec sheet nya
Btw, kl saya sehh tetep stick ke afw plus buat anki reborn saya.. toh yg saya rasain jauhhhh banget beda nya waktu pake WS toyota.. dan lg saya pake mobil itu berat kaki kanan, dan kadang ikut aliran om kompre, suka bawa yg berat2... jd yah pake yg agak "kentelan" buat extra protection aj
Edited :
Ternnyata yg t4 itu nippon oil, kl yg WS, entahlah indo punya buatan mana
a. 1 mobil ketuker oli cvt-at dan dipake selama 1 tahun-an
b. 3 mobil karena ntuh fluid kagak pernah diganti ampe mendekati 100rb KM.
Rusak karena beda kekentalan sikit gitu belum pernah nemu sejauh ini

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27544
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Ahh sudah kudugajosomba wrote: ↑Wed Sep 02, 2020 2:47WS nampaknya juga Nippon mbah - melihat izin edarnya. Masih ampe 2022 juga ntuh.DOHC wrote: ↑Wed Sep 02, 2020 2:00 Anuu
AtF WS sini, bukan buatan exxon mobil, tp si Nippon oil, jd yahhh tau dehh sama apa kaga spec sheet nya
Btw, kl saya sehh tetep stick ke afw plus buat anki reborn saya.. toh yg saya rasain jauhhhh banget beda nya waktu pake WS toyota.. dan lg saya pake mobil itu berat kaki kanan, dan kadang ikut aliran om kompre, suka bawa yg berat2... jd yah pake yg agak "kentelan" buat extra protection aj
Edited :
Ternnyata yg t4 itu nippon oil, kl yg WS, entahlah indo punya buatan mana
Toyota ATF.png
Anw .... selama ini ngeliat AT/CVT mobil rusak kok cuman karena 2 hal ya (Yg nubi liat tapinya cuman 4 mobil ae sih):
a. 1 mobil ketuker oli cvt-at dan dipake selama 1 tahun-an
b. 3 mobil karena ntuh fluid kagak pernah diganti ampe mendekati 100rb KM.
Rusak karena beda kekentalan sikit gitu belum pernah nemu sejauh ini
![]()
Pasti si sapujagat nihon oil supplier nya
Nahh stuju, kl ntn d yutub, baca2 forum2 luar
Rata2 mmg kerusakan matik itu umumnya kl ga perna di kuras, bocor, atau ampe kering atf nya
Geared AT biasanya lebi lenient thd spek atf, apalagi utk ukuran mobil2 kelas "pekerja", beda kl kelas nya performance car
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4033
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Satu suara sm om klep.. saya jg pake afw+ di matic 4at. Buat jalan AKAP full tol lebih enakan dibanding WS.. Sewaktu pake WS (pdhl blm lama flushing di beres) di kec 100-110 kph turun gear dari D ke 3 itu nggk bisa lansung bejek gas semacam ada ketahan.. Nah after ganti ke afw+, turun gear di 130-140 kph juga nyaman... Much better sih klo dri feelnya..
Gara2 om @omnibus neh jadi kepikiran jg
Btw afw+ di onlen byk kehabisan stok ya.. sptinya laku keras..
Gara2 om @omnibus neh jadi kepikiran jg

Btw afw+ di onlen byk kehabisan stok ya.. sptinya laku keras..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11761
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11761
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27544
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tanya : Ganti oli transmisi matic
Krn sama ama si ptt
Jd saya beli yg ptt aj ahh, lebi murah

Btw, ini si ipah kl bsa ngomong, bakal binggung kl yah, owner nya kelewat rajin ganti atf

numpang lewat aja....

