Grand Livina Users..! - Part 01

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Coba bung ichsan tombol od dipencet rasakan beringasnya tarikan dan larinya, utk stirnya khan bisa dinaik turunkan disesuaikan biar nggk pegal nich.
Krn sy type bawa mobil jrg dibawah 100, utk konsumsi bensin tdk terlalu peduli yg penting diajak pelan ok diajak ngebut pun mantap.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

dark_justice wrote:Jangankan innova bang ichsan, gua yg lagi naik kijang LGX aja pengen nguber. Tapi ngga kesampean. Hehehehhehe.....
Nanti juga gantian.. kalo boil loe udah datang dan lagi jalan2 .. bisa dikejar2 sama yg msh penasaran sama GL.. h eh ehe.. tp tenang aja.. susah buat dikejar.. he he he... tp mungkin bulan November udah banjir GL dijalan dan udah makin dikit yg mo ngejar2, yg mungkin justru mudik thn kemungkinan banyak GL yg ngacak2 jalur mudik di jalanan tol :lol:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Duh.. buat speed oke lah, gw emang akui.. but buat ergonomis sama konsumsi bensin masih gw pertanyakan deh.. ajegile 195? gw di 140 dengan 6 penumpang aja udah kerasa limbung.. kaga berani lagi gw bejek.
dony wrote:coba sebelumnya ambil yg 1.8 matic pasti enak , kmrn plg dr bdg nich diajak balapan ama g.vitara, plg sich santai ,gv ini emang pingin ngajak ngetes, bbrp kali terus sejajarin smbl narik, liat nggk ditanggapin diar ngerem lagi .
Akhirnya panas juga nich , start sm-2 sejajar dan pas kebetulan jalan stlh Cikarang jln udh lebar dan tdk terlalu rame, tombol od dihidupkan start menang 1/2 body, jrk balapan sich +/-10 km dgn kecepatan terakhir 195 km menang 1 body, akhirnya krn mulai bnyk kend jadi ngerem dan gvnya sich juga udh nggk sjajr lagi dan keluar toll bekasi... ngk tau namanya.
sy pakai 1.8 A/T ultimate pertamax plus.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

dony wrote:Coba bung ichsan tombol od dipencet rasakan beringasnya tarikan dan larinya, utk stirnya khan bisa dinaik turunkan disesuaikan biar nggk pegal nich.
Krn sy type bawa mobil jrg dibawah 100, utk konsumsi bensin tdk terlalu peduli yg penting diajak pelan ok diajak ngebut pun mantap.
maksudnya o/d di offkan bro?
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Bener bung donk.. jangan pikir bensin kalo mau enak bawa ini livina.. iya kemaren jg pake OD... nyoba2 kickdown, tapi mantepan OD nya (imho).. mantep sih ..

oh buat stir mah udah distel2.. tilt streering nya jg nanggung amat... walhasil.. emang posisi bangkunya itu kayanya kurang tinggi dan kurang nyaman (nyerong).. andai macem stream tinggi dan jaraknya wahh enak deh.. cuman kalo bini gw yang bawa dengan tinggi 160 cc enak2 aja. but kalo yang bawa macem gw and temen2 gw.. wahhh kesiksa dah pinggang.. apalagi kalo pas macet. agak2 susah dapet posisi enak di belakang stir livina tuh. ngga usah gitu, yang duduk di 2 row aja, kemaren agak2 ngerasa pegel jg. ngga tau lah ini salahnya dimana. btw bensin mu pasti 1:8an toh? hahahah..

dony wrote:Coba bung ichsan tombol od dipencet rasakan beringasnya tarikan dan larinya, utk stirnya khan bisa dinaik turunkan disesuaikan biar nggk pegal nich.
Krn sy type bawa mobil jrg dibawah 100, utk konsumsi bensin tdk terlalu peduli yg penting diajak pelan ok diajak ngebut pun mantap.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

ichsan_n wrote:Duh.. buat speed oke lah, gw emang akui.. but buat ergonomis sama konsumsi bensin masih gw pertanyakan deh.. ajegile 195? gw di 140 dengan 6 penumpang aja udah kerasa limbung.. kaga berani lagi gw bejek.
dony wrote:coba sebelumnya ambil yg 1.8 matic pasti enak , kmrn plg dr bdg nich diajak balapan ama g.vitara, plg sich santai ,gv ini emang pingin ngajak ngetes, bbrp kali terus sejajarin smbl narik, liat nggk ditanggapin diar ngerem lagi .
Akhirnya panas juga nich , start sm-2 sejajar dan pas kebetulan jalan stlh Cikarang jln udh lebar dan tdk terlalu rame, tombol od dihidupkan start menang 1/2 body, jrk balapan sich +/-10 km dgn kecepatan terakhir 195 km menang 1 body, akhirnya krn mulai bnyk kend jadi ngerem dan gvnya sich juga udh nggk sjajr lagi dan keluar toll bekasi... ngk tau namanya.
sy pakai 1.8 A/T ultimate pertamax plus.
Salah baca om.. maksudnya om dony saat di KM 195 menang 1 body.
Kalo demen kebut2an dan sering ngutik di tol .. mending ganti velg racing dg ban VR/ZR Rate, Per Sport kit Eibach, dan strut bar. .biar tambah rigid .. dijamin gejala limbung akan minim :D

NOTE: dapat info neh.. GL bisa pakai per Eibach u/ avanza (gw yakin avanza juga pake Eibach yg sebenernya dibuat khusus u/ BMW.. E36 kalo ga salah), body turun 3 jari.. katanya bisa turun rata... dan katanya lagi nanti akan muncul Autobild entah edisi berapa.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Hahaha.. gw kirain 195km/jam.. abis ditulisnya dengan kecepan akhir 195.. betul bro maxx.. pake EIBACH!!!! di stream jg banyak yang pakai kok.. kalo standart dibawa ngebut begini mah berabe benerrr.. ban standart pula.. ohh iya.. itu di ban gw kenapa timahnya ada sampe 8 segala yah tiap ban? gilaa banyak bener itu timah balance nya.. oh iya max.. kalo bau karet kebakar itu kenapa yah? unit temen gw jg bau gitu jg kalo abis jalan.. malah waktu mau bayar tol pas buka jendela kecium banget.
maxx wrote:
ichsan_n wrote:Duh.. buat speed oke lah, gw emang akui.. but buat ergonomis sama konsumsi bensin masih gw pertanyakan deh.. ajegile 195? gw di 140 dengan 6 penumpang aja udah kerasa limbung.. kaga berani lagi gw bejek.
dony wrote:coba sebelumnya ambil yg 1.8 matic pasti enak , kmrn plg dr bdg nich diajak balapan ama g.vitara, plg sich santai ,gv ini emang pingin ngajak ngetes, bbrp kali terus sejajarin smbl narik, liat nggk ditanggapin diar ngerem lagi .
Akhirnya panas juga nich , start sm-2 sejajar dan pas kebetulan jalan stlh Cikarang jln udh lebar dan tdk terlalu rame, tombol od dihidupkan start menang 1/2 body, jrk balapan sich +/-10 km dgn kecepatan terakhir 195 km menang 1 body, akhirnya krn mulai bnyk kend jadi ngerem dan gvnya sich juga udh nggk sjajr lagi dan keluar toll bekasi... ngk tau namanya.
sy pakai 1.8 A/T ultimate pertamax plus.
Salah baca om.. maksudnya om dony saat di KM 195 menang 1 body.
Kalo demen kebut2an dan sering ngutik di tol .. mending ganti velg racing dg ban VR/ZR Rate, Per Sport kit Eibach, dan strut bar. .biar tambah rigid .. dijamin gejala limbung akan minim :D

NOTE: dapat info neh.. GL bisa pakai per Eibach u/ avanza (gw yakin avanza juga pake Eibach yg sebenernya dibuat khusus u/ BMW.. E36 kalo ga salah), body turun 3 jari.. katanya bisa turun rata... dan katanya lagi nanti akan muncul Autobild entah edisi berapa.
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

heee mungkin ya sekita 1 : 8 an, abis males hitungin , mungkin krn kebetulan sy sich tdk terlalu tinggi 168 cm msh pas ya buat ukuran tubuh.
sy berani bejek krn udh ganti velg 16 dan bannya juga, pokoknya enteng kok ke 190 km yg penting tombol odnya dipencet dan di tachomter ada tanda nyala odnya.
Heee bini ajak smp kaget dan teriak liat udh lari segitu, pelan-2.
Sy sich pakai pertamax plus krn mobilnya cuma dipakai buat hr sabtu dan minggu dan libur aja, hr kerja sich pakai mbl ktr.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

IMHO, kayanya maksud bos Dony bener2 195kmh deh bukan km195 :D
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Ohh ya coba aja ke bung maxx minta busa jok depan ditambahin sekalian psg karpet dasar yg bagusan.
sy udh pasang dan ok bangeet kok.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Soal timah sampe 8biji (1nya kalo ga salah 5gr) = 40gram.. masih masuk dalam std toleransi katanya .. krn max 90gr, yg penting balance om .. gw sih curiganya sama ban dunlop ini nih yg murahan ... krn kalo dari velg ga deh.. tuh velg buatan Enkei ...
Soal bau karet kebakar.. hmm.. itu MT ato AT? .. kalo MT mungkin koplingnya keinjek terus.. krn posisinya memang agak tinggi .. tp sudah ada solusi u/ turunin kopling GL.. jadi lebih landai.. tinggal bawa aja ke BERES Nissan terakhir gw denger BERES di Halim udah bisa.

Kalo AT.. mending lo bawa aja ke BERES tanyain soal hal tsb, di milist sih belum ada yg cerita2 soal bau karet kebakar.
Coba ikut nimbrung aja om di milist.. biar bisa sharing dan tukar pikiran.. soal problem dan solusi-nya.

ichsan_n wrote:Hahaha.. gw kirain 195km/jam.. abis ditulisnya dengan kecepan akhir 195.. betul bro maxx.. pake EIBACH!!!! di stream jg banyak yang pakai kok.. kalo standart dibawa ngebut begini mah berabe benerrr.. ban standart pula.. ohh iya.. itu di ban gw kenapa timahnya ada sampe 8 segala yah tiap ban? gilaa banyak bener itu timah balance nya.. oh iya max.. kalo bau karet kebakar itu kenapa yah? unit temen gw jg bau gitu jg kalo abis jalan.. malah waktu mau bayar tol pas buka jendela kecium banget.
maxx wrote:
ichsan_n wrote:Duh.. buat speed oke lah, gw emang akui.. but buat ergonomis sama konsumsi bensin masih gw pertanyakan deh.. ajegile 195? gw di 140 dengan 6 penumpang aja udah kerasa limbung.. kaga berani lagi gw bejek.
Salah baca om.. maksudnya om dony saat di KM 195 menang 1 body.
Kalo demen kebut2an dan sering ngutik di tol .. mending ganti velg racing dg ban VR/ZR Rate, Per Sport kit Eibach, dan strut bar. .biar tambah rigid .. dijamin gejala limbung akan minim :D

NOTE: dapat info neh.. GL bisa pakai per Eibach u/ avanza (gw yakin avanza juga pake Eibach yg sebenernya dibuat khusus u/ BMW.. E36 kalo ga salah), body turun 3 jari.. katanya bisa turun rata... dan katanya lagi nanti akan muncul Autobild entah edisi berapa.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

bener kalo gitu pinggang gw.. hahahaha.. btw siapa disini yang pake stream? ada yang pernah ngalamin pake gigi 2 ngga bisa nanjak en malah bisa nanjak pake D3 atau D ngga? karena dilivina pake gigi 1 baru bisa, di D or 2 walaahhh... malah turun tuh mobil
dony wrote:heee mungkin ya sekita 1 : 8 an, abis males hitungin , mungkin krn kebetulan sy sich tdk terlalu tinggi 168 cm msh pas ya buat ukuran tubuh.
sy berani bejek krn udh ganti velg 16 dan bannya juga, pokoknya enteng kok ke 190 km yg penting tombol odnya dipencet dan di tachomter ada tanda nyala odnya.
Heee bini ajak smp kaget dan teriak liat udh lari segitu, pelan-2.
Sy sich pakai pertamax plus krn mobilnya cuma dipakai buat hr sabtu dan minggu dan libur aja, hr kerja sich pakai mbl ktr.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

dony wrote:Ohh ya coba aja ke bung maxx minta busa jok depan ditambahin sekalian psg karpet dasar yg bagusan.
sy udh pasang dan ok bangeet kok.
Another satisfied customer.. :e-clap: :e-dance: :e-clap: :e-dance:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Wahhh boleh dicoba nih.. jadi bangku depan ditambahin busa yah max?
maxx wrote:
dony wrote:Ohh ya coba aja ke bung maxx minta busa jok depan ditambahin sekalian psg karpet dasar yg bagusan.
sy udh pasang dan ok bangeet kok.
Another satisfied customer.. :e-clap: :e-dance: :e-clap: :e-dance:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Jujur aja gw lupa bos dony GLnya yg mana... krn udah banyak GL yg masang dan minta gini gitu .. lupa deh gw ... detail lo tanya dony deh dia minta gimana lagi itu.

ichsan_n wrote:Wahhh boleh dicoba nih.. jadi bangku depan ditambahin busa yah max?
maxx wrote:
dony wrote:Ohh ya coba aja ke bung maxx minta busa jok depan ditambahin sekalian psg karpet dasar yg bagusan.
sy udh pasang dan ok bangeet kok.
Another satisfied customer.. :e-clap: :e-dance: :e-clap: :e-dance:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

hee sy cuma psg karpet dasar aja, mungkin solusinya utlk mengatasi krendahan jok depan dgn nambah busa.
Stlh dipikir-2 knp agk susah nanjak krn sistem t.wirenya. jadi walapun udh injak dalem gas blm breaksi (power lag)lain dgn kabel spt h.jazz injak gas mendadak responsif lbh terasa.
terasa bangeet power lag GL A/T, coba tarik glnya terus lepas gas dan injek lagi mendadak akan terasa kosong dulu sebelum transmisi bereaksi .
kalau jazz pakai kabel mekanis injek gas terus lepas dan injek mendadak responsifnya lbh terasa jauh.
jadi sitem t.wire bikin telat mikir tapi mobil jadi irit.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

waahh kalo irit mah entar dulu deh.. mungkin kalo di MT bisa jadi.. tapi di AT udah 4 orang temen gw ngeluh sama dan.. sama2 bau rem di awal2.. cuman sih katanya sekarang udah pada ngilang baunya.
dony wrote:hee sy cuma psg karpet dasar aja, mungkin solusinya utlk mengatasi krendahan jok depan dgn nambah busa.
Stlh dipikir-2 knp agk susah nanjak krn sistem t.wirenya. jadi walapun udh injak dalem gas blm breaksi (power lag)lain dgn kabel spt h.jazz injak gas mendadak responsif lbh terasa.
terasa bangeet power lag GL A/T, coba tarik glnya terus lepas gas dan injek lagi mendadak akan terasa kosong dulu sebelum transmisi bereaksi .
kalau jazz pakai kabel mekanis injek gas terus lepas dan injek mendadak responsifnya lbh terasa jauh.
jadi sitem t.wire bikin telat mikir tapi mobil jadi irit.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Loh kok baunya bisa ilang? ... soal irit .. mungkin perlu adjustment lagi injek pedal gas-nya ... nih dari milist yg udah nyoba sendiri tp yg 1.5MT.. .kalo gw bilang sih cuma masalah driving style aja deh... shrsnya FC ga beda2 jauh banget sama yg AT, silakan dibaca..

==================
--- In [email protected], <daunkelor@...> wrote:
>
> Akhirnya setelah melewati weekend panjang yang menyenangkan sekaligus bikin
> paha rasanya seperti habis ditonjok mike tyson, saya mengetahui secara pasti
> beberapa issue di atas (baca subject-red).
>
> Sesuai janji, saya melakukan testing Odometer dengan metode manual, yaitu
> mengikuti papan petunjuk jalan tol. Hasilnya simpangan yang terjadi pada GL
> saya tidak sampai 5%. Alias, kalau di papan petunjuk jalan tol menunjukkan
> bahwa saya sudah menempuh 10KM, maka demikian pula Odometer and Tripmeter di
> dashboard GL saya menunjukkan kalau saya menempuh 10KM. lebih kurang 100-200
> meter. Lumayan akurat. Kalau ada yang melenceng jauh mungkin bisa komplain
> kali ya. Testing dilakukan di berbagai jalan tol, mulai dari jalan tol
> Tangerang-Jakarta, dilanjutkan dengan tol dalam kota, lalu di tes ulang di
> tol Jakarta-Cikampek.
>
> Untuk perjalanan ke Bandung kali ini, saya isi full tank sampe bensin di
> bibir tangki dengan bensin Premium tanpa timbal di SPBU Pertamina Pasti Pas
> yang terletak di Tol Tangerang-Jakarta. Hasil tes untuk rute dalam kota
> macet (tol Tangerang-Jakarta lancar sampai kebun jeruk, kemudian macet parah
> -- inget kebakaran jembatan 3????, kemudian dilanjutkan non tol ke arah
> gunung sahari yang naujubillah macetnya, masuk lagi tol dalam kota melewati
> jembatan tiga yang lagi-lagi macet parah 40 menit sebelum kembali memasuki
> rute tol Jakarta-Tangerang. Hasilnya untuk kondisi ekstrim tersebut? 1:14,5
> dengan bensin PREMIUM tanpa aditif.
>
> Untuk konsumsi ke Bandung dengan kondisi banyak rem-gas karena kondisi jalan
> yang rame oleh truk, didapat hasil 1:15,98 atau dibulatkan jadi 1:16KM.
> Lumayan.
>
> Tarikan? Memuaskan. Yang pasti saya harus pake jaket di dalam GL ketika
> melintas Lembang malam-malam dengan AC nyala paling kecil.
>
ichsan_n wrote:waahh kalo irit mah entar dulu deh.. mungkin kalo di MT bisa jadi.. tapi di AT udah 4 orang temen gw ngeluh sama dan.. sama2 bau rem di awal2.. cuman sih katanya sekarang udah pada ngilang baunya.
dony wrote:hee sy cuma psg karpet dasar aja, mungkin solusinya utlk mengatasi krendahan jok depan dgn nambah busa.
Stlh dipikir-2 knp agk susah nanjak krn sistem t.wirenya. jadi walapun udh injak dalem gas blm breaksi (power lag)lain dgn kabel spt h.jazz injak gas mendadak responsif lbh terasa.
terasa bangeet power lag GL A/T, coba tarik glnya terus lepas gas dan injek lagi mendadak akan terasa kosong dulu sebelum transmisi bereaksi .
kalau jazz pakai kabel mekanis injek gas terus lepas dan injek mendadak responsifnya lbh terasa jauh.
jadi sitem t.wire bikin telat mikir tapi mobil jadi irit.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

logika gw jg gitu.. but fakta lapangannya beda nih, kalo masalah FC ini temen2 gw jg udah confirm deh.. ngga sehemat jazz kalo sudah kondisi macet. biasa isi full 5 hari sekarang 3-4 hari buat anter anak2 sekolah udah harus isi lagi. mungkin nih, mungkin.. karena tenaganya lemot diputaran bawah, makanya suka gemes.. but susah jg bro kalo kondisi stop and go macetnya jakarta terus kaki kita tetap disuruh sopan.. maksudnya bedain sama kondisi kita memang ingin tes drive di waktu senggang, dengan driving style realnya waktu nganter anak sekolah pagi2 atau ada keperluan. BTw kenapa konsumsi di dalam kota dan ke luar kota ngga beda jauh yah? biasanya bedanya jauh.. kok ini mepet beda 2km/l doank? jazz aja bisa sampe 5-7 liter bedanya kalo ke luar kota.. CRV 4-5 liter antara luar kota dan dalam kota.. harrier 2.4 4 liter jg. hmm.. sayang temen2 gw itu kaga ikut2an milis jadinya ngga bisa ngomong disini deh.. maklum masih muda tapi udah sok belagu jadi bapak2.. hahahaha.. coba nanti gw suruh mereka kasih testimoni.. karena seirit2nya mereka hanya dapat 1:10an untuk dalam kota
maxx wrote:Loh kok baunya bisa ilang? ... soal irit .. mungkin perlu adjustment lagi injek pedal gas-nya ... nih dari milist yg udah nyoba sendiri tp yg 1.5MT.. .kalo gw bilang sih cuma masalah driving style aja deh... shrsnya FC ga beda2 jauh banget sama yg AT, silakan dibaca..

==================
--- In [email protected], <daunkelor@...> wrote:
>
> Akhirnya setelah melewati weekend panjang yang menyenangkan sekaligus bikin
> paha rasanya seperti habis ditonjok mike tyson, saya mengetahui secara pasti
> beberapa issue di atas (baca subject-red).
>
> Sesuai janji, saya melakukan testing Odometer dengan metode manual, yaitu
> mengikuti papan petunjuk jalan tol. Hasilnya simpangan yang terjadi pada GL
> saya tidak sampai 5%. Alias, kalau di papan petunjuk jalan tol menunjukkan
> bahwa saya sudah menempuh 10KM, maka demikian pula Odometer and Tripmeter di
> dashboard GL saya menunjukkan kalau saya menempuh 10KM. lebih kurang 100-200
> meter. Lumayan akurat. Kalau ada yang melenceng jauh mungkin bisa komplain
> kali ya. Testing dilakukan di berbagai jalan tol, mulai dari jalan tol
> Tangerang-Jakarta, dilanjutkan dengan tol dalam kota, lalu di tes ulang di
> tol Jakarta-Cikampek.
>
> Untuk perjalanan ke Bandung kali ini, saya isi full tank sampe bensin di
> bibir tangki dengan bensin Premium tanpa timbal di SPBU Pertamina Pasti Pas
> yang terletak di Tol Tangerang-Jakarta. Hasil tes untuk rute dalam kota
> macet (tol Tangerang-Jakarta lancar sampai kebun jeruk, kemudian macet parah
> -- inget kebakaran jembatan 3????, kemudian dilanjutkan non tol ke arah
> gunung sahari yang naujubillah macetnya, masuk lagi tol dalam kota melewati
> jembatan tiga yang lagi-lagi macet parah 40 menit sebelum kembali memasuki
> rute tol Jakarta-Tangerang. Hasilnya untuk kondisi ekstrim tersebut? 1:14,5
> dengan bensin PREMIUM tanpa aditif.
>
> Untuk konsumsi ke Bandung dengan kondisi banyak rem-gas karena kondisi jalan
> yang rame oleh truk, didapat hasil 1:15,98 atau dibulatkan jadi 1:16KM.
> Lumayan.
>
> Tarikan? Memuaskan. Yang pasti saya harus pake jaket di dalam GL ketika
> melintas Lembang malam-malam dengan AC nyala paling kecil.
>
ichsan_n wrote:waahh kalo irit mah entar dulu deh.. mungkin kalo di MT bisa jadi.. tapi di AT udah 4 orang temen gw ngeluh sama dan.. sama2 bau rem di awal2.. cuman sih katanya sekarang udah pada ngilang baunya.
dony wrote:hee sy cuma psg karpet dasar aja, mungkin solusinya utlk mengatasi krendahan jok depan dgn nambah busa.
Stlh dipikir-2 knp agk susah nanjak krn sistem t.wirenya. jadi walapun udh injak dalem gas blm breaksi (power lag)lain dgn kabel spt h.jazz injak gas mendadak responsif lbh terasa.
terasa bangeet power lag GL A/T, coba tarik glnya terus lepas gas dan injek lagi mendadak akan terasa kosong dulu sebelum transmisi bereaksi .
kalau jazz pakai kabel mekanis injek gas terus lepas dan injek mendadak responsifnya lbh terasa jauh.
jadi sitem t.wire bikin telat mikir tapi mobil jadi irit.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Ohh.. BTW, mengenai premium atau pertamax bro.. hehehhe.. masa ngga tau reputasi bung saftari sih? kalo dia bilang livina harusnya isi pertamax yah gw rasa dia udah riset lah. btw bung saftari itu sesepuhnya IDMOC tuh. macem2 mobil pengalamannya.

maxx wrote:Loh kok baunya bisa ilang? ... soal irit .. mungkin perlu adjustment lagi injek pedal gas-nya ... nih dari milist yg udah nyoba sendiri tp yg 1.5MT.. .kalo gw bilang sih cuma masalah driving style aja deh... shrsnya FC ga beda2 jauh banget sama yg AT, silakan dibaca..
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Seharusnya sich baik 1.5 maupun 1.8 harus memakai minimal pertamax. Penggunaan premium min ron 88 dampaknya ada penurunan sedikit di tenaga.
Driving style sing plg berpengaruh ya , dimana org yg biasa bawanya kalem jarang kickdown dan ngebut asum si rute macet pasti tetap irit bisa masuklah 1.12km-an dan l.kota mungkin bisa 1:20 km-an, lain halnya dgn saya yg kaki maunya bejek melulu dlm kota 1:8/9 udh bagus sekali, l-kota 1-12km udh bagus.
Tiap mobil merk lain pasti punya karaksteritik berbeda-2 dan butuh penyesuaian cara bawanya.
Spt Bung Ichssan dalam 1 minggu ini rata-2 dlm kota dapt sekitar 1.8/9 km ini proses penyesuain dgn karakter mobil, coba minggu ke 2 test lagi konsumsi bhn bakarnya dgn rute sama pasti akan berbeda, terus coba lagi smp mminggu ke 3.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

he he he... yg gw yakin sih kaki lo gemesan u/ injek pedal gas saat stop and go dalkot . he he he.. .gw udah pernah jelasin.. bila pada kondisi stop and go saat lo bejek tuh TBW si ECU baru selesai siapkan campuran "kaya" lo udah injek rem lagi.

Dari info2 yg disharing dimilis rata2 u/ GL 1.5 dalkot 1:10-12 dan luar kota :14-16, dan kalo GL 1.8 dalkot 1:9-11 luar kota 1:12-14.
Yg gw rasain waktu TD juga gitu tuh... GL 1.5 pada RPM +/- dibawah 3000 agak lemot yg kondisinya mungkin ditujukan u/ jalan nglosor dalam kota, kalo bisa ngikutin nglosor pasti irit. .. makanya gw ambil yg 1.8MT 6Speed .. yg serasa lebih penuh tenaga disemua tingkatan RPM :D

Ini ada Tips safety Driving dari Om Didi Hardianto (Director of Training Sentul Safety Driving) di kutip dari majalah Autocar
=============================================

Menurut berbagai sumber, car penekanan pedal akselerator cukup dominan dalam mempengaruhi besarnya konsumsi BB sebuah mobil.
Pengemudi yg berkendara secara agressif, berakselerasi dan berdeselerasi secara cepat akan membuat pemakaian BB meningkat hingga lebih dari 30%. Yang lebih tepat, penekanan pedal akselerator harus diikuti penyesuaian putaran mesin saat kita menginginkan konsumsi BB lebih efisien.

bla bla bla.... caraya, lihat indikator putaran mesin, ketika perpindahan gear 1 smp 5 misalnya, harus dijaga agar putaran mesin berada di 3000-4000 rpm saat perpindahan gear. Tujuannya agar pembakaran terjadi pada batas-batas putaran mesin yg dibutuhkan saja. Yang terbaik, jangan terlalu sering melakukan akselerasi dg cara penekanan pedal secara ekstrem, lakukan dg tekanan secara lembut.

bla . bla .. bla.. akan lebih mudah bila mobil anda bertransmisi otomatis, cukup lakukan penekanan pedal dg lembut. Saat jalanan dalam kondisi macet, pindahkan tuas transmisi di posisi N saat berhenti. Salein menghemat BBM, hal ini sekaligus menjaga rem agar tidak cepat aus.
Biasanya manufatur mobil sudah memikirkan perbandingan gear ratio dg penyelarasan penggunaan BB. Yang belum disiapkan adalah kemampuan pengemudi u/ melakukan efisiensi dengan mengatur tekanan pada pedal akseleratornya. Jika anda bisa mengendalikan putaran mesin, tak akan banyak energi yg terbuang sia-sia.

======================

Dari bacaan diatas pasti tips tersebut berlaku u/ semua jenis mobil bukan cuma GL doang.
So, coba deh lebih bersabar injek pedal gas saat stop and go... coba sendiri buktikan bener ga tips diatas tsb.

ichsan_n wrote:logika gw jg gitu.. but fakta lapangannya beda nih, kalo masalah FC ini temen2 gw jg udah confirm deh.. ngga sehemat jazz kalo sudah kondisi macet. biasa isi full 5 hari sekarang 3-4 hari buat anter anak2 sekolah udah harus isi lagi. mungkin nih, mungkin.. karena tenaganya lemot diputaran bawah, makanya suka gemes.. but susah jg bro kalo kondisi stop and go macetnya jakarta terus kaki kita tetap disuruh sopan.. maksudnya bedain sama kondisi kita memang ingin tes drive di waktu senggang, dengan driving style realnya waktu nganter anak sekolah pagi2 atau ada keperluan. BTw kenapa konsumsi di dalam kota dan ke luar kota ngga beda jauh yah? biasanya bedanya jauh.. kok ini mepet beda 2km/l doank? jazz aja bisa sampe 5-7 liter bedanya kalo ke luar kota.. CRV 4-5 liter antara luar kota dan dalam kota.. harrier 2.4 4 liter jg. hmm.. sayang temen2 gw itu kaga ikut2an milis jadinya ngga bisa ngomong disini deh.. maklum masih muda tapi udah sok belagu jadi bapak2.. hahahaha.. coba nanti gw suruh mereka kasih testimoni.. karena seirit2nya mereka hanya dapat 1:10an untuk dalam kota
Last edited by maxx on Mon Aug 20, 2007 8:56, edited 2 times in total.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Wuih.. siapa yg mo ragukan reputasi bung saftari.. udah pakar tuh... tapi Nissan Jepun juga sdh pasti lakukan riset dan adjusment mesin mereka sebelum mereka berani claim bisa gunakan besin dg RON 88 tuh.. emang mo cari mati berani jamin 3th dan claim dapat gunakan RON 88 tp mesinnya ga mampu nelen RON 88.
Yang jadi beda saat pakai premium katanya power max berkurang.. u/ GL 1.5 bukan lagi 109ps (note: 109ps ini diuji dg pertamax)
Kalo dalkot menurut gw cukup premium.. dan kalo lagi keluar kota / jalan jauh yg menuntut power max .. isi aja pertamax/shell .. nanti pengapiannya bisa self adjusted kok.. ga perlu stel pengapian scr manual lagi.
ichsan_n wrote:Ohh.. BTW, mengenai premium atau pertamax bro.. hehehhe.. masa ngga tau reputasi bung saftari sih? kalo dia bilang livina harusnya isi pertamax yah gw rasa dia udah riset lah. btw bung saftari itu sesepuhnya IDMOC tuh. macem2 mobil pengalamannya.

maxx wrote:Loh kok baunya bisa ilang? ... soal irit .. mungkin perlu adjustment lagi injek pedal gas-nya ... nih dari milist yg udah nyoba sendiri tp yg 1.5MT.. .kalo gw bilang sih cuma masalah driving style aja deh... shrsnya FC ga beda2 jauh banget sama yg AT, silakan dibaca..
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
og262
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Thu Jun 21, 2007 10:00
Location: Perbatasan Jakarta Utara & Barat

Post by og262 »

mau share pengalaman juga sambil nanya nih, dari terima gl udah 5 x isi bensin (1.5 XV/AT), selalu pertamax plus atau super extra, dapatnya

ke 1 isi plus dalkot campur dapat 8,4km/lt
ke 2 super extra dalkot campur 8,9km/lt
ke 3 plus luar kota ga macet dapat 13,6/lt
ke 4 plus setengah luar kota dapat 10,8/km/lt
ke 5 sup extra dalkot dapat 9km/lt

nah kenapa kalau full dalkot ga bisa nyampe diatas 10 km/lt yah, padahal ngegas nya udah pelan pelan seperti yg di ajar bung maxx dan lainnya ( ecu perlu waktu biar ga sampe baru digas udah direm lagi ), sampe sampe kalau lagi macet bisa diserobot sama mobil sebelah karena terlalu pelan jalannya.

waktu isi bensin ke 3 udah service, ganti oli dan kasih tau sama Ta nya tapi masih ga dapet juga.

Perlu Private kali yah cara ngebejek gasnya ?....

Mohon advise lagi deh....
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Perhatikan tombol OD-nya nyala ga tuh? .. krn kalo OD on (lampu mati) artinya hanya bermain gigi 1-3 (kalo ga salah inget) .. ini pasti lebih boros, tentu saja u/ bejek2an lebih enak OD on

NOTE: kalo gw ga salah inget.. lampu OD nyala ber arti OD off.. coba cek lagi di buku manualnya.
og262 wrote:mau share pengalaman juga sambil nanya nih, dari terima gl udah 5 x isi bensin (1.5 XV/AT), selalu pertamax plus atau super extra, dapatnya

ke 1 isi plus dalkot campur dapat 8,4km/lt
ke 2 super extra dalkot campur 8,9km/lt
ke 3 plus luar kota ga macet dapat 13,6/lt
ke 4 plus setengah luar kota dapat 10,8/km/lt
ke 5 sup extra dalkot dapat 9km/lt

nah kenapa kalau full dalkot ga bisa nyampe diatas 10 km/lt yah, padahal ngegas nya udah pelan pelan seperti yg di ajar bung maxx dan lainnya ( ecu perlu waktu biar ga sampe baru digas udah direm lagi ), sampe sampe kalau lagi macet bisa diserobot sama mobil sebelah karena terlalu pelan jalannya.

waktu isi bensin ke 3 udah service, ganti oli dan kasih tau sama Ta nya tapi masih ga dapet juga.

Perlu Private kali yah cara ngebejek gasnya ?....

Mohon advise lagi deh....
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport